Honda BLADE!

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Honda BLADE!

Post by maxx »

Gw denger katanya ada varian motor bebek dari HONDA .. pengembangan dari REVO.. dikasih nama BLADE...

Ada yg punya info lebih dan foto2nya???...
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Honda BLADE!

Post by TUFF Stough »

Image

http://otomotifnet.com/otoweb/index.php ... 0/1/7/1495

Tapi berita terakhir mengatakan bahwa peluncurannya ditunda hingga Oktober (nunggu habis lebaran).
User avatar
123stu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
Location: jakarta

Re: Honda BLADE!

Post by 123stu »

wah, ditunda ye? di M+, edisi minggu besok bakal ada kejutan dari Honda. apa review nya aja?
ok, welcome the new bike again!!! :)
User avatar
123stu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
Location: jakarta

Re: Honda BLADE!

Post by 123stu »

komen ya buat si Blade.... :e-dance:

batok nya versi Revo tapi non lampu.
sekilas emank kyk Arashi.
cakram depan model baru tuh dari versi honda, kyknya sigle piston ya?
spertinya bener2 serba baru neh motor... :off_good_job: :beer:
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Honda BLADE!

Post by maxx »

Harga diperkirakan 13.5jt ... hmmm... tambah dikit dapat kawak Athlete neh .. rem cakram depan belakang lagi ...

foto body yg menyeluruh ada ga ya..??
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
atjep
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55

Re: Honda BLADE!

Post by atjep »

Honda lagi seneng desain lampu bego yah? Ini yg di thailand dinamakan honda cz-i bukan? Berarti udah pake tekunorogi injeksi yah kata org jepang mah :P
Warte nur Balde
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Honda BLADE!

Post by TUFF Stough »

Sayangnya yang ini belum injeksi. Liat aja harganya yang 13jt-an. Injeksinya Honda khan selalu dihargai gila-gilaan.
User avatar
123stu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
Location: jakarta

Re: Honda BLADE!

Post by 123stu »

TUFF Stough wrote:Sayangnya yang ini belum injeksi. Liat aja harganya yang 13jt-an. Injeksinya Honda khan selalu dihargai gila-gilaan.
harganya 13an ya? harusnya neh motor udh gantiin kelasnya Fit X. jadi hrganya bisa 10an...
:e-snooty:

Soal desain, honda kyknya bakal masukin semua varian motornya dengan model lampu bego ya..
:P
azizdth
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 986
Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24

Re: Honda BLADE!

Post by azizdth »

asal ga bikin disain yg bego aja ya bos...apalagi bego2in konsumen, bisa kuwalat ntar.... :beer:
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Honda BLADE!

Post by TUFF Stough »

Baca bedah mesinnya di otomotifnet.com, kayanya mesinnya juga ada rombakan drastis.
Aong wrote:Rabu, 03/09/08 11:18
Oto Teknologi
Bedah Honda Blade 110R

Image
Konsepnya durability dan efisien

Honda Blade 110R batal dilaunching pada 30 Agustus lalu. Sudah pasti belum bisa dibeli minggu ini dong. Ini yang bikin penasaran. Secara lekuk bodi sudah bisa dilihat sejak berlangsungnya The 29th Bangkok International Motor Show 2008 lalu. Bahkan ketika launching di Thailand ditulis MOTOR Plus namanya CZ-1, bodinya memang slim.

Tapi, bagaimana teknologi dan gambaran mesinnya? Pihak PT Astra Honda Motor (AHM) yang tidak mau ngetop namanya kasih penjelasan. Katanya secara dapur pacu memang benar-benar baru. Konsep mesinnya punya durabilitas tinggi dan efisien.

Kapasitas 110 cc dan paling efisien dibanding generasi sebelumnya. Tes menguji efisiensi pemakaian bahan bakar belum final. Untuk sementara baru didapat data lebih irit 10-20% dibanding Supra X 125 yang konon motor paling efisien saat ini.

Untuk mendapatkan mesin seperti itu perlu didukung pengurangan gesekan di beberapa komponen. Lebih jelasnya soal reduksi gesekan di dapur pacu baru Honda ini, mari dibedah.


ROCKER ARM SISTEM ROLLER

Image
Rocker-arm sistem roller

Dilihat dari konstruksi kepala silinder, mesin memang tidak meniru Honda Nice 110 atau Supra X125. Head cylinder sudah seperti Vario atau BeAt. Dilengkapi tutup lebar yang mempermudah setel klep. Jika tutup dibuka langsung kelihatan kem, noken as, pegas dan klep.

Untuk mengurangi gesekan antara kem dengan pelatuk, roceker-arm sudah dipasangi roller semacam laher. Permukaan pelatuk yang nempel di kem tidak menimbulkan gesekan besar. Dibantu roller yang licin seperti bearing. Terjadi efisiensi mekanis atau minimalisasi gesekan.

Sistem roller ini juga bikin buka-tutup klep lebih presisi. “Soalnya setelan klep bisa dibikin nol. Misalnya 0,00 mm, ini yang bikin tenaga lebih besar,” jelas sumber terpercaya Em-Plus di PT AHM itu.

TANPA DEKOMPRESI
Sistem dekompresi fungsinya untuk membocorkan tekanan di ruang bakar. Sehingga ketika dislah lebih ringan. Namun secara prinsip kerja, dekompresi lumayan menimbulkan gesekan. Juga bikin boros bensin. Makanya pada mesin tipe baru ini dekompresi dilepas. Tapi, tetap lebih ringan jika dislah. Mungkin secara prinsip kerja sudah meniru kompetitor. Misalnya bebek Yamaha yang rata-rata overstroke namun tidak dilengkapi dekompresi.

PISTON RINGAN DAN RENDAH GESEKAN

Image
Piston lebih pendek dan ringan seperti punya Honda BeAT

Inovasi lain ini bisa dijumpai pada seher atau piston. Untuk memperingan gesekan ditempuh tiga cara. Pertama, piston dibikin offset. Artinya posisi pin piston tidak di tengah. Namun digeser dikit supaya sudut gesek piston terhadap liner jadi berkurang.

Kedua, di piston dilengkapi lubang oli. Oleh pihak Honda, ini biasa disebut oil-jet. Terutama pada alur ring oli. Maksudnya supaya aliran pelumas lancar lewat lubang itu. Ini juga yang bikin piston awet dan licin.

Ketiga, piston dibikin lebih ringan. Caranya dipilih material khusus dan piston lebih pendek. Persis seperti desain seher Honda BeAt. Jadi, gesekan juga ringan dan irit bensin dengan tenaga besar.

CRANKCASE OFFSET

Image
Di Blade 110R ketika piston top, titik tengah pin kruk as dan pin piston tidak sejajar

Maksudnya crank case offset yaitu ketika piston di TMA (Titik Mati Atas), titik tengah pin kruk as dengan titik tengah pin piston tidak sejajar. Fungsinya tentu untuk mengurangi gesekan piston dengan liner ketika naik-turun di dalam silinder.

Terjadinya gesekan sangat besar bila piston menonjok liner pada posisi naik menuju TMA. Di motor dulu yang tidak dilengkapi crankcase offset, liner kerap cekung akibat ditonjok piston berkali-kali. Nah, di Honda Blade 110R itu dieliminir.

Teknologi ini sebenarnya pernah diterapkan di Supra X 125. Kemungkinan hanya beda sudut offset. Efeknya lumayan besar dan mampu meningkatkan efisiensi mekanis.

Konon secara prinsip kerja mesin juga bikin getaran lebih rendah. Selain didapat suara mesin yang halus, rasa tidak nyaman pengendara akibat vibrasi mampu dielimir sistem offset.

KOPLING SISTEM MATAHARI

Image
Rumah kopling model diafragma tanpa jadder spring

Masih dalam rangka memperkecil gesekan, kopling Blade 110R beda sama generasi C-Series. Sistem kampas kopling tidak seperti dulu yang dilengkapi 4 pegas spiral. Sekarang seperti di mobil yang manganut sistem matahari atau pegas diafragma.

Sebenarnya mekanisme seperti ini pernah dipakai motor Suzuki. Terakhir dipakai di Suzuki New Shogun 110. Kehebatan pegas ini juga yang bikin Shogun 110 merajalela di balap. Sanggup menyandang gelar rajanya 4-tak.

Kekerasan pegas diafragma tidak hanya bisa diatur lewat sistem ganjal. Tapi juga sistem press untuk menekan supaya diafragma yang seperti matahari itu mencuat keluar. Selain lentur juga mampu menekan kampas lebih merata.

Termasuk sistem kampas kopling yang ikut dibenahi. Kini hanya memakai tiga lembar. Sehingga tidak menimbulkan banyak selip. Maklum tiga kampas kopling basah lumayan menyumbang terjadinya slipper.

Sistem diafragma juga memungkinan sambungan antara rumah kopling dengan gigi sekunder jadi lebih sempurna. Karer peredam entakan bisa dibuat lebih tebal dan banyak. Diharapkan pengendara tidak merasakan entakan berlebih.

OVERSTROKE TORSI LEBIH GEDE
Secara spek teknis, diameter x stroke yaitu 50 x 55,6 mm. Termasuk mesin overstroke atau lebih panjang langkah piston dibanding diameter. Bahkan lebih tinggi dibanding Honda Vario yaitu 50 x 55 mm.

Overstroke yang lumayan tinggi ini mampu mendongkrak torsi gede pada rpm bawah. Lihat saja dari spesifikasi tekniknya. Torsi 0,86 kgf.m (8,42 Nm) pada 5.500 rpm. Torsi Honda Vario sama tapi di rpm 8.000.

SPESIFIKASI TEKNIK
Tipe mesin : 4 langkah SOHC
Pendingin : Udara
Diameter x stroke : 50 x 55,6 mm
Kapasitas : 109,1 cc
Tenaga maksimum : 8,66 dk/7000 rpm
Torsi : 8,42 Nm/5.500 rpm
Kompresi rasio : 9 : 1
Karburator : Keihin venturi 17
Kopling : Basah, diafragma & sentrifugal
Pengapian : DC CDI

Penulis/foto: Aong/GT&AXL (Motor Plus)
Gelagat perombakan idealisme di dalam AHM kah?
User avatar
123stu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
Location: jakarta

Re: Honda BLADE!

Post by 123stu »

HArus!!!! harga cenderung mahal harus diimbangi dengan desain mesin dan motor yg OK juga..
tapi tetap ngejar irit neh motor...
btw, jenis lampu yg gak ngikut stang, istilahnya lampu bego itu, nama yg bener nya apa sih bro?
kgk enak bgt kyknya tuh istilah. he3x. :D
waxlophe
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Sun Apr 27, 2008 5:19

Re: Honda BLADE!

Post by waxlophe »

Jreng2..................kek Suzy Arashi!!!!
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Honda BLADE!

Post by Cloud »

hidup blade, hehehe... akhirnya honda bikin mesin beda. tapi tetep aja, untuk 4t 110 cc, shogun jagonya, hehehe.... :e-whistle:
liat aja speknya, kalo soal irit, semua juga bisa irit, tergantung bawanya.
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Honda BLADE!

Post by ZEXELGRIFONE »

Hmm semoga saja beneran ya..
Jadi 110cc bisa lebih bergairah lagi..

BTW klo beneran tenaganya segitu.. wah selisih tipis ma JupiterZ
User avatar
123stu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
Location: jakarta

Re: Honda BLADE!

Post by 123stu »

Mana Neh si Blade???? :big_smoking:

Gak jadi launching apa.......?
apa gara2 lagi krisis Ekonomi, launchingnya diundur lag?i or batal?
sayang bgt neh motor kalo batal dimunculin....
teknologi yang benar2 baru dari Honda neh. :e-snooty:
endy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Sat Jan 20, 2007 19:39
Location: plg

Re: Honda BLADE!

Post by endy »

wah2.. nih model..

NIRU2 SUZUKI ARASHI...!!!

tuh arashi dah kluar 2 tahun lalu.... tapi kaga laku...

ngekor nih ahm......... :big_slap:
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Re: Honda BLADE!

Post by yoyoyo »

bukan niru2 bro. Gimana lg ya, satu sama lain kdg saling menginspirasi.
Jangan takut kagak laku, ini Honda bro , yang trek rekordnya:
- jualan revo yg bentuknya lancip2: laku
- jualan vario & beat yg lampunya bego : laku

Nah, prediksi gw sih si Blade ini juga bakal laku.
(Berarti ntar motor2 honda yg blm lampu bego tinggal supra/fit series kali ya?)

btw Video Iklan Honda Blade Bocor?
al81
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Wed Oct 08, 2008 10:38

Re: Honda BLADE!

Post by al81 »

yoyoyo wrote:bukan niru2 bro. Gimana lg ya, satu sama lain kdg saling menginspirasi.
Jangan takut kagak laku, ini Honda bro , yang trek rekordnya:
- jualan revo yg bentuknya lancip2: laku
- jualan vario & beat yg lampunya bego : laku

Nah, prediksi gw sih si Blade ini juga bakal laku.
(Berarti ntar motor2 honda yg blm lampu bego tinggal supra/fit series kali ya?)

btw Video Iklan Honda Blade Bocor?
becak dilabelin merek honda aja laku :big_weee:
boy's don't cry
User avatar
spin022
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 868
Joined: Thu Sep 20, 2007 6:38
Location: serpong

Re: Honda BLADE!

Post by spin022 »

al81 wrote:
yoyoyo wrote:bukan niru2 bro. Gimana lg ya, satu sama lain kdg saling menginspirasi.
Jangan takut kagak laku, ini Honda bro , yang trek rekordnya:
- jualan revo yg bentuknya lancip2: laku
- jualan vario & beat yg lampunya bego : laku

Nah, prediksi gw sih si Blade ini juga bakal laku.
(Berarti ntar motor2 honda yg blm lampu bego tinggal supra/fit series kali ya?)

btw Video Iklan Honda Blade Bocor?
becak dilabelin merek honda aja laku :big_weee:
iya bro, kalo roda 3-nya honda kaya gini, laku kok...
Image
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Honda BLADE!

Post by neo88 »

saabarr... ye.. pokoknyaa sebelum ganti taon Honda Blade bakalannn launching ... :big_peace:
tapi... kalo 110 apa napasnya bisa sepanjang karisma n suprax 125 yach... mmm :e-think:
truss napa kok jg dikataain lampu bego..??? kok ga ngeeh nee.. ??? :shrug:
:mrgreen:
Maximum speed ......................... Setting ON
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Honda BLADE!

Post by TUFF Stough »

Soalnya lampu beloknya belakang, gak ngikuti setang. Makanya dibilang lampu bego.
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Honda BLADE!

Post by neo88 »

Ooooo.. gitu.... :upss:
kalo.. masalah napas panjang digigi 1... blum tau yaa broo?
heehee.. thanks bro Tuff
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
123stu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
Location: jakarta

Re: Honda BLADE!

Post by 123stu »

isitlah yang cupu bgt ya. lampu kok bego... he3x.

btw, gw cari2 videonya, kok gak dapet2 y.. ada yang dapet gak bro?
penasaran video bocorannya.... :upss:
katanya sih, tarikannya kyk CS-1.... :big_slap:
gitu dari yg gw baca2. mdh2n gw gak salah baca..
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Honda BLADE!

Post by sjamsul »

Mudah2an aja mtr baru ini produknya lbh baik terutama pada plastik di seputaran lampu. Pengalaman ane pake suprax125 dah 3 kali ganti head lamp, akibat ada cacat produksi di bagian bawah km nya. Herannye tuh dealer honda kaga kasih kabar klo ada penggantian sparepart. Sekarang ini wlp masih ada bunyi2an di sekitar lampu depan, terpaksa masih dipake, abis belon dapet yg lumayan bagus buat penggantinya. :mrgreen:
muzaki
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Wed May 21, 2008 9:41

Re: Honda BLADE!

Post by muzaki »

kalo ane sih tetep mending jupie Z yang udah tekenal bandel..... buktinya walopun harga terus naik masih aja laku