ML 320 problem

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Efrayim
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19

Re: ML 320 problem

Post by Efrayim »

solar_kerosen wrote:saran dari saya kalau mau aman 3 tahun ,

ganti semua kabel body mobil anda

ganti semua sensor di mesin dan di rem

relay ganti semua

kalau tidak diganti yah tiap bulan ada saja yg penyakitan , karena umur mobil anda sudah diatas 10 tahun sekalian cek system pendingin

- ganti kipas dan motor fan radiator mesin dan kondesor ac
- ganti thermostat dan Water temperature sensor
- ganti water pump

Note :

jangan pernah mau beli mobil seken diatas 8 tahun apabila harga bekasnya lebih dari setengah harga baru karena waktu dan biaya buat perbaikan akan sangat menguras
Terima kasih pak inputannya yang sangat berharga.. :big_peace:

Bener pak, memang mobil kalo sudah tua ga boleh lebih dari setengah pak, sangat setuju.. biar ada cadangan untuk biaya reparasi nya.. :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Efrayim
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19

Re: ML 320 problem

Post by Efrayim »

FortunerMan wrote:Selamat om! Tapi, mana foto2 mobilnya? :D
Belum pak, nanti deh saya keluarin kamera lawas saya untuk foto mobil nya deh.. :big_peace:
bellagio
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Wed Dec 22, 2010 13:43
Location: Jakarta - Bandung - Bogor

Re: ML 320 problem

Post by bellagio »

Pak, untuk menjaga agar low range tetap berfungsi dengan baik, berikut ada tips sederhana yg mudah dilakukan.
Pada saat setelah menyalakan mobil, tekan tombol Low Range, tunggu hingga lampu indikator Low Range menyala terus, kemudian jalankan mobil beberapa meter ke depan.
Setelah itu matikan kembali Low Range, kemudian mundurkan kembali mobil anda.

Saya hampir tiap hati melakukan hal itu, at least 2 hari sekali.
Alhamdulillah Low Range mobil saya tetap berfungsi dengan baik.
Stronger than Time
Efrayim
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19

Re: ML 320 problem

Post by Efrayim »

Iya mas, terima kasih sekali inputannya..
Salam.
Efrayim
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19

Re: ML 320 problem

Post by Efrayim »

terima kasih rekan2 yang sudah memberikan input maupun saran, bangga saya mengetahui ada nya forum seperti ini yang saling membantu..

untuk info saja, hari ini, ML saya bawa bermacet2 ria, (padahal gak terlalu macet bgt sih) wong jaraknya juga pakubuwono ke gading.. tapi sewaktu saya sampai di MOI, indikator bas esp dan ets nyala kembali..
tapi setelah saya matikan mesin dan hidupkan kembali, hilang deh penyakit nya..
Sesudah acara keluarga selesai, balik lah saya ke rumah melewati jalan tol dalam kota via cawang, dan jalanan di tol cawang, agak padat merayap..
Kaget tiba2 saya lihat indikator LOW RANGE menyala kembali dan pada saat speed down, 4x4 nya bekerja.... DOOHHHH!!!!
Perlu di ketahui cuaca hari ini puanas sekalii!!!
Untuk info saja sesampainya saya di rumah, saya coba netralkan gigi, dan saya coba tekan tombol low range nya, hanya berkedip 3 atau 4 kali, setelah itu tidak mau nyala..
berati si module nya bermasalah donk yah? padahal sudah di servive di BM waktu itu berbarengan dgn modul abs nya dan hanya bertahan 2 minggu..
Kira2 ada yang bisa kasih masukan kah, kemana yah saya harus bawa?
Rencana sih besok pagi akan saya cek ke PRO motor, tapi sambil mikir juga, HIII, seram kan harga disana.. heheee..
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: ML 320 problem

Post by ak4ng »

bro... apakah low range ada sensornya?? jadi tanpa mencet tombol pun bisa aktif low range nya???
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: ML 320 problem

Post by solar_kerosen »

Efrayim wrote:terima kasih rekan2 yang sudah memberikan input maupun saran, bangga saya mengetahui ada nya forum seperti ini yang saling membantu..

untuk info saja, hari ini, ML saya bawa bermacet2 ria, (padahal gak terlalu macet bgt sih) wong jaraknya juga pakubuwono ke gading.. tapi sewaktu saya sampai di MOI, indikator bas esp dan ets nyala kembali..
tapi setelah saya matikan mesin dan hidupkan kembali, hilang deh penyakit nya..
Sesudah acara keluarga selesai, balik lah saya ke rumah melewati jalan tol dalam kota via cawang, dan jalanan di tol cawang, agak padat merayap..
Kaget tiba2 saya lihat indikator LOW RANGE menyala kembali dan pada saat speed down, 4x4 nya bekerja.... DOOHHHH!!!!
Perlu di ketahui cuaca hari ini puanas sekalii!!!
Untuk info saja sesampainya saya di rumah, saya coba netralkan gigi, dan saya coba tekan tombol low range nya, hanya berkedip 3 atau 4 kali, setelah itu tidak mau nyala..
berati si module nya bermasalah donk yah? padahal sudah di servive di BM waktu itu berbarengan dgn modul abs nya dan hanya bertahan 2 minggu..
Kira2 ada yang bisa kasih masukan kah, kemana yah saya harus bawa?
Rencana sih besok pagi akan saya cek ke PRO motor, tapi sambil mikir juga, HIII, seram kan harga disana.. heheee..

gini aja pak , ganti kabel body dan sensor semua kalau gak mempan baru turun transmisi gak mempan lagi yah gak tahulah
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
Efrayim
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19

Re: ML 320 problem

Post by Efrayim »

ak4ng wrote:bro... apakah low range ada sensornya?? jadi tanpa mencet tombol pun bisa aktif low range nya???
Nah problemnya adalah sewaktu jalan, secara tiba2 dia nongol indikator low range nya, sebentar hidup, bentar mati, sangat mengganggu.. Dan sewaktu posisi netral sengaja saya aktifkan tombol LR nya, yang terjadi hanya kedip 4 x dan tidak nyala trus (harusnya kan setelah blink 4x kan nyala trus ya), begitu tus saya coba bbrp x ga bisa2..
Tadi akhirnya mekanic nya telfon saya dan memberitahu bahwa kalo tombol LR memberi perintah tetapi tidak berhasil bekerja, kemungkinan besar dari motor transfer case yg gagal diberi perintah oleh modul nya..
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: ML 320 problem

Post by andy1800 »

saya bukan ikut kasih pendapat, malah ikut nanya:
sebenanrnya LOW RANGE itu apa sih?
apakah LOW RANGE tu = LOW GEAR ?
atau yg dimaksud memang berbeda?

kalau misalnya low range tu = low gear, apa alasannya org2 desainer Merc pakainya istilah Range alih-alih Gear ya?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: ML 320 problem

Post by asudarsono »

Ah, bos Andy ngeledek aja..... (padahal aku juga belum tentu ngerti)

Tadi penasaran terus minta fatwa ke mbah google. Baru ngetik "Low range" udah disambut auto complete "Low range Mecedes ML320". Rupanya ini penyakit umum di Merc ini. Ada 2 tread :
http://www.benzworld.org/forums/w163-m- ... shing.html
http://www.benzworld.org/forums/w163-m- ... r-diy.html
Ready to Race
Efrayim
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19

Re: ML 320 problem

Post by Efrayim »

Memang betul bahwa penyakit LR ini common di ML class.. :e-wall: :e-wall:
Saya juga mengetahuinya setelah saya mengalami sendiri dan minta petuah ke mbah Google, sama spt yang mas Dar lakukan.. Hahaa... Padahal dulu sewaktu mau beli, temen ada yang kasi tau kalo problem ML sering di LR nya, tapi tidak saya gubris..
Problem nya adalah tinggal si motor transfer case nya aja yang belum di bongkar.. (perasaan sudah banyak deh yang di bongkar, heheee), rencana besok akan di bawa dan di bongkar tuh motor, jangan2 seperti yang di forum2 benzworld katakan, karena macet atau karena ada air yang masuk ke dalam solenoid nya? Jadi kaya korslet gitu.. Hmm, yang menjadi pertanyaan besar buat saya adalah kenapa yah sewaktu jalan, koq bisa tiba2 nyala tuh indikator dan aktif sendiri? Apakah harus ganti module dan motor sekalian yah biar aman? :frm_bang_head:
Efrayim
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19

Re: ML 320 problem

Post by Efrayim »

solar_kerosen wrote:
Efrayim wrote:terima kasih rekan2 yang sudah memberikan input maupun saran, bangga saya mengetahui ada nya forum seperti ini yang saling membantu..

untuk info saja, hari ini, ML saya bawa bermacet2 ria, (padahal gak terlalu macet bgt sih) wong jaraknya juga pakubuwono ke gading.. tapi sewaktu saya sampai di MOI, indikator bas esp dan ets nyala kembali..
tapi setelah saya matikan mesin dan hidupkan kembali, hilang deh penyakit nya..
Sesudah acara keluarga selesai, balik lah saya ke rumah melewati jalan tol dalam kota via cawang, dan jalanan di tol cawang, agak padat merayap..
Kaget tiba2 saya lihat indikator LOW RANGE menyala kembali dan pada saat speed down, 4x4 nya bekerja.... DOOHHHH!!!!
Perlu di ketahui cuaca hari ini puanas sekalii!!!
Untuk info saja sesampainya saya di rumah, saya coba netralkan gigi, dan saya coba tekan tombol low range nya, hanya berkedip 3 atau 4 kali, setelah itu tidak mau nyala..
berati si module nya bermasalah donk yah? padahal sudah di servive di BM waktu itu berbarengan dgn modul abs nya dan hanya bertahan 2 minggu..
Kira2 ada yang bisa kasih masukan kah, kemana yah saya harus bawa?
Rencana sih besok pagi akan saya cek ke PRO motor, tapi sambil mikir juga, HIII, seram kan harga disana.. heheee..

gini aja pak , ganti kabel body dan sensor semua kalau gak mempan baru turun transmisi gak mempan lagi yah gak tahulah
Mas, apakah ada rujukan bengkel yang bisa saya datangi untuk mengecek kabel body dan sensor?
Thx yah..
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: ML 320 problem

Post by asudarsono »

Kalau saya, tanya ke bengkel ada cara disable LR? Copot kabel atau sekring?

Toh, gak akan offroad di waktu dekat
Ready to Race
Efrayim
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19

Re: ML 320 problem

Post by Efrayim »

asudarsono wrote:Kalau saya, tanya ke bengkel ada cara disable LR? Copot kabel atau sekring?

Toh, gak akan offroad di waktu dekat
Mas Dar, pertanyaan seperti itu sudah saya tanyakan dan katanya ga bisa, sebenarnya agak aneh juga ya koq ga bisa ya, kayanya gak mungkin sih, mungkin rekan2 ada yang tau kali bgm caranya?
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: ML 320 problem

Post by solar_kerosen »

testing ..............

coba di cek dulu gan low range engagement motor
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: ML 320 problem

Post by solar_kerosen »

atau pakai cara ini siapa tahu berhasil


To reset the motor follow the following:

Start the engine
Shift transmission into neutral
Press the brake pedal
Push the LOW RANGE switch on the dash
After the selector motor has operated, push the LOW RANGE switch again
The LOW RANGE light should go out at this time

If not then sometimes the motor sticks - you will need to repeat the above while someone [taps the motor from the underside of the vehicle on the transfer box]

This will usually cure the problem in around 90% of cases.
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
Efrayim
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19

Re: ML 320 problem

Post by Efrayim »

Rekan2 Seraya Motor yang terhormat,

Setelah beberapa lama mencari kemungkinan dan beberapa opini ke teman2 pemakai Merc dan mencoba konsultasi ke bbrp bengkel Merc non authorised, maka sudah banyak langkah langkah yang dilakukan di antaranya membongkar bagian sana sini yang kadang membuat kepala pening, baik itu harga parts yang tidak sedikit :lol: :lol: :lol:
lalu dari kerusakan yang tidak terdeteksi maupun kerusakan bongkar pasang parts yang mungkin saja bisa merusak parts 2 yang lain, yah namanya juga bongkar pasang. :lol: :lol:

Berbagai tindakan yang dilakukan terutama di bengkel pertama yang saya datangi, sampai mobil menginap 1 minggu, padahal mobil baru saja di beli 2 hari.. :? :? :?

Pertama penyembuhan terhadap indikator BAS ESP yang menyala serta ETS, lalu kepala mekanik mencoba mobil dengan speed dan aklerelasi yang tinggi :( :( , saya aja belum sempat bejek2 gas nya, maklum janda baru hahahaa.. :lol:
dan memang benar indikator tersebut kembali menyala, dan di coba dengan penggantian part switch rem, dan dites dengan rem kaki di bejek2 berpuluh2 kali, :shock: :shock: tega amat ama mobil saya, kan dia gak salah apa2. :lol: :lol: :lol:
katanya untuk menentukan apakah benar BAS ESP nya tidak akan kembali menyala, ternyata memang tidak menyala untuk sesaat dan mobil di tes jalan, ternyata indikator kembali menyala..

Sepakat nanti saja setelah bbrp hari akan saya antar mobilnya untuk ditelusuri, namun parts yg sudah terpasang yah saya bayar saja dan pamit, setelah berjalan 5 menit di kawasan bengkel, tiba2 indikator LOW RANGE menyala trus, sebentar mati dan nyala kembali dan tiba2 saja mobil kehilangan tenaga dan menggeram suaranya, spt nge- lock di gigi 3 atau 2.. saya tel bengkel tersebut dan mereka minta mobil di bawa kembali dan mobil di minta untuk langsung di inapkan ditempat mereka.

Bbrp hari di cari penyembuhan dengan indikator2 yang bermasalah, di mulai dari AAM saya yang katanya gak bener, katanya mesti 'TESTING PROCEDURE', untuk mencari apakah AAM masi bisa dipakai (katanya biasa mobil Merc kalo sudah berumur 10 tahun suka ber kerak2 putih gt sehingga mesti di cuci karena suka bikin error di SD)..

Alhasil katanya beres, trus dibedahlah module ABS pump, dan harus di 'TESTING PROCEDURE' lagi, yah oke lah..
Setelah di bedah dan di rapihkan, ternyata bener bahwa ada part yang rusak sehingga harus di ganti, dan terbukti sampai sekarang oke sih..
Terima kasih sudah menyembuhkan penyakit BAS ESP dan ETS saya.

Lalu dilanjutkan dengan tes jalan sejauh 50 km, untuk dicari kemungkinan kapan si LR itu aktif (apakah dalam keadaan mesin panas atau dingin sudah menyala) diketahuilah bahwa setelah mobil di pakai jalan lumayan jauh, kaliper rem depan kanan, macet dan kembali lagi kebengkel dengan bongkar rem depan, dan puji syukur masalah itu semua beres sekarang..

Dilanjutkan lagi dengan pengetesan mobil harus di bawa sejauh minimal 50 km, karena dicurigai bahwa ada kemungkinan LOW RANGE berhubungan dengan 'sakit' nya si kaliper rem yang terlampau panas yang mengakibatkan ngaco nya system LR, akhirnya karena dicoba oleh driver mereka baru berjalan 10 km, indikator LR kembali menyala, jadi menurut bengkel harus 'TESTING PROCEDURE' (LAGI? :? )

Akhirnya keesokkan harinya saya nongkrong lah di bengkel dari pagi dan saya diminta tes mobil nya jalan sejauh 50 km.. ternyata LR masi menyala di km 40 an..
Akhirnya mereka bongkar panel handrest dan dibuka lah modulnya TRANSFER CASE MODULE.

Lalu mereka membongkar elecric parts yang sangat kecil itu (ukuran nya sebesar power mobil nakamichi 10 watt jaman jebot, dimensi 10 cm x 10 cm tebal 3 cm) dan setelah di bongkar lalu entah di solder apa nya, katanya di re solder karena ada bbrp bagian yang kendor mungkin, jadi harus di 'matangkan' lagi solder an nya.. (kaya telur setengah matang yah :lol: :lol: :lol: )
Saya sudah feel tidak nyaman karena setau saya parts electronic sangat rentan dengan panas, dan biasa nya dilumasi dengan sejenis jelly gt untuk mencegah korslet.. :? :? :?

Lalu modul dipasang lagi dan dengan posisi mobil dengan handrest telanjang, saya baru tau bagian dalam hand rest seperti apa isi nya, ada kabel2 yang banyak, ada Transfer Case Modul, ada 'YOWRED', bener gak tulis nya, dan lain2.. hahaaa..
saya di minta ngetes sendiri, (loh koq saya, kan saya klien mereka, :lol: :lol: :lol: ) dan setelah 2 kali saya ngetes sendiri mobil itu akhirnya lewat lah 50 km dan mobil bebas dari masalah LR.

Lalu tahap berikut nya adalah pelunasan dari semua perbaikan..
Buat info saja, 1 x Testing Procedure mereka bebankan 750 rb. (ada 3x test spt ini yg di bebankan ke saya) :? :? :?
Dan biaya2 lain nya yang saya tutup mata saja, wong mobil saya sudah beres koq, walaupun terkejut kejut dengar harganya, maklum mercy kali saya pikir.. :lol: :lol: :lol:

1 minggu sampai 2 minggu saya coba pake mobil ini dengan 'eman eman' jalan tidak terlalu jauh :lol: :lol: :lol:
dan puncak nya adalah minggu kemarin pada saat saya ajak jalan lumayan jauh dan teriknya luar biasa.
pada saat mesin sangat panas, keluar lah indikator BAS ESP kembali menyala, dan saat saya hub bengkel via BBM, di katakan coba aja di restart mobilnya. dan memang benar semua indikator mati..

Lalu pulanglah saya dengan harapan keadaan mobil ini baik.. 8) 8) 8)

Tiba 2 dijalan yang sangat membara itu panasnya, muncul kembali indikator LOW RANGE!!!
ADUHH!!!!! :shock: :shock: :shock: :shock: :shock: :shock:

Lalu saya bawa pulang saja tukar mobil untuk membuat tidak semakin parah kondisi..

Keesokan hari nya sambil mencari 2nd opinion, saya ke tempat teman baru saya (bengkel merc jg, non authorised) dan di ketahui bahwa fan ECU saya mati hidup..
Padahal sebelumnya saya pernah melontarkan hal ini ke bengkel 1, kenapa yah pada saat saya mau start mobil, kadang ada suara berderit? katanya gak apa, paling pompa bensin yang ampir umurnya..
Akhirnya saya putuskan membongkar tempat fan tsb dan di ganti arang baru (karena parts ini harus order di sing :( ) dan mobil kembali saya bawa pulang dengan harapan mungkin ECU nya selama ini kepanasan, jadi indikator LR suka nyala
:lol: :lol: :lol:

Baru 10 menit saya keluar dari bengkel, si LR muncul jaya lagi, dan kembali saya ke bengkel teman saya dikawasan ITC duta mas itu dan dia bilang pasti module nya ini, yah ga bisa di apa2 kah, unless inden dari sing atau jerman.

Akhirnya ke esokan hari nya saya mencari 3dr opinion, kali ini ke authorised dealer di kawasan simprug untuk di konsultasi masalah ML saya, (baru masuk sudah dingin ruangan nya, dan ada mesin kopi yang enak serta ada cookies yang di buat ada merk nya MERCEDES, :lol: :lol: :lol: )
dan sewaktu diperjalanan yang masih relatif dingin mesinnya, keadaan makin memburuk (kalo dulu 30 menit baru muncul, sekarang baru 5 menit sudah muncul) maka langsung diputuskan bahwa itu kalo tidak motor, pasti module nya, dan saya beritahu ke mereka bahwa module sudah pernah dibongkar.. (mereka kecewa sekali mendengar module saya pernah dibongkar) :? :? :?

Mereka langsung connect ke komputer mereka dan dilihat lah bahwa module tersebut sudah tidak diproduksi karena mungkin banyak masalah dengan tipe ini..
(ini yang tidak pernah saya dapat info dari bengkel2 non authorised, karena menurut mereka, mereka online ke server mereka ke MBDI dan ke german) :o :o :o
Buat info saja no parts lama adalah A 163 545 50 32 digantikan dengan parts A163 545 79 32.

Maka di order lah barang itu (buat info, saya sudah cari via internet, benar bahwa parts ini tidak pernah saya ketemukan yang baru, tapi untuk no sero 79 saya pernah dapat info 1x) dan harga nya 2 x lebih mahal dari inet, tapi saya dapatkan garansi 1 tahu full.. :D :D :D

Dengan SD mereka pun, saya lihat bahwa memang berbeda baik itu komputer unitnya ( biasanya yg saya lihat kalo non authorised, mereka pake laptop IBM atau DELL atau apapun lah)
Mereka masuk ke dalam sistem, dan komunikasi terhadap Module juga sudah error. Maka dipastikan bahwa parts ini yang rusak, tapi setelah masuk module baru wah semua berfungsi dengan baik.. :D :D :D

Dan mereka akan coba tes jalan untuk menentukan apakah mobil ini masih ada yang harus di perbaiki, akhirnya ditemukan bushing persneling saya ada yang oblak 1 bh, hanya sekitar 28 rb + ppn.
ongkos kerja juga relatif murah kalo saya bandingkan dengan bengkel 1. Tapi mahal kalo di bandingkan bengkel ke 2.. :lol: :lol: :lol:

Dan mobil saya saat ini di nyatakan sehat walalfiat, dan SA nya pun berkata, mobil bapak sangat enak sekali, jarang menemukan mobl ML dalam keadaan seperti ini.. :lol: :lol: :lol:
Puji Syukur mobil ini sudah enak dipakai sekarang dan ternyata jauh sekali nyaman nya pada saat sehat sesat kemaren, baik itu tenaga mesin dan perpindahan gigi up maupun gigi down..

Sekali lagi terima kasih buat rekan2 Seraya Motor untuk partisipasinya selama ini dan ini hanya testimonial belaka bukan untuk ditujukan kepada siapa2 saja, melainkan untuk kebersamaan pencinta Mercedes di Seraya Motor.
Mudah2 an dalam waktu yang lain kita sama2 bergerak maju untuk kemajuan komunitas ini.. SALUTT buat para Seraya Motor-er.. :D

Wassalam..
FortunerMan

Re: ML 320 problem

Post by FortunerMan »

Wah hebat kegigihannya om - akhirnya tuntas di bengkel resmi ya om?
Saya tau rasanya om kaya gimana, dulu Ford Focus saya waktu baru beli juga ada masalah engine error yg bikin puyeng.
Efrayim
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19

Re: ML 320 problem

Post by Efrayim »

Iya dibengkel resmi, abis kan hanya dealer resmi yang punya parts itu, kalo inden dari luar, kan gak garansi dan kalo lagi setting error, kacau kan? Hehee..

Dan 1 hal lagi, rupanya Merc sekarang tidak mengenal kasta antara mobil CBU an ATPM, harga nya semua sama, asal sama2 mercedes, soalnya dulu ingat waktu punya Honda RB 1, adanya perbedaan harga biaya service antara mobil ATOM an IU. Bisa 2x lipat leh mahal kalo gak ATPM.
Terima kasih yah bro, memang tantangan nya kalo barang belum sembuh rasanya ganjel gt yah.. Hahaaaa..
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: ML 320 problem

Post by andy1800 »

Efrayim wrote: Mudah2 an dalam waktu yang lain kita sama2 bergerak maju untuk kemajuan komunitas ini.. SALUTT buat para Seraya Motor-er.. :D
FortunerMan wrote:Wah hebat kegigihannya om
turut :off_good_job:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
bellagio
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Wed Dec 22, 2010 13:43
Location: Jakarta - Bandung - Bogor

Re: ML 320 problem

Post by bellagio »

Pak, biaya ganti modul transfercase itu berapa harganya?

Thanks.
Stronger than Time
Efrayim
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sat Jan 21, 2012 15:19

Re: ML 320 problem

Post by Efrayim »

bellagio wrote:Pak, biaya ganti modul transfercase itu berapa harganya?

Thanks.
Pak, biaya module nya 6,2jt di tambah 10% ppn.

Thanks pak..
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: ML 320 problem

Post by poeticmind »

solar_kerosen wrote:saran dari saya kalau mau aman 3 tahun ,

ganti semua kabel body mobil anda

ganti semua sensor di mesin dan di rem

relay ganti semua

kalau tidak diganti yah tiap bulan ada saja yg penyakitan , karena umur mobil anda sudah diatas 10 tahun sekalian cek system pendingin

- ganti kipas dan motor fan radiator mesin dan kondesor ac
- ganti thermostat dan Water temperature sensor
- ganti water pump

Note :

jangan pernah mau beli mobil seken diatas 8 tahun apabila harga bekasnya lebih dari setengah harga baru karena waktu dan biaya buat perbaikan akan sangat menguras
pak, kabel body nya bisa dibeli sih... tapi drpada beli kabel body mending beli honda tiger 2nd. :mky_03:
soal kabel body, diurut ulang saja ke tempat orang perkabelan dan kelistrikan mobil, ga mahal... biayanya antara 500-2,5jt. tergantung kondisi kabel2 nya, sekalian scan komputer ulang.
Image
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: ML 320 problem

Post by solar_kerosen »

poeticmind wrote:
solar_kerosen wrote:saran dari saya kalau mau aman 3 tahun ,

ganti semua kabel body mobil anda

ganti semua sensor di mesin dan di rem

relay ganti semua

kalau tidak diganti yah tiap bulan ada saja yg penyakitan , karena umur mobil anda sudah diatas 10 tahun sekalian cek system pendingin

- ganti kipas dan motor fan radiator mesin dan kondesor ac
- ganti thermostat dan Water temperature sensor
- ganti water pump

Note :

jangan pernah mau beli mobil seken diatas 8 tahun apabila harga bekasnya lebih dari setengah harga baru karena waktu dan biaya buat perbaikan akan sangat menguras
pak, kabel body nya bisa dibeli sih... tapi drpada beli kabel body mending beli honda tiger 2nd. :mky_03:
soal kabel body, diurut ulang saja ke tempat orang perkabelan dan kelistrikan mobil, ga mahal... biayanya antara 500-2,5jt. tergantung kondisi kabel2 nya, sekalian scan komputer ulang.
kabel body mah untung untungan om peot .... :mky_01: dulu beli punya timor cuma 750 ribu tapi sekarang Alamak ............. 2,7 juta . dulu ECU timor baru dapat 1 juta sekarang sekennya aja udah 2,5 juta :wkkk:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
mklasse
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Fri Oct 19, 2007 12:18

Re: ML 320 problem

Post by mklasse »

Efrayim wrote: Dan mobil saya saat ini di nyatakan sehat walalfiat, dan SA nya pun berkata, mobil bapak sangat enak sekali, jarang menemukan mobl ML dalam keadaan seperti ini.. :lol: :lol: :lol:
Puji Syukur mobil ini sudah enak dipakai sekarang dan ternyata jauh sekali nyaman nya pada saat sehat sesat kemaren, baik itu tenaga mesin dan perpindahan gigi up maupun gigi down..

Sekali lagi terima kasih buat rekan2 Seraya Motor untuk partisipasinya selama ini dan ini hanya testimonial belaka bukan untuk ditujukan kepada siapa2 saja, melainkan untuk kebersamaan pencinta Mercedes di Seraya Motor.
Mudah2 an dalam waktu yang lain kita sama2 bergerak maju untuk kemajuan komunitas ini.. SALUTT buat para Seraya Motor-er.. :D

Wassalam..
Mantap pak mobilnya sudah sehat :frm_tumbright:
Dulu saya pernah pakai ML320 W163 juga, tetapi untungnya ga pernah rewel, malah baru denger untuk masalah low rangenya, biasanya masalah kecil2 kyk sensor oli, sensor kursi penumpang, dan switch power window.
Foto2nya dong pak, kangen nih sama ML :big_peace: