Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Ingin merubah A/V sistem, elekrik dan lampu di kendaraan anda? Tanyakan disini..

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

didietkeren wrote:Mereknya Kawasaki ZX130, sperti di gambar profil saya..
Trus ada lagi info dari teman, pasang kaki relay yg (+) di jumper... ada juga yang bilang ambil listrik dari kontak..

Misal saya ambil dari aki berarti panjang kabel sekitar 80cm.. wajib pake kabel yang setebal apa? (saya dah punya kabel yg harganya 5000/m (kabel rada gede) dan 2500/m (kaya dua kabel ditempelin) (maaf ga apal ukuran diameter, cuman tau harganya)

Skarang dah pasang klaksonnya di posisi klakson std, tanpa relay/skring, jarang dipencet lama2, kuatir ntar malah ngrusak bagian lain (karena lom pake relay & sekring), suara sih sementara ini cukup lantang.. mudah2an ntar kl pasang kabelnya bener bisa tambah kenceng.. (tapi sekenceng2nya denso kijang, masih cukup sopan)
oh.. rupanya kawasaki......
kaki relay dijumper ane ga ngarti maksudnya bro.... apakah maksudnya kabel + nya disambung dg kaki no 86, jadi ga ambil stroom dari aki..... klo benar hal ini sama aja dg ga pake relay bro.... trus klo ambil listrik dari kontak, sebaiknya dihindarkan, takutnya akan menggangu kelistrikan mtr nt sendiri..... so klo mau aman 'harus' ambil positip langsung dari aki, buat supply kebutuhan klakson.....

nt dah coba apa belon saran ane , yaitu terminal original klakson langsung dimasukkan ke kaki relay no 85 n 86...... :e-think:

btw lokasi nt di kota mana yah........... klo dekat dg tempat ane........ silahkan mampir......... nanti ane akan kasih pengarahan....... :e-whistle:
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by didietkeren »

Akhirnya selesai pasang klakson denso, relay, sekring dan perkabelannya.. :)

Bahan2:
kabel total skitar 2 meter (d=2,5 cm -> 1m & d=0,75 cm ->1 m)
skun cowo & skun cewe serta kondomnya (jumlah tergantung pemasangan, siapin aja @10-15)
terminal ring 2 buah (yg untuk aki dan untuk ground)
timah solder 0,5-1 m
solder
isolasi listrik (item)
tang krimping
tang biasa
gunting/cutter
dobel tape tebel
relay kaki 4
slot relay kaki 4
skema rangkaian

Listrik ambil langsung dari aki (+), dikasi sekring 10A, sambung ke kaki relay 30 (ngga pake jumper kaki relay (+))
Kabel klakson std masing2 sambung ke kaki 85 dan 86.
Satu skun klakson sambung ke kaki relay 87
Satu skun klakson yang lain sambung ke ground pake terminal ring
Antar klakson di paralel

Kurang lebih seperti ini rangkaiannya (dari saft7.com):
Image

Naroh slot relay di atas kunci kontak, tempel pake dobel tape yg tebel.
Image

Posisi klakson di tempat klakson std, tinggal tekuk penyangga klakson supaya muat dan ngga bersentuhan (kalo bersentuhan bunyinya jelek).
Image

Kabel ground dari klakson dibaut ke rangka.
Image

Sekring (antara aki (+) & relay kaki 30) pasang di bagasi atas aki
Image


Ternyata mudah.. :D

(kalo salah tempat, pm aja yach.. ntar di pindah)
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

wah.... selamat yah bro didiet............. dah berhasil nihh...... :frm_tumbright:

btw di gambar terakhir ane liat kabel sikringnya seperti terjepit deh........... klo bisa usahakan agar kabel sikringnya ga terjepit... guna mengurangi resiko kabelnya jadi rusak...... trus satu lagi ... relaynya klo bisa jangan dikasih dobel tape, tp diikat... spy ga ada resiko dobel tapenya lepas.......

hasilnya gimana bro.... setelah pake relay.... apakah lbh kenceng ato sama aja.............. :e-think:
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by didietkeren »

sjamsul wrote:wah.... selamat yah bro didiet............. dah berhasil nihh...... :frm_tumbright:

btw di gambar terakhir ane liat kabel sikringnya seperti terjepit deh........... klo bisa usahakan agar kabel sikringnya ga terjepit... guna mengurangi resiko kabelnya jadi rusak...... trus satu lagi ... relaynya klo bisa jangan dikasih dobel tape, tp diikat... spy ga ada resiko dobel tapenya lepas.......

hasilnya gimana bro.... setelah pake relay.... apakah lbh kenceng ato sama aja.............. :e-think:
Ntu kabel skring kejepit sama tutup aki (plastik rada elastis), nampaknya ga merusak kabel.. di sebelah sekring sebenarnya ada capacitor bank, sama kejepit gitu kabelnya juga dah setahun, kabelnya masih baik2 saja.

Mengenai relay..yang ditempel itu slot relaynya, relaynya sendiri lupa di iket ke slot :ungg:
iya juga sih, kuatir kl relay atau slot nya copot ditengah jalan... makasih bro Sjamsul atas peringatannya :)

Hasilnya.. kayanya beda tipis (ngga terlalu merhati in jg sih sebelum vs sesudah pasang relay) .. tp yang pasti sekarang lebih tenang pas nglakson, soalnya dah pasang relay.. (ga kuatir saklar klakson kebakar)..

Pertanyaan:
1.
a. Oya bro, ntu kalo kaki relay yang (+) 30 & 85 kalau di hubungkan (jumper), efeknya ky gimana...

kaki 30 kan nyambung lgsg ke aki (via sekring tambahan 10A)
kaki 85 dari salah satu kabel klakson std (dari aki & sekring 10A ori, via saklar klakson CMIIW, soale kl kontak on, mesin off, klakson tetep bisa nyala)

b. Kira2 arus listriknya akan lebih milih lewat jalur yang mana?

2.
Mungkinkah menambahkan sumber arus ke klakson dari kiprok juga (selain dari aki)? kalau mungkin, apa saja yg perlu diubah, serta efek sampingnya (-->mudah2an klakson tetep kenceng & aki lebih awet karena dapat bantuan arus dari kiprok)

Makasih ya bro sjamsul..


(dah kaya soal ujian aja yach.... :e-whistle: )
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by didietkeren »

didietkeren wrote: kaki 85 dari salah satu kabel klakson std (dari aki & sekring 10A ori, via saklar klakson CMIIW, soale kl kontak on, mesin off, klakson tetep bisa nyala)
ralat bro.. mungkin lebih tepatnya kaki 85 terhubung dengan kabel klakson std yang positif, masih ngga yakin lokasi saklar klakson sebelum atau setelah klakson)
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

didietkeren wrote: Ntu kabel skring kejepit sama tutup aki (plastik rada elastis), nampaknya ga merusak kabel.. di sebelah sekring sebenarnya ada capacitor bank, sama kejepit gitu kabelnya juga dah setahun, kabelnya masih baik2 saja.

Mengenai relay..yang ditempel itu slot relaynya, relaynya sendiri lupa di iket ke slot :ungg:
iya juga sih, kuatir kl relay atau slot nya copot ditengah jalan... makasih bro Sjamsul atas peringatannya :)

Hasilnya.. kayanya beda tipis (ngga terlalu merhati in jg sih sebelum vs sesudah pasang relay) .. tp yang pasti sekarang lebih tenang pas nglakson, soalnya dah pasang relay.. (ga kuatir saklar klakson kebakar)..
maap bro didiet...... untuk memudahkan memberikan komentar, maka ane bagi dua yah komentar dari ane...

ups... sorry.... ane kirain penutupnya dari plat......... klo dari plastik sih ga masalah.......

apakah slot relay itu maksudnya soket relay............ klo benar, sebaiknya dicari posisi berdiri, jangan tiduran spt nampak di gambar nt..... gunanya adalah jika terkena air, maka airnya akan turun alias ga akan tersimpan atau tertahan di soket rly tsb........ trus klo bisa diikat pake tie rap atau insulok (klo ada).... memang agak repot di awalnya, tp khan diharapkan hanya repot sekali aja n ga bikin repot di kemudian hari.....
u r welcome.....

Secara hasil, biasanya lbh baik..........
lbh tenang n lebih puas, krn bisa dikerjakan sendiri............. :frm_tumbright:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

didietkeren wrote: Pertanyaan:
1.
a. Oya bro, ntu kalo kaki relay yang (+) 30 & 85 kalau di hubungkan (jumper), efeknya ky gimana...

kaki 30 kan nyambung lgsg ke aki (via sekring tambahan 10A)
kaki 85 dari salah satu kabel klakson std (dari aki & sekring 10A ori, via saklar klakson CMIIW, soale kl kontak on, mesin off, klakson tetep bisa nyala)

b. Kira2 arus listriknya akan lebih milih lewat jalur yang mana?

2.
Mungkinkah menambahkan sumber arus ke klakson dari kiprok juga (selain dari aki)? kalau mungkin, apa saja yg perlu diubah, serta efek sampingnya (-->mudah2an klakson tetep kenceng & aki lebih awet karena dapat bantuan arus dari kiprok)

Makasih ya bro sjamsul..


(dah kaya soal ujian aja yach.... :e-whistle: )
jawaban:
1.a. klo digabungkan, ada kemungkinan klakson bisa idup, wlp kunci kontak di posisi off............... jadi sebaiknya dipisahkan, jangan dijumper (klo arti dari jumper adalah digabung).......
penjelasan:
ane akan kasih contoh pada mobil jadul.......... biasanya saklar klakson itu negatip, jadi saat ditekan, maka saklar akan mengalirkan arus negatip ke klakson, sedangkan positipnya dari kunci kontak....... makanya saat kunci kontak off......klakson ga bisa idup, krn di klakson ga ada arus positipnya.......... nah di kasus mtr nt, nampaknya spt ini........... jadi arus positip pada klakson (yg ori) dialirkan melalui kontak.......... sedangkan negatipnya berasal dari saklar........... atau bisa juga kebalikannya................. tergantung dari pabrik pembuat kendaraan masing2.....
b. ane ga ngarti maksud pertanyaannya............ klo bisa lbh diperjelas bro.. ok......

2. Ga perlu dilakukan, krn hanya akan bikin nt repot aja......... n dikhawatirkan akan mengganggu kerjanya sistim kelistrikan mtr nt........... jadi klo hasil sekarang dah bagus......... ya udah cukup............. klo mo lbh kenceng, tinggal cari ehhh.... beli klakson yg lbh baik dari sekarang....... tp klo merasa dah cukup kenceng, sebaiknya dipake aja dulu.....................
u r welcome.....

btw ane sih ga mau bilang2 neh........... klo ane juga suka gonta ganti klakson............... biar ga bosen gituuu............. wakakakaka....... :big_peace:
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by didietkeren »

sjamsul wrote:apakah slot relay itu maksudnya soket relay............ klo benar, sebaiknya dicari posisi berdiri, jangan tiduran spt nampak di gambar nt..... gunanya adalah jika terkena air, maka airnya akan turun alias ga akan tersimpan atau tertahan di soket rly tsb........ trus klo bisa diikat pake tie rap atau insulok (klo ada).... memang agak repot di awalnya, tp khan diharapkan hanya repot sekali aja n ga bikin repot di kemudian hari.....
ok trims.. ntar dicari lagi posisi soket relay yang berdiri... cari baut bodi/rangka yang bisa diberdayakan..
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by didietkeren »

sjamsul wrote:jawaban:
1.a. klo digabungkan, ada kemungkinan klakson bisa idup, wlp kunci kontak di posisi off............... jadi sebaiknya dipisahkan, jangan dijumper (klo arti dari jumper adalah digabung).......
penjelasan:
ane akan kasih contoh pada mobil jadul.......... biasanya saklar klakson itu negatip, jadi saat ditekan, maka saklar akan mengalirkan arus negatip ke klakson, sedangkan positipnya dari kunci kontak....... makanya saat kunci kontak off......klakson ga bisa idup, krn di klakson ga ada arus positipnya.......... nah di kasus mtr nt, nampaknya spt ini........... jadi arus positip pada klakson (yg ori) dialirkan melalui kontak.......... sedangkan negatipnya berasal dari saklar........... atau bisa juga kebalikannya................. tergantung dari pabrik pembuat kendaraan masing2.....
b. ane ga ngarti maksud pertanyaannya............ klo bisa lbh diperjelas bro.. ok......
Maksudnya begini bro (contoh skema di Yamaha Scorpio):
Image
di gambar terlihat kaki 30 & 85 berhubungan langsung..
jadi dari aki->sekring->30 & 85.... saya jg rada bingung sih tentang pertanyaan saya sebelumnya.. :e-doh:
sjamsul wrote: btw ane sih ga mau bilang2 neh........... klo ane juga suka gonta ganti klakson............... biar ga bosen gituuu............. wakakakaka....... :big_peace:
asikkk.. koleksi klaksonnya banyak dong..
btw saya tadi nemu klakson keong FIAMM (ntah bekas mobil apa) dah berdebu & ada sarang laba2nya di tempat kerja.. besok2 tes FIAMM ahh x aja masi bagus/berfungsi..

Oya, kabarnya kl pake relay, listrik aki juga kepake buat aktifin relay, kira2 signifikan gak konsumsi listriknya?
Aki ZX130-ku cuman 3,5 ampere.. :oops:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

didietkeren wrote: di gambar terlihat kaki 30 & 85 berhubungan langsung..
jadi dari aki->sekring->30 & 85.... saya jg rada bingung sih tentang pertanyaan saya sebelumnya.. :e-doh:
hmm...... klo diliat dari gambar tsb n switch (tombol klakson) pake masa, bearti klakson bisa idup saat posisi kunci kontak off...... , krn ada stand by positip di terminal 85...... nah klo ga salah nangkap, maksud nt khan ga mau saat posisi kunci kontak off, klakson bisa dibunyikan.... oleh sebab itu terminal 85 jangan digabung dg 30............ untuk memastikannya coba nt ambil test pen dc.......... trus liat di terminal original klakson..... apakah saat kunci kontak on.... ada arus positip di salah satu terminalnya........ n arus tsb akan ilang saat kunci kontak di posisi off..... klo dah ketemu, sebaiknya dipisahkan terminal tsb ... jadi jangan digabung dg 30.....

tp klo ga ada arus positip saat dicoba, bearti ada kemungkinan arus tsb adalah listrik ac......... klo dah demikian......... ga bisa dirubah2 lagi..... secara ane pernah tulis..... klo di mtr kawasaki kaze itu terminal dari klaksonnya ga bisa menggerakkan relay...........
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

didietkeren wrote: asikkk.. koleksi klaksonnya banyak dong..
btw saya tadi nemu klakson keong FIAMM (ntah bekas mobil apa) dah berdebu & ada sarang laba2nya di tempat kerja.. besok2 tes FIAMM ahh x aja masi bagus/berfungsi..

Oya, kabarnya kl pake relay, listrik aki juga kepake buat aktifin relay, kira2 signifikan gak konsumsi listriknya?
Aki ZX130-ku cuman 3,5 ampere.. :oops:
banyak sih kaga......... paling2 cuma 5 macam aja sihh......

sipp...... jadi bisa gonta ganti klo dah bosen yahhh.............

klo cuma buat aktifin rly aja sih ga masalah.......... krn kecil sekali pemakaian stroomnya...........yg agak besar yaitu klo buat gerakin klakson.................... tergantung dari merk klaksonnya itu sendiri......... klo klakson yg nt pake itu pemakaian stroomnya ga besar sihh....
jadi enjoy aja......... hahahaha.............. toetttttttt................. toeettttttttt....................(bunyi klakson)......................


:ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by didietkeren »

asikk suara klakson nya mantab..
cuman kadang suka mati satu, gara2 kabel ke klakson ada yang suka copot..kudu dibenerin dulu supaya ga copot2.. ganti skun atau diselotip lagi supaya aman..
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

bro didiet......... klo terminal klaksonnya cuma pake isolasi nampaknya kurang bagus deh........... ane usulkan nt pakein sleeve spt gambar di bawah ini........

smoga bermanfaat...........
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by wongcilik »

mas bro sjamsul, agak belok dikit... tapi masih masalah kelistrikan kok :) , kalo mobil yg cabin-nya sama sekali gak ada atapnya, kalo kehujanan kira2 bisa konslet and nyetroom si pengemudi gak yaach? :e-think: ........... selain itu, apakah ada kemungkinan mobilnya akan terbakar? :ungg:
(catatan : kalo kehujanan dalam waktu lama, ada kemungkinan boil-nya akan jadi aquarium :mrgreen: )
atas perhatian dan petunjuk professor, sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih hehehe :big_peace: :big_peace:
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by didietkeren »

sjamsul wrote:bro didiet......... klo terminal klaksonnya cuma pake isolasi nampaknya kurang bagus deh........... ane usulkan nt pakein sleeve spt gambar di bawah ini........

smoga bermanfaat...........
trims bro.. sebagian udah pake.. sebagian lagi lom sempet dipasang, tapi setelah bagian skun dikencangkan, sampai saat ini ga copot2 lagi.. ntar kl ada waktu luang dirapihin skalian.. :frm_salut:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

wongcilik wrote:mas bro sjamsul, agak belok dikit... tapi masih masalah kelistrikan kok :) , kalo mobil yg cabin-nya sama sekali gak ada atapnya, kalo kehujanan kira2 bisa konslet and nyetroom si pengemudi gak yaach? :e-think: ........... selain itu, apakah ada kemungkinan mobilnya akan terbakar? :ungg:
(catatan : kalo kehujanan dalam waktu lama, ada kemungkinan boil-nya akan jadi aquarium :mrgreen: )
atas perhatian dan petunjuk professor, sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih hehehe :big_peace: :big_peace:
hmmm...rada susah ane jawabnya mas bro.......... karena ane ga tau mobilnya apa....... klo mbl yg aslinya ga pake atap, menurut ane ama pabriknya dah diperhitungkan......... n penempatan kabel2 n sikring2 untuk pengamanan dah diatur sedemikian rupa, shg klo keujanan ga akan bikin korslet...... paling2 akan menimbulkan karat aja di bagian tertentu yg airnya mengendap, misalkan di bawah karpet............ klo ampe bikin si pengemudi ampe kesetroom ........ ane rasa ga mungkin, krn arus listrik di mobil khan dc......... tp ga menutup kemungkinan bisa kesetroom.... klo ada sesuatu di bagian tertentu yg rusak, misalkan kabel businya luka, trus kena bodi........... tp ini hanya dugaan aja yah......... belon pasti.....

klo ga salah ada rekan sini yg pernah kesetroom saat pegang handle pintunya deh......... tp ane lupa n ga jelas penyebabnya itu apa............

hmm..... kemungkinan mobil ampe terbakar sih bisa aja terjadi......... klo pas timbul percikan api, trus ada bahan bakar yg bocor............... nah yg paling parah klo ampe mobilnya meledak, akibat korslet............

makanya saat jepit terminal harus diperhatikan........ jangan asal jepit ajah........ selain itu perhatikan pula prosedur pemasangan aki.... sehabis ganti kabel battery........... juga bagian positipnya harus ditutup............. klo tutupan akinya yg asli dah rusak, usahakan pake penggantinya yg baik...... intinya adalah terminal positip harus diberikan penutup.................

salah satu kebiasaan pemilik mobil adalah memasang aksesories (termasuk ane)........ nah dg penambahan aksesories ini, maka terminal positip di battery akan menjadi lbh banyak kabel, shg penutup yg aslinya jadi ga muat............. banyak pemilik mbl ga sadar akan resikonya klo terminal positip ga ditutup dg baik, bisa menimbulkan hal2 yg bisa merugikan diri sendiri.......... Ane ada solusinya nih bro, yaitu pake terpal yg buat genteng...... dibentuk sedemikian rupa, shg bisa dipake buat menutup kepala aki positip............
Nanti deh ane posting gambarnya......... siapa tau bisa berguna bagi para pembaca...................

Smoga bermanfaat........
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

didietkeren wrote:
sjamsul wrote:bro didiet......... klo terminal klaksonnya cuma pake isolasi nampaknya kurang bagus deh........... ane usulkan nt pakein sleeve spt gambar di bawah ini........

smoga bermanfaat...........
trims bro.. sebagian udah pake.. sebagian lagi lom sempet dipasang, tapi setelah bagian skun dikencangkan, sampai saat ini ga copot2 lagi.. ntar kl ada waktu luang dirapihin skalian.. :frm_salut:
gini bro... sekedar usul aja yah, saat nt merapihkan kabel2nya..........

hal terburuk yg bisa terjadi adalah..... setelah sekian lama yg namanya isolasi akan menjadi tidak nempel lagi, krn kering.... shg lemnya tidak berfungsi lagi............ trus mengenai terminal, wlp dah dikencengin, suatu saat ada kemungkinan akan kendor lagi, akibat getaran dari klakson. Makanya ane menganjurkan sleeves yg ane dah posting gambarnya. Kenapa begitu..?...
Karena saat isolasi dah lepas...... trus kebetulan nempel di bodi............ ntar bisa bikin nt repot ndiri........... klo dah dipasang sikiring sih masih mending yah, tp klo kaga............. dikhawatirkan bisa merusak yg lainnya........... sedangkan klo diliat dari harganya... itu sleeve ga seberapa harganya..........

Smoga bermanfaat..............
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by Hansen »

sjamsul wrote:bro didiet......... klo terminal klaksonnya cuma pake isolasi nampaknya kurang bagus deh........... ane usulkan nt pakein sleeve spt gambar di bawah ini........

smoga bermanfaat...........

Image
om sjamsiul... :e-whistle: kalo ane sih pake heat shrink sebagai sleeve...sama saja kan om? :e-think: :e-think:
Image
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by wongcilik »

sjamsul wrote:
wongcilik wrote:mas bro sjamsul, agak belok dikit... tapi masih masalah kelistrikan kok :) , kalo mobil yg cabin-nya sama sekali gak ada atapnya, kalo kehujanan kira2 bisa konslet and nyetroom si pengemudi gak yaach? :e-think: ........... selain itu, apakah ada kemungkinan mobilnya akan terbakar? :ungg:
(catatan : kalo kehujanan dalam waktu lama, ada kemungkinan boil-nya akan jadi aquarium :mrgreen: )
atas perhatian dan petunjuk professor, sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih hehehe :big_peace: :big_peace:
hmmm...rada susah ane jawabnya mas bro.......... karena ane ga tau mobilnya apa....... klo mbl yg aslinya ga pake atap, menurut ane ama pabriknya dah diperhitungkan......... n penempatan kabel2 n sikring2 untuk pengamanan dah diatur sedemikian rupa, shg klo keujanan ga akan bikin korslet...... paling2 akan menimbulkan karat aja di bagian tertentu yg airnya mengendap, misalkan di bawah karpet............ klo ampe bikin si pengemudi ampe kesetroom ........ ane rasa ga mungkin, krn arus listrik di mobil khan dc......... tp ga menutup kemungkinan bisa kesetroom.... klo ada sesuatu di bagian tertentu yg rusak, misalkan kabel businya luka, trus kena bodi........... tp ini hanya dugaan aja yah......... belon pasti.....

klo ga salah ada rekan sini yg pernah kesetroom saat pegang handle pintunya deh......... tp ane lupa n ga jelas penyebabnya itu apa............

hmm..... kemungkinan mobil ampe terbakar sih bisa aja terjadi......... klo pas timbul percikan api, trus ada bahan bakar yg bocor............... nah yg paling parah klo ampe mobilnya meledak, akibat korslet............

makanya saat jepit terminal harus diperhatikan........ jangan asal jepit ajah........ selain itu perhatikan pula prosedur pemasangan aki.... sehabis ganti kabel battery........... juga bagian positipnya harus ditutup............. klo tutupan akinya yg asli dah rusak, usahakan pake penggantinya yg baik...... intinya adalah terminal positip harus diberikan penutup.................

salah satu kebiasaan pemilik mobil adalah memasang aksesories (termasuk ane)........ nah dg penambahan aksesories ini, maka terminal positip di battery akan menjadi lbh banyak kabel, shg penutup yg aslinya jadi ga muat............. banyak pemilik mbl ga sadar akan resikonya klo terminal positip ga ditutup dg baik, bisa menimbulkan hal2 yg bisa merugikan diri sendiri.......... Ane ada solusinya nih bro, yaitu pake terpal yg buat genteng...... dibentuk sedemikian rupa, shg bisa dipake buat menutup kepala aki positip............
Nanti deh ane posting gambarnya......... siapa tau bisa berguna bagi para pembaca...................

Smoga bermanfaat........
thanx mas bro sjamsul :) , ditunggu gambarnya yaach... :) :frm_salut: :big_peace: :big_peace:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by poeticmind »

Hansen wrote:
sjamsul wrote:bro didiet......... klo terminal klaksonnya cuma pake isolasi nampaknya kurang bagus deh........... ane usulkan nt pakein sleeve spt gambar di bawah ini........

smoga bermanfaat...........

Image
om sjamsiul... :e-whistle: kalo ane sih pake heat shrink sebagai sleeve...sama saja kan om? :e-think: :e-think:
wah sen... elo mau maen2 sama mas sjam...? kalo dia bilang A, yaaa A. elo pakein B, bakal 2 halaman dia ngomel nya ntar...

:ngacir:
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

Hansen wrote: om sjamsiul... :e-whistle: kalo ane sih pake heat shrink sebagai sleeve...sama saja kan om? :e-think: :e-think:
yes betul............ klo ada heat schrink lbh baik............ :frm_tumbright:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

poeticmind wrote:
Hansen wrote:
sjamsul wrote:bro didiet......... klo terminal klaksonnya cuma pake isolasi nampaknya kurang bagus deh........... ane usulkan nt pakein sleeve spt gambar di bawah ini........

smoga bermanfaat...........

Image
om sjamsiul... :e-whistle: kalo ane sih pake heat shrink sebagai sleeve...sama saja kan om? :e-think: :e-think:
wah sen... elo mau maen2 sama mas sjam...? kalo dia bilang A, yaaa A. elo pakein B, bakal 2 halaman dia ngomel nya ntar...

:ngacir:
bukan 2 halaman, tp 5 halaman....................... wakakakakakakaka....................... :big_weee:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

wongcilik wrote: thanx mas bro sjamsul :) , ditunggu gambarnya yaach... :) :frm_salut: :big_peace: :big_peace:
sip mas bro.......... ntar siangan yah ane akan posting gambarnya............... :e-whistle:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by poeticmind »

sjamsul wrote:
wongcilik wrote: thanx mas bro sjamsul :) , ditunggu gambarnya yaach... :) :frm_salut: :big_peace: :big_peace:
sip mas bro.......... ntar siangan yah ane akan posting gambarnya............... :e-whistle:
kalo bisa ada poto mas sjam sambil nunjuk penutupnya, senyum ya mas...

:ngacir:
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Jepit terminal yg baik n seputar permasalahannye.....

Post by sjamsul »

^^

ogahhhhh.......................takut nyaingin yg punya nyengir kuda nehhh..................... wakakakakaka.......................... :ngacir: :ngacir: :ngacir: