Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Ingin merubah A/V sistem, elekrik dan lampu di kendaraan anda? Tanyakan disini..

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

DeCrate wrote:Gue Iseng Lagi Neh Bikin Gambar Cara Pemasangan Relay: Moga Berguna dan Berkenan. Sory Gambarnya Kayak ANAK TK. hihi :big_peace:

Ada 2 type pemasangan yaitu:
1. Type Saklar Postitf : Artinya Saklar menghubungkan Kutub (+) Accu.
2. Type Saklar Negatif ( Lebih Simple) :Saklar menghubungkan rellay pada Body Mobil/ Ground.


Terserah mau pilih pemasangan type mana. Kalau Untuk pasang baru( dlm arti saklar tambahan) , type saklar negatif lebih oke.
Kalo untuk type yang udah lama/Tersedia biasanya saklar Positif( contoh pemasangan relay pada lampu utama).

Tujuan pemasangan relay adalah agar:
1. Memperbaiki Kontak , sehingga cahaya lebih terang/aliran listrik lebih lancar.
2. Menjaga keawetan Saklar( misal tombol lampu utama di dasbor/kabin), karena perannya(yg beban berat/langsung menuju lampu utama) diambil alih oleh rellay.

Sedangkan beban saklar hanya menggerakkan relay(elektromagnet) , bukan menggerakkan lampu utama. Jadi beban saklar lebih ringan.

Untuk pemakaian lampu yang ber Watt besar tanpa menggunakan Rellay , bisa membuat saklar utama(dalam kabin) menjadi terbakar/leleh.


GAMBAR 1 adalah type saklar Positif
GAMBAR 2 adalah type saklar Negatif.
Gambar type , penggambaran simple utj saklar negatif


Untuk mengetahui kaki2 A B C D , bisa dilihat pada tutup Rellay ( Ada petunjuknya).
Arah Aliran pada kaki2 Rellay itu bisa 2 arah. Jadi simple nggak usah kuatir kebalik.

Sorry kalau misalnya ada yg OOT ya?MOGA Gak Bingung Yaa. Berhubung gambarnya kurang oke.
terus terang ane agak binun neh bro, jadi klo bisa tolong dunk tampilkan yg lbh jelas lagi, misalkan aja "Arah Aliran pada kaki2 Rellay itu bisa 2 arah. Jadi simple nggak usah kuatir kebalik."
Dalam hal ini, sebaiknya kaki no: 85 adalah negatip, sedangkan no: 86 adalah positip. Wlp klo terbalik masih bisa bekerja, tapi klo ketemu relay yg ada diodenya, maka bisa dianggap rly tsb dah mati, padahal cuma terbalik aja. So sebaiknya biasakan klo pasang relay itu no 85 neg sedangkan 86 adalah positip. Nah no 30 n 87 tergantung ama keperluan. :e-whistle: :e-whistle:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

@avansa:

bro ane mo sedikit nanya, klo diliat dari tabel yg nt dah masukin, kabel 14 awg persamaannye adalah 2 m/m. iya ga?. Nah dlm hal ini pengertian 2 m/m itu apa yah?.
Sorry neh ane bukan mo ngetes, tp cuma sekedar mo tau aja pengertian nt mengenai kabel.
Nanti klo salah ane akan coba luruskan, spy bisa berguna buat semuanye neh. :ungg:
DeCrate
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Tue Dec 23, 2008 4:57

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by DeCrate »

Dalam hal ini, sebaiknya kaki no: 85 adalah negatip, sedangkan no: 86 adalah positip. Wlp klo terbalik masih bisa bekerja, tapi klo ketemu relay yg ada diodenya, maka bisa dianggap rly tsb dah mati, padahal cuma terbalik aja. So sebaiknya biasakan klo pasang relay itu no 85 neg sedangkan 86 adalah positip. Nah no 30 n 87 tergantung ama keperluan. :e-whistle: :e-whistle:[/quote]



Betul tul tul. kalo ada diodenya jadi nggak bisa ngalir listriknya kalo kebalik.
Lebih gampangnya dilepas tutup rellaynya dari situ kelihatan masing2 kaki itu berguna untuk apa , apa utk saklar , input dari aki ato menuju lampu/klakson.
Itu yang biasa gue lakukan , jadi gue nggak hafal kode 85, 86 30 ato 87.
Yang tahu :
ada 2 kaki terhubung dg kumparan elektromagnetik dan saklar ( 2 kaki utk beban ringan)
ada 2 kaki terhubung dg aki dan lampu/klakson( 2 kaki utk beban berat).
Kalau emang ada diodenya lebih baik lihat diagram di tutup rellay.

Soalnya ada juga rellay yang letak kakinya berbeda , ada juga yg punya 5 kaki ternyata 1 kakinya hanya extension dari kaki yg lain( gue tahunya setelah membuka tutup rellay).

Mengenai pertanyaan bung avanza yang tulisannya warna merah pada gambar 34:
Gue Jujur Bingung itu jalurnya kemana. Soalnya bisa kemana mana hehehehehe. Bisa ke lampu , klakson , dinamo starter , atau mungkin ke distributor ya?
Tapi yang pasti itu adalah kutub POSITIP , dan tidak terlihat kabel utk saklar.
Kalau seandainya kutub positipnya dipantek permanen ke komponen tertentu
bisa jadi saklarnya memutus/menghubungkan komponen yg bersangkutan dengan ground/ body.( Jarang)

Jadi ada kemungkinan gambar kabel saklarnya di gambar berikutnya. CMIIW.

Kalau Gue Boleh Menjawab
Mengenai pertanyaan bung POETIC , 4 lampu memakai rellay berapa.
jawabannya tergantung kebutuhan. Kalau memang ke4 lampu nyala bersama , wattnya kecil dan letaknya berdekatan, bisa saja menggunakan 2 rellay saja. 1 rellay utk 2 lampu diparalel.Asal diperhatikan daya ke2 lampu jangan melebihi kemampuan rellay.
Kelemahannya lampu yang jaraknya lebih jauh dari rellay biasanya lebih redup. Apalagi utk lampu bohlam konvensional.

Tapi biasanya memakai 4 rellay masing2 untuk 1 lampu karena lebih kuat.
Pemasangannya bisa melihat gambar TK gue yg ada sebelumnya. Masing2 lampu 1 rellay. :off_sleep: :off_good_job: :off_woman: :off_man: :off_good: :off_ladies: :big_peace: :glodak: :ungg:
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by avansa »

yanag hini Bos..?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

avansa wrote:yanag hini Bos..?
betul sekali, ini yg ane tunggu2, tapi tolong dong sekalian ama tabel persamaan antara awg dg m/m, spy ane bisa kasih penjelasannye. Tapi pikir2 ane bahas sedikit dulu aja dah. Begini neh, klo nt liat gambar tsb, maka menunjukkan diameter kabel n klo di bawahnye ada tabel persamaan antara awg dg m/m, maka kesimpulan nt itu apa?. Dugaan ane neh, misalkan awg 14 dg persamaan dalam m/m adalah 2 m/m. Bearti juga kabel dg ukuran awg 14 ato 2 m/m itu lingkaran luarnye khan 2 m/m. betul apa kaga hayoo?. Nah dari gambar tsb aja dah NGACO tuh forum menulisnya yg bisa berakibat membingungkan bagi yg awam. Lantas klo kita mo beli kabel dg ukuran 5 m/m itu bilangnya apa yah? :e-think: :e-think:

Nah untuk meluruskan hal ini ane kasih tau klo gambar yg nt maksud itu adalah lingkaran luarnye ato klo dalam bahasa perancis kuno disebut "outer diameter", sedangkan klo kabel dg ukuran 14 awg ato 2 m/m, bearti isi ato konduktornye aja yg berpenampang 2 m/m, sedangkan lingkaran luarnye lbh besar dari 2 m/m tergantung dari spesifikasi dari kabel tsb. Ada yg 3 m/m ada yg 5 m/m bahkan ada yg lingkaran luarnya mencapai 10 m/m spt pada kabel busi. Jadi sekali lagi ane tegaskan klo forum tsb kaga benar menulisnye ato ngaco. :e-doh:

Ampe disini apakah masih ada pertanyaan?. Klo masih ada silahkan posting lagi aja yah.......... :e-whistle:
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by avansa »

Tabel ini yang Pak Prof minta..sori ane titipin ame istri ke dua ane.Soalnya Istri ke pertama ane minta antar shoping. :mrgreen:
Image
Image
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by avansa »

Bro AWG etoh singkatan apa ...kalau metric itu satuan meter untuk kabel ya bro..? ane bingung neh :e-doh:
Trus apa setiap penambahan elektrik unit,misalnya ane tambahin tv atau sib wower di mobil juga harus pasang relay.. :e-think:
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

avansa wrote:Bro AWG etoh singkatan apa ...kalau metric itu satuan meter untuk kabel ya bro..? ane bingung neh :e-doh:
Trus apa setiap penambahan elektrik unit,misalnya ane tambahin tv atau sib wower di mobil juga harus pasang relay.. :e-think:
AWG itu klo kaga salah singkatan dari American Wire Gauge, spt biasa ato kebiasaan di amrik klo ngukur itu pake inch. Nah klo metric itu dalam meteran, bisa pake m/m ato meter ato km dsb.
Nah, klo dalam inch itu 14 AWG, maka dalam persamaan dg metric itu adalah 2 m/m (apr) artinya adalah konduktornya / isinya / kawatnya yg terdapat di dalam kabel itu adalah berpenampang sekitar 2 m/m. Jadi secara isinye aja neh, sedangkan lingkaran luarnye adalah lebih besar dari 2 m/m n disebut dengan istilah outer diameter (OD). Sekali lagi neh pengertian kabel antara OD dengan konduktor itu berbeda. Trus yg pertama kali nt tanyakan ama ane di thread lain itu menunjukkan diameter, tapi oleh si penulisnye kaga disebutkan klo yg dimaksud dengan diameter di kabel itu apa. Makanye ane bilang tulisan itu adalah NGACO.
Sebagai akibat dari ngaconya tulisan tsb bisa menimbulkan salah pengertian dlm hal membeli kabel n bisa juga mengakibatkan kerugian bagi orang yg kaga ngarti. Contohnya adalah sbb:
Saat membangun rumah biasanya ahli listrik menganjurkan ukuran kabel tertentu buat instalasi rumah yg dibangunnye. Katakanlah dianjurkan memakai kabel ukuran 2,5 m/m sq, yg bearti isi dari kabel ato konduktornye aja yg berpenampang 2,5 m/m sedangkan ukuran luarnya lebih besar lagi, bisa aja 3,5 ato 4 m/m. Klo aja si empunya rumah membeli kabel yg ukuran luarnya 2,5 m/m, maka isinye ato konduktornye itu lbh kecil (kira-kira 1,5 m/m sq) yg secara pemakaian beban yg bisa dilewati arus listrik jadi lbh kecil. Seandainya ampe terpasang trus terjadi kebakaran, siapa yg mau bertanggung jawab?. Apakah si ahli listrik yg disalahkan ato si empunya rumah krn salah membeli kabel?.

Oleh sebab itu harus diperhatikan perbedaan antara diameter luar dengan konduktornya, spy tidak terjadi hal2 yg bisa merugikan si pemakenye.

ampe disine ngarti apa kaga neh mas bro avansa?. :e-think: :e-think:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

avansa wrote:Tabel ini yang Pak Prof minta..sori ane titipin ame istri ke dua ane.Soalnya Istri ke pertama ane minta antar shoping. :mrgreen:
Image
Betul tabel tsb.
Lohhhh bukankah yg minta diantar shoping itu istri ke lima?.......... :ngacir: :ngacir:

btw masukin tabelnye jangan dipisah dunk dgn yg ada lingkaran luarnye. Digabung geto, spy bisa terlihat perbedaannye, spt yg nt tanya pertama kali (di thread yg lain).
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

@avansa:
setelah mencari2 tulisan nt ternyata ada disene neh http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=100

Yg ane mau itu gambar yg nt masukkan disitu ditampilkan lagi disene biar jelas gitu loh, tapi jangan dipotong2 gambarnye yah....

btw yg nt tanya :" ini nyambung apa kaga yah"
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by avansa »

okre bos
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
yunan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by yunan »

wah topik yg sangat menarik..........
lanjut trussss
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by avansa »

yunan wrote:wah topik yg sangat menarik..........
lanjut trussss
Ayo Bos banyak bertanya tentang kabel..dan jepitanya di sini ada Prof Sjamjul yang akan menyelesaikan masalah tanpa masalah dalam waktu cepat. :e-whistle:
Image
macan_arena
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Mon Apr 02, 2007 9:01

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by macan_arena »

sjamsul wrote:
nama tokonye "bimasakti", alat tsb biasanye disebut dg crimping tools, tapi yg perlu diperhatikan adalah yg pake rachet, jadi kekuatan jepitnya bisa sama tiap kali nt jepit terminal. Jika dibandingkan dg alat2 yg biasa nt pake mah jauh lbh efisien. Ane kasih tau neh, alat tsb relatip mahal (yg spt ane punya), oleh sebab itu nt bisa beli yg spt ane punya di toko tsb. Sebaiknya nt bawa contoh terminal yg akan dijepit, krn jenis alat ini cukup banyak (spy kaga salah beli).ok.

btw emang lokasi nt ada dimana n biasanye buat jepit terminal apaan neh (klo boleh tau)?. :e-think:
Lokasi masih di jkt aja bang, kgk jauh2x dari glodok cuma 1/2 jam doank. btw toko "bimasakit" ehh "bimasakti ada dimana tuch??? pernah denger2x harganya mencapai 250k, bener nggak??

sorry baru baless, abiz liburan, hahahaha. buat jepit terminal listrik mobil ataw apalah nama kerennya pokoknya terminal yang buat mobil bukan untuk rumah.

thanksss

HAPPY NEW YEARRRRRRRR
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by avansa »

Bro Sjam...Kok sepi..si kecil masih sakitkah...semoga baik baik saja. :e-pray:
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

avansa wrote:Bro Sjam...Kok sepi..si kecil masih sakitkah...semoga baik baik saja. :e-pray:
si kecil sdh sembuh, tapi anenya rada sibuk isi acara natalan n taon baru, jadi dlm beberapa hari terakhir jarang ol. thanks.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

macan_arena wrote: Lokasi masih di jkt aja bang, kgk jauh2x dari glodok cuma 1/2 jam doank. btw toko "bimasakit" ehh "bimasakti ada dimana tuch??? pernah denger2x harganya mencapai 250k, bener nggak??

sorry baru baless, abiz liburan, hahahaha. buat jepit terminal listrik mobil ataw apalah nama kerennya pokoknya terminal yang buat mobil bukan untuk rumah.

thanksss

HAPPY NEW YEARRRRRRRR
bimasakti adanye di glodok yg banyak jual peralatan buat bengkel dll. Klo mau nanti saat ane kesana bisa ditanyakan no tlp nya n nanti ane pm no tlpnya. Klo masalah harga sebaiknya nt tanyakan aja langsung ama si penjualnye. Sekali lagi ane kasih tau yah, klo pergi ke sana sebaiknya nt bawa contoh terminal yg akan dipake, krn jenis crimping tool itu ada banyak, spy nt kaga salah beli.

Disini maksud ane bukan mau tau usaha nt, tapi sekedar ingin tau jenis terminal yg dipake nt aja, spy ane bisa kasih masukan jenis crimping tool yg mana yg nt butuhkan.

so klo bertanya jangan malu2, ntar jadi binun sendiri. Klo dah binun ane kaga tanggung jawab lohhhh..............

btw klo memungkinkan sebaiknya dipotoin aja trus nt posting poto terminalnye. ok. :e-whistle:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

avansa wrote:okre bos
ane binun neh, kenapa ane quote tapi gambar nt kok kaga muncul sih?.

Tapi ane coba jelaskan lagi neh, pengertian "diameter kabel (m/m persegi)" klo diliat dari poto yg nt berikan itu SALAH. Diameter yg dimaksud gambar tsb adalah lingkaran luar ato dalam bahasa sononye disebut dengan "outer diameter" ( OD ), sedangkan tabel yg di bawahnye menunjukkan luas penampang dari konduktor kabelnye (isinye aja).

Supaya lbh ngarti lagi ane ingatkan neh klo awg 14 persamaan dalam m/m adalah 2 m/m sq artinye luas penampang dari konduktor kabel ukuran tsb adalah 2 m/m sq, sedangkan OD nya lbh dari 2 m/m, bisa 3 ato lebih dari 3 m/m (tergantung dari jenis kabelnya). Bukan dalam m/m sq.

Sekarang ane mo tanya neh, klo nt mo beli kabel ukuran 2 m/m itu gimana?. Apakah nt beli yg ukuran luarnye 2 m/m ato nt liat dari isinye aja?.
Yg benar adalah nt liat isinye, bukan lingkaran luarnye. Ada rumus menghitung besarnya kabel neh, apakah nt perlu?. :e-think:

Satu lagi neh, tabel yg satu lagi itu ngaco.
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by wongcilik »

sjamsul wrote:
avansa wrote:okre bos
ane binun neh, kenapa ane quote tapi gambar nt kok kaga muncul sih?. ..........
Saya bantu dikit mas bro sjamsul, itu karena tabel2/pic-nya dalam bentuk attachment (bukan link), untuk detail-nya aku PM aja yaach..... :) :frm_salut: :big_peace:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

@wongcilik:

ok, thanks.
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by wongcilik »

sjamsul wrote:@wongcilik:

ok, thanks.
Sama2 mas bro sjamsul :) :frm_salut: :big_peace:
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by avansa »

wongcilik wrote:
sjamsul wrote:
avansa wrote:okre bos
ane binun neh, kenapa ane quote tapi gambar nt kok kaga muncul sih?. ..........
Saya bantu dikit mas bro sjamsul, itu karena tabel2/pic-nya dalam bentuk attachment (bukan link), untuk detail-nya aku PM aja yaach..... :) :frm_salut: :big_peace:
emang nggak bisa di pasang di sini Bro Mas Wong cilik..bisa dung kalau pikelnya ke gedean,masukin aj ke photobucket lah dari sana copas linknya Ocre..
Hayo Bro Sjam yang di dapet dari Bro Wong Cilik bagi di sini :shrug:
Image
macan_arena
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Mon Apr 02, 2007 9:01

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by macan_arena »

bang sjamsul ini gambar untuk terminalnya

thankss
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
macan_arena
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Mon Apr 02, 2007 9:01

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by macan_arena »

Yuhuuu bang Sjamsul, kemanakah dirimu???

hahahahaha
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

macan_arena wrote:Yuhuuu bang Sjamsul, kemanakah dirimu???

hahahahaha
yesss..... ane hadir kembali. Sorry agak telat, krn sedikit sibuk mencari sesuap nasi. hehehe....
:big_peace: