sering bongkar pasang karbu

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

sering bongkar pasang karbu

Post by didietkeren »

Numpang tanya, kalo motor standar masih baru, perlu dibongkar/pasang gak karbu nya pas serpis karbu? Takut malah cepet rusak tuh karbu kalo dibongkar-pasang.. palagi nih karbu vakum.
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by r1210g »

motor apa bro?
yang namanya motor kagak ada servis karbu..

yang ada servis pasti karbu dicopot, dibongkar abis dan dibersihin...

itu yang namanya servis motor..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by Turboman »

Kalau tidak ada masalah sebaiknya karburator tidak di bongkar2.

Utk menjaga kebersihan fuel system baiknya gunakan BBM yg bermutu / jika pakai premium gunakan fuel additive serta kondisi fuel filter selalu dimonitor berkala.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by r1210g »

wah bro turboman..
selama ini yang saya tau ya..
dari bengkel resmi sampe bengkel pinggiran jalan, bahkan saya pribadi..
Saya bakal bongkar yang namanya karbu kalo lagi servis baik besar maupun kecil..

Motor ga smuanya pake fuel filter, udah gitu namanya juga motor biasa, ekonomis, pastinya pake BBM juga yang ekonomis..
Pasti bakal terjadi penimbunan kotoran di mangkok karbu dan Main+Pilot Jet (Spuyer2)...

Nah untuk TS, kalo karbu vacuum ga smuanya dibongkar..
cuma mangkok + Spuyernya..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
lon3lyboyx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Jan 29, 2008 1:10

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by lon3lyboyx »

Yup betul..
Kalo motor kan yg servis pasti bongkar karbu yang utama, karena pasti ada kotoran bensin yang mengendap di karbu..
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by hanx13 »

biasanya ada embun di drat apuyernya yg jd kerak putih2....:)

apalagi musim hujan gini,,, harus sering2 dibersihin....
Image
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by andy1800 »

Turboman wrote:Kalau tidak ada masalah sebaiknya karburator tidak di bongkar2.
Utk menjaga kebersihan fuel system baiknya gunakan BBM yg bermutu / jika pakai premium gunakan fuel additive serta kondisi fuel filter selalu dimonitor berkala.
gw sangat setuju pada bro Turboman itu.
gw berpandangan: tiap bongkar karbu, packing set nya harus ganti. kl gasket yg lama dipasang lagi, kemungkinan besar akan ada kebocoran, meskipun mikro.

selain itu, dengan bongkar karbu, hampir pasti kita terangsang utk bersih2 spuyer2nya.
nah, masalahnya, seringkali niat kita bersih2 spuyer, tp malah merusaknya, meskipun secara mikro pula, tidak kasat mata.
apalagi kalau bersihinnya menggunakan "special tools" semacam kawat dari kabel dsb.
soalnya spuyer2 itu dibuat dari bahan yg "lemah"......
padahal, tingkat presisi spuyer2 itu benar2 signifikan dan krusial.

ini bisa logis dilihat dari perbedaan harga gluntungan karbu genuine & afterarket yg beda jauuuuh.
soalnya: ada pada tingkat presisi-nya.
itulah kenapa tetep ada perbedaan performa yg gw rasakan, kl gw lagi bokek, lalu terpaksa beli karbu "palsu"...heheh

itu cerita2, dr pengalaman gw ndiri, yg dulunya jg suka bongkar2 karbu, tp akhirnya malah mempercepat failure.
oleh krn itu, buat motor2 gw, selalu gw larang mekanik utk buka karbunya....
utk bersih2 saluran yg bikin brebet, dengan carbuartor-cleaner-spray itu udah sangat sangat cukup.
jangan salah, spray2 itu daya bersihnya sangat kuat loh.....

kalau memang suatu saat didiagnosis maslahnya ada pada jet2 itu, ganti saja dg kit yg genuine...
toh belum tentu setahun sekali...jadi tidak terlalu berasa mahal.
begitu kan bro?...hehehe

........ :beer: ........
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by TUFF Stough »

carb cleaner yg bentuknya spray itu bukannya justru mengendapkan kotoran di mangkuk karbu?
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by andy1800 »

IMO... itu "kerak" yg digerus sama spray, bisa dibilang, ukurannya mikron bro.
please jgn bayangkan kerak yg kaya karang gigi kita itu....hahahah.
jd kalaupun "rontok", akan larut dlm bensin...jd kalaupun tersedot ke ruang bakar pun gak akan masalah.
emulsinya akan terbakar disana.... done.....apalgi ditambah dgn sedikit "italian tuning".
so, dijamin bakalan brebet-free deh....heheheh

selain itu, ada baut drainase di bagian bawah mangkuk bensin, yg memang dibikin dg fungsi utk mengeluarkan kotoran2 ringan yg berlebih: misalnya air/lumpur/endapan lainnya.

tentu saja, ini dalam kasus gw, yg rawatannya relatip rajin....berkala.
jadi, mana pernah ada kerak yg kasat mata.
kalau ada karbu nya bro's yg sampai ada kerak dg ukuran besar, berarti itu dah lama gak dirawat...
beda kasus doonk... nah, kl sampe segitu sih, mending ganti karbu kit... bersihin seperlunya saja, dg sangat hati2...mending paranoid drpd menyesal...
klau cuma kerak "diluar jalur" bahan bakar sih, gak dibersihin juga gpp...

nah, stelah diganti kit gitu, maka silakan lebh rajin spray2....
:e-dance: :e-dance: :e-dance:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by r1210g »

sebentar bro andy1800..
mau nanya nih..
dah pernah bongkar karbu motor sendiri?
-cumapengentauaja-
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by andy1800 »

r1210g wrote:-cumapengentauaja-
dikasih tau deh nih bro..... heheheheh...
spt yg gw kemukakan sebelumnya ini
itu cerita2, dr pengalaman gw ndiri, yg dulunya jg suka bongkar2 karbu, tp akhirnya malah mempercepat failure.
oleh krn itu, buat motor2 gw, selalu gw larang mekanik utk buka karbunya....
utk bersih2 saluran yg bikin brebet, dengan carbuartor-cleaner-spray itu udah sangat sangat cukup.
jangan salah, spray2 itu daya bersihnya sangat kuat loh.....
bahkan, barusan... spt yg gw bilang di>>> Hal - hal unik di seputar kendaraan http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=125
itu karbu dual barrel nya pug 505 yg udah bobo' selama 4 tahun lebih pun bahkan nggak perlu gw bongkar2.... n there's no problem at all..

begitulah pengasihtauannya bro Rio..... :mrgreen:
............ :beer: ..............
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by r1210g »

hohoho..
sebenarnya yang saya tau, namanya juga benda yang ada gerakannya pasti ada kerusakan mikro..

Kalo buat saya, saya lebih pilih bongkar pasang pas servis secara normal..
normal disini maksudnya dengan jangka waktu yang pas dan proses servis yang baik dan benar..

Saya setiap waktunya servis, saya bongkar sendiri karbunya, nah yang terjadi spuyer itu tersumbat dan harus disemprot dengan kompresor.. abis itu baru plong..
lalu di mangkuk terjadi penumpukan semacam "pasir" yang berasal dari berbagai tempat terutama dari bensin..
Kalo cuma membuka selang buang di mangkok, kotoran di mangkok ga bakal ilang, soalnya dah nempel di dasar, dan musti sedikit diberi tekanan.. bisa pake kuas atau kompresor tadi..
tau apa yang terjadi kalo terus menerus pasirnya numpuk?
ya silahkan dipikirkan..

kalo pake carb cleaner, semprotannya cuma numpang lewat di venturi ama skep trus masuk ke ruang bakar, ga bakal masuk ke mangkuk dan ke spuyer2nya..
jadi carb cleaner sebenarnya dipakai buat bersihin karbu mobil yang kalo bongkarnya musti orang2 khusus yang udah apal mati komponen2nya..

nah kalo dimotor yang karbunya sederhana, lebih maksimal kerjanya kalo dibongkar..

sebenarnya ga bisa dibandingin juga tuh karbu mobil ama motor.. cukup beda jauh...

paking mangkok karbu juga terbuat dari kertas, yang cukup kuat nahan bensin dan bisa dipakai lagi kalo memang hati2 bongkarnya..
jadi ga setiap kali bongkar musti ganti paking, kalo di mobil setau saya memang dari karet, jadi kalo udah bongkar musti ganti..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by andy1800 »

hahahaha....ya ya....seep..seep bro....
jadi, biar yg pada baca minimal punya dua pilihan ini ya.... :e-dance: :e-dance:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
Frozen Fire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Mon Jul 09, 2007 6:25

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by Frozen Fire »

kayanya kesimpulannya :
- pilih bbm yang bagus, sehingga kebersihan karbu relatif lebih terjaga dalam waktu lama
- servis dengan buka karbu bisa dilakukan dalam interval yang lebih lama, misal setahun sekali?
- servis yang deket-deket, misal tiap bulan atau 3 bulan cukup pake carb cleaner...
User avatar
tiyungbiru
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Fri Jan 25, 2008 6:31
Location: Belakang Rumah

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by tiyungbiru »

andy1800 wrote:IMO... itu "kerak" yg digerus sama spray, bisa dibilang, ukurannya mikron bro.
please jgn bayangkan kerak yg kaya karang gigi kita itu....hahahah.
jd kalaupun "rontok", akan larut dlm bensin...jd kalaupun tersedot ke ruang bakar pun gak akan masalah.
emulsinya akan terbakar disana.... done.....apalgi ditambah dgn sedikit "italian tuning".
so, dijamin bakalan brebet-free deh....heheheh

selain itu, ada baut drainase di bagian bawah mangkuk bensin, yg memang dibikin dg fungsi utk mengeluarkan kotoran2 ringan yg berlebih: misalnya air/lumpur/endapan lainnya.

tentu saja, ini dalam kasus gw, yg rawatannya relatip rajin....berkala.
jadi, mana pernah ada kerak yg kasat mata.
kalau ada karbu nya bro's yg sampai ada kerak dg ukuran besar, berarti itu dah lama gak dirawat...
beda kasus doonk... nah, kl sampe segitu sih, mending ganti karbu kit... bersihin seperlunya saja, dg sangat hati2...mending paranoid drpd menyesal...
klau cuma kerak "diluar jalur" bahan bakar sih, gak dibersihin juga gpp...

nah, stelah diganti kit gitu, maka silakan lebh rajin spray2....
:e-dance: :e-dance: :e-dance:
bro..mangsudnye italian tuning apa?
--kojo dapek Rp 1,000 ndak kojo dapek Rp 500 kojo ndak kojo dapek Rp 1,500--
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by TUFF Stough »

Mangsute gas ditarik sampe rpm-nya mentog.
User avatar
SarItem200
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 528
Joined: Tue Aug 19, 2008 4:39

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by SarItem200 »

bonkar karbu kayaknya perlu juga, kemaren bebek gue yg non vakum, udah lama gak dipake, pas dinyalain brebet and mati mulu, abis gue bongkar, lancar lagi tuh, sekalian juga bongkar air filternya, busanya gue rendem air, udah bedebu banget, jarang service sih kalo yg bebek ini. eh pas dinyalain lancar loh bebeknya.....en jadi paham juga cara kerja karbu biasa, yg gas narik jarum skep.

pengen coba bongkar karbu vakum, tapi belom sempet nih (belom berani juga sih), keliatannya lebih ribet yah, letaknya dibelakang sih, apa mending copot mangkuknya aja kalo mau nyopotin spuyer???? tapi gimana caranya, sekrup mangkuknya kan dibawah, obeng gak muat dong....
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by riofhaloho »

TS-NYA KEMANA????

Please respond donk broder TS!!!!
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by didietkeren »

Masih bingung.. harus bongkar ato cukup pake carb cleaner... :roll:
User avatar
SarItem200
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 528
Joined: Tue Aug 19, 2008 4:39

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by SarItem200 »

he..he udah dibongkar kemaren, walo gue salah gak nyopot air filter, browse2, ada cara bongkarnya buat karbu vakum.

Removing the carburetors :
-Drain the carbs by unscrewing the drain screws located at the lower right backside of the carbs (off kan fuel dulu, lalu buang bensin di dalem karbu)
-Remove the top and side covers. (dummy top and scoops). (copot tangki, and tutup samping)
-Loosen the airbox joint and remove the crankcase hose and airbox. (longgarkan sekrup karet airbox, and copot airbox)
-Disconnect the fuel and vacuum hose. (copot kabel fuel)
-Remove the plastic chrome covers (kayaknya gak ada di p200)
-Loosen the band clamps that hold the carburetors onto the rubber boots which are mounted on the manifolds. (copot pengencang karet, didepan dan belakang)
-Remove the left side electrical component board (copot kabel elektrik sebelahnya per gas)
-Grab hold of diaphram covers and pull, first one corner, then the other to pop the carburetor flanges out of the connecting tubes (copot karbu bagian depan dari karet)
-Disconnect the throttle cable (copot kabel gas, besi murnya dulu copot dari karbu, trus puter karbunya, copot deh ujung kabel gas)

ps:ini oleh2 gambarnya.
Image
Image
User avatar
vLo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: Sat Sep 20, 2008 10:37

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by vLo »

menurut ane sering bongkar pasang karbu aman2 aja kok, asal pas ngelepas PJ + MJ serta nymabung k selang bensinnya ga kasar2 amat, selain itu mbersihin nya jg ga asal2an pake kuas sikat gigi yg udah belel
"Those friends thou hast, and their adoption tried,
Grapple them to thy soul with hoops of steel;
But do not dull thy palm with entertainment
Of each new-hatch'd, unfledg'd comrade."

- William Shakespeare
User avatar
SarItem200
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 528
Joined: Tue Aug 19, 2008 4:39

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by SarItem200 »

aman kok yg vakum asal gak dibongkar atasnya, karetnya gak bakal rusak. kalo cuma kuras bensin, and liat pj, mj, bawahnya aja yg dicopot.
User avatar
vLo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: Sat Sep 20, 2008 10:37

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by vLo »

@ saritem : byk yg bilang jg sih bro, klo karbu vakuum rentan alias sensitif
"Those friends thou hast, and their adoption tried,
Grapple them to thy soul with hoops of steel;
But do not dull thy palm with entertainment
Of each new-hatch'd, unfledg'd comrade."

- William Shakespeare
User avatar
SarItem200
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 528
Joined: Tue Aug 19, 2008 4:39

Re: sering bongkar pasang karbu

Post by SarItem200 »

@vlo: he..he itu kan yg gak ngerti, sebenarnya setelah gue liat2 karbu vakum lebih bagus kok, artinya dia itu mengotomatiskan kerja jarum skep, tangan jadi gak pegel harus gerak2in gas terus, cukup pegang konstan di tempat tertentu, contoh pas mau maju awal dari berhenti, kita tahan aja di rpm 2000/3000 pertama agak lambat, lama lama makin kuat tuh motor maju, itu karena kerja jarum skepnya yg naik sendiri sesuai dengan tekanan angin.