diesel wrote:Halo Turboman,
Ipah D4D matic saya setelah di tunning TPS dan diganti Air Filternya di Phoniex sekarang sudah "pancen oye" perbandingannya sekarang bisa 1:9.5-10. Sebelumnuya 1:8
Saya ingin tanya lagi, kalau di pasang Ground Cable dan ganti saluran buang SAKI apa bisa lebih irit lagi ? Terus bagaimana dengan oli mesin dan oli transmisi matic. Ada saran pake merek apa ? Maunya sich yang bisa bikin lebih irit lagi . Mengingat ipah saya ini kerjanya lumayan berat/jauh. Sebulan jalannya kira kira 3500km .
FYI , saya lebih mementingkan irit daripada mobil kenceng . Karena D4D saya lebih banyak dibawa Driver buat anter anak sekolah dan bini kerja.
Prioritas utk irit BBM & mobil lebih banyak dipake supir ? Oke di bawah ini priority listnya dilihat dr fungsi & Dc (damage cost) :
1. Tetap ikuti metoda light tune dr bengkel ybs., tetapi pilih "jurus2" yg khusus utk improve kons. BBM, krn light tune ada yg towards performance juga.
2. Utk bahan bakar sgt direkomendasikan menggunakan "racun", utk efisiensi konsumsi BBM gunakan "racun" yg sifatnya utk menjaga kebersihan injector & surface tension reducer. Produk2 yg recommended :
a. Amsoil ADF
b. Methorel Cetane Booster G2
Alternative lain juga boleh digunakan Total Cetane Booster, produk Injector cleaner dr Diesel Power Sta -Bil (ACE Hardware)
Utk a & b bisa kontak pak J M Z.
Penurunan tegangan permukaan utk Diesel fuel yg spec. gravity-nya 0,83 - 0,85 (lebih kental dr bensin) efeknya cukup signifikan dlm meningkatkan efisiensi pembakaran, juga Injector yg tetap bersih pengabutan akan selalu optimal.
Additive yg bersifat Detergent & dispersant sgt dibutuhkan bagi solar / biosolar 4300 yg agak miskin additive itu.
3. Add on Component :
Karena yg dibutuhkan adalah efisiensi & bukan utk performa maka priority listnya :
a. Rizor RFP : utk meringankan beban pompa injeksi, mesin berputar lebih efisien.
b. Down Pipe (DP) : Down pipe nya saja yg diganti, lainnya gak perlu
c. Ground cable : paket standard, btw Ipah D4 D anda Matic / manual pak ?
Utk DP pilihan anda ada SAKI & Formula knalpot, Formula punya jauh lebih murah, hanya anda harus make sure nanti semuanya fit & match antara ke Turbo & Collector Pipe-nya (CP pipa sesudah DP).
Form. knalpot : 085210964820
4. Maintenance :
Ini yg terpenting, apalagi jikalau anda tidak sempat menambahkan racun tiap kali isi solar / biosolar.
Purging yg ekonomis dgn Liqui Moly di Synergy - Daan Mogot (021)5667222 setiap 15 - 20 rb. km sekali.
Bersihkan ruang bakar dgn NX 75 tiap 30 - 40 rb. km sekali di Phoenix bisa.
Dan selalu jaga tekanan ban.
Semoga membantu.