(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by andra »

imsus2c wrote:absen dulu....

baru sore ini bisa OL...

omong-omong masalah rem, kemarin iseng-iseng bongkar roda, niatnya mau bersihin roda/suspensi dan rem setelah beberapa hari nekat terjang banjir. Rem depan masih bagus, tapi rem belakang kampasnya sudah hampir almarhum... Perkiraan paling lama tahan 4-5 bulan lagi.

Tolong sharingnya dari para santiers, berapa kira2 kisaran harga kampas rem belakang (ori) buat santi ini ya?
Hanya Info Bro Imsus2c,
Utk kanvas remkomplit depan belakang buatan Korea kira2 Rp. 800.000an, kl lokal Rp. 400.000 an belum termasuk ongkos pasang. (harga di BERES). Bulan kemarin (Februari) baru abis ganti kanvas depan belakang. Waktu dikasih tau ama SA nya BERES mereka nanya mau pilih yg mana? aku jawab aja pilih yg lokal aja, secara pada saat bersamaan service rutin (Rp. 1 jutaan) + utk kaki2 kena ampir 4 Jutaan, aku lupa persis apa aja yg diganti waktu itu, nanti tak carrin bonnya lengkap dengan harganya.
Ternyata Kanvas rem lokal lebih empuk, jadi pas ngerem lebih cepat dapetnya, gak kayak korea punya agak keras kalo ngerem, jadi aku lebih suka pakai lokal aja secara harganya lebih murah.

Bro Imsus2c, kalo utk harga pastinya mending telpon aja BERES nya biar ada estimasi harga.
Image
Fly Like a Bird
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

ok, thanks pak...

btw, dulu waktu ganti yg buat rem depan (disc), saya juga pake yg non ori (lokal kali ya? tapi di kardusnya kenapa ada tulisan "made in korea"? :mrgreen: ), emang saat kering, pengereman empuk dan lebih menggigit...

tapi pengalaman kemarin beberapa kali terjang banjir, kampas yg lokal ini setelah beberapa kali terjang air ternyata mudah "membatu" alias mengeras. Akibatnya ya licin....pengeremannya kurang sip. akhirnya kemarin dibongkar, dibersihin dan permukaan kampasnya diamplas dikit menghilangkan kerak-kerak yg membatu. Sekarang sudah OK. Hasil lain dari bongkar2 kemarin, ketahuan deh, kampas yg belakang sudah menipis....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

hee ehhh betul juga tuh ane juga mo rencana lihat kampas remnya
tks deh klo ada info segitu sambil nunggu budget juga

wah lama banget yaaaa nunggu cabut dok di polda Metro JKT udah ampir 3 minggu neh, emang infonya seh sekitar 1 bulan diurus mereka secara kolektif katanya, sekalian nulisin di BPKB
jadi ntar mesti bayar fiskal balik nama, trus bayar pajaknya baru di lokasi baru, jadi deh punya mobil antas nama sendiri haaaa.... tapi jadi nomer daerah, gak apalah biar bantu pemda dapetin PAD

sodaraku lumpur lapindo masigh sering demo yaaa, apa bro imsus sering kejebak macet demo mereka?
jalan mojosari japanan sudah mulus banget yaaa skarang dan lebar lagi dibiayaai ama si lapindo
jadi mak seeeerrr tapi masih banyak tuh yg nyebrang smbanrangan
:big_peace:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

iya pak, kalo "cabut bendel/berkas" emang agak lama getoh....

kalo demo sampe nutup jalan, ya akhir2 ini sudah agak kurang kok...
mojosari-japanan emang jalan sudah sippp....kayak jalan tol aja... bahkan jalur alternatifnya (krian, krembung, tulangan, sidoarjo dll) juga sudah dan sedang dilebatkan...pokoknya sip.

tapi ya itu....mental pemakainya masih memprihatinkan. Secara mereka sebelumnya hanya "orang desa/kampung" (maaf, no offense, susah cari kata2 buat ngejelasinnya sih :frm_salut: ) yang biasa lewat di jalan setapak, tegalan, pematang sawah, kebun, dsb...jadi cara mereka menggunakan jalan besar nan mulus ini masih seperi kalo mereka lewat di pematang sawah.

yang namanya marka jalan, rambu2, lampu traffic lights seolah ga ada artinya, lha wong mereka memang ga terbiasa kok.... :mrgreen:

yg saya agak prihatin, di sini sudah mulai banyak kelompok pak ogah (polisi cepek), ato bahasa resmi ala jawa timur: Supeltas (lupa kepanjangannya apa....)

setiap persimpangan jalan besar atau putaran, mereka yg atur buka tutup jalan, trus minta duit. Memang gak maksa sih (ala kadarnya) tetapi ya lumayan ribettt.... Mereka ini kan setengah resmi, diberi seragam sama kepolisian.

yg bikin jengkel, ada simpangan yg sudah ada traffic lightsnya, sama mereka, lampu ini di"rusak" alias dimatikan, supaya mereka bisa "berkarya" disitu. kalo ada traffic lightsnya kan jadi nganggur dong?

contoh yang nyata ya di pertigaan japanan (dekat rumahnya mbak Inul), disitu lampu traffic lightsnya dimatikan paksa sama mereka...

yg sering bikin emosi ya yang pas depan pasar porong....ada 4-5 kelompok supeltas, dan jaraknya hanya 200an meter per kelompok. Mereka bikin kelompok U-turn disitu.... padahal kebayang kalo jalan porong lagi macet....wah....stressssssss..............
dulu jalan itu dibagi 2 arah permanen dengan cara pasang paving/trotoar sebagai pembatas jalan, jadi masing2 jalur searah. Cuma disisakan 1 U-turn dan 1 pertigaan,....eh....sama mereka, trotoar ini langsung dibongkar paksa seenaknya, trus dijadikan u-turn...



waahhhh...............jadi curhat dan OOT nih....maaf....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by andra »

Emang sih, banyak sekali orang yg gak bisa menghargai apa yg udah dibuat/dibikin ama pemerintah, gak menghargai dalam artian gak bisa mentaati peraturan, baik itu rambu2 atau aturan2 yg telah dibuat. Maunya seenaknya sendiri, dan gak ada kapoknya. Contoh, ada rambu gak boleh putar balik, eh malah dibikin jadi tempat utrun, mungkin selama ini aman2 aja gak ada kecelekaan, pas kejadian mereka nyesalnya setengah mati. Di Indonesia ini emang aneh, yang ngelakuin kesalahan lebih sangar daripada yg yg gak salah. Nerobos lampu merah apir keserempet malah galakkan yang nerobosnya, malah ngajak ribut segala.
Etika & sopan santun dijalan emang udah jauh dari hati nurani.
Image
Fly Like a Bird
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

asalamualikum,
Absen dulu ach....hallo apa khabar santier semua....ada khabar baru apa nech...!! :frm_salut: :frm_salut:
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

wah bro imsus sudah muncul lagi neh dri luar kota
dan bro kuruma juga sdh off dari ketja, tapi kita belum bisa sua sebab blm ada kabar kesiapan mutasi dok dari samsat tangerang
wah pada sehat semua kayaknya neh boilnya :big_peace:

betul di prapatan jaanan dan gempol deket pasar bah muaaaceeeet pisan klo page, bikin gemes emang, betul ane juga pernah lwt tuh deket gang inul, stresss deh klo lewat situ
tapi untung jarang2 sebab juga jarang pulang kampung pake boil haaaaa.....
gimana bro imsus khan bojonegoro banjir tuh apa kena pas pulang ke smg? piatin toh lihat mereka kebanjiran tiap tahun
ridhaflesmana
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Mar 18, 2009 6:12

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by ridhaflesmana »

Bro s dan Santiers...

Salam kenal semuanya..Saya Ridha,domisili Tanah Abang, Jakarta. Member baru disini. Dari kemarin saya nyari thread mengenai Santa Fe dan baru ketemu di Seraya Motor ini.

Saya baru beli Santa Fe 2002 bulan Februari kemaren, warna coklat metalik, nopol B, pas beli Km 61 ribuan, body lumayan mulus,interior dan eksterior masih orisinil semua + roof rack. Trus terang saya beli mobil ini "ga sengaja" . Tadinya mao beli Trajet ato carnival, ehhh muter sana sini ga ada yang pas, akhirnya liat Santa Fe di internet dan langsung jatuh hati...harganya 77,5 jt (incl.dibayarin pajak tahun 2009).

Baru beli, langsung ganti oli pake castrol magnatec dan dicek sama Montir langganan di bengkel umum, katanya sih kondisi mesin baek2 saja. Saya blom sempet cek ke bengkel resmi Hyundai, karena kesibukan di kantor.

Terus terang saya ga ngerti mesin, dan saya sangat terbantu sekali dengan ulasan dan penjelasan dari Bro s semua disini, terutama Bro Imsus...Rruuaarrr biasa ulasannya. Kalo boleh minta saran, kalo ke bengkel, apa saja yang urgent untuk dicek ya??mohon inputan...

Sejauh ini sih ga ada keluhan yang berarti, cuman ada suara "gluduk2' aja di ban kiri kalo lewatin polisi tidur (apa ya kemungkinan masalahnya??). Bunyi juga lumayan garing, seperti ulasannya Bro Imsus pada posting lalu...Kalo tarikan sih Oke banget, tapi agak nglitik mesinnya kalo gear 2 ato 3, apa karena pake premium??

Sekali lagi salam kenal semuanya...udah siap nih jadi Santi Addicted seperti Bro s semua disini :frm_tumbright:
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by andra »

Welcome to Santi world Bro Ridha, senang neh nambah anggota satu lagi.
To the point : yang urgent untuk dicek adalah Timing beltnya, kl timing beltnya biasanya penggantian tiap 38.500 KM kl gak salah. Coba periksa aja dulu apa timing beltnya masih bagus/ apa udah pernah ganti. Kl masalah suara "gluduk2' aja di ban kiri kalo lewatin polisi tidurkemungkinan Tie road (kl gak salah tulis) & Bushing arm nya yg udah aus. ada bantalan karet dibawah mesinnya yg aus.
Rata2 utk biaya pemasangan sparepartnya antara 350-400 ribu. Sedangkan utk s.partnya mending telp aja ke BERES.
l utk masalah mesin gelitik yah itu udah penyakitnya kalo dikasih premium, tapi kl dikasih pertamax gak akan ngegelitik.
Mungkin rekan2 Santiers lain bisa menambahkan masukkan dari saya?
Image
Fly Like a Bird
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

Dear bro Santiers...

Maaf bru OL lg neh...pa kabar semuanya. Semoga baik2 aja yach.

Setelah kejadian di cium ama busway si santi sudah banyak mengalami perubahan. Seluruh bodi di re-painting (abis tanggung sih). Pintu kiri depan & belakang dapat yang baru Plus lampu head yg baru jg.

2 minggu lalu bagian mesin mendapat penyegaran jg. Mengikuti jejak Sang Manster bro Imsus akhirnya si santi ta PNP alias porting & polish + triangel valve + ganti packing head + papas head 0,7 mm + service injector .Sekalian di kerjain jg ganti timing belt, ganti kabel busi + Coil, ganti seluruh belt, ganti air radiator, ganti tutup radiator, service seluruh rem ( 4 ban ).

Setelah head di buka ternyata kerak sdh lumayan banyak tp seluruh klep msh dalam keadaan baik. Setelah berkonsultasi dgn bengkel di putuskan untuk slyp head 0,7 mm sehingga kompresi naik ( kl ga salah kompresi naik dari 10:1 menjadi 10,7 :1)

Setalah 6 hari santi kelar lalu di tes drive ama orang bengkel katanya torsi kegedean secara ban sering spin, tp emang itu sih yg sy cari :mrgreen: ..mau naikkin torsi sebesar2nya spy enak wkt stop & go. Wkt sy tes memang kenaikkan tenaga & torsi “lumayan” mungkin 10-15%. Menurut mekanik Unichip hrs di re-tuning supaya lebih enak lg. Ada rencana mo ganti knalpot dulu baru re-tune unichip, jd tuning-nya di tunda dulu deh drpd re-tune 2 x krn ongkosnya lumayan jg sekali tuning sekitar 850.000-an.

Ada sedikit ganjalan yg sy ingin tanyakan kpd bro santiers sekalian. Pd wkt mesin idle di rpm 750-an, idle-nya tidak rata alias seperti ada gejala sedikit pincang tp tidak sampai bergetar kasar. Seperti agak tersendat (kadang2) mau mati, tp pincangnya halus sekali kl tidak benar2 di rasakan sulit terdeteksi. Mekanik cek angin (asap) yg keluar dr knalpot keluarannya rata & sy jg cek benar rata tidak ada sendalan atau hentakan angin yg tidak rata. Setelan CO jg sdh di setting ulang di Beres…jd bingung neh. Menurut mekanik ada baiknya Unichip di re-tuning krn ada kemungkinan ECU “masih bingung” membaca perubahan yg terjadi setelah proses overhaul ini.

Untuk FC ada peningkatan secara tidak diperlukan injakan gas yg dalam untuk meluncurkan si santi ini. Rasanya ada seperti sensasi yg berbeda krn untuk mencapai 3000 rpm injakan pedal gas sedikit sekali, kadang kaki pegal jg nahan injakan pedal gas krn pedal gas jd sgt berisi. Dalam kota (Jakarta lho :e-wall: ) dapat kira2 1:7-8 (shell super) sebelumnya main di angka 1:6-an, luar kota blom coba. Coba masuk gigi 1 dr posisi berhenti tanpa injak gas ternyata bs jalan jg si santi ini tanpa gejala ngeden yg berarti. Overall cukup puas dengan performa pasca PNP ini. Hanya gejala “pincang halus” ini yang masih menjadi tanda tanya…apakah termasuk normal atau tidak normal.?

Injakan pedal kopling kl di pagi hari waktu mau jalan ringan & tidak seret tp setelah berjalan lama dan macet injakan pedal menjadi seret, kira2 kenapa ya bro? Menurut Beres Master koplingnya harus diganti karena karetnya sdh getas, memang sih master kopling ini belum pernah ada penggantian. Gimana bro2 sekalian apakah ada pengalaman yg sama? Minta pendapat bro2 Santiers sekalian. Thanks bro sebelumnya.
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

Wah3x...bukan main nich....!! setelah lama ga muncul ternyata ada banyak perkembangan ada Bro Ridha yang baru gabung dgn santinya yang baru 65k km dan ada Bro Benz yang sdh mengupgrade performance santinnya dgn PNP.....selamat Bro semua.

Buat Bro Ridha selamat datang....sekedar tambahan dari Bro Andra oli powersteering & oli rem juga mendingan segera diganti....biar tambah maknyus....kalo soal ngelitik digigi 2 & 3 saya juga merasakan saat di melintas dipolisi tidur....dengan asupan bbm bersubsidi tapi kalo non subsidi memang ngak terasa ngelitiknya.....!!
Oh ya...ntu boil khan tahun 2002 saran saya mendingan dilakukan injector cleaning dan setelah itu baru adjust AFR ...dari situ akan terasa tarikan awal dari santi dan FCnya juga akan diperoleh nilai yang optimum...ujung2nya lebih irit lah.

Buat Bro Benz....coba dipastikan sekali lagi sistem pengapiannnya...terutama pada coilnya...mungkin ada isolasi cabel yg terluka sehingga memberikan tegangan yang kurang optimum...masalah lain bisa juga ISC ( Idle speed control ) yg perlu ditelisik apakah kotor sehingga tidak bekerja secara optimum....tapi untuk pastinya mendingan mampir ke beres untuk discan permasalahan yang ada...disana akan terlihat semua permasalahan yang ada.

BTW, tanggal 21 maret ini ada Bazaar test drive i10 di HMI Cilandak dan Pondok Indah..ada sounding dari Bro Andra untuk meluncur kesana....kalo saya kebetulan ga bisa hadir karena ada hajatan keluarga.
satu lagi kita sdh ada media SOCI di FB kalo mo joint silahkan ......atau ada usulan lain mengenai wadah pengguna santi....monggo....ditunggu masukannya.....!!
Yang penting kita bisa berbagi pengalaman dgn santi yang kita punya....salam santi salam kompak selalu......!!!
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by andra »

Waduh-waduh, Santinya Bro Benzs makin gagah aja neh, jadi iri :big_slap: Ngomong2 berapa total recehan yang diambil dari celengannya?

Bro benz, mungkin utk mesin idle di rpm 750-an, idle-nya tidak rata alias seperti ada gejala sedikit pincang apa udah coba cek belalai gajahnya belum? ato coba bongkar dulu deh karna saya punya pengalaman yg sama, rpm gak stabil kadang malah lebih dari 1000, tapi malah emang bisa 750 tpm, awalnya ama mekanik beres udah dicek yang lain2 tapi gak ada maslah, pas cek belalai gajahnya ternyata ada sobek dikit, ama mekaniknya hanya ditambal dikit kalo gak salah ama lakban hitam anti panas biasa aja. Utk info harga belalai ga salah di Beres Rp. 800 ribuan.

Kl utk Master kanvas kopling emang seh Santa fe agak boros dibandingin mobil lain, kalo gak salah dibawah 50.000 Km harus diganti, tapi selain itu tergantung kitanya make koplingnya gimana fulu, kl sering gantung yah pastilah makin cepat ausnya. Informasi aja harga total master Kanvas kopling di Beres kira2 2,6 termasuk ongkos pasang, Lama pengerjaan setengah hari, disarankan kl ke Beres mending pagi2 dan pada hari kerja, karna biasanya kal weekend pasti rame. Mendingan kl pasang kanvas kopling di Beres aja karna ada garansi 1tahun.

Apa ada yg berminat mini kopdar tanggal 21 maret ini ada Bazaar test drive i10 di HMI Cilandak dan Pondok Indah.? terutama buat penatang baru nih Bro Ridha.
Image
Fly Like a Bird
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by benzz89 »

Thanks untuk saran bro andra & bro Kuruma, rencana besok si santi akan ganti master kopling karena rasanya sudah tidak enak sekali kalo nginjek kopling. Harga master kopling di Beres Pluit Rp 799.000 + ongkos pasang Rp 100.000 jd kira2 900 rb-an bro. Mungkin maksud bro Andra adalah Master kopling + dekrup + matahari-nya kali ya? total 2,6 jt. Lama pengerjaan ganti masternya saja katanya hanya 2 jam-an bro.

Memang betul Bro Andra, belalai gajah (saluran intake air filter) santi-ku memang sudah robek plastik luar-nya, tp kemarin ta tanya ke mekanik Beres katanya tidak akan ada efek samping apa2 tuch...kalo gitu besok sekalian suruh di seal aja dech & liat efek-nya. Bro Kuruma thanks jg utk sarannya besok jg sekalian suruh cek ISC-nya. Ane ada curiga jg ada yg kurang siip di pengapiannya nih..tp sejak ganti coil+kabel busi tiap kali start mesin langsung hidup tdk seperti sebelumnya yg agak lama start-nya baru mesin hidup. Biaya jajan si santi kali ini sdh mendekati angka 10 bro.

Oh yach minta pendapat bro2 sekalian nih, rencana mo up-grade knalpot si santi spy bs lebih mendongkrak tenaga & torsi-nya (lagi) + spy bs lebih (lagi) menghemat BBM :e-pray: . Ganti header & muffler-nya... cuma masih ta pikirin dulu, denger2 biaya ganti satu set kira-kira 2,5-an bro setelah itu baru retune piggy, setelah itu istirahat dulu bro cape... :sleeping:
ridhaflesmana
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Mar 18, 2009 6:12

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by ridhaflesmana »

Terima kasih atas info dan masukan dari Bro Andra dan Bro Kuruma, sangat berguna nih buat newbie seperti saya. Oya, sesuai pengalaman Bro s semua disini, BeRes di Jakarta yang recommended dari segi pelayanan dan kelengkapan sparepartnya ada dimana, ya??

Bro Andra, saya sih pengen juga dateng ke acara tgl 21 maret ini, tapi mungkin mampir aja sebentar, secara kebetulan ada acara keluarga siangnya. Oya, kalo jadi,mini kopdarnya rencana jam berapa ya??
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

wilujeng sumping ke bro Ridha di SOCI

wah slamat semuanya setelah lama gak ada report sati nya skarang brudul semua
sueeeneengggg bangat deh
ayo kita isi lagi thraed ini
rencana kopdar kayaknya minggu ini banyak yang gak bisa datang, sebaiknya kita atur lagi aja waktunya biar agak banyakan yg bisa hadir
slamat deh pada yg meningkatkan performance mobilnya, ane puasa dolo sebab lagi balik nama dan mutasi daerah
santiku agak kurang enak skarang, sering tersendat klo pas gigi 1 dan macet mobil batuk2 dan sendat2 gitu
emang trkahir dipriksa coilnya ada yg bocor, sebab pernah ganti 1 coil seharga rp. 925 rb jadi coil yang lama yg bocor makanya tersendat gitu
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by andra »

inoz wrote:wilujeng sumping ke bro Ridha di SOCI

wah slamat semuanya setelah lama gak ada report sati nya skarang brudul semua
sueeeneengggg bangat deh
ayo kita isi lagi thraed ini
rencana kopdar kayaknya minggu ini banyak yang gak bisa datang, sebaiknya kita atur lagi aja waktunya biar agak banyakan yg bisa hadir
slamat deh pada yg meningkatkan performance mobilnya, ane puasa dolo sebab lagi balik nama dan mutasi daerah
santiku agak kurang enak skarang, sering tersendat klo pas gigi 1 dan macet mobil batuk2 dan sendat2 gitu
emang trkahir dipriksa coilnya ada yg bocor, sebab pernah ganti 1 coil seharga rp. 925 rb jadi coil yang lama yg bocor makanya tersendat gitu
Utk Kopdar terserah rekan2 yg lain, atur aja kapan bisanya.
Untuk rencana yg masih tertunda (pembentukan SOCI, beserta Logo, web & forumnya) saya masih dalam proses utk pembuatan proposalnya, kan gak lucu hanya omong2 aja tanpa saya sertakan dengan proposal, biar lebih afdol & dapat masukkan dari rekan2 sekalian.
Image
Fly Like a Bird
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

setuju bro andra
met berjuang diantos karyamu oleh member of SOCI
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by andra »

Ok deh
Image
Fly Like a Bird
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

ntar kucoba kirim foto jatiluhur yg lainnya, sedang di upload via rapidhshare
:big_peace:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

wah...11 hari ga OL, postnya namabah lumayan banyak nih.... :frm_salut:

selamat datang buat bro ridhaflesmana.... wah, bruntung banget dapat santi 2002 tapi baru jalan 60anK. Angka odo itu kurang dari separuhnya odo santi saya tuh :shrug: , punya saya sudah tembus 140K....pekerja keras.....

Jika pemilik sebelumnya orangnya "care"...seharusnya masa pakai TB (timing belt) sudah 1 siklus, biasanya penggantian pertama di 45K, habis itu berkisar antara 35-40K. Tapi ada baiknya diperiksa.

Sesudah itu, yang tergolong "murah", ya ganti/flush semua cairan di mobil.

Naahh....yg cukup bikin deg2an :e-think:
harap periksa seluruh kelistrikan, sensor2, kabel2 di mesin. Jujur aja, untuk sektor ini, bawaan santi emang termasuk ringkih. Boleh periksa di bengkel resmi atau spesialis (seperti yg oernah saya tulis, kalo mo ke bengkel spesialis, pilih yg spesialis tuning mitsubishi).
Jika mereka punya scanner OBD2, biasanya mereka bisa scan mesin santi ini.

Untuk masalah gluduk2, ada beberapa penyebabnya. Jika getaran terasa di setir, kemungkinan di tie-rod dan karet bushing arm sudah minta ganti seperti yg pak andra tulis.
Kalau tdk terasa disetir, mungkin hanya karet bushing shockbreaker yang sudah getas/pecah, segera ganti aja daripada menjalar kemana-mana.
Jika gluduk2 dan mobil ikut goyang2 kayak kapal, yaa....dengan berat hati dinyatakan shockbreakernya sudah almarhum.

Jika ketiga gejala tadi tidak ada, coba cek bearing roda. Salah satu ciri2 bearing sudah lewat, roda tdk bisa di alignment (spooring) lagi. iseng2 cek keausan kembangannya pak...kalo habisnya ga rata...ya itu juga indikasi kaki2 mulai kena dan atau alignmentnya berubah.

Mumpung lagi acara periksa kolong, sempatkan juga periksa karet boot penutup CV joint as penggerak (mengingat santi ternasuk jenis FWD alias penggerak roda depan), kalau mau berkorban dikit, mendingan karet boot ini diganti dan CV-joint nya di-grease (gemuk) ulang. Mengingat bobot moncong santi, tipe kendaraan (FWD-SUV) dan ukuran roda, as penggerak roda depan ini cukup berat bebannya. Jgn sampe gara2 karet boot sobek, grease/gemuk menghilang dan akhirnya CV joint rontok....kalo dah rontok...jutaan biayanya.
Ciri CV joint rontok, kalo mobil dibelokkin patah di kecepatan rendah (5 kpj), akan terdengar bunyi "krek-krek-krek atau "kletek-kletek-kletek" seperti kayu mau patah/pecah. Itu karena gigi2 di joint sudah ompong jadi saling beradu. Langkah preventif berikutnya, hindari membelokkan roda saat mobil kondisi diam.

Untuk bunyi ngelitik...ya memang itu bawaan santi kalo dikasi BBM oktan rendah. Kompresi mesin bawaan santi cukup tinggi. Dan perbedaan rasio gigi 1 ke gigi diatasnya (2, apalagi 3) cukup besar. Sehingga jika torsi maksimum belum tercapai (di rpm 3500-4000an) blom tercapai dan transmisi kita pindahkan dari gigi 1 ke atasnya, mesin akan menerima beban cukup berat. Dan ini yg tdk bisa ditoleransi jika memakai BBM oktan rendah. Jika memaksa pakai oktan rendah, usahakan tidak menjalankan mobil di gigi 2,3 dst disaat rpm masih dibawah angka 2000 (jalan datar) atau 3000 (jalan menanjak. Tapi ya emang resikonya BBM jadi lumayan boros secara kita main di RPM menengah. Mgkn cara yg cukup "ramah" untuk naikkin oktan, bisa pake 50% premium + 50% perta+. Atau boleh pake ramuan kampungnya pak kuruma (meski jujur saja saya blom pernah coba ramuan ini :mrgreen: )

btw, kalo pertimbangan awal beli trajet/carnival tapi dapetnya santi....jadi egois dong...? :shrug: Mgkn pertimbangan awal, dapat MPV 7-seater plus bagasi, naah ini dapetnya malah SUV 5-seater.... :mrgreen: ...jadi berkurang penumpangnya nih.... :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

hmmm....akhirnya bro benzz ikutan P+P juga nih.... :frm_salut:
semoga puasss.....(seperti saya :mrgreen: )....

Oya bro, naiknya kompresi brarti tuntutan bbm oktan tinggi jadi mutlak tuh...hehehe... dan yang jelas suhu "kerja optimum" mesin jadi lebih tinggi dikit dari kompresi standard. Ada baiknya, periksa/cek ulang cooling system di mesin. Dari radiator, water jacket, kipas2 dsb...
Btw, berapa lama tuh break in periodenya? Saya kemarin 100 KM pertama (pake oli mineral 20-50) jalan pelan2 aja...itu jg saya minta bengkel yg jalanin break in. habis itu 1000Km pertama boleh pake oli semi-synth (10-40), diusahakan mesin tdk melebihi rpm 3500, tdk nge-rem mebdadak dsb... Nah, lepas itu, baru boleh gila2an... :mrgreen:

Untuk gejala mesin "batuk halus", ditempat saya juga ada kok. Menurut versi mekanik di tempat saya, hal ini kombinasi dari ausnya koil, sensur MAF dan AFR potensio. Waktu dicek pake OBD2 scanner, emang AFR potensio ini kadang error, kasih input ke ECUnya ngaco. jadi kadang mesin seperti tersengal-sengal mirip orang mo batuk/bersin tapi ga jadi (susah cari perumpamaannya.... :mrgreen: )
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

oya bro benzz, kao dah bosen p+p (kompresi tinggi), tar modif lagi dong... pake kompresi rendah tapi naikkin turbo :mrgreen:
pake punyanya mitsu evo IV-VII tinggal bolt on tuh....

jgn lupa, kalo dah naikkin turbo, harus ganti tuh kaki2 dan remnya..... :e-wall: ............................. :ngacir:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

Selamat datang Bro Imus...seneng bisa OL kembali dan juga ulasannya....Btw, lagi dikantor atau dirumah nich...???
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

^^^
iya pak...lagi suntuk di kerjaan nih...jadi curi2 waktu di kantor buat OL di SM...

sepertinya dalam 1 bulan kedepan ni saya bakal repot setengah gila di kerjaan. Di kantor rencananya mo ganti seluruh sistem IT-nya dengan software baru. Sialnya, platformnya beda, jadi semuanya book keeping harus dipindahkan ala jaman purba alias manual... Kami hanya dikasi 4 minggu buat transisi ini, dari belajar, memindah data, trial hingga harus sukses mengoperasikan sistem baru ini.... :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:

walah...malah jadi curhat OOT :mrgreen: :drinking:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

imsus2c wrote:^^^
iya pak...lagi suntuk di kerjaan nih...jadi curi2 waktu di kantor buat OL di SM...

sepertinya dalam 1 bulan kedepan ni saya bakal repot setengah gila di kerjaan. Di kantor rencananya mo ganti seluruh sistem IT-nya dengan software baru. Sialnya, platformnya beda, jadi semuanya book keeping harus dipindahkan ala jaman purba alias manual... Kami hanya dikasi 4 minggu buat transisi ini, dari belajar, memindah data, trial hingga harus sukses mengoperasikan sistem baru ini.... :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:

walah...malah jadi curhat OOT :mrgreen: :drinking:

Setiap langkah yang kita tempuh pasti ada permasalahan yang akan kita hadapi, masalahnya adalah sejauh mana kita bisa membuat solusi dari permasalahan itu dan bagaimana cara memperbaiki atau menyempurnakannya.....selamat berjuang Bro Imsus....!!!

:frm_tumbleft: :frm_tumbright: :e-clap: