[ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

FortunerMan

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by FortunerMan »

Nightster Guy wrote:Setor jempol buat opsinya om FM. Cocok dah buat 'semi bapak2' hihihi.... Bole tau om ngangkatnya sekitaran brapa 'jauh' di bawah 100 nya? Gak usah jawab eksak kalo keberatan, mungkin sepantaran harga Estilo kondisi estede normal gitu om kepala 70an-80 kecil?

Mo ngeracunin temen nih masak uda seumuran ane 30 besar mo ngangkat Estilo buat hobi hadeh cape dah boil abegong alay gitu mending E39 ke mana2 lah secara segalanya. Estilo not bad at all tapi IMHO gak masuk ama umur dan karakter dia.
Ya segituan lah.

Pengeluaran buat perawatan Estilo kan lain dr perawatan 5-series om, mungkin mikirin itu juga. Atau memang doyannya mobil anak muda, ya gpp toh.
FortunerMan

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by FortunerMan »

Sebagai bahan perbandingan...versi2 E39 Indonesia. 525i belon nemu yg ori tampangnya, kalo gak salah ada 523 juga...

1997 528i
Image

2001 530i
Image

2001 520i
Image

2003 520i
Image
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by nescafe »

warna yang available di indo apa saja ya oom FM? saya koq keseringan lihat silver ya? :e-think:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
FortunerMan

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by FortunerMan »

Hitam, biru, champagne :p Yg lainnya gak tau. Nanyanya jangan yg susah2 dong mas kopi...mobil jadoel begini...
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by Risol1 »

Nightster Guy wrote:Image Image

Setor jempol buat opsinya om FM. Cocok dah buat 'semi bapak2' hihihi.... Bole tau om ngangkatnya sekitaran brapa 'jauh' di bawah 100 nya? Gak usah jawab eksak kalo keberatan, mungkin sepantaran harga Estilo kondisi estede normal gitu om kepala 70an-80 kecil?

Mo ngeracunin temen nih masak uda seumuran ane 30 besar mo ngangkat Estilo buat hobi hadeh cape dah boil abegong alay gitu mending E39 ke mana2 lah secara segalanya. Estilo not bad at all tapi IMHO gak masuk ama umur dan karakter dia.
mungkin temennya om NG demennya mobil yg gesit buat zig zag di dalkot/macet kali om....
tapi kalo demennya jalan kenceng di tol sih emang mending E39 kemana2 hehehe.....
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by Risol1 »

FortunerMan wrote:
Nightster Guy wrote:Tapi jelas milih E39 ke mana2 dibanding si fugly W210. E klasse bertampang terbodoh sepanjang masa.
Memang kalo sutandar dongok bener si W210 - tapi dengan pelek yang tepat, bisa jadi keren kok
kalo Mercedes atau BMW sih ane bilang selama ini belum pernah ada yg jelek banget keliatannya (kaya misalnya pontiac aztec dari GM atau vehicross dari isuzu :mrgreen: )

kalo u/ bmw/merc tahun lawas, asal pelek gak kekecilan (gak harus gede lho) dan yg paling penting lagi catnya musti kinclong (kalo bisa wet look sekalian), pasti masih keliatan bagus
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by Risol1 »

nescafe wrote:warna yang available di indo apa saja ya oom FM? saya koq keseringan lihat silver ya? :e-think:
kalo yg pre facelift lebih banyak pilihan warnanya ya...selain yg disebut om FM diatas, ada juga putih, hijau tua, merah maroon, dan aspen silver (abu2 silver).
sebenernya ane paling demen sama aspen silver buat di E39 cuma sayangnya udah gak keluar lagi di versi yg FL (yg udah angel eyes).
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by nescafe »

FortunerMan wrote:Hitam, biru, champagne :p Yg lainnya gak tau. Nanyanya jangan yg susah2 dong mas kopi...mobil jadoel begini...
hihihi.. ampoonn oom FM.... :ngacir:

Risol1 wrote:
nescafe wrote:warna yang available di indo apa saja ya oom FM? saya koq keseringan lihat silver ya? :e-think:
kalo yg pre facelift lebih banyak pilihan warnanya ya...selain yg disebut om FM diatas, ada juga putih, hijau tua, merah maroon, dan aspen silver (abu2 silver).
sebenernya ane paling demen sama aspen silver buat di E39 cuma sayangnya udah gak keluar lagi di versi yg FL (yg udah angel eyes).
thx pak risol :D sedikit penasaran aja saya.. hehehe :D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
FortunerMan

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by FortunerMan »

Ini mobil kalo di pindah ke DS (sport mode)....alamakjannnnnnnnnnnnnn enake......bensin jadi 1:Gak peduli wkwkwkwkwk

Jadi pengen 530i buat mainan berikut...
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by Nightster Guy »

Risol1 wrote:mungkin temennya om NG demennya mobil yg gesit buat zig zag di dalkot/macet kali om....
tapi kalo demennya jalan kenceng di tol sih emang mending E39 kemana2 hehehe.....
Kagak om Risol. Dia beli buat second car kok buat wikend, dielus2, modif ringan appearance, sekali2 dikebut di tol, gitu2 dah. Yaelah Estilo (no offense). Dia ngejar 'sporty look' nya plus Estilo adalah mobil impiannya yang gak kesampean saat kuliah dulu. Sekarang 'balas dendam'. Nah untuk poin ini ane bisa ngertiin. :) Cuman ngasih second opinion aja dari perspektif yang sebisanya ane aja.
FortunerMan wrote:
Nightster Guy wrote:Tapi jelas milih E39 ke mana2 dibanding si fugly W210. E klasse bertampang terbodoh sepanjang masa.
Memang kalo sutandar dongok bener si W210 - tapi dengan pelek yang tepat, bisa jadi keren kok
IMHO bukan sekedar sepatunya yang bikin jelek bro. Front endnya secara keseluruhan ane gak demen. Empat biji lampu oval itu bener2 gak match ama garis bodi keseluruhan juga gak nyambung ama grilnya. Mungkin bisa dibuktikan dengan fakta bahwa karir 210 adalah yang terpendek di antara generasi E klasse lain. :)
Risol1 wrote:kalo Mercedes atau BMW sih ane bilang selama ini belum pernah ada yg jelek banget keliatannya (kaya misalnya pontiac aztec dari GM atau vehicross dari isuzu :mrgreen: )

kalo u/ bmw/merc tahun lawas, asal pelek gak kekecilan (gak harus gede lho) dan yg paling penting lagi catnya musti kinclong (kalo bisa wet look sekalian), pasti masih keliatan bagus
W210 jeleeeeeeeekkk.... :big_weee: The best buat generasi sebelum '90an sih IMO C126 SEC hehehehe....
FortunerMan wrote:Ini mobil kalo di pindah ke DS (sport mode)....alamakjannnnnnnnnnnnnn enake......bensin jadi 1:Gak peduli wkwkwkwkwk

Jadi pengen 530i buat mainan berikut...
Mobil sih mampu2 aja. Drivernya yang ane gak yakin mampu ngimbangin boilnya............. :big_weee:
Das Beste oder nichts.
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by FMEAKD »

pertumpahan darah lagi nih :big_weee:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by VanzMatic »

FortunerMan wrote:Ini mobil kalo di pindah ke DS (sport mode)....alamakjannnnnnnnnnnnnn enake......bensin jadi 1:Gak peduli wkwkwkwkwk

-cut-
Paling demen komeng ginian..!!

Top dah!

:e-dance: :e-dance: :e-dance:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
FortunerMan

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by FortunerMan »

Tapi kata montir bengkel spesialisnya sendiri - "BMW jangan dipake operasional, bangkrut" :mrgreen:

Tenang, kerjaannya hari2 cuman duduk di garasi - sore2 di kebut sedikit naik ke gunung, turun lagi...parkir.
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by bivanos88 »

FortunerMan wrote:Ini mobil kalo di pindah ke DS (sport mode)....alamakjannnnnnnnnnnnnn enake......bensin jadi 1:Gak peduli wkwkwkwkwk

Jadi pengen 530i buat mainan berikut...
wuih.. lebih ngeri lagi 530i.. 220hp++, udah double glass pula..
FortunerMan

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by FortunerMan »

Ini 190 hp dicolek dikit pasti bisa mendekati 220 hp.
FortunerMan

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by FortunerMan »

Ampun gantengnya...

Image
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by Risol1 »

Nightster Guy wrote:
Risol1 wrote:mungkin temennya om NG demennya mobil yg gesit buat zig zag di dalkot/macet kali om....
tapi kalo demennya jalan kenceng di tol sih emang mending E39 kemana2 hehehe.....
Kagak om Risol. Dia beli buat second car kok buat wikend, dielus2, modif ringan appearance, sekali2 dikebut di tol, gitu2 dah. Yaelah Estilo (no offense). Dia ngejar 'sporty look' nya plus Estilo adalah mobil impiannya yang gak kesampean saat kuliah dulu. Sekarang 'balas dendam'. Nah untuk poin ini ane bisa ngertiin. :) Cuman ngasih second opinion aja dari perspektif yang sebisanya ane aja.
Nah ini dia nih teori "bales dendam" yg ane mao bahas :mrgreen:
di SM sini banyak banget member2 yg "terlalu memuja masa lampau" alias demennya sama mobil2 tahun lawas. Mobil yg generasi lebih barunya dibilang lebih jelek atau tidak secantik versi lawasnya.

Misalnya (ambil contoh aja nih): sering banget ane denger kalo grand civic lx modelnya JAUUUHHH lebih bagus atau JAUUUH lebih abadi dibanding new civic.
Pertanyaannya: Apakah akurat statement diatas?
Memang ane tau bahwa yg namanya bagus atau jelek itu adalah selera masing2 orang, tapi kalo dilihat dari kacamata umum dengan pikiran yg logis, apakah bener modelnya new civic lebih jelek dari grand civic? ATAU apakah akurat kalo bilang modelnya merc C126 lebih bagus dibanding dengan C216?

Grand civic: Image

New Civic: Image

C126: Image

C216: Image

Ibaratnya Julianne Moore memang masih cantik dan keibuan, tapi apakah dia lebih cantik atau lebih s*xy daripada Mila Kunis atau Blake Lively?

TAPIIII....bukan itu yg ane mao bahas karena itu masalah selera yg kadang susah untuk digeneralisasikan.
Yg ane mao bahas adalah: Penyebab (Root Cause) kenapa kebanyakan member SM yg suka dengan model lawas dibanding model barunya.

Kalo menurut teori abal2 ane, ada 2 sebab utama orang itu punya selera oldskool:
1. Karena memang pecinta mobil klasik: Orang2 spt ini menghargai desain mobil2 klasik tsb yg menurutnya timeless dan indah. Jadi memang seneng dengan desainnya.
2. Karena teori "balas dendam" yg disebut om NG. Teori yg mengagungkan produk jadul karena adanya ikatan psikologis dengan produk tsb di masa lampau, dan bukan karena kita menganggap mobilnya lebih bagus dari mobil jaman sekarang.
Misalnya gini: honda grand civic itu populer sekali di kalangan anak muda di masa kita2 masih ABG.
Di masa itu kita sangat mengagungkan mobil ini karena bbrp sebab: Bisa karena ada kenalan/ortu/saudara yg punya, atau karena kepengen punya/setir mobil ini tapi gak kesampean, dll, dll.....

Kenapa kita sukanya dengan grand civic (yg keluar di tahun 80-akhir), dan bukan dengan civic generasi 1 yg keluar di thn 70-an? Mungkin jawabannya karena di tahun itu kita2 masih terlalu kecil jadi belum ada ikatan batin dengan mobil tsb (malah sebagian besar dari kita mungkin belum lahir di era civic gen 1).
Pernahkan terpikir bahwa anak2 kita sekarang yg pada saat dia bertumbuh kebanyakan liatnya new civic, maka entar 20 thn lagi pada saat mereka seusia anda, maka dia orang bakal bilang "bagusan new civic dari pada civic sekarang....modelnya timeless" hahaha....

ane punya temen demennya lambo countach (menurut dia itu lambo paling bagus yg pernah di prod lambo S.p.a), itu karena pas masa mudanya dia punya poster lambo countach gede banget dikamarnya. Tiap hari cuma bisanya ngiler doang liat countach........nah pada saat udah gede pun jadi kebawa bahwa lambo paling bagus itu modelnya countach karena faktor engga kesampaian pas masih muda.
Padahal kalo diliat secara umum/objective, modelnya lambo yg baru2 gak kalah bagus (mungkin lebih bagus) daripada countach yg gak karuan bentuknya hahaha....

Nah pertanyaannya buat yg suka mobil2 lawas (om NG, om VM, om Maskopat, om Jalu, dll yg berasa....): Anda suka mobil lawas karena root cause #1 atau #2?

bensin udah ane tumpahin, dinamit udah ane sebar, tinggal nunggu yg buang korek api nih hehehehe........

ane kabor dulu ah :ngacir:
Last edited by Risol1 on Fri Dec 30, 2011 19:26, edited 2 times in total.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by Hansen »

ane cuma bisa ikutan sebar mercon dah... :mky_03: :mky_02:
Image
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by Risol1 »

Nightster Guy wrote:IMHO bukan sekedar sepatunya yang bikin jelek bro. Front endnya secara keseluruhan ane gak demen. Empat biji lampu oval itu bener2 gak match ama garis bodi keseluruhan juga gak nyambung ama grilnya. Mungkin bisa dibuktikan dengan fakta bahwa karir 210 adalah yang terpendek di antara generasi E klasse lain. :)
Bukannya E class ganti model setiap 7 tahun bos?
W210 dari thn model 96 sampe 02 (7 thn).
W211 dari thn model 03 sampe 09 (7 thn).
W212 dari thn model 10 sampe 16 (kalo sesuai dengan history, maka new e class akan keluar lagi di tahun 2016 akhir untuk model year 2017)

Kalo u/ W124, technically engga semua W124 bisa dibilang sebagai E class karena: (Tolong dikoreksi kalo omongan nubitol ttg benz kurang tepat)
Officially "E class" itu sebenernya baru lahir di thn2 90-an awal di model W124 facelift, ditandai dengan penempatan huruf didepan angka (misalnya "E300" instead of "300E").
Mercy baby benz 300E itu pada hakikatnya adalah bukan E class karena pada masa itu mercy model ini masih disebut mercedes 300-series (huruf "E" nya sendiri di emblem 300E bukan untuk menandai kelasnya sebagai "E class", melainkan sebagai penanda bahwa mobil ini memakai teknologi fuel injected alias E = Einspritzung")

kabor ah sebelum om NG bersabda..... :ngacir:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by Risol1 »

FortunerMan wrote:Ini 190 hp dicolek dikit pasti bisa mendekati 220 hp.
emang yg begini2 bisa bikin ketagihan ni....ane aja sekarang nyesel banget gak ambil yg 3000 twin turbo.....power kurang....
FortunerMan

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by FortunerMan »

He he...ente emang standarnya udah lain bro :p Gw mah...udah cukup sebenernya segini, cuman pengen aja nyobain 530 dengan double vanos + dikelilingi 10 airbag he he...

Kalo beli baru mobil dengan fitur segini gak mampu...F10 530i Twin Turbo udah diatas 1M cmmiw - mumpung ada yg harganya dibawah Xenia...ya ngiler juga wkwkwk...
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by Risol1 »

hahaha...ane selera tinggi tapi dompet cekak, ya gini deh jadinya cuma gede di ngarep dan mimpi :mky_03:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by asudarsono »

Gue sih, karena gak mau jadi korban curanmor. Juga biar bisa melaju di jalanan Jakarta tanpa takut diserempet sepeda motor.

Kenapa dulu milih mobil pertama Peugeot, bukan karena demen sih, tapi karena gak ada harganya. Mobil lawas lain seperti Honda, Toyota .... Apalagi VW, Mini, Landrover, BMW, Mercy .... Masih lebih mahal. Harga Peugeot masih lebih murah dari harga iPhone, jadi kalau terjadi apa2 gak terlalu nyesel.

OOT
Punya hobi mobil lawas gini, repotnya kalau lagi diperiksa KPK. Gimana jelasinnya form isian kendaraan bermotor gak cukup buat menulis semua mobil yg dipunyai.
Ready to Race
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by Nightster Guy »

Risol1 wrote:Nah ini dia nih teori "bales dendam" yg ane mao bahas :mrgreen:
di SM sini banyak banget member2 yg "terlalu memuja masa lampau" alias demennya sama mobil2 tahun lawas. Mobil yg generasi lebih barunya dibilang lebih jelek atau tidak secantik versi lawasnya.

- CUT -

Ibaratnya Julianne Moore memang masih cantik dan keibuan, tapi apakah dia lebih cantik atau lebih s*xy daripada Mila Kunis atau Blake Lively?

TAPIIII....bukan itu yg ane mao bahas karena itu masalah selera yg kadang susah untuk digeneralisasikan.
Yg ane mao bahas adalah: Penyebab (Root Cause) kenapa kebanyakan member SM yg suka dengan model lawas dibanding model barunya.

Kalo menurut teori abal2 ane, ada 2 sebab utama orang itu punya selera oldskool:
1. Karena memang pecinta mobil klasik: Orang2 spt ini menghargai desain mobil2 klasik tsb yg menurutnya timeless dan indah. Jadi memang seneng dengan desainnya.
2. Karena teori "balas dendam" yg disebut om NG. Teori yg mengagungkan produk jadul karena adanya ikatan psikologis dengan produk tsb di masa lampau, dan bukan karena kita menganggap mobilnya lebih bagus dari mobil jaman sekarang.
Misalnya gini: honda grand civic itu populer sekali di kalangan anak muda di masa kita2 masih ABG.
Di masa itu kita sangat mengagungkan mobil ini karena bbrp sebab: Bisa karena ada kenalan/ortu/saudara yg punya, atau karena kepengen punya/setir mobil ini tapi gak kesampean, dll, dll.....

- CUT -
Ane pribadi tidak bisa memilih om karena 'kena' di kedua opsi itu. JITU SEKALI analisa 'abal2' ente !! :off_good_job: Latar belakang singkat:

1. Entah kenapa, saya kurang suka ama perangkat bantu dan elektronik yang terlalu banyak, model yang 'aneh2' (di mata jadul saya tentunya), mesin terlalu canggih hingga saya merasa 'gak bisa ngapa2in kalo dianya trobel sesaat', dll om.

So, pada mobil jadul yang modelnya IMO abadi, teknologi sederhana, gak sensor sana sensor sini itulah saya menemukan 'chemistry'.

Saya suka banget keserhanaan bentuk, om. E.g. suka banget liat dasbor CJ-7 yang cuman 'lempengan plat dibolong2in', gak suka liat plastik nempel di mobil, gak sula liat sekian banyak kabel berseliweran di mobil.

Begitulah.

Walau sebaliknya, beberapa perangkat/teknologi/fitur modern gak saya antiin. Terutama yang nyangkut safety. ABS is good, contohnya.

2. Yup, balas dendam juga. Keterikatan psikologis pada masa lalu. Saya pribadi 'lahir' di jip, FJ40. Bertaun2 di pedalaman Kaltim naiknya FJ. SANGAT MELEKAT DI MEMORI :).

Kenapa demennya CJ? Karena mobil bossnya bokap saat ninjau lokasi dia pakenya CJ yang di mata NG cilik is 'wooooooow keren banget mulus ada AC nya velg krom' gak kayak FJ bokap yang kumal ancur2an bau keringat hahahaha....

So, saat beli mobil hobi pertama, miaranya CJ (dulu).

Kenapa admiring Mustang (vintage)? Gak bisa dijelasin.

Kenapa admiring Mercedes? Sederhana banget awalnya:

1. Sebelom di Kaltim, tinggal di Surabaya, ke sekolah pake becak/dianter om pake Colt. Pas liat W123, nanya: 'Om, mobil apa tuh keren?' Dijawab 'Oh itu Mersi, mobil paling mahal y itu'. Nancaplah di childhood memory hehehe....

2. Karena sebuah iklan BRABUS dari Jakarta Ban di majalah MM era 90an awal yang majang sebuah W201 190E Evolution II dan W124 BRABUS. :) KEREN ABIS.

So, PERSIS ama kelakuan temen om yang tergila2 Countachnya Marcello Gandini via poster (one of the greatest automotive designer, IMHO).

Disclaimer: NG gak anti mobil baru. Cuman preferable yang lawas. Hehehehe.... :big_peace:
Das Beste oder nichts.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues

Post by Nightster Guy »

Risol1 wrote:Bukannya E class ganti model setiap 7 tahun bos?
W210 dari thn model 96 sampe 02 (7 thn).
W211 dari thn model 03 sampe 09 (7 thn).
W212 dari thn model 10 sampe 16 (kalo sesuai dengan history, maka new e class akan keluar lagi di tahun 2016 akhir untuk model year 2017)

Kalo u/ W124, technically engga semua W124 bisa dibilang sebagai E class karena: (Tolong dikoreksi kalo omongan nubitol ttg benz kurang tepat)
Officially "E class" itu sebenernya baru lahir di thn2 90-an awal di model W124 facelift, ditandai dengan penempatan huruf didepan angka (misalnya "E300" instead of "300E").
Mercy baby benz 300E itu pada hakikatnya adalah bukan E class karena pada masa itu mercy model ini masih disebut mercedes 300-series (huruf "E" nya sendiri di emblem 300E bukan untuk menandai kelasnya sebagai "E class", melainkan sebagai penanda bahwa mobil ini memakai teknologi fuel injected alias E = Einspritzung")

kabor ah sebelum om NG bersabda..... :ngacir:
Yup I know exactly 300E nandain 'Einspritzung/Einspritzen' alias injexi 'coz masih ada yang versi karbu e.g. tipe 200, TAPI....

W124 sejak kelahirannya taun '85, UNOFFICIALLY udah menyandang 'E' klasse a.k.a. mid klassenya saloon Mercs, karena pada saat lahir, adik kelasnya si 201 udah lahir duluan taun '83, om. :) Note: 201 unofficially juga bisa disebut C klasse (walau si 'C' baru resmi ada pada versi 202) sebagai entry level saloon Mercs.

So, IMO E klasse W124 menikmati hidupnya sepanjang +- 10 taun hehehe.... '85-'95.

Lain halnya ama W123 yang memang gak punya adik kelas saat lahir taun '76, tapi akirnya di penghujung karirnya akirnya punya adik kelas si 201.

:big_peace:
Das Beste oder nichts.