review Pulsar-200

Segala motor tipe sport (GL, CBR, Tiger, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
didin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Thu Mar 06, 2008 9:47

Re: review Pulsar-200

Post by didin »

Hallo bro jeskoneng,

Semalem gw ukur tinggi badan, ternyata bukan 160 tp 170cm, so tinggi motor tidak bermasalah.

tuk antispasi pulsar 200, selain fitness tiap hari, jg pinjem RK king punya paman dan ajak semua anak istri.

Secara RK king beratnya hanya 100kg so tidak ada kesulitan yg berarti.

Bro Jes mo tanya klo PnP ada efek ga terhadap keawetan mesin, trus gimana caranya ganti rem belakan dg cakram. maksudnya rem cakramnya merk apa yg cocok plek dg pulsar.

Kemarin saya konsulatasi dg main dealer di bandung (Indra di jalan peta) bahwa P200 sudah tidak ngorok lagi. Semua komplain ttg P180 termasuk ngorok sudah di antisipasi di versi P200. so ngapain lagi bro jes pake potong pulser segala, kan dan ga ngorok lagi.
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: review Pulsar-200

Post by TUFF Stough »

Ada yang bilang kalau polish-nya kehalusan bisa menyebabkan intake berembun. Tapi belum pernah coba sendiri sih.
User avatar
didin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Thu Mar 06, 2008 9:47

Re: review Pulsar-200

Post by didin »

TUFF Stough wrote:Ada yang bilang kalau polish-nya kehalusan bisa menyebabkan intake berembun. Tapi belum pernah coba sendiri sih.
thx bro atas infonya...trus klo intake berembun nantinya gimana, karatan ato apa gitu....sorry nih buta mesin. trus bengkel resmi tau ga bahwa motor sudah di PnP & potong pulser. ini penting menyangkut garansi...
h3ndryg
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Tue Jan 30, 2007 0:51

Re: review Pulsar-200

Post by h3ndryg »

biasanya kalau intake ataupun karburator berembun, menandakan kalau stelan bensinnya lebih banyak daripada udara, atau dikarenakan banyaknya bensin yg menyebabkan udara didalam karburator ataupun intake lebih dingin dibanding diluar. efeknya tenaga lumayan besar tapi ya itu boros banget, karena banyak bensin yg bakal keluar lagi dari moncong karburator, karena sudah nggak bisa masuk semua, waktu proses penghisapan dan dimuntahkan lagi keluar waktu penutupan klep (ini biasa yg menyebabkan karburator ataupun intake berembun, dan ini biasanya sering terjadi kalau sudah ganti karburator yang lebih besar dari standarnya, atau yang sudah main mainjet atau stelan angin biar bensin lebih deras mengalir).
Tapi stelan begini yang biasa dicari oleh penyuka adu kebut.
User avatar
didin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Thu Mar 06, 2008 9:47

Re: review Pulsar-200

Post by didin »

h3ndryg wrote:biasanya kalau intake ataupun karburator berembun, menandakan kalau stelan bensinnya lebih banyak daripada udara,
thank bro atas infonya, jadi efeknya boros aja yah....Boros tp kenceng wajarlah...kirain akan gimana gituh...

BTW om Jes kemana yah....ayo dong review lagi...biar mantap pilihan gw...
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: review Pulsar-200

Post by anak_singkong »

ikutan nimbrung nih..
kebetulan sy punya King setelah dijadiin semi korek dgn menghaluskan intake-outlet..malah bensinnya perasaan kya agak irit dkt dr sebelumnya..

mungkin karena..
setelah intake-outlet dibuat licin arus gas lbh deras dan lancar utk masuk ke ruang bakar..malahan kulit jeruk yg ada di intake-outlet silinder ini yg bikin bekerak. sisa gas yg blm terbakar jd menumpuk disitu. otomatis mesin lama2 jd ga bertenaga.

klo udh dibuat begitu..
dgn buka gas ga sampe 1/2 aja power udh dapet..justru sebenernya intake/outlet kecil yg bikin boros..klo utk dpt power aja hrs buka gas lbh pol.

itu pendapat mekanik sih.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

Nah, pengalaman anak singkong itu mewakili yang banyak terjadi setelah port n polish... justru proses pengabutan dan pembakaran yang terjadi bisa lebih sempurna, sehingga efisiensi volumetrik (huehehe gue sok ngerti aja) bisa ditingkatkan, sehingga mesin lbh responsif dan bisa lebih irit... memang tergantung juga berapa banyak portingnya (pembesaran lubang2) ... port n polish juga udah gue terapin di mobil gue (jeskoneng) dan FC terbukti lebih ngirit.. tenaga lebih galak.. Melanjutkan review nih, 2 hari y.l. baru pasang busi iridium Denso IU27A, dan setelan angin karbu yang standarnya membuka 2,5 putaran lebih dibuka lagi menjadi 4 putaran... dalam perjalanan Jogja - Magelang, terasa beda banget, tarikan di semua tingkatan rpm, dari 1200 (idle) sampai 10000 sangat ringan, tidak ada lagi rasa lelet di rpm bawah kayak yang dilaporkan oleh Motorplus/Otomotif saat mereview P-200 melawan Tiger. Bahkan gue sempat tarik2an sama Scorpio, gue bisa ngelewatin setelah 300 meteran... tapi memang dia berboncengan dan gue sendirian hehehehe....Skarang masalahnya, dengan torsi/tenaga yang sudah meningkat, menjadi jelas bahwa kendala yang ada tinggal keterbatasan dalam peningkatan top-speed... dan itu menyangkut perbandingan gir.... Standarnya adalah 14 : 38... gue skarang lagi nyari gir depan ukuran 15 atau gir blakang 36 yg bisa dipasang plek tanpa banyak ubahan... kalo punya P-180 gak mungkin dipake, karena dia pake rantai ukuran lebih kecil dari 520 standarnya P-200, dan jarak antar mata gir juga beda... gue lagi pesen sama si Sigit mekanik Bajaj Jogja, untuk nyariin.... Jadi next project adalah nyari gir dan nyoba silencer/muffler buatan Gandoel Racing Motor Jogja.. Gimana hasilnya, akan gue report disini....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: review Pulsar-200

Post by anak_singkong »

kyanya klo di motor 4t PnP krg efektif gtu deh..klo mo enak sih biasanya main papas noken as trus pake klep payung lebar per klep yg agak keras dsb..dsb..pokoke ribed dah..ehehe :) makanya skrg udh dijual kan tuh 1 paket mo semi atau full bwt motor 4t.

klo di motor 4t mau lobang intake/outlet digedein 2mm sekalipun klo payung klep tetep standar sdkt pengaruhnya ke tenaga mesin..apalagi cuma main spuyer ama knalpot racing yg suaranya bikin ngamuk org sekampung :P
yg ada jg mesin cepet jebol. :glodak:

klo di motor 2t semuanya serba loss..maksudnya..lubang2 port intake/outlet lbh terbuka berhadapan lsg ke arah ruang bakar..sirkulasi gas ga di atur oleh klep yg secara ga langsung membatasi sirkulasi gas tsb. tinggal main gede2an aja dah tuh lobang..udahnya gtu tgl main pengapian deh ama terus terakhir rasio gigi klo mo lbh top.

itu sih pendapat temen sy yg gaweannya mekanik. tau bener tau ga tuh.. :ungg:
User avatar
spin022
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 868
Joined: Thu Sep 20, 2007 6:38
Location: serpong

Re: review Pulsar-200

Post by spin022 »

anak_singkong wrote:kyanya klo di motor 4t PnP krg efektif gtu deh..klo mo enak sih biasanya main papas noken as trus pake klep payung lebar per klep yg agak keras dsb..dsb..pokoke ribed dah..ehehe :) makanya skrg udh dijual kan tuh 1 paket mo semi atau full bwt motor 4t.

klo di motor 4t mau lobang intake/outlet digedein 2mm sekalipun klo payung klep tetep standar sdkt pengaruhnya ke tenaga mesin..apalagi cuma main spuyer ama knalpot racing yg suaranya bikin ngamuk org sekampung :P
yg ada jg mesin cepet jebol. :glodak:

klo di motor 2t semuanya serba loss..maksudnya..lubang2 port intake/outlet lbh terbuka berhadapan lsg ke arah ruang bakar..sirkulasi gas ga di atur oleh klep yg secara ga langsung membatasi sirkulasi gas tsb. tinggal main gede2an aja dah tuh lobang..udahnya gtu tgl main pengapian deh ama terus terakhir rasio gigi klo mo lbh top.

itu sih pendapat temen sy yg gaweannya mekanik. tau bener tau ga tuh.. :ungg:
bengkel modifikasi mobil2 banyak yg menerapkan porting n' polish, nah itu kan 4tak semua, biasanya kalo di motor 4tak cuma ngalusin kulit jeruk di intake N' outlet...
cmiiw....
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

Memang pada dasarnya modif peningkatan performa mesin pada 4 tak jauh lebih rumit daripada 2 tak.... wong komponen mesinnya aja jauh lebih banyak dan cara kerjanya lbh rumit... memang kalo mau memaksimalkan 4 tak tidak cukup hanya p n p tok... tapi p n p plus modif ringan misalnya CDI BRT + ganti PJ + setel angin + busi iridium sudah nyata terbukti memberikan hasil signifikan dalam hal kecepatan akselerasi dari putaran mesin bawah sampai atas...... Modif yang termasuk ringan lainya yang gue tau adalah mengganti silencer/muffler knalpot dan perbandingan gir dan ganti karbu model vacum standar menjadi Keihin PE-28.... Itu yang akan gue coba secara bertahap / mencicil untuk meningkatkan top speed... Sedangkan modif berat yang harus mengganti daleman mesin seperti piston, ring piston, klep, kem itu kayaknya ribet ya dan gue sampai saat ini BELUM terpikir untuk melakukannya... Target gue simple aja kok : bisa sejajar dengan akselerasi Scorpio (yang setara RX King gesitnya) aja sudah luar biasa hebat... kan P-200 beratnya 145 kg sedangkan Scorpio 225 cc beratnya cuma 127 kg... Kalo lawan Tiger gak usah dibahas lagi lah... wong P-180 aja banyak yang bisa ngelewatin Tiger hehehehe..... Bicara soal mesin 4 tak, hampir seluruh mesin MOBIL adalah 4 tak dan sudah lazim di kalangan para speed lovers untuk melakukan port n polish pada mesin mobil mereka, dan memang gue juga udah buktiin di mobil Jeskoneng gue... tarikan lebih spontan dan FC jadi lebih irit.... mesin 2 tak secara alamiah akan fade away ya.... sekitar taun 2002-2004 gue sangat akrab dengan suara cempreng knalpot motor 2 tak yang banyak digunakan kaum muda... namun sekarang ini keberadaan motor 2 tak menjadi semakin langka... cuma ada RX King yang lumayan masih banyak.....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: review Pulsar-200

Post by anak_singkong »

makanya ga ada bikin semi motor 4t yg murmer..mungkin klo semi di 4t setara 2t std itu wajar..banyakan 4t menang cc baru bs seimbang dgn 2t.

contohnya..
dulu Honda ngeluarin GL-PRO (150cc lama) buat ngimbangin King powernya ampir sama rata2 King kalah utk perjalanan jarak jauh. tp koq Tiger malah boncoz ya?

Yamaha F1ZR musuhnya Karisma/Shogun 125
Satria 120 hiu lawannya Jupiter MX
Ninja bejaban ama Scorpio Z
semua itu tergantung yg bawa jg sih :roll:

CDI BRT+seting karbu+spuyer+busi bs dikatakan sbg semi 4t tahap 1. utk selanjutnya apalagi klo bukan klep payung lebar+noken as racing. ongkosnya jauh lbh mahal.

apa mo dikata skrg emang jamannya motor 4t. klo mo kenceng ya hrs rela keluar duit banyakan.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

anak_singkong wrote:

CDI BRT+seting karbu+spuyer+busi bs dikatakan sbg semi 4t tahap 1. utk selanjutnya apalagi klo bukan klep payung lebar+noken as racing. ongkosnya jauh lbh mahal.

apa mo dikata skrg emang jamannya motor 4t. klo mo kenceng ya hrs rela keluar duit banyakan.
Ya bro... karena mahal dan ribet itu, gue sementara ini mau main di tahap 1 aja : port n polish, CDI BRT, PJ & MJ, setting angin karbu, busi iridium, termasuk yang akan gue lakukan : coba ubah perbandingan gir, silencer free flow dan mungkin karbu Keihin PE-28... jadi masih faktor2 DI LUAR mesin lah.... BTW, kalo misalnya nanti P-200 gue udah bisa bejaban sama Scorpio, berarti bisa melawan Ninja ? hehehehehe
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: review Pulsar-200

Post by anak_singkong »

JESKONENG wrote:
r2 DI LUAR mesin lah.... BTW, kalo misalnya nanti P-200 gue udah bisa bejaban sama Scorpio, berarti bisa melawan Ninja ? hehehehehe[/b]
mudah2an begitu.
User avatar
didin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Thu Mar 06, 2008 9:47

Re: review Pulsar-200

Post by didin »

Wuih...asik euy baca ripuw dari para master2....lumayan gratis...lanjuuuuuut!!!.... :thanks: :beer:
User avatar
didin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Thu Mar 06, 2008 9:47

Re: review Pulsar-200

Post by didin »

Halloooo.......
User avatar
didin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Thu Mar 06, 2008 9:47

Re: review Pulsar-200

Post by didin »

Met malem....
User avatar
didin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Thu Mar 06, 2008 9:47

Re: review Pulsar-200

Post by didin »

Pagi...
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: review Pulsar-200

Post by anak_singkong »

sy tau Pulsar 200 cuma dr koran M+ tuh..selebihnya ga pernah tau ketemu dijalan jg ga..

entar klo ketemu mo sy panas2in ah.. :P maksudnya biar ketahuan kencengnya ampe mana.

klo ama yg 180 sih sy udh sering biasanya pd berani di trek lurus yg kosong aja kya di Kuningan gitu tp klo jalanan udh macet kyanya orgnya pd repot2 sndri..

biasanya yg bawa Pulsar 180 pake stang trail bawa box magic jar ama box samping.. :P

makanya klo jalanan macet pd repot dah tuh..ehehe :) :P

sorry bukan mo manas2in pengguna PULSAR lho. tp biasanya bgtu kenyataan dilapangan yg sy lht.

-peace-
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

Wah.. sayang banget gue bersama P-200 gue udah berada di sekitar Jogja skarang ini... Jadi tipis kemungkinan ketemu bro anak singkong...hehehehe.... BTW, gue masih nyari waktu nih, mau nyoba muffler knalpot bikinan Gandoel Racing Motor Jogja, lalu mau dyno test di Mototech Jogja... sambil minta disetting karbu (PJ/MJ dan setelan angin) dan CDI, lalu mau diskusi tentang kemungkinan perubahan perbandingan gir yang standarnya 14/38 menjadi misalnya 15 atau 16 mata untuk gir depan untuk meningkatkan topspeed.... Skarang ini masih menikmati perubahan karakter dari rpm bawah sampai atas yang terasa lebih ringan karena pake busi Denso iridium IU27A.... gue sering liat memang, kawan2 yang mennggotong magic jar dan kopor di motornya... agak kurang leluasa bermanuver di kemacetan Jkt...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
didin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Thu Mar 06, 2008 9:47

Re: review Pulsar-200

Post by didin »

Hallo Bro Jes, apakah bengkel MJ motor yg di Jl. Sultan Iskandar Muda No. 8 Kebayoran Lama Utara Kebayoran Lama - Jakarta Selatan, masih 1 perguruan dg yg di arteri pondok indah. Contact personnya sama sih (Bro Said)...thx
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: review Pulsar-200

Post by Cloud »

hmm, emang, rata2 model 4 t ccnya lebih besar, tapi bicara tenaga, 2 tak tetep lebih besar, tenaga baru setara kalau cc sudah 1,5 kali lebih besar (dengan mesin sama2 normal, atau sama2 racing). coba dikomparasi power gl pro ama rx king, pasti beda cukup jauh. soal kalah di perjalanan jauh, emang karakter 2 tak pendingin udara, tapi bisa diatasi dengan perbandingan sprocket. tapi sama2 standar 2t tetap lebih tinggi lo topspeednya, tergantung motornya. (kebetulan pernah pake rx king dan gl pro) Satu lagi, 2 tak power band sempit, jadi sebenarnya butuh transmisi dengan range luas, yah minimal 5speed untuk 100 - 125 cc ato 6 speed untuk 125 cc ke atas, biar nyaman buat harian. kalo nggak, biasanya kalah di top speed, ato menang top speed tapi agak susah buat tanjakan n boncengan.
kalo 2 tak kalah, sebenarnya tidak bisa cara bawanya. sebagian orang (kebanyakan) menyamakan karakter tenaga semua motor padahal beda. kalo 4 tak, rpm rendah sudah bertenaga, beda dengan 2 tak, baru bertenaga di rpm menengah, tapi tenaganya lebih besar.
suka kangen dengan 2 tak juga, sekarang pake 4 tak, bebek lagi. soalnya buat harian.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

@bro Didin... kalo contact personnya sama (Mas Said) dan mekaniknya sama (Mas Mulyadi) ya berarti bengkelnya sama dooong... coba aja check melalui hp Mas Said...

@bro cloud... Yang gue sih salut sama para bikers yang masih mau melestarikan 2 tak... Mereka brani tampil beda dalam era 4 tak... Jangan2 nantinya motor 4 tak tertandingi dan tersaingi oleh motor diesel atau motor listrik.... hehehe....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: review Pulsar-200

Post by anak_singkong »

wah..
moga2 ga salah paham nih..sy bukannya nantangin mo geber2an ama Pulsar 200 nih..cuma klo pas kebetulan ketemu aja kpn2 gitu..klo kebetulan ketemuannya ama JESKONENG berarti ya udh..tp enakan ama org lain aja deh..ehehe :P
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

gak boleh dong salahpaham... kan kalo sesama speedlover gak masalah soal geber2an hehehehe.....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
didin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Thu Mar 06, 2008 9:47

Re: review Pulsar-200

Post by didin »

fyi please.....

buat bro2 yg tinggal di sekitar purwakarta, hari ini telah dibuka untuk umum test ride & display bajaj pulsar 180 & 200 cc di cafe kedaikoka (koperasi milik karyawan pt.south pacific viscose).

info lebih lanjut silahkan masuk link ini http://www.kedaikoka.com/news.php
atau http://www.pulsar.or.id