[ask] review all new jazz

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
gemelli
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Thu Jun 28, 2007 2:26

Re: [ask] review all new jazz

Post by gemelli »

Kayanya di Jazz RS emang ga ada alarm de, adanya Keyless entry + Immobilizer - kalo liat di spesifikasi-nya http://www.honda-indonesia.com/product. ... ifications

Setau gue sih Kunci mbl -nya berfungsi sebagai Remote utk buka/tutup pintu...
btw.. kunci jazz ini kalo di colok muncul gbr kunci gak? ini buat immobilizer n kunci ga bisa di ganda-kan.....
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [ask] review all new jazz

Post by Risol1 »

datsu wrote:ga worth to buy secara produk dengan harga sekarang.. gw sih dapet harga lama aja makanya masih tetep beli.. buat yang sayang duit gw sarankan tetep SX4..

@gemelli: sorry to say: kayanya di toyota cuman avanza E deh yang gak punya alarm standar.. masih kurang fitur kl kata gw.. Doorlock aja TIDAK mengunci otomatis di kecepatan tertentu.. huhu.. safetynya mana? dan lg ini JAZZ RS lho.. no alarm.. lagian alarm itu udah jadi kebutuhan pokok mobil buat di indo..

gw cuman bilang jazz menang di desain aja (model, keleluasaan, dll) dari kompetitor.. mesin setara (120ps gak ngefek) ama kompetitor, fitur mah secara umum kalah bro..
wah payah juga ya yg tipe RS aja gak ada alarm, tapi kayaknya jazz idsi lama udah pake alarm sbg standardnya?
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: [ask] review all new jazz

Post by datsu »

hehehe.. kalo alarm toyota yang udah tergabung ama kunci dijamin kalo alarm idup gak bisa starter. Sori, gw punya 2 toyota kaya gitu semua. Tapi overridenya memang terlalu gampang jg.. Tapi buat gw alarm penting.. Hahaha.. lagian kalo yaris J gak ada dan mungkin E gak ada tapi S ada kan? ini jazz di RS pun GAK ADA! hehe..

gw gak terlalu perlu immobilizer krn gw punya tongkat setir baja model lama yang pake kunci tombol mekanik.. Yang gw perlu adalah alarm.. percuma gw punya mobil tapi ketakutan kalo naro laptop di dalem dimalingin orang.. percuma kalo kaca jendela dipecahin trus gak ada suara apa2.. hahaha..

speed sensor doorlock menurut gw juga penting buat orang2 yang suka lupa ngunci mobilnya.. hehehe.. kata siapa gw gak bisa ngerasa beda 1-2 detik pake feeling? dan gak perlu pake feeling.. cipularang 140KM bro!! hehe.. pasti kerasa kalo dijalanin segitu jauh.. :P

keyless entry? haha.. marketing bullsh*t!! semua alarm rasanya sudah keyless entry. Tapi kalo keyless entry tanpa alarm t*i lah menurut gw mah... Seenggaknya bonus dr dealer keq alarm krn tau kondisi indo.. Hehehe.. tinggal liat aja city 260 juta ada alarm gak? kalo gak ada.. :frm_snipper: Tp gw liat diwebsitenya ada security alarm.. mudah2an buat semua tipe.. :P

Jazz RS M/T terakhir harganya 190,5 juta. No foglamp and alarm? SX4 X-Over lengkap + spare part bareng ama mesin M15A yang lainnya harga 180,5jt? malah masih ada dealer yang mau ngasih diskon? hahaha.. buat lo yang sayang duit, pengen space yang luas, ambil SX4. Buat lo yang gak mikir duit, pengen nyetir sendiri ambil Jazz. Kalo model gw rasa dua2nya cantik.

heheh lagian capek gw... gw pengen review secara objektif dan subjektif dr persepsi gw.. ya ini pendapat gw.. pendapat yang laen2 yang udah pernah nyetir ya terserah.. hehe...

*makin gak penting aja postingan gw*
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
omroy2005
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Tue Aug 19, 2008 4:37

Re: [ask] review all new jazz

Post by omroy2005 »

datsu wrote:hehehe.. kalo alarm toyota yang udah tergabung ama kunci dijamin kalo alarm idup gak bisa starter. Sori, gw punya 2 toyota kaya gitu semua. Tapi overridenya memang terlalu gampang jg.. Tapi buat gw alarm penting.. Hahaha.. lagian kalo yaris J gak ada dan mungkin E gak ada tapi S ada kan? ini jazz di RS pun GAK ADA! hehe..

gw gak terlalu perlu immobilizer krn gw punya tongkat setir baja model lama yang pake kunci tombol mekanik.. Yang gw perlu adalah alarm.. percuma gw punya mobil tapi ketakutan kalo naro laptop di dalem dimalingin orang.. percuma kalo kaca jendela dipecahin trus gak ada suara apa2.. hahaha..

speed sensor doorlock menurut gw juga penting buat orang2 yang suka lupa ngunci mobilnya.. hehehe.. kata siapa gw gak bisa ngerasa beda 1-2 detik pake feeling? dan gak perlu pake feeling.. cipularang 140KM bro!! hehe.. pasti kerasa kalo dijalanin segitu jauh.. :P

keyless entry? haha.. marketing bullsh*t!! semua alarm rasanya sudah keyless entry. Tapi kalo keyless entry tanpa alarm t*i lah menurut gw mah... Seenggaknya bonus dr dealer keq alarm krn tau kondisi indo.. Hehehe.. tinggal liat aja city 260 juta ada alarm gak? kalo gak ada.. :frm_snipper: Tp gw liat diwebsitenya ada security alarm.. mudah2an buat semua tipe.. :P

Jazz RS M/T terakhir harganya 190,5 juta. No foglamp and alarm? SX4 X-Over lengkap + spare part bareng ama mesin M15A yang lainnya harga 180,5jt? malah masih ada dealer yang mau ngasih diskon? hahaha.. buat lo yang sayang duit, pengen space yang luas, ambil SX4. Buat lo yang gak mikir duit, pengen nyetir sendiri ambil Jazz. Kalo model gw rasa dua2nya cantik.

heheh lagian capek gw... gw pengen review secara objektif dan subjektif dr persepsi gw.. ya ini pendapat gw.. pendapat yang laen2 yang udah pernah nyetir ya terserah.. hehe...

*makin gak penting aja postingan gw*
Setuju ama Datsu, emang begitulah pada kenyataanya... :off_good_job:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [ask] review all new jazz

Post by GTR »

maksud gw alarm yaris E dan J (yg ada stiker toyota theft deterrent system di jendela depan) itu yg tombol2 menyatu dgn kunci starter, tapi dites distart pake kunci serep yg ketiga yg tidak ada tombol2 alarm nya itu (setelah alarm aktif 60sec) juga masi bisa start juga tanpa men-trigger bunyi/lampu alarm. ini sekalian info juga buat yaris user.
ga semua alarm itu keyless, model alarm di yaris S belum keyless, yg keyless di Slimited.

Alarm harusnya jadi menu wajib at least buat dealer seperti karpet/kacafilm;
karena memang betul kalo ttg sebagian market lebih prefer alarm dan kunci setang (juga jadi bikin lebih murah harusnya), drpd engine immobilizer.
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: [ask] review all new jazz

Post by datsu »

hmm.. IC.. tapi innova pun gitu koq.. pake kunci ketiga bisa.. toh bukan immobilizer.. yang penting kalo alarm idup ada prosedur "10x".

Tapi menurut gw drpd bonus kaca film bagusan bonus alarm.. Apalagi untuk indonesia.. Walaupun mobil masih bisa idup, seenggaknya alarm itu berguna untuk antisipasi kejahatan yang bukan mengincar mobil, tapi isi mobil. Kalo gak ada alarm dan immobilizer aja kan kasarnya kaya kita ngomong gini ama maling "mobil gw gak bisa lo ambil, canggih boy, tapi ambil aja gih isi dalem mobilnya"

dan lagi sekali lagi terbukti, itu untuk yaris E dan J. Sedangkan tipe S gak. Nah utk jazz gimana? sampe tipe RS bos? jujur gw gak ngerti apa sih maunya honda? kalo gak butuh alarm ya civic, city, accord, crv juga gak usah kasih alarm.. immobilizer aja cukup.. toh tapi mereka dikasih alarm.. berlaku juga buat foglamp.. emangnya jazz gak bisa dibawa ke gunung yang banyak kabutnya yah ampe gak perlu foglamp? hehehe..
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [ask] review all new jazz

Post by GTR »

mirip juga sama kasus jazz 1gen MMC bos...
weird,
itu liat model bumper depannya kan sengaja dibikin gada lubang buat foglamp, klo mau pun harus repot ganti full bumper.
or sengaja ga reserve buat steering audio control tapi malah tombol2 buat steershift nya.
juga civic 1.8 (or grand civic), malah dia sengaja kasih headlamp "2pasang mata" duluan sebelum sediakan utk foglamp.
seems emang udah keputusan dari sononya yg doyan kaya gitu (ga suka foglamp asesoris dll duluan drpd hal lainnya).

nah keliatan juga honda juga doyan pasang assy heater a/c dan assy kombinasi antikabut a/c buat kaca depan, beda dari toyota yg bisa lebih flexible utk remove ini, juga corak utk pemakaian bahan2 fabric buat jok2 yaris/vitz di dunia itu banyak ragam.

seems induknya agak kaku dlm penerapan delegasi hal2 seperti ini ke atpm.
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: [ask] review all new jazz

Post by datsu »

yah nampaknya memang HPM nya yg ngekor ama jepang.. hehe..

tapi new civic yang skrng kalo gak salah ada foglampnya buat yang 2.0 CMIIW. Dan yah, heater (baik di suzuki atopun honda) buat gw gak kepake.. Lha, suhu di dataran rendah indonesia gak ada yang pernah dibawah 20 derajat celcius to? suhu didataran tinggi macem bandung pun gak pernah dibawah 5 derajat kan? hehe..

Sebetulnya toyota udah pinter dengan mengaplikasikan HANYA yang dibutuhkan masyarakat indonesia secara umum.. kalo suzuki gak mikir2, dimasukin aja semuanya, makanya dia jadi yang kadang2 paling lengkap. Nah kalo Honda, as Mr. GTR said b4, ngekor aja ama jepang.. huehehe...
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: [ask] review all new jazz

Post by Abu2 »

nextgen wrote:iya, sudah abs, bro.
ngunci gimana? bisa diceritain detilnya?
saya pernah coba ngerem utk tes abs pas jalanan basah (masih hujan rintik2), abs-nya berfungsi.
roda gak slip (terkunci) dan di pedal rem terasa ada getaran disertai bunyi gruduk2.

yg agak gak enak klo misalnya saat berjalan pelan mo ngerem rasanya terlalu pakem, susah utk berhenti smooth dan bila udah berhenti selang beberapa detik (misal di lampu merah, masih menginjak rem), rem tiba2 agak ngelos ke dalem.
pertanyaannya, apakah ini efek dari brake assist?
fungsi dr brake assist utk membantu menambah tekanan ke rem agar rem lebih pakem walopun ditekan dikit kan? :ungg:
IMHO, ABS berkerja diatas kecepatan 20kpj..cmiiw
evolve
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 140
Joined: Mon Nov 24, 2008 3:49

Re: [ask] review all new jazz

Post by evolve »

gemelli wrote:Jadi New Jazz ini worth to buy ga neh? secara produk lho..... untuk fiturnya uda mayan komplit kan? ada map light, spion tekuk elektris....
kalo alarm sih emang banyakan options bro... sx-4, latio jg gitu.... ga tau yg laen yah..
jazz "kosong" fitur ah...
klo map light itu yg lampu aja kan? soalnya pas gw liat2 jazz, kesannya konvensional fitur2nya...
ga ada yg "aneh2"...

cuman 1 kelebihan RS yg top banget, imho, adanya arm rest (yaah emang bukan fitur canggih/aneh2 sih cuman handy banget)...
buat RS matic, adanya arm rest+paddle shift itu killer banget deh... 2 fitur yg top bagi gw...
aldy wrote:Kalo pake feeling 1-2 detik ga ngefek tapi kalo di adu sprint bareng2 baru ngefek(sama2 standard) ,paling 1/2 bodi..he2
hm.. udah ngetest??
ntah yg lain, cuman drive-by-wire new vios lambat banget, ga enak klo pengen akselerasi cepet...
klo ngegas pelan2, makin cepet sih emang sama2 aja ama mobil manual konvensional...
cuman klo lg pengen kick down buat akselerasi, ga enak banget... pa lagi yg terbiasa pake manual konvensional (kayak gw), jd bener2 ga enak banget...
harus adaptasi lg...
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [ask] review all new jazz

Post by GTR »

yup, yg 2.0 baru deh ada foglamp jadi total 3 pasang lamp, padahal foglamp udah cocok buat jalan berkabut.
juga utk mobil udah rear wiper: IMHO seharusnya ga terlalu penting lagi kalo tanpa defogger, contoh di xenia, avanza, terios, innova G yg "sejuta umat" itu tanpa defogger; tapi masih ada dipasang juga di sebagian varian2/model2 lainnya sampe sekarang (juga di toyota dst dst).

Yg lucu lagi, lebih rada "ngejual" harusnya kaya vkool gitu malah "diganti" dgn aplikasi tinted("green glass", versi mereka) yg bisa jadi malah cost nya lebih tinggi padahal belum cukup "menjual" disini.
mungkin utk market di luar, lebih populer kaca tinted ini drpd kaca film di indo; dan maybe sedapatnya ada inline menyesuaikan trim RS / S nya di luar.

nah, isu interior quality material, kayanya market hrs bersabar pd MMC, or maybe bakalan lama tunggu pembenahan sampe ganti gen lagi.

sektor keempukan shockabsorber, performa rem & torsi bawah sohc ini? tipikal dia; merk lainnya harusnya masih tetep lebih unggul, khususnya toyota2 global yg relatif "jago" torsi rpm rendah nya.
Last edited by GTR on Wed Jan 14, 2009 10:22, edited 1 time in total.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [ask] review all new jazz

Post by GTR »

arm-rest sepertinya bisa dibuat custom aja pd mobil2 yg belum ada yah...

mungkin bagi produsennya or market luar, fitur2 nya yg ditawarkan itu termasuk yg kasat mata, misal aja: euro4, rating NCAP-Crash, a/t (5speed, GLC/climb-factor, Shift-hold/yaw-factor), hi-tensile steel (ini terbungkus kulit body), reach-rake steering, mid fuel tank position, Magic-seat, space exterior-interior-bagasi, dst hal2 semacam ini.
evolve wrote:jazz "kosong" fitur ah...
klo map light itu yg lampu aja kan? soalnya pas gw liat2 jazz, kesannya konvensional fitur2nya...
ga ada yg "aneh2"...

cuman 1 kelebihan RS yg top banget, imho, adanya arm rest (yaah emang bukan fitur canggih/aneh2 sih cuman handy banget)...
buat RS matic, adanya arm rest+paddle shift itu killer banget deh... 2 fitur yg top bagi gw...

udah sih, ada tapi termasuk yg better drpd mobil lain; yet masih "bisa berjuang" dgn figure2 angka akselerasi instrumented nya; walaupun klo dari kesan mengemudi subyektif gw, akselerasi yaris bisa terkesan lebih cepet.
at least paling minim noticeable/komplain pada review2 tmsk juga TBW di civic / crv.
evolve wrote: hm.. udah ngetest??
ntah yg lain, cuman drive-by-wire new vios lambat banget, ga enak klo pengen akselerasi cepet...
klo ngegas pelan2, makin cepet sih emang sama2 aja ama mobil manual konvensional...
cuman klo lg pengen kick down buat akselerasi, ga enak banget... pa lagi yg terbiasa pake manual konvensional (kayak gw), jd bener2 ga enak banget...
harus adaptasi lg...
User avatar
gemelli
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Thu Jun 28, 2007 2:26

Re: [ask] review all new jazz

Post by gemelli »

Untuk Jazz RS fiturnya uda lumayan lha.. malah untuk yg AT ada foot rest-nya lho... tp minus fog lamp + alarm... pdhl 2 fitur ini penting yah
Arm rest bukannya ada engsel-nya yah jd bisa di lipet, emang bisa bikin sendiri?

evolve wrote:
gemelli wrote:Jadi New Jazz ini worth to buy ga neh? secara produk lho..... untuk fiturnya uda mayan komplit kan? ada map light, spion tekuk elektris....
kalo alarm sih emang banyakan options bro... sx-4, latio jg gitu.... ga tau yg laen yah..
jazz "kosong" fitur ah...
klo map light itu yg lampu aja kan? soalnya pas gw liat2 jazz, kesannya konvensional fitur2nya...
ga ada yg "aneh2"...

cuman 1 kelebihan RS yg top banget, imho, adanya arm rest (yaah emang bukan fitur canggih/aneh2 sih cuman handy banget)...
buat RS matic, adanya arm rest+paddle shift itu killer banget deh... 2 fitur yg top bagi gw...
evolve
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 140
Joined: Mon Nov 24, 2008 3:49

Re: [ask] review all new jazz

Post by evolve »

GTR wrote:arm-rest sepertinya bisa dibuat custom aja pd mobil2 yg belum ada yah...

mungkin bagi produsennya or market luar, fitur2 nya yg ditawarkan itu termasuk yg kasat mata, misal aja: euro4, rating NCAP-Crash, a/t (5speed, GLC/climb-factor, Shift-hold/yaw-factor), hi-tensile steel (ini terbungkus kulit body), reach-rake steering, mid fuel tank position, Magic-seat, space exterior-interior-bagasi, dst hal2 semacam ini.
afaik, fitur2 pasif/kasat mata-nya sama2 aja ama kompetitor sejenis, dari sistem rangka (palingan beda nama), ABS, EBD dll... palingan dalam hal ini 5 A/T yg beda... masih ada sih yg beda2 cuman ga terlalu jauh lah...
sedangkan kompetitor2 lain juga ngasih fitur2 yg handy di kabin jadi ada "mainan", semisal audio di setir, smart/stop button, smart entry, MID...

btw, ttg arm rest, jarang2 yg mau buat arm rest, lagian cukup mahal...
mungkin harganya sama aja kayak beli jok bekas yg udah ada arm restnya...
cuman gitu sayang lg, jok masih baru & bagus ganti ke bekas...
GTR wrote: udah sih, ada tapi termasuk yg better drpd mobil lain; yet masih "bisa berjuang" dgn figure2 angka akselerasi instrumented nya; walaupun klo dari kesan mengemudi subyektif gw, akselerasi yaris bisa terkesan lebih cepet.
at least paling minim noticeable/komplain pada review2 tmsk juga TBW di civic / crv.
evolve wrote: cuman klo lg pengen kick down buat akselerasi, ga enak banget... pa lagi yg terbiasa pake manual konvensional (kayak gw), jd bener2 ga enak banget...
harus adaptasi lg...
gw bandinginnya ama manual konvensional sih, soalnya gw kebiasa di situ...
trajet 2004 A/T udah TBW blum? klo blum, dibanding ama trajet itu masih lebih ok new vios A/T yg TBW...
tapi klo dibandingin ama mobil gw sebelumnya yg manual & blum TBW, kerasa banget jeda-nya pas kick down...
gemelli wrote:Untuk Jazz RS fiturnya uda lumayan lha.. malah untuk yg AT ada foot rest-nya lho... tp minus fog lamp + alarm... pdhl 2 fitur ini penting yah
Arm rest bukannya ada engsel-nya yah jd bisa di lipet, emang bisa bikin sendiri?
foot rest itu yg buat kaki kiri bukan?
klo iya, bukannya semua A/T ada ya?? atau engga??

arm rest iya ada engselnya dan bisa dilipat, dan iya bisa bikin sendiri, klo ke bengkel modif apa sih yg ga bisa dibikin... ;)
cuman biayanya aja mungkin yg jadi kendala lg...
maksudnya hanya sekedar arm rest yg "secuil" tapi harus ngeluarin ratusan ribu bahkan mungkin menembus ke angka 1 jt (semisal cari jok seken), kan rada2 malesin... :p
User avatar
v4ldi5
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26

Re: [ask] review all new jazz

Post by v4ldi5 »

GTR wrote:maksud gw alarm yaris E dan J (yg ada stiker toyota theft deterrent system di jendela depan) itu yg tombol2 menyatu dgn kunci starter, tapi dites distart pake kunci serep yg ketiga yg tidak ada tombol2 alarm nya itu (setelah alarm aktif 60sec) juga masi bisa start juga tanpa men-trigger bunyi/lampu alarm. ini sekalian info juga buat yaris user.
ga semua alarm itu keyless, model alarm di yaris S belum keyless, yg keyless di Slimited.

Alarm harusnya jadi menu wajib at least buat dealer seperti karpet/kacafilm;
karena memang betul kalo ttg sebagian market lebih prefer alarm dan kunci setang (juga jadi bikin lebih murah harusnya), drpd engine immobilizer.
Sory bro yaris ku tipe e m/t oktober 2009 alarm diaktifkan putar anak kunci klakson langsung meraung2 tuh
rdh
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Jun 13, 2008 13:05

Re: [ask] review all new jazz

Post by rdh »

jazz-ku okt 08 s type A/T baru km 5800 an, hari minggu lalu barusan dipakai, langsung masuk garasi. Selasanya mau pakai lagi ternyata ada tidak bisa start ada alarm hijau gambar kunci, setelah baca buku manual ada masalah di immobilizer, coba pakai kunci serep masih saja tidak bisa distart.

Mohon bantuannya rekan-2

Trima kasih