Kijang Innova D-4D - PART 01

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

Winata wrote:
btw, kira2 sekarang harga 2nd-nya berapa yah? kira2 lebih mahal atau lebih murah dari yg VVT-i? .
Di Pasar mobil kemayoran INNOVA VVT-I itu banyak banget. Tinggal dipilih2 aja mana yang bagus harganya juga anjlok tipe V bisa 160-170jt .

Kalo yang D-4D agak jarang2 dan harganya tahun 2005 INNOVA D-4D tipe V harga pasarannya 195jt-205jt karena peminat mobilnya banyak unit sedikit dan unit baru juga ga keluar lagi.
mahal buangeeet.... :(
gue pikir akan lebih murah seperti kinjang kapsul diesel yg harga 2nd-nya lebih murah dari 1.8EFI
budgetnya ga nyampe.....
kalo yang tipe E D4D berapa y?
diesel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Mar 27, 2007 4:21
Location: Jakarta City

Post by diesel »

[
quote="Turboman"]Amsoil kontak Jimmy 08562333333
Pak, sepertinya nomornya ngak valid . Saya coba hubungin lewat HP bunyi tulalit dan dilayar keluar tulisan number not in use. :roll:
User avatar
gio
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Oct 12, 2004 11:48
Location: surabaya

Post by gio »

guys! intinya innova tuh kenapa kok ditarik keluar dari pasaran? terus kapan ya muncul lagi? :?
all people in seraya is very clever n so polite. :)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

gio wrote:guys! intinya innova tuh kenapa kok ditarik keluar dari pasaran? terus kapan ya muncul lagi? :?
Spt. nya Business Reasons oom. (kalau alasan TAM ke publik sih macam2, u know laa)

Terbukti D4 D kalau dipake di Jkt - Jabodetabek nggak ada masalah, konon pertengahan tahun ini akan re launch bersmaan dgn Fortuner 2.5 D4 D.

Utk di luar Jkt / kota2 lain spt Medan memang pernah ada yg sampai Injectornya musti diganti, tapi itu persentasinya juga kecil dibanding total D4 D yg beredar di sana, ada rekan di samarinda tetangganya punya D4 D aman2 saja, juga 1 org rekan di Makassar.

So kadang2 jadi curiga isyu Common Rail akan rusak kena solar biasa apakah mungkin sengaja dihembuskan para kompetitor / pemain yg merasa produknya terancam dgn kehadiran MPV Diesel modern yg memang hemat BBM ? Karena kenyataan di lapangan tidak separah itu walau memang ada 1 - 2 kasus (persentasinya kecil / sgt. kecil) sementara di sisi lain Pertamina terus berupaya meningkatkan mutu solar / jaminan distribusinya secara bertahap.

Juga BeRes A2K makin banyak yg mempunyai layanan Purging dengan Carbon Clean.


Koreksi kalau salah, maap bila ada yg kurang berkenan.
J M Z
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Sun Aug 08, 2004 8:08
Location: Bandung

Post by J M Z »

diesel wrote:[
quote="Turboman"]Amsoil kontak Jimmy 08562333333
Pak, sepertinya nomornya ngak valid . Saya coba hubungin lewat HP bunyi tulalit dan dilayar keluar tulisan number not in use. :roll:
Sorry banget, saya skrg lagi berada di Guangzhou China. Senin sore baru landing di Cengkareng. Jika ada pertanyaan, bisa lgs kirim email ke [email protected].
Insya Allah akan saya balas secepatnya. Thanks..

Jimmy
chaos_loki
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sun Apr 08, 2007 0:57

Post by chaos_loki »

oom turboman kalau carbon clean untuk D-4D di auto 2000 kena brapa ya??trus kira2 innova diesel kapan dijual lagi oleh toyota???
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

chaos_loki wrote:oom turboman kalau carbon clean untuk D-4D di auto 2000 kena brapa ya??trus kira2 innova diesel kapan dijual lagi oleh toyota???
Carbon Clean utk D4 D di A2K sekitar 300 rb. something.

Ipah D4 D model baru konon sedang diproses TPT nya di Depperindag.
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Post by Good_boy86 »

emang kalo mau carbon clean harus di A2k??
kalo di bengkel2 biasa ada ga??? maksudnya diluar A2k..
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

aduh bukannya apa ya.. maaf kalo bisa, sekali lagi maaf itu loh... maaf, bedanya diesel D4D dengan yang biasa bisa dijelaskan dulu? Maaf.. :oops: He3...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Good_boy86 wrote:emang kalo mau carbon clean harus di A2k??
kalo di bengkel2 biasa ada ga??? maksudnya diluar A2k..
Ada, tapi saya nggak tahu dimana yg provide.

Kalau di luar A2K saya biasanya pakai Liqui Moly Diesel Purge (LMDP) di Synergy - Daan Mogot (021)5667222. LMDP harganya jauh lebih murah dr Carbon Clean.

Utk Purging yg obatnya paling "Pancen Oye" setahu saya salah satunya adalah Interject Service, skg adanya di FIS - pak Hening Hidayat. CMIIW
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

r1210g wrote:aduh bukannya apa ya.. maaf kalo bisa, sekali lagi maaf itu loh... maaf, bedanya diesel D4D dengan yang biasa bisa dijelaskan dulu? Maaf.. :oops: He3...
D4 D = Common Rail system
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Post by Good_boy86 »

@turboman

kalo innova diesel dikasi oli mobil1 5W-40W (kalo ga salah) bisa ga??
apa ada mobil1 yang khusus diesel?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Good_boy86 wrote: kalo innova diesel dikasi oli mobil1 5W-40W (kalo ga salah) bisa ga??
apa ada mobil1 yang khusus diesel?
Mobil1 utk Diesel namanya Mobil Delvac 1 yg skg namanya menjadi Mobil1 Turbo Diesel Truck.

Kalau oli utk mesin gasoline dipakai utk Diesel bisa saja, tetapi keep watching after 3500 km, di cek terus kondisinya mengingat biasanya olie mesin utk mesin gasoline TBN nya sekitar 7,7 - 9,8 sedang utk Diesel TBN idealnya 10 - 12,2 mg KOH terlepas dari APi Service nya Cx dulu atau Sx duluan.

Mengingat kadar sulfur solar kita yg masih sekitar 500 - 3000 ppm, maka TBN yg ideal sekitar 10,5 - 12,5 mg KOH, kecuali anda pakai Full DEX maka bisa pakai oli mesin yg TBN nya 9,7 - 10,5 mg KOH.

CMIIW
diesel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Mar 27, 2007 4:21
Location: Jakarta City

Post by diesel »

Halo Turboman,

Ipah D4D matic saya setelah di tunning TPS dan diganti Air Filternya di Phoniex sekarang sudah "pancen oye" perbandingannya sekarang bisa 1:9.5-10. Sebelumnuya 1:8

Saya ingin tanya lagi, kalau di pasang Ground Cable dan ganti saluran buang SAKI apa bisa lebih irit lagi ? Terus bagaimana dengan oli mesin dan oli transmisi matic. Ada saran pake merek apa ? Maunya sich yang bisa bikin lebih irit lagi . Mengingat ipah saya ini kerjanya lumayan berat/jauh. Sebulan jalannya kira kira 3500km .

FYI , saya lebih mementingkan irit daripada mobil kenceng . Karena D4D saya lebih banyak dibawa Driver buat anter anak sekolah dan bini kerja.

Btw , thanks atas saran sarannya. :lol:

NB: Pak, kalau mau bikin Fortuner irit apa caranya juga sama?
Sekarang cuma dapat 1:6 pake pertamax Plus.
sukasuka_man
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50

Post by sukasuka_man »

diesel wrote:Halo Turboman,

Ipah D4D matic saya setelah di tunning TPS dan diganti Air Filternya di Phoniex sekarang sudah "pancen oye" perbandingannya sekarang bisa 1:9.5-10. Sebelumnuya 1:8

Saya ingin tanya lagi, kalau di pasang Ground Cable dan ganti saluran buang SAKI apa bisa lebih irit lagi ? Terus bagaimana dengan oli mesin dan oli transmisi matic. Ada saran pake merek apa ? Maunya sich yang bisa bikin lebih irit lagi . Mengingat ipah saya ini kerjanya lumayan berat/jauh. Sebulan jalannya kira kira 3500km .

FYI , saya lebih mementingkan irit daripada mobil kenceng . Karena D4D saya lebih banyak dibawa Driver buat anter anak sekolah dan bini kerja.

Btw , thanks atas saran sarannya. :lol:

NB: Pak, kalau mau bikin Fortuner irit apa caranya juga sama?
Sekarang cuma dapat 1:6 pake pertamax Plus.
Fortuner temenz udah dibawa ke Phoenix juga, di TPS, hasilnya oke.
Fortuner temenz, pake King Dragon filter, busi iridium, ground cable, TPS, bisa di atas 8.2 km / liter bos. Pake Pertamax or Shell Super.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

sukasuka_man wrote:
diesel wrote:
NB: Pak, kalau mau bikin Fortuner irit apa caranya juga sama?
Sekarang cuma dapat 1:6 pake pertamax Plus.
Fortuner temenz udah dibawa ke Phoenix juga, di TPS, hasilnya oke.
Fortuner temenz, pake King Dragon filter, busi iridium, ground cable, TPS, bisa di atas 8.2 km / liter bos. Pake Pertamax or Shell Super.

Betul spt yg dikatakan oom sukasuka

Metode utk mesin 2 TR-FE sama spt. 1 TR-FE di thread meningkatkan kinerja Innova, hanya saja spt. nya utk exhaust standard 2 TR-FE sudah cukup match, ga usah diganti spt 1 TR-FE (2 TR-FE standardnya 2,5" bukan ya pipanya ?)

Lalu pemilihan busi juga perlu diperhatikan, kalau lebih sering jalan dlm kota / low - medium speed / stop & go better pakai busi type "panas" (Utk NGK refer yg no. 5), kalau sering ke luar kota /jalan RPM menengah - tinggi pake yg no. 6 (refer to NGK temp. numbering).

Tinggal perawatan rutin aja, spt bersihkan ruang bakar, gunakan BBM bermutu & kalau dirasa performa masih kurang juga boleh install Max. 2A .
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

diesel wrote:Halo Turboman,

Ipah D4D matic saya setelah di tunning TPS dan diganti Air Filternya di Phoniex sekarang sudah "pancen oye" perbandingannya sekarang bisa 1:9.5-10. Sebelumnuya 1:8

Saya ingin tanya lagi, kalau di pasang Ground Cable dan ganti saluran buang SAKI apa bisa lebih irit lagi ? Terus bagaimana dengan oli mesin dan oli transmisi matic. Ada saran pake merek apa ? Maunya sich yang bisa bikin lebih irit lagi . Mengingat ipah saya ini kerjanya lumayan berat/jauh. Sebulan jalannya kira kira 3500km .

FYI , saya lebih mementingkan irit daripada mobil kenceng . Karena D4D saya lebih banyak dibawa Driver buat anter anak sekolah dan bini kerja.

Prioritas utk irit BBM & mobil lebih banyak dipake supir ? Oke di bawah ini priority listnya dilihat dr fungsi & Dc (damage cost) :

1. Tetap ikuti metoda light tune dr bengkel ybs., tetapi pilih "jurus2" yg khusus utk improve kons. BBM, krn light tune ada yg towards performance juga.

2. Utk bahan bakar sgt direkomendasikan menggunakan "racun", utk efisiensi konsumsi BBM gunakan "racun" yg sifatnya utk menjaga kebersihan injector & surface tension reducer. Produk2 yg recommended :

a. Amsoil ADF
b. Methorel Cetane Booster G2

Alternative lain juga boleh digunakan Total Cetane Booster, produk Injector cleaner dr Diesel Power Sta -Bil (ACE Hardware)

Utk a & b bisa kontak pak J M Z.

Penurunan tegangan permukaan utk Diesel fuel yg spec. gravity-nya 0,83 - 0,85 (lebih kental dr bensin) efeknya cukup signifikan dlm meningkatkan efisiensi pembakaran, juga Injector yg tetap bersih pengabutan akan selalu optimal.

Additive yg bersifat Detergent & dispersant sgt dibutuhkan bagi solar / biosolar 4300 yg agak miskin additive itu.


3. Add on Component :

Karena yg dibutuhkan adalah efisiensi & bukan utk performa maka priority listnya :

a. Rizor RFP : utk meringankan beban pompa injeksi, mesin berputar lebih efisien.
b. Down Pipe (DP) : Down pipe nya saja yg diganti, lainnya gak perlu
c. Ground cable : paket standard, btw Ipah D4 D anda Matic / manual pak ?

Utk DP pilihan anda ada SAKI & Formula knalpot, Formula punya jauh lebih murah, hanya anda harus make sure nanti semuanya fit & match antara ke Turbo & Collector Pipe-nya (CP pipa sesudah DP).

Form. knalpot : 085210964820


4. Maintenance :

Ini yg terpenting, apalagi jikalau anda tidak sempat menambahkan racun tiap kali isi solar / biosolar.

Purging yg ekonomis dgn Liqui Moly di Synergy - Daan Mogot (021)5667222 setiap 15 - 20 rb. km sekali.

Bersihkan ruang bakar dgn NX 75 tiap 30 - 40 rb. km sekali di Phoenix bisa.

Dan selalu jaga tekanan ban.


Semoga membantu.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

diesel wrote:Halo Turboman,
Terus bagaimana dengan oli mesin dan oli transmisi matic. .
Utk oli mesin anda biasa pakai merek apa pak ? Lalu budget anda brp ?

Kalau dr percobaan saya selama ini, kalau mau efisien at least gunakan yg 10W-40 semi synthetic.

Utk 10W-40 semi synth. yg harganya masih make sense Elf Turbodiesel 10W-40 (di Synergy ada).

Utk oli A/T nggak banyak pilihan krn menuntut standard JWS 3309, pilihan yg ada hanyalah Mobil, Nippon Oil & oli asli cap Toyota Type IV. Alternative utk upgrade adalah Amsoil Universal ATF yg juga comply dgn JWS 3309, saya lagi mau coba & tunggu review dr saya nanti.

Utk oli gardan boleh coba Aral Hypoel 85W-90 GL 5 (juga berlaku utk Ipah 2.0 & Fortuner jika gardannya bukan type LSD).
diesel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Mar 27, 2007 4:21
Location: Jakarta City

Post by diesel »

Utk oli mesin anda biasa pakai merek apa pak ? Lalu budget anda brp ?
wiss...wiss.... lengkap banget penjelasannya pak TurboMan.
Kayaknya patut di print out and di 'keep' untuk para pemakai Innova lainnya. :e-clap:

Anyway Ipah saya D4D Matic . Gimana untuk Ground Cable , perlu ?

Untuk oli mesin sekarang masih pake Shell Plus.
Kalau mengenai budget, sebenarnya asal tidak terlalu mahal2 bener its OK. :lol:

Waktu TPS kemarin , dianjurin kalau mau lebih Pancen Oye oli ganti ke Motul Diesel dan oli maticnya Eunos Multi. bagaimana menurut pak TurboMan? Berhubung 2 minggu lagi jadwal ganti oli. (tiap 5000km ganti oli).

Thanks alot for all the information.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

diesel wrote: Anyway Ipah saya D4D Matic . Gimana untuk Ground Cable , perlu ?
Untuk oli mesin sekarang masih pake Shell Plus.
Kalau mengenai budget, sebenarnya asal tidak terlalu mahal2 bener its OK. :lol:

Utk A/T ditambah dgn GC maka shfting akan lebih smooth, rasain bedanya deh nanti.

Shell Plus ; Shell Helix Plus / Shell Helix Diesel Plus maksudnya ??

Utk Diesel idealnya pakai yg Shell Helix Diesel Plus (SHDP). SHDP dibanding Motul Tekma Mega X bagusan SHDP, SHDP event a bit better than Elf Turbodiesel 10W-40.

Elf TD 10W-40 alternative ekonomis instead of SHDP, kalau mau naik kelas boleh coba oli semi synth. / Full Synth. 10W-30 tapi pastikan yg TBN nya minimal 10,5 mg KOH.

Kalau utk 5W-40 boleh coba Caltex Havoline Full Synth. karena dia TBN nya 10 - 10,5 mg KOH, di atas itu pilihan yg recommended adalah produk2 Amsoil. (dimana harga sesuai dgn kualitasnya)
diesel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Mar 27, 2007 4:21
Location: Jakarta City

Post by diesel »

Utk A/T ditambah dgn GC maka shfting akan lebih smooth, rasain bedanya deh nanti.

Shell Plus ; Shell Helix Plus / Shell Helix Diesel Plus maksudnya ??
Pak, pasang GC di Jayapura kan ? OK. segera meluncur kesana Sabtu ini. Apa dapat special price kalau pake 'password 'nama Bapak ? :lol: :lol:

Terakhir ganti oli di A2K Pluit. Saya cuma di bilangin Shell Plus. Jadi lain yach ama Shell Helix Diesel Plus ?? Kirai sama .

Kalau untuk oli Matic gimana pak, ada rekomen ?

TQ.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

diesel wrote:
/quote]
Pak, pasang GC di Jayapura kan ? OK. segera meluncur kesana Sabtu ini. Apa dapat special price kalau pake 'password 'nama Bapak ? :lol: :lol:
Terakhir ganti oli di A2K Pluit. Saya cuma di bilangin Shell Plus. Jadi lain yach ama Shell Helix Diesel Plus ?? Kirai sama .
Kalau untuk oli Matic gimana pak, ada rekomen ?
TQ.
Utk GC di D4 D kalau fokus utk mesin & A/T pasang di :

1. Throttle Body (bag atasnya)
2. ECU
3. Transmisi
4. Cyl head dekat coolant temp sensor
5. Bracket Injector drive (yg di firewall sebelah kanan dilihat dr arah ruang mesin)
6. Kanan bawah mesin dekat crank angle sensor / pompa injeksi

7. Alternator (tambahan)

Utk main terminalnya saya pasang di firewall agar ngga ganggu bagian2 yg lain.

Utk item 4,5,6 itu hasil percobaan saya sendiri & saya rekomendasikan.


Utk oli A/T ya pakai oli yg comply dgn JWS 3309 atau Toyota Type IV, kalau saya lagi mau test Amsoil Universal ATF, nanti saya akan report.

Kalau Shell helix series utk Diesel yg saya rekomendasikan Shell helix Diesel Plus (SHDP) , harus ada tluisan Diesel nya utk membedakan dgn kembarannya yg utk mesin bensin (SHP)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Foto foto Ground Cable di Ipah D4 D
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Turboman on Wed Apr 25, 2007 17:40, edited 1 time in total.
FortunerMan

Post by FortunerMan »

Sadis lo Turboman...apa sih yg lo kaga tau? Heran... kaya ensiklopedi :p
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Selang wastegate dipanjangkan 5 cm

Response dr 1500 RPM - 3000 RPM lebih terasa
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.