Short Review : Used Toyota Agya 1.2 TRD/S AT 2019
Posted: Tue Jun 10, 2025 3:51
Sesuai judul, jadi ini review singkat 2 minggu bersama toyota agya 1.2 trd at bekas
behind the scene, mbak ipar minta tolong dicarikan city car dengan keperluan anter jemput anak sekolah dengan rute sungai gerong - palembang kota PP tiap hari
Doi sama suami udah sempat muter2 mencari di palembang tapi dari sisi harga dan kondisi jauh dari "pantes" kata mereka
Kandidat merk tidak terlalu ketat, yang penting city car dan women friendly : matic lincah dan irit
Kemewahan tidak menjadi syarat utama
Dan rencana dipakai sekitar 2-3 tahun karena kemungkinan suami bakal pindah lagi ke balikpapan atau balongan, atau malah dumai dan bakal dijual lagi
Lalu pas weekend panjang sebelum lebaran idul adha kemaren mereka kerumah dan minta tolong dianter sekaligus dicarikan unit seken city car
Udah muter dealer bekas, rata2 tidak cocok dengan budget : maksimal 120jt
Sudah nyoba :
- grand avega 2013 88jt
- jazz ge8 2008 rs 120jt
- march 1.2 2011 85jt
- brio e 2016 136jt
- agya trd s 2021 148jt
Semua harga cash
Tapi yg bener kondisnya ya agya trd 2021 td, sementara yg lain macem barang rosok dipoles yg nyimpen bom waktu semua,
Akhirnya saya dapet di fb marketplace seller rumahan, lamgsung cek unit, test drive, harga 116jt budget masuk yowis
Ada suara2 krek krek ketika gigi masuk di D dan R tapi kata seller itu engine mounting
Iyain aja karena mbak ipar dan suami udah cocok unit dan harga
Odo 65rb semua ban bawaan 2019 tapi uda mulai pecah2
Selesai transaksi, mbak ipar dan suami lanjut balik sungai gerong
Dan saya dipasrahi membenahi semua PR dengan dana mepet (gak sampe 5juta)
Bawa ke bengkel langganan buat GCU ternyata bunyi2 krek krek td karena knalpot nempel body/rangka bawah
Jadi dibawa ke tukang knalpot diluruskan lagi gak sampe 1 jam kelar
Hasil GCU : odo meter asli, mesin masih ok dan halus jeroan kinclong, oli matic udah mulai merah kecoklatan, radiator juga masi coolant jernih, ban wajib ganti, kampas tinggal 5mm (masi bisa 6 bulan lagi)
Langsung aja ke SnD beli aspira oil 0w20 250rb dapet 4L
Sekalian oli matic ganti aja 2.5liter pake castrol transmax dex/merc
Cek filter ac udah full debu, sekalian ganti sendiri di rumah, langsung deh itu auto dingin khas mobil2 toyota, beda sama honda punya yg dinginnya gak menggigit kayak toyota
Setelah semua selesai, jadi deh itu agya sbg daily car selama 2minggu bersama saya, mengingat carport di rumah saya udah terisi crv, brio, hrv
Jadi agya posisi diluar rumah paling gampang akses keluar masuk
Yang saya rasakan :
Ini mobil basic,
Terakhir nyetir agya tahun 2016 itu agya trd 1.0 model awal punya mantan dulu waktu di pekanbaru, dan rasa mobil ini gak beda jauh sama agya 1.2 facelift ini, bedanya ya getaran sedikit lebih alus, perpindahan gigu juga enak ketika berkendara nyantai
Posisi duduk agak aneh, terbiasa di honda yg posisi duduknya serba pas dan rileks,
Di agya berasa saya nyetir mau enak harus agak tegak karena tangan kurang pas, klo mau sandar ke jok tangan gak sampe dan full control
Dan rasa bantingan beda dgn di toyota pda umumnya : ini berasa gedobrak, saya curiga shock lemah, tapi dari bengkel sih normal, shock mulai lemah tapi ya kondisi baru gak beda jauh, ya begini agya
Rasanya brio rs dirumah malah lebih "debb" klo kena lubang ketimbang agya yg brak2 ini
Kelincahan?, saya rasa radius putar lebih oke ini timbang brio rs, parkir lebih gampang di mall, setir juga enteng
Handling juga buat perkotaan enak, tapi ya klo sudah agak ngebut, enakan brio jauh, ini lebih berasa limbungnya
Peredaman jalan jelek/lubang tapi enak ini, tapi lucunya klo buat jalan gelombang2 tipis yang tidak begitu dalam, enak brio
Peredaman noise suara? Siapa bilang brio busuk? Ini agya lebih parah lagi, noise dari bawah, mesin, suara blower ac masuk semua, bahkan ketika jalan nyantai, itu suara "tick tick" injector mesin NR toyota masuk
Ergonomi jok dan kelegaan masi enak brio, dan bahkan meskipuj brio salam satu dashboard tetap lebih pantes punya brio timbang agya ini,
Performa? Ini agya 1.2 enak respon gasnya, timbang brio yg galak ketika di toel dikit
Terasa ada tenaga kok di agya ini di gigi 1-2nya, lebih narik malah dibanding 1-2nya crv re 2.0at saya
Perpindahan gigi ketika driving santai juga halus, lebih halus dari 5AT honda,
Nanjak juga enak,
Tapi ya ketika kita mulai agresif dikit, berasa minus agya ini, kebalik sama brio apa crv yg diajak spirited driving malah lebih doyan dan nagih minta injek gas lebih dalam
Perpindahan gigi terasa lebih kasar ketika downshift, tarikan juga terasa kurang ketimbang brio, rada ngos2an ketika saya mau menyalip seekor avanza fwd,
Di tol, solo boyolali saya mencoba sampe 120 udah berasa kurang pede, tenaga masi ada kok cuma udah gak pede aja dengan handling dan noisenya
Efisiensi :
Somehow saya rasa kok buat nyetir santai iritan agya timbang brio, atau entah hanya perasaan saja karena gak saya hitung bener2, hanya berdasarkan fuel gauge di speedo
Skrg mobil sudah ditowing ke plaju palembang
Poin2 lain :
- headlight projector bawaan dan highbeamnya meskipun sama2 halogen dengan punya brio dan crv re, terang punya agya kemana mana
- audio bawaan double din non touchscreen suara jelek, brio sama crv udah jelek, ini jauhh lebih parah
- ban saya ganti ke merk forceum ecosa yg murah2 seperti permintaan mbak ipar, so far oke2 aja
- karena ini agya 1.2 trd/s 2019 jadi masi belom keyless dan ac digital, head unit juga belom touchsreen
Sekian dulu, klo ada yg mau ditanyakan boleh,
Terima kasih
behind the scene, mbak ipar minta tolong dicarikan city car dengan keperluan anter jemput anak sekolah dengan rute sungai gerong - palembang kota PP tiap hari
Doi sama suami udah sempat muter2 mencari di palembang tapi dari sisi harga dan kondisi jauh dari "pantes" kata mereka
Kandidat merk tidak terlalu ketat, yang penting city car dan women friendly : matic lincah dan irit
Kemewahan tidak menjadi syarat utama
Dan rencana dipakai sekitar 2-3 tahun karena kemungkinan suami bakal pindah lagi ke balikpapan atau balongan, atau malah dumai dan bakal dijual lagi
Lalu pas weekend panjang sebelum lebaran idul adha kemaren mereka kerumah dan minta tolong dianter sekaligus dicarikan unit seken city car
Udah muter dealer bekas, rata2 tidak cocok dengan budget : maksimal 120jt
Sudah nyoba :
- grand avega 2013 88jt
- jazz ge8 2008 rs 120jt
- march 1.2 2011 85jt
- brio e 2016 136jt
- agya trd s 2021 148jt
Semua harga cash
Tapi yg bener kondisnya ya agya trd 2021 td, sementara yg lain macem barang rosok dipoles yg nyimpen bom waktu semua,
Akhirnya saya dapet di fb marketplace seller rumahan, lamgsung cek unit, test drive, harga 116jt budget masuk yowis
Ada suara2 krek krek ketika gigi masuk di D dan R tapi kata seller itu engine mounting
Iyain aja karena mbak ipar dan suami udah cocok unit dan harga
Odo 65rb semua ban bawaan 2019 tapi uda mulai pecah2
Selesai transaksi, mbak ipar dan suami lanjut balik sungai gerong
Dan saya dipasrahi membenahi semua PR dengan dana mepet (gak sampe 5juta)
Bawa ke bengkel langganan buat GCU ternyata bunyi2 krek krek td karena knalpot nempel body/rangka bawah
Jadi dibawa ke tukang knalpot diluruskan lagi gak sampe 1 jam kelar
Hasil GCU : odo meter asli, mesin masih ok dan halus jeroan kinclong, oli matic udah mulai merah kecoklatan, radiator juga masi coolant jernih, ban wajib ganti, kampas tinggal 5mm (masi bisa 6 bulan lagi)
Langsung aja ke SnD beli aspira oil 0w20 250rb dapet 4L
Sekalian oli matic ganti aja 2.5liter pake castrol transmax dex/merc
Cek filter ac udah full debu, sekalian ganti sendiri di rumah, langsung deh itu auto dingin khas mobil2 toyota, beda sama honda punya yg dinginnya gak menggigit kayak toyota
Setelah semua selesai, jadi deh itu agya sbg daily car selama 2minggu bersama saya, mengingat carport di rumah saya udah terisi crv, brio, hrv
Jadi agya posisi diluar rumah paling gampang akses keluar masuk
Yang saya rasakan :
Ini mobil basic,
Terakhir nyetir agya tahun 2016 itu agya trd 1.0 model awal punya mantan dulu waktu di pekanbaru, dan rasa mobil ini gak beda jauh sama agya 1.2 facelift ini, bedanya ya getaran sedikit lebih alus, perpindahan gigu juga enak ketika berkendara nyantai
Posisi duduk agak aneh, terbiasa di honda yg posisi duduknya serba pas dan rileks,
Di agya berasa saya nyetir mau enak harus agak tegak karena tangan kurang pas, klo mau sandar ke jok tangan gak sampe dan full control
Dan rasa bantingan beda dgn di toyota pda umumnya : ini berasa gedobrak, saya curiga shock lemah, tapi dari bengkel sih normal, shock mulai lemah tapi ya kondisi baru gak beda jauh, ya begini agya
Rasanya brio rs dirumah malah lebih "debb" klo kena lubang ketimbang agya yg brak2 ini
Kelincahan?, saya rasa radius putar lebih oke ini timbang brio rs, parkir lebih gampang di mall, setir juga enteng
Handling juga buat perkotaan enak, tapi ya klo sudah agak ngebut, enakan brio jauh, ini lebih berasa limbungnya
Peredaman jalan jelek/lubang tapi enak ini, tapi lucunya klo buat jalan gelombang2 tipis yang tidak begitu dalam, enak brio
Peredaman noise suara? Siapa bilang brio busuk? Ini agya lebih parah lagi, noise dari bawah, mesin, suara blower ac masuk semua, bahkan ketika jalan nyantai, itu suara "tick tick" injector mesin NR toyota masuk
Ergonomi jok dan kelegaan masi enak brio, dan bahkan meskipuj brio salam satu dashboard tetap lebih pantes punya brio timbang agya ini,
Performa? Ini agya 1.2 enak respon gasnya, timbang brio yg galak ketika di toel dikit
Terasa ada tenaga kok di agya ini di gigi 1-2nya, lebih narik malah dibanding 1-2nya crv re 2.0at saya
Perpindahan gigi ketika driving santai juga halus, lebih halus dari 5AT honda,
Nanjak juga enak,
Tapi ya ketika kita mulai agresif dikit, berasa minus agya ini, kebalik sama brio apa crv yg diajak spirited driving malah lebih doyan dan nagih minta injek gas lebih dalam
Perpindahan gigi terasa lebih kasar ketika downshift, tarikan juga terasa kurang ketimbang brio, rada ngos2an ketika saya mau menyalip seekor avanza fwd,
Di tol, solo boyolali saya mencoba sampe 120 udah berasa kurang pede, tenaga masi ada kok cuma udah gak pede aja dengan handling dan noisenya
Efisiensi :
Somehow saya rasa kok buat nyetir santai iritan agya timbang brio, atau entah hanya perasaan saja karena gak saya hitung bener2, hanya berdasarkan fuel gauge di speedo
Skrg mobil sudah ditowing ke plaju palembang
Poin2 lain :
- headlight projector bawaan dan highbeamnya meskipun sama2 halogen dengan punya brio dan crv re, terang punya agya kemana mana
- audio bawaan double din non touchscreen suara jelek, brio sama crv udah jelek, ini jauhh lebih parah
- ban saya ganti ke merk forceum ecosa yg murah2 seperti permintaan mbak ipar, so far oke2 aja
- karena ini agya 1.2 trd/s 2019 jadi masi belom keyless dan ac digital, head unit juga belom touchsreen
Sekian dulu, klo ada yg mau ditanyakan boleh,
Terima kasih