Grand Livina Users..! - Part 02

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
tiyungbiru
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Fri Jan 25, 2008 6:31
Location: Belakang Rumah

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by tiyungbiru »

tukang sapu wrote:Yg ane tau tuh yg 1.5 manual pernah dicoba sampe 200 - difoto lagi speedometernya, gue sih gak mau deh bawa sampe segitu, max 120 udah cukup - biasa sih 80-100 aja di tol soalnya gak pernah dikejar tukang tagih sih.
nicky wrote:ada yang udah pernah nyobain TOP SPEEDnya GL belum..?
Sharing dong pengalamannya, GL 1500cc & 1800cc berapa Top Speed yg pernah dicapai?

Thanks,
Orang kaya niihhh....cash terus beli barangnyaa...
--kojo dapek Rp 1,000 ndak kojo dapek Rp 500 kojo ndak kojo dapek Rp 1,500--
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by HilmanZ »

bnr ga c ground clearance Grand Livina lebih tinggi dr kijang Innova..gw kmran ad baca di mn gt..perasaan gw ko ttp pndk an Ground clearance c grand drpd innova..
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by BudiDarmawan »

hmm GL itu Ground Clearance nya kalo gak salah 18 CM
Ground Clearance artinya jarak terendah dari mobil ke Jalan...

Artinya dari jalan jarak ke mobil yang terdekat adalah 18 CM...
Design GL itu lantai bawahnya tidak makan tempat banyak alias ceper sekali karena tidak memakai Chasis seperti halnya Panther atau Kijang atau fortuner atau Land Cruiser

Jadi designya persis seperti sedan ... Alias Body dan Chasis menjadi satu (monochoque)

Kalau Panther atau Inova atau mobil lain yang memakai Chasis terpisah biarpun Ground Clearance misalnya cuma 16 CM tapi pijakan kaki di dalam kabin bisa berjarak 35-45 dari jalan.

Nah mungkin juga GL ground clearance nya 18 CM tetapi pijakan kakinya di dalam kabin berjarak 22-25 ke jalan

Jadi kalau dilihat dan diukur dari pijakan kaki di dalam kabin tetap saja Inova / Panther tetap lebih tinggi (karena system Chasis terpisah)
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by HilmanZ »

BudiDarmawan wrote:hmm GL itu Ground Clearance nya kalo gak salah 18 CM
Ground Clearance artinya jarak terendah dari mobil ke Jalan...

Artinya dari jalan jarak ke mobil yang terdekat adalah 18 CM...
Design GL itu lantai bawahnya tidak makan tempat banyak alias ceper sekali karena tidak memakai Chasis seperti halnya Panther atau Kijang atau fortuner atau Land Cruiser

Jadi designya persis seperti sedan ... Alias Body dan Chasis menjadi satu (monochoque)

Kalau Panther atau Inova atau mobil lain yang memakai Chasis terpisah biarpun Ground Clearance misalnya cuma 16 CM tapi pijakan kaki di dalam kabin bisa berjarak 35-45 dari jalan.

Nah mungkin juga GL ground clearance nya 18 CM tetapi pijakan kakinya di dalam kabin berjarak 22-25 ke jalan

Jadi kalau dilihat dan diukur dari pijakan kaki di dalam kabin tetap saja Inova / Panther tetap lebih tinggi (karena system Chasis terpisah)
Berarti kesimpulannya Grand Livina tetap lbh gampang mentok bawah ny y dibanding innova??
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by GTR »

yah tidak juga, tapi mungkin yg bikin GL kemungkinan lebih mudah mentok daripada innova adalah dalam kondisi melintasi jalan bergelombang & berlubang krn ayunan suspensinya yg termasuk lebih lembut drpd innova membuatnya lebih mudah mentok.
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by HilmanZ »

ya c.ayunan dy empuk..suspensi punya sedan..masalah handling ne mbl gmn?? menyerupai sedan pa MPV yang agak limbung gt?? kan dy agak tinggi..
sidalausa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Thu May 17, 2007 13:32

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by sidalausa »

untuk sementara ini, dalam rentang harga GL segitu, GL telah memenuhi kebutuhan lah...
terutama FCnya yang terbilang irit, handling nyaman, kabin senyap, aukselerasi mantab..yang jelas gak ada knockingnya om...!
apalagi yang ultimate... ada absnya, ebd nya, ba nya, airbagnya (walopun cuman satu), jognya juga dah kulit..., ada foglampnya, HU nya dah cukup lah...
dalam rentang harga segitu... GL emang gak ada bandingannya...
dan jangan sekali-kali bandingin ama neng ipah (innova)... emang gak bandingan...
karena emang basic nya beda om...!
neng ipah... punya keunggulannya sendiri.... dari sudut kebutuhannya..!
ya begitulah... :)
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by dion »

ultimate AT di jakarta sekarang berapaan yak? boil dg ABS & airbag itu ngrawatnya gampang gak sih, gue denger2 sering bermasalah sensor2nya jadi mallfunction, khususnya airbag karena jarang dipake :-)
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by aldy »

Mau nambahin nih kemarin waktu PP surabaya-malang FC sekitar 1:12an yang bikin heran padahal oper gigi 70% selalu pada 4000 rpm jadi waktu mobil bener2 narik cz rpm dbawah 2500rpm agak lemot memang (Mobil saya GL 1.5 m/t) apalagi jalan ke malang nanjak kondisi porong waktu itu lumayan macet sekitar 30menit jadi memang GL ini irit.. :D. Oiya 1 lagi di jalan tol ga pernah kurang dari 120.. jalan selalu 120-150km/h kecuali ada truk nyebrang mau g mau jalan 60km/h tapi habis tu bejek lagi sampe 150km/h stabil bgd g kerasa jalan segitu..bukan melebih2kan lo kenyataan kalo dibandingin honda city. :D :D
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by aldy »

Tambahan lagi nih buat bukti GL 1.5 m/t udah cukup ngasepin TOKINNOV sama land cruiser 4.7 cc..
Waktu tu saya iseng aja buat ngliat bisa nduluin ga GL saya. Saat itu jalan kiri kosong bebas sekali buat nyalip saya dari sebelah kiri.Saya jalan di sebelah kanan kedua mobil itu nempel dibelakang saya (kejadian persis sama cuma waktunya beda)..waktu itu saya jalan di gigi 5 100km/h..saya menganggap pasrah kalo disalip saya cuma ngetes aja bisa nyalip apa ga di gigi lima rpm segitu. Kalo balapan,sudah saya oper dulu ke gigi 4 biar narik lalu kabur :D..setelah saya gas kecepatan 100km/h gigi lima..memang masih nempel, tapi waktu kecepatan 120km/h sampai 150km/h wuss..wuss.. semakin jauh kedua mobil itu..jadi kesimpulan kedua mobil tu g bisa nyalip meskipun jalan kiri kosong..padahal kedua mobil udah nempel terus sebelumnya dengan mobil saya dan selalu ingin mendahului.

Catatan: Kedua mobil ga jalan santai buktinya kedua mobil nyalip saya di kecepatan 160km/h sebenernya tambah seru sih kalo diterusin tapi lebih baik menahan diri maklum ada ortu sm jalan tol di depan banyak truk2 gede serem kalo truk2nya mendadak banting setir ke kanan waktu jalan 150km/h.. :D :D.

Saran: kalo pengen GL 1.5 m/t lebih narik/powerfull oper gigi aja di 3500-4000rpm sebagai solusi lemotnya rpm bawah untuk FCnya tenang aja ga jauh beda kalo oper gigi di 3000rpm sudah saya buktikan PP surabaya-malang 3x,, untuk luar kota lo..:e-dance:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by GTR »

bro aldy, jadi lebih stable GL dari city yah
kalo FC, irit mana GL vs city nya, idsi or vtec, m/t or a/t?
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by aldy »

Kalo dibilang stabil melebihi city ga juga. Cuma karena grand livina dimensinya lebih besar saya salut sama kestabilannya menyamai city dengan suspensi yang sangat empuk (GL) beda sama city memang stabil tapi kalo lewat jalan rusak kasar dan terasa kaku sekali suspensinya. Jadi saya bisa mengambil kesimpulan suspensi GL lebih baik dari city karena karakternya ganda, stabil di kecepatan tinggi tapi lembut saat melibas lubang yang berserakan dijalan..
Saya pake honda city VTEC M/T bro GTR. Untuk FC jika dibanding city mirip2 aja. Sekitar 1:12-13(luar kota).. tapi memang lebih irit city karena city VTEC kalo saya bandingkan langsung dengan GL.tarikan bawahnya lebih enak city VTEC lebih smooth/narik,ini juga berpengaruh ke FCnya jadi lebih irit g usah tinggi2 rpmnya waktu oper gigi.(tapi untungnya kemarin sudah saya buktikan FCnya tetep irit GL saya, walau dioper rpm 3500-4000)
Dan menurut saya getarannya mesin nya GL saat 4000 rpm sama dengan getaran mesin city VTEC 3000 rpm(mungkin juga akibat GL saya sudah diberi peredam dan city saya tidak)..ortu saya aja bilang kaget pake GL mesinnya enteng banget di jalan datar tau2 jalan 120km/h di jalan tol karena ortu saya biasa pake city dan jarang lebih dari 100km/h.. :D Oiya saya selalu pake premium.
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
ASW
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sat Jul 07, 2007 5:44

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by ASW »

GL 1.5 MT 1 : 12 luar kota mah belum termasuk irit, GL saya 1.8 MT luar kota Bandung-Solo bisa 1 : 14,5 kondisi siang hari, macet di Jatinangor - sumedang; di pekalongan dan semarang juga macet, nyetirnya ngebut style.
Kalo di tol Cipularang, Bandung-Jakarta-Bandung bisa 1 : 16 tuh.
GL emang irit, senyap dan stabil, jalan 180 km/j seperti jalan 120 km/jam, ini yang saya rasakan selama pake GL.

salam,
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by GTR »

kalo FC dalkot yg a/t nya gimana?
surya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by surya »

ASW wrote:GL 1.5 MT 1 : 12 luar kota mah belum termasuk irit, GL saya 1.8 MT luar kota Bandung-Solo bisa 1 : 14,5 kondisi siang hari, macet di Jatinangor - sumedang; di pekalongan dan semarang juga macet, nyetirnya ngebut style.
Kalo di tol Cipularang, Bandung-Jakarta-Bandung bisa 1 : 16 tuh.
GL emang irit, senyap dan stabil, jalan 180 km/j seperti jalan 120 km/jam, ini yang saya rasakan selama pake GL.

salam,
Sama kesan ogut. Pake 1.8, kalo luar kota sekitar 1:15
Dalkot sekitar 1:12-13 gitu....
Ini mobil emang kencang dan responsif banget.... kalo buat tarik-tarikan ama mobil lain yang CC lebih besar, dijamin gak bakalan kalah deh :D
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by GTR »

tapi koq angka2 akselerasi nya rata2 saja, masih sekitar 2 digit (belasan detik) 0-100km/h nya, kenapa ya;
apa krn kondisi kabin yg terlalu hening saja, jd terkesan tidak "terasa" kondisi hard-accelerationnya => tidak terasa dgn detail waktu yg berlalu saat akselerasi itu...
tapi memeng , most yg tes akselerasi secara awam akan "merasa sangat cepat", apa ada pencerahannya...
thx
ASW
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sat Jul 07, 2007 5:44

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by ASW »

Kalo saya dalkot hanya dapet 1 : 10 (pake premium), emang nih GL 1.8 kenceng n responsif banget, apalagi setelah saya ganti filter udara yang type basah, tarikannya tambah mantep aja.

Sama kesan ogut. Pake 1.8, kalo luar kota sekitar 1:15
Dalkot sekitar 1:12-13 gitu....
Ini mobil emang kencang dan responsif banget.... kalo buat tarik-tarikan ama mobil lain yang CC lebih besar, dijamin gak bakalan kalah deh :D
User avatar
DhanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by DhanZ »

ASW wrote:Kalo saya dalkot hanya dapet 1 : 10 (pake premium), emang nih GL 1.8 kenceng n responsif banget, apalagi setelah saya ganti filter udara yang type basah, tarikannya tambah mantep aja.


Sama kesan ogut. Pake 1.8, kalo luar kota sekitar 1:15
Dalkot sekitar 1:12-13 gitu....
Ini mobil emang kencang dan responsif banget.... kalo buat tarik-tarikan ama mobil lain yang CC lebih besar, dijamin gak bakalan kalah deh :D

filter udara tipe basah harusnya malah menghambat akselerasi, bukan malah mempercepat....
tipe basah kan mempunyai keunggulan menangkap partikel kotoran lebih baik
Seeing is believing[*][/size]
ASW
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sat Jul 07, 2007 5:44

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by ASW »

filter udara tipe basah harusnya malah menghambat akselerasi, bukan malah mempercepat....
tipe basah kan mempunyai keunggulan menangkap partikel kotoran lebih baik
Betul, filter udara type basah memang menangkap debu/partikel lebih baik, tapi filter ini memiliki pori-pori yang lebih lebar dibanding type kering, jadi udara lebih banyak yang lolos sehingga campuran udara:BBM lebih kaya.
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by BudiDarmawan »

GTR wrote:tapi koq angka2 akselerasi nya rata2 saja, masih sekitar 2 digit (belasan detik) 0-100km/h nya, kenapa ya;
apa krn kondisi kabin yg terlalu hening saja, jd terkesan tidak "terasa" kondisi hard-accelerationnya => tidak terasa dgn detail waktu yg berlalu saat akselerasi itu...
tapi memeng , most yg tes akselerasi secara awam akan "merasa sangat cepat", apa ada pencerahannya...
thx
Begini GL karakteristik mesinnya bertenaga di putaran 3500 an (pakai oktan 90 keatas) kalau pakai premium mungkin di 4000 an
Nah jadi kalau dari stop untuk mencapai 100 kan pasti terkena putaran mesin dari 0-3500 memakan waktu sekitar 3-4 detik an ...
Bayangin tuh 3-4 detik pertama dia lemot ... tapi begitu RPM di 3500 keatas 100% bertenaga dia ...

Jadi bisa dikata rugi 3-4 detik pertama,

Kalau mau test 0-100 KM mungkin seperti ini caranya ...
GAS dulu sampai RPM 2500-3000 begitu stop watch mulai jalan baru lepas koplingnya ....
Kalau start dari RPM 1500 kopling dilepas yakin deh LEMOT HABIS ....

Simple nya begini karakteristik GL itu di putaran bawah LEMOT (kalah sama mobil lain)
di putaran tinggi GL itu GARANG (menang dari mobil lain dengan CC yg sama)

Jadi kalau mau santai yah RPM sampai 3.000 ganti gigi,
Kalau mau ngebut RPM jangan sampai dibawah 3.000 kalu bisa diatas 3.500 terus JAMIN DEH MENANG :) :) kompor mode on
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by GTR »

bukannya semua test 0-100kmh begitu yah, ancang2 tahan throttle di rpm torque max nya (@4400rpm), lalu Full WOT sambil seketika lepas kopling.
tp, interestingnya dari hasil tes 0-100 GL 1500cc itu sekitar 12detik, banyak org bilang sangat cepat, bukannya angka ini rata2 aja (ga beda jauh dari avanza dst dst)...?
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by aldy »

Betul kata bro GTR emang tarikan bawah buat santai n Fuel efficient driving,,trus rpm 3000 keatas dahsyat kemaren aja sampai enggak kerasa gara2 nyalip mobil lemot tau2 udah 120km/h gigi 4.. Apalagi pakai pertamax kayaknya tambah beringas aja.. :twisted:
Untuk pengetesan mobil bisa aja berbeda2 waktu sprintnya 0-100km/h tergantung suhu,ketinggian diatas permukaan laut,bensin yang dipakai,driver(bobot,ketrampilan),kondisi mobil dll.. Kebayang ga sumo beratnya 200kg test drive GL pasti waktunya melorot jauh.. :e-doh: :lol: :lol:
Kalau untuk start transmisi manual pasti pake jump start (rpm ditahan sekitar 4000-5000rpm tergantung torsi max mobil lalu lepas kopling)
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by aldy »

Berhubung saya belum pernah jalan 200km/h mohon diposting dong gambar GL 1.5 m/t waktu jalan 200km/h...kadang saya agak ga percaya masak sih benar2 bisa 200km/h..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
BudiDarmawan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Thu Sep 27, 2007 4:41

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by BudiDarmawan »

hmm

saya sudah naik mobil selama 10 thn dan beberapa mobil ... tetapi baru kali ini setir GL sering mati pada waktu start
Biarpun sampai sekarang dari bulan september 2007.

Pagi ini pun saya ke kantor juga masih mati tadi di jalan pada waktu start berjalan dari stop an lampu lalu lintas.
Apa saya yang gak bisa setir yah ? hmmm
Tapi perasaan naik mobil yang dulu selama 10 thn gak pernah mati di jalan tuh ...
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Re: Grand Livina Users..! - Part 02

Post by hunter »

maksudnya apa sih setir mati ?
kekunci ? gak bisa dibelokin ?