Toyota Corona Ex Salon Twin Cam 1600cc ?

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

beg0g
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Wed Nov 03, 2004 3:24

Post by beg0g »

Memang Corona dihentikan produksinya total, dan kebijaksanaan (lebih kearah strategy pasar) toyota diganti dengan Camry.
Corona diluar negeri bisa juga disebut Carina, Caldina, typenya ada juga powerful type GTI dengan engine type 3S GE (true twincam) dengan power s/d 177 hp.
Semua type diatas basisnya sama tapi asesorinya yang beda
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Ada juga yg model hatchback mirip Ford Telstar Challenge TX5.....................

Kalo yg Toyota Premio sekarang itu ada saudaranya yg mirip, Toyota Allion. Cuma Allion lebih bergaya sporty kalo Premio elegan.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
Hanggar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 334
Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38

Post by Hanggar »

Salam Kenal,

Kebetulan saya pemakai Corona Twincam 1990 1600cc (4A-F, carburator), kesannya sih spare-part murah & mudah dicari, tapi mesin pas2-an torsi loyo utk ukuran sebuah Corona krn itu bisa dibilang boros 1:6 - 1:7 utk kondisi yg full macet, kalo luar kota/tol sih bisa 1:8 asal nggak gas-pol ajah. Mesin 1600 ini bagusnya lumayan bandel . . gue sendiri blom pernah turun mesin, pernah turun mesih setengah krn kena overheat . . . skrg sih ordometer menunjukkan 355,000 km . . . so far so good lah. Cuman memang denger2 sih yg 1600cc kalo udah berumur suka bermasalah di karburatornya, tmsk gue yg udah ganti karburator limbah.
Kalo yg Corona Twincam EFI 2000cc sih jelas lebih enak krn torsi mumpuni walopun tidak selincah & segalak Corolla twincam, tapi scr keseluruhan mesinnya biasa2 aja. Mesin 2000cc (3S-FE) yg udah tua rentan punya penyakit oli rembes krn posisi mesin yg miring, selain itu semua line Corona Twincam & Absolute punya penyakit turunan yaitu power steering rembes or bocor, yg ini memang penyakit tipikalnya Corona. Selain itu Corona Twincam 2000cc pake speedo digital yg bila rusak cukup mahal biayanya, selain itu juga PCD baut limanya tmsk susah nyari pelek after-marketnya krn nggak pasaran (kecuali yg 1600cc PCDnya 100 - empat baut).
Menurut gue Corona Absolute lebih lembut suspensinya dibanding yg versi Twincam, Absolute GX (1600cc - 4A-FE) bisa jadi pilihan ekonomis krn mesin sudah injeksi, mesin sama dgn Greco (Great Corolla), bensin lebih irit dibanding yg 2000cc.
Saran utk engine swap: bisa pake 3S-GE (2000cc NonTurbo), 3S-GTE (2000cc Turbo) & 7A-FE (1800cc). Utk pilihan ekonomis mending pake 7A-FE (mesinnya All New Corolla), krn basic mesin sama dgn 4A-FE tapi dgn cc lebih besar dan torsi puncak yg dicapai pada rpm yg lebih rendah, sehingga masih mumpuni utk menghela Corona di kemacetan dan relatif irit serta spare-part sgt mudah. Mesin 3S-GE bisa buat alternatif performa non-turbo yg spare-partnya sgt mirip dgn 3S-FE shg cukup gampang perawatannya, tapi ini mesin high compression yg butuh oktan tinggi.
A-dumb
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Tue Aug 02, 2005 10:26
Location: Jakarta - Bandung

Post by A-dumb »

Halouw,.....

Kalo 7A FE masuk gak ke perut twincam '87, kan katanya basenya sama dengan 4A FE ato dalam hal ini mobil gw 4A F

Ato mungkin tinggal ganti karburator kali yee,....dengan EFI supaya bisa jadi 4A FE,....hehehehe.....

Bengkel mana sih biasanya yang biasanya bisa enjin swap....?

Nuhun....
User avatar
Hanggar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 334
Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38

Post by Hanggar »

Bisa kok, mesin 7A-FE tuh bloknya sama persis sama 4A-F/4A-FE, cuman beda langkah yg lebih panjang ajah sehingga cc-nya otomatis naik plus torsi juga didapat pada torsi lebih rendah. Mesin ini cocok plek sama Corolla Twincam 87 - 92 or Great Corolla, ngak usah ngerubah dudukan engine mounting kok . . . tinggal masuk doang.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

A-dumb wrote:Halouw,.....

Kalo 7A FE masuk gak ke perut twincam '87, kan katanya basenya sama dengan 4A FE ato dalam hal ini mobil gw 4A F

Ato mungkin tinggal ganti karburator kali yee,....dengan EFI supaya bisa jadi 4A FE,....hehehehe.....

Bengkel mana sih biasanya yang biasanya bisa enjin swap....?

Nuhun....
pak a dumb, coba ke garden speed 7512625.
Image
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Hmm, buat saya Corona Absolute 2.0 sih pilihan yg bagus buat pecinta kenyamanan....

kenapa? Mesin cukup bertenaga (tipe 2.0), dan kabin punya legroom and headroom luas.....

Mesin juga bandel, paling yg bermasalah AC bisa ga dingin lagi, maklum mobil di atas 8 tahun... tapi bisa diperbaiki kok... normalnya, AC-nya dingin banget lho.... menurut saya AC Corona Absolute (keadaan baru) mungkin salah stu mobil Jepang dengan AC terdingin.

Fitur? Lengkap buat saloon 1990an. Cukuplah..
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
ruthndul
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 273
Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23

Post by ruthndul »

Sorry kalo udah basi.... saya coba ikutan jawab
1) Apa bedanya Corona & Corolla juga kelebihan & kekurangan utk tahun 90-an ?
Beda kelas, kalo komputer persis seperti Celeron vs Pentium.
Corona 1.600-2.000cc
Corolla 1.300-1.600cc
2) Apa maksudnya: "TwinCam" juga kelebihan & kekurangannya?
Twin cam = dua cam, cam = pendorong katup, jadi ada 2 pendorong katup untuk masing2 jalur total 4 / silinder. mesin konvensional cuman 2
kelebihan : 'pernafasan' lebih lega,
kekurangan : lebih boros bensin. makanya mesin honda IDSI masih pakai 2 cam / silinder supaya irit, juga lebih mahal
3) Apa maksudnya EFI juga kelebihan & kekurangannya juga?
Electronic Fuel Injection - di toyota
di honda namanya PGM FI - programmed fuel injection
di mitsubishi namanya MPI - multi port injection
sistem pasokan bensin di-inject.
Kelebihan : pengapian lebih sempurna, tenaga lebih besar karena dikontrol secara elektronis
Kekurangan : lebih mahal, terutama kalo jebol
4) Kenapa di jalanan lebih banyak Corolla?
karena lebih murah (waktu masih baru), irit, kecil, perawatan lebih murah
5) Harga barunya (th 90-an) lebih tinggi mana?
Mahal Corona
6) Kenapa harga jualnya (bekas th 90-an) jauh lebih mahal Corolla?
Ini bukan hanya terjadi di Indonesia tapi di seluruh dunia. Semakin besar mobilnya, maka harganya semakin jatuh.
Boleh riset, harga BMW 520 tahun '92 (model bulldog pertama keluar) harga bekasnya tinggal berapa. Maksud saya penyusutan per tahunnya berapa. Bandingkan dengan 318 tahun yang sama. Apalagi BMW seri 7....
7) Utk yg type 1600cc EFI tahun berapa aja?
Untuk corolla mulai tahun 1987 tipe twin cam (walaupun sampai sekarang juga twin cam semua). ada beberapa yang 1.300cc sampai tahun 1995 (great), sisanya 1.600cc (all new) dan 1.800cc (all new model tahun 2000)
Untuk corona ada anomali, sejak masuk Indo jaman kuda gigit batu mestinya 2.000 cc semua, tapi kira2 taon 1984-1987 (jaman Corolla GL & SE) mesinnya 1.600cc, (juga Corolla 1.300cc), trus setelah itu balik lagi ke 2.000cc, option 1.600cc untuk Absolute.
Irit nggak? Dlm kota & luar kota brp lt? jika dibandingkan dg corona 2000cc gimana?
Normalnya dalam kota 1:7-8-an full AC
Luar kota 1:10-12-an.
tapi tergantung kondisi kesehatan kendaraannya.
User avatar
ruthndul
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 273
Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23

Post by ruthndul »

Sorry kalo udah basi.... saya coba ikutan jawab
1) Apa bedanya Corona & Corolla juga kelebihan & kekurangan utk tahun 90-an ?
Beda kelas, kalo komputer persis seperti Celeron vs Pentium.
Corona 1.600-2.000cc
Corolla 1.300-1.600cc
2) Apa maksudnya: "TwinCam" juga kelebihan & kekurangannya?
Twin cam = dua cam, cam = pendorong katup, jadi ada 2 pendorong katup untuk masing2 jalur total 4 / silinder. mesin konvensional cuman 2
kelebihan : 'pernafasan' lebih lega,
kekurangan : lebih boros bensin. makanya mesin honda IDSI masih pakai 2 cam / silinder supaya irit, juga lebih mahal
3) Apa maksudnya EFI juga kelebihan & kekurangannya juga?
Electronic Fuel Injection - di toyota
di honda namanya PGM FI - programmed fuel injection
di mitsubishi namanya MPI - multi port injection
sistem pasokan bensin di-inject.
Kelebihan : pengapian lebih sempurna, tenaga lebih besar karena dikontrol secara elektronis
Kekurangan : lebih mahal, terutama kalo jebol
4) Kenapa di jalanan lebih banyak Corolla?
karena lebih murah (waktu masih baru), irit, kecil, perawatan lebih murah
5) Harga barunya (th 90-an) lebih tinggi mana?
Mahal Corona
6) Kenapa harga jualnya (bekas th 90-an) jauh lebih mahal Corolla?
Ini bukan hanya terjadi di Indonesia tapi di seluruh dunia. Semakin besar mobilnya, maka harganya semakin jatuh.
Boleh riset, harga BMW 520 tahun '92 (model bulldog pertama keluar) harga bekasnya tinggal berapa. Maksud saya penyusutan per tahunnya berapa. Bandingkan dengan 318 tahun yang sama. Apalagi BMW seri 7....
7) Utk yg type 1600cc EFI tahun berapa aja?
Untuk corolla mulai tahun 1987 tipe twin cam (walaupun sampai sekarang juga twin cam semua). ada beberapa yang 1.300cc sampai tahun 1995 (great), sisanya 1.600cc (all new) dan 1.800cc (all new model tahun 2000)
Untuk corona ada anomali, sejak masuk Indo jaman kuda gigit batu mestinya 2.000 cc semua, tapi kira2 taon 1984-1987 (jaman Corolla GL & SE) mesinnya 1.600cc, (juga Corolla 1.300cc), trus setelah itu balik lagi ke 2.000cc, option 1.600cc untuk Absolute.
Irit nggak? Dlm kota & luar kota brp lt? jika dibandingkan dg corona 2000cc gimana?
Normalnya dalam kota 1:7-8-an full AC
Luar kota 1:10-12-an.
tapi tergantung kondisi kesehatan kendaraannya.
akangbesman
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Aug 31, 2012 15:11

Re: Toyota Corona Ex Salon Twin Cam 1600cc ?

Post by akangbesman »

agan" sebaik nya pake oli apa untuk corona twincam 1600 th 92,trus berapa ltr' isi klu ganti oli..'matur nuhun
saloon
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Sep 25, 2012 20:47

Re: Toyota Corona Ex Salon Twin Cam 1600cc ?

Post by saloon »

Baru gabung jer, aku punya corona exsaloon matic 1987.
1. Kemaren baru ganti transmisi seungkulan, setelah dipasang dicoba pada di posisi D trus pedal gas di rpm 3.300 baru kerasa perpindasan transmisinya, bukankan normalnya pada rpm 1.500 s.d 2.000. Kata penjual transmisinya labrang gas yang menghubungkan ke mesin ditarik lagi, ini sudah saya tarik pool+drat baut ud smpi habis diputar malah ga ada perubahan sama sekali. Apa masalahnya ya?
2. Sambil menunggu solusi dari kasus 1. Pihak bengkel disini menyarankan agar kendaraan di skur klep karena mesin sinjal2 mulu, kadang tidak ada tenaganya. Akhirnya saya berburu sparepart ke kenalan dijakarta, ud dapat lalu mobil saya bawa kebengkel lagi, besoknya saya dapat kabar klo kerusakan udah mulai merambat sampai ke metal duduk, metal jalan, metal bulan, timing belt, bearing stationer, piston dan ringnya. apa ada yang bisa bantu saya, bagaimana solusinya? Mengingat ini adalah mobil warisan, heeee deeeeh.... :thanks:
saloon
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Sep 25, 2012 20:47

Re: Toyota Corona Ex Salon Twin Cam 1600cc ?

Post by saloon »

mas mas (ruthndul, wp, handling) tolong bantuannya solusinya dong :frm_bang_head: :frm_bang_head:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Toyota Corona Ex Salon Twin Cam 1600cc ?

Post by asudarsono »

Walah, om Saloon di negeri mana nih? Malam2 posting terus langsung minta respon. Orang2 masih pada tidur kali.

1. Perpindahan gigi pada 3300 rpm masih normallah. Kalau mau pindah di 2000, ntar dikit2 pindah gigi.

Itu jalur kabel khan belok2 dan diakhiri di semacam roda cam. Kadang2 belok2annya udah gak bener jadi kabelnya rada nggantung. Ada klem yg udah lepas, jadi walau mesin narik kabelnya, tarikannya gak sampai di ujung yg nyambung transmisi. Bisa juga kabelnya udah mulur.

2. Gejalanya apa bos? Ngebul asap nggak? Tenaganya selalu berkurang atau saat saat tertentu saja?

Mungkin yg dimaksud bengkelnya adalah kompresi mesinnya udah kurang. Kalau emang begitu, spareparts yg akan diganti akan makin banyak aja.
Ready to Race
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Toyota Corona Ex Salon Twin Cam 1600cc ?

Post by VanzMatic »

sundull ah....
:mky_08:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Toyota Corona Ex Salon Twin Cam 1600cc ?

Post by andy1800 »

ganti transmisi seungkulannya di yg jual nya atau di bengkel transmisi?
klo urusan transmisi, yg biasanya direkomend adlh ke Ricardo Matic cikokol tangerang

*mas2 yg dipanggilin itu dah sepuh2, gak pernah nongol lg
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
saloon
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Sep 25, 2012 20:47

Re: Toyota Corona Ex Salon Twin Cam 1600cc ?

Post by saloon »

andy1800 wrote:ganti transmisi seungkulannya di yg jual nya atau di bengkel transmisi?
klo urusan transmisi, yg biasanya direkomend adlh ke Ricardo Matic cikokol tangerang

*mas2 yg dipanggilin itu dah sepuh2, gak pernah nongol lg
Mohon maaf komandan baru bisa nyambung lagi, semalam ga nongol2 karena ane dinas dipedalaman Kalimantan disana maah ilang sama sekali sinyal.
Transmisi seungkulan belinya di bos matic.
saloon
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Sep 25, 2012 20:47

Re: Toyota Corona Ex Salon Twin Cam 1600cc ?

Post by saloon »

asudarsono wrote:Walah, om Saloon di negeri mana nih? Malam2 posting terus langsung minta respon. Orang2 masih pada tidur kali.

1. Perpindahan gigi pada 3300 rpm masih normallah. Kalau mau pindah di 2000, ntar dikit2 pindah gigi.

Itu jalur kabel khan belok2 dan diakhiri di semacam roda cam. Kadang2 belok2annya udah gak bener jadi kabelnya rada nggantung. Ada klem yg udah lepas, jadi walau mesin narik kabelnya, tarikannya gak sampai di ujung yg nyambung transmisi. Bisa juga kabelnya udah mulur.

2. Gejalanya apa bos? Ngebul asap nggak? Tenaganya selalu berkurang atau saat saat tertentu saja?

Mungkin yg dimaksud bengkelnya adalah kompresi mesinnya udah kurang. Kalau emang begitu, spareparts yg akan diganti akan makin banyak aja.
:big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Mohon maaf om baru balas, baru bisa nongol karena baru pulang dinas di pedalaman.
1. Pencerahaan yang mantaaf euy, ntar saya coba benerin deh pelan-pelan. Btw, corona ane tinggalnya ada didaerah Balikpapan om. ane maah kerjanya ekspedisi kirim-kirim kendaraan ke seluruh Kalimantan gitu tu :onfire:
2. Asap ga begitu ngebul ndan, tenaganya berkurang saat ditanjakan. Iya emang benar si, katanya tukang bengkelnya si kompresi kurang.
3. Kemarena ada ketemu kenalan mekanik, setelah saya hidupkan, dia teliti ini mobil kudu bongkar habis, dan minta jasa 3,5 jt diluar part.
Naah ane mau nabung pelan-pelan tu, yg jd pikiran gimana cari partnya jika ada part yang harus diganti? Di Balikpapan sini ada toko part yang lengkap tapi harganya ampuuuuun mah.
sumberberkat
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Mar 04, 2013 8:49

Re:

Post by sumberberkat »

DigitALL wrote:Ada yg tau kenapa CORONA baru tidak dijual lagi oleh TAM ? Apa karena sudah ada CAMRY ?
Lah ternyata Premio ini tidak berhenti produksinya,tapi malah ada versi barunya?
Keren :)
karena pengembangannya dilarikan ke celica
mesin corona dengan celica hampir dibilang ade kk
kalau corona 3SFE celica 3 SFTE beda turbo doang

biasanya dari case2 yang pernah ditanganin, corona di luar jakarta banyak swap engine menggunakan mesin celica ini yaitu 3sfte...selain lebih kencang, mesin ini dirasa lebih cocok buat corona yang memiliki bobot lebih berat... CMIIW

mampir2 yah ke http://sbtoyota.blogspot.com, di sana membahas segala tips dan trik buat mobil toyota termasuk membenarkan kisi2 ac corona yang seringkali patah tapi harganya selangit..
blazer hunter
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Mar 06, 2013 11:45

Re: Toyota Corona Ex Salon Twin Cam 1600cc ?

Post by blazer hunter »

siang agan2 skalian..ane nubie mohon bantuannya nih..
td pagi ane dpt tawaran corona absolute 97 harga 65jt.
body sm mesin sih kayanya sehat semua, jujur aja ane kurang tau mesin soalnya (makanya ini mau cari2 info sm suhu2 yg ada disini :big_peace:

td sih PR yg ane liat :
1. power window pintu depan kanan susah naik turunnya gan, jd mesti dibantu ditarik ato di dorong, dan kacanya ga bs nutup sempurna(rapet), kadang aga mencuat keluar jd harus ngepasin. klo 3 window lain lumayan lancar cm yg blakang ga bs turun sepenuhnya, jd masi ada sedikit kaca yg nongol gan(ato emang kaya gt yah gan ?)
2. kisi2 acnya uda ga bs nengok kanan kiri gan, patah kayanya se rumah2nya.
3. spionnya uda ga bs nglipet sendiri gan, dan spion sisi kiri cuma bisa diatur ke kanan kiri(atas, bawahnya ga bs)
4. di bawah tandon power steering ada rembesan oli gan (jd mslh ga ya ntar kedepannya ?)
mohon bantuannya, menurut agan2 skalian ini mobil worthed ga harga segitu ? (mesin kering, body mulus, kaki empuk, km dikit (95rban), interior ori dan rapi)
dan kira2 buat beresin PR2nya td brp ya kira2 kalkulasi biayanya. mungkin ada yg tau infonya
trima kasih buat agan2 skalian
djemo
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat Feb 01, 2014 8:59

Re: Toyota Corona Ex Salon Twin Cam 1600cc ?

Post by djemo »

ahirnya kegalauan saya terjawab sudah, mobil2 diatas terdapat di list pilihan mobil saya
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Toyota Corona Ex Salon Twin Cam 1600cc ?

Post by amfibi »

blazer hunter wrote:siang agan2 skalian..ane nubie mohon bantuannya nih..
td pagi ane dpt tawaran corona absolute 97 harga 65jt.
body sm mesin sih kayanya sehat semua, jujur aja ane kurang tau mesin soalnya (makanya ini mau cari2 info sm suhu2 yg ada disini :big_peace:

td sih PR yg ane liat :
1. power window pintu depan kanan susah naik turunnya gan, jd mesti dibantu ditarik ato di dorong, dan kacanya ga bs nutup sempurna(rapet), kadang aga mencuat keluar jd harus ngepasin. klo 3 window lain lumayan lancar cm yg blakang ga bs turun sepenuhnya, jd masi ada sedikit kaca yg nongol gan(ato emang kaya gt yah gan ?)
2. kisi2 acnya uda ga bs nengok kanan kiri gan, patah kayanya se rumah2nya.
3. spionnya uda ga bs nglipet sendiri gan, dan spion sisi kiri cuma bisa diatur ke kanan kiri(atas, bawahnya ga bs)
4. di bawah tandon power steering ada rembesan oli gan (jd mslh ga ya ntar kedepannya ?)
mohon bantuannya, menurut agan2 skalian ini mobil worthed ga harga segitu ? (mesin kering, body mulus, kaki empuk, km dikit (95rban), interior ori dan rapi)
dan kira2 buat beresin PR2nya td brp ya kira2 kalkulasi biayanya. mungkin ada yg tau infonya
trima kasih buat agan2 skalian
Bantu jawab :D

1. Bisa dibersihin dengan WD-40 kalo seret, & kalo power windownya mati, bs dibetulin dgn harga 100-200 per pintu...
Kaca belakang emg ga turun full gan...

2.Wajar buat mobil taun 90an, kisi2 ac biasanya dah pada error.. mobil ane yg taun 2000 pun begitu. Paling dibiarin aja, or kalo mau ganti sekitar 100-200 juga per kisi2...

3.Ini ganti dinamo buat gerakinnya, biaya ane kurang tau brp...

4.Oli PS rembes, di RAV4 ane (plek corabs mesin & parts2nya) juga lg rembes tuh... Tp sejauh ini aman2 aja udh 3 bulan rembes, paling cek seminggu 1x oli PSnya, kalo kurang tambahin...
Biaya betulin ga tau jg...


Saran ane sih ambil aje tuh corabs... Msh cukup bagus buat taun segitu berdasarkan deskripsi ente... :D