Sharing Jumper aki yang benar

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by sjamsul »

andy1800 wrote:disini kan maksdunya bro samsul ?
ya, silakan dlanjut, dilarang malu2 kucing ala orde baru.....
Ho...oh........
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by nescafe »

sjamsul wrote:
nescafe wrote:ingin bertanya lg pak, abis ilmunya mantap bgt.. hehehe.. :D
pak sjamsul, apa kabel grounding bsa membantu memperpanjang umur aki?
Klo yg dimaksud adalah PENAMBAHAN kabel grounding bisa memperpanjang umur aki, maka jawabannya adalah tidak. Tapi penambahan kabel ground bisa membantu memaksimalkan kerja dari mesin mobil tsb. Teman saya pernah melakukan pengetesan di mobil injection. Dengan penambahan kabel ground, maka performa atau tarikan mobil tsb lebih baik (dengan menggunakan alat yg bahasa perancis kunonya bernama osciloskop, klo tidak salah nulisnye). Berdasarkan bukti inilah maka saya bisa menjawab pertanyaan bro kopi, eh bro nescafe. Jadi tidak asal2an menjawabnya.
Di pasaran banyak ditemui berbagai model kabel ground tambahan, tergantung dari kekuatan kantong kita sendiri klo mau ditambahin. Tapi hati2 ya membelinya jangan sampai tertipu oleh kemasan yg bagus, padahal brg tsb barang murah tapi krn bungkusnya bagus bahkan sangat bagus maka harganya menjadi mahal.
Klo untuk memperpanjang umur aki akan saya bahas nanti malam deh, krn saat ini yg alus2 udah nungguin dari tadi.( termasuk pengertian kenapa aki bisa cepat mati ). ok.
hohohoho... mantap sekali penjelasannya.. :D
oh iya pak, alat seper hurricane XCS itu, fungsinya untuk apa? mem-backup aki kah?
iya pak,saya tunggu2 penjelasannya, soalnya kmaren saya barusan ganti aki.. aki yg sebelumnya cm berumur 1.5 tahun.. :(

memperpanjang umur aki bukannya ke mak erot pak sjamsul? :mrgreen: :mrgreen:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by Abu2 »

kalo Aki basah GS 60a harga berapaan ya?
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by sjamsul »

Abu2 wrote:kalo Aki basah GS 60a harga berapaan ya?
Klo bener2 60 amper harganya diatas 500 rb, sebaiknya tanyakan lgs ke tempat biasa beli krn saya tdk jualan aki. Tapi sbl membeli sebaiknya lihat dulu tipe aki yg sekarang dipakai, apakah N50Z atau N50ZL atau NS60, NS60L atau NS60LF. Klo tipenya adalah NS60, maka amper yg sebenarnya adalah 45 amper, sedangkan klo yg beneran 60 amper, maka tipenya N50Z. Hal ini perlu diperhatikan, supaya tidak salah membeli aki, sebab klo salah bisa repot bulak-balik dan buang2 waktu. Jadi perhatikan bener2 tipenya dan tulis tipenya supaya tidak salah beli. Ok bro, selamat membeli,semoga panjang umurnye (akinye) he..he..he.......
NB: jangan beli aki yg abal-abal (kate iklan lho).....
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by sjamsul »

nescafe wrote:
sjamsul wrote:
nescafe wrote:ingin bertanya lg pak, abis ilmunya mantap bgt.. hehehe.. :D
pak sjamsul, apa kabel grounding bsa membantu memperpanjang umur aki?
Klo yg dimaksud adalah PENAMBAHAN kabel grounding bisa memperpanjang umur aki, maka jawabannya adalah tidak. Tapi penambahan kabel ground bisa membantu memaksimalkan kerja dari mesin mobil tsb. Teman saya pernah melakukan pengetesan di mobil injection. Dengan penambahan kabel ground, maka performa atau tarikan mobil tsb lebih baik (dengan menggunakan alat yg bahasa perancis kunonya bernama osciloskop, klo tidak salah nulisnye). Berdasarkan bukti inilah maka saya bisa menjawab pertanyaan bro kopi, eh bro nescafe. Jadi tidak asal2an menjawabnya.
Di pasaran banyak ditemui berbagai model kabel ground tambahan, tergantung dari kekuatan kantong kita sendiri klo mau ditambahin. Tapi hati2 ya membelinya jangan sampai tertipu oleh kemasan yg bagus, padahal brg tsb barang murah tapi krn bungkusnya bagus bahkan sangat bagus maka harganya menjadi mahal.
Klo untuk memperpanjang umur aki akan saya bahas nanti malam deh, krn saat ini yg alus2 udah nungguin dari tadi.( termasuk pengertian kenapa aki bisa cepat mati ). ok.
hohohoho... mantap sekali penjelasannya.. :D
oh iya pak, alat seper hurricane XCS itu, fungsinya untuk apa? mem-backup aki kah?
iya pak,saya tunggu2 penjelasannya, soalnya kmaren saya barusan ganti aki.. aki yg sebelumnya cm berumur 1.5 tahun.. :(

memperpanjang umur aki bukannya ke mak erot pak sjamsul? :mrgreen: :mrgreen:
bahasnye nanti malem aja ya, krn mau kerja lagi. ok
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by Abu2 »

thanks Bro Sjamsul....
umur aki (mobil) udah mencapai 1.5 taon, dan mudah2an alhamdulillah blm menunjukkan gejala2 minta di ganti...
tp ya mesti siap2 aja, karena target nya umur 2 taon ganti batere..

kasi tau dong merek rekomndasi untuk aki basah yg paling bagus utk mobil suzuki GV (paling mahal blm tentu paling bagus)
(di mobil gw 40a ato 60a ya?) gak ngerti abis nya...he...he..

kalo spek standar pake 40ampere, trus kita ganti yg 60ampere kira2 ada efek apaan ya Pak Sjamsul?
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by sjamsul »

Abu2 wrote:thanks Bro Sjamsul....
umur aki (mobil) udah mencapai 1.5 taon, dan mudah2an alhamdulillah blm menunjukkan gejala2 minta di ganti...
tp ya mesti siap2 aja, karena target nya umur 2 taon ganti batere..

kasi tau dong merek rekomndasi untuk aki basah yg paling bagus utk mobil suzuki GV (paling mahal blm tentu paling bagus)
(di mobil gw 40a ato 60a ya?) gak ngerti abis nya...he...he..

kalo spek standar pake 40ampere, trus kita ganti yg 60ampere kira2 ada efek apaan ya Pak Sjamsul?
Ko targetnya cuma 2 taon seh, klo bisa diatas 3 th kenapa tidak. Tinggal pake vitamin aki aja, mk sdh bisa dipastikan umurnye akan lebih poanjang. Nanti mlm akan saya coba bahas hal ini.
Tidak enak dibicarakan disini merknya, krn saya orang netral yg tidak memihak kepada salah satu merk aki. Saya cuma membahas caranya agar aki lebih poanjang umurnya, shg bisa menghemat pengeluaran saja.
Sekali lagi perhatikan tipe yg ditulis di akinya. Apakah NS40 atau bukan. Klo NS40 itu ampernya adalah 32 amper, sedangkan NS40Z itu 35 amper.
Klo aki diganti dengan yg ampernya lebih besar tidak masalah, misalkan tengki bensin dari kapasitas yg 30 liter diganti yg 60 liter, maka keunggulannya adalah jarak tempuh mobil bisa lebih jauh. Nah di aki sama saja, klo ampernya lebih besar, maka stroomnya akan lebih banyak selama voltnya sama yaitu 12 volt. Masalahnya adalah apakah tempat aki di mobil yg bersangkutan cukup dan apakah kepala akinya besarnya sama, klo tidak maka kepala aki di mbl tsb harus diganti. Klo masalah kabel kepala aki mungkin saya bisa bantu. Cuma bingung aja, hrs hubungi kemana?. thanks.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by Abu2 »

wah wah...mantap neh Aki Sjamsul..eh bro sjamsul belum aki aki khan?

ntar lah, gw cek aki yg ada i mobil dulu...
ntar malem ato besok gw report dan minta wejangan dari aki Sjamsul dah.. :D
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by sjamsul »

dear nes, terus terang saya tdk bisa memberikan jawabannya, krn blm pernah mencobanya.
Saya coba tulis ini dulu ya, krn tadi udah tulis lalu submit, tau2 tulisan ane ilang entah kemana, mungkin ada gangguan internet kali ye.
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by nescafe »

ok pak! nah lho? koq ilang yah?
tulisan sama orangnya sama2 ilang..

pak.. pak sjamsul.. pak sjamsul...
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by sjamsul »

nes, untuk memperpanjang umur aki adalah dg melakukan perawatan dg teratur. Kebiasaan saya sejak kira-kira 3 th lalu adalah dengan menambahkan cairan untuk mengawetkan aki.
Kenapa aki bisa cepat mati?. Krn terjadinya penumpukan kerak putih di plat aki, sehingga membuat performa aki menjadi menurun sebelum akhirnya koit alias mati. Untuk mencegah timbulnya kerak aki saya menambahkan cairan pengawet yg gunanya adalah untuk mencegah terjadinya penumpukan kerak di plat aki tsb. Sehingga penumpukan kerak putih di aki bisa dihindarkan dan akibatnya aki menjadi lebih panjang umurnya.
Di luar forum ini saya pernah membaca ada sejenis bubuk untuk mengawetkan aki. Tapi krn susah untuk berhubungan dg moderatornya, maka saya tidak bisa banyak bertanya mengenai bubuk tsb.
Dari pada susah bertanya apalagi sharing, makanya saya tulis disini aja dah dan bergabung disini. Karena nampaknya rekan2 disini lebih welcome daripada di forum lain.
Nah, klo ada pertanyaan lainnya saya akan dg senang hati memberikan jawabannya selama saya bisa. Terutama yg berhubungan dg kabel, terutama kabel lampu yg baik dan seputar masalah relay.
Atau klo perlu kita buka topik baru aja ya. Apa ada usulan?.
bro, klo urusan mak erot itu kan hanya urusan memperpanjang tali rafia aja khan.....Huehehehe.....
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by doq »

sjamsul wrote: Ko targetnya cuma 2 taon seh, klo bisa diatas 3 th kenapa tidak. Tinggal pake vitamin aki aja, mk sdh bisa dipastikan umurnye akan lebih poanjang. Nanti mlm akan saya coba bahas hal ini.
Tidak enak dibicarakan disini merknya, krn saya orang netral yg tidak memihak kepada salah satu merk aki. Saya cuma membahas caranya agar aki lebih poanjang umurnya, shg bisa menghemat pengeluaran saja.
Sekali lagi perhatikan tipe yg ditulis di akinya. Apakah NS40 atau bukan. Klo NS40 itu ampernya adalah 32 amper, sedangkan NS40Z itu 35 amper.
Klo aki diganti dengan yg ampernya lebih besar tidak masalah, misalkan tengki bensin dari kapasitas yg 30 liter diganti yg 60 liter, maka keunggulannya adalah jarak tempuh mobil bisa lebih jauh. Nah di aki sama saja, klo ampernya lebih besar, maka stroomnya akan lebih banyak selama voltnya sama yaitu 12 volt. Masalahnya adalah apakah tempat aki di mobil yg bersangkutan cukup dan apakah kepala akinya besarnya sama, klo tidak maka kepala aki di mbl tsb harus diganti. Klo masalah kabel kepala aki mungkin saya bisa bantu. Cuma bingung aja, hrs hubungi kemana?. thanks.

bukannya penggantian aki dg kapasitas ampere lebih besar dari standarnya justru bakal bermasalah oom? maksudnya klo standar kendaraan kita pakenya yg 40 ampere lalu d ganti dengan yg 50 atau 60 ampere, otomatis pengisian aki tdk bsa maksimal bukan? karena kendaraan kita hanya memiliki kapasitas pengisian aki 40 ampere?
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by nescafe »

hohoho.. oke pak sjamsul :D
hmm.. masalah perkabelan? enaknya dibuat thread baru lg.. :D

oh iya pak sjamsul, sekarang ini khan ada indikator (tertanam di aki) yg menunjukkan kondisi aki, apakah inidikator ini cukup akurat? menunjukkan keadaan semua cell atau hanya menunjukkan keadaan satu cell saja?

ooh, kiraiin memperpanjang aki bsa ke mak erot.. wkwkkwkwkw... :mrgreen:

@doq: pak sjamsul baru muncul malam hari, jd sabar yah mas untuk jawabannya.. :D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by avansa »

Yups wait and see ,untuk mobil Xenia Avansa copot kepala aki ngaruh ke ecu nggakn ?
Image
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by nescafe »

oh iya, pak sjamsul, maksud penggantian kepala aki untuk apa yah? apakah mempelancar arus kelistrikan?
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by sjamsul »

avansa wrote:Yups wait and see ,untuk mobil Xenia Avansa copot kepala aki ngaruh ke ecu nggakn ?
No what what. Paling2 memori tape aja yg perlu diprogram ulang. Pada mobil innova klo akinya dilepas, maka power windownya jadi tidak otomatis. Untuk mengembalikan fungsinya, maka power window dinaikkan ke atas sampai full / kaca tertutup rapat, lalu tahan kira-kira 3 detik. Setelah itu power window akan kembali spt semula fungsinya. Saya lupa apakah Xenia atau avansa kasusnya sama. Ok.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by sjamsul »

nescafe wrote:oh iya, pak sjamsul, maksud penggantian kepala aki untuk apa yah? apakah mempelancar arus kelistrikan?
Sorry maksudnya adalah kleman aki, bukan kepala aki.
Pada aki tipe NS40, kepala akinya lebih kecil dibandingkan dgn tipe N50. Klo aki dari ukuran kecil, misalkan NS40, lalu diganti dg tipe N50, maka kleman aki di mobil tsb tidak muat atau terlalu kecil. Jadi kleman akinya harus diganti dg yg lebih besar, supaya kabel bisa dipasangkan ke aki tsb. ok.

Wah nes, sambil nulis lalu minum secangkir kopi nescafe nikmat juga ya. Glek...glek...glek.....
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by sjamsul »

nescafe wrote:hohoho.. oke pak sjamsul :D
hmm.. masalah perkabelan? enaknya dibuat thread baru lg.. :D
oh iya pak sjamsul, sekarang ini khan ada indikator (tertanam di aki) yg menunjukkan kondisi aki, apakah inidikator ini cukup akurat? menunjukkan keadaan semua cell atau hanya menunjukkan keadaan satu cell saja?
ooh, kiraiin memperpanjang aki bsa ke mak erot.. wkwkkwkwkw... :mrgreen:

@doq: pak sjamsul baru muncul malam hari, jd sabar yah mas untuk jawabannya.. :D
Lumayan akurat, tapi hanya untuk menunjukkan kondisi aki secara keseluruhan, klo mau mengetahui setiap cell, maka dipakai hydrometer untuk mengetahui keadaan berat jenis tiap-tiap cell. Jadi harus satu per satu ditestnya. Ok.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by sjamsul »

doq wrote:
sjamsul wrote: Ko targetnya cuma 2 taon seh, klo bisa diatas 3 th kenapa tidak. Tinggal pake vitamin aki aja, mk sdh bisa dipastikan umurnye akan lebih poanjang. Nanti mlm akan saya coba bahas hal ini.
Tidak enak dibicarakan disini merknya, krn saya orang netral yg tidak memihak kepada salah satu merk aki. Saya cuma membahas caranya agar aki lebih poanjang umurnya, shg bisa menghemat pengeluaran saja.
Sekali lagi perhatikan tipe yg ditulis di akinya. Apakah NS40 atau bukan. Klo NS40 itu ampernya adalah 32 amper, sedangkan NS40Z itu 35 amper.
Klo aki diganti dengan yg ampernya lebih besar tidak masalah, misalkan tengki bensin dari kapasitas yg 30 liter diganti yg 60 liter, maka keunggulannya adalah jarak tempuh mobil bisa lebih jauh. Nah di aki sama saja, klo ampernya lebih besar, maka stroomnya akan lebih banyak selama voltnya sama yaitu 12 volt. Masalahnya adalah apakah tempat aki di mobil yg bersangkutan cukup dan apakah kepala akinya besarnya sama, klo tidak maka kepala aki di mbl tsb harus diganti. Klo masalah kabel kepala aki mungkin saya bisa bantu. Cuma bingung aja, hrs hubungi kemana?. thanks.

bukannya penggantian aki dg kapasitas ampere lebih besar dari standarnya justru bakal bermasalah oom? maksudnya klo standar kendaraan kita pakenya yg 40 ampere lalu d ganti dengan yg 50 atau 60 ampere, otomatis pengisian aki tdk bsa maksimal bukan? karena kendaraan kita hanya memiliki kapasitas pengisian aki 40 ampere?
Memang bermasalah, tapi masalahnya bukan di aki atau kendaraanya melainkan di kantong kita. Kenapa?. Pertama: aki dg kapasitas amper yg lebih besar harganya lebih mahal dari yg lebih kecil.
Kedua: Klo harus merubah kleman aki dg yg lebih besar bukankah kita hrs mengeluarkan biaya untuk mengganti kleman aki, tatakan aki dan juga penahan akinya juga harus diganti dg yg lebih besar. Misalkan dari aki NS40 diganti dg tipe NS70.
Selama akinya diganti dengan voltage yg sama, maka tidak akan ada masalah. Seperti yg saya sdh jelaskan sebelumnya, bahwa aki dg kapasitas amper yg lebih besar itu seperti kita mengganti tengki bensin dari yg kapasitas 30 lt menjadi 50 lt sehingga jarak tempuh mobil jadi lbh jauh.
Kelebihan kita mengganti aki dg kapasitas yg lbh besar adalah: klo kebetulan mesin mobil ada gangguan (amit2 deh) dan kita menstater terus, maka jumlah starternya akan lebih panjang atau lebih lama dibandingkan dgn amper yg lebih kecil, krn stroomnya akan lbh banyak (istilah awamnya).
Kelebihan lainnya adalah: klo kita berada di jalur rel kereta api, lalu tiba2 mesin mati / mogok ( amit amit amit deh ) maka kita lebih aman. Mengapa?. Kita tinggal memasukkan ke gigi satu, lalu starter mobil, maka mobil akan berjalan lebih jauh dibandingkan dg kapasitas amper yg lbh kecil. Jangan lupa kunci kontak harus dalam posisi on dan harus lebih berhati2 lagi, krn mobil akan berjalan dg tidak normal atau lompat2.
Nah demikianlah cerita ini saya akhiri sampai disini. Mau ngopi dulu ah. Glek...glek...glek...........
sambil merokok fes....fes....fes........
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by MitshuToyo »

sjamsul wrote:
doq wrote:
Memang bermasalah, tapi masalahnya bukan di aki atau kendaraanya melainkan di kantong kita. Kenapa?. Pertama: aki dg kapasitas amper yg lebih besar harganya lebih mahal dari yg lebih kecil.
Kedua: Klo harus merubah kleman aki dg yg lebih besar bukankah kita hrs mengeluarkan biaya untuk mengganti kleman aki, tatakan aki dan juga penahan akinya juga harus diganti dg yg lebih besar. Misalkan dari aki NS40 diganti dg tipe NS70.
Selama akinya diganti dengan voltage yg sama, maka tidak akan ada masalah. Seperti yg saya sdh jelaskan sebelumnya, bahwa aki dg kapasitas amper yg lebih besar itu seperti kita mengganti tengki bensin dari yg kapasitas 30 lt menjadi 50 lt sehingga jarak tempuh mobil jadi lbh jauh.
Kelebihan kita mengganti aki dg kapasitas yg lbh besar adalah: klo kebetulan mesin mobil ada gangguan (amit2 deh) dan kita menstater terus, maka jumlah starternya akan lebih panjang atau lebih lama dibandingkan dgn amper yg lebih kecil, krn stroomnya akan lbh banyak (istilah awamnya).
Kelebihan lainnya adalah: klo kita berada di jalur rel kereta api, lalu tiba2 mesin mati / mogok ( amit amit amit deh ) maka kita lebih aman. Mengapa?. Kita tinggal memasukkan ke gigi satu, lalu starter mobil, maka mobil akan berjalan lebih jauh dibandingkan dg kapasitas amper yg lbh kecil. Jangan lupa kunci kontak harus dalam posisi on dan harus lebih berhati2 lagi, krn mobil akan berjalan dg tidak normal atau lompat2.
Nah demikianlah cerita ini saya akhiri sampai disini. Mau ngopi dulu ah. Glek...glek...glek...........
sambil merokok fes....fes....fes........
Bro, nurutku kalau diliat dari rugi kantong aja mah gak seberapa..

Mobil adalah sebuah karya design yang di hitung bener. Penggantian Aki dengan kapasitas ampere yang lebih gedhe asal2an tanpa dasar ilmu teknik jg berbahaya.

Dulu ada user Peugeot 406 D9 yang upgrade ampere Aki. Alhasil kabel multiplex yang ada gosong terus..itupun baru ketahuan setelah automatic fannya ngadat. Untuung blom terjadi kebakaran.
Kejadian serupa jg pernah menimpa temenku sendiri dalam perjalanan dr Bandung ke Majalengka. Karpet gosong hampir terbakar sepanjang kabel yang di taruh di bawahnya.

Harga Aki & kleman kan gak sebanding dengan harga mobil jika terjadi salah oprek.
Jangan dilihat dari kapasitas aki yang gedhe saja, kabel2 rambut di mobil tahan enggak dengan arus yang ada ? ibarat sungai kecil yang airnya berlebihan..cmmiw

So kl gw prefer yang standard2 aja.. :)
Lagi nginjek rem..
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by doq »

naaaahh.......sy lebih setubuh sama oom MitshuToyo ney........... :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by Abu2 »

asssiikkk...jadi interaktif nih topik nyaa....

hayo hayo bung mikeportnoy...eehhh...bung Mitshu........masuk akal juga tuh kasus di PUG..
tp apakah gosongnya kabel memang di yakini sebagai akibat dari penggantian ampere aki tsb?

kalo di andai andai, untuk upgrade penambahan aki ini misal dari 40A ke 70A, sama dan mirip2 seperti upgrade listrik rumah, dari 1300A ke 2400A..bener gak ya...??
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by sjamsul »

Dear MitsuToyo, untuk mengupgrade aki haruslah diimbangi dg terminal atau skun yg baik dan juga cara menjepit haruslah baik untuk mengimbangi pemakaian arusnya. Saya akan mencoba memasukkan contoh gambar / foto di rubrik ini. tapi tlg jelaskan caranya memasukkan gambar ke rubrik ini, krn terus terang saya baru2 ini saja memakai internet ini. Thanks.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by sjamsul »

Abu2 wrote:asssiikkk...jadi interaktif nih topik nyaa....

hayo hayo bung mikeportnoy...eehhh...bung Mitshu........masuk akal juga tuh kasus di PUG..
tp apakah gosongnya kabel memang di yakini sebagai akibat dari penggantian ampere aki tsb?

kalo di andai andai, untuk upgrade penambahan aki ini misal dari 40A ke 70A, sama dan mirip2 seperti upgrade listrik rumah, dari 1300A ke 2400A..bener gak ya...??
Dear Abu2, gosongnya kabel bisa disebabkan krn cara menjepit kabelnya tidak sempurna atau krn kabelnya diganti dg kwalitas yg tidak baik. Jadi hanya bodi kabelnya saja yg besar, sedangkan isinya sedikit / kecil, shg menjadi panas dan bisa menyebabkan terjadinya kebakaran.
Pada umumnya toko2 aki yg ada sekarang ini jarang sekali menyediakan crimping tool yg baik, shg kalo mau mengganti kleman aki lantas skun kabelnya diganti tidak bisa menjepit dgn baik, krn tidak adanya alat pendukung untuk menjepit skun tsb. Akibatnya seperti yg saya jelaskan diatas, bisa menyebabkan terjadinya kebakaran.
Sdh diatas 15 th saya menerapkan cara ini dan alhasil tidak ada satupun yg menjadi terbakar krn penggantian aki menjadi yg lebih besar. Klo mau bukti akan saya berikan contoh. ok
Klo listrik rumah di upgrade, maka mcb nya kan diganti juga.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Sharing Jumper aki yang benar

Post by sjamsul »

btw saya salah tempat ngak ya, krn judulnya disini adalah sharing jumper aki yg benar, sedangkan yg saya coba bahas kebanyakan mengenai aki dan seputar permasalahannya.
Tolooong koreksi......