waduh, gw tanya langsung sama om sjamsul waktu ktemuan..doq wrote:weleh2 ketinggalan kereta ney.....minta linknya om nes
Perlakuan thd aki & embel2nye....
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Permisii .............................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
tuk mengetahui kiprok bagus apa kaga tinggal diperiksa ajah pengisiannye. Klo ngisinye bagus bearti kiproknye bagus. Tapi untuk memeriksanya hrs pake alat yah. Jangan dikorsletkan, krn ane pernah liat ada bengkel yg melakukan hal ini lantaran dia kaga punya alat testnya. Ane takut klo dilakukan hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada bagian lain (khawatir aja sih).
Klo aki yg ane coba itu aki bawaan dari honda. Saat itu kira2 mtr baru dipake 1 th akinye dah kaga kuat starter. So daripada aki dibuang, mendingan ane lakukan test aja dah.Toh ane pikir klo kaga berhasil khan tidak apa2. trus yg ane lakukan adalah melubangi setiap lubang aki ( 6 bh ). Trus diisi power batt n ditambain air aki, tapi jangan terlalu banyak yah, cukup asal cell akinye ketutup air ajah. kmd disetroom.
Alhasil ampe sekrang tuh aki masih idup.
Klo aki yg ane coba itu aki bawaan dari honda. Saat itu kira2 mtr baru dipake 1 th akinye dah kaga kuat starter. So daripada aki dibuang, mendingan ane lakukan test aja dah.Toh ane pikir klo kaga berhasil khan tidak apa2. trus yg ane lakukan adalah melubangi setiap lubang aki ( 6 bh ). Trus diisi power batt n ditambain air aki, tapi jangan terlalu banyak yah, cukup asal cell akinye ketutup air ajah. kmd disetroom.
Alhasil ampe sekrang tuh aki masih idup.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
neo saat ini pake klakson merk apa?.
klo ane sih buat mtr pake klakson nd yg keong, trus klo toet..toetan, ane kaga khawatir tuh. enjoy ajah.........(krn klakson nd keong makan stroomye kecil, sedangkan suara yg dihasilkan kaga kalah ama merk lainnya, bukan promosi neh)
klo ane sih buat mtr pake klakson nd yg keong, trus klo toet..toetan, ane kaga khawatir tuh. enjoy ajah.........(krn klakson nd keong makan stroomye kecil, sedangkan suara yg dihasilkan kaga kalah ama merk lainnya, bukan promosi neh)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
pertimbangan ane beli charger (kira-kira 3 th lalu):
1. Pilih merk yg bagus, dlm hal ini ane memilih merk DELTA, kapasitar 5 amper, tapi di tulisan meternya bisa ampe 10 amper.
Merk ini dah lama terkenal, jadi jangan ampe beli merk yg palsu.
2. Pilih yg bisa otomatis, maksudnye klo aki dah full ato menjelang full, maka arus pengisian ke aki makin kecil.
3. Bisa dipake baik aki boil ato mtr.
4. Spare partnye cukup tersedia.
5. Jaminan yg baik, biasanye merk ini sangat jarang rusak, klo makenye tidak kasar.
Klo masalah harga relatip bro, tergantung dari sudut mana kita memandang.
Klo dari sudut harga memang relatip mahal, mungkin sekarang2 ini bisa diatas 2 jt.
Klo diliat dari sudut kualitas, relatip tdk mahal, krn ane belon bisa bikin ndiri.
mengenai tips yg laen, ane lupa neh, ntar dipikir2 dulu ane mo tambain yg mana yah?.
1. Pilih merk yg bagus, dlm hal ini ane memilih merk DELTA, kapasitar 5 amper, tapi di tulisan meternya bisa ampe 10 amper.
Merk ini dah lama terkenal, jadi jangan ampe beli merk yg palsu.
2. Pilih yg bisa otomatis, maksudnye klo aki dah full ato menjelang full, maka arus pengisian ke aki makin kecil.
3. Bisa dipake baik aki boil ato mtr.
4. Spare partnye cukup tersedia.
5. Jaminan yg baik, biasanye merk ini sangat jarang rusak, klo makenye tidak kasar.
Klo masalah harga relatip bro, tergantung dari sudut mana kita memandang.
Klo dari sudut harga memang relatip mahal, mungkin sekarang2 ini bisa diatas 2 jt.
Klo diliat dari sudut kualitas, relatip tdk mahal, krn ane belon bisa bikin ndiri.
mengenai tips yg laen, ane lupa neh, ntar dipikir2 dulu ane mo tambain yg mana yah?.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
- Location: didepanmu gitu lhoo
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
nahh.. artinya.. bener dunkk scr tdk lgs.. bila aki kering tidak tahan dibuat double starter n bell "toet toet" ,sjamsul wrote:Klo aki yg ane coba itu aki bawaan dari honda. Saat itu kira2 mtr baru dipake 1 th akinye dah kaga kuat starter
bro sjamsul sendiri akinya dahh keok pdhal br 1 taon, truss musti di rubah/dimodif jd aki basah...
makanya neo tanya apa ada masalah bila aki kering bawaan Honda diganti aki basah yg 5 amp,.. dgn maksud supaya tahan lama.... soalnya pemakeannya bkn normal
neo pake klakson hella buatnya boil BMW, suaranyaa... cukup mbuat orang pada minggirr dehh.. wkaakaaka...
biar tau asli pa ga, gmn proff ? kliatannya DELTA bikinan lokal yach..? mm.mm neo kapan hari pernah ditawarin.. bikinan jerman but lupaa. merknya... di AJBS ada jg kok but uk nya kecill.. n muaahall tuh pastisjamsul wrote:Merk ini dah lama terkenal, jadi jangan ampe beli merk yg palsu.
yahh dahhhh yg laenn dipikir dulu ya.. prop... ...
prop posting gb power bat nya masih neo tunggu lhoo...
OOT dikit.. boleehh ya... prop
kaloo.. buat rem model yg kuat n mudah perawatannya (tidak mudah rewel) bagusan tromol ato cakram
pertanyaan ini khusus buat rem belakang.., bro sjamsul rem blakangnya pake tromol ato cakarm.. ? pa pernah ada masalah..? kebocran mungkin atoo ...???????
Maximum speed ......................... Setting ON
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Sebetulnye gak masalah neo, krn motor ane itu jarang2 dipake. Klo pas lagi males bawa boil yah baru bawa mtr deh, biar lebih cepat sampe di tempat 7an, khan klo mtr bisa nyalip. tul ngak?.
Klo rem blk maseh pake tromol, ampe sekarang ngak ada masalah tuh, cuma jarak penggantian kanpas rem memang lebih sering drpd yg di depan, krn pake rem cakram. ok
Klo rem blk maseh pake tromol, ampe sekarang ngak ada masalah tuh, cuma jarak penggantian kanpas rem memang lebih sering drpd yg di depan, krn pake rem cakram. ok
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
emang motor nya apa oom neo?
setau sy baik cakram ato tromol perawatannya sama aja ko, g ribet2 amat.......khusus utk rem blkng yg mo d rubah dr teromol ke cakram, harus adaptasi jg cara kita nginjek remnya, karena cakram lebih pakem dr teromol.
saran sy seh klo kapasitas&performa mesin masih standar ya g perlu d robah lah, cuma buang2 duit.....blom lagi harus modifikasi velg belakang sama lengan ayunnya buat dudukan cakramnya....
laen hal klo tujuannya buat gaya2an, ya sok aja itu mah .......yg perlu d inget utk penggantian part2 cakramnya, jgn beli yg buatan cuongko ato taiwan......mending yg mahalan dikit ato yg ori, soalnya kekuatan materialnya jauh berbeda
setau sy baik cakram ato tromol perawatannya sama aja ko, g ribet2 amat.......khusus utk rem blkng yg mo d rubah dr teromol ke cakram, harus adaptasi jg cara kita nginjek remnya, karena cakram lebih pakem dr teromol.
saran sy seh klo kapasitas&performa mesin masih standar ya g perlu d robah lah, cuma buang2 duit.....blom lagi harus modifikasi velg belakang sama lengan ayunnya buat dudukan cakramnya....
laen hal klo tujuannya buat gaya2an, ya sok aja itu mah .......yg perlu d inget utk penggantian part2 cakramnya, jgn beli yg buatan cuongko ato taiwan......mending yg mahalan dikit ato yg ori, soalnya kekuatan materialnya jauh berbeda
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
setuju ama bang fer eh bro doq......
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
^ kekekeke tumben setuju, biasanya protes mlulu
.........................................
.........................................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
yah klo memang dah bener khan kaga usah ane jelasin lagi....hehehe.... jadi kaga cape2 ngetiknye..........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
@neo88:
nih bro gambar power batt.
nih bro gambar power batt.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
mohon pencerahan para suhu accu
accu ane 65 amp tuk kijang kapsul
klo malam mau tidur mesti nyalaiin tuh boil, baru dimatiin dan copot kutup negatif, besok pagi pasang lagi nbaru starter mobil dan greeeeng, klo lupa besoknya pasti boilnya ngadat
trus kmarin ane ngomong ana penjual accu, coba aja pak ganti dan buang air dalam accu dengan dibalik sampe habis, lalu isi dengan air Zuur (gak tahu bener gak tulisannya), lalu pasang di mobil, gak usah dstroom dolo
tapi tuk nyalaiin awal, ane pake aki lain setelah nyala baru aki lama dipasang dan boil nyala ampekbeberap lama dan dipake dolo mutuer2 kota tuk ngisi akinya via alternator gitu katanya.
hasilnya malem kabel negatif gak dilepas, dan paginya masih ngreeeng, gimana tuh penjelasannya
smentara sih enak2 aja, tapi kwatir aja mogok
apa harus da ganti tuh aki, sayang kmarin dicek pake alat, stroom masih bagus 13 V dan pengisian bagus kata alatnya sih
accu ane 65 amp tuk kijang kapsul
klo malam mau tidur mesti nyalaiin tuh boil, baru dimatiin dan copot kutup negatif, besok pagi pasang lagi nbaru starter mobil dan greeeeng, klo lupa besoknya pasti boilnya ngadat
trus kmarin ane ngomong ana penjual accu, coba aja pak ganti dan buang air dalam accu dengan dibalik sampe habis, lalu isi dengan air Zuur (gak tahu bener gak tulisannya), lalu pasang di mobil, gak usah dstroom dolo
tapi tuk nyalaiin awal, ane pake aki lain setelah nyala baru aki lama dipasang dan boil nyala ampekbeberap lama dan dipake dolo mutuer2 kota tuk ngisi akinya via alternator gitu katanya.
hasilnya malem kabel negatif gak dilepas, dan paginya masih ngreeeng, gimana tuh penjelasannya
smentara sih enak2 aja, tapi kwatir aja mogok
apa harus da ganti tuh aki, sayang kmarin dicek pake alat, stroom masih bagus 13 V dan pengisian bagus kata alatnya sih
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
- Location: didepanmu gitu lhoo
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
ohh gitu yach bentuknya...
oke dehh... ntar klo da waktu neo mo coba cari... thanks yach... broo sjamsul
oke dehh... ntar klo da waktu neo mo coba cari... thanks yach... broo sjamsul
Maximum speed ......................... Setting ON
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
ok deh.neo88 wrote:ohh gitu yach bentuknya...
oke dehh... ntar klo da waktu neo mo coba cari... thanks yach... broo sjamsul
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
@inoz: sistem alarmnya sudah di check? mungkin ada wiring yg bermasalah..
Permisii .............................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
@inoz:
klo diliat dari tulisan nt, nampaknya mesti ganti aki dah. Tapi nt kaga kaseh tau tuh aki umurnye dah berapa lama. Jadi ane bisa kira2 tuh aki dah koit apa belum.
Ciri2 aki yg dah mati : klo didiamkan aja 1 malem, maka besoknye kaga kuat distarter, krn cell2 pada aki tdk bisa menyimpan stroom dg baik, wlp aki bisa menunjukkan tegangan 13 volt (klo boil abis dipake jalan). Angka ini bisa aja terjadi, tapi klo didiamkan ampe pagi biasanye tegangannye menurun, shg boil kaga bisa distarter.
Pada kondisi aki masih normal, jika boil tidak diidupin 1 minggupun kaga apa2 tuh.
Nah untuk lebih jelasnya lagi, silahkan dibaca lagi tulisan ane dari awal. ok.
klo diliat dari tulisan nt, nampaknya mesti ganti aki dah. Tapi nt kaga kaseh tau tuh aki umurnye dah berapa lama. Jadi ane bisa kira2 tuh aki dah koit apa belum.
Ciri2 aki yg dah mati : klo didiamkan aja 1 malem, maka besoknye kaga kuat distarter, krn cell2 pada aki tdk bisa menyimpan stroom dg baik, wlp aki bisa menunjukkan tegangan 13 volt (klo boil abis dipake jalan). Angka ini bisa aja terjadi, tapi klo didiamkan ampe pagi biasanye tegangannye menurun, shg boil kaga bisa distarter.
Pada kondisi aki masih normal, jika boil tidak diidupin 1 minggupun kaga apa2 tuh.
Nah untuk lebih jelasnya lagi, silahkan dibaca lagi tulisan ane dari awal. ok.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
istilah awamnye korslet bodi, wlp kecil seringkali menjadi masalah.nescafe wrote:@inoz: sistem alarmnya sudah di check? mungkin ada wiring yg bermasalah..
Untuk mengetahui hal ini, cari alat yg namanye tang amper. Jadi saat kunci kontak dicabut trus diukur beban yg dikeluarkan dari aki. Kmd bandingkan dg mobil lain dari species yg sama. Dari situ dapat diketahui ada korslet bodi apa kaga.ok
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Thu Mar 27, 2008 5:24
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
wah ga pernah liat tuh powerbatt di Bandung.... ada yg bisa bantu??sjamsul wrote:@neo88:
nih bro gambar power batt.
P sjamsul... kalo aki MF kan situ test dibolongin tuh yg motor...nah udanya ditutup lagi ga?? kalo ditutup pake apa??
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
@wrx:
klo nt mau, ntar ane coba beliin disini trus ane coba bantu kirimin pake tiki aja. Tapi jangan dianggap jualan yah.
ditutup pake sejenis plastik, spt klo merk boil dilepas khan ada buat tutupinnye.
coba deh nanti malem ane upload potonye.ok
klo nt mau, ntar ane coba beliin disini trus ane coba bantu kirimin pake tiki aja. Tapi jangan dianggap jualan yah.
ditutup pake sejenis plastik, spt klo merk boil dilepas khan ada buat tutupinnye.
coba deh nanti malem ane upload potonye.ok
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
eh, pas mudik , si abu2 bobok dari tanggl 26sep ampe 17okt, kabel aki gak dilepas..
syukurlah, pas tgl 17oktnya gw starter tetap tokcer seperti biasa....
syukurlah, pas tgl 17oktnya gw starter tetap tokcer seperti biasa....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Bearti kondisi aki masih bagus.Abu2 wrote:eh, pas mudik , si abu2 bobok dari tanggl 26sep ampe 17okt, kabel aki gak dilepas..
syukurlah, pas tgl 17oktnya gw starter tetap tokcer seperti biasa....
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Fri Nov 23, 2007 9:18
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
bro sjamsul numpang nanya, kalo aki dah dipake setahun n mau pake power batt, caranya gimana?? kan itu 1 lubang kasih 40ml nah berarti air aki yg udah terisi dibuang gitu?trus abis diisi power batt ditambahin air aki sampe batas trus pake disetrum lagi pa nga?? thx b4 bro
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
air akinya jangan dibuang dulu, ntar buat ditambahkan/ diisi kembali setelah diisi power batt.klo masih ada sisa baru dibuang.I-Com wrote:bro sjamsul numpang nanya, kalo aki dah dipake setahun n mau pake power batt, caranya gimana?? kan itu 1 lubang kasih 40ml nah berarti air aki yg udah terisi dibuang gitu?trus abis diisi power batt ditambahin air aki sampe batas trus pake disetrum lagi pa nga?? thx b4 bro
klo tuh mobil sering dipake, kaga disetrum juga kaga apa2, khan nantinya disetrum juga melalui alternator.
Tapi klo kebetulan ada charger mo disetrum juga ndak apa2, krn proses bekerjanya power batt jadi lebih cepat. ok
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
Jualan jg ga papa. Beli yg banyak aja sekaligus. Pasti yg sering nongkrong disini pada mau. Apalagi yg punya bengkel... Pasti mau nyetok tuh....klo nt mau, ntar ane coba beliin disini trus ane coba bantu kirimin pake tiki aja. Tapi jangan dianggap jualan yah.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Fri Nov 23, 2007 9:18
Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....
ohh bgt.... i c....... btw kalo mau nitip power battnya bisa ya bro??? trus kalo nga punya setrumnya gimana ya apa bisa nyetrumin di toko aki yah???? biar strumnya bisa bagussjamsul wrote:air akinya jangan dibuang dulu, ntar buat ditambahkan/ diisi kembali setelah diisi power batt.klo masih ada sisa baru dibuang.
klo tuh mobil sering dipake, kaga disetrum juga kaga apa2, khan nantinya disetrum juga melalui alternator.
Tapi klo kebetulan ada charger mo disetrum juga ndak apa2, krn proses bekerjanya power batt jadi lebih cepat. ok