Perawatan jangka panjang (8+ tahun) SX4 X-Over MT facelift 2012
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1058
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Perawatan jangka panjang (8+ tahun) SX4 X-Over MT facelift 2012
Hai SMers semua. Kali ini ane mo cerita perawatan jangka panjang (banget) salah satu mobil favorit ane, SX4 X-Over facelift. Ini mobil bini ane, tp sering juga ane pake.
Ini mobil jarang jalan. Umur 8 thn baru 53ribuan km. Sehari2 emang cuma dipake bini ke pasar & antar anak sekolah. Rutenya 85% aspal, sisanya jalan tanah, batako, sama jalan keriting lain. Fuel cons dapet 1:9 on pertalite+aditif dengan gaya nyetir nyante (shifting di 1500an rpm). Kayaknya efek samping gaya nyetir gini bikin busi jadi cepet kotor. Soalnya waktu dibersihin, keraknya item banget & rada susah rontok.
Jadi di 5 tahun pertama, mobil ini full rawatan BERES. Perawatan seadanya banget. Bensin pake RON 88 tanpa aditif apa2. Oli pake SGO 5W-30 aja & digantinya pun ngikut km, itupun kalo inget. Maklum waktu itu ane belum kenal SM, hehehe.
Nah mulai tahun ke-6, ane mulai ngerti dikit ngerawat mobil dgn baik. Sejak itu, oli pake Amsoil SS 5W-30. Oli transmisi sih masih pake SGO punya sampe sekarang. Udah pernah full tune up (dari throttle body - catconv) 1 kali waktu umur 6,5 taun. Mihul juga, tp puas kok krn tarikan beneran ringan stlh full tuneup itu.
Fast moving part & chemicals macam busi, coolant, minyak rem, kampas rem 4 sisi, sama lampu rem blkg kanan semua ganti di BERES. Shock depan+karetnya juga udah ganti 1 kali di beres.
Ban bawaan pabrik udah ganti fullset 1 kali di bengkel BS langganan. Bawaannya pake Turanza ER (lupa ER33 ato ER300). Skarang pake T005A. Enak nih ban, beneran lebih empuk sesuai klaim langganan ane.
Aki juga pake ukuran yg sama dengan bawaan pabrik: NS60 beli di bengkel aki langganan. Pernah coba pake NS45 krn semua kelistrikan standar aja, tapi jadinya cepet rusak krn gak sanggup nampung arus dari alternator.
Slow moving part yang udah pernah ganti itu kopling set sama sensor O2. Kalo kopling set sih wajar ya, ganti di beres waktu umur hampir 7 taun. Nah yg sensor oksigen ini ane curiga gara2 ane pernah suka nyampur pertabo + premium buat dapet RON 92-93. Maklum waktu itu harga ngoplos gitu masih lebih murah daripada harga pertamax, hehehe. Niat hemat tapi ujung2nya keluar duit juga. Waktu itu gejalanya FC jadi boros banget sama asap knalpot bau bensin. Didiagnosis di beres, trus ane beli sensornya di olshop ijo, pasang di bengkel rumahan kenalan ane. Akhirnya sejak itu ane rutin pake pertalite aja tambah Redline CSFC 50-100 cc/ full tank.
Slow moving part lain yg udah kalah itu steering rack. Gejalanya setir bunyi2 kalo putar full (lock-to-lock). Katanya ini emang penyakit bawaan SX4 lama. Di beres didiagnosis & ditawarin reparasi bushing aja, kena 2.6jt tapi pake bon luar (bukan bon printout beres; you know what that means). Kalo ganti baru, 12jt barangnya doang.
Penyakit lain itu rem cakram belakang. SX4 ane udah ganti kedua sisinya dgn gejala sama: remnya lengket. Akhirnya harus ganti piston kaliper remnya. Katanya kalo mobil kena ciprat gede/ kena hujan & gak langsung dibilas pas nyampe rumah, maka riskan karatan & akhirnya lengket.
Habis itu, sistem AC. Pas lewat ultah ke-8, nih mobil minta ganti evaporator, soalnya bocor pas dites di spesialis AC. Pantesan 2 taun terakhir ane harus tambah freon tiap 12-18 bulan. Jadi pas ganti evap, sekalian aja ane minta ganti receiver/ dryer freon.
Minus2 mobil ini yg udah umum dibicarain: pilar A gede, setir berat, sama fuel cons yg biasa aja itu menurut ane gak terlalu mengganggu. Sangat terbayar dengan ketangguhan drivetrain yg oke, ground clearance tinggi (185 mm), & model yg everlasting.
Barusan pekan lalu udah ganti juga riben, soalnya selama ini masih pake SolarG**d. Setelah nabung berbulan2, akhirnya kesampean pake V-**ol 40 kaca depan + X05 samping & belakang. DC 6.4jeti di distro resminya di kota ane. Tapi pulang2 bukannya bini seneng malah ane dikomplen, katanya ngapain pake ganti riben mahal2, duitnya bisa pake beli kompor tanam. Capek deh...kita udah bayarin, udah nungguin di bengkel, malah digituin....
Secara keseluruhan, nih mobil enak banget. Sangat cocok dengan kebutuhan ane & bini yg cuma buat dalkot tp butuh GC tinggi krn rumah ane di pinggiran & banyak jalan jelek.
Beda banget sama Fiesta Trend MT ‘11 punya ipar ane yg udah jajan 40+juta sejak umur 6 taun sampe skarang. Tuh FFT emang fiturnya lebih banyak & handling nya lbh enak, tp part2 lbh mahal & lbh cepet rusak. GC nya juga rendah banget buat dipake sekitar rumah ane.
Moga2 awet nih mobil buat dipake ngajar anak ane nyetir, hehehe. O ya, nih mobil dulu barunya 214.3 jt harga Makassar 2012. Skarang rerata harga di onlen marketples sekitar 105 jt.
Sekian kesan2 perawatan jangka panjang ini. Moga2 ada manfaatnya buat rekan2 SMers yg lagi nyari mobil 2 baris 100an juta.
Ini mobil jarang jalan. Umur 8 thn baru 53ribuan km. Sehari2 emang cuma dipake bini ke pasar & antar anak sekolah. Rutenya 85% aspal, sisanya jalan tanah, batako, sama jalan keriting lain. Fuel cons dapet 1:9 on pertalite+aditif dengan gaya nyetir nyante (shifting di 1500an rpm). Kayaknya efek samping gaya nyetir gini bikin busi jadi cepet kotor. Soalnya waktu dibersihin, keraknya item banget & rada susah rontok.
Jadi di 5 tahun pertama, mobil ini full rawatan BERES. Perawatan seadanya banget. Bensin pake RON 88 tanpa aditif apa2. Oli pake SGO 5W-30 aja & digantinya pun ngikut km, itupun kalo inget. Maklum waktu itu ane belum kenal SM, hehehe.
Nah mulai tahun ke-6, ane mulai ngerti dikit ngerawat mobil dgn baik. Sejak itu, oli pake Amsoil SS 5W-30. Oli transmisi sih masih pake SGO punya sampe sekarang. Udah pernah full tune up (dari throttle body - catconv) 1 kali waktu umur 6,5 taun. Mihul juga, tp puas kok krn tarikan beneran ringan stlh full tuneup itu.
Fast moving part & chemicals macam busi, coolant, minyak rem, kampas rem 4 sisi, sama lampu rem blkg kanan semua ganti di BERES. Shock depan+karetnya juga udah ganti 1 kali di beres.
Ban bawaan pabrik udah ganti fullset 1 kali di bengkel BS langganan. Bawaannya pake Turanza ER (lupa ER33 ato ER300). Skarang pake T005A. Enak nih ban, beneran lebih empuk sesuai klaim langganan ane.
Aki juga pake ukuran yg sama dengan bawaan pabrik: NS60 beli di bengkel aki langganan. Pernah coba pake NS45 krn semua kelistrikan standar aja, tapi jadinya cepet rusak krn gak sanggup nampung arus dari alternator.
Slow moving part yang udah pernah ganti itu kopling set sama sensor O2. Kalo kopling set sih wajar ya, ganti di beres waktu umur hampir 7 taun. Nah yg sensor oksigen ini ane curiga gara2 ane pernah suka nyampur pertabo + premium buat dapet RON 92-93. Maklum waktu itu harga ngoplos gitu masih lebih murah daripada harga pertamax, hehehe. Niat hemat tapi ujung2nya keluar duit juga. Waktu itu gejalanya FC jadi boros banget sama asap knalpot bau bensin. Didiagnosis di beres, trus ane beli sensornya di olshop ijo, pasang di bengkel rumahan kenalan ane. Akhirnya sejak itu ane rutin pake pertalite aja tambah Redline CSFC 50-100 cc/ full tank.
Slow moving part lain yg udah kalah itu steering rack. Gejalanya setir bunyi2 kalo putar full (lock-to-lock). Katanya ini emang penyakit bawaan SX4 lama. Di beres didiagnosis & ditawarin reparasi bushing aja, kena 2.6jt tapi pake bon luar (bukan bon printout beres; you know what that means). Kalo ganti baru, 12jt barangnya doang.
Penyakit lain itu rem cakram belakang. SX4 ane udah ganti kedua sisinya dgn gejala sama: remnya lengket. Akhirnya harus ganti piston kaliper remnya. Katanya kalo mobil kena ciprat gede/ kena hujan & gak langsung dibilas pas nyampe rumah, maka riskan karatan & akhirnya lengket.
Habis itu, sistem AC. Pas lewat ultah ke-8, nih mobil minta ganti evaporator, soalnya bocor pas dites di spesialis AC. Pantesan 2 taun terakhir ane harus tambah freon tiap 12-18 bulan. Jadi pas ganti evap, sekalian aja ane minta ganti receiver/ dryer freon.
Minus2 mobil ini yg udah umum dibicarain: pilar A gede, setir berat, sama fuel cons yg biasa aja itu menurut ane gak terlalu mengganggu. Sangat terbayar dengan ketangguhan drivetrain yg oke, ground clearance tinggi (185 mm), & model yg everlasting.
Barusan pekan lalu udah ganti juga riben, soalnya selama ini masih pake SolarG**d. Setelah nabung berbulan2, akhirnya kesampean pake V-**ol 40 kaca depan + X05 samping & belakang. DC 6.4jeti di distro resminya di kota ane. Tapi pulang2 bukannya bini seneng malah ane dikomplen, katanya ngapain pake ganti riben mahal2, duitnya bisa pake beli kompor tanam. Capek deh...kita udah bayarin, udah nungguin di bengkel, malah digituin....
Secara keseluruhan, nih mobil enak banget. Sangat cocok dengan kebutuhan ane & bini yg cuma buat dalkot tp butuh GC tinggi krn rumah ane di pinggiran & banyak jalan jelek.
Beda banget sama Fiesta Trend MT ‘11 punya ipar ane yg udah jajan 40+juta sejak umur 6 taun sampe skarang. Tuh FFT emang fiturnya lebih banyak & handling nya lbh enak, tp part2 lbh mahal & lbh cepet rusak. GC nya juga rendah banget buat dipake sekitar rumah ane.
Moga2 awet nih mobil buat dipake ngajar anak ane nyetir, hehehe. O ya, nih mobil dulu barunya 214.3 jt harga Makassar 2012. Skarang rerata harga di onlen marketples sekitar 105 jt.
Sekian kesan2 perawatan jangka panjang ini. Moga2 ada manfaatnya buat rekan2 SMers yg lagi nyari mobil 2 baris 100an juta.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4616
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Perawatan jangka panjang (8+ tahun) SX4 X-Over MT facelift 2012
nice review om. sx4 lama emg salah 1 mobil yg longlasting desainnya, masih enak dilihat sampe sekarang. dulu om saya jg pernah punya yg tahun 2011 matic, impresinya hampir sama kaya om, minusnya ada di setir yg berat , sm FC nya yg gak terlalu irit irit amat buat mobil 1.500 cc. Sisanya no complain, 5 tahun dipake sm om saya, gak ada masalah berarti sampe dijual tahun 2016 lalu buat ganti ke GK5 RS CVT, cuma ganti oli dan servis rutin doang hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1282
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Perawatan jangka panjang (8+ tahun) SX4 X-Over MT facelift 2012
Ntabs om. Sx4 mobil wishlist saya dulu. Terkait rem lengket, itu sampai ga bisa gerak samsek apa kalau dipaksa masi bisa kebuka? Setelah ganti, apakah selesai masalahnya?
Smileage lebih penting dari mileage
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1058
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Perawatan jangka panjang (8+ tahun) SX4 X-Over MT facelift 2012
Jadi kata mekanik beres, yg lengket itu kaliper piston remnya krn karat. Gejalanya mobil jalan agak tertahan sebelah, khususnya dari posisi diam macam di lampu merah. Tertahannya itu kerasa sebelah doang. Abis itu kalo udah dipake jalan rada jauh, velg nya jadi panas banget.
Ini kayaknya penyakit umum di mobil dgn rem belakang tipe cakram, soalnya ane pernah ngalamin juga di City VTEC GD8 2007 punya bokap ane.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1282
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Perawatan jangka panjang (8+ tahun) SX4 X-Over MT facelift 2012
Oww oke, bukan yg abis parkir trus jadi ga mau gerak mobilnya yak.. ini jadi nempel terus2an
Smileage lebih penting dari mileage
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1058
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Perawatan jangka panjang (8+ tahun) SX4 X-Over MT facelift 2012
Bukan om.
Kalo yg om bilang di atas,itu sepertinya nempel krn kampas rem yg sempat basah nempel ke cakram, kadang terjadi di mobil manapun yg abis dicuci. Biar gak kayak gitu, ane suka maju-mundurin mobilnya pas lagi ngelap kering, biar sisa air yg di kampas rem gak bikin kampas rem nempel ke cakramnya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Mon Apr 13, 2020 10:16
- Location: Bali
Re: Perawatan jangka panjang (8+ tahun) SX4 X-Over MT facelift 2012
Moga ignis ane bisa awet kyk punya oms. Beli 2017 kemarin.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Wed Jun 01, 2016 7:35
- Daily Vehicle: GK5 CVT
Re: Perawatan jangka panjang (8+ tahun) SX4 X-Over MT facelift 2012
Terima kasih om reviewnya, saya juga lagi incer SX4 RC1 AT buat istri ane
denger" memang kelemahannya di steering rack yang lebih mudah rusak dibanding FWD pada umumnya, evaporator AC dan sensor O2.. lagi hunting di Bandung ngga dapet unit yang dalam keadaan baik
Pernah coba yg temen, manualnya enak sekali, tapi yg matik responnya terlalu nyentak di awal (sensitif throttle responsenya) namun pas udah jalan jadi bolot
Saya juga pelihara GB3 milik ortu saya sejak baru 2012. pemakaian mirip TS mayoritas jalan aspal dan sekali kali gravel, sudah jalan 97XXX km. Ni gerobak meski boros BBM (dibanding kelasnya : Sienta) tapi cukup bandel
Baru ganti ban 1 set ke T005A, Link stabilizer ki-ka, dan rutin ganti oli mesin, matik, rem beserta filter"nya (mesin, AC), paling sebentar lagi ganti kampas rem depan saja masih kuat 10 rb kman lagi kata beres
denger" memang kelemahannya di steering rack yang lebih mudah rusak dibanding FWD pada umumnya, evaporator AC dan sensor O2.. lagi hunting di Bandung ngga dapet unit yang dalam keadaan baik
Pernah coba yg temen, manualnya enak sekali, tapi yg matik responnya terlalu nyentak di awal (sensitif throttle responsenya) namun pas udah jalan jadi bolot
Saya juga pelihara GB3 milik ortu saya sejak baru 2012. pemakaian mirip TS mayoritas jalan aspal dan sekali kali gravel, sudah jalan 97XXX km. Ni gerobak meski boros BBM (dibanding kelasnya : Sienta) tapi cukup bandel
Baru ganti ban 1 set ke T005A, Link stabilizer ki-ka, dan rutin ganti oli mesin, matik, rem beserta filter"nya (mesin, AC), paling sebentar lagi ganti kampas rem depan saja masih kuat 10 rb kman lagi kata beres
GD8 MT - GB3 5AT - DD1 CVT - NC1W 4AT - GK5 RS CVT - who's next?
-
- SM Specialist
- Posts: 15719
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Perawatan jangka panjang (8+ tahun) SX4 X-Over MT facelift 2012
SX4 kalo liat di marketplace rata-rata bodi udah bapuk tp odometer gondrong dan mesin msh tokcer kayak mobil seangkatannya macem GE dan yaris telor. susah cari yang odo nya di bawah 100 ribu.
puas bgt lah pake sx4... ga pernah salah nih mobil di zamannya termasuk bagus. terakhir pake thn 2010 odometer 80 ribu lebih buat luar kotaan enak bgt untuk 1500cc, karakter maticnya yang ngga early shifting justru bikin powernya berasa lbh ngisi drpd yaris lele... pas dapet ya gitu, bodi udah bapuk, bumper udah renggang, tp msh jalan semua
mekanikal awet, rawatnya mudah biarpun tidak murah... slow movingnya klo ud jatah ganti harganya bikin pusing... partnya byk yang made in nippong
cm borosnya itu wkwkwkwk ngga pernah di atas 1:10. luar kota plg bagus 1:12.
puas bgt lah pake sx4... ga pernah salah nih mobil di zamannya termasuk bagus. terakhir pake thn 2010 odometer 80 ribu lebih buat luar kotaan enak bgt untuk 1500cc, karakter maticnya yang ngga early shifting justru bikin powernya berasa lbh ngisi drpd yaris lele... pas dapet ya gitu, bodi udah bapuk, bumper udah renggang, tp msh jalan semua
mekanikal awet, rawatnya mudah biarpun tidak murah... slow movingnya klo ud jatah ganti harganya bikin pusing... partnya byk yang made in nippong
cm borosnya itu wkwkwkwk ngga pernah di atas 1:10. luar kota plg bagus 1:12.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 693
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: Perawatan jangka panjang (8+ tahun) SX4 X-Over MT facelift 2012
Penasaran di umur 8thn apa ada perawatan spesial bwt body om?
Biasa aja(cuci wax) atau masuk detailing gt?
Biasa aja(cuci wax) atau masuk detailing gt?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1058
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Perawatan jangka panjang (8+ tahun) SX4 X-Over MT facelift 2012
Pernah poles satu bodi sekali pake Son*x. Selebihnya cuci biasa aja tapi di bengkel cuci khusus Son*x. Ane juga kalo cuci di rumah ya pake sabunnya son*x itu juga, beli di *ce
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Sun Oct 21, 2012 23:07
Re: Perawatan jangka panjang (8+ tahun) SX4 X-Over MT facelift 2012
..mobil yg dipunya TS apakah versi rc 1..?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1058
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Perawatan jangka panjang (8+ tahun) SX4 X-Over MT facelift 2012
Bukan om, yg biasa aja
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Sat Aug 26, 2017 11:42
Re: Perawatan jangka panjang (8+ tahun) SX4 X-Over MT facelift 2012
abis jual sx4 2013 hehe
dapet di 3,5 tahun lalu di KM 64K
jual maret 2021 di KM 84K
mobil asik, cm kompresor ane ramal 1 tahun lagi jebol (ngorok parah) sama rackter mulai berisik khas FWD
beli dan jual cm turun 500K wkwwkk
dapet di 3,5 tahun lalu di KM 64K
jual maret 2021 di KM 84K
mobil asik, cm kompresor ane ramal 1 tahun lagi jebol (ngorok parah) sama rackter mulai berisik khas FWD
beli dan jual cm turun 500K wkwwkk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1058
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Perawatan jangka panjang (8+ tahun) SX4 X-Over MT facelift 2012
Boleh tau dapet berapa & lepas berapa om?adityamurti wrote: ↑Mon Mar 15, 2021 5:01 abis jual sx4 2013 hehe
dapet di 3,5 tahun lalu di KM 64K
jual maret 2021 di KM 84K
mobil asik, cm kompresor ane ramal 1 tahun lagi jebol (ngorok parah) sama rackter mulai berisik khas FWD
beli dan jual cm turun 500K wkwwkk
Penyakit SX4 lama emang sistem AC nya om. Kalo kata spesialis AC di kota ane, evapnya rentan bocor jadi lama2 kompresor harus kerja keras. Kalo udah kelamaan begitu, emang bakal jebol.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Sat Aug 26, 2017 11:42
Re: Perawatan jangka panjang (8+ tahun) SX4 X-Over MT facelift 2012
SX4 2012 (turun jalan 2013)qushay20019 wrote: ↑Mon Mar 15, 2021 5:08Boleh tau dapet berapa & lepas berapa om?adityamurti wrote: ↑Mon Mar 15, 2021 5:01 abis jual sx4 2013 hehe
dapet di 3,5 tahun lalu di KM 64K
jual maret 2021 di KM 84K
mobil asik, cm kompresor ane ramal 1 tahun lagi jebol (ngorok parah) sama rackter mulai berisik khas FWD
beli dan jual cm turun 500K wkwwkk
Penyakit SX4 lama emang sistem AC nya om. Kalo kata spesialis AC di kota ane, evapnya rentan bocor jadi lama2 kompresor harus kerja keras. Kalo udah kelamaan begitu, emang bakal jebol.
satu satu tiga belinya 3,5 tahun lalu
satu satu dua koma lima jualnya
selama ini keluar untuk:
ganti oli n filter tiap 7K di beres (SN full sin) rutin
ganti EF pk EF karimun modifan karena bawaan leleh 500K
modif kaki biar masuk 215/65/r16 500K
sayang sih, tp butuh 3 baris
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1058
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Perawatan jangka panjang (8+ tahun) SX4 X-Over MT facelift 2012
Wah gede juga bannya om. Ane pikir standarnya udah tebel di 205-60, heheheadityamurti wrote: ↑Mon Mar 15, 2021 5:15
SX4 2012 (turun jalan 2013)
satu satu tiga belinya 3,5 tahun lalu
satu satu dua koma lima jualnya
selama ini keluar untuk:
ganti oli n filter tiap 7K di beres (SN full sin) rutin
ganti EF pk EF karimun modifan karena bawaan leleh 500K
modif kaki biar masuk 215/65/r16 500K
sayang sih, tp butuh 3 baris
Jadinya angkut 3 baris apaan om?
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Mon Mar 22, 2021 7:53
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: SX4 XOVER
Re: Perawatan jangka panjang (8+ tahun) SX4 X-Over MT facelift 2012
halo om semua
ane nubie di mobil SX4 Xover nihh.
kebetulan ane baru dapet unit SX4 Xroad 2009 AT km 98K rawatan beres service record lengkap, ane rencana mau nerusin recordnya juga.
ane baca dari beberapa thread dan forum, beberapa hal yang perlu diperhatikan, nah karena ane nubie ane mau tanya dong om suhu semua.
1. Bengkel kaki2, terutama yang recommended buat ganti bushing rack steer ke teflon di jakarta dimana? terutama buat beres2in semua kerusakan kaki2.
2. Bengkel dan toko spareparts yang bisa cari alternatif sparepart ori nya suzuki tapi kualitas 11 12 lah
3. Bengkel AC biar aman, ane dapet rekomendasi Victory Jaya AC di meruya, menurut suhu gmn?
Terima kasih buat suhu yg bantu jawab pertanyaan nubie yah...
ane nubie di mobil SX4 Xover nihh.
kebetulan ane baru dapet unit SX4 Xroad 2009 AT km 98K rawatan beres service record lengkap, ane rencana mau nerusin recordnya juga.
ane baca dari beberapa thread dan forum, beberapa hal yang perlu diperhatikan, nah karena ane nubie ane mau tanya dong om suhu semua.
1. Bengkel kaki2, terutama yang recommended buat ganti bushing rack steer ke teflon di jakarta dimana? terutama buat beres2in semua kerusakan kaki2.
2. Bengkel dan toko spareparts yang bisa cari alternatif sparepart ori nya suzuki tapi kualitas 11 12 lah
3. Bengkel AC biar aman, ane dapet rekomendasi Victory Jaya AC di meruya, menurut suhu gmn?
Terima kasih buat suhu yg bantu jawab pertanyaan nubie yah...
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Tue Mar 31, 2015 14:12
Re: Perawatan jangka panjang (8+ tahun) SX4 X-Over MT facelift 2012
Halo om, bantu jawab ya. Krn ane jg pengguna sx4 xover:dondanielo91 wrote:halo om semua
ane nubie di mobil SX4 Xover nihh.
kebetulan ane baru dapet unit SX4 Xroad 2009 AT km 98K rawatan beres service record lengkap, ane rencana mau nerusin recordnya juga.
ane baca dari beberapa thread dan forum, beberapa hal yang perlu diperhatikan, nah karena ane nubie ane mau tanya dong om suhu semua.
1. Bengkel kaki2, terutama yang recommended buat ganti bushing rack steer ke teflon di jakarta dimana? terutama buat beres2in semua kerusakan kaki2.
2. Bengkel dan toko spareparts yang bisa cari alternatif sparepart ori nya suzuki tapi kualitas 11 12 lah
3. Bengkel AC biar aman, ane dapet rekomendasi Victory Jaya AC di meruya, menurut suhu gmn?
Terima kasih buat suhu yg bantu jawab pertanyaan nubie yah...
1. Bisa coba Karya Per Pondok bambu. Dia pernah cerita sering ngatasin rack steer bunyi. Dulu pernah nawarin waktu itu buat sx4 kena sekitar 1jtaan.
2. Sentosa suzuki atrium. Ada di marketplace jg.
3. Auto rotary bintaro/rawamangun.
Semoga membantu ya om [emoji1374]
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sat Dec 19, 2020 2:50
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Ertiga K14B
Re: Perawatan jangka panjang (8+ tahun) SX4 X-Over MT facelift 2012
Bantu jawab om, untuk kaki2 coba ke bengkel kaki2 Om Heri di sekitaran gandul Depok, search di google aja om, lihat review di group FB sih bagus pengerjaannya.Trimsdondanielo91 wrote:halo om semua
ane nubie di mobil SX4 Xover nihh.
kebetulan ane baru dapet unit SX4 Xroad 2009 AT km 98K rawatan beres service record lengkap, ane rencana mau nerusin recordnya juga.
ane baca dari beberapa thread dan forum, beberapa hal yang perlu diperhatikan, nah karena ane nubie ane mau tanya dong om suhu semua.
1. Bengkel kaki2, terutama yang recommended buat ganti bushing rack steer ke teflon di jakarta dimana? terutama buat beres2in semua kerusakan kaki2.
2. Bengkel dan toko spareparts yang bisa cari alternatif sparepart ori nya suzuki tapi kualitas 11 12 lah
3. Bengkel AC biar aman, ane dapet rekomendasi Victory Jaya AC di meruya, menurut suhu gmn?
Terima kasih buat suhu yg bantu jawab pertanyaan nubie yah...