Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R - PART 01

Segala motor tipe sport (GL, CBR, Tiger, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Aby_Hole
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun Dec 26, 2010 2:50

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by Aby_Hole »

biasanya dya buntu low mesin dah dingin....
*yang bikin heran buntunya low dah malam, keak motor yang gunakn tenaga listrik gitu jdi low dah malm dia lowbet,,, hehehe

*aki baru2 saya ganti skitar 2-3 bulan yang lalu bro
*trus pulser jga dah sya ganti,, tapi skitar satu minggu saya pake pulsernya trbakar kembali .........

:big_peace:
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

Aby_Hole wrote:biasanya dya buntu low mesin dah dingin....
*yang bikin heran buntunya low dah malam, keak motor yang gunakn tenaga listrik gitu jdi low dah malm dia lowbet,,, hehehe

*aki baru2 saya ganti skitar 2-3 bulan yang lalu bro
*trus pulser jga dah sya ganti,, tapi skitar satu minggu saya pake pulsernya trbakar kembali .........

:big_peace:
pastinya yg kebakar pulser atau spul Bro?..
pulser itu yg kotak kecil kabel ada 2, klo spul yg lingkaran gede berlilitan kawat email kabel ada 3, sama2 satu bundel sih klo beli.

klo pulser klo rusak ga ada tanda2 secara fisik biasanya, tau2 ga ada sinyal gitu.
klo spul klo rusak baru kelihatan secara fisik, ada semacam gosong2.

kayanya ada masalah di kelistrikan di swiftnya Bro aby. ketahuan pernah ganti spul & aki di waktu yg berdekatan.
beban terlalu tinggi kiprok masih bisa nangani tapi spul udah ga sanggup begitu juga aki.

bisa jadi kiproknya yg troubel juga bisa, di kiprok swift itu ada 3 jalur dimana jika normal 3 jalur ini akan bersatu ngecharge ke aki yang diatur oleh regulator. klo regulatornya ga beres kerjanya bisa2 diantara 3 jalur itu cuman ada 1 jalur aja yg ngecharge ke aki, sisanya 2 jalur yg lain dibalikin ke spul lagi guna membuat medan magnet yg akhirnya bikin spul cepat panas dan insulatornya meleleh akhirnya 2 kawat atau lebih telanjang dari insulator & konslet. jadinya aki cuman keisi setrum sedikit sekali. klo malam dipakai ya tekorrrrrr akinya. coba, cdi aja udah ambil 3 amperan sekitar 36watt (klo digeber), belum lampu depan kanan kiri ,belakang klo rem nyala aja udah 2x21watt, lampu malam belakangnya udah 2x10watt(tergantung jenis bohlamnya).

coba cek kiproknya juga, klo kiprok yakin normal coba Bro jangan pakai sekring ukuran gede, kasih standar aja (jangan isi sekring pakai helai(rambut) kabel karena ukurannya beda).
cek pengkabelan khususnya insulatornya(pelindung karetnya), soket2, saklar2 & fiting2 lampu.

CMIIW
Aby_Hole
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun Dec 26, 2010 2:50

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by Aby_Hole »

dah ktemu pnyakitnya bro

trnyata da di pulsernya...
*pulsernya trbakar kembali

*oh ya bro,,, gir apa yang cocok dngan nie happy 200cc ???????
*saya acungain jempol buat gir baawaannyaa happy 200cc ,,, soalnya dah 2 tahun saya pake nie gir bro ,,,tapi scara fisik dia MASIH BAGUS,,,,
hehehehe

:big_peace:
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

Aby_Hole wrote:dah ktemu pnyakitnya bro

trnyata da di pulsernya...
*pulsernya trbakar kembali

*oh ya bro,,, gir apa yang cocok dngan nie happy 200cc ???????
*saya acungain jempol buat gir baawaannyaa happy 200cc ,,, soalnya dah 2 tahun saya pake nie gir bro ,,,tapi scara fisik dia MASIH BAGUS,,,,
hehehehe

:big_peace:
klo masih pakai yg 46 mata bisa makai punya megapro/gl neotek. klo pengin top speed naik bisa pakai punya supra yg 40 mata tapi modif dikit tentunya.
User avatar
Virman_hsrc004
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Thu Jan 14, 2010 17:04

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by Virman_hsrc004 »

bro sekalian ada yang oprek gigi rasio swift 200 lc kahh.....klo ada report dong hasilnya...

kemarin malem motorku aku jabanin sama g* p*o yang strokenya di naikan, dengan jarak 1,5km..(ciri khas sirkuit by.pass krian..)
alhasil swiftku kalah.. 2 body motor sama tu motor...
itu uda aku coba sampai 3 kali..hasilnya tetep sama...
pdahal seker motorku uda oversize 275 punya tigor,karbu kosso 32mm,cdi shogun,koil tigor+busi denso iridium.
menururku swift yang lc itu payah,,miss di gigi rasio,,
mulai awl start aku coba.. gigi 1-4 motorku terdepan...lah ketika oper gigi 5 disitu ada penurunan power naik top speednya terasa berat n panjang,, pas disaat itu motorku terlewati oleh si g* p*o. gigi 5 swift naiknya payah butuh waktu lebih buat naik top speed,,,,
hadohh,,,,,,ampe pusing gara2 kejadian semalam... :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: ........
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

Virman_hsrc004 wrote:bro sekalian ada yang oprek gigi rasio swift 200 lc kahh.....klo ada report dong hasilnya...

kemarin malem motorku aku jabanin sama g* p*o yang strokenya di naikan, dengan jarak 1,5km..(ciri khas sirkuit by.pass krian..)
alhasil swiftku kalah.. 2 body motor sama tu motor...
itu uda aku coba sampai 3 kali..hasilnya tetep sama...
pdahal seker motorku uda oversize 275 punya tigor,karbu kosso 32mm,cdi shogun,koil tigor+busi denso iridium.
menururku swift yang lc itu payah,,miss di gigi rasio,,
mulai awl start aku coba.. gigi 1-4 motorku terdepan...lah ketika oper gigi 5 disitu ada penurunan power naik top speednya terasa berat n panjang,, pas disaat itu motorku terlewati oleh si g* p*o. gigi 5 swift naiknya payah butuh waktu lebih buat naik top speed,,,,
hadohh,,,,,,ampe pusing gara2 kejadian semalam... :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: ........
denger2 sih gigi swift sama dengan gigi tiger cuman gigi 5 tiger dihilangin. jadi klo dari gigi 4 swift ke lima ngedrop dulu buat ke top speed alias ga ada gigi pengangkatan(antara gigi 4-5).
melihat pertarungan di atas pertimbangan ban glrpo yg 18 inci juga ikut berperan buat mencapai top speed lebih, makanya akselerasi dia lambat sampai swift di gigi 4, tapi glpro punya velg jari2 yg notabene ringan jadi sedikit loss power.

aku juga pengin ngoprek gigi rasio swift lc ku, setelah tanya sana sini banyak juga ubahannya. :off_bored:
mungkin swifter yg lain ada yg udah ngoprek gigi rasio. dulu kayanya ada yg bilang bisa pakai gigi rasio tigor satu set, apa aja ya yg dirubah? :drinking:
teuku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Fri Jan 23, 2009 6:14

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by teuku »

accswiftura wrote:
Aby_Hole wrote:dah ktemu pnyakitnya bro

trnyata da di pulsernya...
*pulsernya trbakar kembali

*oh ya bro,,, gir apa yang cocok dngan nie happy 200cc ???????
*saya acungain jempol buat gir baawaannyaa happy 200cc ,,, soalnya dah 2 tahun saya pake nie gir bro ,,,tapi scara fisik dia MASIH BAGUS,,,,
hehehehe

:big_peace:
klo masih pakai yg 46 mata bisa makai punya megapro/gl neotek. klo pengin top speed naik bisa pakai punya supra yg 40 mata tapi modif dikit tentunya.

benr banget,ini motor pake standart punya meg pro,,,soale kmren baru di ganti gir 1set
kalo kirpok punya tunder emnk sama ya ama ini mtr?
kmren ke bengkel,yang jelas in motor beda bngt kiproknya sama tigre,,lubang kabel di swift ada 4,kalo di tigre ada 5
mohon arahan
teuku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Fri Jan 23, 2009 6:14

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by teuku »

accswiftura wrote:
Virman_hsrc004 wrote:bro sekalian ada yang oprek gigi rasio swift 200 lc kahh.....klo ada report dong hasilnya...

kemarin malem motorku aku jabanin sama g* p*o yang strokenya di naikan, dengan jarak 1,5km..(ciri khas sirkuit by.pass krian..)
alhasil swiftku kalah.. 2 body motor sama tu motor...
itu uda aku coba sampai 3 kali..hasilnya tetep sama...
pdahal seker motorku uda oversize 275 punya tigor,karbu kosso 32mm,cdi shogun,koil tigor+busi denso iridium.
menururku swift yang lc itu payah,,miss di gigi rasio,,
mulai awl start aku coba.. gigi 1-4 motorku terdepan...lah ketika oper gigi 5 disitu ada penurunan power naik top speednya terasa berat n panjang,, pas disaat itu motorku terlewati oleh si g* p*o. gigi 5 swift naiknya payah butuh waktu lebih buat naik top speed,,,,
hadohh,,,,,,ampe pusing gara2 kejadian semalam... :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: ........
denger2 sih gigi swift sama dengan gigi tiger cuman gigi 5 tiger dihilangin. jadi klo dari gigi 4 swift ke lima ngedrop dulu buat ke top speed alias ga ada gigi pengangkatan(antara gigi 4-5).
melihat pertarungan di atas pertimbangan ban glrpo yg 18 inci juga ikut berperan buat mencapai top speed lebih, makanya akselerasi dia lambat sampai swift di gigi 4, tapi glpro punya velg jari2 yg notabene ringan jadi sedikit loss power.

aku juga pengin ngoprek gigi rasio swift lc ku, setelah tanya sana sini banyak juga ubahannya. :off_bored:
mungkin swifter yg lain ada yg udah ngoprek gigi rasio. dulu kayanya ada yg bilang bisa pakai gigi rasio tigor satu set, apa aja ya yg dirubah? :drinking:

Kebetulan ane make yang 6 gir/product taon 2007...
pernah juga ane adu tarik2kan skitaran tb simatupang tngah mlm,,diantaranya ada ninja tril,mocin tril,gl pro,scorpik
critanya:di lampu merah start awal,gl pro mimpin dikit (krna curi start) trus akhirnya gw ktmu di gir 4,pas masuk gir 5 jalanny bareng trus,,,gw akuin emnk terasa tarikan agak kurang di gir ini,tapi pas gw jabanin di gir 6 perlahan gw tinggalin,,singkat crita hanya scorpiklah yg mendahului ane smpe ktmu lampu merah di depan...
dulu sih sempat kpikiran buat ngoprek2 mesin,tapi ane kna racun..,ada yang bilang itu buat ketahanan/umur mesin ga lama...
bnr ga sih?
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

teuku wrote:
accswiftura wrote:
Aby_Hole wrote:dah ktemu pnyakitnya bro

trnyata da di pulsernya...
*pulsernya trbakar kembali

*oh ya bro,,, gir apa yang cocok dngan nie happy 200cc ???????
*saya acungain jempol buat gir baawaannyaa happy 200cc ,,, soalnya dah 2 tahun saya pake nie gir bro ,,,tapi scara fisik dia MASIH BAGUS,,,,
hehehehe

:big_peace:
klo masih pakai yg 46 mata bisa makai punya megapro/gl neotek. klo pengin top speed naik bisa pakai punya supra yg 40 mata tapi modif dikit tentunya.

benr banget,ini motor pake standart punya meg pro,,,soale kmren baru di ganti gir 1set
kalo kirpok punya tunder emnk sama ya ama ini mtr?
kmren ke bengkel,yang jelas in motor beda bngt kiproknya sama tigre,,lubang kabel di swift ada 4,kalo di tigre ada 5
mohon arahan
kok kiproknya ada 4 kabel. swift yg AC ??. klo swift 200LC ada 5 kabel tapi 3 kabel dari spul, 1 kabel ke aki satunya lagi ground atau ke massa.

klo swift AC beda mending dicek aja Bro ujung2 spulnya pakai ohmeter yg ada di multimeter, misal 3 kabel & salah satu kabel ada yang konek ke massa/bodi tidak. klo misal tidak ada bisa pakai kiprok thunder 125 full 3 fase.

klo misal salah satu kabel ada yang nyentuh massa/bodi juga bisa dipaksain pakai kiprok thunder 125 tapi hasilnya 2 fase nantinya karena arsitek spulnya termasuk 2 fase, berarti ntar pin spul di kiprok thunder 125 nganggur satu(ga kepakai) soalnya udah diarahin ke pin kiprok bagian ground/massa.

DENAH nya kurang lebih begini:

(-------------- ke pin kiprok thunder 125
(
(
(-------------- ke pin kiprok thunder 125
(
(
(-------------- ke pin massa kiprok thunder 125 <----- bagian kabel spul yg konek ke massa bodi
spull

NB: spul tiger sama 5 pinnya dengan thunder tapi di tiger salah satu ke 12 volt kontak untuk sensor tegangan. klo di thunder ga ada ke 12 volt untuk sensor tegangan tapi buat input tambahan dari spul sehingga jadi 3 fase.

CMIIW
Aby_Hole
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun Dec 26, 2010 2:50

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by Aby_Hole »

trus gir dpannya pake apa ?????

:ungg:
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

Aby_Hole wrote:trus gir dpannya pake apa ?????

:ungg:
pakai punyanya keluarga GL. denger2 klo pengin pas banget & ga oblak2 sedikit pakai punya CB / GL100
Aby_Hole
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun Dec 26, 2010 2:50

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by Aby_Hole »

mau nanya lagi nie bro

bsa gug jelasin scara singkat penyebab pulsr cpat terbakar..
*soalnya pulser baru saya ganti,,, tapi skitar satu minggu saya pake terabakar kembali,, and nie dah dua kali terjadi

*low bisa singkat ja nach bro jelasinnya,, soalnya saya gug trlalu ngerti masalah klistrikan di bodi mtor,,,, hehehe :big_peace:

tolong banget nich low bisa bantu
User avatar
aro
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Tue Feb 19, 2008 0:12
Location: sorebeje yg nanazz

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by aro »

accswiftura wrote:
Virman_hsrc004 wrote:bro sekalian ada yang oprek gigi rasio swift 200 lc kahh.....klo ada report dong hasilnya...

kemarin malem motorku aku jabanin sama g* p*o yang strokenya di naikan, dengan jarak 1,5km..(ciri khas sirkuit by.pass krian..)
alhasil swiftku kalah.. 2 body motor sama tu motor...
itu uda aku coba sampai 3 kali..hasilnya tetep sama...
pdahal seker motorku uda oversize 275 punya tigor,karbu kosso 32mm,cdi shogun,koil tigor+busi denso iridium.
menururku swift yang lc itu payah,,miss di gigi rasio,,
mulai awl start aku coba.. gigi 1-4 motorku terdepan...lah ketika oper gigi 5 disitu ada penurunan power naik top speednya terasa berat n panjang,, pas disaat itu motorku terlewati oleh si g* p*o. gigi 5 swift naiknya payah butuh waktu lebih buat naik top speed,,,,
hadohh,,,,,,ampe pusing gara2 kejadian semalam... :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: ........
denger2 sih gigi swift sama dengan gigi tiger cuman gigi 5 tiger dihilangin. jadi klo dari gigi 4 swift ke lima ngedrop dulu buat ke top speed alias ga ada gigi pengangkatan(antara gigi 4-5).
melihat pertarungan di atas pertimbangan ban glrpo yg 18 inci juga ikut berperan buat mencapai top speed lebih, makanya akselerasi dia lambat sampai swift di gigi 4, tapi glpro punya velg jari2 yg notabene ringan jadi sedikit loss power.

aku juga pengin ngoprek gigi rasio swift lc ku, setelah tanya sana sini banyak juga ubahannya. :off_bored:
mungkin swifter yg lain ada yg udah ngoprek gigi rasio. dulu kayanya ada yg bilang bisa pakai gigi rasio tigor satu set, apa aja ya yg dirubah? :drinking:
dulu sempet pernah ngobrol sama swifter di bengkel sidoarjo,
waktu motor ane di servis ada swifter laen yg datang .
akhirnya ngobrol , ternyata dia pake LC uda gigi 6 , punyae tigi langsung di comot (gak tau jelas apa aja yang di comot) . lumayan dapet murah harga temen, dapet 300rban haha.

@bro virman
speknya kok hampir mirip dengan motor ane ya bro, cm beda di karbu (punya ane NSR pe28), oversize lupa brapa

tp kemaren pas pulang ke jember ane ngeladenin 2 megapro sekaligus.
1 megapro (bocengan) ane salip di gigi 4 dia uda KO,
1 megapro lagi sendirian, ane salip di gigi 5 belum mentok dia uda KO >>>> klo yang ini padahal uda nyuri start duluan, orangnya emosi gak terima kekalahan, ngajak lagi tp ane males, skali kalah ya tetep kalah :upss:
teuku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Fri Jan 23, 2009 6:14

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by teuku »

ahaha...emnk keadaan di jalan bgitu bro aro..bolak balik udah di kalahin masih aja ngeyel...
ane pernah bgitu...tapi tiger...
lbih parahnya dia ampe ngajak duel fisik...
bgitulah org2 yang tdk terima dengan kenyataan...
ahahaha,,itulah mengapa sampe taon brapa juga ni motor bakal ane pertahankan
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

Aby_Hole wrote:mau nanya lagi nie bro

bsa gug jelasin scara singkat penyebab pulsr cpat terbakar..
*soalnya pulser baru saya ganti,,, tapi skitar satu minggu saya pake terabakar kembali,, and nie dah dua kali terjadi

*low bisa singkat ja nach bro jelasinnya,, soalnya saya gug trlalu ngerti masalah klistrikan di bodi mtor,,,, hehehe :big_peace:

tolong banget nich low bisa bantu
pulser itu hubungannya langsung sama cdi, jadi bisa jadi penyebabnya dari cdi langsung, mungkin mendapatkan listrik balik dari cdi >>> coba pakai cdi yg lain Bro ...

selain itu pulser swift itu jenis basah, artinya koneksi pulser ke CDI tidak boleh telanjang kabelnya, jika sampai telanjang akan kena oli & konslet, soalnya pulser juga menghasilkan listrik meskipun sedikit, untuk umpan ke input cdi.

CMIIW
User avatar
aro
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Tue Feb 19, 2008 0:12
Location: sorebeje yg nanazz

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by aro »

bro, ane lg bingung neh.
skrg mtr masi pake kick stater, gara2nya aki uda g mumpuni.
sekring uda ane ganti dengan yang 10Ampere .
nah anehnya, kenapa saat mesin sudah hidup, ane cb tekan elektrik stater
mesin malah mati yah?? sekring fine fine aja.
ane tekan elektrik stater rencananya mau ngecek apakah dinamo muter ndak, eh malah mesinnya mati.

teruz tau ndak ini komponen apa (gambar), soalnya bugil gak ada tempatnya.
jadi khawatir ada komponen listriknya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

aro wrote:bro, ane lg bingung neh.
skrg mtr masi pake kick stater, gara2nya aki uda g mumpuni.
sekring uda ane ganti dengan yang 10Ampere .
nah anehnya, kenapa saat mesin sudah hidup, ane cb tekan elektrik stater
mesin malah mati yah?? sekring fine fine aja.
ane tekan elektrik stater rencananya mau ngecek apakah dinamo muter ndak, eh malah mesinnya mati.

teruz tau ndak ini komponen apa (gambar), soalnya bugil gak ada tempatnya.
jadi khawatir ada komponen listriknya.
Rangkaian yg ada di gambar itu rangkaian flipflop buat kedip2 lampu sein. punya happy swift pengedim lampus seinnya elektrik, makanya tidak ada suara tik..tik...tik.. klo lampu sein dinyalain. Dan klo pasang lampu sein LED tidak perlu ganti pengedip lampu sein khusus led.

pada saat klik elektrik starter dinamo starter menyedot setrum sangat tinggi, Bro. klo aki di motor Bro Aro ga mumpuni udah jelas cdi ga akan kebagian setrum....coba pas klik elektrik starter pas digas tinggi, klo mesin masih mati berarti suply listriknya kecil sekali.

CMIIW
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

Buat Rekan2 Swifter yang sudah pernah bongkar blok swift, ukuran diameter & stroke happy swift 200LC berapa ya?..

thx infonya
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

@SAM
sebelum sy ganti head silinder tiger, sy mau tanya & klarifikasi dulu dengan bro SAM. Apa benar swift 200R bos klepnya menyatu dengan head silinder seperti yg di bilang oleh org dealer happy tangerang? kebetulan orang dealer tangerang bukan yg saya kenal sih & biasa sy tanya2in.

klo di tiger kan pisah bos klepnya sama head silinder jadi klo klep oblak cukup ganti bos klepnya aja.
thx
User avatar
aro
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Tue Feb 19, 2008 0:12
Location: sorebeje yg nanazz

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by aro »

waduh uda masup2 ke dalem gini ane ijin menyimak saja :D
waktu ke dealer sidoarjo ada anak swifter yg uda bongkar bloknya di ganti punya tigi
tp ane g sebegitu faham prosesnya gmn, dan g tanya2 lebih dalem.

bro swift, sebenernya semua tachometer(rpm) itu sama ndak sih sistemnya?
misal punya tigi / scorpio / vixion sekalipun , itu bisa ndak sih di pasang ke motor kita?
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

aro wrote:waduh uda masup2 ke dalem gini ane ijin menyimak saja :D
waktu ke dealer sidoarjo ada anak swifter yg uda bongkar bloknya di ganti punya tigi
tp ane g sebegitu faham prosesnya gmn, dan g tanya2 lebih dalem.

bro swift, sebenernya semua tachometer(rpm) itu sama ndak sih sistemnya?
misal punya tigi / scorpio / vixion sekalipun , itu bisa ndak sih di pasang ke motor kita?
ane dah nanya ke kenalan di dealer happy yg kupercaya, katanya emang bisa dikanibal ama gl atau tiger & boss klep bisa diganti. wah jadi lega.. nabung dulu buat mbenerin seher dkk biar busi nggak ngeceh lagi hehehe... :mrgreen:.

mengenai tachometer cara kerjanya sama untuk yang elektronik dan 4 tak.misal tiger sama vixy cara kerjanya sama yaitu elektronik yg mbedain keduanya cara pengambilan sinyalnya yg beda, klo tiger ngambil sinyal dari output cdi(atau ngambil dari input coil), sedangkan klo vixion pengambilan sinyalnya dari output sinyal khusus dari ECU khusus tachometer.

klo ada minat pakai tachometer mereka bisa menggunakan punya tiger tinggal ambil output cdi, tapi sayang speedometernya untuk ban ring 18" & harganya selangit(yg ori lohhh :mrgreen: ).

bisa juga sih pakai tachometer vixyion selain bentuknya lebih bagus, speedometernya untuk ring ban 17 kaya swift dan harganya cukup murah serta ada indikator suhu radiator, tapi input tachometernya perlu dimodif dikit.berikut ane lampirin gambar rangkaian input tambahan buat tachometer vixy sebagai keterangan:

pada komponen SV1
no1. untuk input dari aki 12volt
no2. untuk input dari massa/ground
no3. untuk input dari radiasi kabel busi dengan cara dililit ke kabel busi

INTERUPT = dihubungkan ke kabel sensor tachometer vixyon

VCC adalah tegangan listrik 5 volt yg dihasilkan oleh 7805

(TAPI BELUM DICOBA LOH SOALNYA SAYA BELUM TAU OUTPUT ECU KE TACHO TEGANGANNYA BERAPA, KLO DAH TAU TINGGAL MENYESUAIKAN IC REGULATORNYA SAJA PAKAI UKURAN BERAPA)

klo tacho megapro, scorpio & thunder125 sistemnya mekanik, di dalamnya sama seperti speedometer semuanya. tacho megy, pio & thundi menghitung putaran kabel tachonya yg dihubungkan ke mesin.jadi ga bisa dipakai langsung ke swift karena harus modif besar2an di mesin :e-naughty: .

klo tacho untuk motor 2 tak beda lagi itung2annya & harus modif lagi di tacho nya sendiri bila mau dipakai di motor 4 tak :big_weee: .

CMIIW
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
SAM_HSRC001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Wed Jul 15, 2009 14:07

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by SAM_HSRC001 »

accswiftura wrote:Buat Rekan2 Swifter yang sudah pernah bongkar blok swift, ukuran diameter & stroke happy swift 200LC berapa ya?..

thx infonya
Bro.. ini standart dari pabrikan:
Piston Panjang ; 54 mm
Diameter ;63 mm
Stroke : 64.2 mm
User avatar
SAM_HSRC001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Wed Jul 15, 2009 14:07

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by SAM_HSRC001 »

accswiftura wrote:@SAM
sebelum sy ganti head silinder tiger, sy mau tanya & klarifikasi dulu dengan bro SAM. Apa benar swift 200R bos klepnya menyatu dengan head silinder seperti yg di bilang oleh org dealer happy tangerang? kebetulan orang dealer tangerang bukan yg saya kenal sih & biasa sy tanya2in.

klo di tiger kan pisah bos klepnya sama head silinder jadi klo klep oblak cukup ganti bos klepnya aja.
thx
untuk swift 200R yang bukan radiator
bos klep menyatu dengan head silinder. bisa pakai head punya tiger, karena spesifikasi hampir sama.
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by accswiftura »

SAM_HSRC001 wrote:
accswiftura wrote:@SAM
sebelum sy ganti head silinder tiger, sy mau tanya & klarifikasi dulu dengan bro SAM. Apa benar swift 200R bos klepnya menyatu dengan head silinder seperti yg di bilang oleh org dealer happy tangerang? kebetulan orang dealer tangerang bukan yg saya kenal sih & biasa sy tanya2in.

klo di tiger kan pisah bos klepnya sama head silinder jadi klo klep oblak cukup ganti bos klepnya aja.
thx
untuk swift 200R yang bukan radiator
bos klep menyatu dengan head silinder. bisa pakai head punya tiger, karena spesifikasi hampir sama.
Thx infonya Bro SAM...
User avatar
SAM_HSRC001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Wed Jul 15, 2009 14:07

Re: Mau nanya = HAPPY SWIFT 200R

Post by SAM_HSRC001 »

pada ke mana nih... kok sepi...