[ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Pelek cupu USDM 528i
Padahal dalemnya lengkap lho...sunroof, heated steering wheel, dll. Tapi dikasi pelek kaya begitu - buta apa gila? :p
Maksud om Hansen gak mau ganti selain yg punya BMW juga ya....ic ic...salah ngerti ane.
Padahal dalemnya lengkap lho...sunroof, heated steering wheel, dll. Tapi dikasi pelek kaya begitu - buta apa gila? :p
Maksud om Hansen gak mau ganti selain yg punya BMW juga ya....ic ic...salah ngerti ane.
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Baru ada foto2 dari BB lagi.
Ngeceng dulu
Besok tak foto2 lagi pake kamera yg bener(an), sudah sampe di kampung halaman setelah 2 hari perjalanan mengarungi Pantura.
Isi bensin somewhere di Jawa Timur, kotorrrrrnya minta ampun (pelek sampe hitam). Pertamax sekarang udah buanyakkkkk.
O ya...
Harga2 spare part gak terlalu mahal kok, spesialisnya banyak. Contoh: Shock depan 2 juta, shock belakang 1 jutaan. Brake pad belakang 300 ribu. Yg mahal so far...tapi gak mahal juga buat mobil sekelasnya - Mass Air Flow sensor 1,7 juta.
Bensin 1:bangkrut kalo di macet2 Jakarta, luar kota 1:9an. Yah, namanya aja mobil nyaris 3000cc. Sebelum berangkat saya ngetes cooling systemnya di macet2 sinting kota/mangga dua.
Ngeceng dulu
Besok tak foto2 lagi pake kamera yg bener(an), sudah sampe di kampung halaman setelah 2 hari perjalanan mengarungi Pantura.
Isi bensin somewhere di Jawa Timur, kotorrrrrnya minta ampun (pelek sampe hitam). Pertamax sekarang udah buanyakkkkk.
O ya...
Harga2 spare part gak terlalu mahal kok, spesialisnya banyak. Contoh: Shock depan 2 juta, shock belakang 1 jutaan. Brake pad belakang 300 ribu. Yg mahal so far...tapi gak mahal juga buat mobil sekelasnya - Mass Air Flow sensor 1,7 juta.
Bensin 1:bangkrut kalo di macet2 Jakarta, luar kota 1:9an. Yah, namanya aja mobil nyaris 3000cc. Sebelum berangkat saya ngetes cooling systemnya di macet2 sinting kota/mangga dua.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
om FM, request bikin thread baru donk.. cerita tentang bagaimana proses pemilihan e39 nya ini.. terus proses restorasinya apa aja dan biaya nya berapa aja tuh.. seperti thread camry nya kemarin gitu..
ane ngiler banget nih kl ngeliat e39, apalagi warna silver.. heheheh..
ane tebak deh 528i facelift tahun 2000..
ane ngiler banget nih kl ngeliat e39, apalagi warna silver.. heheheh..
ane tebak deh 528i facelift tahun 2000..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
keliatan nya dari sela2 antara bemper-headlamp kok kaya keluar air kotor dr situ ya oom? apa ga pake penutup fender ya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Mercs lover. Tapi jelas milih E39 ke mana2 dibanding si fugly W210. E klasse bertampang terbodoh sepanjang masa.
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
e38-e39 emang the best design imho
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Weleh, air dari mana mana om...nyiprat dr mobil lain, genangan air, lumpur di perbaikan jalan. Om doq perawan jalan jauh di Indonesia raya tercinta ya? :p Tuh lampunya yg satu sampe abu2 warnanya wkwkwkwk...doq wrote:keliatan nya dari sela2 antara bemper-headlamp kok kaya keluar air kotor dr situ ya oom? apa ga pake penutup fender ya?
Ane bingung di JAWA aja begini - apalagi di Sulawesi, Kalimantan. Paling enak pengalaman ane sih jalan2 di Bali - rata2 mulus sampe ke desa2.
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
@bivanos
Udah telanjur disini...males lagi bikin thread baru wkwkwk...kalo Mod mau pindahin monggo
More pics...biar ente tambah ngiler hihihi
Side Profile
Dari Belakang
Driver's door - memory seats/side airbag
Tombol power window buat kaca supir udah memudar - gampang diperbaiki, kalo di Jakarta. Di daerah...gak tau :p
Udah telanjur disini...males lagi bikin thread baru wkwkwk...kalo Mod mau pindahin monggo
More pics...biar ente tambah ngiler hihihi
Side Profile
Dari Belakang
Driver's door - memory seats/side airbag
Tombol power window buat kaca supir udah memudar - gampang diperbaiki, kalo di Jakarta. Di daerah...gak tau :p
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Proses pemilihan saya agak asal2an kok, gak di rekomendasikan. Mobil baru nongol di dealer, belon di poles2, malah uang receh pemilik sebelumnya masih ada. Hmmm...ini mobil masih dipake sehari hari (bagus). Liat body masih bagus, interior masih decent. Pelek udah ganti versi E39 Euro. Dari tampang udah OK, soalnya gak bakal dikasi ganti pelek ama bini he he.bivanos88 wrote:om FM, request bikin thread baru donk.. cerita tentang bagaimana proses pemilihan e39 nya ini.. terus proses restorasinya apa aja dan biaya nya berapa aja tuh.. seperti thread camry nya kemarin gitu..
ane ngiler banget nih kl ngeliat e39, apalagi warna silver.. heheheh..
ane tebak deh 528i facelift tahun 2000..
Trus test drive - tes kinerja transmisi dan ABS, make sure pergerakan transmisi gak ada jedug2nya, pencet rem sampe ABS nya nyala. Kaki2 tes gak bunyi2 berlebihan, puter setir kiri kanan. Jemur di matahari sejam pake AC, make sure jarum panteng ditengah gak bergerak. Power window/door lock/audio cek masih jalan gak.
Udah tanda jadi - that's it. Saya gak mengharapkan perfection dr mobil setua ini, pokoknya yg penting2 masih OK. Justru serunya restorasinya hehe...namanya juga hobby.
Kenapa saya pilih E39?
1. Tampang aduhai
2. Performance/Features mantab
3. ABG/anak2 kuliahan jarang yg berani pelihara (gak kaya E-Class, 3-series, C-Class). Coba aja ke ITC Fatmawati - penuh sama yg tiga ini. E39 jarangggg...
Proses restorasinya pelan2...ntar balik ke Jakarta dulu baru deh mulai lagi. Di Denpasar ntah dimana pusat onderdilnya...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
wooo soale dulu di baenol pernah ga pake penutup fender oom, jadi nya kaya digambar gitu klo lewat jalan basah.......keluar air dr celah antara bemper-headlampFortunerMan wrote:Weleh, air dari mana mana om...nyiprat dr mobil lain, genangan air, lumpur di perbaikan jalan. Om doq perawan jalan jauh di Indonesia raya tercinta ya? :p Tuh lampunya yg satu sampe abu2 warnanya wkwkwkwk...doq wrote:keliatan nya dari sela2 antara bemper-headlamp kok kaya keluar air kotor dr situ ya oom? apa ga pake penutup fender ya?
Ane bingung di JAWA aja begini - apalagi di Sulawesi, Kalimantan. Paling enak pengalaman ane sih jalan2 di Bali - rata2 mulus sampe ke desa2.
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Interior
Akhirnya ke foto juga pake kamera yg bener(an)
Engine bay kotor (belum nyalon)
Last edited by FortunerMan on Tue Dec 27, 2011 14:10, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
mantap dah.....hehehe
PR nya apa aja oom?
PR nya apa aja oom?
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
PR nya
- tombol seat adjuster supir hilang satu (cari2 dulu - gak gitu penting)
- shock belakang sama ball joint (Boge - kira2 3 juta) - harus segera
- setir agak keletek sedikit kalo kena lubang tajam (steering rack copotan 3,5 juta) - kapan2 aja
Yg kepengen
- karpet BMW yg seperti ori (1 jutaan)
- strut bar (biar keren aja...haha...ntah berapa)...nyang seperti ini
- tombol seat adjuster supir hilang satu (cari2 dulu - gak gitu penting)
- shock belakang sama ball joint (Boge - kira2 3 juta) - harus segera
- setir agak keletek sedikit kalo kena lubang tajam (steering rack copotan 3,5 juta) - kapan2 aja
Yg kepengen
- karpet BMW yg seperti ori (1 jutaan)
- strut bar (biar keren aja...haha...ntah berapa)...nyang seperti ini
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
wakwkakwa.. bisa aje si om..FortunerMan wrote:@bivanos
Udah telanjur disini...males lagi bikin thread baru wkwkwk...kalo Mod mau pindahin monggo
More pics...biar ente tambah ngiler hihihi
Tombol power window buat kaca supir udah memudar - gampang diperbaiki, kalo di Jakarta. Di daerah...gak tau :p
ternyata dapet versi nonfacelift ya.. tapi bumper dan lampu di facelift sendiri..
enak donk ya dapet barang bagus gini ga usah capek"dandanin lagi..
kl boleh tau nebus berapa dan km berapa nih?
wah dipasangin strutbar kl ban depan kena lubang lebih berasa lagi di stir.. malah jd kurang nyaman.. sedangkan handling mobilnya walaupun standar kan udah enak.. IMO ya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
spek mesin dan transmisnya apa ya pak fm? mesinnya terlihat besar banget, kayaknya mantep nih buat digeber
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
mantab benerrrr.......makin mupeng aja wkwkwkwkw
PR cuman dikit pulak, beruntung sekali deh
PR cuman dikit pulak, beruntung sekali deh
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Feels good to be back Ini mobil bikin kangen sama E34 ane dulu. Kalo pelan2 seperti bawa truk...berat, gak ada lincah2nya. Di kasi aspal terbuka - jadi lincah dan ganas. (Mesinnya emang masih sodara deket M50 ke M52)Risol1 wrote:welcome back to BMW
tipe yg mana nih bro?
cakep dan mulus banget, pelek std nya aja udah bagus hehehe....
@evo
Mesinnya 2.8 liter, 190 hp inline-6. Very very smooth...khas banget suara BMW nya. Transmission 5-speed steptronic. Apalagi ya...electric seat di supir (+3 memory) dan penumpang - termasuk headrest, setir electric telescoping+naik-turun, 4 airbag, dual zone AC, 8-speaker audio (apa 10 ya? belon check belakang kursi) dengan CD changer model jadul di bagasi.
@doq
He he...so far so good lah - udah terbukti jalan penyiksaan 1000 km santai aja. Dicolokin diagnostic komputer juga cuman ada satu error, mass airflow sensor dan sudah diganti.
@bivanos - harga jauhhhhh dibawah cepek wkwkwk, km 169000. Ini facelift pribadinya cmmiw ngikutin 2001 530i - masih gak ada sensor parkir. Kalo model facelift emang mesinnya lebih bagus (M54), tapi 520 masih kursi gayung sendiri, AC puter2 - 530 mantap tapi harga masih diatas cepek.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
E39 kalo udah difacelift jauh banget kedongkrak tampangnya
Apalagi kalo malem pas angel eyesnya nyala, udah gak beda sama E60.
Interior juga masih khas BMW (bagusan ini daripada E90/E60 yg semuanya lurus2 minim tombol).
Pelek mah gak usah diganti bro....yg ini udah cakep. Gak kecil dan gak gede banget alias masih empuk buat dibawa keluar kota. Asal cat masih kinclong/lampu2 gak butek, ni mobil masih high class tampangnya
Kalo disini (indo) emang cocok ambil BMW atau Mercedes buat mobil hobi, gak rewel banget tapi makenya uenak....dibanding piara merek2 kaya volvo/pug/audi jadul yg lebih susah/mahal rawatnya, abis itu naiknya gak senikmat ni duo jerman.
Apalagi kalo malem pas angel eyesnya nyala, udah gak beda sama E60.
Interior juga masih khas BMW (bagusan ini daripada E90/E60 yg semuanya lurus2 minim tombol).
Pelek mah gak usah diganti bro....yg ini udah cakep. Gak kecil dan gak gede banget alias masih empuk buat dibawa keluar kota. Asal cat masih kinclong/lampu2 gak butek, ni mobil masih high class tampangnya
Kalo disini (indo) emang cocok ambil BMW atau Mercedes buat mobil hobi, gak rewel banget tapi makenya uenak....dibanding piara merek2 kaya volvo/pug/audi jadul yg lebih susah/mahal rawatnya, abis itu naiknya gak senikmat ni duo jerman.
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Maksudnya si jadoel ini? wkwkwkwkwkwk jelek bangetRisol1 wrote:E39 kalo udah difacelift jauh banget kedongkrak tampangnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
^ Iye, jauh kan tampangnya sama yg udah facelift angel eyes.
Mungkin juga ditambah lagi dengan cat/lampu kusam, pelek kekecilan, sen warna orange gitu hehehe....
Mungkin juga ditambah lagi dengan cat/lampu kusam, pelek kekecilan, sen warna orange gitu hehehe....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Setor jempol buat opsinya om FM. Cocok dah buat 'semi bapak2' hihihi.... Bole tau om ngangkatnya sekitaran brapa 'jauh' di bawah 100 nya? Gak usah jawab eksak kalo keberatan, mungkin sepantaran harga Estilo kondisi estede normal gitu om kepala 70an-80 kecil?
Mo ngeracunin temen nih masak uda seumuran ane 30 besar mo ngangkat Estilo buat hobi hadeh cape dah boil abegong alay gitu mending E39 ke mana2 lah secara segalanya. Estilo not bad at all tapi IMHO gak masuk ama umur dan karakter dia.
Das Beste oder nichts.
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Memang kalo sutandar dongok bener si W210 - tapi dengan pelek yang tepat, bisa jadi keren kokNightster Guy wrote:Tapi jelas milih E39 ke mana2 dibanding si fugly W210. E klasse bertampang terbodoh sepanjang masa.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
kalau udah 10 tahun bakalan banyak nih jajannya apalagi sedan BMW
coba cek atau ganti
- water temp sensor
- ISC
- radiator cap , kalau udah tua katupnya lengket
- thermostat
- water pump dan timing belt, biasa sedan di dekat timing belt
- Seal delco
lainnya mungkin di flush aja PS,trans,engine,water coolant
coba cek atau ganti
- water temp sensor
- ISC
- radiator cap , kalau udah tua katupnya lengket
- thermostat
- water pump dan timing belt, biasa sedan di dekat timing belt
- Seal delco
lainnya mungkin di flush aja PS,trans,engine,water coolant
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
Re: [ASK] 96-03 BMW 5 series E39 reliability issues
Kalo taunya cuman Timor jangan nyerocos melulu - tau malu dikit. BMW M52 gak pake timing belt
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Mon Jan 14, 2008 7:32