Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
datsu wrote:Oya, kalo bos HilmanZ pake Yaris ato vios, laen kali ajak adu yang namanya swift, SX4, ato neo baleno.. hehehe... biar tau sebetulnya mesin mana sih yang bagus..
Saya uda pake Yaris E sama Swift ST, Yaris uda setaun, Swift belum ada sebulan, tapi susah ngebandinginnya, biznya Yarisnya manual Swiftnya matik, jadi ga adil dunk kalo mau diadu performanya, hehehe... Tapi menurut saya dua-duanya oke-oke aja kok, cuma yang udah saya rasain remnya, lebih tenang pake Yaris E karena udah pake ABS+EBD, pake Swift ST belum ada ABS+EBD, kmaren sempet panic braking rada ngeri pake Swift, pake Yaris kerasa lebih gampang dikendaliin kalo panic braking..
hehehe.. itu dia bro.. kalo swift manual ama yaris manual aja kebanyakan orang bilang lebih responsif yaris, gimana kalo ente tes ama swift matik?
Kalo masalah ABS+EBD sebetulnya itu karena sugesti dan kebiasaaan aja.. biasa bawa pake ABS ngeremnya cepet dan cukup diteken aja terus.. padahal kalo gak pake ABS dan panic braking rem harus dikocok.. bener2 kebalikan dari pake ABS.. itu yang bikin beda...
========== I'm flying with my Siti Powered by L15Z1 N/A
Kan enakan kalo langsung diinjek abis. Orang yang kaget waktu ngerem mendadak khan biasanya refleknya gitu, susah juga ngebentuk reflek kalo ngerem mendadak pake ngocok-ngocok rem segala.
Oh iya, sharing dikit, karena kebiasaan pake manual, biasanya kalo ngerem rada mendadak, reflek saya kalo sedang pake gigi 4 langsung pindah ke gigi 3 buat engine brake dengan mendorong tuas ke depan. Nah, kmaren ngeri banget waktu saya pake matik, maksud refleknya sih mindahin dari D ke 3, tapi karena kebiasaan mendorong tuas ke depan (pindah dari 4 ke 3 transmisi manual), dalam tuas matik model gate jadinya dari D masuk ke N, beuh, mobil malah nyelonong. Sekarang udah dibiasain, kalo engine brake pake Swift geser tuasnya ke kanan (jangan ke depan) dari D ke 3.
@datsu : jauh dong bro... yaris manual itu pasti lebih responsif, jangan sama swift matic, coba yg manual... hampir sama tapi tetep masih yaris diatas sedikit... beda setengah body.
@ddaru : careful sama engine brake... itu abused, bro... lebih aman manual brake, abis kanvas lebih murah dibanding matic jebol...
engine brake kalo dari kisaran 2500rpm masih tidak apa, paling2 naik jadi ke 3500rpm, cuma ini sebaiknya pada kondisi diperlukan saja seperti turunan panjang, kalo di jalan datar jangan selalu di-downshift setiap saat penurunan kecepatan.
nah yg repot, kalo pakai a/t 4speed saat crusing di tol at 110~120kmh (sudah masuk kondisi lock-up), kadang kalo mau akselerasi mendadak, rpm jadi loncat tinggi, karena a/t nya pindah ke "3" either otomatis or kita set O/D.
ini jauh sekali beda rpmnya bisa lebih dari 1000rpm, karena saat WOT(tekan gas agak dalam) rpm naik melewati 2 tingkat :
A/t me-Release lock-up => naik ~500rpm.
dari gear 4 turun ke 3 => naik lagi >~500rpm (karena ratio cukup renggang).
@hilmanz : tergantung jebolnya, kalo parts nya ada yaaa tidak perlu satu blok gearbox nya... hehe
@GTR : hahaha! sering juga tuh saya begitu, bro... lagi 100, pas nyusul bejek gas lagi... tapi termasuk cepet kok, responsif... bolehlah buat A/T 4 speed.
@ddaru : jangan terlalu sering pelan2, bro... ntar mesin jadi lemot... sekali2 ajak olahraga! hahahaha!
@datsu kalo yaris matic emang responsif banget dibanding jazz ama swift apalagi jazz vtec,beuh lemes banget...tapi yaris gw bilang agak lemot di atas ama limbung banget bro,mending swift ato jazz deh...
@ddaru ati2 loh bos kalo engine brake mati kcuali yang 7speed ato tiptronic kali yah soalnya kan kalo 7speed ato tiptronic emang ada engine brake,kalo konvensional mah gw kasian ama transmisinya,takut jebol...CMIIW
@ALTIMIT : Iya bro.. kalo mesin mah udah jangan ditanya.. kalo limbung ya emang honda jagonya minimalisir limbung.. tapi yaris tinggal ganti kaki2 kan rebez.. kalo mesin masa mau swap? hehehe... Yaris matic emang responsif, tapi vios matik kata temen2 gw agak2 dudul.. masih banyak lagnya..
========== I'm flying with my Siti Powered by L15Z1 N/A
CVT ga da engine brake? ga salah, udah test, gimana cvt menghadapi tanjakan dan turunan, justru ini yg paling terasa engine brake nya karena rpm terkesan dikunci sekitar segitu saja without any shift / "hunting" gear.. or geser2 manually ke "3" or "2"..
CVT lemot karena "terasa" nya rpm steady terus, bisa2 sepanjang perjalanan s/d 80-90kmh cuma 2000rpm, ini terkesan tidak naik2 rpmnya.
[quote="ALTIMIT"]@datsu kalo yaris matic emang responsif banget dibanding jazz ama swift apalagi jazz vtec,beuh lemes banget...tapi yaris gw bilang agak lemot di atas ama limbung banget bro,mending swift ato jazz deh...
@ddaru ati2 loh bos kalo engine brake mati kcuali yang 7speed ato tiptronic kali yah soalnya kan kalo 7speed ato tiptronic emang ada engine brake,kalo konvensional mah gw kasian ama transmisinya,takut jebol...CMIIW[/quote]
GTR wrote:CVT ga da engine brake? ga salah, udah test, gimana cvt menghadapi tanjakan dan turunan, justru ini yg paling terasa engine brake nya karena rpm terkesan dikunci sekitar segitu saja without any shift / "hunting" gear.. or geser2 manually ke "3" or "2"..
CVT lemot karena "terasa" nya rpm steady terus, bisa2 sepanjang perjalanan s/d 80-90kmh cuma 2000rpm, ini terkesan tidak naik2 rpmnya.
ALTIMIT wrote:@datsu kalo yaris matic emang responsif banget dibanding jazz ama swift apalagi jazz vtec,beuh lemes banget...tapi yaris gw bilang agak lemot di atas ama limbung banget bro,mending swift ato jazz deh...
@ddaru ati2 loh bos kalo engine brake mati kcuali yang 7speed ato tiptronic kali yah soalnya kan kalo 7speed ato tiptronic emang ada engine brake,kalo konvensional mah gw kasian ama transmisinya,takut jebol...CMIIW
mungkin yang dimaksud engine brake saat gas mendadak dilepas boss......... kan transmisi nya gak berasa nahan gitu.... karena pulley nya menyesuaikan kecepatan secara gradual.
justru engine brake nya cvt paling banyak kontribusi di turunan, coba dulu di turunan2 tajam pegunungan, unlike "steps" a.t (4/5 speed gear a.t), electronic cvt continuously "monitor" & "menjaga" ratio sesuai kebutuhan yg berlangsung terus menerus / stepless.
Ratio otomatis diperbesar jika turunan/tanjakan curam, malah dgn tidak hunting gear.
Pada jazz / city sangat terasa engine brake nya sampai pengemudi kadang tidak perlu terlalu "involve" lagi (play & forget) untuk mainkan posisi gear seperti pada a.t 4/5speed.
Ada "kesan" /seolah-olah memang tidak nahan saat deselerasi, ini mirip juga cvt saat akselerasi, karena Rpm cenderung steady saja di middle.
Sebagian awam user bilang "tarikannya" terasa lamban, padahal rpm nya cvt memang tidak bisa bergerak cepat menuju redline spt pada "steps" a.t 4/5speed; tapi saat itu sedang/seiring juga dgn perubahan ratio terus menerus.
CVT memang lebih pintar... dan lebih aman dalam operasional nya dibanding A/T konvensional.
ini sebenernya tergantung selera masing2... secara bahasa umum, ada yg suka A/T responsif cepat seperti manual... perpindahan gigi terasa... berbeda dengan CVT yg halus, pelan2 naik. toh akan sama dalam hitungan detik.
kelebihan CVT juga tanpa batas... unlike A/T konvensional masih tergantung pada gear/gigi.
tinggal dipilih, sesuai selera... hehe! kalo saya sih, karena punya nya gear A/T jadul, yaaa nyoba yg CVT perasaan kurang 'galak'... gitu lho, guys...
soon or later, A/T konvensional akan ditinggalkan. ramalan saya sih, masa depan gearbox akan hilang... wakakakaka!
beberapa tahun lagi or 1/2 generasi lanjutan maybe yaris di indo akhirnya juga akan pakai CVT seperti ist dan sienna cbu; seperti juga aplikasi tiptronic seperti pada altis.
mungkin lebih cepat bro... karena produksi mobil saat ini termasuk tipe akhir. penghabisan lah istilah nya... honda dan toyota sudah masuk babak baru... duluan. suzuki akan menyusul, tapi belum tau teknologi apa yg dipakai... mungkin nissan,
suzuki udah pakai cvt koq, daihatsu juga, terutama JDM yg demand produk nya lebih advanced, disini malah rata2 mobil ada varian AWD nya.
Suzuki Splash kalo ga salah ada cvt, salah satu model daihatsu waktu pameran IMS lalu sudah CVT.
subaru2 kecil di Jepang dari dulu sudah ada cvt.
Nissan Xtrail 2002 ada opsi utk cvt diluar, latio itu juga paling match dgn versi CVT harusnya.
bro GTR,maksud gw bukannya CVT ga ada engine brake,gw mao tulis matic malah jadi mati,jadi salah d artinya
maksud gw engine brake matic konvensional ati2 kcuali kalo ada 7speed ato tiptronic kan emang ada engine brake n engine brakenya lebi brasa dari konvensional
Saya lihat pricelist beberapa minggu yang lalu untuk wilayah Jogja & Jateng (Nasmoco):
Yaris E m/t 152juta, Yaris J m/t 146juta. Matiknya masing-masing selisih 10juta. Saya ga merhatiin yang S, kayaknya selisihnya banyak banget deh sama yang E, 170jutaan gitu deh harganya.
Dulu mobil idaman gw neh, tapi akhirnya beli malah beli jazz gw
wah sama kek gw nih si bos,dulu juga pas pertama kali yaris kluar gw ngebet banget pengen yang S Lmtd soalnya lagi banding2in ama swift n jazz juga tapi akhirnya gw ambil jazz soalnya masi preffered Honda,kluarga gw dari dulu juga pasti ada honda sih