Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11376
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sun Jul 19, 2020 9:05
Umm

Binggung y

Yowes lah, wiken depan buang 100 cc aj kl

Kayanya skrg kelebihan banyak, blom 45 derajat aj ud ngocor
tapi tadi sempet pindah2in PRNDS dulu kan?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26955
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun Jul 19, 2020 9:08
DOHC wrote: Sun Jul 19, 2020 9:05
Umm

Binggung y

Yowes lah, wiken depan buang 100 cc aj kl

Kayanya skrg kelebihan banyak, blom 45 derajat aj ud ngocor
tapi tadi sempet pindah2in PRNDS dulu kan?
Iya, jd pas nyalain, trus pindah ke smua gigi, termasuk 1 ampe 6, baru balik ke P, enjin on

Trus buka baut cek, itu oil pan saya pegang aj masi baru anget dikit om, tp ud ngocor
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11376
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

indeskey wrote: Sun Jul 19, 2020 9:05 Ini cara check isi oli trans overfill apa nggak ya om. Kalau cvt ngeceknya perlu dipanasin nggak? Dan gimana stepnya.

Kalau lihat manual matic kan perlu dirun sambil dipindah transmisi dari P balik lagi ke P sambil tiap step ditahan 3 detik. Saya kemaren gini pas ngecek ganti oli cvt. Cmiiw
kl cvt ahond menurut FSM mesin hrs dipanasin dulu sampai temperatur mesin normal atau 2x radiator fan nyala. habis itu matikan mesin dan tunggu 10-15 menit maksudnya spy oli cvt pada turun ke karternya. setelah itu baru buka check bolt nya.

tutup check bolt kembali setelah keluarnya ngiler. jangan tunggu sampai kering tidak keluar lagi.
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by indeskey »

Omnibus wrote:
indeskey wrote: Sun Jul 19, 2020 9:05 Ini cara check isi oli trans overfill apa nggak ya om. Kalau cvt ngeceknya perlu dipanasin nggak? Dan gimana stepnya.

Kalau lihat manual matic kan perlu dirun sambil dipindah transmisi dari P balik lagi ke P sambil tiap step ditahan 3 detik. Saya kemaren gini pas ngecek ganti oli cvt. Cmiiw
kl cvt ahond menurut FSM mesin hrs dipanasin dulu sampai temperatur mesin normal atau 2x radiator fan nyala. habis itu matikan mesin dan tunggu 10-15 menit maksudnya spy oli cvt pada turun ke karternya. setelah itu baru buka check bolt nya.

tutup check bolt kembali setelah keluarnya ngiler. jangan tunggu sampai kering tidak keluar lagi.
Noted om. Tp perlu di pindah juga ya dari P ke L balik lagi ke P.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26955
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun Jul 19, 2020 9:14
indeskey wrote: Sun Jul 19, 2020 9:05 Ini cara check isi oli trans overfill apa nggak ya om. Kalau cvt ngeceknya perlu dipanasin nggak? Dan gimana stepnya.

Kalau lihat manual matic kan perlu dirun sambil dipindah transmisi dari P balik lagi ke P sambil tiap step ditahan 3 detik. Saya kemaren gini pas ngecek ganti oli cvt. Cmiiw
kl cvt ahond menurut FSM mesin hrs dipanasin dulu sampai temperatur mesin normal atau 2x radiator fan nyala. habis itu matikan mesin dan tunggu 10-15 menit maksudnya spy oli cvt pada turun ke karternya. setelah itu baru buka check bolt nya.

tutup check bolt kembali setelah keluarnya ngiler. jangan tunggu sampai kering tidak keluar lagi.
Alamak, berarti saya kekurangan donk

Ini saya malah pas pagi2, enjin off, saya buka tu baut check, ampe berenti ngocor baru saya tutup lg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11376
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sun Jul 19, 2020 9:11
Iya, jd pas nyalain, trus pindah ke smua gigi, termasuk 1 ampe 6, baru balik ke P, enjin on

Trus buka baut cek, itu oil pan saya pegang aj masi baru anget dikit om, tp ud ngocor
udah bener cara om.

ga usah takut jd under, kecuali buka nya pas lagi panas banget berarti tu oli lagi ngembang2nya.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11376
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

indeskey wrote: Sun Jul 19, 2020 9:16 Noted om. Tp perlu di pindah juga ya dari P ke L balik lagi ke P.
iya perlu, biar tersirkulasi dgn baik.

tp kunci keberhasilannya abis matikan mesin hrs tunggu 10-15 menit dulu. kl langsung buka dijamin ga akan keluar atau keluarnya langsung ngiler krn belum turun. dan itu bikin kita jd bingung sendiri. ane pernah soalnya pdhl kondisi sengaja ane lebihin hampir 500 mL. hrsnya kan keluar eh dia malah ngiler doang.
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by indeskey »

Omnibus wrote:
indeskey wrote: Sun Jul 19, 2020 9:16 Noted om. Tp perlu di pindah juga ya dari P ke L balik lagi ke P.
iya perlu, biar tersirkulasi dgn baik.

tp kunci keberhasilannya abis matikan mesin hrs tunggu 10-15 menit dulu. kl langsung buka dijamin ga akan keluar atau keluarnya langsung ngiler krn belum turun. dan itu bikin kita jd bingung sendiri. ane pernah soalnya pdhl kondisi sengaja ane lebihin hampir 500 mL. hrsnya kan keluar eh dia malah ngiler doang.
Sip2... Makasih om.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11376
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sun Jul 19, 2020 9:16
Alamak, berarti saya kekurangan donk

Ini saya malah pas pagi2, enjin off, saya buka tu baut check, ampe berenti ngocor baru saya tutup lg
ente ngomongin hrv nih? tadi anki kan?

ah ini sama kaya saya pernah. akhirnya ane beli lagi 1 botol literan krn penasaran. pas dilakukan lg dgn benar sambil semua diukur yg masuk n keluar, alhasil kurangnya 50 mL. tp ane pas tutupnya waktu mesin dingin msh ngiler.

kl om sampe kering palingan juga kurang 100 mL. drpd cape2 mending tambahin aja 100 mL and call it a day. beres urusan.

kl diinget2 ini pekerjaan paling ga ada guna cuma gara2 penasaran aja. dikit bgt bedanya hampir ga pengaruh sih. pdhl sampai beli sebiji tuh di beres deket rumah wkwkwk.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26955
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun Jul 19, 2020 9:25
DOHC wrote: Sun Jul 19, 2020 9:16
Alamak, berarti saya kekurangan donk

Ini saya malah pas pagi2, enjin off, saya buka tu baut check, ampe berenti ngocor baru saya tutup lg
ente ngomongin hrv nih? tadi anki kan?

ah ini sama kaya saya pernah. akhirnya ane beli lagi 1 botol literan krn penasaran. pas dilakukan lg dgn benar sambil semua diukur yg masuk n keluar, alhasil kurangnya 50 mL. tp ane pas tutupnya waktu mesin dingin msh ngiler.

kl om sampe kering palingan juga kurang 100 mL. drpd cape2 mending tambahin aja 100 mL and call it a day. beres urusan.

kl diinget2 ini pekerjaan paling ga ada guna cuma gara2 penasaran aja. dikit bgt bedanya hampir ga pengaruh sih. pdhl sampai beli sebiji tuh di beres deket rumah wkwkwk.
Iya om

Td yg pertama buat si anki
Ini buat s hrv skrg

Mobil skrg ribet2 yah mo ngecek atf aj

Dl waktu pegang GE8 simple bener, ga pake ribet, tinggal cabut colok stik doank beres
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by zzzprince »

Coba DIY yang ringan2 dlu ah, sekalian inreyen jackstand tekiro...
IMG_20200719_181456.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11376
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

lihat oli gardan jadi inget pas ganti di anf, ane masukin 4 botol quart (3.8 L) msh belum luber. sementara di bukman mintanya 3.5 L. ane ukur ternyata batas lubang pengisian lbh tinggi dr tanggul di rumah as gardan kiri kanan jd ada kemungkinan seal yg di ujung terendam oli jika diisi sampai luber. baca di forum luar ini root cause seal rembes dan oli bocor membasahi bagian rem belakang. konon yg ideal seal hrs kena splash oli gardan utk pelumasan (pas mobil jalan bergoyang kiri kanan tp tdk boleh terendam. alhasil saya sedot lagi dr dlm gardan yg kelebihan ~300 mL nya. :mky_05:. finalnya dgn 3.5 L di dalam kira2 permukaan oli ~1 cm di bawah tepi bawah lubang pengisian.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by evanbngdor »

zzzprince wrote: Sat Jul 18, 2020 10:07 Pingin tuang ke GNKI Dono Manual bensin, ada yg pernah coba oli dibawah?

Kapasitas gardan dan transmisi brpa liter yak. Thank youIMG_20200718_180554.jpg
Udah sering pake yg MTF nya. So far harga segitu lumayan laaaah.

Transmisi manual sekitar 2,5 liter, gardan sekitar 2,8 liter.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26955
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun Jul 19, 2020 9:17
DOHC wrote: Sun Jul 19, 2020 9:11
Iya, jd pas nyalain, trus pindah ke smua gigi, termasuk 1 ampe 6, baru balik ke P, enjin on

Trus buka baut cek, itu oil pan saya pegang aj masi baru anget dikit om, tp ud ngocor
udah bener cara om.

ga usah takut jd under, kecuali buka nya pas lagi panas banget berarti tu oli lagi ngembang2nya.
tadi pagi iseng buang kira2 50cc, ga brani banyak2 lgs

pas d coba, wuihh beda loh om, tarikan lebi galak utk city driving.. pedal betot dikit lgs respon (yahh feelnya ga ampe DSG nya audi, tp at least membaik lah)

mmg nya kl ATF kbanyakan dikit gt bsa ngaruh banget yah om ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11376
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Mon Jul 20, 2020 15:46
tadi pagi iseng buang kira2 50cc, ga brani banyak2 lgs

pas d coba, wuihh beda loh om, tarikan lebi galak utk city driving.. pedal betot dikit lgs respon (yahh feelnya ga ampe DSG nya audi, tp at least membaik lah)

mmg nya kl ATF kbanyakan dikit gt bsa ngaruh banget yah om ?
kayanya sm yg kemarin lebih dr 50cc om. ga diukur kemarin ya?

emang ngaruh sih om kl ngga ngapain sampai dibikin ala2 sedotan di check hole nya dan hrs 45°C segala.

ane skrg jg lagi dapet pas enak2nya nih. jd males mau ganti yg ke-4 biar dpt 84% content.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26955
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Jul 20, 2020 16:31
DOHC wrote: Mon Jul 20, 2020 15:46
tadi pagi iseng buang kira2 50cc, ga brani banyak2 lgs

pas d coba, wuihh beda loh om, tarikan lebi galak utk city driving.. pedal betot dikit lgs respon (yahh feelnya ga ampe DSG nya audi, tp at least membaik lah)

mmg nya kl ATF kbanyakan dikit gt bsa ngaruh banget yah om ?
kayanya sm yg kemarin lebih dr 50cc om. ga diukur kemarin ya?

emang ngaruh sih om kl ngga ngapain sampai dibikin ala2 sedotan di check hole nya dan hrs 45°C segala.

ane skrg jg lagi dapet pas enak2nya nih. jd males mau ganti yg ke-4 biar dpt 84% content.
iya kmaren ga d ukur om, kayanya kl di total ad kl 100an lebi dikit kluar

lmayan lah, dah hepi skrg.. malah yg ad skrg mesin ngeglitik mulu kl d betot2.. aneh bener ini mobil
kl kmaren pas d betot, respon girbok nya lama, jd naek rpm nya pelan2... skrg respon gigi ud lebi cepet, lah mesin malah jd ngeglitik mulu kl d bejeg.. aneh

pas drain n fill, pake metode ukur aj om, kluar brapa masuk brapa.. pasti sama kan kl gt
sayang tuh, masa WS campur amsoil.. ibarat makan nasi padang masa nasi nya campuran beras pera pecah kulit ama beras pulen pandan wangi
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11376
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Mon Jul 20, 2020 16:41
iya kmaren ga d ukur om, kayanya kl di total ad kl 100an lebi dikit kluar

lmayan lah, dah hepi skrg.. malah yg ad skrg mesin ngeglitik mulu kl d betot2.. aneh bener ini mobil
kl kmaren pas d betot, respon girbok nya lama, jd naek rpm nya pelan2... skrg respon gigi ud lebi cepet, lah mesin malah jd ngeglitik mulu kl d bejeg.. aneh

pas drain n fill, pake metode ukur aj om, kluar brapa masuk brapa.. pasti sama kan kl gt
sayang tuh, masa WS campur amsoil.. ibarat makan nasi padang masa nasi nya campuran beras pera pecah kulit ama beras pulen pandan wangi
wkwkwk pandan wangi ... iya lah ntar sekali lagi ganti.

om mesin pake tq9000 kan? udah ane bilang vvt-i jd kurang bener timingnya, pengaruh ke AF mixture.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26955
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Jul 20, 2020 16:52
DOHC wrote: Mon Jul 20, 2020 16:41
iya kmaren ga d ukur om, kayanya kl di total ad kl 100an lebi dikit kluar

lmayan lah, dah hepi skrg.. malah yg ad skrg mesin ngeglitik mulu kl d betot2.. aneh bener ini mobil
kl kmaren pas d betot, respon girbok nya lama, jd naek rpm nya pelan2... skrg respon gigi ud lebi cepet, lah mesin malah jd ngeglitik mulu kl d bejeg.. aneh

pas drain n fill, pake metode ukur aj om, kluar brapa masuk brapa.. pasti sama kan kl gt
sayang tuh, masa WS campur amsoil.. ibarat makan nasi padang masa nasi nya campuran beras pera pecah kulit ama beras pulen pandan wangi
wkwkwk pandan wangi ... iya lah ntar sekali lagi ganti.

om mesin pake tq9000 kan? udah ane bilang vvt-i jd kurang bener timingnya, pengaruh ke AF mixture.
oli saat ini lagi DGO 0-20 om, tp last oil change kmaren itu pake TQ9000 5-30
itu jg ad glitik2 sehh kl di bejeg

mmg knapa om, bukannya bagus yah vvt-i pake oli encer, biar cepet masuk ke aktuator vvti nya ?
jd cocoknya pake oli apa om ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
billi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: Sun Feb 22, 2015 13:01

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by billi »

Om, jika oli gardan di spek buku manual minta 85w90 GL5.

Cocok nya pake PTT 80w90 GL5 atau Eneos 75w90 GL5 ya?

Trima kasih om.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11376
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue Jul 21, 2020 1:00
oli saat ini lagi DGO 0-20 om, tp last oil change kmaren itu pake TQ9000 5-30
itu jg ad glitik2 sehh kl di bejeg

mmg knapa om, bukannya bagus yah vvt-i pake oli encer, biar cepet masuk ke aktuator vvti nya ?
jd cocoknya pake oli apa om ?
krn utk menekan aktuator itu usahakan jgn yg terlalu foaming pas pressurized om. kl power mah 1TR gitu2 aja ga akan improve bnyk pakai oli keraton juga, cuma drivability termasuk ngelitik yg improve.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26955
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Tue Jul 21, 2020 4:18
DOHC wrote: Tue Jul 21, 2020 1:00
oli saat ini lagi DGO 0-20 om, tp last oil change kmaren itu pake TQ9000 5-30
itu jg ad glitik2 sehh kl di bejeg

mmg knapa om, bukannya bagus yah vvt-i pake oli encer, biar cepet masuk ke aktuator vvti nya ?
jd cocoknya pake oli apa om ?
krn utk menekan aktuator itu usahakan jgn yg terlalu foaming pas pressurized om. kl power mah 1TR gitu2 aja ga akan improve bnyk pakai oli keraton juga, cuma drivability termasuk ngelitik yg improve.
Mungkin si DGO ini kurang bagus

Wes deh, abis ini coba merk laen

Btw, ini saya dl perna iseng2 experiment oli di 1TR tuir vvti sebiji doank, aneh nya waktu pake 10-40 merk apa aj, glitik nya minim loh, walau tarikan beda waktu pake oli encer
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by doko86 »

Mau tanya om, ciri2 klu oli transmisi manual harus ganti apa y om....
Soalnya terakhir pake MTF DGO jalan 6000 kedua masih enk, ini mau jalan 6000 ketiga rasayanya ada yg aneh.... Kyk kasar dan gak bisa halus perpindahan giginya
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by kompresorz »

DOHC wrote: Tue Jul 21, 2020 4:44
Omnibus wrote: Tue Jul 21, 2020 4:18
DOHC wrote: Tue Jul 21, 2020 1:00
oli saat ini lagi DGO 0-20 om, tp last oil change kmaren itu pake TQ9000 5-30
itu jg ad glitik2 sehh kl di bejeg

mmg knapa om, bukannya bagus yah vvt-i pake oli encer, biar cepet masuk ke aktuator vvti nya ?
jd cocoknya pake oli apa om ?
krn utk menekan aktuator itu usahakan jgn yg terlalu foaming pas pressurized om. kl power mah 1TR gitu2 aja ga akan improve bnyk pakai oli keraton juga, cuma drivability termasuk ngelitik yg improve.
Mungkin si DGO ini kurang bagus

Wes deh, abis ini coba merk laen

Btw, ini saya dl perna iseng2 experiment oli di 1TR tuir vvti sebiji doank, aneh nya waktu pake 10-40 merk apa aj, glitik nya minim loh, walau tarikan beda waktu pake oli encer
kalo udah rasain 0-20 harus lompat 0-16....setelah itu 0-8....

begitu seterusnya....


masa itu aja puter2....balik lagi 10-40...jalan ditempat...

orang aja kadang bosan trs makan tempe..... :big_dunno:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26955
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

kompresorz wrote: Sun Jul 26, 2020 2:18
DOHC wrote: Tue Jul 21, 2020 4:44
Omnibus wrote: Tue Jul 21, 2020 4:18

krn utk menekan aktuator itu usahakan jgn yg terlalu foaming pas pressurized om. kl power mah 1TR gitu2 aja ga akan improve bnyk pakai oli keraton juga, cuma drivability termasuk ngelitik yg improve.
Mungkin si DGO ini kurang bagus

Wes deh, abis ini coba merk laen

Btw, ini saya dl perna iseng2 experiment oli di 1TR tuir vvti sebiji doank, aneh nya waktu pake 10-40 merk apa aj, glitik nya minim loh, walau tarikan beda waktu pake oli encer
kalo udah rasain 0-20 harus lompat 0-16....setelah itu 0-8....

begitu seterusnya....


masa itu aja puter2....balik lagi 10-40...jalan ditempat...

orang aja kadang bosan trs makan tempe..... :big_dunno:
Om itu rivanol dcekokin ke metro mini gmana rasanya ? Ini dipakein ke si metro mini kan, atau malah ke si e36 resing ?

Pas pedal to metal ad glitik ga ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
papawanyax
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sun Jul 26, 2020 14:44
Daily Vehicle: Suzuki Splash

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by papawanyax »

Gerobak ane Sijuki Splash MT 1.2 .... di manual book rekomennys 75w-90 GL4 ... cari-cari di online ga nemu Redline MT90 75w-90 ... nemunya Redline MTL 75w-80 ... itu klo mobil ane dikasihnya yg Redline MTL yg notabene lebih encer .. kira-kira aman gak ya? Thnks para suhu sekalian ... salam kenal ...