Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by AD74YA »

Berhubung lagi ga sibuk, saya coba bikin review All-New CRV 2.4 Prestige 2013 ya.. Semoga berguna buat jadi masukan yang ngincar mobil ini. Karena tiba-tiba ada yang bawa ke garasi, apa boleh buat... Saya coba saja.. hehehe..

Background
Diluncurkan pertama kali di tahun 1996, dimana tren kendaraan yang dijual saat itu di seluruh dunia adalah people carrier (MPV). CR-V generasi pertama ini merupakan inovasi yang sangat besar untuk Honda showoff visi mereka ke dunia, karena desain crossover belum populer kala itu, dan CR-V didesain hanya untuk mengangkut 5 penumpang. Generasi pertama dibuat berdasar platform dari Honda Civic, dengan desain suspensi yang baru dan ditinggikan sekitar 10-15 cm.
Nama CR-V sendiri menurut pabriknya di Jepang memiliki kepanjangan "Comfortable Runabout Vehicle", tapi pada akhirnya karena secara marketing namanya kurang mengena, kepanjangannya diganti Honda Inggris menjadi "Compact Recreational Vehicle".

Generasi kedua rilis pada tahun 2002. Dan untuk meningkatkan penjualan di belahan dunia lain, CRV untuk pertama kalinya disertakan tempat duduk tambahan di area bagasi. Chassisnya masih berbasis pada Civic, tapi mesinnya sudah menggunakan seri K (sebelumnya seri B). untuk pertama kalinya juga sistem i-VTEC digunakan di CRV. Suspensi dbuat lebih rendah dari generasi pertama, dan badannya lebih lebar juga lebih panjang.

Generasi ketiga rilis tahun 2007, chassisnya menggunakan dasar chassis generasi kedua, tetapi dikembangkan lebih lanjut dengan torsional dan rigiditas yang lebih kuat karena beban mesin dan transmisi yang sekarang 1 platform dengan Accord. Badan CRV gen 3 juga lebih lebar dan lebih pendek dibanding generasi kedua... GC nya turun sekitar 5 cm. menjadikannya varian paling rendah dibanding rivalnya yang lain (RAV4 dan Xtrail). Generasi ketiga juga untuk pertama kalinya menggunakan mesin diesel dan mesin seri R untuk versi 2000cc, sedangkan yang 2400 masih menggunakan mesin hasil modifikasi dari generasi sebelumnya dengan seri K24A. Oya, untuk pertama kalinya juga CRV gen 3 ini CKD dibuat di Karawang, Indonesia.

Generasi keempat, rilis tahun ini di Indonesia. Menggunakan basis CRV gen 3 (bukan Civic lagi), memiliki badan lebih panjang, lebih lebar, dan lebih rendah 4 cm dari gen 3 CRV. SUV yang semakin mendekati ketinggian sedan ini memiliki peningkatan kelas dengan berpatokan pada Accord, dan karena itu pula Honda menghentikan produksi Honda Element, karena CRV dinilai bisa meng-cover pasar Element. Secara mesin masih juga menggunakan K24A, dan R20A inline 4, hanya tenaganya pada varian 2.4 ditambah 20 hp, sayangnya torsinya tidak banyak berubah, sehingga tenaga baru bisa terasa ketika full throttle mendekati rpm tinggi. Hal lain yang bagus adalah, CRV berhasil mempertahankan NCAP rating 6 bintang (even so mobil yang di test adalah versi Jepang, memiliki airbags yang jauh lebih banyak dari versi kita).

Versi yang saya test drive adalah versi tertinggi CRV (ya iyalah, ngapain nyoba versi sedeng-sedeng), 2.4 Prestige. Sekedar info, untuk varian Prestige, tadinya hanya dibuat limited, tetapi karena permintaan membludak (menurut info orang dalam, hampir 90% pemesan 2.4 pindah pesanannya ke Prestige), HPM kewalahan dan hasilnya kloter pertama Prestige yang akan keluar secara rutin baru akan dimulai bulan Maret-April 2013 (Gila, Honda blunder banget ini). Kalau ada pelanggan yang dapat Prestige duluan, adalah pelanggan yang memesan varian tertinggi di bulan Januari 2012 (waktu itu belum ada kabar mengenai Prestige, hanya asumsi) atau pelanggan yang berani melakukan upping tinggi tentunya.

Perbedaan Prestige dengan 2.4 biasa terletak pada printilan saja yang banyak, antara lain:
1. Fog lamp Garnish
2. Exhaust Pipe Finisher
3. Tailgate Spoiler
4. Rear cam
5. DVD Audio

Perbedaan yang signifikan adalah:
1. Navigasi (GPS)
2. Bluetooth handsfree and audio.

Even better, unit yang datang ke garasi saya adalah unit Prestige yang paling populer, yaitu warna White Orchid.

Exterior

Yah.. Kembali lagi... Desain itu subjektif. Mobil ini terkesan lebih panjang dari generasi sebelumnya.. Padahal nggak beda signifikan (hitungan milimeter). Overall mobil ini kelihatan bagus, tapi banyak bagian yang desainnya ketika diperhatikan seksama sangat nggak enak dilihat buat saya. Contohnya seperti bonnet yang tarikannya lebih landai dan pendek dibanding gen 3, menyebabkan dari angle tertentu tampang mobil ini seperti tampang orang bergigi tonggos yang berusaha keras mingkem. Selain itu, bagian eksterior lain yang ane nggak suka adalah tampang depan ketika dilihat tegak lurus.. Grill nya... Nggak banget. Bicara mengenai harmonis, bilah 3 chrome di grill beneran nggak nyambung kemanapun bahasa desain mobil, gak ada tarikan garis yang terkoneksi dengan grill. Belum lagi plastik hitam di ujung kiri kanan grill, menutupi model lampunya.. Masih untung finishingnya rada glossy, nggak doff.. :e-doh:
IMG_3290.JPG
IMG_3276.JPG
Bagian yang ane nggak suka yang lain adalah 1/3 bagian belakang mobil. Mobil terlihat penyet, flat, nggak ada dramatisnya sama sekali,.. dan... terlihat murah. Supir saya sampai bilang "belakangnya kok mirip Avanza ya mas?" disaat saya berusaha keras tidak mengingat kemiripan CRV ini dengan Avanza. :e-snooty:
IMG_3296.JPG
Hal lain yang saya nggak suka adalah exhaust finisher Prestige yang modelnya kayak Remus.... Ketinggalan 10 tahun pakde........ :e-wall:
IMG_3297.JPG
Adapun bagian yang saya suka dari eksterior adalah cat White Orchid nya.. Sangat berbeda dengan Brilliant White di gen 3. Orchid White gen 4 tidak mengandung Xyrallic (butir mutiara) sehingga tidak akan ada efek sparkle nya, tetapi putihnya lebih putih, jadi kesannya lebih bersih dan lebih mahal.
IMG_3268.JPG
IMG_3273.JPG
IMG_3275.JPG
Saya juga suka headlamp nya yang sayang DRL nya sudah di cabut Jonpis, selain itu velg 18" yang cukup keren untuk bawaan mobil sehingga nggak perlu modifikasi lagi sudah keren. Tapi bagian eksterior yang paling saya suka desainnya adalah........ Spion nya... Simply karena ada penerapan lampu LED dengan desain yang simpel dan ciamik. Kalau udah ngomongin spion, biasanya saingan terdekat CRV, Xtrail, udah diem aja.. Wong dari dulu spion Xtrail kayak triplek.. Rata.
IMG_3290.JPG
IMG_3300.JPG
IMG_3291.JPG
IMG_3293.JPG

Interior

Masuk ke interior, disambut kulit warna beige yang mana lebih soft dibanding warna beige di CRV gen 3. Mobil terasa lapang dan welcoming. Baru duduk saja sudah terasa nyaman dan lega. Saya sangat suka kerut di kulit jok nya... Menambah kesan mahal mobil ini. Wooden panel memanjangnya di dashboard juga membuat pangling, CRV kali ini dari awal rilis udah dikasih wooden panel.. (kebayang nanti versi super-duper-final-evolution nya CRV gen 4 ini nanti kayaknya plafonnya dari kayu) :upss:
IMG_3280.JPG
IMG_3325.JPG
Ditengah terdapat 3 layar.. 4 malah sama di speedometer.. hmmm dalam kondisi mati saja sudah terlihat sophisticated. Setir juga penuh tombol, dan kali ini seperti stick PS3 pencetannya. Gear lever masih serupa dengan gen 3. Sayang arm rest di seri ini hilang, diganti dengan arm rest dengan tutup glovebox yang bisa digeser. Selain itu mobil ini tempat penyimpanan barangnya ada di mana-mana, di konsol tengah saja ada 3 lubang botol minuman.. Salute! :frm_salut:
IMG_3261.JPG
IMG_3266.JPG
IMG_3294.JPG
Duduk di row 2 juga nggak ada masalah.. Dengan tampilan AC di middle cabin, terlihat lux.. meskipun kontrolnya cuman buka tutup dibelakang. Bagasi juga masih sama luasnya dengan gen 3, tapi.. Tonneau cover bukan bawaan disini.
IMG_3284.JPG
IMG_3283.JPG
Apa saya suka interiornya?

Overall... Tidak. Kenapa? Well, because the fit and finish is not as good the 3rd gen. Kalau nggak ada layar sentuh di tengah dashboard, seperti berasa naik Chevrolet naik mobil ini.. Kesannya murah, plain, tidak menarik, tapi tetep lebih enak dilihat dari mobil Korea.

Setirnya masih menggunakan kulit sintetis yang mengkilap dan licin (yang mana kalau ane kasih conditioner keliatan kayak kulit Drogba keringetan), panel-panel silvernya (di gear lever dan di setir) beneran bikin murah kendaraan, bagian AC dan door trim dibuat apa adanya.. seakan tanpa emosi, atau estetika. Tidak terasa special naik mobil ini.. Kerasa seperti mobil biasa harga 200 jutaan, bukan 400 jutaan.
IMG_3289.JPG
IMG_3286.JPG
Kenapa saya begitu keras kritiknya terhadap interior mobil ini? Karena mobil ini menyandang nama CR-V yaitu Compact Recreational Vehicle.. Menurut Honda UK (yang memberikan kepanjangan namanya), yang namanya Recreational harusnya menyuguhkan keadaan interior yang menarik dan menyenangkan, tetapi harus berbeda dari yang lain (tidak mainstream). Di CRV Gen-1, ada dashboard 2 tone yang saat itu sangat inovatif; Gen-2 mulai desain interior futuristik, dengan beberapa seri produksi menggunakan panel silver (saat itu terkenal dengan warna millenium), dan bahkan rem tangan diletakkan vertikal keatas di kiri pengemudi untuk mendukung konsep futuristiknya; di Gen 3, dimulai dengan konsep luxurious - menganut 2 tone dari generasi pertama, dan basic desain dari gen 2, di gen 3 bagian trim atas dashboard diberi pattern lingkaran-lingkaran seperti kulit bola golf, dibatasi oleh trim abu-abu, dan dibawahnya diberi warna beige. Untuk melengkapi konsep luxurious-nya, handel pintu interior digantikan gagang bar kokoh yang terinspirasi dari bukaan pintu rumah mewah yang biasanya berupa bar aluminium.
Pertanyaan saya... Di generasi terbaru ini.. Dimana segi rekreasi nya yang inovatif?? Layar 2 din? Semua mobil punya layar 2 din sekarang... MID di atas dashboard? Siapa yang merasa ngitungin konsumsi BBM merupakan rekreasi?

Coba lihat CRV gen 4 ini... Apa yang membuatnya berbeda dibanding SUV lainnya secara konsep?.... Nggak ada. Rem tangannya di kaki, seperti kebanyakan mobil, bukan vertikal di dash. Dashboard 2 tone? Nope, full abu-abu gelap. Gagang pintu interior? Standar seperti mobil biasa lainnya. Gen 4 ini rasanya sudah kehilangan konsepnya sebagai "Recreational" vehicle.. Kehilangan citranya sebagai kendaraan yang "menarik" karena daya tarik desainnya. Dan saya paling nggak suka hal seperti ini, masalah kehilangan "jati diri", itulah kenapa saya harus kritik keras mobil ini.
IMG_3324.JPG
Konsep dari CRV gen 4 ini nampaknya justru jadi mobil yang serius, jadi mobil yang mainstream. Tipe mobil yang akan dipakai ke kantor di supirin sama supir yang pakai seragam safari. Gimana enggak? Semua fitur yang disematkan di mobil ini seperti alat pendukung bisnis. Naik mobil ini berasa kayak duduk di meja kantor. Semua tombol yang ada di setir kalau di pencet menyediakan data-data di layar, atau masuk ke fitur telepon, atau cruise control.. Apalagi lihat kanan dikit di dash, ada tombol ECO... It is all about business. Apakah ini sebuah kemajuan? Dilihat dari kacamata teknis, ya, merupakan kemajuan. Ketika mobil ini menyandang nama RAV4, atau Xtrail, mungkin saya akan menyanjung mobil ini.. But, as a CRV, where is the fun in that?

Features
Dari sisi Safety Features ada:
1. Smart Key System - Sayangnya konsepnya hanya untuk memudahkan membuka pintu, tetapi kalau kita menjauh dari kendaraan kunci tidak Autolock (CMIIW mengenai hal ini)
2. EPS Advanced - Electric Power Steering, memperingan beban driver ke setir, efeknya ada di handling.
3. VSA - Vehicle Stability Assist, rasanya sudah pada tau semua ya
4. Hill-start Assist - One of my favorite features
5. Airbag 2, ABS, EBD, BA
IMG_3338.JPG
Yang nggak ada:
1. HID (krusial)
2. Auto Lamp dan AFS (lampu yang bisa nyala sendiri jika kondisi gelap, dan AFS yang artinya sorotan poyektor mengikuti arah setir)
3. Rain-sensing (wiper nyala otomatis ketika hujan)
4. Sensor jarak (krusial, untuk mundur atau berada di kemacetan)
5. Airbag curtain dan jok.


Untuk indulgance, ada:
1. i-MID yang isinya FC, Jam, Audio, Computer Trip, dll. yang di aturnya lewat..
2. ... Control di steering wheel.
3. Paddleshift Gearbox (mantep fitur yang ini..) + Cruise Control
4. AC di konsol tengah untuk row 2,
5. 9 tempat untuk cup-holder,
6. One Action Seat Arrangement, Jok kedua lipat dengan 1 kali sentuh.
7. Thin Front Seat, agar penumpang tengah dapet leg-room extra.. Hal ini dibutuhkan karena.....
IMG_3308.JPG
IMG_3333.JPG
IMG_3334.JPG
IMG_3258.JPG
Yang nggak ada:
1. ...Kursi tengah yang bisa recline,
2. Sunroof, untuk mobil harga segini bo'

Test Drive

Dengan meletakkan kunci di konsol tengah, saya pencet tombol start/stop merah Honda yang super-keren sambil injak rem. Mesin seketika menderu halus, MID tengah menyala, Layar navigasi menyala, dan di kiri kanan speedometer ada LED putih yang menyala seperti tanda kurung.. Keren!
IMG_3326.JPG
Seketika juga familier dengan bentuk setirnya karena ternyata bentuk basic nya sama hanya beda model. Setelah adjust kursi yang elektrik (hanya bagian driver yang elektrik), saya coba keliling kota dengan mobil ini.

Pertama kali keluar ke jalan, hal yang langsung saya sadari adalah klaksonnya yang agak cempreng.. Agak aneh pertamanya, tetapi pas diinget-inget lagi saya lupa kalau CRV gen 3 saya juga ganti klakson Hella hitam. Pantess... Hehehe...

10 menit pertama jalan, kerjaan saya cuma main MID sama layar 2 dinnya saja... Karena penasaran... Apakah sama dengan sistem di BMW? Ternyata tidak.. Jauh malahan.. Lebih mirip ke sistem Mercedes C200 yang sebelum CGI.

MID nya terdiri dari 6 halaman di mana 5 halaman pertama sebenernya waste of space. Berikut disusun berdasar halamannya:
1. FC. Cuman nampilin Average Fuel, sama Jarak tempuh. (di taruh di dalem speedometer juga bisa kalee..)
2. Personalized Picture. Bisa slideshow foto-foto kita di MID.. Keren? Bentar dulu... Foto yang bisa di Slide show maksimum kapasitasnya cuman untuk 3 foto. (hmm... Cuman ada tempat buat 3 foto ya... Cukuplah untuk 3 Asmiranda...)
3. Audio Image untuk iPod/USB. (diletakkan di 2 din saja cukup sebenernya, split half dengan navigasi untuk sesaat)
4. Clock Display. (idem seperti nomer 3, ditambah lagi sebenernya jam digital sudah ada dibagian kanan bawah layar MID)
5. Audio (idem seperti nomer 3)
6. Menu. Ini halaman favorit saya.. Ada trip computer setup, display setup, Keyless Access setup, Lighting setup, Door setup, dan Default all. Sayang saya gak sempat utak-utik lebih dalam karena lagi nyetir.


Sayangnya di MID ini nggak ada Tire Pressure Monitoring, nggak ada Oil Temp, dan Battery Condition yang menurut saya perlu dimasukkan ke MID. Still, dengan adanya i-MID ini, Honda selangkah lebih maju dari yang lain, dengan edukasi ke pelanggannya tentang pentingnya informasi, tetapi tetap responsible dengan cara mengontrolnya lewat remote steering wheel. Good job! :off_good_job:

Untuk 2 din navigasinya, saya konfirmasi bahwa maps nya menggunakan milik Garmin, tetapi sepertinya licence Garmin hanya di tampilan luar dan 2 dimensinya. Petanya cenderung susah digunakan karena kurang responsif, dan tidak support tampilan 3D atau bird-view yang mana sudah lama jadi standar navigasi GPS. Hasilnya melakukan navigasi dengan GPS "Garmin" di CRV ini mirip seperti menggunakan navigasi Maps yang tampilan 2D di iPhone (even iPhone sudah support 3D dan lebih intuitif). Bagusnya maps di CRV adalah, dibagian bawah layarnya sudah diberi shortcut berupa tombol pilihan Destination dan Map. Jadi kalau sudah terbiasa dengan pengaturan sistemnya, mengatur peta di CRV ini menjadi sangat mudah.

Speedometernya juga lucu. Ada LED putih disampingnya yang kalau waktu jalan pada kondisi hemat, atau ketika bar konsumsi bbm berada diatas 15 km/l, maka LED itu akan berubah menjadi hijau menunjukkan bahwa kita sedang melakukan ECO driving.. Satu lagi layanan edukasi yang diberikan oleh Honda dengan cara yang intuitif. Sayangnya di trip komputer, FC yang ditampilkan 6,8 km/L pada saat inreyen.
IMG_3288.JPG
Oke, cukup bahas MID, kita bahas sensasi berkendaranya. Duduk di kursi driver new CRV ini terasa enak, dan pandangan leluasa. Driving position nya mantap, mobil terasa semakin rendah, karena posisi duduk semakin rendah, jarak setir ke dada pas pada kondisi duduk agak rebah, seperti layaknya mengendarai sedan seperti Accord. Viewing angle nya bagus, blind spot sedikit karena pilar A dan spion seperti yang di temukan di Gen 3, tetapi karena Bonnet mobil ini semakin landai, mengendarai Gen 4 lebih mudah mengira-ngira jarak di depannya.

Respon mesin pada putaran bawah-tengah persis seperti yang ditemukan gen 3, karakteristik dan usara mesin pun sama terasa menandakan tidak ada perkembangan berarti di sistem peredaman mobil ini. Suara ban masih terasa signifikan seperti di gen 3, suara mobil lain masuk ke dalam kabin- sama seperti di gen 3, dan suara audio nya juga tidak membaik.

Ride
Surprise. Mobil ini nyamannn.... Meskipun lebih rendah dari gen 3 sejauh 4cm, pantulan suspensi di mobil ini lebih forgiving, even setelah menggunakan ban Dunlop dan velg 18". Malahan dengan posisi berkendara yang lebih rendah, menaiki mobil ini terasa seperti menaiki sedan, itulah kenapa terasa sangat nyaman. Hal lain yang sangat mendukung adalah lower back support di mobil ini ditambah pada jok nya, sehingga meskipun jok nya lebih tipis dari gen 3, tapi punggung terasa lebih empuk. Bener-bener dibuat surprise saya oleh ride mobil ini.. Hal lain yang mendukung kenyamanan penumpangnya adalah karena body roll yang terasa berkurang, berkat turunnya suspensi, dan ban yang lebar, sehingga penumpang tidak terasa terombang ambing di dalam kabin. Ekspektasi saya mobil ini akan menjadi lebih keras signifikan dibanding CRV gen 3, nyatanya, malah lebih nyaman karena berasa naik sedan. Well, nggak menutup fakta bahwa ketika melibas jalan rusak, CRV masih berguncang-guncang, tetapi saya rasa diredam dengan lebih baik di Gen 4 ini. :off_good_job:

Handling
Dengan segala kelebihan yang ditawarkan oleh Gen 4 ini, saya berekspektasi lebih dengan handling mobil ini. Lebih rendah, lebih lebar, disertai dengan ban dengan dimeter besar, dan lambang Honda, rasanya resep yang menjanjikan untuk menjadi mobil dengan handling yang baik.
Nope. Handling mobil ini 0. Permasalahannya adalah di EPS yang diterapkan di mobil ini. Feedback setir berkurang drastis, sudut putarannya seakan tidak akurat, dan mobil terasa melayang karena suspensi yang soft. Nyetir mobil ini seperti nyetir pakai setir Logitech untuk main game balap di komputer.. Eh, nggak ding.. Logitech feedback nya lebih bagus. :e-think:

Handling mobil ini diperuntukkan untuk kaum hawa yang lemah lembut (baca: Asmiranda), karena kalau buat cowok yang suka nyetir, well, kerasa cupu naik mobil ini. Satu-satunya pengobat kekecewaan adalah disertakannya paddleshift dibalik setir. Masukkan gigi ke S, dan melaju dengan mainin gigi di dalam kota.. Hanya hal itu yang bisa mengalihkan perhatian dari handlingnya yang payah. :mrgreen:

Conclusion
Technically, very well built car. :frm_salut: Dikarenakan spesifikasi teknis yang digunakan jadul semua (sudah berumur 10 tahun lebih), tapi perkembangan gradual yang dilakukan oleh Honda tampak jelas di unit ini. Suspensi yang konfigurasinya sama saja bisa sampai lebih nyaman padahal pakai velg yang lebih besar ukurannya dan lebih rendah suspensinya. Mesinnya juga, bertambah tenaganya 20 hp. Kabin juga menjadi lebih lapang. Dan ditambah dengan kredibilitas Honda sebagai "bullet-proof" car yang sangat awet, mobil ini pilihan yang solid untuk keluarga yang menginginkan ruang yang lapang, nyaman, dan bisa dengan mudah melibas jalanan Indonesia yang rusak, dan tetap awet/minim perawatan. :frm_tumbleft: :frm_tumbleft: :frm_tumbleft:

Will I Buy This Car?
Straight to the point, dengan harga pricelist 426 juta, mobil ini sangat tidak worth dengan apa yang kita dapatkan. Honest. Objective. Singkirkan lah pikiran resale value, atau fanatisme terhadap VTEC Powerrrr, this car is just not worth every penny you spent. Karena apa? Karena meskipun ada MID dan ECO dan apa-apa yang baru, esensi dasar mobil ini nggak ubahnya dengan Gen 3. Saya masih bersikeras bahwa keduanya adalah mobil yang sama, tapi anda bayar 100 juta lebih mahal. Ditambah datangnya CX-5 yang lebih murah tetapi jauh lebih canggih dan enak dikendarai, Tiguan dengan mesin double chargernya yang sudah pasti mesin ini akan jadi future classic yang melegenda, dan pilihan SUV kecil lain yang lebih murah dan nggak kalah berkualitas, membuat bargaining power dari CRV menurun drastis dengan harga retail nya. :e-naughty:

Ada pengecualian dimana membeli CRV ini menjadi tidak rugi, yaitu apabila rencana menggunakan mobil lebih dari 10 tahun. Karena setelah 10 tahun, CX-5, Tiguan, dan saingan CRV yang lain udah pada rusak, CRV akan tetap lenggang kangkung dan satu-satunya service yang dibutuhkan cuma isi bensin sama ganti oli doang. :mrgreen:

Should I Buy Prestige?
Well, to be honest, biaya 19 juta yang dikeluarkan untuk dapat varian Prestige dari 2.4 biasa cukup worth untuk apa yang didapat. Karena selain dapat garansi Honda, tingkat kerapihan pemasangannya juga nggak akan bisa dilawan dengan pasang produk aftermarket.


How to Make It Better?

-Ganti ban dengan Michelin Latitude Tour
-Ganti Speaker
-Pasang peredam secukupnya di plafon dan pintu-pintu

Fact
Keputusan Honda untuk menelurkan varian Prestige nggak jauh beda setelah MMI membeberkan spesifikasi CX-5 Touring. Usut punya usut ke orang dalam, ternyata memang hal ini untuk antisipasi persaingan fitur. Kedepannya mari kita berdo'a bersama agar merk Jepang lain seperti Toyota dan Mazda makin gila-gilaan masukin fitur kesini.

CMIIW.
:thanks:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by DOHC »

pertamax di tret bergizi mas helm....

btw skalian mau nanya om helm.... kalo baca dari review, koq rasa nya gen 4 ini sgt tidak worth to buy yahh... apa gen 3 jauh lebi baik mnurut mas helm ?? btw utk gen 3, despite dari bantingan dan peredam nya yg serba kurang, utk handling dan power kalo dibanding dgn gen 4 gmana om ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by andy1800 »

Ow yg membuat setir2annya gak enak tu EPS nya ya?
EPS selalu membuat jd kaya gitu? Knp?
Ada gak mobil yg EPS tp setir2annya baik? Minimal mobil harga brp yg EPS nya baik?


Review mantap as usual :off_good_job:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
lava85
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Aug 31, 2012 4:24

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by lava85 »

As usual reviewnya manteb sekali mod :mky_02: Setelah baca saya makin manteb buat bilang CRV sama sekali ga menarik di mata ane. Cuma satu yang agak menggelitik di kepala saya, di review bagian:

"Ada pengecualian dimana membeli CRV ini menjadi tidak rugi, yaitu apabila rencana menggunakan mobil lebih dari 10 tahun. Karena setelah 10 tahun, CX-5, Tiguan, dan saingan CRV yang lain udah pada rusak, CRV akan tetap lenggang kangkung dan satu-satunya service yang dibutuhkan cuma isi bensin sama ganti oli doang"

Sejelek itu kah reliability sebuah VW dan mazda? Kebetulan di rumah ada CRV gen 3 punya kakak. Dari 2008 rawatan beres, so far masalah paling parah itu ACnya mendadak rusak yang lain standar aja consumablenya. Memang kalo di banding VW or Mazda bisa beda sejauh apa reliablenya ini CRV?

Mohon infonya mod soalnya mobil pribadi ane yg usianya lebih dari 10 taon udah dijual and lagi nimbang2 beli baru buat 10 taon ke depan :big_smoking:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by AD74YA »

DOHC wrote:pertamax di tret bergizi mas helm....

btw skalian mau nanya om helm.... kalo baca dari review, koq rasa nya gen 4 ini sgt tidak worth to buy yahh... apa gen 3 jauh lebi baik mnurut mas helm ?? btw utk gen 3, despite dari bantingan dan peredam nya yg serba kurang, utk handling dan power kalo dibanding dgn gen 4 gmana om ??
Gen 3 pada saat ini jauh lebih worth to buy, tentunya karena harga barunya yang drop gila-gilaan. Karena apa yang didapatkan kalau kita jadi penumpang, nggak jauh beda feeling nya.

Baik dari sisi bantingan, peredam, dan power, gen 3 di babat sama gen 4. Gen 4 setingkat diatas gen 3, tapi nggak jauh bedanya. Sedangkan untuk handling, mungkin lebih tepatnya fun to drive, sebenernya gen 4 secara posisi mengemudi jauh lebih enak dibanding gen 3, waktu jalan juga sebenernya lebih enak gen 4 karena body roll terasa berkurang, akan tetapi hanya suffer setirnya yang ringan. Di gen 3 feedback setir masih terasa. Hanya itu saja.

Istilahnya, secara teknis, Gen 4 setingkat diatas gen 3 secara keseluruhan.
andy1800 wrote:Ow yg membuat setir2annya gak enak tu EPS nya ya?
EPS selalu membuat jd kaya gitu? Knp?
Ada gak mobil yg EPS tp setir2annya baik? Minimal mobil harga brp yg EPS nya baik?


Review mantap as usual :off_good_job:
Sepertinya EPS menjadi standar mobil-mobil keluaran tahun ini. Focus pakai, CRV pakai. Entahlah apakah ada peraturan keselamatan baru.

EPS generally bakal bersifat mengurangi feedback setir, tapi EPS modern sebenernya nggak perlu suffer hal ini karena Porsche sudah membuktikannya di 911 dan Boxter nya yang baru...
lava85 wrote:As usual reviewnya manteb sekali mod :mky_02: Setelah baca saya makin manteb buat bilang CRV sama sekali ga menarik di mata ane. Cuma satu yang agak menggelitik di kepala saya, di review bagian:

"Ada pengecualian dimana membeli CRV ini menjadi tidak rugi, yaitu apabila rencana menggunakan mobil lebih dari 10 tahun. Karena setelah 10 tahun, CX-5, Tiguan, dan saingan CRV yang lain udah pada rusak, CRV akan tetap lenggang kangkung dan satu-satunya service yang dibutuhkan cuma isi bensin sama ganti oli doang"

Sejelek itu kah reliability sebuah VW dan mazda? Kebetulan di rumah ada CRV gen 3 punya kakak. Dari 2008 rawatan beres, so far masalah paling parah itu ACnya mendadak rusak yang lain standar aja consumablenya. Memang kalo di banding VW or Mazda bisa beda sejauh apa reliablenya ini CRV?

Mohon infonya mod soalnya mobil pribadi ane yg usianya lebih dari 10 taon udah dijual and lagi nimbang2 beli baru buat 10 taon ke depan :big_smoking:
Sebenernya pada kata2 diatas saya hanya buat sebagai perumpamaan. :mrgreen:

VW sebagai brand Eropa tentunya reliability nya nggak akan sebaik Jepang.
Mazda sebagai merk Jepang ekspektasi nya pasti sangat reliabel. Apalagi full Jepang, nggak kayak Nissan yang sebenernya Renault. Sayangnya karena baru bangkit di Indonesia tahun 2008, belum ada track record resmi yang menyatakan bahwa produksinya reliabel disini..

Tapi kalau oom search mobil paling reliabel menurut pengguna mobil di UK, maka yang nomer 1 keluar adalah Mazda MX-5, atau paling nggak minimal 10 besar.

So far pakai CX9 dari 2009 belum ada masalah. Saran saya sih, kalau merk Jepang, jangan ragu mengenai reliability, tapi perhatikan perawatannya saja.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
toonafish
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Wed Oct 10, 2012 18:31

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by toonafish »

Nice review bos. :e-clap: Review kayak gini ini mantap banget, very helpful. Tapi saya sebagai newbie seakan-akan menangkap kesan bahwa reviewer rada bias against CRV. Entah apakah itu karena ekspektasi yang tinggi terhadap CRV atau mungkin karena faktor lainnya, tapi tetap tidak mengubah fakta bahwa ini review yang patut diacungi jempol. :frm_tumbright: :frm_tumbleft: Just my 2 cents.
ketela
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Thu Oct 25, 2012 13:18

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by ketela »

Salam kenal Kang Adjaya.
Saya agak kaget saat Akang bahas ground clearance all new crv ini bahkan lebih rendah lagi dari sebelumnya.
Berapa ground clearance all new crv ini Kang..? hanya 16 cm mungkin yaa..? (hampir sama dengan mobil camry kami saat ini..?)
Kebetulan saya bekerja di area industri pulo gadung yang jalannya menyedihkan (speed bump kelas truk, jalan bolong-bolong),
jadi ingin memiliki mobil yang lebih memberi peace of mind saat dikendarai di medan kawasan industri ini.

(note: kemarin kami coba pajero dakkar, tapi kepala saya dan istri mentok cekungan simpan sunroofnya, saya 180cm, istri 172cm, dengan 2 anak 8 dan 3 tahun, saya bukan ahli mobil, tapi menikmati sekali mengendara)

Apakah all new crv ini cocok untuk tujuan saya Kang..?

Terima kasih sekali...
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by hbobo »

mantap bro reviewnya. memang kalo soal handling saya juga berasa sih kurang enak.

cmiiw, imo terlepas dari resale value nya yah bro ad74ya, memang fitur sih kalah dibandingkan dengan cx5. cuma saya sebelom milih crv juga sempat dilema mau pilih crv atau cx5. sampai akhirnya memutuskan ambil crv. saya agak kurang suka baris kedua cx5 yang menurut ane terlalu sempit dan agak tegak, masih lebih nyaman duduk di baris kedua nya crv. hal ini menurut ane cukup vital dibandingkan dengan HID, auto lamp, afs, rain sensing, sensor jarak maupun airbag curtain. kalo menurut saya HID, bisa pasang after market, auto lamp menurut saya tidak terlalu sulit buat menyalakan lampu kalo memang gelap, rain sensing juga sama. untuk sensor jarak dan afs memang cukup efektif. kalo afs memang tidak bisa beli after market, untuk sensor jarak bisa diakalin dengan pasang fitur front camera. yang memang agak kurang hanya afs, yah sebelomnya ane setir tanpa afs juga sudah cukup nyaman. jadi tanpa afs yah bukan masalah besar. cuma ane tiap wiken pasti pergi bareng ortu ane, untuk ini baris kedua kalo sempit yah agak mengganggu sekali, dan ini nga bisa diakalin. kalo soal interior, ini sih soal selera juga. menurut ane cx5 punya interior malah terasa plain banget. di dominasi semua hitam tanpa ada perpaduan warna. tapi yah semua sih tergantung selera. ane memang dari awal dilema sama cx5 dan crv, cuma yah buat ane fitur fitur bisa beli yang after market. hal hal yang krusial dan tidak bisa beli yang after market atau tanpa melakukan modifikasi secara lebih jauh lah yang ane pilih.

tapi memang apa yang bro ad74ya review sih bener, cuma a bit bias aja. since ane juga udah cobain dua dua nya ini mobil, baik dari segi driver maupun dari segi passenger. kesimpulan ane dua duanya punya kelebihan dan kekurangan masing masing, cuma kalo soal mobil cewe sih ane nga setuju ah. hahaha...menurut ane eps nya cukup nyaman kok, yah butuh kebiasaan aja kali yah. tapi sama juga setir mobil masih baru, buat ngepas kiri kanan pasti juga belom baik, tapi semakin sering di kendarain akan lebih comfy kalo lagi ngepas.

once again its only my one cent.
one small step for a man, a giant leap for mankind
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by hbobo »

@ketela : yang dimaksud dengan bro ad74ya itu bukan tinggi ground clerancenya kali om. tapi ketinggian overall bodynya. kalo kalo diliat dari ground clearancenya, kayanya gen3 crv sama gen4 crv nga jauh berbeda. cmiiw
one small step for a man, a giant leap for mankind
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by esh »

toonafish wrote:Nice review bos. :e-clap: Review kayak gini ini mantap banget, very helpful. Tapi saya sebagai newbie seakan-akan menangkap kesan bahwa reviewer rada bias against CRV. Entah apakah itu karena ekspektasi yang tinggi terhadap CRV atau mungkin karena faktor lainnya, tapi tetap tidak mengubah fakta bahwa ini review yang patut diacungi jempol. :frm_tumbright: :frm_tumbleft: Just my 2 cents.
IMO review mod AD74YA cukup obyektif sebagai 'expert' user, yang sudah nggak kemakan strategi marketing gimmick Honda. Harap diingat bahwa mod AD74YA saat menulis review ini adalah pengguna CR-V 2.4 gen 3 dan tentu berharap bahwa gen 4 akan lebih mendapatkan penyempurnaan lebih, dan tentu saja berharap bahwa penyempurnaan yang dilakukan Honda lebih dari kompetitornya.

Ada beberapa hal yang saya lihat membuat mod AD74YA bersikap 'against' CR-V:
- teknologi mesin dan transmisi jadul
- handling (apalagi sebelumnya sudah test drive cx-5)
- kualitas material interior yang masih lebih bagus di gen 3
- desain bagian belakang
- Tonneau cover nggak dikasih alias disuruh beli sendiri (di gen 3 dikasih)

Sekedar share saya sendiri sebelumnya sempat berencana untuk ambil gen 4 ini, namun setelah melihat tampilannya yang cenderung biasa saja dibanding saat melihat tampilan gen 3 pertama kali. Ditambah pengalaman nggak bagus saat pakai gen 3. FYI saya sempat ambil 2 unit gen 3 type 2.4 tahun 2008 warna dark mocca dua2nya. Yang satu sempat ada masalah di kaki2 saat pemakaian 60 ribu km.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by ZombiEE »

D'ooohhhh....gagal pertamax lagi..
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by AD74YA »

toonafish wrote:Nice review bos. :e-clap: Review kayak gini ini mantap banget, very helpful. Tapi saya sebagai newbie seakan-akan menangkap kesan bahwa reviewer rada bias against CRV. Entah apakah itu karena ekspektasi yang tinggi terhadap CRV atau mungkin karena faktor lainnya, tapi tetap tidak mengubah fakta bahwa ini review yang patut diacungi jempol. :frm_tumbright: :frm_tumbleft: Just my 2 cents.
Terima kasih.. Saya sudah berusaha se-objective mungkin membahas mobil ini.. Kemungkinan besar karena harga retail nya yang terlalu tinggi sehingga saya harus mengkritik banyak hal dari mobil ini.
ketela wrote:Salam kenal Kang Adjaya.
Saya agak kaget saat Akang bahas ground clearance all new crv ini bahkan lebih rendah lagi dari sebelumnya.
Berapa ground clearance all new crv ini Kang..? hanya 16 cm mungkin yaa..? (hampir sama dengan mobil camry kami saat ini..?)
Kebetulan saya bekerja di area industri pulo gadung yang jalannya menyedihkan (speed bump kelas truk, jalan bolong-bolong),
jadi ingin memiliki mobil yang lebih memberi peace of mind saat dikendarai di medan kawasan industri ini.

(note: kemarin kami coba pajero dakkar, tapi kepala saya dan istri mentok cekungan simpan sunroofnya, saya 180cm, istri 172cm, dengan 2 anak 8 dan 3 tahun, saya bukan ahli mobil, tapi menikmati sekali mengendara)

Apakah all new crv ini cocok untuk tujuan saya Kang..?

Terima kasih sekali...
Betul GC nya hanya sekitar 16 cm, dan memang mirip dengan sedan, tapi ane rasa kalau yang ditanya bumper mentok atau tidak untuk ukuran pulo gadung ane rasa masih cukup-cukup saja. Ground Clearance tidak sama dengan jarak tinggi body loh oom..

Kalau misalkan Pajero Sport terlalu landai atapnya, bisa juga coba Fortuner VNT. 2 mobil ini lebih aman untuk area industri, karena menggunakan ladder frame.
hbobo wrote:mantap bro reviewnya. memang kalo soal handling saya juga berasa sih kurang enak.

cmiiw, imo terlepas dari resale value nya yah bro ad74ya, memang fitur sih kalah dibandingkan dengan cx5. cuma saya sebelom milih crv juga sempat dilema mau pilih crv atau cx5. sampai akhirnya memutuskan ambil crv. saya agak kurang suka baris kedua cx5 yang menurut ane terlalu sempit dan agak tegak, masih lebih nyaman duduk di baris kedua nya crv. hal ini menurut ane cukup vital dibandingkan dengan HID, auto lamp, afs, rain sensing, sensor jarak maupun airbag curtain. kalo menurut saya HID, bisa pasang after market, auto lamp menurut saya tidak terlalu sulit buat menyalakan lampu kalo memang gelap, rain sensing juga sama. untuk sensor jarak dan afs memang cukup efektif. kalo afs memang tidak bisa beli after market, untuk sensor jarak bisa diakalin dengan pasang fitur front camera. yang memang agak kurang hanya afs, yah sebelomnya ane setir tanpa afs juga sudah cukup nyaman. jadi tanpa afs yah bukan masalah besar. cuma ane tiap wiken pasti pergi bareng ortu ane, untuk ini baris kedua kalo sempit yah agak mengganggu sekali, dan ini nga bisa diakalin. kalo soal interior, ini sih soal selera juga. menurut ane cx5 punya interior malah terasa plain banget. di dominasi semua hitam tanpa ada perpaduan warna. tapi yah semua sih tergantung selera. ane memang dari awal dilema sama cx5 dan crv, cuma yah buat ane fitur fitur bisa beli yang after market. hal hal yang krusial dan tidak bisa beli yang after market atau tanpa melakukan modifikasi secara lebih jauh lah yang ane pilih.

tapi memang apa yang bro ad74ya review sih bener, cuma a bit bias aja. since ane juga udah cobain dua dua nya ini mobil, baik dari segi driver maupun dari segi passenger. kesimpulan ane dua duanya punya kelebihan dan kekurangan masing masing, cuma kalo soal mobil cewe sih ane nga setuju ah. hahaha...menurut ane eps nya cukup nyaman kok, yah butuh kebiasaan aja kali yah. tapi sama juga setir mobil masih baru, buat ngepas kiri kanan pasti juga belom baik, tapi semakin sering di kendarain akan lebih comfy kalo lagi ngepas.

once again its only my one cent.
Terimakasih opininya oom... Saya berusaha se objective mungkin.. Bahkan perbandingan saya untuk mengkritik CRV gen 4 di review saya bukan berpatokan ke CX5 kok.. Hehehe... Saya bukan fans berat Mazda, jadi jangan salah sangka ya. Btw, saya juga nggak suka interiornya CX-5... Sudah baca review saya kan?
esh wrote:
toonafish wrote:Nice review bos. :e-clap: Review kayak gini ini mantap banget, very helpful. Tapi saya sebagai newbie seakan-akan menangkap kesan bahwa reviewer rada bias against CRV. Entah apakah itu karena ekspektasi yang tinggi terhadap CRV atau mungkin karena faktor lainnya, tapi tetap tidak mengubah fakta bahwa ini review yang patut diacungi jempol. :frm_tumbright: :frm_tumbleft: Just my 2 cents.
IMO review mod AD74YA cukup obyektif sebagai 'expert' user, yang sudah nggak kemakan strategi marketing gimmick Honda. Harap diingat bahwa mod AD74YA saat menulis review ini adalah pengguna CR-V 2.4 gen 3 dan tentu berharap bahwa gen 4 akan lebih mendapatkan penyempurnaan lebih, dan tentu saja berharap bahwa penyempurnaan yang dilakukan Honda lebih dari kompetitornya.

Ada beberapa hal yang saya lihat membuat mod AD74YA bersikap 'against' CR-V:
- teknologi mesin dan transmisi jadul
- handling (apalagi sebelumnya sudah test drive cx-5)
- kualitas material interior yang masih lebih bagus di gen 3
- desain bagian belakang
- Tonneau cover nggak dikasih alias disuruh beli sendiri (di gen 3 dikasih)

Sekedar share saya sendiri sebelumnya sempat berencana untuk ambil gen 4 ini, namun setelah melihat tampilannya yang cenderung biasa saja dibanding saat melihat tampilan gen 3 pertama kali. Ditambah pengalaman nggak bagus saat pakai gen 3. FYI saya sempat ambil 2 unit gen 3 type 2.4 tahun 2008 warna dark mocca dua2nya. Yang satu sempat ada masalah di kaki2 saat pemakaian 60 ribu km.
nah ini malah master dah nyoba semuanya.... Akhirnya kepincut CX-5 ye oom?
ZombiEE wrote:D'ooohhhh....gagal pertamax lagi..
Aihh.. :cupss:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by ZombiEE »

AD74YA wrote:
toonafish wrote:Nice review bos. :e-clap: Review kayak gini ini mantap banget, very helpful. Tapi saya sebagai newbie seakan-akan menangkap kesan bahwa reviewer rada bias against CRV. Entah apakah itu karena ekspektasi yang tinggi terhadap CRV atau mungkin karena faktor lainnya, tapi tetap tidak mengubah fakta bahwa ini review yang patut diacungi jempol. :frm_tumbright: :frm_tumbleft: Just my 2 cents.
Terima kasih.. Saya sudah berusaha se-objective mungkin membahas mobil ini.. Kemungkinan besar karena harga retail nya yang terlalu tinggi sehingga saya harus mengkritik banyak hal dari mobil ini.
ketela wrote:Salam kenal Kang Adjaya.
Saya agak kaget saat Akang bahas ground clearance all new crv ini bahkan lebih rendah lagi dari sebelumnya.
Berapa ground clearance all new crv ini Kang..? hanya 16 cm mungkin yaa..? (hampir sama dengan mobil camry kami saat ini..?)
Kebetulan saya bekerja di area industri pulo gadung yang jalannya menyedihkan (speed bump kelas truk, jalan bolong-bolong),
jadi ingin memiliki mobil yang lebih memberi peace of mind saat dikendarai di medan kawasan industri ini.

(note: kemarin kami coba pajero dakkar, tapi kepala saya dan istri mentok cekungan simpan sunroofnya, saya 180cm, istri 172cm, dengan 2 anak 8 dan 3 tahun, saya bukan ahli mobil, tapi menikmati sekali mengendara)

Apakah all new crv ini cocok untuk tujuan saya Kang..?

Terima kasih sekali...
Betul GC nya hanya sekitar 16 cm, dan memang mirip dengan sedan, tapi ane rasa kalau yang ditanya bumper mentok atau tidak untuk ukuran pulo gadung ane rasa masih cukup-cukup saja. Ground Clearance tidak sama dengan jarak tinggi body loh oom..

Kalau misalkan Pajero Sport terlalu landai atapnya, bisa juga coba Fortuner VNT. 2 mobil ini lebih aman untuk area industri, karena menggunakan ladder frame.
hbobo wrote:mantap bro reviewnya. memang kalo soal handling saya juga berasa sih kurang enak.

cmiiw, imo terlepas dari resale value nya yah bro ad74ya, memang fitur sih kalah dibandingkan dengan cx5. cuma saya sebelom milih crv juga sempat dilema mau pilih crv atau cx5. sampai akhirnya memutuskan ambil crv. saya agak kurang suka baris kedua cx5 yang menurut ane terlalu sempit dan agak tegak, masih lebih nyaman duduk di baris kedua nya crv. hal ini menurut ane cukup vital dibandingkan dengan HID, auto lamp, afs, rain sensing, sensor jarak maupun airbag curtain. kalo menurut saya HID, bisa pasang after market, auto lamp menurut saya tidak terlalu sulit buat menyalakan lampu kalo memang gelap, rain sensing juga sama. untuk sensor jarak dan afs memang cukup efektif. kalo afs memang tidak bisa beli after market, untuk sensor jarak bisa diakalin dengan pasang fitur front camera. yang memang agak kurang hanya afs, yah sebelomnya ane setir tanpa afs juga sudah cukup nyaman. jadi tanpa afs yah bukan masalah besar. cuma ane tiap wiken pasti pergi bareng ortu ane, untuk ini baris kedua kalo sempit yah agak mengganggu sekali, dan ini nga bisa diakalin. kalo soal interior, ini sih soal selera juga. menurut ane cx5 punya interior malah terasa plain banget. di dominasi semua hitam tanpa ada perpaduan warna. tapi yah semua sih tergantung selera. ane memang dari awal dilema sama cx5 dan crv, cuma yah buat ane fitur fitur bisa beli yang after market. hal hal yang krusial dan tidak bisa beli yang after market atau tanpa melakukan modifikasi secara lebih jauh lah yang ane pilih.

tapi memang apa yang bro ad74ya review sih bener, cuma a bit bias aja. since ane juga udah cobain dua dua nya ini mobil, baik dari segi driver maupun dari segi passenger. kesimpulan ane dua duanya punya kelebihan dan kekurangan masing masing, cuma kalo soal mobil cewe sih ane nga setuju ah. hahaha...menurut ane eps nya cukup nyaman kok, yah butuh kebiasaan aja kali yah. tapi sama juga setir mobil masih baru, buat ngepas kiri kanan pasti juga belom baik, tapi semakin sering di kendarain akan lebih comfy kalo lagi ngepas.

once again its only my one cent.
Terimakasih opininya oom... Saya berusaha se objective mungkin.. Bahkan perbandingan saya untuk mengkritik CRV gen 4 di review saya bukan berpatokan ke CX5 kok.. Hehehe... Saya bukan fans berat Mazda, jadi jangan salah sangka ya. Btw, saya juga nggak suka interiornya CX-5... Sudah baca review saya kan?
esh wrote:
toonafish wrote:Nice review bos. :e-clap: Review kayak gini ini mantap banget, very helpful. Tapi saya sebagai newbie seakan-akan menangkap kesan bahwa reviewer rada bias against CRV. Entah apakah itu karena ekspektasi yang tinggi terhadap CRV atau mungkin karena faktor lainnya, tapi tetap tidak mengubah fakta bahwa ini review yang patut diacungi jempol. :frm_tumbright: :frm_tumbleft: Just my 2 cents.
IMO review mod AD74YA cukup obyektif sebagai 'expert' user, yang sudah nggak kemakan strategi marketing gimmick Honda. Harap diingat bahwa mod AD74YA saat menulis review ini adalah pengguna CR-V 2.4 gen 3 dan tentu berharap bahwa gen 4 akan lebih mendapatkan penyempurnaan lebih, dan tentu saja berharap bahwa penyempurnaan yang dilakukan Honda lebih dari kompetitornya.

Ada beberapa hal yang saya lihat membuat mod AD74YA bersikap 'against' CR-V:
- teknologi mesin dan transmisi jadul
- handling (apalagi sebelumnya sudah test drive cx-5)
- kualitas material interior yang masih lebih bagus di gen 3
- desain bagian belakang
- Tonneau cover nggak dikasih alias disuruh beli sendiri (di gen 3 dikasih)

Sekedar share saya sendiri sebelumnya sempat berencana untuk ambil gen 4 ini, namun setelah melihat tampilannya yang cenderung biasa saja dibanding saat melihat tampilan gen 3 pertama kali. Ditambah pengalaman nggak bagus saat pakai gen 3. FYI saya sempat ambil 2 unit gen 3 type 2.4 tahun 2008 warna dark mocca dua2nya. Yang satu sempat ada masalah di kaki2 saat pemakaian 60 ribu km.
nah ini malah master dah nyoba semuanya.... Akhirnya kepincut CX-5 ye oom?
ZombiEE wrote:D'ooohhhh....gagal pertamax lagi..
Aihh.. :cupss:
Uda diambil pun jay oleh oom esh....ehehe
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by AD74YA »

Ckckckck... Gak lapor2 :e-naughty:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by hbobo »

review nya bro adjaya emang mantap dan detail banget. kebetulan ane juga pemakai crv gen3, walo kebanyakan yang pake istri ane sih. kalo soal interior gen3 sama gen4 sih emang musti diakuin gen4 sih kalah, apalagi di bagian door trim nya.
tapi since ane sering pergi bareng ortu, jadi yah ane lebih pilih yang seat baris ke 2 yang more comfy. imo yah setiap mobil pasti ada plus minus nya masing masing dan semuanya itu kembali ke pemakainya lebih pilih yang mana.
kalo ane sendiri sih emang suka yang banyak fitur, tapi emang ane suka sama mobil mobil honda jadi yah review ane a bit bias. ditambah lagi ane suka sama beresnya honda dan ini sih berdasarkan survey jd power yah. honda dan daihatsu diatas average industry. even dalam review ini mazda ada di posisi terbawah, yang seinget ane kayanya dulu hyundai yang paling bawah. h**p://autos.jdpower.com/content/press-release/E2wqwwL/2012-indonesia-sales-satisfaction-index-ssi-study.htm

soal review bro adjaya ini sih menurut ane yah, yah harap dimaklum kalo ane salah, maklum ane masih niubi disini.
reviewnya bagus, detail dan lengkap. cuma hasil reviewnya lebih kearah negatif, maybe buat para crv lover bisa jadi hal yang kurang mengenakkan. walau menurut ane reviewnya sih emang kenyataan. ada beberapa hal yang emang ane kurang setuju sama review nya, salah satunya crv mobil cewe (walo emang kenyatan crv gen3 ane yang pake emang selalu istri ane :mky_01: :mky_01: :mky_01: )

terlepas dari itu ada beberapa hal yang ane mau tambahkan di review bro adjaya cmiiw, bro adjaya hanya menjelaskan perbandingan tenaga crv gen3 dengan crv gen4. menurut ane, crv 2.4 ini lebih bertenaga kalo dibandingin dengan cx5, terutama di jalan tanjakan. kebetulan rute yang ane lewatin banyak tanjakan dan turunan. ane sih berasanya begitu yah. cuma yah bisa di maklumin karena cx5 ini hanya 2000cc.

buat ane pelayanan beres itu sangat penting, walau ane nga bilang beres honda bagus, ane perna dibuat kesel juga sama beres honda, cuma menurut ane beres honda masih cukup ok lah. ane paling males kalo beres nya mobil nga professional dan taunya cuma mau gampang doank.
one small step for a man, a giant leap for mankind
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by AD74YA »

hbobo wrote:review nya bro adjaya emang mantap dan detail banget. kebetulan ane juga pemakai crv gen3, walo kebanyakan yang pake istri ane sih. kalo soal interior gen3 sama gen4 sih emang musti diakuin gen4 sih kalah, apalagi di bagian door trim nya.
tapi since ane sering pergi bareng ortu, jadi yah ane lebih pilih yang seat baris ke 2 yang more comfy. imo yah setiap mobil pasti ada plus minus nya masing masing dan semuanya itu kembali ke pemakainya lebih pilih yang mana.
kalo ane sendiri sih emang suka yang banyak fitur, tapi emang ane suka sama mobil mobil honda jadi yah review ane a bit bias. ditambah lagi ane suka sama beresnya honda dan ini sih berdasarkan survey jd power yah. honda dan daihatsu diatas average industry. even dalam review ini mazda ada di posisi terbawah, yang seinget ane kayanya dulu hyundai yang paling bawah. h**p://autos.jdpower.com/content/press-release/E2wqwwL/2012-indonesia-sales-satisfaction-index-ssi-study.htm

soal review bro adjaya ini sih menurut ane yah, yah harap dimaklum kalo ane salah, maklum ane masih niubi disini.
reviewnya bagus, detail dan lengkap. cuma hasil reviewnya lebih kearah negatif, maybe buat para crv lover bisa jadi hal yang kurang mengenakkan. walau menurut ane reviewnya sih emang kenyataan. ada beberapa hal yang emang ane kurang setuju sama review nya, salah satunya crv mobil cewe (walo emang kenyatan crv gen3 ane yang pake emang selalu istri ane :mky_01: :mky_01: :mky_01: )

terlepas dari itu ada beberapa hal yang ane mau tambahkan di review bro adjaya cmiiw, bro adjaya hanya menjelaskan perbandingan tenaga crv gen3 dengan crv gen4. menurut ane, crv 2.4 ini lebih bertenaga kalo dibandingin dengan cx5, terutama di jalan tanjakan. kebetulan rute yang ane lewatin banyak tanjakan dan turunan. ane sih berasanya begitu yah. cuma yah bisa di maklumin karena cx5 ini hanya 2000cc.

buat ane pelayanan beres itu sangat penting, walau ane nga bilang beres honda bagus, ane perna dibuat kesel juga sama beres honda, cuma menurut ane beres honda masih cukup ok lah. ane paling males kalo beres nya mobil nga professional dan taunya cuma mau gampang doank.
Tentunya saya membuat review tanpa memikirkan bagaimana perasaan Honda Lovers.. Tapi saya berusaha untuk menggunakan bahasa yang berada di dalam koridor dan tidak menyinggung.

Mengenai CX5 dan Honda CRV 2.4 ini saya juga menggunakan rute tanjakan yang sangat curam di Bandung. Nama areanya adalah Hegarsari, disana tanjakannya sangat terjal. CRV ane perhatikan puncak akselerasinya (torsi) ada di rentang 4500-5000 RPM, sedangkan Mazda CX-5 berada di 3500-4000. Dua-duanya sama-sama capable, sama-sama meraung ketika naik dengan kecepatan rendah. So.... :e-think:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by esh »

AD74YA wrote:Ckckckck... Gak lapor2 :e-naughty:
Ampun master, habis master AD74YA sudah out of my reach sejak hengkang dari blackberry.
hbobo wrote:review nya bro adjaya emang mantap dan detail banget. kebetulan ane juga pemakai crv gen3, walo kebanyakan yang pake istri ane sih. kalo soal interior gen3 sama gen4 sih emang musti diakuin gen4 sih kalah, apalagi di bagian door trim nya.
tapi since ane sering pergi bareng ortu, jadi yah ane lebih pilih yang seat baris ke 2 yang more comfy. imo yah setiap mobil pasti ada plus minus nya masing masing dan semuanya itu kembali ke pemakainya lebih pilih yang mana.
kalo ane sendiri sih emang suka yang banyak fitur, tapi emang ane suka sama mobil mobil honda jadi yah review ane a bit bias. ditambah lagi ane suka sama beresnya honda dan ini sih berdasarkan survey jd power yah. honda dan daihatsu diatas average industry. even dalam review ini mazda ada di posisi terbawah, yang seinget ane kayanya dulu hyundai yang paling bawah. h**p://autos.jdpower.com/content/press-release/E2wqwwL/2012-indonesia-sales-satisfaction-index-ssi-study.htm

soal review bro adjaya ini sih menurut ane yah, yah harap dimaklum kalo ane salah, maklum ane masih niubi disini.
reviewnya bagus, detail dan lengkap. cuma hasil reviewnya lebih kearah negatif, maybe buat para crv lover bisa jadi hal yang kurang mengenakkan. walau menurut ane reviewnya sih emang kenyataan. ada beberapa hal yang emang ane kurang setuju sama review nya, salah satunya crv mobil cewe (walo emang kenyatan crv gen3 ane yang pake emang selalu istri ane :mky_01: :mky_01: :mky_01: )

terlepas dari itu ada beberapa hal yang ane mau tambahkan di review bro adjaya cmiiw, bro adjaya hanya menjelaskan perbandingan tenaga crv gen3 dengan crv gen4. menurut ane, crv 2.4 ini lebih bertenaga kalo dibandingin dengan cx5, terutama di jalan tanjakan. kebetulan rute yang ane lewatin banyak tanjakan dan turunan. ane sih berasanya begitu yah. cuma yah bisa di maklumin karena cx5 ini hanya 2000cc.

buat ane pelayanan beres itu sangat penting, walau ane nga bilang beres honda bagus, ane perna dibuat kesel juga sama beres honda, cuma menurut ane beres honda masih cukup ok lah. ane paling males kalo beres nya mobil nga professional dan taunya cuma mau gampang doank.
Setuju oom. Tapi harap diingat bahwa mod AD74YA tidak memihak merk lain juga. Sama halnya dengan saya, kebetulan sudah terbiasa dengan mobil IU jadi nggak ambil pusing dengan hasil review JD power. Di sini saya melihat lebih ke mobilnya secara product dan price, nggak mau terpengaruh oleh promotion (and place) dan juga faktor dukungan jaringan service yang hebat (yang penting ada dan memadai).
MazNisHo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Fri Oct 19, 2012 3:07

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by MazNisHo »

Nice review om...
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by hbobo »

yup yup...saya udah banyak baca sekali review review bro adjaya, saya juga sebenernya nga gitu fanatik sama satu merek, cuma dari pengalaman yang sudah sudah yah memang ane agak lebih berat ke honda, makanya review ane bisa jadi bias. cuma overall ane paling takut beli mobil yang beresnya gajebo, apalagi kalo udah baca di forum forum dan banyak yang complain soal beres merek tertentu, biasanya kalo udah begitu, seberapa pun sukanya ane sama mobil itu pasti nga akan ane beli. kapoknya amit amit deh kalo musti berhubungan sama beres amatir.

udah saya tunggu tunggu review crv 2012 nya. akhirnya keluar juga. cuma masih penasaran aja, kalo diliat yah, dan saya udah coba ukur, maklum ukur sendiri ground clearance, kayanya sama aja deh ground clearance nya sama gen 3. sekitar 185mm.

kalo baca spec yang di amrik mereka yang 2wd itu 170mm, tapi velgnya 17. di indo kan velg 18". tapi jujur nga ngerti juga sih, cuma kalo ane liat sih kayanya gc nya gen3 dan gen 4 sama aja. kalo sampe 16cm sih kayanya kaga deh.
gile kalo gc cuma 16cm mah nga beda sama jazz donk. hahaha...

buat bro adjaya dan bro esh kan lebih expert, dibantu donk sama gc nya crv gen 4. hehehe...
one small step for a man, a giant leap for mankind
MazNisHo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Fri Oct 19, 2012 3:07

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by MazNisHo »

Bro AD74Y4, ditunggu review Santa Fe barunya......
Mobil istri ane kayaknya udah waktunya ganti nih tahun depan....CRV G3 2008.
Beberapa kandidat udah TD PS Dakar, OS, CRV G4, Fortie, CX5 senangnya GC yg tinggi.
Tapi sampe sekarang masih jatuh hati ke CX5 kata istri ane bawanya enak kerasa bawa sedan, walaupun bodinya besar kayak crv tapi terasa kecil......
Ane penasaran nih sama santa fe baru kyknya ok juga, walaupun ane ragu2 terhadap produk korea.
Tapi kalo pikir2 mobil baru sampe 5 thn kedepan kayaknya aman2 aja cukup ganti oli (service rutin) dan isi minyak dan yg penting ada Beres nya aja.
Tks
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by esh »

hbobo wrote:yup yup...saya udah banyak baca sekali review review bro adjaya, saya juga sebenernya nga gitu fanatik sama satu merek, cuma dari pengalaman yang sudah sudah yah memang ane agak lebih berat ke honda, makanya review ane bisa jadi bias. cuma overall ane paling takut beli mobil yang beresnya gajebo, apalagi kalo udah baca di forum forum dan banyak yang complain soal beres merek tertentu, biasanya kalo udah begitu, seberapa pun sukanya ane sama mobil itu pasti nga akan ane beli. kapoknya amit amit deh kalo musti berhubungan sama beres amatir.

udah saya tunggu tunggu review crv 2012 nya. akhirnya keluar juga. cuma masih penasaran aja, kalo diliat yah, dan saya udah coba ukur, maklum ukur sendiri ground clearance, kayanya sama aja deh ground clearance nya sama gen 3. sekitar 185mm.

kalo baca spec yang di amrik mereka yang 2wd itu 170mm, tapi velgnya 17. di indo kan velg 18". tapi jujur nga ngerti juga sih, cuma kalo ane liat sih kayanya gc nya gen3 dan gen 4 sama aja. kalo sampe 16cm sih kayanya kaga deh.
gile kalo gc cuma 16cm mah nga beda sama jazz donk. hahaha...

buat bro adjaya dan bro esh kan lebih expert, dibantu donk sama gc nya crv gen 4. hehehe...
Saya coba bantu dari data hasil search karena nggak punya mobilnya.

Dari http://automobiles.honda.com/cr-v/specifications.aspx

diisebutkan bahwa GC = 6.7 inch = 17 cm, dengan kondisi menggunakan ban 17" profil 65, sedangkan di Indo pakai 18" profil 60. Secara diameter luar ban tidak beda secara signifikan. Hal ini serupa kejadiannya saat saya ganti roda CX-5 saya dari 17" profil 65 menjadi 19" profil 55 secara diameter ban tidak beda secara signifikan (bisa dibilang sama diameter luar ban-nya). Kesimpulannya diameter velg lebih besar tapi tebal ban berkurang sehingga diameter luar ban tetap sama.

Menurut perhitungan dari http://www.etyres.co.uk/tyre-size-calculator.htm

Beda diameter luar ban ukuran 225/65/17 dengan 225/60/18 hanya 3 mm.

Jadi tinggal percaya atau tidak terhadap data teknis yang di dapat.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
hbobo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
Location: PIK

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by hbobo »

mantap bro esh, thank you banget atas infonya. nanti ane meningan langsung coba aja deh di jalan. soalnya kadang emang gc itu beda dengan tinggi body seperti bro adjaya bilang, jadi yah meningan langsung coba aja nyangkut apa kaga. hehehe...
one small step for a man, a giant leap for mankind
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by Izark »

ckck gak lapor lapor :e-naughty:
mau nulis apa ya...
gilesaja
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sun Jul 29, 2012 0:25

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by gilesaja »

Mantap reviewnya om :frm_salut:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Honda All-New CRV 2.4 Prestige 2013

Post by AD74YA »

hbobo wrote:yup yup...saya udah banyak baca sekali review review bro adjaya, saya juga sebenernya nga gitu fanatik sama satu merek, cuma dari pengalaman yang sudah sudah yah memang ane agak lebih berat ke honda, makanya review ane bisa jadi bias. cuma overall ane paling takut beli mobil yang beresnya gajebo, apalagi kalo udah baca di forum forum dan banyak yang complain soal beres merek tertentu, biasanya kalo udah begitu, seberapa pun sukanya ane sama mobil itu pasti nga akan ane beli. kapoknya amit amit deh kalo musti berhubungan sama beres amatir.
Saya juga punya banyak pengalaman baik di Honda.. Sampai yang di salah satu bengkel resminya saja sudah dekat dengan hampir setengah karyawannya.. Jadi kalau dateng buat service gak perlu ngantri lagi hehehe..

Masalahnya di review kan bagian teknis.. Bukan bagian aftersales. Saya pun mengamini atersales service nya merupakan salah satu yang terbaik, tapi saya ganti bahasanya dengan reliability agar satu bahasan dengan bagian teknis. Sudah saya sebutkan di review sebagai bullet-proof car.

Tapi secara Teknis, harus diakui CRV gen 4 mobil yang sangat mainstream, kalau bisa dibilang, paling tidak menonjol diantara rivalnya yang lain. Sekarang tergantung pembelinya, menilai produk-produk di kelas ini bagaimana. Kalau istilah Honda "kami menghargai investasi anda dengan inovasi", harus diakui kata-kata "inovasi" ini sangat tidak menonjolkan CRV gen 4.. Kalai dibilangnya "kami menghargai investasi anda dengan progress" nah baru bener.

Sebenernya slogan Honda tentang inovasi itulah yang seharusnya dicari sewaktu beli mobil baru.. Mobil itu bukan "investasi" dalam artian mobil akan selalu ter-depresiasi.. Maka idealnya, ketika beli mobil, disesuaikan apa yang didapat secara teknis dengan uang yang kita keluarkan. Aftersales dan lain-lain keluar belakangan.

Perumpamaannya adalah beli teh botol Sosro dengan S-Tee. Dengan harga sama-sama 3000 rupiah, dapet teh Botol 250 ml atau S-Tee 350 ml? Ya terserah.. Kembali lagi ke hati.. Mau yang sudah diakui orang banyak, atau mau coba merk baru yang kita tau punya konten lebih banyak, lebih enak untuk menghilangkan dahaga. Secara sisi halusnya seperti itu, tapi dari sisi kasarnya S-Tee lebih menghargai "investasi" kita dengan "inovasi" yaitu memberikan isi yang jauh lebih banyak dari Sosro.

*Disc: Bukan sales S-Tee...

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:

NB: mengenai aftersales, saya percaya bahwa baik atau tidaknya service yang kita dapatkan tergantung seberapa besar edukasi kita tentang mobil. Semakin kita mengerti mobil kita seperti apa, dan semakin kita bisa menjelaskan kepada teknisi service, dan tidak segan supervisi ketika service, maka hasil yang didapatkan akan sama saja. Saya selalu memperlakukan hal yang sama setiap kali service, baik itu di merk Honda, maupun Mazda maupun yang lain. Karena saya ada beberapa pengalaman gak enak di Honda, contohnya sudah beli oli sendiri dan minta diganti di beres saat service rutin, eh pas diambil ternyata oli saya masih utuh dan diisi pakai oli Honda Genuine.. Lalu waktu mau reset ECU, saya lebih tau lokasi ECU di mobil daripada teknisi yang melayani saya, akhirnya saya minta ganti teknisi yang lebih ahli.

Ini membuktikan kalau teknisi Indonesia, mau dari merk apapun, pelatihan yang didapatkan sangat minim, dan mereka sebagian besar pengetahuannya dengan cara belajar sambil bekerja.. Dan saya paling anti mobil saya dipakai buat belajar sama montir-montir...
Kesimpulan saya, baik tidaknya service yang kita dapatkan, tergantung kita sebagai pelanggan.

:thanks:
Izark wrote:ckck gak lapor lapor :e-naughty:
Ente pas hari H ninggalin awak lunch ke Siete.... Sial bener.. Ya udah, karena kesel, telpon Honda, minta Prestige.... Wkwkwkwk

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...