[short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 203
- Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39
[short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
Permisi Suhu & Member SM,
Perkenankan untuk pertama kalinya nubi me-review salah satu mobil yang paling menakutkan untuk dimiliki mayoritas penghuni SM.
Singkat cerita, saya sudah tahun ke 9 bersama BMW e39 M54 dengan segala suka & duka-nya (for sure lebih banyak suka-nya),
Selama ini hanya saya yg bisa nyetir, istri lebih suka duduk manis. ke kantor saya antar, pulang saya jemput. kelapa gading - ps. baru
Saya kebetulan sudah full WFH sejak mid. 2019
Anak pertama kelas 3 SD, yg kedua baru masuk TK bulan juli ini.
awal Januari, istri bilang "beb, aku harus bisa nyetir loh, kamu nanti kan harus temenin si adek sekolah"
akhirnya belajar nyetir dan mulai lancar, tapi end up dengan NYERAH belajar parkir pakai E39, padahal sudah ada 8 sensor parkir + kamera
lalu dia bilang, "kita beli mobil deh 1 lagi, yg kecil, lebih muda, dan irit.. LCGC aja" (saya bilang OK, tapi nggak excited)
bulan mei, saya mulai cari kandidat, mobil kecil, muda dan irit.
test drive agya 1.2 matic.. nyonya ngga suka, steering-nya kurang firm (baru bisa nyetir aja udah bisa komen macam ini)
saya mulai ngoceh, "namanya juga mobil kelas lcgc beb, jgn samain sama BMW butut kita yg harganya 500 juta saat lahir (tahun 2002)"
lalu sepakat mau naik kelas ke 200 jutaan, kandidat-nya rush dan raize tss.
Test drive rush, nyonya bilang lebih enak agya, cobain raize, nyonya bilang "ok lah ini boleh juga". Deal...
nggak tahunya yang ada fitur TSS, inden lama sekali, dan karena inden lama, tidak jelas akan dapat diskon ppn BM atau tidak.
yang non-TSS kurang menarik, karena kami sebagai kaum kere-hore, pingin aja punya mobil yang berfitur canggih dan jarang ada seperti TSS.
karena nyonya berani keluar 200 jutaan, saya mendadak punya ide gila untuk racunin europe car lagi.
mulai susun strategi SSI, dengan ngejual safety, fun to drive, serta fakta bahwa kami sanggup pelihara mobil eropa tua selama 9 tahun.
hasilnya : VOILA nyonya setuju. kali ini SEMANGAT SAYA !!! YESSSSSS !!
pilihan pertama : e46 325i facelift, Ditolak mentah-mentah, ketuaan dan nggak irit
pilihan kedua : w204 c250 facelift, Ditolak karena kemahalan katanya, cari yg <200jt aja, biar ada sisa buat klo mobil-nya perlu perbaikan
pilihan ketiga : VW golf MK6, yeaaay nyonya setuju, saya senang sekaligus deg2an karena banyak cerita horor-nya
Nemu iklan di OL* warna putih 2011, KM 83rb, lokasi dekat rumah pula.
langsung test drive ajak nyonya, as expected "this is it.. katanya"
buat perbandingan, kemudian saya test 4 unit lainnya dari berbagai iklan, tapi kondisi unit tidak lebih baik.
sempat propose MK7 juga, tapi ditolak nyonya
pada akhirnya deal dengan mk6 pilihan pertama di 133jt
sedikit history mobilnya :
Mecha sudah ganti di KM 25rb - GOODWILL dan baru ganti lagi di Januari 2021, tapi bukan di bengkel resmi, cost 18jt garansi 6 bulan. semoga awet.
waterpump pernah ganti di KM 55rb
sensor ABS sepertinya setiap 15-30rb ada aja yg rusak
Dual clutch tidak ada history di bengkel resmi, tapi feeling saya sih sudah ganti, soalnya tidak ada gejala getar2 dan slip
Driving impression :
Seperti sudah banyak dibahas, mobil ini nikmat sekali terutama ketika turbo sudah kick in.
Ketemu ANF dan PJS ugal, mereka suruh saya minggir, yg ada saya kabur dan bikin panas mereka
build quality super mantap, ngga ada bagian yg terasa murah
konsumsi bisa dapat BBM 1:18 cruising di tol era PPKM.. dalam kota rute klp. gading ps. baru 1:13. Pertabo always
compared to E39, mobil ini jauh lebih lincah, tapi E39 lebih mature di segala aspek. nggak apple to apple anyway.
terasa sekali bedanya, 1400cc twincharged + DSG , FWD dibanding inline 6 NA, RWD, torque conv.
PR yang saya bereskan :
- Shock breaker fullset merk SACHS, depan 3,6jt, belakang 2,6jt
- bushing depan 4 pcs, 850rb merk lemforder..
- engine mounting 3pcs merk lemforder, 3,8jt.. pasang di bengkel resmi ongkos nya 3 juta
- kampas rem belakang merk meyle, 450rb
- ban 4pcs hankook ventus V2 --> enak loh ban ini, dan murah
- spooring di start tyre, lalu didapati 3 dari 4 velg tidak bulat sempurna, repair lah 800rb
- kuras radiator di bengkel resmi habis 1,2jt --> worth banget, mereka nggak sembarangan kerja-nya. bukan cuma buang air lama, lalu diisi yg baru.
buang air lama, isi air biasa, mobil dibawa jalan, buang air lagi.. isi lagi, bawa jalan lagi, di mobil saya proses ini ada ada lah 10x dikerjakan.
setelah yakin bersih, baru diisi aquades + coolant
saya juga sudah beli head unit oem style yang sudah carplay, tapi belum saya pasang. soalnya beli diam-diam tanpa info nyonya.
catatan tambahan, merawat mobil ini sebaiknya di bengkel resmi. walau partnya tidak beli disana, mereka bersedia kerjakan.
saya belum yakin dengan skill mekanik bengkel non-resmi, beda dengan merk baling-baling atau bintang
Saya ada insiden baut patah, saat pasang bushing di bengkel kaki-kaki biasa, bahkan dudukan baut-nya yg sekaligus arm juga patah.
Untung saja di facebook nemu vw golf habis kecelakaan dan dikampakin, kalau tidak.. harga part-nya 6 juta dan inden 1-2 bulan
kesimpulan saya, mobil ini sangat nikmat jika dibeli di harga sekarang.
bahkan jika penyakit-nya keluar semua sekalipun, masih jauh jika dibanding ke harga baru-nya dulu, apalagi mobil yang senikmat ini sekarang harganya min. 500jt.
saya juga dapat info bahwa goodwill untuk DSG masih berlaku jika rajin ke bengkel resmi, walau chance nya kecil untuk dapat free,
tapi min. diskon 20%-50% saja sudah menarik. Mechatronic kalau di bengkel resmi sekitar 40jt, garansi 2 tahun
Dual clutch 17 juta.
tips tambahan juga buat yg minat ambil mobil ini, jauhi unit yang sudah atau pernah modif extreme.
konon yg standar hampir pasti ngga kena penyakit aneh-aneh
another thing, di aliexpress banyak sekali part untuk mobil ini, dari perintilan kecil kecil, sampai mechatronic.
bikin penasaran ingin coba stock 1 unit mechatronic dari sana, karena tidak sampai Rp 10jt
buat anda yang punya banyak waktu ke bengkel dan ngulik sana-sini, ini pilihan menarik.
tapi kalau nggak suka ke bengkel, cari yg lain aja
semoga saya bisa merawat mobil ini selama mungkin seperti mobil satu-nya.
Maaf juga klo review-nya berantakan
Perkenankan untuk pertama kalinya nubi me-review salah satu mobil yang paling menakutkan untuk dimiliki mayoritas penghuni SM.
Singkat cerita, saya sudah tahun ke 9 bersama BMW e39 M54 dengan segala suka & duka-nya (for sure lebih banyak suka-nya),
Selama ini hanya saya yg bisa nyetir, istri lebih suka duduk manis. ke kantor saya antar, pulang saya jemput. kelapa gading - ps. baru
Saya kebetulan sudah full WFH sejak mid. 2019
Anak pertama kelas 3 SD, yg kedua baru masuk TK bulan juli ini.
awal Januari, istri bilang "beb, aku harus bisa nyetir loh, kamu nanti kan harus temenin si adek sekolah"
akhirnya belajar nyetir dan mulai lancar, tapi end up dengan NYERAH belajar parkir pakai E39, padahal sudah ada 8 sensor parkir + kamera
lalu dia bilang, "kita beli mobil deh 1 lagi, yg kecil, lebih muda, dan irit.. LCGC aja" (saya bilang OK, tapi nggak excited)
bulan mei, saya mulai cari kandidat, mobil kecil, muda dan irit.
test drive agya 1.2 matic.. nyonya ngga suka, steering-nya kurang firm (baru bisa nyetir aja udah bisa komen macam ini)
saya mulai ngoceh, "namanya juga mobil kelas lcgc beb, jgn samain sama BMW butut kita yg harganya 500 juta saat lahir (tahun 2002)"
lalu sepakat mau naik kelas ke 200 jutaan, kandidat-nya rush dan raize tss.
Test drive rush, nyonya bilang lebih enak agya, cobain raize, nyonya bilang "ok lah ini boleh juga". Deal...
nggak tahunya yang ada fitur TSS, inden lama sekali, dan karena inden lama, tidak jelas akan dapat diskon ppn BM atau tidak.
yang non-TSS kurang menarik, karena kami sebagai kaum kere-hore, pingin aja punya mobil yang berfitur canggih dan jarang ada seperti TSS.
karena nyonya berani keluar 200 jutaan, saya mendadak punya ide gila untuk racunin europe car lagi.
mulai susun strategi SSI, dengan ngejual safety, fun to drive, serta fakta bahwa kami sanggup pelihara mobil eropa tua selama 9 tahun.
hasilnya : VOILA nyonya setuju. kali ini SEMANGAT SAYA !!! YESSSSSS !!
pilihan pertama : e46 325i facelift, Ditolak mentah-mentah, ketuaan dan nggak irit
pilihan kedua : w204 c250 facelift, Ditolak karena kemahalan katanya, cari yg <200jt aja, biar ada sisa buat klo mobil-nya perlu perbaikan
pilihan ketiga : VW golf MK6, yeaaay nyonya setuju, saya senang sekaligus deg2an karena banyak cerita horor-nya
Nemu iklan di OL* warna putih 2011, KM 83rb, lokasi dekat rumah pula.
langsung test drive ajak nyonya, as expected "this is it.. katanya"
buat perbandingan, kemudian saya test 4 unit lainnya dari berbagai iklan, tapi kondisi unit tidak lebih baik.
sempat propose MK7 juga, tapi ditolak nyonya
pada akhirnya deal dengan mk6 pilihan pertama di 133jt
sedikit history mobilnya :
Mecha sudah ganti di KM 25rb - GOODWILL dan baru ganti lagi di Januari 2021, tapi bukan di bengkel resmi, cost 18jt garansi 6 bulan. semoga awet.
waterpump pernah ganti di KM 55rb
sensor ABS sepertinya setiap 15-30rb ada aja yg rusak
Dual clutch tidak ada history di bengkel resmi, tapi feeling saya sih sudah ganti, soalnya tidak ada gejala getar2 dan slip
Driving impression :
Seperti sudah banyak dibahas, mobil ini nikmat sekali terutama ketika turbo sudah kick in.
Ketemu ANF dan PJS ugal, mereka suruh saya minggir, yg ada saya kabur dan bikin panas mereka
build quality super mantap, ngga ada bagian yg terasa murah
konsumsi bisa dapat BBM 1:18 cruising di tol era PPKM.. dalam kota rute klp. gading ps. baru 1:13. Pertabo always
compared to E39, mobil ini jauh lebih lincah, tapi E39 lebih mature di segala aspek. nggak apple to apple anyway.
terasa sekali bedanya, 1400cc twincharged + DSG , FWD dibanding inline 6 NA, RWD, torque conv.
PR yang saya bereskan :
- Shock breaker fullset merk SACHS, depan 3,6jt, belakang 2,6jt
- bushing depan 4 pcs, 850rb merk lemforder..
- engine mounting 3pcs merk lemforder, 3,8jt.. pasang di bengkel resmi ongkos nya 3 juta
- kampas rem belakang merk meyle, 450rb
- ban 4pcs hankook ventus V2 --> enak loh ban ini, dan murah
- spooring di start tyre, lalu didapati 3 dari 4 velg tidak bulat sempurna, repair lah 800rb
- kuras radiator di bengkel resmi habis 1,2jt --> worth banget, mereka nggak sembarangan kerja-nya. bukan cuma buang air lama, lalu diisi yg baru.
buang air lama, isi air biasa, mobil dibawa jalan, buang air lagi.. isi lagi, bawa jalan lagi, di mobil saya proses ini ada ada lah 10x dikerjakan.
setelah yakin bersih, baru diisi aquades + coolant
saya juga sudah beli head unit oem style yang sudah carplay, tapi belum saya pasang. soalnya beli diam-diam tanpa info nyonya.
catatan tambahan, merawat mobil ini sebaiknya di bengkel resmi. walau partnya tidak beli disana, mereka bersedia kerjakan.
saya belum yakin dengan skill mekanik bengkel non-resmi, beda dengan merk baling-baling atau bintang
Saya ada insiden baut patah, saat pasang bushing di bengkel kaki-kaki biasa, bahkan dudukan baut-nya yg sekaligus arm juga patah.
Untung saja di facebook nemu vw golf habis kecelakaan dan dikampakin, kalau tidak.. harga part-nya 6 juta dan inden 1-2 bulan
kesimpulan saya, mobil ini sangat nikmat jika dibeli di harga sekarang.
bahkan jika penyakit-nya keluar semua sekalipun, masih jauh jika dibanding ke harga baru-nya dulu, apalagi mobil yang senikmat ini sekarang harganya min. 500jt.
saya juga dapat info bahwa goodwill untuk DSG masih berlaku jika rajin ke bengkel resmi, walau chance nya kecil untuk dapat free,
tapi min. diskon 20%-50% saja sudah menarik. Mechatronic kalau di bengkel resmi sekitar 40jt, garansi 2 tahun
Dual clutch 17 juta.
tips tambahan juga buat yg minat ambil mobil ini, jauhi unit yang sudah atau pernah modif extreme.
konon yg standar hampir pasti ngga kena penyakit aneh-aneh
another thing, di aliexpress banyak sekali part untuk mobil ini, dari perintilan kecil kecil, sampai mechatronic.
bikin penasaran ingin coba stock 1 unit mechatronic dari sana, karena tidak sampai Rp 10jt
buat anda yang punya banyak waktu ke bengkel dan ngulik sana-sini, ini pilihan menarik.
tapi kalau nggak suka ke bengkel, cari yg lain aja
semoga saya bisa merawat mobil ini selama mungkin seperti mobil satu-nya.
Maaf juga klo review-nya berantakan
Last edited by mojacko on Mon Jul 19, 2021 7:11, edited 5 times in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 572
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
wuiihh,, istri sepertinya punya bakat alami tau mobil enak Om.
hahhaa
enjoy ya Om VW nya
hahhaa
enjoy ya Om VW nya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5745
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
Enak lah Golf TSI, beberapa taun lalu aja pernah coba si Polo yang TSI jauh banget dibandingin kompetitor dari negeri Jepang..
Ditunggu owner experience E39nya om.
Ditunggu owner experience E39nya om.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11377
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
congrats om utk boil barunya
itu om jajannya giat juga ya. udah bajetin puluh2 jeti utk ini itu wkwkwkwk. salut om, berani piara yurep 2 biji. sy aja ga berani, drpd beli spare part kl sy mending koleksi jam tangan, bela2in mobil naik gerobak nihong.
itu om jajannya giat juga ya. udah bajetin puluh2 jeti utk ini itu wkwkwkwk. salut om, berani piara yurep 2 biji. sy aja ga berani, drpd beli spare part kl sy mending koleksi jam tangan, bela2in mobil naik gerobak nihong.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 801
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
Sebenernya biar piara yurop gak terasa berat, mungkin pola pikirnya yang harus diubah kali yah? Kalo punya budget 200-250 jt buat piara mubil ini cocok banget. 133 juta buat bayar unit, sedikit buat beres2, sisanya tabung masukin deposito buat kalo mubilnya ada minta jajan aneh2, dapet bonus bunga deposito pulak. Bonus paling besar yang gak mungkin ada di mobil lain sekelasnya tentu kenikmatan berkendaranya
Kadang2 memang beberapa oknum2 tertentu dari user dua mobil itu di jalanan suka berasa paling kenceng
Anyway, selamat mubil barunya oom. Mudah2an mubilnya bisa awet dan gak terlalu nyusahin, serta puas pakainya deh
Hahaha, berani banget mereka nyuruh golep minggir... Let say mereka udh remap pigibek dastek segala macem jg paling menang dilurusan, begitu ditikungan mana bisa ngelawan monokok, hatchback, yurop pulak... wkwkwkwkKetemu ANF dan PJS ugal, mereka suruh saya minggir, yg ada saya kabur dan bikin panas mereka
Kadang2 memang beberapa oknum2 tertentu dari user dua mobil itu di jalanan suka berasa paling kenceng
Anyway, selamat mubil barunya oom. Mudah2an mubilnya bisa awet dan gak terlalu nyusahin, serta puas pakainya deh
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 203
- Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
kayanya ini akibat mobil pertama saya adalah si logo baling-baling deh, terlalu jomplang klo langsung turun ke LCGC.satriakarisma wrote: ↑Mon Jul 19, 2021 6:37 wuiihh,, istri sepertinya punya bakat alami tau mobil enak Om.
hahhaa
enjoy ya Om VW nya
Yaris joker dan GK5 sempat masuk kandidat, tapi karena nyonya sudah setuju buat another europe, langsung saya lupakan
hhhmmm nggak pandai saya om bikin ceritanya, yg pasti hampir semua penyakit sudah pernah saya alami buat E39
selama 9 tahun ini, untuk urusan slow moving :
ganti kompresor AC : sudah
turun mesin : sudah
turun matic : sudah
modul ABS : sudah
sensor ABS : sudah, tapi cuma 1x, dan saya ganti sensor dari aliexpress.. awet dan murah, ajaib buat part yg harganya <200rb sudah ongkir
cooling system, ini ajaib.. radiator saya blm pernah ganti, sampai skrg. hanya thermostat dan beberapa selang/pipa yg pernah ganti
kaki-kaki fullset : sudah pernah ganti di tahun ke 3, dan masih awet sampai skrg
hobi laki-laki memang beda2 om, saya klo urusan fashion apparel malah super pelit.
ini urusan mobil masih mending. daripada urusan gadget.
lebih nggak masuk akal saya buang duit-nya. intinya saya penganut aliran 3S.
Hidup cuma 1x, klo bisa ngerasain mobil enak + banyak fitur, sikat aja dehh, walau harus siap (semoga nggak) endless money pit.
beli baru kan saya termasuk golongan yg blm mampu.
engine twincharged ini juga sesuatu yg unik yg VW sendiri aja mungkin ngga akan bikin lagi.
gearbox DSG-nya juga compared sama teknologi jaman skrg, sepertinya belum terlalu ketinggalan jaman
ditambah lagi, harga sekarang ini menurut saya sudah agak mentok depresiasi-nya.
golf mk7 keluaran terakhir saja katanya >600jt dan inden, entah berapa harga mk8 kalau beneran dijual disini nanti.
saya selalu compare ke harga baru dan kelas mobil-nya, seperti E39 yg waktu lahir di 2002, harganya 500jtrakyatwkwkland wrote: ↑Mon Jul 19, 2021 9:04 Sebenernya biar piara yurop gak terasa berat, mungkin pola pikirnya yang harus diubah kali yah? Kalo punya budget 200-250 jt buat piara mubil ini cocok banget. 133 juta buat bayar unit, sedikit buat beres2, sisanya tabung masukin deposito buat kalo mubilnya ada minta jajan aneh2, dapet bonus bunga deposito pulak. Bonus paling besar yang gak mungkin ada di mobil lain sekelasnya tentu kenikmatan berkendaranya
Hahaha, berani banget mereka nyuruh golep minggir... Let say mereka udh remap pigibek dastek segala macem jg paling menang dilurusan, begitu ditikungan mana bisa ngelawan monokok, hatchback, yurop pulak... wkwkwkwkKetemu ANF dan PJS ugal, mereka suruh saya minggir, yg ada saya kabur dan bikin panas mereka
Kadang2 memang beberapa oknum2 tertentu dari user dua mobil itu di jalanan suka berasa paling kenceng
Anyway, selamat mubil barunya oom. Mudah2an mubilnya bisa awet dan gak terlalu nyusahin, serta puas pakainya deh
saya beli di 100jt, 9 tahun pelihara dan maintain kondisi sehat, damage cost-nya masih jauh dari harganya yg 500jt waktu lahir,
plus-nya bisa menikmati mobil yg di kelasnya skrg sudah di harga > 1 milyar,
minus-nya, waktu dan tenaga untuk ke bengkel.
E39 itu setelah pasang head unit android, nggak banyak kalah fitur gimmick juga, kalau dibanding mobil keluaran sekarang.
yg paling signifikan hanya kalah irit saja, untuk model relatif timeless
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2117
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
mantap reviewnya, om
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Sat Oct 01, 2016 11:33
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
Istri sy pengen golf, sy suka Scirocco
Tp duitnya cuma nyampe ke mobil LCGC
#nice review om
Tp duitnya cuma nyampe ke mobil LCGC
#nice review om
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2563
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
Mantep om.. terperincimojacko wrote: ↑Mon Jul 19, 2021 5:15
sedikit history mobilnya :
Mecha sudah ganti di KM 25rb - GOODWILL dan baru ganti lagi di Januari 2021, tapi bukan di bengkel resmi, cost 18jt garansi 6 bulan. semoga awet.
waterpump pernah ganti di KM 55rb
sensor ABS sepertinya setiap 15-30rb ada aja yg rusak
Dual clutch tidak ada history di bengkel resmi, tapi feeling saya sih sudah ganti, soalnya tidak ada gejala getar2 dan slip
PR yang saya bereskan :
- Shock breaker fullset merk SACHS, depan 3,6jt, belakang 2,6jt
- bushing depan 4 pcs, 850rb merk lemforder..
- engine mounting 3pcs merk lemforder, 3,8jt.. pasang di bengkel resmi ongkos nya 3 juta
- kampas rem belakang merk meyle, 450rb
- ban 4pcs hankook ventus V2 --> enak loh ban ini, dan murah
- spooring di start tyre, lalu didapati 3 dari 4 velg tidak bulat sempurna, repair lah 800rb
- kuras radiator di bengkel resmi habis 1,2jt --> worth banget, mereka nggak sembarangan kerja-nya. bukan cuma buang air lama, lalu diisi yg baru.
buang air lama, isi air biasa, mobil dibawa jalan, buang air lagi.. isi lagi, bawa jalan lagi, di mobil saya proses ini ada ada lah 10x dikerjakan.
setelah yakin bersih, baru diisi aquades + coolant
Diliat-liat ya price sparepart VW agak lebih tinggi diatas BMW tahun yg sama. Tapi masih reachable lah yah, lumayan ok pelihara VAG group. Audi A4 (B8) blom ada yg share sih , penasaran aja maintenance costnya ky apa.
Dari trio german, ane rasa paling murah pelihara Mercedes. Harga sparepartnya rata-rata dibawah BMW. Dan tingkat “gampang ngambek” masih lebih kuat mercedes. Bandingin E90 vs W204
Enak kok pelihara eropa, yg penting sediain budget aja banyakan buat maintenance cost
Klo kagak kuat tinggal angkat tangan kibarin bendera putih, ada kijang…. Santai si solar goceng siap membantu dimasa sulit
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 203
- Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
iya part lebih mahal VW om, untung aja ini golf desain kaki-kaki nggak rumit kaya E39, jadi overall E39 lebih mahal klo ganti kaki-kaki fullsetKielConstantine wrote: ↑Tue Jul 20, 2021 6:28Mantep om.. terperincimojacko wrote: ↑Mon Jul 19, 2021 5:15
sedikit history mobilnya :
Mecha sudah ganti di KM 25rb - GOODWILL dan baru ganti lagi di Januari 2021, tapi bukan di bengkel resmi, cost 18jt garansi 6 bulan. semoga awet.
waterpump pernah ganti di KM 55rb
sensor ABS sepertinya setiap 15-30rb ada aja yg rusak
Dual clutch tidak ada history di bengkel resmi, tapi feeling saya sih sudah ganti, soalnya tidak ada gejala getar2 dan slip
PR yang saya bereskan :
- Shock breaker fullset merk SACHS, depan 3,6jt, belakang 2,6jt
- bushing depan 4 pcs, 850rb merk lemforder..
- engine mounting 3pcs merk lemforder, 3,8jt.. pasang di bengkel resmi ongkos nya 3 juta
- kampas rem belakang merk meyle, 450rb
- ban 4pcs hankook ventus V2 --> enak loh ban ini, dan murah
- spooring di start tyre, lalu didapati 3 dari 4 velg tidak bulat sempurna, repair lah 800rb
- kuras radiator di bengkel resmi habis 1,2jt --> worth banget, mereka nggak sembarangan kerja-nya. bukan cuma buang air lama, lalu diisi yg baru.
buang air lama, isi air biasa, mobil dibawa jalan, buang air lagi.. isi lagi, bawa jalan lagi, di mobil saya proses ini ada ada lah 10x dikerjakan.
setelah yakin bersih, baru diisi aquades + coolant
Diliat-liat ya price sparepart VW agak lebih tinggi diatas BMW tahun yg sama. Tapi masih reachable lah yah, lumayan ok pelihara VAG group. Audi A4 (B8) blom ada yg share sih , penasaran aja maintenance costnya ky apa.
Dari trio german, ane rasa paling murah pelihara Mercedes. Harga sparepartnya rata-rata dibawah BMW. Dan tingkat “gampang ngambek” masih lebih kuat mercedes. Bandingin E90 vs W204
Enak kok pelihara eropa, yg penting sediain budget aja banyakan buat maintenance cost
Klo kagak kuat tinggal angkat tangan kibarin bendera putih, ada kijang…. Santai si solar goceng siap membantu dimasa sulit
daripada A4 (klo ga salah A4 pake CVT) coba lirik Q3 om.. menarik banget nih, saya juga baru tahu. 2000 CC turbo, 300nm, 7 speed DSG wet clutch.
cek pasaran di OL* sih 200 gede ke 300 kecil :
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4616
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
nice review om dan congrats buat mobil barunya. semoga enjoy dan happy ya pakenya
golf mk6 ini merupakan salah 1 hatchback eropa yg fun to drive, punya peforma dan handling yg oke serta desainnya termasuk timeless menurut saya
golf mk6 ini merupakan salah 1 hatchback eropa yg fun to drive, punya peforma dan handling yg oke serta desainnya termasuk timeless menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 73
- Joined: Tue Oct 15, 2013 17:53
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
Congrats buat golf nya om mojacko, enjoy!
persis kita om klo beli mobil liat harga baru berbanding second pas mau beli, artinya pas jajan agak banyak jadi ada pembenaran nya
Skrg harga mk6 udah sangat menarik ya, mgkn siapin 30juta more than enough sampe mobilnya enak sambil dipake daily biar tau apalagi kurangnya selama mobilnya dapet yg kondisinya cukup oke. Saya waktu ambil e70 juga gt om dulu awal ambil jajan abis banyak tp sekarang udah jalan bbrp tahun ya perawatan berkala normal aja ganti oli dan fast moving parts
Anyway, jadi inget dulu thn 2012 ada temen yg beli gress klo ga salah 350jtan dan saya sempat cobain, wuenakk poll memang mk6 ini bawaanya kaki jadi ga sekolah tp bensin masih terhitung irit
persis kita om klo beli mobil liat harga baru berbanding second pas mau beli, artinya pas jajan agak banyak jadi ada pembenaran nya
Skrg harga mk6 udah sangat menarik ya, mgkn siapin 30juta more than enough sampe mobilnya enak sambil dipake daily biar tau apalagi kurangnya selama mobilnya dapet yg kondisinya cukup oke. Saya waktu ambil e70 juga gt om dulu awal ambil jajan abis banyak tp sekarang udah jalan bbrp tahun ya perawatan berkala normal aja ganti oli dan fast moving parts
Anyway, jadi inget dulu thn 2012 ada temen yg beli gress klo ga salah 350jtan dan saya sempat cobain, wuenakk poll memang mk6 ini bawaanya kaki jadi ga sekolah tp bensin masih terhitung irit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2645
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
semangat ngerawat VAG product nya. golf ini mbl waras dan enak kok sebenernya.
tinggal cari bengkel spesialis aja. rata2 bengkel specialis itu org2 jebolan bengkel resmi sih. cm ya gt, ada yg harganya getok, ada yg murah. di jakarta setidaknya sih ada lima bengkel spesialis audi vw yg saya tau.
saya malah ke bengkel spesialis paling kecil tp kerjanya bener. yg besar2 kerjanya malah setengah hati wkwk
tinggal cari bengkel spesialis aja. rata2 bengkel specialis itu org2 jebolan bengkel resmi sih. cm ya gt, ada yg harganya getok, ada yg murah. di jakarta setidaknya sih ada lima bengkel spesialis audi vw yg saya tau.
saya malah ke bengkel spesialis paling kecil tp kerjanya bener. yg besar2 kerjanya malah setengah hati wkwk
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 426
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
Boleh PM om, bengkel kecil nya untuk alternatif. Thxfarizfsa wrote:semangat ngerawat VAG product nya. golf ini mbl waras dan enak kok sebenernya.
tinggal cari bengkel spesialis aja. rata2 bengkel specialis itu org2 jebolan bengkel resmi sih. cm ya gt, ada yg harganya getok, ada yg murah. di jakarta setidaknya sih ada lima bengkel spesialis audi vw yg saya tau.
saya malah ke bengkel spesialis paling kecil tp kerjanya bener. yg besar2 kerjanya malah setengah hati wkwk
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 203
- Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
Wah E70 ya.. saya juga sempat naksir, 2 tahun lalu road trip jawa-bali pakai E39.saywhat wrote: ↑Tue Jul 20, 2021 16:37 Congrats buat golf nya om mojacko, enjoy!
persis kita om klo beli mobil liat harga baru berbanding second pas mau beli, artinya pas jajan agak banyak jadi ada pembenaran nya
Skrg harga mk6 udah sangat menarik ya, mgkn siapin 30juta more than enough sampe mobilnya enak sambil dipake daily biar tau apalagi kurangnya selama mobilnya dapet yg kondisinya cukup oke. Saya waktu ambil e70 juga gt om dulu awal ambil jajan abis banyak tp sekarang udah jalan bbrp tahun ya perawatan berkala normal aja ganti oli dan fast moving parts
Anyway, jadi inget dulu thn 2012 ada temen yg beli gress klo ga salah 350jtan dan saya sempat cobain, wuenakk poll memang mk6 ini bawaanya kaki jadi ga sekolah tp bensin masih terhitung irit
Tiba-tiba membayangkan nikmatnya pakai X5, sayangnya kendala harga yg masih lumayan tinggi (yg facelift)
dan tidak mau jual E39, karena banyak kenangan, lenyap begitu saja rencana cari E70
Wahh bisikin dong nocan bengkel non-resmi nyafarizfsa wrote: ↑Wed Jul 21, 2021 2:04 semangat ngerawat VAG product nya. golf ini mbl waras dan enak kok sebenernya.
tinggal cari bengkel spesialis aja. rata2 bengkel specialis itu org2 jebolan bengkel resmi sih. cm ya gt, ada yg harganya getok, ada yg murah. di jakarta setidaknya sih ada lima bengkel spesialis audi vw yg saya tau.
saya malah ke bengkel spesialis paling kecil tp kerjanya bener. yg besar2 kerjanya malah setengah hati wkwk
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Thu Feb 02, 2017 10:14
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
om, ada tips dan trik gak buat pilih mobil europe 2nd tahun tua tapi msh "lumayan sehat"?? soalnya tiap dateng ke showroom cm bs mandang fisik dan tesdrive dekat2 dan singkat doank, gk terlalu kerasa kondisi mobilnya dan buta banget ini mobil masih ok apa gk.. thanks om
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2645
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
bengkel yg rekomenmojacko wrote: ↑Wed Jul 21, 2021 5:50Wah E70 ya.. saya juga sempat naksir, 2 tahun lalu road trip jawa-bali pakai E39.saywhat wrote: ↑Tue Jul 20, 2021 16:37 Congrats buat golf nya om mojacko, enjoy!
persis kita om klo beli mobil liat harga baru berbanding second pas mau beli, artinya pas jajan agak banyak jadi ada pembenaran nya
Skrg harga mk6 udah sangat menarik ya, mgkn siapin 30juta more than enough sampe mobilnya enak sambil dipake daily biar tau apalagi kurangnya selama mobilnya dapet yg kondisinya cukup oke. Saya waktu ambil e70 juga gt om dulu awal ambil jajan abis banyak tp sekarang udah jalan bbrp tahun ya perawatan berkala normal aja ganti oli dan fast moving parts
Anyway, jadi inget dulu thn 2012 ada temen yg beli gress klo ga salah 350jtan dan saya sempat cobain, wuenakk poll memang mk6 ini bawaanya kaki jadi ga sekolah tp bensin masih terhitung irit
Tiba-tiba membayangkan nikmatnya pakai X5, sayangnya kendala harga yg masih lumayan tinggi (yg facelift)
dan tidak mau jual E39, karena banyak kenangan, lenyap begitu saja rencana cari E70
Wahh bisikin dong nocan bengkel non-resmi nyafarizfsa wrote: ↑Wed Jul 21, 2021 2:04 semangat ngerawat VAG product nya. golf ini mbl waras dan enak kok sebenernya.
tinggal cari bengkel spesialis aja. rata2 bengkel specialis itu org2 jebolan bengkel resmi sih. cm ya gt, ada yg harganya getok, ada yg murah. di jakarta setidaknya sih ada lima bengkel spesialis audi vw yg saya tau.
saya malah ke bengkel spesialis paling kecil tp kerjanya bener. yg besar2 kerjanya malah setengah hati wkwk
Bengkel Manshurin - Daerah BKT jakarta timur, jebolan audi mt haryono dan vw pik, audi saya rawatan sini
AXC Motora - spesialis mechatonic vw audi
S Line Eurocars specialist - Depok
Djaya Motor 88 - Senen - parts vw audi porsche (VAG)
semua ada di ig
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4616
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
kalo dari saya:shanben wrote: ↑Wed Jul 21, 2021 8:59 om, ada tips dan trik gak buat pilih mobil europe 2nd tahun tua tapi msh "lumayan sehat"?? soalnya tiap dateng ke showroom cm bs mandang fisik dan tesdrive dekat2 dan singkat doank, gk terlalu kerasa kondisi mobilnya dan buta banget ini mobil masih ok apa gk.. thanks om
- jangan cuma 1 opsi saja, siapin minimal 2 unit yg disurvei langsung ,jadi ada perbandingan, mana yg lebih layak untuk dibeli dari segi harga dan kondisi
- bawa mekanik atau kenalan yg ngerti mobil (terutama mobil eropa), jadi potensi dapet unit jelek bisa diminimalkan
- jangan sungkan2 buat ngajak owner sblmnya buat GCU ke beres , jadi ada gambaran, bagian yg rusak apa saja dan yg masih bagus apa saja
- siapkan budget diluar harga mobil buat perbaikkan dan jaga2, karena namanya mobil eropa seken, pasti ada aja bagian yg harus diganti karena umur dan pemakaian (dan sorry to say jangan pernah berharap kalo biaya maintenance mobil eropa itu bakalan turun, ngikutin harga sekennya yg sudah mulai relatif terjangkau menurut saya , jadi ya yg om perlu tau ya harga mobil eropa inceran om saat barunya berapa (kalo misalkan harga baru mobil eropa inceran om itu seharga 600 jt , dan saat ini tahun 2021 om beli mobil tersebut dalam kondisi seken dengan harga 250 jt ya berarti om mesti siapin spare budget seharaga maintenance mobil itu saat barunya, yaitu perawatan mobil seharga 600jt kalo mau aman menurut saya pribadi , bukan disamain dengan biaya maintenance mobil baru seharga 250 jt buat spare budgetnya wkwk)
- kalo bisa nyari di pemakai langsung saja atau kalo mau showroom , cari yg reputasinya bagus dan berpengalaman dalam main mobil eropa. selain itu, buku servis ,buku manual juga wajib ada. lebih bagus kalo ada bon penggantian spareparts baik beres atau spesialis, jadi ada gambaran, mobil tersebut bakal jajan apa saja kedepannya
- jangan sungkan sungkan buat main ke forum / spesialis / komunitas. karena bisa nambah ilmu, nambah relasi, nambah temen, nambah pengetahuan dan nambah informasi baru tentang mobil yg om incer, jadi lebih mudah kalo mau dipelihara dalam jangka panjang. dan kalo saya pribadi, lebih prefer servis di spesialis saja, kalo garansi sudah habis, karena selisihnya lumayan dibanding beres menurut saya
itu aja kalo dari saya, semoga dapet unit yg sesuai dengan keinginan ya om hehehe. happy hunting
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 127
- Joined: Wed Mar 01, 2017 9:04
- Location: Bandungan
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
Congrats om atas mobil barunya!
Naksir banget sama golf tsi ini sejak awal muncul, makin naksir karena liat di forum kaskus pada puas semua dengan mobil tersebut.
Dan post om ini membangkitkan lagi rasa yg pernah ada [emoji1787]
Terimakasih om thread ini membuka pemikiran tentang spare duit buat service mobil europe.
Skrg persiapan dulu cari spesialis vw yg bagus kerjaannya di daerah semarang solo jogja baru angkut unitnya.
Semoga update terus long term experiencenya, update ganti part apa saja dan habis berapa. Thanks!
Naksir banget sama golf tsi ini sejak awal muncul, makin naksir karena liat di forum kaskus pada puas semua dengan mobil tersebut.
Dan post om ini membangkitkan lagi rasa yg pernah ada [emoji1787]
Terimakasih om thread ini membuka pemikiran tentang spare duit buat service mobil europe.
Skrg persiapan dulu cari spesialis vw yg bagus kerjaannya di daerah semarang solo jogja baru angkut unitnya.
Semoga update terus long term experiencenya, update ganti part apa saja dan habis berapa. Thanks!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2563
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
Waw racoen….mojacko wrote: ↑Tue Jul 20, 2021 7:21iya part lebih mahal VW om, untung aja ini golf desain kaki-kaki nggak rumit kaya E39, jadi overall E39 lebih mahal klo ganti kaki-kaki fullsetKielConstantine wrote: ↑Tue Jul 20, 2021 6:28Mantep om.. terperincimojacko wrote: ↑Mon Jul 19, 2021 5:15
sedikit history mobilnya :
Mecha sudah ganti di KM 25rb - GOODWILL dan baru ganti lagi di Januari 2021, tapi bukan di bengkel resmi, cost 18jt garansi 6 bulan. semoga awet.
waterpump pernah ganti di KM 55rb
sensor ABS sepertinya setiap 15-30rb ada aja yg rusak
Dual clutch tidak ada history di bengkel resmi, tapi feeling saya sih sudah ganti, soalnya tidak ada gejala getar2 dan slip
PR yang saya bereskan :
- Shock breaker fullset merk SACHS, depan 3,6jt, belakang 2,6jt
- bushing depan 4 pcs, 850rb merk lemforder..
- engine mounting 3pcs merk lemforder, 3,8jt.. pasang di bengkel resmi ongkos nya 3 juta
- kampas rem belakang merk meyle, 450rb
- ban 4pcs hankook ventus V2 --> enak loh ban ini, dan murah
- spooring di start tyre, lalu didapati 3 dari 4 velg tidak bulat sempurna, repair lah 800rb
- kuras radiator di bengkel resmi habis 1,2jt --> worth banget, mereka nggak sembarangan kerja-nya. bukan cuma buang air lama, lalu diisi yg baru.
buang air lama, isi air biasa, mobil dibawa jalan, buang air lagi.. isi lagi, bawa jalan lagi, di mobil saya proses ini ada ada lah 10x dikerjakan.
setelah yakin bersih, baru diisi aquades + coolant
Diliat-liat ya price sparepart VW agak lebih tinggi diatas BMW tahun yg sama. Tapi masih reachable lah yah, lumayan ok pelihara VAG group. Audi A4 (B8) blom ada yg share sih , penasaran aja maintenance costnya ky apa.
Dari trio german, ane rasa paling murah pelihara Mercedes. Harga sparepartnya rata-rata dibawah BMW. Dan tingkat “gampang ngambek” masih lebih kuat mercedes. Bandingin E90 vs W204
Enak kok pelihara eropa, yg penting sediain budget aja banyakan buat maintenance cost
Klo kagak kuat tinggal angkat tangan kibarin bendera putih, ada kijang…. Santai si solar goceng siap membantu dimasa sulit
daripada A4 (klo ga salah A4 pake CVT) coba lirik Q3 om.. menarik banget nih, saya juga baru tahu. 2000 CC turbo, 300nm, 7 speed DSG wet clutch.
cek pasaran di OL* sih 200 gede ke 300 kecil :
Tak save dulu instagrammya deh ..
Lagi lirik-lirik pengganti E90 soalnya .. mau cari yg pake turbo biar bisa di oprek-oprek. Kita liat aja jodohnya apa wkwkwkwkwk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 203
- Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
gampang aja sih klo saya,shanben wrote: ↑Wed Jul 21, 2021 8:59 om, ada tips dan trik gak buat pilih mobil europe 2nd tahun tua tapi msh "lumayan sehat"?? soalnya tiap dateng ke showroom cm bs mandang fisik dan tesdrive dekat2 dan singkat doank, gk terlalu kerasa kondisi mobilnya dan buta banget ini mobil masih ok apa gk.. thanks om
- Cek kondisi fisik & interior, kalau terlihat jorok, biasanya sudah terlihat gimana cara owner merawat mobil secara keseluruhan
- cek service record, cari tahu sudah pernah ganti part slow moving apa saja.
- test drive, mobil europe dalam kondisi ada PR minor pun, biasanya tetap nikmat. kalau mesin batuk2, transmisi gugup, handling aneh, tinggalin aja
- klo fisik dan driving impression sudah OK, baru deh general check up ke bengkel resmi. di VW biayanya 770rb, di BMW juga kisaran segitu.
- jangan lupa survey harga part mobil inceran tsb, baik fast moving & slow moving. buat ukur kemampuan dan kerelaan dompet kita
Saya setelah beli mobilnya, baru baca-baca tuh forum di kaskus.. minggu lalu baru selesai, >200 halaman.Dummy wrote: ↑Thu Jul 22, 2021 12:40 Congrats om atas mobil barunya!
Naksir banget sama golf tsi ini sejak awal muncul, makin naksir karena liat di forum kaskus pada puas semua dengan mobil tersebut.
Dan post om ini membangkitkan lagi rasa yg pernah ada [emoji1787]
Terimakasih om thread ini membuka pemikiran tentang spare duit buat service mobil europe.
Skrg persiapan dulu cari spesialis vw yg bagus kerjaannya di daerah semarang solo jogja baru angkut unitnya.
Semoga update terus long term experiencenya, update ganti part apa saja dan habis berapa. Thanks!
Sayang sudah sepi sekarang
saya jujur naksir sih Q3 ini,KielConstantine wrote: ↑Thu Jul 22, 2021 17:30
Waw racoen….
Tak save dulu instagrammya deh ..
Lagi lirik-lirik pengganti E90 soalnya .. mau cari yg pake turbo biar bisa di oprek-oprek. Kita liat aja jodohnya apa wkwkwkwkwk
engine golf GTI ditambah AWD dan 7 Speed DSG wet clutch (DQ500).. nabung lagi ahh
Q3 terakhir yang dijual belakangan, hanya FWD 1400cc, jadi lumayan collectible yang 2.0 Quattro ini
sebelumya AUDI ngga pernah masuk radar saya, karena banyak kisah horor gearbox CVT-nya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4616
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
nah , saya bantu tambahin lagi ya. jangan sungkan sungkan buat main ke forum atau komunitasnya juga . karena disana kita bisa dapet info baru soal mobil inceran kita, nambah ilmu, nambah relasi, nambah temen, nambah wawasan dan nambah pengetahuan yg bisa mempermudah kita kalo mau pelihara mobil tersebut kedepannya. dan juga jangan lupa cari refrensi bengkel spesialis yg oke, karena selisihnya lumayan dibanding beres menurut saya , apalagi yg sudah habis garansi hehehemojacko wrote: ↑Fri Jul 23, 2021 1:38gampang aja sih klo saya,shanben wrote: ↑Wed Jul 21, 2021 8:59 om, ada tips dan trik gak buat pilih mobil europe 2nd tahun tua tapi msh "lumayan sehat"?? soalnya tiap dateng ke showroom cm bs mandang fisik dan tesdrive dekat2 dan singkat doank, gk terlalu kerasa kondisi mobilnya dan buta banget ini mobil masih ok apa gk.. thanks om
- Cek kondisi fisik & interior, kalau terlihat jorok, biasanya sudah terlihat gimana cara owner merawat mobil secara keseluruhan
- cek service record, cari tahu sudah pernah ganti part slow moving apa saja.
- test drive, mobil europe dalam kondisi ada PR minor pun, biasanya tetap nikmat. kalau mesin batuk2, transmisi gugup, handling aneh, tinggalin aja
- klo fisik dan driving impression sudah OK, baru deh general check up ke bengkel resmi. di VW biayanya 770rb, di BMW juga kisaran segitu.
- jangan lupa survey harga part mobil inceran tsb, baik fast moving & slow moving. buat ukur kemampuan dan kerelaan dompet kita
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 254
- Joined: Tue May 05, 2015 1:19
- Location: Shangri-La Residences
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
Padahal kemarin baru jajanin E90 loKielConstantine wrote: ↑Thu Jul 22, 2021 17:30
Waw racoen….
Tak save dulu instagrammya deh ..
Lagi lirik-lirik pengganti E90 soalnya .. mau cari yg pake turbo biar bisa di oprek-oprek. Kita liat aja jodohnya apa wkwkwkwkwk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2563
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
WkwkwkwkVIPSERIES wrote: ↑Tue Jul 27, 2021 2:02Padahal kemarin baru jajanin E90 loKielConstantine wrote: ↑Thu Jul 22, 2021 17:30
Waw racoen….
Tak save dulu instagrammya deh ..
Lagi lirik-lirik pengganti E90 soalnya .. mau cari yg pake turbo biar bisa di oprek-oprek. Kita liat aja jodohnya apa wkwkwkwkwk
Ud mulai bosen ber …
Kg ada larinya N52.. diadu sama innova diesel aja kalah
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 203
- Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39
Re: [short owning experience] 2011 VW Golf MK6 TSI
MK6 GTI aja om.. gearbox aman, lari kentjaaaangKielConstantine wrote: ↑Sat Jul 31, 2021 3:11WkwkwkwkVIPSERIES wrote: ↑Tue Jul 27, 2021 2:02Padahal kemarin baru jajanin E90 loKielConstantine wrote: ↑Thu Jul 22, 2021 17:30
Waw racoen….
Tak save dulu instagrammya deh ..
Lagi lirik-lirik pengganti E90 soalnya .. mau cari yg pake turbo biar bisa di oprek-oprek. Kita liat aja jodohnya apa wkwkwkwkwk
Ud mulai bosen ber …
Kg ada larinya N52.. diadu sama innova diesel aja kalah