BLAZER masih worthed gak? - Part 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Lokasi nya dimana nih. Kalo di jkt dan mo diperbaiki coba telp Bengkel Donnie di TB Simatupang. 021-7815735.

Kalo udah masalah silinder n/or piston, biasa nya efek dari olie atau radiator. Boil pertama gw dulu Dai Espass jg pernah silindernya bengkok2 "cuman" gara2 overheat karena tutup radiator nya bocor, trus langsung gw isi air tanpa nunggu dingin dulu. Maklum, dulu belum kenal internet.
frontier

Post by frontier »

Nanti kalo infonya sudah lebih lengkap, aku laporin lagi...
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

the-mantal wrote:brow,
gue masih penasaran ma kabar Blazer diganti mesinnya dengan Panther...
Kyknya yg itu worthed banget deh klo memang bisa....
oom gw dulu kerja d GM, nanganin blazer....
menurut cerita dia:
1. dulu GM pernah coba bikin blazer pake mesin panther.....& memang itu sudah di siapkan....setelah jadi prototipe, ga jadi diproduksi massal, karena dianggap ga ada tenaga buat ngangkut body yg berat......aslinya bodi blazer itu dirancang untuk truk ringan cevy 3600cc-an makanya wkt di kasih mesin opel 2200cc berat, apalagi mesin panther...(bandingkan sama body panther)

2. setelah di uji lagi, akhirnya diputuskan memproduksi panther dgn mesin blazer sohc....yang diberi label tavera....tetapi penjualannya jelek, berhubung banyak keluhan kalau mesin blazer itu panas&boros bensin(jelas aja, mesin kijang kapsul 2000cc aja boros apalagi tavera).
nah, menariknya, di tavera mesin blazer & girboxnya ga ada perubahan, benar2 tinggal plek di body panther.(pakai gardan touring)

3. blazer juga disiapkan dengan berbagai tipe, diantaranya tipe pickup&extra cabin....dgn label cevy S10....paling keliatan dari bentuk sasisnya yg gede, bentuk pintu bagasi & baut roda yang 6 buah per rodanya......(untuk eropa 5 buah,&pintu bagasi full buka ke atas) sayang, sebelum mencapai puncak suksesnya,keuangan GM keburu morat-marit

4. bumper belakang blazer facelift(yg headlampnya gepeng) sebenarnya digunakan untuk tipe pintu belakang membuka ke atas.

5. aslinya blazer pake perneling AT dgn tuas di kolom setir....makanya tuas persneling blazer di sini tampak "aneh", menjorok ke depan..

teman saya ada yang mencoba mengganti mesin blazer dgn mesin panther turbo berikut girboxnya....ternyata gampang....tinggal plek(gaya sosiz) & tenaga ok2 aja, krn udah pake turbo.....kalo kurang tenaga, tinggal atur boostnya aja...
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

ween wrote:
the-mantal wrote:brow,

teman saya ada yang mencoba mengganti mesin blazer dgn mesin panther turbo berikut girboxnya....ternyata gampang....tinggal plek(gaya sosiz) & tenaga ok2 aja, krn udah pake turbo.....kalo kurang tenaga, tinggal atur boostnya aja...
Thank u, ini berita yg hot buat gw.. :D Boleh tau bengkel nya dimana..?

Soal tenaga, setelah liat2 spec gear ratio nya, kayak dugaan gw sebelumnya, masalah utama blazer ini bukan bobotnya (asal jgn dibandingkan dgn mobil sport). Kalo dihitung2, Beban/HP nya sekitar 1700 kg/138 HP (buat yg DOHC) atau sekitar 12,5 kg/HP. Masih di bawah atau setidak nya setara dgn beban yg tanggung minibus2 lain di Indonesia.

Tapi masalah nya boil ini pake ultra low gear ratio. Mirip dgn gear yg dipake Hummer H3, Chevy Colorado, Tahoe dll. Kalo menurut review, walaupun tenaga mereka diatas 200 HP, tetap aja lelet di akselerasi tapi tangguh buat "manjat2".

Blazer : Gear 1 : 4,xx, Gear 2 : 3,xx
City Car biasanya dimulai dgn gear 1: 2,xx (need conf)
Gigi 4 dan 5 sih udah mirip2. Bayangin aja gigi 5th mirip2, tapi blazer dimulai dgn 4,xx.

Selama masih pake gear yg asli, lebih baik kita pertebal kesabaran aja dan enjoy apa adanya. Minimal kita udah punya truck dan sedan dalam satu body. Asal sabar, kenceng jg bisa. Pake SOHC std aja gw pernah nyoba 140kph masih ada sisa 2000 rpm lebih (termasuk RED) . Di milist nya ada yg ngaku nyampe 180kph. Cuma ya itu..kalo kenceng tangki nya kayak bocor..he..he..he..
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Pantesan di panggilnya si kebo yah bung uch?:D:D:D:D

Kalo lari kenceng gak bisa,dan kalo dipaksa suruh lari kenceng pasti terkencing-kencing...hehehe:D:D

Gak kayak 'kijang' atau 'kuda' atau 'panther' yg memang udah biasa lari....:D


Hahaha nice joke juga otomotif mania nih....

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

edward wrote:Pantesan di panggilnya si kebo yah bung uch?:D:D:D:D

Kalo lari kenceng gak bisa,dan kalo dipaksa suruh lari kenceng pasti terkencing-kencing...hehehe:D:D

Gak kayak 'kijang' atau 'kuda' atau 'panther' yg memang udah biasa lari....:D


Hahaha nice joke juga otomotif mania nih....

Tapi Nggak jg lho.. Justru ini boil makin dicambuk makin enak baik mesin mo pun handling (at least menurut gw yg nggak pernah nyetir mobil mewah). Yg nggak enak itu kalo begitu begitu dicambuk tiba2 suruh berhenti, cambuk lagi berhenti lagi, kayak gitu terus lama2 kita yg ditanduk... he..he..he..
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Wakakakaka kalo stop and go begitu yah dompet kita yg di tanduk duluan ama si kebo ini...:D:D:D:D

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

edward wrote:Wakakakaka kalo stop and go begitu yah dompet kita yg di tanduk duluan ama si kebo ini...:D:D:D:D
Lengkapnya dompet dan dengkul. :D. Tapi kalo udah tau karakternya, macet jg nggak terlalu boros koq. Gw sih jarang kena macet, kalo lg macet merayap, gw nggak pernah nginjak gas. Cukup lepas kopling pelan2 ntar jalan sendiri. Nggak usah neken2 gas. Wong diteken nggak diteken lari nya sama aja kalo masih gigi 1.

Oh ya, 2 minggu lalu gw bawa keluarga dari kampung mandir air panas ke Gn Pancar di Sentul. Asyik2 aja tuh, nggak ada masalah bobot terlalu berat. Dulu, espas dan kapsul sesekali gw bawa jg ke sini. Bedanya, kalo sebelum2 nya penumpangnya hanya 3D + 1 balita atau max 5D+2anak kalo adik ipar gw ikut, kemarin gw bawa overloaded 12 orang. 7D + 4 anak SD + 1 balita. Minggu sebelumnya, orang yg sama diangkut ke Tangkuban Perahu. Jgn nanya gimana cara loading nya, soalnya gw jg h bingung. Tukang parkir jg ikut bengong... He..he..he..
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Wakakaka...si kebo di jejali 12orang manusia?
Belum termasuk barang2 yah?

Hehehehe gak terbayang tuh gimana 'magic'nya kok bisa masuk semua?
Apalagi jok yg baris ketiga kan sebenarnya gak layak buat orang dewasa?

Termasuk tangguh juga nih mobil sebenarnya....

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

edward wrote:Wakakaka...si kebo di jejali 12orang manusia?
Belum termasuk barang2 yah?

Hehehehe gak terbayang tuh gimana 'magic'nya kok bisa masuk semua?
Apalagi jok yg baris ketiga kan sebenarnya gak layak buat orang dewasa?

Termasuk tangguh juga nih mobil sebenarnya....
2 jok Baris ke 3 nya udah gw ganti ama 2 kartu remi... huaa..ha..ha..

Lantai nya khan rada naik tuh sekitar 20 cm. Kalo duduk lesehan di situ jok tengah ama depan setinggi pundak kita (dewasa). Jadi rada nyaman jg karena bebas liat ke depan, apalagi kalo yg seneng gratisan... ha..ha.. Kemarin dibagasi itu numplak 1 D + 4 anak. Kalo udah agak jauh, kayaknya ada jg yg ketiduran. Sebenarnya gw nggak yakin, itu tidur atau pingsan.... ha..ha..ha..
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

frontier wrote:Sekedar info : ada kawan punya Blazer th 97 atau 96, minggu lalu cylinder headnya retak... sekarang mobil nongkrong aja..
pak frontier, blazernya mau dijual ga?
dlm kondisi mati,kira2 mau dilepas brp?
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

edward wrote:Wakakaka...si kebo di jejali 12orang manusia?
Belum termasuk barang2 yah?

Hehehehe gak terbayang tuh gimana 'magic'nya kok bisa masuk semua?
Apalagi jok yg baris ketiga kan sebenarnya gak layak buat orang dewasa?

Termasuk tangguh juga nih mobil sebenarnya....
tenang aja pak... Karimun aja muat 30 anak Tarakanita hehehehe..... :lol: :lol: :lol:
User avatar
dhani.amannatur
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: Mon Nov 27, 2006 5:42

Post by dhani.amannatur »

mana nich blazie mania???
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

WP wrote:
tenang aja pak... Karimun aja muat 30 anak Tarakanita hehehehe..... :lol: :lol: :lol:
Whoaaaaa
What a magic! :shock: :shock:


@danny:
Share juga kalo punya piaraan kebo? :wink:

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

kebetulan berkunjung ke http://www.bic.or.id hari ini. Ada testimoni dari user dibagian konsultasi.

"1 Thn Pake Blazer"

hari ini, telah 1 tahun persis saya pake Blazer Montera 2000, saya beli seken kondisi km 70rb, dari beli sampe sekarang saya cuma ganti switch lamp, ganti brush dinamo kipas AC..dan semuanya harganya termasuk murah..(tune up, ganti saringan2 dan ganti oli sudah lumrah lah..)dibanding saya pake salah satu produk SUV jepang dengan tahun di bawah 2000 hehehe ternyata lebih enak yg satu ini, keputusan saya ternyata tepat untuk pilih Mobil ini..saya sangat puas sekali. Thanks BLAZIE...mudah2an kebersamaan kita tidak lekang..hehe(it's not just a car, it's relationship)hehee..eh..kalo ada yg mo jual velg blazie DOHC seken dan murah bilang2 yaa..kita mau dandan nih...om, bantuin cari dong om..."
rpatrayudha
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Nov 28, 2006 8:20

Post by rpatrayudha »

Hai.. hai.. kebetulan saya bekas pengguna blazer LT '97 selama 2 tahun. Bahkan masih jadi anggotan BIC. Trus dijual untuk ganti ke Vitara gara-gara blazie nggak ada 4 WDnya. Testinya, Blazie, one of the best car in Indonesia. Kalo bicara masalah handling, safety, comfort (full leather bro!!!), memang blazer topnya, apalagi jalan jalan ke luar kota.... nggak ada yang ngalahin

AC, memang jadi masalah sendiri, kompressor merek harisson, punya sistem yang berbeda sama kompresor jepang, jadi tukang ac mending ganti daripada bongkar. tapi masalah itu diatasi dengan ganti satu set kompresor AC berserta asesorisnya pake denso ato sanden, ditanggung dingin, bisa dikerjain di bengkel ac di fatmawati (namanya lupa) kurang lebih 2,5 jt sampe 3 jt.

Engine, sejauh saya pake nggak pernah ada masalah sama sekali (sama sekali) hehehehe.... cuma service rutin, tune up, ganti oli dll, recommended di bengkelnya donnie di TB simatupang, best place to fix up your blazer. si donnie udah punya beberapa hasil modifikasi untuk mengatasi masalah-masalah yang biasa terjadi pada blazer, mulai lampu kurang terang, mesin panas, shockbreaker yang terlalu lembut, semua ada solusinya disana.

Other, sparepart mahal ? gak juga tuh. bisa dibandingin sama boi'l jepang lagian udah banyak subtitusi alias kw2. boros? gak juga, dibandikan dengan vitara 93 saya yang 1600 cc keduanya sama aja kok 1:7 hehehehe...
Sama kudu ati-ati sama yang namanya pengendara motor dan angkot kalo udah mulai deket-deket spion kita, spion blazer mudah sekali patah, trus gantinya juga lumayan mahal, walaupun bisa direpair sama donnie

Plus point : Gagah, mantap, kencang...., empuk... sistem rem ok banget, akuistik top abiss...

Minus point : aseleraksi lambat, harga jual drop (kalo mau jualan mobil), tidak semua bengkel mampu ngerjain nih blazer. sayang gak ada 4wd-nya (hiks... hiks...)

Pointnya semua mobil ada kelemahannya mulai dari bemo yang 5 juta sampai ferrari yang 4 M, namanya juga buatan manusia, cuma untuk harga yang ditawarkan, blazer memberikan lebih banyak dari yang anda bayarkan.
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

@atas:
Thanks for sharing....


Emang berarti masih worthed....

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
plasworld88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36

Post by plasworld88 »

gue rasa bener jg sih, keliatannya blazer 97 LT tuh lengkap bener ya, kyk mobil eropa, soalnya temen gue pernah pake boil ini.Kl montera, gue kurang yakin ya, soalnya kan itu spec down bener dr tipe LT.
Cuma ya itu, karakter pasar mobil bekas di sini emang agak2 aneh, mobil yg bagus belum tentu laku, banyak pertimbangan2 emosional atawa yg gak rasional (based on gossips sometimes) yg bikin satu boil second jd undervalued or overvalued.
User avatar
dhani.amannatur
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: Mon Nov 27, 2006 5:42

Post by dhani.amannatur »

plasworld88 wrote:gue rasa bener jg sih, keliatannya blazer 97 LT tuh lengkap bener ya, kyk mobil eropa, soalnya temen gue pernah pake boil ini.Kl montera, gue kurang yakin ya, soalnya kan itu spec down bener dr tipe LT.
Cuma ya itu, karakter pasar mobil bekas di sini emang agak2 aneh, mobil yg bagus belum tentu laku, banyak pertimbangan2 emosional atawa yg gak rasional (based on gossips sometimes) yg bikin satu boil second jd undervalued or overvalued.
itulah Indonesia Raya ...

yg dicari cuman ekonomis doank, tapi gak ngeliat safety dll.

kalo aku sendiri pake montera 2000.
manteb abis. sampe2 ada tombol khusus di sisi pintu untuk child safety.
gila safety abis

bandingin aja ama mobil yg 100jetian kaya a***** atau x**** yg dilempar ama kerikil aja udah dekok alias penyok

he...he...
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

dhani.amannatur wrote:
kalo aku sendiri pake montera 2000.
manteb abis. sampe2 ada tombol khusus di sisi pintu untuk child safety.
gila safety abis

bandingin aja ama mobil yg 100jetian kaya a***** atau x**** yg dilempar ama kerikil aja udah dekok alias penyok

he...he...
Hehehe di Avanza baru juga ada loh tombol safety child lock ini... :wink:

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
dhani.amannatur
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: Mon Nov 27, 2006 5:42

Post by dhani.amannatur »

edward wrote:
Hehehe di Avanza baru juga ada loh tombol safety child lock ini... :wink:
kalo saudara kembarnya ada nggak om??
User avatar
dhani.amannatur
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: Mon Nov 27, 2006 5:42

Post by dhani.amannatur »

mana nich blazer mania??
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Baru nemu yg paling aneh (unik..?) di blazer. Kemarin2 pas bersih2 mesin, gw baru sadar ternyata nggak ada "cantolan" shock breaker depan di body mobil.

Penasaran, masuk kolong dan ternyata shock depan itu dihubungkan ke sasis. Di sasis bagian depan ada tambahan kayak "T" terbalik, terus di bagian atas nya ada lekukan yg jadi tempat ujung shock bagian atas. Dan part itu sama sekali nggak berhubungan dgn body. Pantesan benturan di roda relatif lebih tidak terasa dibanding boil lain.. :D. Kayaknya ini jg yg bikin kaki2 lebih pendek umurnya, karena setiap benturan di roda hanya "dinikmati" kaki2. (Mode Sok Tau).

Yg bikin bingung, apa yg nahan body dari limbung/goyangan..? Terus terang baru pertama kali ketemu yg kayak gini baik European maupun Japanese.
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

menurut gue, blazer paling keren kalo di bikin jadi double cabin......
ga kalah keren sama strada lho.....
ada yg udah coba bikin blm y?
User avatar
dhani.amannatur
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: Mon Nov 27, 2006 5:42

Post by dhani.amannatur »

uch wrote:Baru nemu yg paling aneh (unik..?) di blazer. Kemarin2 pas bersih2 mesin, gw baru sadar ternyata nggak ada "cantolan" shock breaker depan di body mobil.

Penasaran, masuk kolong dan ternyata shock depan itu dihubungkan ke sasis. Di sasis bagian depan ada tambahan kayak "T" terbalik, terus di bagian atas nya ada lekukan yg jadi tempat ujung shock bagian atas. Dan part itu sama sekali nggak berhubungan dgn body. Pantesan benturan di roda relatif lebih tidak terasa dibanding boil lain.. :D. Kayaknya ini jg yg bikin kaki2 lebih pendek umurnya, karena setiap benturan di roda hanya "dinikmati" kaki2. (Mode Sok Tau).

Yg bikin bingung, apa yg nahan body dari limbung/goyangan..? Terus terang baru pertama kali ketemu yg kayak gini baik European maupun Japanese.
WAH ... kaya' gitu namanya apa ya??
memang betul "si kebo" lumayan empuk kalo lewat jalan yg "bergoyang"

didalam kabin nyaman = maintenance kaki juga nyaman he..he..