ESEMKA resmi meluncur
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Please include all reference link used on the topic.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
ESEMKA resmi meluncur
https://oto.detik.com/mobil/d-4696215/n ... 1563162122
esemka sudah resmi meluncur....adakah yang akan review ? mungkin ada yang mau beli dengan romantisme nasionalisme ?
mungkinkah pembeli mobil akan beralih ke esemka ? atau bernasib seperti kanzen
esemka sudah resmi meluncur....adakah yang akan review ? mungkin ada yang mau beli dengan romantisme nasionalisme ?
mungkinkah pembeli mobil akan beralih ke esemka ? atau bernasib seperti kanzen
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: ESEMKA resmi meluncur
Sangat baik sekali kalau pabrikan dari dalam negeri berhasil meluncurkan mobil nasional seperti negara tetangga yg sudah lebih dulu meluncurkan product Domestic nya. Semoga bisa bersaing dengan product pabrikan lainnya.
HR15DE 2014
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: ESEMKA resmi meluncur
Last edited by mpvlover on Fri Sep 06, 2019 11:24, edited 2 times in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: ESEMKA resmi meluncur
Last edited by mpvlover on Fri Sep 06, 2019 11:25, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 359
- Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: nmax
Re: ESEMKA resmi meluncur
Review grenmek pu, carry pu dll aja jarang banget di sm, apalagi ini wkwk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 761
- Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14
Re: ESEMKA resmi meluncur
Okelah, mula2 rebadge dulu, trus nanti modif sedikit2 biar ada perbedaan n lama2 bikin yg bener2 produk baru hasil rnd sendiri. Mudah2an sukses. Mau liat durabilitasnya n jaringan penjualannya. Klo ok, sih bolehlah ambil 1, buat peremajaan carry pickup toko ane nanti
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 70
- Joined: Sat Aug 24, 2019 9:49
- Location: Jawa
- Daily Vehicle: Rush
Re: ESEMKA resmi meluncur
Tapi kok desainnya ....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49
Re: ESEMKA resmi meluncur
Yg meluncur pertama ini pick up..
Berani jg ya?
Pdhal segmen niaga kayak gini mobil harusnya abusable dgn downtime minimal.
Sepintas yg Bima 1.2 klo dikasi body kotak panjang, pintu geser elektrik, dan jok captain seat mungkin jd mirip alphard gen 2 versi kecil.. or baby alphard kali ya
Berani jg ya?
Pdhal segmen niaga kayak gini mobil harusnya abusable dgn downtime minimal.
Sepintas yg Bima 1.2 klo dikasi body kotak panjang, pintu geser elektrik, dan jok captain seat mungkin jd mirip alphard gen 2 versi kecil.. or baby alphard kali ya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 362
- Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36
Re: ESEMKA resmi meluncur
Kalau sy pribadi malah berharap jangan pakai nama esemka karena kurang menjual
Seperti vietnam kek pakai nama vinfast yangi namanya lebih menjual
Mungkin namanya InFast lebih keren kali ya?
Secara produk pun masih belum matang karena target pasarnya agak membingungkan
Menggarap pasar yang mana si esemka ini?
Meluncurkan pick up utk bersaing dgn pabrikan yg punya bengkel seluruh indonesia? masih jauh kalau menurut sy
Durabilitynya pun belum tau produk esemka ini seperti apa
Principal esemka ini harus bener2 melek liat pasar indo
Masyarakat yg butuh/ingin mobil nasional itu karakternya dan keuangannya seperti apa
Siapa tau ternyata market masyarakat dengan keuangan mid/high ingin mobil premium lebih banyak dibanding pasar fleet
Misal ada orang kaya cinta indonesia yang punya 5 mobil mewah dari jepang atau eropa, tiba2 esemka jual "s class" seharga 600jt mungkin mereka beli
Trus istrinya (sosialita) pake arisan sambil bangga2in pake mobil mewah dan canggih buatan indonesia ke temen2nya hehehe
Main di brand mobil mewah investasinya lebih kecil dibanding bikin brand mobil murah
Kan dealer bisa cuma ditempatin di kota2 besar dan bikin pabrik dgn kapasitas produksi kecil
Masalah biaya riset? Kan bisa rebadge dulu utk sementara
Kalau bikin saingan terios2an atau agya2an mah marketnya belum berani ambil brand baru karena banyak faktor pengambilan keputusan (ekonomi, durability, efisiensi, aftersales, dll)
Liat aja wuling confero penjualannya biasa aja, malah beberapa kali sy liat glory 560 lebih laku (apa selalu lebih laku ya? cmiiw)
Glory 560 bentuk keren, mesin turbo, dan fitur oke lebih menarik dibanding confero murah buat pasar indo
Ya jeli2an lah marketingnya riset pasar indo
Untuk rebadge sebenarnya merupakan hal lumrah di dunia, jadi sy malah mendukung esemka mending rebadge aja
Asalkan perakitan disini dan konten lokal 100%
Biaya riset lebih murah dibanding mulai pengembangan dari 0%
Biaya investasi riset mobil dari 0 bisa jutaan dolar, sayang uangnya
Kasian investornya kalau gagal
Di artikel juga pakai volvo xc90 sebagai armored car nya kan?
Sy malah berharap sekali esemka rebadge xc90 dengan harga 400jt an (ngarep)
Semoga kritikan sy ini dianggap sebagai kritik positif ya
Sy berharap indo segera punya mobil nasional di bawah manajemen yg bagus supaya bisa membanggakan juga
Jangan disambung2in sm politik lagi deh toh sama2 pgn maju kan?
Sukses buat esemka sy doakan
Seperti vietnam kek pakai nama vinfast yangi namanya lebih menjual
Mungkin namanya InFast lebih keren kali ya?
Secara produk pun masih belum matang karena target pasarnya agak membingungkan
Menggarap pasar yang mana si esemka ini?
Meluncurkan pick up utk bersaing dgn pabrikan yg punya bengkel seluruh indonesia? masih jauh kalau menurut sy
Durabilitynya pun belum tau produk esemka ini seperti apa
Principal esemka ini harus bener2 melek liat pasar indo
Masyarakat yg butuh/ingin mobil nasional itu karakternya dan keuangannya seperti apa
Siapa tau ternyata market masyarakat dengan keuangan mid/high ingin mobil premium lebih banyak dibanding pasar fleet
Misal ada orang kaya cinta indonesia yang punya 5 mobil mewah dari jepang atau eropa, tiba2 esemka jual "s class" seharga 600jt mungkin mereka beli
Trus istrinya (sosialita) pake arisan sambil bangga2in pake mobil mewah dan canggih buatan indonesia ke temen2nya hehehe
Main di brand mobil mewah investasinya lebih kecil dibanding bikin brand mobil murah
Kan dealer bisa cuma ditempatin di kota2 besar dan bikin pabrik dgn kapasitas produksi kecil
Masalah biaya riset? Kan bisa rebadge dulu utk sementara
Kalau bikin saingan terios2an atau agya2an mah marketnya belum berani ambil brand baru karena banyak faktor pengambilan keputusan (ekonomi, durability, efisiensi, aftersales, dll)
Liat aja wuling confero penjualannya biasa aja, malah beberapa kali sy liat glory 560 lebih laku (apa selalu lebih laku ya? cmiiw)
Glory 560 bentuk keren, mesin turbo, dan fitur oke lebih menarik dibanding confero murah buat pasar indo
Ya jeli2an lah marketingnya riset pasar indo
Untuk rebadge sebenarnya merupakan hal lumrah di dunia, jadi sy malah mendukung esemka mending rebadge aja
Asalkan perakitan disini dan konten lokal 100%
Biaya riset lebih murah dibanding mulai pengembangan dari 0%
Biaya investasi riset mobil dari 0 bisa jutaan dolar, sayang uangnya
Kasian investornya kalau gagal
Di artikel juga pakai volvo xc90 sebagai armored car nya kan?
Sy malah berharap sekali esemka rebadge xc90 dengan harga 400jt an (ngarep)
Semoga kritikan sy ini dianggap sebagai kritik positif ya
Sy berharap indo segera punya mobil nasional di bawah manajemen yg bagus supaya bisa membanggakan juga
Jangan disambung2in sm politik lagi deh toh sama2 pgn maju kan?
Sukses buat esemka sy doakan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 820
- Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37
Re: ESEMKA resmi meluncur
Ane jg termasuk yg ngerasa blm jelas arah n segmen nya. Gpp kok rebadge, masih di awal2 begini kayaknya ga mungkin tiba2 keluar model sendiri. Ane mendukung adanya mobil ini tapi bukan berarti mau beli. Beda disini ama di indo. Klo disini mayoritas orang yg blm kaya2 amat belinya merek lokal, ga maksain buat beli merek luar yg low end. Di india jg ane lihat kayak gitu, mereka yg blm kaya pada pake merek dlm negeri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Apr 11, 2007 8:03
Re: ESEMKA resmi meluncur
Ya, gpp rebadge. Kan perlu modal utk develop platform, sasis, rangka, body, mesin, dll sebelum memunculkan real mobnas. Mantap
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Wed Dec 03, 2014 7:35
Re: ESEMKA resmi meluncur
Apakah ini cuman bagian “kampanye” penguasa ? Atau memang bener bener serius ? Cuman waktu yang bisa menjawab
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 325
- Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49
Re: ESEMKA resmi meluncur
Maaf ya, bukan maksud pesimis.. kalau pemerintah tidak mati2an mendukung dari segala sisi, misalnya wajib dipakai sebagai kendaraan operasional pemerintah, pendapat saya tinggal nunggu waktu tenggelamnya saja.
Smelling fish..
logikanya apa ya mau terima japanese & chinese sudah invest besar2an trus dianak tirikan ?
prediksi gw paling esemka sebentar aja di gilas Wuling DFSK dkk.. bersaing dululah dengan mereka ini.. apa berani ngeluarin full 4 years warranty spt mereka ? hehehe
Smelling fish..
logikanya apa ya mau terima japanese & chinese sudah invest besar2an trus dianak tirikan ?
prediksi gw paling esemka sebentar aja di gilas Wuling DFSK dkk.. bersaing dululah dengan mereka ini.. apa berani ngeluarin full 4 years warranty spt mereka ? hehehe
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: ESEMKA resmi meluncur
Sama. Saya nggak liat yang ditawarkan smk ini menjawab permasalahan dan selera masyarakat +62.Tats wrote:Kalau sy pribadi malah berharap jangan pakai nama esemka karena kurang menjual
Seperti vietnam kek pakai nama vinfast yangi namanya lebih menjual
Mungkin namanya InFast lebih keren kali ya?
Secara produk pun masih belum matang karena target pasarnya agak membingungkan
Menggarap pasar yang mana si esemka ini?
Meluncurkan pick up utk bersaing dgn pabrikan yg punya bengkel seluruh indonesia? masih jauh kalau menurut sy
Durabilitynya pun belum tau produk esemka ini seperti apa
Principal esemka ini harus bener2 melek liat pasar indo
Masyarakat yg butuh/ingin mobil nasional itu karakternya dan keuangannya seperti apa
Siapa tau ternyata market masyarakat dengan keuangan mid/high ingin mobil premium lebih banyak dibanding pasar fleet
Misal ada orang kaya cinta indonesia yang punya 5 mobil mewah dari jepang atau eropa, tiba2 esemka jual "s class" seharga 600jt mungkin mereka beli
Trus istrinya (sosialita) pake arisan sambil bangga2in pake mobil mewah dan canggih buatan indonesia ke temen2nya hehehe
Main di brand mobil mewah investasinya lebih kecil dibanding bikin brand mobil murah
Kan dealer bisa cuma ditempatin di kota2 besar dan bikin pabrik dgn kapasitas produksi kecil
Masalah biaya riset? Kan bisa rebadge dulu utk sementara
Kalau bikin saingan terios2an atau agya2an mah marketnya belum berani ambil brand baru karena banyak faktor pengambilan keputusan (ekonomi, durability, efisiensi, aftersales, dll)
Liat aja wuling confero penjualannya biasa aja, malah beberapa kali sy liat glory 560 lebih laku (apa selalu lebih laku ya? cmiiw)
Glory 560 bentuk keren, mesin turbo, dan fitur oke lebih menarik dibanding confero murah buat pasar indo
Ya jeli2an lah marketingnya riset pasar indo
Untuk rebadge sebenarnya merupakan hal lumrah di dunia, jadi sy malah mendukung esemka mending rebadge aja
Asalkan perakitan disini dan konten lokal 100%
Biaya riset lebih murah dibanding mulai pengembangan dari 0%
Biaya investasi riset mobil dari 0 bisa jutaan dolar, sayang uangnya
Kasian investornya kalau gagal
Di artikel juga pakai volvo xc90 sebagai armored car nya kan?
Sy malah berharap sekali esemka rebadge xc90 dengan harga 400jt an (ngarep)
Semoga kritikan sy ini dianggap sebagai kritik positif ya
Sy berharap indo segera punya mobil nasional di bawah manajemen yg bagus supaya bisa membanggakan juga
Jangan disambung2in sm politik lagi deh toh sama2 pgn maju kan?
Sukses buat esemka sy doakan
Harganya katanya 95jt, really? Kalo butuh pick-up saya akan beli Carry atau L300 bekas yang udah ketauan tingkat robust nya dan service dimana mana bisa. Lah ini, basisnya aja mobil China.
Kecuali ini diberi tax incentive besar, katakan 50% dari harga lawannya, paling gak bertahan lama.
Dari dulu saya bilang kalo butuh mobnas cuma buat gaya gayaan bisa bikin mobil mah gak perlu.
Wong soal pajak 4x4 aja masih gak diupdate. Padahal daerah banyak yang butuh yang 4x4.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4028
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: ESEMKA resmi meluncur
ya esemka ini kalau kata pak presiden kemarin memang bukan mobnas, hanya merek lokal. dua hal berbeda. cuma esemka ini kan memang dari dulu sejak pak presiden jadi walikota digadang2 mobnas.ChZ wrote: ↑Sat Sep 07, 2019 6:22 Sama. Saya nggak liat yang ditawarkan smk ini menjawab permasalahan dan selera masyarakat +62.
Harganya katanya 95jt, really? Kalo butuh pick-up saya akan beli Carry atau L300 bekas yang udah ketauan tingkat robust nya dan service dimana mana bisa. Lah ini, basisnya aja mobil China.
Kecuali ini diberi tax incentive besar, katakan 50% dari harga lawannya, paling gak bertahan lama.
Dari dulu saya bilang kalo butuh mobnas cuma buat gaya gayaan bisa bikin mobil mah gak perlu.
Wong soal pajak 4x4 aja masih gak diupdate. Padahal daerah banyak yang butuh yang 4x4.
manapun mereknya untuk niaga komersil gini, ya akan sulit. kecuali jual harganya ga beda jauh dari roda tiga bak. harga segitu mendingan beli kijang doyok buat angkut pasir. ga sayang dan bisa dapet berapa biji. keur, plat nomor? bodong juga kalau kena tilang terus dikandangin pak pol juga uda ga rugi
4x4 sebenernya butuhnya untuk daerah terpencil banget. kebutuhannya ga sebanyak pickup kecil setara atau lebih besar dikit dari roda tiga bak. karena sekuat2nya roda tiga bak, ga akan ada yang berani naik turun gunung bawa muatan satu ton. kalau di daerah datar roda tiga bak memang kuat2 aja. macem angkot carry angkut sekampung juga muat. ini kalau untuk keperluan komersil.
intinya emang kebijakan transportasi negara ini kacau balau dan macam auto pilot. lihat saja hype mobil listrik, di viralkan kemana2, lah mobil listrik yang kelas LMPV aja ga ada.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Mon Nov 05, 2018 12:03
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Xpander Ultimate
Re: ESEMKA resmi meluncur
Ini baguslah.. kalo ga dimulai kapan lagi punya mobil merek lokal walaupun rebadge..
Kalo liat dari standpoint manufaktur, saya kasih 2 jempol untuk effornya ditengah banyak naysayer yang bilang isinya import lah dll. Semoga penjualannya moncer yaa...
Kalo liat dari standpoint manufaktur, saya kasih 2 jempol untuk effornya ditengah banyak naysayer yang bilang isinya import lah dll. Semoga penjualannya moncer yaa...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: ESEMKA resmi meluncur
Kerjasama dengan proton gak jalan kah
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: ESEMKA resmi meluncur
Anggap sajaa mobcin dgn kearifan lokal (setidaknya nama dan emblem nya) semoga lambat laun menjadi 100% Indonesia, jgn sampai nasibnya seperti pesawat IPTN atau truk perkasa, dijegal penguasa yg merangkap pengusaha
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Fri May 13, 2016 2:22
- Location: Bekasi
Re: ESEMKA resmi meluncur
Kenapa ya harus bikin mobnas segala?
Sementara merk merk yg sudah establish saja banyak yang kolaps dan dibeli perusahaan lain (Volvo, Jaguar, SAAB dll)
Kalaupun mau bikin mobnas kayaknya mending bikin supercar model Koenigsegg atau Pagani yg jumlahnya gak perlu banyak dan tailor made
Atau kalau memang pemerintah punya uang, kayanya lebih mudah akusisi pabrikan mobil yg lagi kesulitan.
Sementara merk merk yg sudah establish saja banyak yang kolaps dan dibeli perusahaan lain (Volvo, Jaguar, SAAB dll)
Kalaupun mau bikin mobnas kayaknya mending bikin supercar model Koenigsegg atau Pagani yg jumlahnya gak perlu banyak dan tailor made
Atau kalau memang pemerintah punya uang, kayanya lebih mudah akusisi pabrikan mobil yg lagi kesulitan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1133
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: ESEMKA resmi meluncur
Dilahirin salah,ga dilahirin juga salah
Susah emg senengin semua org
Uda paling pas yah jualan mobil komersial
Pembeli nya corporate biasa nya ga rewel yg penting murah & bisa jalan
Spare part ada persamaan dgn merk lain
Toh 5 taon juga dibuang,nilai buku uda 0
Jgn disamain org dagang,masi mikirin RV
Susah emg senengin semua org
Uda paling pas yah jualan mobil komersial
Pembeli nya corporate biasa nya ga rewel yg penting murah & bisa jalan
Spare part ada persamaan dgn merk lain
Toh 5 taon juga dibuang,nilai buku uda 0
Jgn disamain org dagang,masi mikirin RV
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mazda2 yaris
Re: ESEMKA resmi meluncur
Harusnya model lmpv yang dikeluarin duluan, biar mobil2 dinas pegawai negri bisa diwajibkan pakai smk untuk membantu penjualannya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: ESEMKA resmi meluncur
Zaxis wrote: ↑Sat Sep 07, 2019 14:35 Dilahirin salah,ga dilahirin juga salah
Susah emg senengin semua org
Uda paling pas yah jualan mobil komersial
Pembeli nya corporate biasa nya ga rewel yg penting murah & bisa jalan
Spare part ada persamaan dgn merk lain
Toh 5 taon juga dibuang,nilai buku uda 0
Jgn disamain org dagang,masi mikirin RV
...
traktir kopi nihhh plus 3 bakmi....
suka beli gak suka gak usah beli...
drpd apa aja dikomenin pake jempol...apa mata gak pedes kedip kedip liatin layar n jempol kesemutan...
mending share aja modif apa msh bikin semangat...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: Wed May 03, 2017 9:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Re: ESEMKA resmi meluncur
Masih ada pada ngoceh suruh pemerintah kasih insentif, mewajibkan pemakaian buat plat merah. Ini mental2 subsidian.
Klo menurut saya sih harusnya tidak menganak emaskan esemka. Sudah bagus sekali presiden mau hadir di launchingnya. Tapi ya cukup mendukung saja, perlakukanlah secara setara dengan merk luar klo memang mau esemka ini bertahan. Udah pada lupa kali ya, klo Indonesia pernah digugat ke WTO karena timor bisa dapat bebas pajak. Akhirnya mati.
Klo menurut saya sih harusnya tidak menganak emaskan esemka. Sudah bagus sekali presiden mau hadir di launchingnya. Tapi ya cukup mendukung saja, perlakukanlah secara setara dengan merk luar klo memang mau esemka ini bertahan. Udah pada lupa kali ya, klo Indonesia pernah digugat ke WTO karena timor bisa dapat bebas pajak. Akhirnya mati.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Fri Jan 20, 2017 13:42
Re: ESEMKA resmi meluncur
saya masih penasaran, dulu yg bawa naik ini esemka kan mas joko, trus sekarang presedirnya Eddy Wirajaya, bisa bangun pabrik segitu besarnya dapet duit dari mana ya? Kalau memang ini benar pabrik mobnas bukan foday yg buka cabang di sini...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 88
- Joined: Mon Aug 07, 2017 7:06
Re: ESEMKA resmi meluncur
Esemka Bima 1.2 = Changan Star Truck 1.2
crystal clear kita bagian assembly parts n labeled lokal.
Airlangga ngomongnya muter2 di pikirannya 5tahun+ lg saya kyknya masih bisa tambah kecap.
crystal clear kita bagian assembly parts n labeled lokal.
Airlangga ngomongnya muter2 di pikirannya 5tahun+ lg saya kyknya masih bisa tambah kecap.