Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
Penggemar daihatzu past pilih taruna..tapi kalau patokan budjed 28 jeti,mesti starlet..ha.ha..ha sori kira kira ajah Om
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
klo mo lebih leluasa buat terjang banjir mendingan taruna aja, krn lbh tinggi bodinye.avansa wrote:Penggemar daihatzu past pilih taruna..tapi kalau patokan budjed 28 jeti,mesti starlet..ha.ha..ha sori kira kira ajah Om
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Thu Oct 09, 2008 1:49
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
saya lagi nyari yang power:weight nya kecil... biasanya sih kalo ketemu yang kecil rasionya, akan hemat bbm nya...
kebanyakan minibus yang lahir 4 tahun belakangan rasionya diatas 1HP:18kg... masih perlu info2 lagi biar mantap menentukan pilihan...
kebanyakan minibus yang lahir 4 tahun belakangan rasionya diatas 1HP:18kg... masih perlu info2 lagi biar mantap menentukan pilihan...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
Berarti yang pasti Taruna ke sungkur nggak masuk list boil hemat BBM,,,mini bis super hemat yah Xenia ma Apansa Bro..? lah dana udah di siapain berapa jeti bro.? He..he iseng iseng mau ikut makelarin neh nyari biolnya biar dapet ceperan he,,he,,he
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
Klo mo irit bensinnye, coba nt pikir buat nyari suzuki carry st 20 yg pake oli samping. Dah pasti irit dah............akikosukiko wrote:saya lagi nyari yang power:weight nya kecil... biasanya sih kalo ketemu yang kecil rasionya, akan hemat bbm nya...
kebanyakan minibus yang lahir 4 tahun belakangan rasionya diatas 1HP:18kg... masih perlu info2 lagi biar mantap menentukan pilihan...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Thu Oct 09, 2008 1:49
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
kekekek... ntar dimaki2 pula gara2 asepnya ngganggu pandangan orang dibelakang....sjamsul wrote:Klo mo irit bensinnye, coba nt pikir buat nyari suzuki carry st 20 yg pake oli samping. Dah pasti irit dah............akikosukiko wrote:saya lagi nyari yang power:weight nya kecil... biasanya sih kalo ketemu yang kecil rasionya, akan hemat bbm nya...
kebanyakan minibus yang lahir 4 tahun belakangan rasionya diatas 1HP:18kg... masih perlu info2 lagi biar mantap menentukan pilihan...
ada yang jual starlet ga? oops beda topik...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
budget berapa Om..?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Thu Oct 09, 2008 1:49
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
ya sekitar 40-50jt lah dengan tahun minimal 96 kesini... dapet ga ya?avansa wrote:budget berapa Om..?
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Thu Nov 13, 2008 9:05
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
wah salam kenal juga nih saya juga punya esspas thn 95 mesin baru 20.000 km jarang dipake..yang pake ya saya anaknya.saya rencana mau modif jadi model jdm....pertama kali yang saya mau modif suspensi biar gk melayang bgt...
suspensi yang pas apa ya kira kira??
demkian dan terima kasih
suspensi yang pas apa ya kira kira??
demkian dan terima kasih
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Thu Oct 09, 2008 1:49
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
sebaik-baik suspensi espass adalah standar pabrikannya... kalo mau enak, cek dulu di kaki belakang, masih pakai berapa lembar per daun di masing2 kaki? kalo mau sedikit empuk, gunakan 3 lembar saja... daun yang paling atas adalah main supportnya, lembar kedua lebih pendek dan yang ketiga biasanya udah jadi satu sama bracketnya...
semua per daun di roll ulang di tukang per... kalo ga salah ongkosnya 150rban kanan dan kiri belum termasuk ganti karet2 bushing...
ganti cartridge shock belakang... aku pakai orisinil daihatsu saja, lebih murah dan terjamin, dulu kena 180rb sepasang. mau manteb lagi? pasang stabilizer... harganya ga tahu berapa sekarang... mungkin ga nyampe 300rb.
kalau masih terasa limbung di 100kpj, coba cek per depan... hajar polisi tidur tertinggi yang pernah kamu lihat... jangan kenceng2 cukup 10kpj saja... rasakan ayunan hidungnya, berapa kali? kalo lebih dari 2 kali, berarti kamu perlu ganti per spiral dan isi ulang oli shocknya... jangan lupa ganti seal karetnya... yang abal2 cuma 50rban sepasang tapi cuma awet 2 minggu, yang ori harganya sampai 200rban sebiji tapi bisa dipake sampe mobilnya jebol...
setelah ganti hardware kaki2 depan, jangan lupa spooring lagi... kalau udah pake velg racing, balancing nya udah pernah dilakukan apa belom? ga disarankan nginjak pedal gas sampe mentok kalo velgnya masih kaleng... resiko ditanggung sendiri ...kekekek...
semua per daun di roll ulang di tukang per... kalo ga salah ongkosnya 150rban kanan dan kiri belum termasuk ganti karet2 bushing...
ganti cartridge shock belakang... aku pakai orisinil daihatsu saja, lebih murah dan terjamin, dulu kena 180rb sepasang. mau manteb lagi? pasang stabilizer... harganya ga tahu berapa sekarang... mungkin ga nyampe 300rb.
kalau masih terasa limbung di 100kpj, coba cek per depan... hajar polisi tidur tertinggi yang pernah kamu lihat... jangan kenceng2 cukup 10kpj saja... rasakan ayunan hidungnya, berapa kali? kalo lebih dari 2 kali, berarti kamu perlu ganti per spiral dan isi ulang oli shocknya... jangan lupa ganti seal karetnya... yang abal2 cuma 50rban sepasang tapi cuma awet 2 minggu, yang ori harganya sampai 200rban sebiji tapi bisa dipake sampe mobilnya jebol...
setelah ganti hardware kaki2 depan, jangan lupa spooring lagi... kalau udah pake velg racing, balancing nya udah pernah dilakukan apa belom? ga disarankan nginjak pedal gas sampe mentok kalo velgnya masih kaleng... resiko ditanggung sendiri ...kekekek...
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Thu Nov 13, 2008 9:05
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
hahahahahah.kayaknya kalo per depan masih enak...saya udah pake stabilizer..kayknya per belakang yang perlu di liat..
terima kasih atas dukungan dan bantuan nya kalo ada masalah lagi akan saya pertanyakan
terima kasih atas dukungan dan bantuan nya kalo ada masalah lagi akan saya pertanyakan
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Thu Oct 09, 2008 1:49
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
sama2 pak... dengan senang hati saya bantu solusi semampu saya... ga pengen gabung sama klub espass?
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Thu Nov 13, 2008 9:05
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
waw,di panggil pak padahal masih 17 thn nih.ahhaahah
ada club espass??blh dimananya mungkin saya bisa gabung..oh iya da masalah baru mobil saya starnya suka lama sekarang kenapa ya??sekalinya nya;a brebet gt mesinya keluar asep hitam dari mobil saya...
ada club espass??blh dimananya mungkin saya bisa gabung..oh iya da masalah baru mobil saya starnya suka lama sekarang kenapa ya??sekalinya nya;a brebet gt mesinya keluar asep hitam dari mobil saya...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
Mungkin mbl nt dah perlu di tune up, sekalian periksa businya masih bagus apa kaga.kaido wrote:oh iya da masalah baru mobil saya starnya suka lama sekarang kenapa ya??sekalinya nya;a brebet gt mesinya keluar asep hitam dari mobil saya...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Thu Oct 09, 2008 1:49
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
kaido wrote:waw,di panggil pak padahal masih 17 thn nih.ahhaahah
ada club espass??blh dimananya mungkin saya bisa gabung..oh iya da masalah baru mobil saya starnya suka lama sekarang kenapa ya??sekalinya nya;a brebet gt mesinya keluar asep hitam dari mobil saya...
umur belum bisa jadi patokan kedewasaan... hehehe...
startnya lama? kapan terakhir tune up? tune up tuh yang pokok adalah bongkar karburator untuk dibersihkan, ganti platina dan kondensor, ganti busi, dan yang optional adalah ganti filter bensin dan ganti oli kalau udah waktunya...
start lama bisa diakibatkan dari campuran bbm yang terlalu kaya. apalagi sampai keluar asap hitam... saya yakin kalau busi2nya sudah menghitam pula... kalau sudah beli busi baru, bersihkan karburator pakai carbu cleaner dari prestone atau megacool yang biasanya kemasan kaleng. cara pakainya bisa dibaca dikalengnya. kalau dua cara mandiri iu belum menyelesaikan masalah, mungkin kamu perlu ke bengkel dengan montir yang jagoan untuk mobil zebra (meski mobil remeh, tapi zebra ga segampang yang terlihat)
klub zebra sekretariatnya ada di jakarta. coba browsing ke www.daihatsuzebraclub.or.id klub itu juga punya forum yang mendiskusikan masalah2 yang ada di mobil zebra. cukup lengkap kalau hanya untuk masalah harian.
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Thu Nov 13, 2008 9:05
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
hehehheeh bener bener....
wah lupa terakhir kali tune up kapan....kira kira berapa ya??
nanti sata bawa ke bengkel buat check...maklum masih sekolah jadi duit masih seret heheheehh....
wah lupa terakhir kali tune up kapan....kira kira berapa ya??
nanti sata bawa ke bengkel buat check...maklum masih sekolah jadi duit masih seret heheheehh....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
Sedikit saran buat dik kaido, saat di tune up minta tlg ama mekaniknya tuk periksa coilnya juga yah, krn salah satu kelemahan boil ini ada pada coilnya. Salah satu ciri coil dah kaga bagus adalah klo lagi panas boil bisa mati tiba2, hal ini rasanya dah pernah dibahas, tapi drpd nt cari2 ane pikir kaga ada salahnya dah ane kasih tau. Siapa tau berguna.kaido wrote:hehehheeh bener bener....
wah lupa terakhir kali tune up kapan....kira kira berapa ya??
nanti sata bawa ke bengkel buat check...maklum masih sekolah jadi duit masih seret heheheehh....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Thu Oct 09, 2008 1:49
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
tune up rutin dilakukan tiap 5000km atau 2 bulan tergantung mana yang tercapai lebih dulu. karena yang namanya oli pelumas juga punya batasan umur, apalagi yang pertamina punya barang. ongkos kerja tergantung tiap2 bengkel. di bengkel resmi bisa sampai 400rban sekali servis, tapi dengan berbagai point2 utama. kalau di bengkel non resmi biasanya dibagi per item pekerjaan, misalnya bongkar karburator dan delco platina jadi satu item, kalau mau stel klep berarti masuk item pekerjaan baru lagi... dan begitu seterusnya....
koil espass umurnya cuma sampai 20rb km itu angka pemakaian ideal. lebih dari itu sebaiknya ganti saja dengan yang baru. harga koil dengan part berkode 001 lebih mahal daripada yang berkode 008. kalau mau cari yang ga ori, saran saya pakai yang jepang punya saja. harga terpaut 5% dari part original... kualitas hampir sama kok, asal pinter milih merknya. pilih yang kardusnya tampak bonafid... warna cerah, kertasnya tebal dan ga mudah robek kalau mau beli yang ga original.
kabel busi juga begitu... tiap 10rb km sebaiknya ganti baru. hehe... tampaknya ribet ya? ya memang begitu kalau mau punya mobil yang fit... ga pandang mahal atau murah, mau merk daihatsu atau BMW... semuanya perlu perawatan optimal...
koil espass umurnya cuma sampai 20rb km itu angka pemakaian ideal. lebih dari itu sebaiknya ganti saja dengan yang baru. harga koil dengan part berkode 001 lebih mahal daripada yang berkode 008. kalau mau cari yang ga ori, saran saya pakai yang jepang punya saja. harga terpaut 5% dari part original... kualitas hampir sama kok, asal pinter milih merknya. pilih yang kardusnya tampak bonafid... warna cerah, kertasnya tebal dan ga mudah robek kalau mau beli yang ga original.
kabel busi juga begitu... tiap 10rb km sebaiknya ganti baru. hehe... tampaknya ribet ya? ya memang begitu kalau mau punya mobil yang fit... ga pandang mahal atau murah, mau merk daihatsu atau BMW... semuanya perlu perawatan optimal...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Sun Aug 24, 2008 12:44
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
Menarik juga idenya, espass pakai turbo. Mestinya bisa kan? tipe turbo apaan ya yang paling cocok? pakai TD05 cocokkah? Trus kalau pasokan BBM-nya diganti pakai EFI, bisa kagak? piranti injeksi elektrik punya boil apa yang cocok?
Bukan buat kenceng-kencengan sih, tapi sekadar buat kenceng betulan hehehehe....... Jadi biar yang melotot diasepin espass nggak cuma yaris & vios, tapi Lancer Evo sekalian.....hahahaha.....
Trus buat modif kaki-kaki, misal per belakang yang daun diganti keong, punya apa & shock absorber-nya pakai apa juga biar top markotop.
Wah ide Mas Joko ini jadi menimbulkan inspirasi buat nge-rehab espassku.
Bukan buat kenceng-kencengan sih, tapi sekadar buat kenceng betulan hehehehe....... Jadi biar yang melotot diasepin espass nggak cuma yaris & vios, tapi Lancer Evo sekalian.....hahahaha.....
Trus buat modif kaki-kaki, misal per belakang yang daun diganti keong, punya apa & shock absorber-nya pakai apa juga biar top markotop.
Wah ide Mas Joko ini jadi menimbulkan inspirasi buat nge-rehab espassku.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
emangnye mas bro ediwarsito mo lari berapa kenceng dg mbl espassnye?.ediwarsito wrote:Menarik juga idenya, espass pakai turbo. Mestinya bisa kan? tipe turbo apaan ya yang paling cocok? pakai TD05 cocokkah? Trus kalau pasokan BBM-nya diganti pakai EFI, bisa kagak? piranti injeksi elektrik punya boil apa yang cocok?
Bukan buat kenceng-kencengan sih, tapi sekadar buat kenceng betulan hehehehe....... Jadi biar yang melotot diasepin espass nggak cuma yaris & vios, tapi Lancer Evo sekalian.....hahahaha.....
Trus buat modif kaki-kaki, misal per belakang yang daun diganti keong, punya apa & shock absorber-nya pakai apa juga biar top markotop.
Wah ide Mas Joko ini jadi menimbulkan inspirasi buat nge-rehab espassku.
sorry yah bukan bermaksud nyindir neh, sebaiknya dipikirkan dulu untung ruginya klo nt mo tambain turbo, krn setau ane mesin espas kaga di design buat pake turbo. Trus klo nt jadi pasang juga tuh turbo, sebaiknya remnya diperhatikan juga, spy jangan ampe injak rem di jakarta, berhentinye di bogor.............. bisa bahaya neh...............
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
turbo di espass mah gawat, bisa terpanggang tuh penumpang, panasnya turbo mau dibuang kemana. blon lagi plumbingnya, tempat sempit, clearance jg ga ada, rapet2 semua.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
tuhhh dengerin mas bro ediwarsito, mendingan nt urungkan niat nt buat pasang turbo di espass. Mendingan klo nt mo mbl yg larinye kenceng, sebaiknya diganti aja dg mbl lain, misalken mercy, eterna, dll.iwang wrote:turbo di espass mah gawat, bisa terpanggang tuh penumpang, panasnya turbo mau dibuang kemana. blon lagi plumbingnya, tempat sempit, clearance jg ga ada, rapet2 semua.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Thu Oct 09, 2008 1:49
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
turbo di espass? kan aku udah nulis diatas, ide pasang turbo di espass malah bakal diketawain... kehkehkeh...ediwarsito wrote:Menarik juga idenya, espass pakai turbo. Mestinya bisa kan? tipe turbo apaan ya yang paling cocok? pakai TD05 cocokkah? Trus kalau pasokan BBM-nya diganti pakai EFI, bisa kagak? piranti injeksi elektrik punya boil apa yang cocok?
Bukan buat kenceng-kencengan sih, tapi sekadar buat kenceng betulan hehehehe....... Jadi biar yang melotot diasepin espass nggak cuma yaris & vios, tapi Lancer Evo sekalian.....hahahaha.....
Trus buat modif kaki-kaki, misal per belakang yang daun diganti keong, punya apa & shock absorber-nya pakai apa juga biar top markotop.
Wah ide Mas Joko ini jadi menimbulkan inspirasi buat nge-rehab espassku.
sebenarnya mesin espass tuh udah cukup buat lari sampai batas maksimalnya... tinggal ngrapiin kaki2 aja... pake per dan cartridge depan yang lebih keras dari standarnya, dulu aku cuma pake kayaba double action 7611A dan mempertahankan per lama yang memang udah keras karena umur... per belakang yang daun di press ulang biar mobil sedikit nungging, pake cartridge standar daihatsu espass aja yang belakang plus stabilizer...
kalo mau ganti EFI, berarti ganti mesin seglondhong... mending beli mobil baru aja kali... hehe...
ohya... emang sekarang espassnya bisa lari berapa? kalo aku sih dulu cuma nyari torsi maksimum yang besar biar tarikan stop and go nya di jalan macet ga kedodoran... kalo torsi besar kan bisa ngirit bahan bakar...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
diketawain sih kaga, cuma sekedar tertawa aja (jk)............... hehehe....akikosukiko wrote: turbo di espass? kan aku udah nulis diatas, ide pasang turbo di espass malah bakal diketawain... kehkehkeh...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Thu Oct 09, 2008 1:49
Re: Upgrade Espass 1300 cc [Permisi numpang kenalan]
hahaha.... bisa aja... ntuh sama aja kaleee.....sjamsul wrote:diketawain sih kaga, cuma sekedar tertawa aja (jk)............... hehehe....akikosukiko wrote: turbo di espass? kan aku udah nulis diatas, ide pasang turbo di espass malah bakal diketawain... kehkehkeh...