Pengalaman servis di bengkel resmi.

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by sandal »

Kalo saya aman2 aja di beres. Jika garansi habis, saya cari bengkel umum deket rumah.

Kadang saya ngintip2 kerjaan beres, bahkan nunggu di depan mobil yg diservis kalo udah bosan di ruang tunggu.
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by stevenanthony »

ane selalu di beres... kata bokap gpp bayar lebih, kalo kenapa2 bisa protes ke dealernya kl ga diterima bisa protes ke atpm...
kalo diluaran dibilang ownernya gamau ganti uda gatau harus blg apa... paling tulis di internet dan mobil ttp ga solved problemnya
2015 Honda HR-V E CVT
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by kompresorz »

Entah knp klo servis ke auto 2000 malah senang...biasanya setiap beli mobil gak pernah servis ke beres sampe di jual mobilnya klo sudah gak ada gratis...

1 bulan lalu saya servis metromini yg timbul bunyi di bagian pintu kanan kiri ke auto 2000...nginap 4 hari buat cari bunyi...ternyata setelan pintu harus diangkat..kena biaya total 181 ribu..saya bilang ke SA auto 2000 murah bgt sekelas mobil metromini..dan itu mobil beli di importir umum...
di jawab ya pak di sini sama aja jasanya untuk setelan pintu....
Mknya mobil yg merk toyota akan selalu saya bawa servis ke auto 2000...
User avatar
mylandy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by mylandy »

Imo, servis di Beres seperti beli asuransi, lebih mahal tapi pikiran tenang. Kalau ada apa-apa, tinggal klaim sampai tuntas. Memang tidak semua beres bagus pelayanannya, makanya pilih yang sudah terbukti dan terpercaya.

Untuk urusan merk T, saya selalu service di a2k. Beberapa bulan yang lalu, pagi hari telpon a2k cibiru (bdg) untuk ganti wiper Ipah. Menurut bagian spare part, stock saat itu ada tapi tidak janji nanti pas datang masih tersedia karena saya tidak ngasih dp dulu. Ok, saya mengerti prosedur seperti itu karena sudah biasa di Beres Audi harus kasih dp apabila order spare part. Sore hari baru sempat ke bengkel, saya terkejut karena wiper set sudah disiapkan dan langsung dipasang. :off_good_job:

Pengalaman sebaliknya dengan Beres Audi. Saya sudah order spare-part sekitar 5 minggu yang lalu, normalnya barang akan tersedia setelah 3 minggu apabila harus impor dari singapura. Dari minggu lalu sudah dua kali nanya ke Audi Center, jawabannya akan dicek ke bagian spare part dan ditelpon balik, tapi sampai saat ini tidak ada kabar beritanya. Gak usah heran lah kalo penjualan drop sampai 50%. :off_lazy:
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by daftar »

mr_mytplx wrote:Bangkitkan trit lama.

Tiba2 baca berita seperti ini.
Musim Servis, Waspada Oknum Nakal Bengkel Resmi!

Jakarta, Otomania – Sudah jadi rahasia umum, mekanik atau ”oknum orang dalam” di bengkel resmi berbagai merek mobil atau sepeda motor di Indonesia, ”suka” ambil keuntungan ganda. Banyak konsumen tanpa disadari tertipu. Niat mendapat kenyamanan, yang didapat sebaliknya.
Kurangnya pengawasan terhadap perilaku mekanik menjadi celah dalam hal ini. Sumber Otomania, mantan mekanik bengkel resmi sebuah merek, mengakui bahwa banyak sekali kecurangan yang dilakukan mekanik dan pegawai bengkel untuk mendapat keuntungan ekstra.
”Sudah biasa. Banyak modus untuk mengelabuhi konsumen. Paling sering dilakukan istilahnya korupsi komponen dan pelumas,” ungkap sumber kepada Otomania, belum lama ini.
Dari hasil mengelabuhi konsumen, mekanik tak jarang mendapat banyak barang untuk dijual kembali secara pribadi. Misalnya, sisa pelumas yang tak diisi sepenuhnya untuk jatah mesin. Atau, komponen baru yang sudah diambil di gudang komponen, namun tetap dipasang barang lama ke mobil konsumen.
Menurut sumber, para oknum ini semakin leluasa karena pengawasan minim. Konsumen di bengkel resmi cuma bisa pasrah menunggu di ruang tunggu tanpa detail mengawasi. Ada CCTV, atau bisa dilihat dari kaca, namun konsumen tak bisa detail mengetahui apa saja yang dilakukan mekanik.
”Biasanya kan orang yang servis duduk di ruang AC, nyaman, ada makanan dan minuman. Beda dengan bengkel biasa, konsumen bisa bicara dengan mekanik, konsultasi bebas, dan melihat suku cadang yang diganti,” kata sumber.
Di musim servis jelang Lebaran seperti ini, perputaran komponen bekas dan baru semakin banyak. Inilah yang menurut sumber Otomania sebagai kesempatan emas untuk meraup keuntungan semakin banyak. Konsumen pun harus waspada.
"Hampir semua merek sama. Saya setelah buka bengkel sendiri, masih sangat sering ditawari banyak komponen copotan dan oli kemasan yang baru. Semua hasil dari mengelabuhi konsumen," ucap sumber.
Otomania akan menjabarkan berbagai modus para oknum orang dalam bengkel resmi ini dalam artikel lain.

Sumber " http://www.otomania.com/read/2016/06/01 ... aign=Kknwp
Saya termasuk orang yang bengkel resmi minded. Dua mobil peliharaan saya semuanya bermerek Toyota dan selalu servis di nasmoco dan selama ini belum pernah ada kejadian aneh2. Part yang di ganti selalu di serahkan.

Mohon saran dan sharing teman2 semua soal servis di bengkel resmi ini agar kita lebih waspada dan bagaimana cara2 menangkal agar kita tidak di curangi. terima kasih.
kalau yang saya tau sih modusnya (pernah diceritain ex montir beres, saya tidak akan sebut merknya) biasanya mobil baru yang dikerjain. jadi sebelum di deliver ke pembeli beberapa part sudah di ganti dengan KW/bekas. dan part yang aslinya tersebut jadi stock bengkel. tapi ini 5 tahun lalu, ga tau sekarang
:ngacir:
Kolorij
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Sun May 29, 2016 16:29

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by Kolorij »

Sy mau share 1 dari puluhan pengalaman 'horor' service di beres hyundai serpong..

Wktu servce berkala skalian klaim air wiper bocor kecil dr tangkinya, stelah di cek trnyata pipa motor wiper retak, jd pengajuan garansi sparepart dulu, nanti stelah part dtang bakal di hub utk pergantiannya.. katanya..

1mggu ga ada kabar, sy sngaja test diemin 1mggu krna bukan part urgent jg.
Lalu sy telp ke beres utk cek, trnyata part nya sudah ada. Sy ga mau berdebat knpa ga hub dll, krna uda tau kualitas sampah2 ehh orang2 dsana..
Sy book utk pergantian part besoknya jam 10an pagi hr jumat,
Jumat pagi dteng jam 10.30, dikasi liat part yg akan diganti, dsruh tggu diruang tggu.. 1jam berlalu..
Kena istrhat sholat jumat..
Ruang tggu ancur lebur, cm ada aqua, wifi not working, sofa jebol.
4jam berlalu.. (sy sbnrnya tau pergantian part ini cm butuh waktu max 15menit, tp iseng aja tgguin, skalian utk tambah daftar hitam sy).
Pukul 15.00 sy liat mobil sy mulai dikerjain dan mekaniknya msih coba2 ini itu, sy samperin aja lgsg (di beres ini boleh msuk ke ruang kerja), dngan sotoynya mekaniknya kasi tau sy, 'pak ini wipernya trnyata tangkinya kosong makanya ga kluar airnya'.
Sy emosi dikit.. bang, itu tangkinya kosong krna ada yg bocor pipa motornya,makanya diganti part ny! Emang situ kerja ga baca surat order kerjanya?? (Sy tunjuk suratnya).
Oo.. iya pak.
Sy sruh dia buka motor wipernya biar skalian sy tunjukin bagian yg pecahnya, dicabut,pasang yg baru, kencengin baut2, 10menit.

Jam 15.20 sy balik lg ke ruang tggu, tggu proses admin n serah kunci..
30menit berlalu, sy nyerah.. sy bilang ke sa, pak itu mobil sy uda slsai dari td..
10 menit kmudian baru serah kunci, ttd dll.

Akhirnya jam 4 sore sy br makan siang.. gokil.. ganti part yg gmpng gtu tggunya 5 jam.. well done hyundai..

Wktu tggu itu sy dsruh isi customer survey dr hyundai, kalau bersedia dikasi souvenir bantal headrest. Isi surveynya lmyan byk berlembar2, mostly isi dari skala 1-10. Dengan semangat 45 sy isi, kasi nilai 1 semua beserta pnjelasan2nya soal aftersales, kl soal produknya sy puas.hahaha

Ini baru 1 (SATU) hal dari banyak lagi, lain kali sy share lg yg lain2..

Pas pameran ktemu sales hyundai cab lain, sy crita dikiiiit soal service hyundai serpong, dia beralasan, kalo yg di serpong memang kurang baik krna ga di awasi lgsg sama hmi (ga msuk akal). Dia suggest ke pondok indah ato ciputat, ktnya biar sy ga kapok sm aftrsls hyundai, krna kl kapok nanti sebar mulut ke mulut kan repot dia ktnya.

Soo.. mgkn msih ada harapan di beres hyundai yg lain, wlpun sy uda ga mau ke beres lg, garansi uda mau habis jg..

Hyundai santa fe.... "if looks could kill"
Yeeesss i'll kill endasmu..
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by htannis »

Ke beres sih oke lah kalau ada masalah yg bener2 bengkel biasa gak bisa pecahin, kl cuman ganti oli, betulin ac, ganti part kaki2 atau yg ringan2 ngapain ke bengkel resmi, banyak yg gak beresnya juga kok.

*bukan black campaign beres biasa service di bengjel biasa kalau dah masalah yg agak ribet baru bawa ke beres
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by Turboman »

Bina lah hub baik dgn Ka Beng -nya, apalagi di BeRes yg menyatu dgn dealer tempat anda beli mobil

Bagusnya itu kalau anda beli mobil di sebuah Dealer, lgs aja kenalan dgn Kacab dan KaBeng - nya, jadi kalau ada klaim apa2 lebih mudah

Kalo SA / mekanik di lapangan mah robot semua
* Bukan ajakan Beli *
GunturSon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 245
Joined: Sat Aug 23, 2014 18:24

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by GunturSon »

Turboman wrote:Bina lah hub baik dgn Ka Beng -nya, apalagi di BeRes yg menyatu dgn dealer tempat anda beli mobil

Bagusnya itu kalau anda beli mobil di sebuah Dealer, lgs aja kenalan dgn Kacab dan KaBeng - nya, jadi kalau ada klaim apa2 lebih mudah

Kalo SA / mekanik di lapangan mah robot semua
Betul, sesuai ciri khas manusia Indonesia yang tidak pernah profesional, harus di deketin / di baekin / di kasih jajan spy lebih mudah klaim nya.

Gw klaim bunyi2 dr kaki2 kalau jalan ga rata dan lewat polisi tidur, di beres nissan ga beres2, udah 2x bolak balik juga ga beres.

gw bilang itu bunyi dr sebelah kanan spt nya joint steer cb di cek, eh ga beres2, kata nya mobil gw joint steer nya udah versi yang bagus, malah ajak test drive mulu suruh tunjukkan bunyi nya.

Sampe test 3 orang berbeda, yg 2 orang denger, yang trakhir malah bilang mana ga ada bunyi2 kok, gw lewatin polisi tidur kenceng, langsung bunyi keluar, baru diem tuh orang trakhir yg kuping nya budek.

Alhasil suspensi depan nih mobil busuk diganti semua part nya (paling jg max 2 thn jg rusak lagi)
Tetapi bunyi2 yg gw klaim masih ada.

Mau balik tp Malas banget dah urusnya kaya ga ada kerjaan.

Dan bagusnya Warranty mobil gw berakhir juni tengah bulan.
No more nissin :glodak:
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by vipere »

Saya kalo service selalu di beres, bahkan garansi habis pun masih di beres. Sampe sampe cuman ganti oli doang aja di beres.
Terakhir ganti oli di a2k pangjay, masuk jam 7.30, selesai jam 10-an. Selama itu kah ganti oli ? Itu juga gara2 saya ke WC, lihat mobil saya udah diparkirin di depan, berarti kan udah selesai dari tadi gitu. Gak dipanggil2.
User avatar
Arteezy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Tue Aug 18, 2015 3:06

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by Arteezy »

Dulu saya pertama ambil mobil di H tegak, pas penggantian oli ke 10rb, saya mau ganti HAO Gold 0w-20... Dan saya tanya dulu, ada yg dari botolan gak? Klo ada saya mau yg dari botol yah, jangan yang dari galon...

Iseng jalan nyamperin mobil yang lagi mau diganti olinya, tp dia tuangin dari wadah oli yg 5 literan itu (bukan dari botol plastik 1 literan). Akhirnya saya protes, dan gak lama diganti yang botolan, tp itu pun saya lihat plastik penutup ujungnya, udah di robek2, klo baru masih tertutup rapat, seperti sudah diganti isinya... Parah parah...

Lagian beres itu yg ngerjain kebanyakan anak2 baru lulus... Saya lebih suka mekanik yg sudah berpengalaman (baca : berumur). Lebih menjiwai ngerjainnya...
..It's not always what you drive, but it's always how you drive..

:big_comfort:

Mitsubishi Kuda GL 2000
Mobilio CVT 2014
sarebayao
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Tue Mar 15, 2011 6:45

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by sarebayao »

Ikut sharing jg nih...
Pas kemarin dari beres mitsubishi urip makassar... ada keluhan di pjs yg masih berumur 1,5 thn yaitu trouble di brake switch mobil kesayangan yg masih jarang dipake (gara2 takut lecet... Hahaha klise bgt...) :mky_01:

Awalnya bingung aja, pas dipake bentar doang ke spbu, parkir, isi solar lalu mau jalan kembali kok tuasnya gak bisa geser...
Akhirnya dicoba pake shiftlock buat pindahin tuas tsb, eh pindah .. Udah langsung tancap...sambil masih bingung, ini kan mobil baru... Civic fd matic sy aja yg berumur 8 thn gak pernah ada trouble beginian...

Karena masih penasaran akhirnya ty ke om google ttg apa sih sebenarnya yg terjadi dgn pjs dakar sy ....yg kesimpulannya 90% mengarah ke brake switch berdasarkan Temuan-temuan om google...

Siip esok paginya nelpon ke beres nanya bookingan... Kata si beresnya " oke langsung datang sj pak ke bengkel"
Singkat cerita ketemuan dgn front desk batangan kemudian diarahkan ke SA atau apalah sebutannya.. Pokoknya keluhan diceritakan ke SA ini lalu ntar ada anak buahnya yg berpakaian dgn byk noda oli dan noda sebagainya yg mulai mengecek dan membongkar ruang sekring di interior mobil... Alhasil interior dakar sy akhirnya byk noda2 oli dan jadi kotor khususnya di bagian sekring dan fuse tsb (di bawah setir)... :frm_bang_head:

Yg mengesalkan sy sbg konsumen ini adalah apakah pengecekan tsb memakan waktu hingga berjam jam... Sy datang ke beres pukul 10.15 pagi, dan akhirnya pulang di pukul 15.30 sore hari... WTf****

Gara2 part tdk ada alias kosong.. Apa-apaan? Jadi dari pengecekan mobil hingga pengecekan part memakan wKtu 4 jam??
Bincang-bincang dgn customer lain yg sdh bertaon taon servis di beres ini katanya emang sering begitu... Selalu ada miskomunikasi antara bagian spare part dan frontdesk/SA/mekanik....

Setau nubie penggantian part ini paling lama 2 jam beserta cek dan ricek fuse/sekring... Setelah ngomel2 cukup banyak diberikanlah solusi bahwa sambil part tsb diorder yg memakan waktu 4-5 hari, beres akan meminjamkan brake switch copotan mobil sejenis yg nganggur di bengkel akibat tabrakan....

Part tsb tdk ditanggung garansi 2 thn yg diberikan oleh mitsubishi... Ya sudahlah mungkin part tsb rusak krn umur pakai..

Setelah kejadian ini sy akan ikuti saran om turbo.. Mengingat beres mitubish***t cuma ada 1 di makassar...
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by mr_mytplx »

Sambungan dari modus spare part baru nda di pasang dan oli dikurangi yg diberitakan kompas.

Kebetulan nemu trit begini dr forum tetangga.

http://www.kaskus.co.id/thread/00000000 ... iwaspadai/

Saya nda anti terhadap merek tersebut lho y. cm kebetulan nemu trit seperti itu. :)
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3425
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by kendibocor »

Kolorij wrote:Sy mau share 1 dari puluhan pengalaman 'horor' service di beres hyundai serpong..

Wktu servce berkala skalian klaim air wiper bocor kecil dr tangkinya, stelah di cek trnyata pipa motor wiper retak, jd pengajuan garansi sparepart dulu, nanti stelah part dtang bakal di hub utk pergantiannya.. katanya..

1mggu ga ada kabar, sy sngaja test diemin 1mggu krna bukan part urgent jg.
Lalu sy telp ke beres utk cek, trnyata part nya sudah ada. Sy ga mau berdebat knpa ga hub dll, krna uda tau kualitas sampah2 ehh orang2 dsana..
Sy book utk pergantian part besoknya jam 10an pagi hr jumat,
Jumat pagi dteng jam 10.30, dikasi liat part yg akan diganti, dsruh tggu diruang tggu.. 1jam berlalu..
Kena istrhat sholat jumat..
Ruang tggu ancur lebur, cm ada aqua, wifi not working, sofa jebol.
4jam berlalu.. (sy sbnrnya tau pergantian part ini cm butuh waktu max 15menit, tp iseng aja tgguin, skalian utk tambah daftar hitam sy).
Pukul 15.00 sy liat mobil sy mulai dikerjain dan mekaniknya msih coba2 ini itu, sy samperin aja lgsg (di beres ini boleh msuk ke ruang kerja), dngan sotoynya mekaniknya kasi tau sy, 'pak ini wipernya trnyata tangkinya kosong makanya ga kluar airnya'.
Sy emosi dikit.. bang, itu tangkinya kosong krna ada yg bocor pipa motornya,makanya diganti part ny! Emang situ kerja ga baca surat order kerjanya?? (Sy tunjuk suratnya).
Oo.. iya pak.
Sy sruh dia buka motor wipernya biar skalian sy tunjukin bagian yg pecahnya, dicabut,pasang yg baru, kencengin baut2, 10menit.

Jam 15.20 sy balik lg ke ruang tggu, tggu proses admin n serah kunci..
30menit berlalu, sy nyerah.. sy bilang ke sa, pak itu mobil sy uda slsai dari td..
10 menit kmudian baru serah kunci, ttd dll.

Akhirnya jam 4 sore sy br makan siang.. gokil.. ganti part yg gmpng gtu tggunya 5 jam.. well done hyundai..

Wktu tggu itu sy dsruh isi customer survey dr hyundai, kalau bersedia dikasi souvenir bantal headrest. Isi surveynya lmyan byk berlembar2, mostly isi dari skala 1-10. Dengan semangat 45 sy isi, kasi nilai 1 semua beserta pnjelasan2nya soal aftersales, kl soal produknya sy puas.hahaha

Ini baru 1 (SATU) hal dari banyak lagi, lain kali sy share lg yg lain2..

Pas pameran ktemu sales hyundai cab lain, sy crita dikiiiit soal service hyundai serpong, dia beralasan, kalo yg di serpong memang kurang baik krna ga di awasi lgsg sama hmi (ga msuk akal). Dia suggest ke pondok indah ato ciputat, ktnya biar sy ga kapok sm aftrsls hyundai, krna kl kapok nanti sebar mulut ke mulut kan repot dia ktnya.

Soo.. mgkn msih ada harapan di beres hyundai yg lain, wlpun sy uda ga mau ke beres lg, garansi uda mau habis jg..

Hyundai santa fe.... "if looks could kill"
Yeeesss i'll kill endasmu..
Miris bgt emang ya kualitas di indonesia. Gatau dr prinsipal ga nerapin SPO apa emang manusia2 indonesianya yg ga berkualitas.

Baru balik dr korea ngeliat mobil kalo ga Hyundai ya KIA. Jepun? Lebih langka drpd europeans. Katanya si faktor nasionalism

sama emang ASS tuh hyundai kia bagus disana. Mereka mau kerusakan apapun sparepart akan dtg hari itu jg. Ga peduli slow moving atau fast moving. Emang sih faktor hyundai kia disana tuan rumah cuma tetep aja kagum sparepart apapun bisa dtg blm wkt sehari. Entah bener atau nggak ya CMIIW

Kalo jepun europeans masuk bengkel, part langka bisa 3-4 hari baru sedia. Tp tetep aja dibanding di indo tetep lebih cepet. Entah knp kok ASS di indo payah bgt. Pdhl populasi mobil kynya banyakan di indo.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1051
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by qushay20019 »

ane sharing juga ya buat wilayah Makassar. Empat taun terakhir ane ke beres Suzuki di jalan Pettarani, aftersales nya memuaskan bgt. Awalnya ke sana coba benerin Escudo bokap yg selalu overheat sampe harus bawa2 aqua dalam mobil. Udah muter2 bengkel umum masalahnya gak selesai2. Akhirnya ke beres situ, dikerja sehari ketemu penyakitnya: selang radiator pecah. Trus pas selesai diganti, mekaniknya ngajak test drive. Jadinya overall puas banget.
Pas bawa SX4 , selalu ke beres itu, biar cuma ganti oli/ servis rutin. Yang paling menyenangkan, selalu ditelpon balik sama SA -nya sekitar 3-4 hari keluar bengkel buat nanya mobilnya gimana.
Kalo BeRes Suzuki yg di tempat lain (ato bahkan BeRes merek mobil lain) gak ada pengalaman saya
User avatar
B3M0
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 331
Joined: Wed Oct 14, 2015 8:16
Location: Bogor Kota
Daily Vehicle: Yaris Off-road

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by B3M0 »

Ane ke beres mitsu bintaro utk ganti shock breaker OS yg bocor. OS 2014 odo 59k (normalnya masih dlm warranty karena 3th/100k). Sebetulnya ane jarang bgt service di beres,selama ini ke bengkel langganan. Biasanya kalo qt gak service di beres maka warranty akan hangus. Tp pas ane bilang shock depan bocor dan SA cek kondisi mobil dy langsung bilang akan kita coba ajukan warranty pak (dlm hati bilang mudah2an aja di acc,klo gak di acc jg gpp krn ane tau gak pernh service ke beres dan warranty biasanya angus) tp apa yg terjadi.. sudah selesai pak sudah diganti semua dengan semua free, yg rusak satu tp diganti sepasang tanpa prosedur ribet sama sekali. Ane cuma nunggu 1 jam krn antri aja. So far puas dg pelayanan nya..

Sent from my SM-J200G using Seraya Motor mobile app
sent from ladies room :e-whistle:
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 575
Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by marzoochi »

Baru kemaren servis di Nissan Kelapa Gading, Teana J32 2012, ganti oli Dan filter oli dengan Quartz 5W30, kilometer 77rb
Nah hari ini indikator oli di panel nyala. Pas dicek dipstick oli masih cukup.
Ah bingung kenapa ya? Apa sensor oli nya rusak? Selasa besok ke Nissan lagi daaaah
User avatar
Schweppes
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Tue May 15, 2012 6:35
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Dahon Speed

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by Schweppes »

B3M0 wrote:Ane ke beres mitsu bintaro utk ganti shock breaker OS yg bocor. OS 2014 odo 59k (normalnya masih dlm warranty karena 3th/100k). Sebetulnya ane jarang bgt service di beres,selama ini ke bengkel langganan. Biasanya kalo qt gak service di beres maka warranty akan hangus. Tp pas ane bilang shock depan bocor dan SA cek kondisi mobil dy langsung bilang akan kita coba ajukan warranty pak (dlm hati bilang mudah2an aja di acc,klo gak di acc jg gpp krn ane tau gak pernh service ke beres dan warranty biasanya angus) tp apa yg terjadi.. sudah selesai pak sudah diganti semua dengan semua free, yg rusak satu tp diganti sepasang tanpa prosedur ribet sama sekali. Ane cuma nunggu 1 jam krn antri aja. So far puas dg pelayanan nya..

Sent from my SM-J200G using Seraya Motor mobile app
Mitsu Bintaro termasuk yg oke pelayanannya, jaman masih pakai Lancer dan Galant selalu service disana, kalau ada parts yg harus diganti mereka juga menawarkan mau beli di luar atau sama mereka, silahkan dibandingkan dulu harganya dan ongkosnya masuk dalam ongkos jasa. Beres A2K Bintaro juga oke, karena kenal deket sama salesnya dan kalau ada masalah selalu dibantu. Nah, sekarang pakek Hondo aja belum nemu beres yang bener2 memuaskan. Kalau urusan klaim dan body painting, Honda Bintaro cukup oke hasilnya. 1 kali service di Honda Pondok Pinang, kesannya cukup oke, mungkin nanti 20.000KM coba kesana lagi.
User avatar
vvti16valve
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Tue Jan 28, 2014 5:59

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by vvti16valve »

keberes biasanya cuma numpang scan ajah.. heheheheh... takut kaget sama biaya servis/jasanya kalo diberes padahal kerjaannya gampang...

Sent from my Mi-4c using Seraya Motor mobile app
:big_think:
vixio
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Mon Jan 02, 2017 9:58

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by vixio »

[quote="vvti16valve"]keberes biasanya cuma numpang scan ajah.. heheheheh... takut kaget sama biaya servis/jasanya kalo diberes padahal kerjaannya gampang...

sama kaya ane. :big_peace:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by kompresorz »

Menyenangkan selama garansi...

Krn hub saya selalu baik dgn org bengkel resmi merk mobil saya punya..

Klo ada apapun klaim selalu di bantu..walo mobil di bikin balap..
Injektor solar puluhan juta rusak aja bisa di ganti krn kesalahan bongkar sendiri mau bikin balap..pdhl jelas mobil tau di bikin balap..

Datang tanpa boking jg bisa lgsg di duluin..

Mercedes.honda.bmw jg gitu..


Krn saya rangkul mereka seperti teman sejak awal servis 1000 km...semua klo bisa saya tanya n datangin..

N jangan pelit tiap servis kasi buat minum 100 rib/org..

SA..TL.mekanik .

Di bantu org lain ya tau diri lah..ya servis jg bbrp bulan sekali..
yoopi
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Dec 19, 2019 0:29
Location: Tebet
Daily Vehicle: hyundai H-1

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by yoopi »

Keluhan Perawatan berkala 90.000 KM Hyundai H-1:

1. Petugas CS memberikan informasi kendaraan tidak bagus. Petugas tidak mengecek bersama pemilik kendaraan untuk melihat kekurangan yang ada di mobil, Pre cheklist tidak dilakukan, seperti cek eksterior dan interior mobil, cek perseneling transmisi, wiper, stir, kondisi ban, lampu-lampu, rem, dsbnya

2. Bengkel tidak tersedia alat untuk finishing balance dan spooring ban, padahal alat ini sangat penting.

3. Bengkel tidak tersedia alat penyedot lendir evaporator AC, sayang nama Hyundai jadi taruhannya dan bengkel ini termasuk di area yg sangat strategis.

4. Mekanik dan petugas CS tidak menginformasikan adanya karet tie rod ban depan yang basah karena pelumas, apakah itu pecah atau bocor.

5. Perpindahan transmisi dari P ke R,D,N,2,1 sangat keras. Namun ini tidak dicek dari awal. akhirnya bushing tidak diganti.

6. Pergantian karet wiper tergesa-gesa dengan meninggalkan jejak karet kap mobil lupa dipasang.

7. Bagian material part mobil yang diganti/diservis tidak semuanya dikembalikan ke pemilik mobil. Dimintakan baru dikasihkan itupun setelah selesai pembayaran, namun tidak lengkap dikembalikan.

8. Ruang tunggu yang belum memadai dengan sangat minimnya fasilitas.

9. Bengkel tidak tersedia pencucian kendaran selesai diservis.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by Herman7103 »

Just want to share. Sabtu 14 Des 2019 yg lalu saya bawa ANGL 1.5 SV CVT tahun 2014 kunjungi main dealer Nissan Istana Palembang utk service interval 80.000 dgn sebelum nya sudah booking dulu via aplikasi My Indomobil Nissan yg baru saya install di HP saya dan dapat pemberitahuan via email setelah install aplikasi tsb dapat voucher discount jasa 20 % utk 1 kali kunjungan[emoji2]. Berangkat pagi pagi dari komplek perumahan tempat saya kerja, saat lewat Prabumulih, mampir ke toko Sumber Oli utk ganti oli mesin dan filter oli serta minta kuras angin ke-4 ban dan isi angin ban semua dgn Nitrogen (dimana oli mesin Schaeffer Supreme 9000 dan filter olinya dari saya), kena jasa cuma Rp 70 ribu saja murah bener. Lalu lanjut perjalanan ke bengkel Nissan Istana di Palembang, nyampe di sana sekitar jam 10 an. Print out no antrian Appointment, duduk sebentar ngak lama dipanggil no antrian saya. Saya info ke SA mau minta estimasi utk Preventive Maintenance mobil 80 ribu KM tanpa ganti oli mesin dan filter filternya karena sudah dieksekusi di Prabumulih tadi, dan yg saya approve utk diganti hanya
1. Kampas rem Nissan part no D1060-EE52A (Saya yg sediakan dari hasil dari saya beli online Rp 174 ribu )
2. Oli rem Dot 3 (Dari bengkel Nissan)
3. Fan Belt (Dari bengkel Nissan)
4. 1 botol cairan cleaner utk pembersihan throttle Body dll
(Dari bengkel Nissan)

Mobil saya mulai dikerjakan mulai jam
11 lewat dan selesai pengerjaan jam 2 siang. Setelah selesai mobil dicuci gratis. Sambil nunggu mobil di cuci saya mampir bagian spare part utk beli 2 buah filter oli (@ Rp 38 ribu) buat stock saat nanti ganti oli di bengkel biasa di Prabumulih[emoji2]
Selesai mobil dicuci saya bayar tagihan service 80 ribu KM saya ke kasir dengan tagihan Rp 1 juta 181 ribu saja setelah dipotong voucher discount 20% yg saya dapat setelah install aplikasi My Indomobil Nissan.
After Ganti Oli dan filter serta service 80 ribu KM dgn ganti fan belt, tune up , bersihkan throttle body dll, ganti kampas rem depan dan ganti minyak rem di bengkel resmi Engine respond so good and engine sound so smooth and My Brake feel so good. I am satistfy [emoji2]
Screenshot_2019-12-20-07-24-08-976_id.co.indomobil.myindomobilnissan.jpeg
image003.jpeg
IMG_20191220_075920.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
sm4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Thu Jan 21, 2016 13:57
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota F653RM

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by sm4 »

tadi pagi service rattle2 dari luar dan dalam mobil di authorized workshop T di kota ini (yang memang satu2nya di sini)

service memuaskan. harga terbilang murah (buat ukuran BeRes ya).

Semua rattle2 luar dan dalam hilang. mobil senyap lagi. :mky_02:

total cost 145ribu lebih dikit (ga inget lebihnya).

masuk jam 8:16 kelar jam 10:01. Not bad lah.

:big_exellent:

P.S. bukan sales T, bukan penggemar merk T juga karena km 54k kok sudah rattle luar dalam. bawa nya dah halus. ga pernah hajar lubang sekalipun.
DJanto
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Tue Dec 05, 2017 17:34

Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.

Post by DJanto »

mobil mazad 2 sky yg dipake istri selalu service berkala di bengkel resmi, soalnya istri mana mau ngurus macem2, taunya pagi tarok siang tinggal ambil.
selama ini service di mazda klp gading ama simprug selalu puas sih. mereka juga confirm dulu kalo misalnya mau ada tambahan apa2.
waktu itu ada masalah di shockbreaker depan katanya udah keringetan. berhubung masih garansi pabrik jadi ama mereka langsung diganti tanpa macem2 lagi.

biasanya biar ga ribet beli voucher dulu di website garasi.id enaknya pake voucher tertera jelas apa2 aja yg dikerjain. bisa installment 0% juga jadi lebih terjangkau. nanti istri tinggal dateng nunjukin kode voucher trus tinggalin mobilnya