Karburator Bebek 4-TAK

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Saat kencang harus melihat kekuatan motor, tidak hanya melihat dari mesin. Harus juga melihat pengendalian dan pengeremannya. Dan yang terpenting kemampuan diri.

Jalanan sepi lurus, saat memacunya semua berjalan cepat jarum menunjuk angka 140 km/jam dan bertambah...150...160.... seperti melewati batas waktu, jantung semakin cepat, adrenalin meningkat cepat, sebuah sensasi yang luar biasa. Sebuah wajah bersembunyi dibalik helm, dengan pandangan mata tajam memandang jauh kedepan. Namun.........

Jangan memaksakan kemampuan motor dan kemampuan diri sendiri untuk mengurasnya. Jangan hanya karena ada yang lebih berani dan lebih kencang maka kita memaksakan kemampuan kita, kalau kita tidak yakin. Karena akibatnya akan fatal, motor akan memberikan tanda-tanda batas kemampuannya dan menunjukkan batas kemampuan kita.


Pada saat menikung saat dirasakan body belakang motor mulai bergeser, bergetar, saat sasis dan ban memberikan kemampuan maksimalnya, dengan waktu sepersekian detik kita harus mengambil keputusan melebarkan jalur belok, mengurangi kecepatan, mengatur keseimbangan motor dan badan.

Jika tetap memaksa.............hanya keberuntungan saja yang masih melindungi diri kita.

Peace :wink: :D
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Post by vandekar »

indy wrote:Saat kencang harus melihat kekuatan motor, tidak hanya melihat dari mesin. Harus juga melihat pengendalian dan pengeremannya. Dan yang terpenting kemampuan diri.

Jalanan sepi lurus, saat memacunya semua berjalan cepat jarum menunjuk angka 140 km/jam dan bertambah...150...160.... seperti melewati batas waktu, jantung semakin cepat, adrenalin meningkat cepat, sebuah sensasi yang luar biasa. Sebuah wajah bersembunyi dibalik helm, dengan pandangan mata tajam memandang jauh kedepan. Namun.........

Jangan memaksakan kemampuan motor dan kemampuan diri sendiri untuk mengurasnya. Jangan hanya karena ada yang lebih berani dan lebih kencang maka kita memaksakan kemampuan kita, kalau kita tidak yakin. Karena akibatnya akan fatal, motor akan memberikan tanda-tanda batas kemampuannya dan menunjukkan batas kemampuan kita.


Pada saat menikung saat dirasakan body belakang motor mulai bergeser, bergetar, saat sasis dan ban memberikan kemampuan maksimalnya, dengan waktu sepersekian detik kita harus mengambil keputusan melebarkan jalur belok, mengurangi kecepatan, mengatur keseimbangan motor dan badan.

Jika tetap memaksa.............hanya keberuntungan saja yang masih melindungi diri kita.

Peace :wink: :D
se7 seklai bung indy makasih telah mengingat kan kita 8) :wink:
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
User avatar
e121ck
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
Location: Jakarta

Post by e121ck »

tul tul tul mas indy, kalo dipikir2 sih emang serem bener kenceng2, kalo ketemu apesnya bisa jadi bubur tahu ditengah jalan hehehehe

dagdigdugnya seru juga sih hehehehe, abis kenceng2 gitu jantung berasa banget lho huehuehuehue
"Wait for my coming, first light at the fifth day.. at dawn, look to the East"
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Post by vandekar »

e121ck wrote:tul tul tul mas indy, kalo dipikir2 sih emang serem bener kenceng2, kalo ketemu apesnya bisa jadi bubur tahu ditengah jalan hehehehe

dagdigdugnya seru juga sih hehehehe, abis kenceng2 gitu jantung berasa banget lho huehuehuehue
hehe btul tuh jantung rasa rasa ser seran tapi adrenalin ngalir lancar tuh :wink: hehe yg ada abis itu pasti jalannya pelan pelan degh :lol:
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
User avatar
e121ck
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
Location: Jakarta

Post by e121ck »

abis kenceng berasa kalo kita punya jantung hehehehe dug2an, hmm.... kalo dulu kayaknya berani aja tarik gas tapi sekarang uda rada2 berasa takut pas lewat 140 hehehe

ngomong2 motor apa nih yang paling mantep buat track lurus? yang lokal ya, mis: tiger, ninja, rzr, fxr, thunder atau apa gitu
"Wait for my coming, first light at the fifth day.. at dawn, look to the East"
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Post by vandekar »

e121ck wrote:abis kenceng berasa kalo kita punya jantung hehehehe dug2an, hmm.... kalo dulu kayaknya berani aja tarik gas tapi sekarang uda rada2 berasa takut pas lewat 140 hehehe

ngomong2 motor apa nih yang paling mantep buat track lurus? yang lokal ya, mis: tiger, ninja, rzr, fxr, thunder atau apa gitu
hhehe kalo tarack lurus mah yg paling jago ninja sama Nsr doank tuh maklum 2 tak lebih Ngacir un tuk track lurus n panjang tapi kalo untuk track lurus tapi pendek jagonya ya cuman Rx king :wink: hayo kenafa :lol:
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Wah, kayaknya kena batunya deh........!

Gw habis jatuh nih, gara-garanya cuman sepele. Ngeliat kebelakang.....eh, ban depan turun ke tanah. Langsung aja motornya tak lepas, tapi badan kelempar kekiri jatuh ke jurang dech. Untung aja cuman jatuh ke bawah 3 meter, dan nyangkut dipohon. Kalo nggak mungkin nggak bisa lagi buka SerayaMotor.com.............

Hati-hati dech buat semuanya!!
User avatar
e121ck
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
Location: Jakarta

Post by e121ck »

wahh mas indy nggak kenapa? koq bisa gitu?

rxking bodinya enteng, gigi 1-2-3 nya pendek n torsinya dapet di 6000-7000an, kalo ninja baru dapet di 7500-8000an terus bodinya berat n gigi 2-3 nya panjang

gara2 itu kan rxking jadi lebih ngacir di track pendek?????? mohon koreksi
"Wait for my coming, first light at the fifth day.. at dawn, look to the East"
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Post by vandekar »

indy wrote:Wah, kayaknya kena batunya deh........!

Gw habis jatuh nih, gara-garanya cuman sepele. Ngeliat kebelakang.....eh, ban depan turun ke tanah. Langsung aja motornya tak lepas, tapi badan kelempar kekiri jatuh ke jurang dech. Untung aja cuman jatuh ke bawah 3 meter, dan nyangkut dipohon. Kalo nggak mungkin nggak bisa lagi buka SerayaMotor.com.............

Hati-hati dech buat semuanya!!
waduh turut berduka cita degh bung indy n sukur degh kalo u gpp :wink: wah ngomong ko ngeliat belakang mang ada apa dibelakang :cry:
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Post by vandekar »

e121ck wrote:wahh mas indy nggak kenapa? koq bisa gitu?

rxking bodinya enteng, gigi 1-2-3 nya pendek n torsinya dapet di 6000-7000an, kalo ninja baru dapet di 7500-8000an terus bodinya berat n gigi 2-3 nya panjang

gara2 itu kan rxking jadi lebih ngacir di track pendek?????? mohon koreksi
yup itu juga btul n satu lagi yaitu perbandingan gear belakang antara RX king dan ninja beda loh kalo rx king lebih kecil sehingg dia cucok untuk track pendek sedangkan ninja gear blakangnya lebih besar sehingga cucok untuk track yg panjang :wink:
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

vandekar wrote:
e121ck wrote:wahh mas indy nggak kenapa? koq bisa gitu?

rxking bodinya enteng, gigi 1-2-3 nya pendek n torsinya dapet di 6000-7000an, kalo ninja baru dapet di 7500-8000an terus bodinya berat n gigi 2-3 nya panjang

gara2 itu kan rxking jadi lebih ngacir di track pendek?????? mohon koreksi
yup itu juga btul n satu lagi yaitu perbandingan gear belakang antara RX king dan ninja beda loh kalo rx king lebih kecil sehingg dia cucok untuk track pendek sedangkan ninja gear blakangnya lebih besar sehingga cucok untuk track yg panjang :wink:
Sebenarnya kalau gear belakang besar malah semakin enteng, gampangnya bayangin aja gear sepeda Federal (MTB). Semakin gearnya keatas (giginya lebih banyak) maka lebih enteng.

Gear depan belakang merupakan perbandingan akhir saja. Namun yang berperan kalau motor itu giginya pendek-pendek atau panjang-panjang itu racikan perbandingan giginya (1,2,3,4,5, dan 6). Disamping rasio dari masing-masing gigi, juga jarak rasio per giginya.

Misalnya semakin besar perbedaan rasio antara gigi 2 & 3, maka putaran mesin turun semakin besar pula ketika memindah gigi antara 2 ke 3. Sehingga semakin rapat maka semakin cepat pula tenaga motor dapat diraih secara maksimal. Namun jika terlalu rapat nafas motor cepat habis, sehingga top-speednya menjadi korban.

Kalau ada kesalahan mohon dikoreksi... :wink:
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Post by vandekar »

yup pendapat bung indy benar jugha tuh gera belakang gede hanya untuk enteng saja tetapi tenaga ngga ada
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
User avatar
e121ck
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
Location: Jakarta

Post by e121ck »

betul banget mas indy, biasanya kalo buat balap rasio gigi disesuaikan sama karakter sirkuit n karakter pambalap itu sendiri, ada yang suka gantung rpm tinggi ada yang rajin pindah gigi, ada yang suka selip kopling ada yang suka dijedak

kalo untuk pemakaian sehari2 rasionya dibuat standar oleh pabrik dengan asumsi semua pengedaranya ganti gigi apabila sudah mencapai 75-80% rpm torsi maksimun (kalo max torsinya di 7000rpm ganti gigi pemakaian hari2 sekitar 5000-5500rpm, kalo mau narik sampe 7000-7200rpm baru ganti gigi hehe), kecuali untuk gigi 1 ke 2
(perbadingannya agak jauh) dan gigi 5 atau 6 (biasanya uda overdrive, perbandingannya >1) untuk memperhalus suara mesin aja, susah buat narik lagi

sproket belakang ninja n rxking beda lumayan jauh lho, ninja punya lebih gede, secara umum harusnya ninja punya tarikan lebih enteng dari rxking tapi nyatanya rxking lebih enteng, ya dikarenakan banyak faktor seperti karakter mesin, bobot motor, perbandingan gigi dan lainnya

walahh jadi OOT nih,....sorry bro hehehe
"Wait for my coming, first light at the fifth day.. at dawn, look to the East"
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Post by vandekar »

hhhe ggp yg penting dagh di split ini sama bung tomcat jadi kita ngga ada masalah tuh siipp
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
User avatar
e121ck
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
Location: Jakarta

Post by e121ck »

split tuh diapain gitu??? dibagi??? jadi ngga OOT? hehehehehe
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Post by vandekar »

hhehehe dibagi dua yg OOT sama yg sesuai topis gitu kali yagh
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Koq daku rada gak nyambunk ya...?
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Post by vandekar »

heheh maksudnya buat topik yg rada rada dimasukin ke OOT gitu loh n kalo yg aslinya yg tetep pada topiknya gitu lain kalo di FP kan sistem tuutup kalo ngga sistim moved kalo disini bisa displit jadi dua topicnya gitu loh tapi dengan judul yg sama
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Ooo :shock:
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Post by vandekar »

iya khan jadi lebih enak tuh
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Iya dah... apa sih yg nggak buwat bunk Vandeboy...

Ngomong-ngomong kapan jadi Vandeman negh?
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Post by vandekar »

eheh gw masegh suka jadi vande boy aza degh ehhehe
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Tulisannya diganti bgini gimana?
FunTheBoiii....
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Post by vandekar »

hehe se7 lah atur baelah heheh
oh ya kalo mau cari karburator 2nd tapi yg maseh bagus dimana yah
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Hunting di depok ato di poncol ajah....