Ya kalo teori yg make sense aja (mungkin udah bisa dibilang Fakta bahwa untuk mobil dengan bentuk dan berat yg hampir sama, body on frame tidak selincah (handling) rivalnya yg berkonstruksi unibody/monokok, tapi lebih kuat dalam hal ngangkut beban berat/towing) gak dipercaya, susah juga diskusinya.roadtrain99 wrote:wah, ternyata memang bp ini penuh teori. Lalu utk apa? ga terlalu guna jg sy semua teori itu di realita.FortunerMan wrote:Nih pelajaran gratis http://en.wikipedia.org/wiki/Body-on-frame Itu baru Wiki lho...boleh cari sendiri info lainnya. Belajar dikit mas, jangan berkoar dulu...roadtrain99 wrote:tikungan panjang bisa, tp klo tajam jgnkan X5 sedan jg bisa tebalik2 hahaha, anda bilang kan mobil ladder frame tidak gesit, krn sy jg buktiin berzigzag ternyata cukup gesit bukan sekedar ngecap teori/review majalah atau org. Pernahkah anda liat LC meliuk2 sbg pengawalan di jkt yg super macet? Anda bilang kan suv utk kerja berat, memang betul tp kenyataan penggunaan real kebanyakkan berseliweran di tol, mall, perkantoran. Suv lux nyemplung lumpur, jarang sekali.
Advantages and disadvantages compared to unibody
Advantages
* Easier to design, build and modify
* More suited for heavy duty usage and can be more durable.
* Easier to repair after accidents.
* Overall better ride quality for SUVs.
Disadvantages
* Heavier than unibody - lower performance and/or higher fuel consumption.
* Center of gravity is usually higher - compromising stability and handling.
* Less resistant to torsion (flexing of the whole car in corners) - compromising handling and road grip.
* No crumple zone - higher rate of death and serious injury.
* Higher production costs.
Karena biasanya pendapat pribadi (dari hasil denger2, coba sendiri, dll) hanya berlaku di topik yg sifatnya kualitatif spt "fun to drive", "design", dll
Misalnya: Kalo ada yg bilang design captiva lebih jelek dari kompetitornya, saya bisa setuju, bisa juga tidak......tergantung dari persepsi pribadi saya thd captiva dan merek lain tsb. Tapi kalo GM udah bilang powernya captiva 150hp, abis itu saya juga masih gak percaya, ya susah dong.
Teori pasti berimbas di realita karena mobil2 tsb dibangun dengan teori2 tsb. Engineers2 pabrikan mobil pasti mengerti teori2 derivativ lain yg pasti ujung2nya ke teori kesimpulan di atas.
Misal teori kalo mobil semakin berat, ya handling di steering semakin kurang, Ada teori lain lagi bahwa kalo mobil dikasi besi melintang sbg dasar sebuah mobil pasti lebih berat dari pada mobil dengan struktur monokok/unibody yg spt box/telur. Nah akumulasi dari teori2 ini lah yg mengasilkan teori kesimpulan di wikipedia tsb
Tapi memang bukan berarti mobil yg "body on frame" gak bisa lincah meliuk2.....tapi ini masuk lagi wilayah subjektif karena lincah buat satu orang bisa beda dengan lincah buat orang lain.
Jadi kesimpulannya: ladder frame SUV punya handling bagus (lincah) itu bersifat subjektif dan bisa diperdebatkan, tapi kalo ladder frame SUV kalah lincah dengan unibody SUV, itu bisa disebut teori yg masuk akal/fakta yg bisa dipercaya kebenarannya.