SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

alim ulama
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

ATF nya?
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

alim ulama wrote:ATF nya?
ATF nya tetep aja ...
Image
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Bos PPT, itu ATF buat apa ya..?

Gw jg periodically nyampur 1 liter. Tapi oli motor 2 Tak, bukan ATF. Kalo ATF emang bisa terbakar habis ya..??

Konon katenya oli 2T tsb bisa berfungsi kayak formalin, "Mengawetkan" motor pump... :D :D. Bisa nggak digantikan ATF..?
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

uch wrote:Bos PPT, itu ATF buat apa ya..?

Gw jg periodically nyampur 1 liter. Tapi oli motor 2 Tak, bukan ATF. Kalo ATF emang bisa terbakar habis ya..??

Konon katenya oli 2T tsb bisa berfungsi kayak formalin, "Mengawetkan" motor pump... :D :D. Bisa nggak digantikan ATF..?
ATF diatas bertujuan untuk meningkatkan LUBRICITY dalam sistem Saluran BBM ... dan tentunya juga akan masuk ke ruang bakar bersama dengan BBM ... cuman dalam jumlah sedikit dan akan terbakar habis dalam ruang bakar.

Wah kalau untuk campuran oli 2T ... secara objective memang gak bisa ... perlu R&D ... tapi bisa juga dilakukan percobaan sedikit demi sedikit. Itu Oli 2T berapa harganya ? ... kalau ATF yang paling murah 27rb/liter.
Image
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

PenyuTurbo wrote:
uch wrote:Bos PPT, itu ATF buat apa ya..?

Gw jg periodically nyampur 1 liter. Tapi oli motor 2 Tak, bukan ATF. Kalo ATF emang bisa terbakar habis ya..??

Konon katenya oli 2T tsb bisa berfungsi kayak formalin, "Mengawetkan" motor pump... :D :D. Bisa nggak digantikan ATF..?
ATF diatas bertujuan untuk meningkatkan LUBRICITY dalam sistem Saluran BBM ... dan tentunya juga akan masuk ke ruang bakar bersama dengan BBM ... cuman dalam jumlah sedikit dan akan terbakar habis dalam ruang bakar.
Sama tuh tujuannya. LUBRICITY. Kalo harga sih murahan oli 2T. Yg 15 ribu/liter jg ada. Ntar nyoba ATF ah. Pertama2 1/2 liter dulu. Takutnya berasap.

Kalo "aman" ntar baru 1 liter dan 1.5 liter. Kalo olie 2T, udah saya coba sampe 2 liter per 70 liter premium. Aman nggak ada asap :e-dance:
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

uch wrote:
PenyuTurbo wrote:
uch wrote:Bos PPT, itu ATF buat apa ya..?

Gw jg periodically nyampur 1 liter. Tapi oli motor 2 Tak, bukan ATF. Kalo ATF emang bisa terbakar habis ya..??

Konon katenya oli 2T tsb bisa berfungsi kayak formalin, "Mengawetkan" motor pump... :D :D. Bisa nggak digantikan ATF..?
ATF diatas bertujuan untuk meningkatkan LUBRICITY dalam sistem Saluran BBM ... dan tentunya juga akan masuk ke ruang bakar bersama dengan BBM ... cuman dalam jumlah sedikit dan akan terbakar habis dalam ruang bakar.
Sama tuh tujuannya. LUBRICITY. Kalo harga sih murahan oli 2T. Yg 15 ribu/liter jg ada. Ntar nyoba ATF ah. Pertama2 1/2 liter dulu. Takutnya berasap.

Kalo "aman" ntar baru 1 liter dan 1.5 liter. Kalo olie 2T, udah saya coba sampe 2 liter per 70 liter premium. Aman nggak ada asap :e-dance:
Ada sedikit Perbedaan dengan ATF ini ... dimana ATF ditambahin FIRICTION MODIFIER (kalau gak ada additive ini transmisi MATIC ... selip MULU ... kagak pernah jalan) ... tapi gak ada salahnya dicoba ...

Untuk Oli biasa Lubricity yang dimaksud adalah Lubricity Metal dengan Metal.

Sedang untuk ATF Lubricity yang dimaksud adalah Liquid dengan Metal.
Image
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Thanks bos. Ngertos daku saiki. Terus terang tadi gw masih bingung koq make oli transmisi. Ada merek rekomendasi nggak.. :D
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Post by BudiDarmawan »

Pak PPT,

Mau tanya ... :)

kalau mobil dengan anjuran RON 91 bisakah kita campur antara Premium 88 dengan Pertamax Plus 95,
Apakah dapat diasumsikan RON nya menjadi (88+95)/2 = 91.5

Apakah pencampuran tidak berdampak buruk bagi mesin untuk jangka waktu yang lama ..

Mending mana diberi campuran Pertamax Plus + Preimum atau hanya diberi premium saja


Mohon pencerhannya :)

Terima kasih Pak
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

BudiDarmawan wrote:Pak PPT,

Mau tanya ... :)

kalau mobil dengan anjuran RON 91 bisakah kita campur antara Premium 88 dengan Pertamax Plus 95,
Apakah dapat diasumsikan RON nya menjadi (88+95)/2 = 91.5

Apakah pencampuran tidak berdampak buruk bagi mesin untuk jangka waktu yang lama ..

Mending mana diberi campuran Pertamax Plus + Preimum atau hanya diberi premium saja


Mohon pencerhannya :)

Terima kasih Pak
Bisa saja mencampur Bensin ... gak jadi masalah ... dan Nilai Oktan yang akan diperoleh bergantung kepada berapa liter masing-masing bbm itu dicampur, misalnya :

1. X liter BBM1 dengan nilai RON1
2. Y liter BBM2 dengan nilai RON2

RON Campuran = (X * RON1 + Y*RON2)/(X+Y)

Contoh untuk Kapasitas Tangki 40 Liter

PREMIUM (RON88)..........PERTAMAX PLUS (RON95)..........RON Campuran
......10 Liter...............................30 Liter...............................93.25........
......15 Liter...............................25 Liter ..............................92.38........
......20 Liter...............................20 Liter ..............................91.50........
......25 Liter ..............................15 Liter ..............................90.63........
......30 Liter ..............................10 Liter ..............................89.75........

1. Check dulu dengan premium P88 ... puas gak dengan Drivability Mobil dan Fuel Consumption ? Kalau belum Puas.

2. Pakai Pertamax ... waktu isi full dengan Pertamax ... RESET terlebih dahulu ECU ... kemudian check Drivability dan FC nya.... lakukan sekurang-kurangnya dengan 3 kali berturut-turut tangki full berisi PP95. Kalau Ok TAPI dirasa Terlalu MAHAL ... Ya nyampur

3. Ambil salah satu kombinasi campuran yang dikehendaki (pilih salah satu diatas). Pada saat pertama kali nyampur ... RESET ECU Terlebih dahulu ... baru di check Drivability dan FC nya.

ATAU CARA LAIN ... TAMBAHKAN DENGAN TOLUENE

36 LITER PREMIUM P88 + 4 LITER TOLUENE ... akan diperoleh RON = 91.20.
Image
alim ulama
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

om PenyuTurbo, mungkin sedikit retorika.. tapi knp kiranya Toluene tidak dipromosikan sebagai 'Octane Booster' yg paling optimal?

*OOT dikit yaps..
alim ulama
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

JANGAN BELI PERTAMAX!!!
PenyuTurbo wrote: Bisa saja mencampur Bensin ... gak jadi masalah ... dan Nilai Oktan yang akan diperoleh bergantung kepada berapa liter masing-masing bbm itu dicampur, misalnya :

1. X liter BBM1 dengan nilai RON1
2. Y liter BBM2 dengan nilai RON2


RON Campuran = (X * RON1 + Y*RON2)/(X+Y)

Contoh untuk Kapasitas Tangki 40 Liter

PREMIUM (RON88)..........PERTAMAX PLUS (RON95)..........RON Campuran ---> Pertamax 40l = Rp. 250.000 (harga Jkt sampai dgn 12 Oct '07)
......10 Liter...............................30 Liter...............................93.25........ --------------------> = Rp. 237.000
......15 Liter...............................25 Liter ..............................92.38........ --------------------> = Rp. 227.500
......20 Liter...............................20 Liter ..............................91.50........ --------------------> = Rp. 218.000
......25 Liter ..............................15 Liter ..............................90.63........
......30 Liter ..............................10 Liter ..............................89.75........

1. Check dulu dengan premium P88 ... puas gak dengan Drivability Mobil dan Fuel Consumption ? Kalau belum Puas.

2. Pakai Pertamax ... waktu isi full dengan Pertamax ... RESET terlebih dahulu ECU ... kemudian check Drivability dan FC nya.... lakukan sekurang-kurangnya dengan 3 kali berturut-turut tangki full berisi PP95. Kalau Ok TAPI dirasa Terlalu MAHAL ... Ya nyampur

3. Ambil salah satu kombinasi campuran yang dikehendaki (pilih salah satu diatas). Pada saat pertama kali nyampur ... RESET ECU Terlebih dahulu ... baru di check Drivability dan FC nya.

ATAU CARA LAIN ... TAMBAHKAN DENGAN TOLUENE

36 LITER PREMIUM P88 + 4 LITER TOLUENE ... akan diperoleh RON = 91.20.
rugi lho om, mending campur aja. kalo harga nya masih kayak gini mah P+ campur Premium running cost lebih murah.. (berlaku bagi om2 yg butuh RON92)
alim ulama
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

kalo Toluene masih lebih mahal om PT..
running cost u/ 40 liter= Rp. 220.000

beda 2 ribu buat parkir, hehehe.

Tolene mah mantepnya campur sama P+/Super Extra.. biar makin ngacir, hehehe.
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Ini pada bahas
Toluene, Xylene, Acetone, ATF lama2 bisa jadi WTF... He3...
Ada di modif jazz for performance, nyampur bensin, disini, disana...
Tolong dijadikan satu thread aja...
Jadi bingung nih gw.. Bacanya kesini kesana...

Oiya..
Toluene = Thinner 100%
Acetone = Pembersih kutek 99% btul?
Xylene apa?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Xylene ... sejenis toluene juga ... aromatic hydrocarbon cuman lebih berat ... rantai lingkar kabon nya (C) lebih banyak.
Xylene lebih banyak digunakan untuk naikin oktan AVGAS ... AViation GASoline ...contohnya 100LL ... RON100 Low Lead dan hanya sesuai untuk piston yang diameternya BESAR ... Applikasi untuk MOGAS ... MOtor GASoline persentasenya sedikit ... oleh karena THROTTLE RESPONSE nya kurang baik.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

alim ulama wrote:kalo Toluene masih lebih mahal om PT..
running cost u/ 40 liter= Rp. 220.000

beda 2 ribu buat parkir, hehehe.

Tolene mah mantepnya campur sama P+/Super Extra.. biar makin ngacir, hehehe.
Ya mesti belinya TOLUENE dalam partai besar supaya murah (8000rb/liter) ... 1000 liter misalnya (5 drum) ... Internasional Market Price cuman 5000rb/liter. Oleh karena pemakaiannya untuk thinner ... jadi dibikin mahalan.
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Bung penyu.. Dulu ada gosip katanya kalo nambah kamper (pewangi) itu bisa naikkin oktan ato apa gitulah...
Bisa dikonfirm?
Apakah kamper itu juga termasuk hydrocarbon? Aromatic hydrocarbon?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

r1210g wrote:Bung penyu.. Dulu ada gosip katanya kalo nambah kamper (pewangi) itu bisa naikkin oktan ato apa gitulah...
Bisa dikonfirm?
Apakah kamper itu juga termasuk hydrocarbon? Aromatic hydrocarbon?
kapur barus juga termasuk khan? :roll: nah gimana tuh tentang kapur barus??? :roll:
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

kamper = kapur barus... :? :?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

r1210g wrote:Bung penyu.. Dulu ada gosip katanya kalo nambah kamper (pewangi) itu bisa naikkin oktan ato apa gitulah...
Bisa dikonfirm?
Apakah kamper itu juga termasuk hydrocarbon? Aromatic hydrocarbon?
Benda ini larut dalam hydrocarbon ... hanya kalau banyak solid contaminant ... malah jadi bikin mampet filter dan injector.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

r1210g wrote:kamper = kapur barus... :? :?
Jenis MTBE yang berbentuk KRISTAL ... MTBE Stands for Methyl Tertiary Butil Ether ... barang ini generasi pertama yang menggantikan TEL (Tetra Ethyl Lead - Timbal - aka BBM Bertimbal) menjadi BBM Tanpa Timbal. Hanya belakangan di BAN ... karena jika berekasi dengan ADDITIVE engine oil (ZDDP) - dalam ruang bakar - akan menghasilkan NERVE GASES ... yang biasa digunakan oleh para PIHAK MILITER untuk PERANG.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Hansen wrote:
r1210g wrote:Bung penyu.. Dulu ada gosip katanya kalo nambah kamper (pewangi) itu bisa naikkin oktan ato apa gitulah...
Bisa dikonfirm?
Apakah kamper itu juga termasuk hydrocarbon? Aromatic hydrocarbon?
kapur barus juga termasuk khan? :roll: nah gimana tuh tentang kapur barus??? :roll:
Bisa lihat postingan di atas ... bukan dari jenis Aromatik tapinya ALIPHATIC.
Image
eternorockstar
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Tue May 01, 2007 14:30

Post by eternorockstar »

beberapa taon yg lalu aku pernah baca tentang penambahan kamper,memang angka oktan naik,tp dikit bgt.dan g seimbang dengan "penderitaan" yg kita dapetin,selain buat mampet filter n injector,nambahin kamper ke bensin jg buat muffler cepet kotor
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

eternorockstar wrote:beberapa taon yg lalu aku pernah baca tentang penambahan kamper,memang angka oktan naik,tp dikit bgt.dan g seimbang dengan "penderitaan" yg kita dapetin,selain buat mampet filter n injector,nambahin kamper ke bensin jg buat muffler cepet kotor
Penderitaan jangka panjang ... kalau boil keburu dijual ... yang sakit yang beli ... kesihan jugak.
Image
alim ulama
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

PenyuTurbo wrote: Coba Check MSDS Racing Fuel ... mesti dasarnya Toluene, Xylene dan Naphtha.
http://en.wikipedia.org/wiki/Naphtha
beli nya dmn om PenyuTurbo? kok gak masuk rekomendasi campuran octane booster
alim ulama
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

oia, kalo G'Zox Engine Conditioner khan ada cara pakainya tu om PenyuTurbo.. semprot2nya via Throttle Body. Kalo DCS Engine Conditioner cara pake nya gmn om?

bahasa kanji semua sih..

thanks,