SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

bwidayatmo wrote:Pak PenyuTurbo,
Saya sudah ke 2 bengkel, bengkel knalpot dan bengkel resmi honda. Kok semuanya bilang CRV tahun 2003 / 2004 ndak ada O2S nya? Yang ada O2S-nya crv tahun 2005 ke atas... Gimana Pak?
Dan kata bengkel resminya klo ngelitik di crv itu kebanyakan yang diservis itu knock sensornya meskipun nggak ada kepastian juga.
Mohon arahan lebih lanjut pak....
Honda CRV itu udah dipasangin O2S sejak tahun 1997 ... coba ngolong ke boil ... O2S nya diletakkan di Down Pipe (yang menghubungkan antara HEADER dengan CATALITYC CONVERTER ... memang tempatnya untuk honda CRV tersembunyi dan kabel O2S nya pendek. Kalau udah pakai EFI ... Electronic Fuel Injection maka presisi injection-nya dimonitor dengan O2S.

Kalau O2S sampai gak ada berarti ada penyunatan (Law Violation) dan hilangnya O2S ini akan menyebabkan ECU menyuntikkan BBM berlebihan sehingga boil akan boros. Penyuntikan BBM yang berlebihan ini bertujuan untuk memproteksi mesin boil agar tidak overheating. Kelebihan BBM yang tidak terbakar yang bercampur dengan oli dalam ruang bakar akan menimbulkan endapan karbon dan ini akan meningkatkan CR - Compression Ratio yang sebagai konsekwensinya akan memerlukan Oktan Bensin yang lebih tinggi. Disamping itu endapan karbon ini juga dapat menyebabkan Pre-Ignition sehingga ngelitik juga akan dapat terjadi.

Kalau knock sensor udah gak berfungsi memang ada kemungkinan memang ngelitik ... dan knock sensor ini bukannya di servis tapi diganti dengan yang baru. Knock Sensor ini bisa tahan lama.

Cara yang terbaik dan termurah adalah dengan mengganti Fuel Filter (Saringan Bensin) terlebih dahulu. Karena dengan kurang lancarnya aliran bensin (ada sumbatan pada filter bensin karena udah kotor) ... maka AFR akan menjadi sangat LEAN dan ini akan menyebabkan mesin jadi NGELITIK.
Image
User avatar
tonie
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Sat May 05, 2007 3:07

Post by tonie »

sebelum ganti saringan bbm ada baiknya sekalian turunin tangki buat di bersihkan dalem nya :D
wait ajah deh... klo sempet seh.. see :mrgreen:
bwidayatmo
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Nov 12, 2007 5:17

Post by bwidayatmo »

Lho Pak, bukankah setiap tune up hal itu selalu dilakukan? (ganti busi, ganti saringan udara, ganti saringan bensin)... tpi spt yg sudah saya katakan hal itu tidak bertahan lama pak... paling nggak 3 hari lalu knocking lagi...
Lalu, saya harus lakukan apa nih pak? Bagaimana dengan membersihkan kerak karbon? :shock:
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Post by HasanFenny »

STILL NO REPLY. HM........
(wonder.....)
User avatar
tonie
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Sat May 05, 2007 3:07

Post by tonie »

bwidayatmo wrote:Lho Pak, bukankah setiap tune up hal itu selalu dilakukan? (ganti busi, ganti saringan udara, ganti saringan bensin)... tpi spt yg sudah saya katakan hal itu tidak bertahan lama pak... paling nggak 3 hari lalu knocking lagi...
Lalu, saya harus lakukan apa nih pak? Bagaimana dengan membersihkan kerak karbon? :shock:
klo daleman tangki kotor filter bbm cepet buntu..... unjung2nya knocking lagi......
ga ada salahnya coba bersihkan tangki bbm dolo :D
klo masih knocking coba sesuaikan kebutuhan oktan bbm untuk mobilnya dolo... :D
thomaz
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Nov 15, 2007 4:31

Post by thomaz »

Pak PenyuTurbo,

Salam kenal dari saya.

Saya pengendara mobil eterna taon 92. Mobil tua pak.

Nah boil ini dah bongkar setengah mesin dan injector dah di kalibrasi.
Saya biasa pake mobil ini dari jkt-bdg dan sebaliknya.
Boilnya kalo lagi tanjakan di tol cipularang, sering ngelitik, padahal kecepatan saya dah 120.
Tapi kalo nyetir biasa mah gak ngelitik.
Cuma kalo dah di atas 115km/jam trus kita gas lagi, lgsg ngelitik.
bole bantuin saya gak. gimana cara ngilangin nya.

Terima kasih ya sebelom nya.
thomaz
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Nov 15, 2007 4:31

Post by thomaz »

Mana ni pak Penyu Turbo.

Bantuan pak PenyuTurbo masih di nantikan ni.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Post by JESKONENG »

Pak PenyuTurbo, njenengan wancinipun rawuh...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
thomaz
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Nov 15, 2007 4:31

Post by thomaz »

Wah Sepertinya pak Penyu dah sibuk banget kali ya ampe gak bisa bantuin kita.

Ya sabar menanti dech.
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Post by HasanFenny »

thomaz wrote:Pak PenyuTurbo,

Salam kenal dari saya.

Saya pengendara mobil eterna taon 92. Mobil tua pak.

Nah boil ini dah bongkar setengah mesin dan injector dah di kalibrasi.
Saya biasa pake mobil ini dari jkt-bdg dan sebaliknya.
Boilnya kalo lagi tanjakan di tol cipularang, sering ngelitik, padahal kecepatan saya dah 120.
Tapi kalo nyetir biasa mah gak ngelitik.
Cuma kalo dah di atas 115km/jam trus kita gas lagi, lgsg ngelitik.
bole bantuin saya gak. gimana cara ngilangin nya.

Terima kasih ya sebelom nya.
ganti mobilnya pak ama yg thn 93
hehehehe jk
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

hah? kcpatan tinggi bisa denger ngelitik?
mang bisa ya?

Mobil ogud kayaknya juga ngelitik nih...
kayaknya gara2 olinya keenceran, mungkin ga ya?
padahal 15W50 doank... Biasa 20W50.. mobil tua sih..

Waktu itu sempet kedengeran bunyi tik..tik..tik------tik..tik..tik... pas lagi idle..
ada intervalnya...
dari atas cyl head kedengerannya...
Suaranya lumayan gede juga, tapi terakhir denger udah jadi kecil, padahal ga diapa2in...
tapi ga tau juga...
Mungkin dari klep ga ya?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

r1210g wrote:hah? kcpatan tinggi bisa denger ngelitik?
mang bisa ya?

Mobil ogud kayaknya juga ngelitik nih...
kayaknya gara2 olinya keenceran, mungkin ga ya?
padahal 15W50 doank... Biasa 20W50.. mobil tua sih..

Waktu itu sempet kedengeran bunyi tik..tik..tik------tik..tik..tik... pas lagi idle..
ada intervalnya...
dari atas cyl head kedengerannya...
Suaranya lumayan gede juga, tapi terakhir denger udah jadi kecil, padahal ga diapa2in...
tapi ga tau juga...
Mungkin dari klep ga ya?
suara HLA kah? :?
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Hansen wrote:
r1210g wrote:hah? kcpatan tinggi bisa denger ngelitik?
mang bisa ya?

Mobil ogud kayaknya juga ngelitik nih...
kayaknya gara2 olinya keenceran, mungkin ga ya?
padahal 15W50 doank... Biasa 20W50.. mobil tua sih..

Waktu itu sempet kedengeran bunyi tik..tik..tik------tik..tik..tik... pas lagi idle..
ada intervalnya...
dari atas cyl head kedengerannya...
Suaranya lumayan gede juga, tapi terakhir denger udah jadi kecil, padahal ga diapa2in...
tapi ga tau juga...
Mungkin dari klep ga ya?
suara HLA kah? :?
wah bukan bos...
Mobil gw masih konvensional gila!
Karbu dan ga ada sistem katup...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

r1210g wrote:
Hansen wrote:
r1210g wrote:hah? kcpatan tinggi bisa denger ngelitik?
mang bisa ya?

Mobil ogud kayaknya juga ngelitik nih...
kayaknya gara2 olinya keenceran, mungkin ga ya?
padahal 15W50 doank... Biasa 20W50.. mobil tua sih..

Waktu itu sempet kedengeran bunyi tik..tik..tik------tik..tik..tik... pas lagi idle..
ada intervalnya...
dari atas cyl head kedengerannya...
Suaranya lumayan gede juga, tapi terakhir denger udah jadi kecil, padahal ga diapa2in...
tapi ga tau juga...
Mungkin dari klep ga ya?
suara HLA kah? :?
wah bukan bos...
Mobil gw masih konvensional gila!
Karbu dan ga ada sistem katup...
ooo...kirain mobil zaman sekarang... :oops: jadi mobil apa toh? :roll:
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

mo nanya nieh... :D

apakah hot pill griffon, cetane booster, fuel conditioner, dan sejenisnya khusus diesel ini bisa dipake untuk generator listrik (genset) yang bermesin diesel juga? :roll:

gw sih cuman berniat membersihkan injector, ruang bakar, dsb. di mesinnya dan mengurangi emisi gas buang... :D dan meningkatkan kualitas Solar juga... :D

note: generatornya bermesin diesel & mengkonsumsi Solar Pertamina biasa... :D
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Hansen wrote:
r1210g wrote:
Hansen wrote:suara HLA kah? :?
wah bukan bos...
Mobil gw masih konvensional gila!
Karbu dan ga ada sistem katup...
ooo...kirain mobil zaman sekarang... :oops: jadi mobil apa toh? :roll:
jangan ah malu... :oops: wakakaka... Kemungkinan juga bukan ngelitik sih...
Gw blom pengalaman masalah ngelitik...
Kayaknya masalah bearing timingnya, ato katupnya kurang rapet...
Gitu... :oops:
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

r1210g wrote:
Hansen wrote:
r1210g wrote: wah bukan bos...
Mobil gw masih konvensional gila!
Karbu dan ga ada sistem katup...
ooo...kirain mobil zaman sekarang... :oops: jadi mobil apa toh? :roll:
jangan ah malu... :oops: wakakaka... Kemungkinan juga bukan ngelitik sih...
Gw blom pengalaman masalah ngelitik...
Kayaknya masalah bearing timingnya, ato katupnya kurang rapet...
Gitu... :oops:
yah... :cry: di sini tidak ada istilah malu, Bang... :D
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

Hansen wrote:mo nanya nieh... :D

apakah hot pill griffon, cetane booster, fuel conditioner, dan sejenisnya khusus diesel ini bisa dipake untuk generator listrik (genset) yang bermesin diesel juga? :roll:

gw sih cuman berniat membersihkan injector, ruang bakar, dsb. di mesinnya dan mengurangi emisi gas buang... :D dan meningkatkan kualitas Solar juga... :D

note: generatornya bermesin diesel & mengkonsumsi Solar Pertamina biasa... :D
ada yang bisa jawab? :roll:
Image
koolrider
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue Nov 27, 2007 4:29

Post by koolrider »

Hansen wrote:mo nanya nieh... :D

apakah hot pill griffon, cetane booster, fuel conditioner, dan sejenisnya khusus diesel ini bisa dipake untuk generator listrik (genset) yang bermesin diesel juga? :roll:

gw sih cuman berniat membersihkan injector, ruang bakar, dsb. di mesinnya dan mengurangi emisi gas buang... :D dan meningkatkan kualitas Solar juga... :D

note: generatornya bermesin diesel & mengkonsumsi Solar Pertamina biasa... :D
klo buat injector pk injector cleaner aja spt STP super concentrate injector cleaner ato sejenisnya .
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Post by kutkuy »

bener ga sih pasang broquet jadi ga ngelitik katanya?

Image
User avatar
swift
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 989
Joined: Sat Jan 13, 2007 12:46
Location: lumpia city

Post by swift »

kalo pake injector cleaner yang dituangkan ke tangki bbm apakah harus pada saat fuelnya lagi penuh?udah beli n pengen coba tapi masih binun pakenya gimana :oops:
alim ulama
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

swift wrote:kalo pake injector cleaner yang dituangkan ke tangki bbm apakah harus pada saat fuelnya lagi penuh?udah beli n pengen coba tapi masih binun pakenya gimana :oops:
liat di kemasannya aja Oom..
rata2 sih kalo pake bahasa inggris tulisannya, "1 bottle treats 12 gallons of fuel.."

itu kurang lebih buat 1x full tank. kalo terlalu pekat mungkin malah bahaya buat mesin?

CMIIW,
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

keknya kalo terlalu pekat takutnya kualitas BBMnya menurun...
Pembersihan sama aja, tapi bawa mobilnya ga enak kan jadinya males pake...
Takutnya mungkn ngelitik...
Pabrik pembuatnya kan pasti dah itung2, mana yang paling optimal..
Ho3..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by Shaqilla »

Sapa tau pas PPT online... bos, kalo Aerio itu bensinnya harus RON berapa yah? bore x stroke 58x58, kompresi 9,7:1 (spek menurut buku).. ud replacement I/H/E.. sekarang pake premium kok enak banget yah?? ndak nglitik ditarik sampe redline any gears (kec gear 5 belum pernah sampe redline) irit pula kalo cruising 3000-3500rpm.. pencerahan dong.. takut mesin enggak awet.. Thanks.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by GTR »

borexstroke aerio bukannya 75x78mm yah?
Krn CR masih 9,7:1 kondisi mesin masih bisa tidak terlalu dipaksa kalo pake premium, & sptnya aerio juga sudah ada anti-knock sensor deh.