Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 740
Joined: 30 Nov 2015, 08:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by adityawei »

Halo om2 semua..
Sudah lama sekali saya nggak nulis disini..

Kebetulan bbrp hari yang lalu, ada pameran Chery Tiggo 8, dan yes ini mobil bikin penasaran..
Dengan price point under 400jt ( jabodetabek, tapi di daerah saya 400 bulet diskon 5jt ) , bisa kasih mobil sekelas ini, dengan kelengkapan maksimal sampe bikin saya mikir ini Chery jualan cari cuan apa jadi badan amal ?

Kebetulan saya pemakai H tegak cenggo turbo yg kelas bodynya bisa dibilang dibawahnya tapi harga baru jauhhhh diatas mobil ini dengan fitur yang jauh dibawah Tiggo 8.. Mungkin review ini bakal jadi lebih banyak benchmark ke H tegak ini..

1. Looks

Looks menurut saya sih so so..

Tampak Depan
Image

Tampak samping
Image

Tampak Belakang
Image

Depan gagah, samping yaaa begitulah, belakangnya jujur agak aneh liat lampunya..
Kalo liat dari foto mobil ini keliatan gede, tapi abis diliat langsung ternyata nggak segede itu, bahkan tidak sampe segede duo ladder rasanya..

Ban yang dipakai profil 235 / 55 / R18, lebih tipis dikit daripada yang dipakai di CRV saya ( 235/ 60/R18 ).. Merk Giticomfort, ya okelah, tp bukan ban yang empuk ( waktu dipake jalan berasa keras )
Image

Overall, tampang luarnya cukup menarik, cuma bukan yang menggoda banget.. 7/10 lah..

2. Interior

Masuk pertama disambut jok elektrik yang langsung mundur sendiri kaya menyambut kita biar masuknya gampang..
Image
Jok mobil ini ada memory seat ( yes di harga 400jt udah ada memory seat, kurang canggih apa coba )

Habis duduk langsung berasa MEWAH + BUILD QUALITY TOPPP
Yes sangat bagus, bahkan dibanding dengan mobil jepang "Rusa Fashion Hybrid" yang 650an jt, dan CRV Hybrid yang 800an..

Tampilan dari balik setir mewahh banget ( buat harga 400jt )
Image

Tapiiii.. Yes you still got that feeling of "mobcin"
Material tebel, keliatan mewah, tapi agak ada kasarnya..
Interface speedo yang semua serba digital tapi stylingnya yang begitulah, head unit gede dengan UI yang ya begitulah lagi..
Pengaturan AC full pakai layar touchscreen yang agak laggy, dan ini sangat amat nggak enak buat dipakai

Image

Liat aja itu panel black piano segede itu tanpa ada tombol satupun.. Kebayang kalau kena sidik jari kaya gimana kotornya / bakal sebaret2 apa..
Posisi EPB + Autohold agak terlalu jauh dari tangan posisi nyender..

Image
Dibawah panel hitam tadi, ada laci tersembunyi dibawahnya yg agak susah diakses

Shifter pakai model joystick yang oke banget buat dipegang..
Dan untungnya, masih ada beberapa tombol fisik buat ngatur Head Unit ga ikut2 EV nya yang semua pengaturan dari Head unit..

Image
Glovebox kecillll, tapi dikasih 2 slot USB didalemnya..

Audio mobil ini pakai SONY, dan ya suaranya bagus, tapi ga sebagus bose di cx5.. sekedar ditahap bagus aja.. tapi buat kelas harga segini, mungkin ini audio mobil terbaik di harga segini..
Image

Jok dari depan sampe row 3 semua full kulit.. Panoramic gede full dari depan sampai belakang
Image

Duduk di row 2 masih lumayan lega, sekitar sisa 10an jari
Image

Image
Bagasinya gede banget, dan bisa flat floor
untuk yang tipe bawahnya kata salesnya sih ga dapet AC di row 3 nya

3. Driving impression

Buat kelas harganya, ini mobil ENAK BANGET, KECUALI REM NYA..
Mesin 1600 turbo yang dipake di mobil ini adalah mesin "sunatan" dari tipe atasnya yang pakai 2000 turbo
Tapi. dengan mesin 1600 turbo sunatan mobil ini larinya masih serem banget.
Turbo lag waktu di kickdown hampir kaya CRV turbo lagnya waktu kickdown, tapi abis ngisi langsung larinya serem banget + rem nya sangat amat serem, ditoel dikit ngga makan, diinjek separo ngga ngefek, diinjek full baru mau berhenti dan langsung nosedive.. Entah ini gara2 unit masih baru belum disetel apa gimana, tapi yes ini rem nya sama sekali ngga enak...

Suspensi agak keras dibanding CRV ( ya ini CRV yang memang terlalu empuk ). Ditekuk2 mobil ini berasa mantep, dan nyetirnya ga berasa pake mobil gede..
Bisa dibilang ini suspensi yang paling berasa mahal di harga ini.. Kekedapan sangat bagus, kaca depan pakai double glass, peredam kolong bagus, malah yang berisik suara mesinnya, ngga tau kenapa tapi getaran + suaranya mesin masuk banget kedalam kabin..

Untuk joknya berasa agak sempit dibanding CRV, tapi abis jalan ga terlalu berasa lagi..

Untuk cruising, di MID saya dapet 1:8 an buat muter2 dalem kota selama 20menitan, mirip2 sama CRV turbo saya..

Dan setelah muter2, walaupun dengan segala kemewahannya, masih berasa "oh ini mobil china" feeling.. Semua enak, tapi kaya ada bbrp titik yang ga bisa dijelaskan ada yang kurang.. atau semacem "imperfection" sama yang bisa dirasain dari mobil2 china lain..

KESIMPULAN
Buat harga 400 juta, mau cari mobil up class, nyaman, lega, lari kenceng, ini mobil ga ada lawan..
Ditambah warranty 1 juta kilometer ( ga tau bakal kecapai duluan / bosen duluan yang punya ) harusnya aman2 aja sparepartnya kecuali ATPM nya minggat..
beberapa concern mungkin lebih ke tingkat kepercayaan kita ke merk baru..
Saya sendiri sudah berpikir bahwa mobil jepang sekarang harganya sangat amat ngawur mahalnya, ga menutup kemungkinan my next car would be a chinese / korean car..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5584
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by b0ku »

waktu liat2x unitnya ada buka kap dan peratiin master remnya gak om??? :big_think:

saya punya keluhan sama di omoda Z tapi sebelom bawa saya ud was was duluan karena saya inspeksi itu mobil bener aja remnya sama persis kek yang om ceritain :big_dunno:

dan di tol itu omoda Z si ngeri banget :big_bored:

mobil melayang dan setir kayak kena lock sama power sterringnya yang ngadi2x dan berasa kagak natural :big_bored:
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 740
Joined: 30 Nov 2015, 08:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by adityawei »

b0ku wrote: ↑15 Jan 2025, 21:42 waktu liat2x unitnya ada buka kap dan peratiin master remnya gak om??? :big_think:

saya punya keluhan sama di omoda Z tapi sebelom bawa saya ud was was duluan karena saya inspeksi itu mobil bener aja remnya sama persis kek yang om ceritain :big_dunno:

dan di tol itu omoda Z si ngeri banget :big_bored:

mobil melayang dan setir kayak kena lock sama power sterringnya yang ngadi2x dan berasa kagak natural :big_bored:
Saya ngga buka kap mesin sih, buru2 pengen masuk ke dalem ruangan AC an lagi.. posisi mobil di outdoor panas bangett..

Feeling setirnya kalau disini rasanya biasa aja ( karena dalkot kali ya ) khas EPS, no feeling sama sekali cenderung terlalu enteng..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5584
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by b0ku »

adityawei wrote: ↑15 Jan 2025, 21:47
Saya ngga buka kap mesin sih, buru2 pengen masuk ke dalem ruangan AC an lagi.. posisi mobil di outdoor panas bangett..

Feeling setirnya kalau disini rasanya biasa aja ( karena dalkot kali ya ) khas EPS, no feeling sama sekali cenderung terlalu enteng..
iya karena epsnya punya power buat muterin setir sendiri jadi bisa maen berat setirnya omoda juga gitu kalo low speed mah ud kayak setir sepeda entengnya setir teringan yang pernah saya pake

cuma di tol lsg ngelock berasa berat banget biarpun saya pindah jalur gak ada masalah si cuma tetep aja jd berasa aneh dan gak natural

saya sempet bawa sampe 140kmh ngeri om ud gak berani lagi mobil orang juga soalnya

setirnya biarpun bisa berat juga gak bikin kita pede :big_bored:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16537
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by ChZ »

Dan setelah muter2, walaupun dengan segala kemewahannya, masih berasa "oh ini mobil china" feeling.. Semua enak, tapi kaya ada bbrp titik yang ga bisa dijelaskan ada yang kurang.. atau semacem "imperfection" sama yang bisa dirasain dari mobil2 china lain..
ini yang bikin saya masih hesitant untuk milih chinese brand.

udah coba chery omoda GT, nggak jelek, tapi a bit off. semacem kayak bawa mobil korea 10-15 tahun yang lalu. mobilnya decent tapi lack character.

yang sampe saat ini berhasil bikin kepincut cuma MG4.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12258
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by Suryaputra »

Lack of Driving Feel and Experience

Menang di power dan torsi, selebihnya .... :upss:

Sama aja kayak hape nya
User experiencenya kurang banget :big_peace:
Last edited by Suryaputra on 16 Jan 2025, 11:17, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12258
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: ↑16 Jan 2025, 09:50
Dan setelah muter2, walaupun dengan segala kemewahannya, masih berasa "oh ini mobil china" feeling.. Semua enak, tapi kaya ada bbrp titik yang ga bisa dijelaskan ada yang kurang.. atau semacem "imperfection" sama yang bisa dirasain dari mobil2 china lain..
ini yang bikin saya masih hesitant untuk milih chinese brand.

udah coba chery omoda GT, nggak jelek, tapi a bit off. semacem kayak bawa mobil korea 10-15 tahun yang lalu. mobilnya decent tapi lack character.

yang sampe saat ini berhasil bikin kepincut cuma MG4.
MG kan emg aslinya pengalaman bikin mobil, british origin

Cuma krn kondisi saling butuh (china butuh experience, MG jg butuh duit) dibeli sm SAIC, bumn tiongkok :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5584
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: ↑16 Jan 2025, 11:08
MG kan emg aslinya pengalaman bikin mobil, british origin

Cuma krn kondisi finansial dibeli sm SAIC, bumn tiongkok πŸ’ΈπŸ’Έ :big_grin:
karena akarnya general motor om itu loh yang bikin corvette :mky_03:
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 740
Joined: 30 Nov 2015, 08:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by adityawei »

b0ku wrote: ↑15 Jan 2025, 22:03
adityawei wrote: ↑15 Jan 2025, 21:47
Saya ngga buka kap mesin sih, buru2 pengen masuk ke dalem ruangan AC an lagi.. posisi mobil di outdoor panas bangett..

Feeling setirnya kalau disini rasanya biasa aja ( karena dalkot kali ya ) khas EPS, no feeling sama sekali cenderung terlalu enteng..
iya karena epsnya punya power buat muterin setir sendiri jadi bisa maen berat setirnya omoda juga gitu kalo low speed mah ud kayak setir sepeda entengnya setir teringan yang pernah saya pake

cuma di tol lsg ngelock berasa berat banget biarpun saya pindah jalur gak ada masalah si cuma tetep aja jd berasa aneh dan gak natural

saya sempet bawa sampe 140kmh ngeri om ud gak berani lagi mobil orang juga soalnya

setirnya biarpun bisa berat juga gak bikin kita pede :big_bored:
Oh dari adasnya ya berarti ?
Setirnya berat malah bikin ga enak ga sih kalau model feedbacknya kaya begini ?
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 740
Joined: 30 Nov 2015, 08:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by adityawei »

ChZ wrote: ↑16 Jan 2025, 09:50
Dan setelah muter2, walaupun dengan segala kemewahannya, masih berasa "oh ini mobil china" feeling.. Semua enak, tapi kaya ada bbrp titik yang ga bisa dijelaskan ada yang kurang.. atau semacem "imperfection" sama yang bisa dirasain dari mobil2 china lain..
ini yang bikin saya masih hesitant untuk milih chinese brand.

udah coba chery omoda GT, nggak jelek, tapi a bit off. semacem kayak bawa mobil korea 10-15 tahun yang lalu. mobilnya decent tapi lack character.

yang sampe saat ini berhasil bikin kepincut cuma MG4.
Jujur si kalo liat harga yg ditawarin, ga bisa komplain
Liat aja jenik mau gope BQ macem gitu..

Komplain terbesar sih di rem nya + interface AC yg susah banget.. sisanya too good to be true di harga segini
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 740
Joined: 30 Nov 2015, 08:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by adityawei »

Suryaputra wrote: ↑16 Jan 2025, 11:07 Lack of Driving Feel and Experience

Menang di power dan torsi, selebihnya .... :upss:

Sama aja kayak hape nya
User experiencenya kurang banget :big_peace:
Utamanya dia menang di harga yang sangat bagus dibanding apa yg didapet..

Mobilnya nyaman, enak, disetir oke.. cuma remnya :big_chicken: :big_chicken:
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12258
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by Suryaputra »

adityawei wrote: ↑16 Jan 2025, 11:32
ChZ wrote: ↑16 Jan 2025, 09:50
Dan setelah muter2, walaupun dengan segala kemewahannya, masih berasa "oh ini mobil china" feeling.. Semua enak, tapi kaya ada bbrp titik yang ga bisa dijelaskan ada yang kurang.. atau semacem "imperfection" sama yang bisa dirasain dari mobil2 china lain..
ini yang bikin saya masih hesitant untuk milih chinese brand.

udah coba chery omoda GT, nggak jelek, tapi a bit off. semacem kayak bawa mobil korea 10-15 tahun yang lalu. mobilnya decent tapi lack character.

yang sampe saat ini berhasil bikin kepincut cuma MG4.
Jujur si kalo liat harga yg ditawarin, ga bisa komplain
Liat aja jenik mau gope BQ macem gitu..

Komplain terbesar sih di rem nya + interface AC yg susah banget.. sisanya too good to be true di harga segini
let see reliability nya 5-10 thn ke depan :big_grin:

liquid apa nggak nga gmn ?
*bukan resale value yaa
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5584
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by b0ku »

adityawei wrote: ↑16 Jan 2025, 11:31
Oh dari adasnya ya berarti ?
Setirnya berat malah bikin ga enak ga sih kalau model feedbacknya kaya begini ?
saya kebiasaan om mobil saya kakinya ud modifan semua, kemaren aja baru ganti link ternyata efek ke setirnya jauh banget, jd kalo di kasih fell badut kek omoda yang saya bawa si berasa kurang naturalnya om malah jadi parno sih kalo saya ya karena kurang mechanical fell...........

sejauh ini mobil yang setirnya paling enak tuh CRV om bisa nyetir satu tangan sambil taro tangan kiri di dagu, kalo yang laen selalu tangan kiri saya bakalan otomatis ngikut jagain karena gak berani..........
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2944
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: ↑16 Jan 2025, 09:50
Dan setelah muter2, walaupun dengan segala kemewahannya, masih berasa "oh ini mobil china" feeling.. Semua enak, tapi kaya ada bbrp titik yang ga bisa dijelaskan ada yang kurang.. atau semacem "imperfection" sama yang bisa dirasain dari mobil2 china lain..
ini yang bikin saya masih hesitant untuk milih chinese brand.

udah coba chery omoda GT, nggak jelek, tapi a bit off. semacem kayak bawa mobil korea 10-15 tahun yang lalu. mobilnya decent tapi lack character.

yang sampe saat ini berhasil bikin kepincut cuma MG4.
Ini gw lagi pelajarin knp bangsa cina mainland lack of precision, sama lack of tolerance apalagi urusan engineering. Musti di ubek2 sejarah kebelakangnya kek apa ini bangsa di jaman purba.
Pasti ada root cause nya

Trus keknya engineer mereka jg asal tempel barang aja deh.. Sampe jadi bentuk sebuah vehicle (ane males sebut kosa kata β€œmobil”) wkwkwk

Kalo mobcin2 kelas gini kan jatohnya econobox jg kan

Ntah ya, kalo yg harga miliaran bakal lebih better drive-ability-nya atau cuman more luxurious feel ..

Cina mainland kata gw seh cocoknya bikin gedung sama kasino lapis emas plus dekorasi naga segede shen long dragon ball :upss:
SΜΆhΜΆeΜΆeΜΆrΜΆ ΜΆDΜΆrΜΆiΜΆvΜΆiΜΆnΜΆgΜΆ ΜΆPΜΆlΜΆeΜΆaΜΆsΜΆuΜΆrΜΆeΜΆ
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5584
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: ↑16 Jan 2025, 13:13
ChZ wrote: ↑16 Jan 2025, 09:50
Dan setelah muter2, walaupun dengan segala kemewahannya, masih berasa "oh ini mobil china" feeling.. Semua enak, tapi kaya ada bbrp titik yang ga bisa dijelaskan ada yang kurang.. atau semacem "imperfection" sama yang bisa dirasain dari mobil2 china lain..
ini yang bikin saya masih hesitant untuk milih chinese brand.

udah coba chery omoda GT, nggak jelek, tapi a bit off. semacem kayak bawa mobil korea 10-15 tahun yang lalu. mobilnya decent tapi lack character.

yang sampe saat ini berhasil bikin kepincut cuma MG4.
Ini gw lagi pelajarin knp bangsa cina mainland lack of precision, sama lack of tolerance apalagi urusan engineering. Musti di ubek2 sejarah kebelakangnya kek apa ini bangsa di jaman purba.
Pasti ada root cause nya

Trus keknya engineer mereka jg asal tempel barang aja deh.. Sampe jadi bentuk sebuah vehicle (ane males sebut kosa kata β€œmobil”) wkwkwk

Kalo mobcin2 kelas gini kan jatohnya econobox jg kan

Ntah ya, kalo yg harga miliaran bakal lebih better drive-ability-nya atau cuman more luxurious feel ..

Cina mainland kata gw seh cocoknya bikin gedung sama kasino lapis emas plus dekorasi naga segede shen long dragon ball :upss:
karena mereka bukan pioneer tapi cuma tiru dan kembangin sisanya pas dateng ide baru selalu dari barat sama jepang :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16537
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: ↑16 Jan 2025, 11:08
MG kan emg aslinya pengalaman bikin mobil, british origin

Cuma krn kondisi saling butuh (china butuh experience, MG jg butuh duit) dibeli sm SAIC, bumn tiongkok :big_grin:
menjelaskan kenapa pabrikan macem MG (termasuk JLR, volvo) tetep mantep bikin mobilnya biarpun di akuisisi china / india.

soalnya china sendiri juga beli mereknya buat belajar sehh. mereka butuh duit, china butuh teknologi.
adityawei wrote: ↑16 Jan 2025, 11:32
Jujur si kalo liat harga yg ditawarin, ga bisa komplain
Liat aja jenik mau gope BQ macem gitu..

Komplain terbesar sih di rem nya + interface AC yg susah banget.. sisanya too good to be true di harga segini
yep betul, emang kalo liat dari sisi appliance, mocin ini susah ditawar. kayak dulu saya pertama coba almaz ya mau komplen apa orang 200jt lebih murah dari siarpi.

tapi ternyata user experience boros boros dan rewel itu bikin marketnya tergerus sendiri :mky_07:
KielConstantine wrote: ↑16 Jan 2025, 13:13 Ini gw lagi pelajarin knp bangsa cina mainland lack of precision, sama lack of tolerance apalagi urusan engineering. Musti di ubek2 sejarah kebelakangnya kek apa ini bangsa di jaman purba.
Pasti ada root cause nya

Trus keknya engineer mereka jg asal tempel barang aja deh.. Sampe jadi bentuk sebuah vehicle (ane males sebut kosa kata β€œmobil”) wkwkwk

Kalo mobcin2 kelas gini kan jatohnya econobox jg kan

Ntah ya, kalo yg harga miliaran bakal lebih better drive-ability-nya atau cuman more luxurious feel ..

Cina mainland kata gw seh cocoknya bikin gedung sama kasino lapis emas plus dekorasi naga segede shen long dragon ball :upss:
fundamental bisnis china itu tetep ngga berubah secara prinsip. pasar lokal yang gede bikin akhirnya selalu quantity over quality. untuk tekan ongkos produksi mereka bayar kuli murah dan produksi massal. ya tetep gak ninggalin asas komunisme, apapun yang menguntungkan buat kelompoknya akan selalu diutamakan.

dan karna kuat di modal, mereka selama ini sebenernya jadi pemain balik layar :mky_07: yang terjadi ma wakanda kan gitu. bener sih presidennya gonta-ganti, pemain balik layar orangnya itu-itu bae.

sejauh ini sport/super/hypercar made in china itu semuanya msh prototype ...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by Jenson »

Ini mobil pas ane TD sama masalahnya, rem kacrut ngegelosor... Di samping itu ya pas d bawa ada yang aneh memang, rasa2 franken car, comot sana sini keliatan keren tp pas jalan ad yg off. Maka dari itu saya blg, kalo buat pake d Jakarta yg macet2an, udh bener ini cocok. Toh mobil d Jakarta ga butuh kenceng2, ga kepake potensinya. Saya aj mulai ngerasa, daily pake FE malah capek sndiri, kebanyakan ngerem trus krna macet, kaga berasa nikmatnya. Yg berfaedah cmn ADAS macet2nya, itupun skrg makin ngeri melihat banyak motor jahanam yg motong sana sini :big_dunno:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1794
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by MSU »

dari cerita soal rem-nya jadi inget dulu pernah bawa mobil sodara : ssangyyong rexton...mesin mercy infonya
tarikan bolot tp giliran lari....nge-rem-nya deg2an wkwk
blm lagi interior kriet2..tapi tampilan keren
faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by faizzz »

Thanks for sharing...
Pernah cobain yang varian 2.000 cc nya, mobil ini cukup enak buat saya yang biasa pake LMPV & LSUV terutama soal kenyamanan, tapi kalau driving feel masih belum bisa seenak CRV. Cukup bisa buat saya ngerasa naik odong2 pas pulang pake mobil sendiri :big_biglaugh:

T&C :
Garansi 1.000.000Km batal jika ATPM Kabur (lagi) :mky_04:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5584
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by b0ku »

faizzz wrote: ↑16 Jan 2025, 16:48 Thanks for sharing...
Pernah cobain yang varian 2.000 cc nya, mobil ini cukup enak buat saya yang biasa pake LMPV & LSUV terutama soal kenyamanan, tapi kalau driving feel masih belum bisa seenak CRV. Cukup bisa buat saya ngerasa naik odong2 pas pulang pake mobil sendiri :big_biglaugh:

T&C :
Garansi 1.000.000Km batal jika ATPM Kabur (lagi) :mky_04:
BATAL kalo bukan cacat pabrik nah buktiin itu wear and tear sama cacat pabrik gimane cobaaaa.................. :big_bored:

sebagai ATPM mah gampang aja maklum pak mobil 500.000km inimah ud wajar lah overhaul.............suruh bayar deh...... :glodak:

akhirnya si konsumen gak terima di bayarlah profesor universitas buat buktiin itu cacat pabrik akhirnya babak belur bayar tuh profesor ngalahin harga jual tuh mobil :glodak:
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 740
Joined: 30 Nov 2015, 08:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by adityawei »

ChZ wrote: ↑16 Jan 2025, 14:30

yep betul, emang kalo liat dari sisi appliance, mocin ini susah ditawar. kayak dulu saya pertama coba almaz ya mau komplen apa orang 200jt lebih murah dari siarpi.

tapi ternyata user experience boros boros dan rewel itu bikin marketnya tergerus sendiri :mky_07:
Jujur kalo bandingin sama almaz sih ni tiggo 8 productnya JAUH BANGET LEBIH OKE..
boros mgkn so so kali yak, ni 1.6 turbo nya kmrn iseng pake rute nyetir sama hampir on par lah sama 1.5 turbo crv

sebenernya lebih baik dia fokus di 1 produk aja gak si, EV dia oke kok ngapain pake acara jualan produk ICE yang persaingan super ketat
Jenson wrote: ↑16 Jan 2025, 15:15 Ini mobil pas ane TD sama masalahnya, rem kacrut ngegelosor... Di samping itu ya pas d bawa ada yang aneh memang, rasa2 franken car, comot sana sini keliatan keren tp pas jalan ad yg off. Maka dari itu saya blg, kalo buat pake d Jakarta yg macet2an, udh bener ini cocok. Toh mobil d Jakarta ga butuh kenceng2, ga kepake potensinya. Saya aj mulai ngerasa, daily pake FE malah capek sndiri, kebanyakan ngerem trus krna macet, kaga berasa nikmatnya. Yg berfaedah cmn ADAS macet2nya, itupun skrg makin ngeri melihat banyak motor jahanam yg motong sana sini :big_dunno:
Mau dibilang franken car / comot sana comot sini, at the end of the day you will forgive everything because of it's pricetag vs it's rivals..
Bukan mobil ga enak, justru malah enak banget malah buat "mobil baru" harga segini, cuma ya itu remnya kenapa harus begitu..

Jujur ini tiggo 8 termasuk salah satu mobil china yang paling menarik sih di mata gw.. tapi abis nyoba turn off terbesar ya di rem, driving feel dll udahlah lupakan aja.. :big_grin: :big_grin:
faizzz wrote: ↑16 Jan 2025, 16:48 Thanks for sharing...
Pernah cobain yang varian 2.000 cc nya, mobil ini cukup enak buat saya yang biasa pake LMPV & LSUV terutama soal kenyamanan, tapi kalau driving feel masih belum bisa seenak CRV. Cukup bisa buat saya ngerasa naik odong2 pas pulang pake mobil sendiri :big_biglaugh:

T&C :
Garansi 1.000.000Km batal jika ATPM Kabur (lagi) :mky_04:
buat pantat saya yang pake CRV tiap hari pun ni mobil enak kok, suspensi berasa mahal, cuma memang setirnya ampas banget..
abis test drive tiggo balik ke crv lagi lsg berasa ni crv peredamnya kacrut banget, arm rest kriyet2, tapi materialnya lebih alus daripada tiggo..

T&C 1jt km sih menurut uwe gimmick ya..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4845
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by Pboyz97 »

nice review dit. mobil ini memang cukup value for money dikelasnya terutama dari fiturnya hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
ninodiablo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: 03 Apr 2009, 19:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Subaru XV

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by ninodiablo »

Kalau Chery jualan EV doank marketnya masih sangat kecil, dan cuma di Jawa bagian tertentu saja.

Jadi kalau dia mau gedein market pasti dia andelin ICE + EV tech kedepan, bisa HEV ataupun PHEV, secara line-up nya mereka di sana lengkap mau mesin apa aja ada.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12258
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by Suryaputra »

adityawei wrote: ↑16 Jan 2025, 21:17
ChZ wrote: ↑16 Jan 2025, 14:30

yep betul, emang kalo liat dari sisi appliance, mocin ini susah ditawar. kayak dulu saya pertama coba almaz ya mau komplen apa orang 200jt lebih murah dari siarpi.

tapi ternyata user experience boros boros dan rewel itu bikin marketnya tergerus sendiri :mky_07:
Jujur kalo bandingin sama almaz sih ni tiggo 8 productnya JAUH BANGET LEBIH OKE..
boros mgkn so so kali yak, ni 1.6 turbo nya kmrn iseng pake rute nyetir sama hampir on par lah sama 1.5 turbo crv

sebenernya lebih baik dia fokus di 1 produk aja gak si, EV dia oke kok ngapain pake acara jualan produk ICE yang persaingan super ketat
Jenson wrote: ↑16 Jan 2025, 15:15 Ini mobil pas ane TD sama masalahnya, rem kacrut ngegelosor... Di samping itu ya pas d bawa ada yang aneh memang, rasa2 franken car, comot sana sini keliatan keren tp pas jalan ad yg off. Maka dari itu saya blg, kalo buat pake d Jakarta yg macet2an, udh bener ini cocok. Toh mobil d Jakarta ga butuh kenceng2, ga kepake potensinya. Saya aj mulai ngerasa, daily pake FE malah capek sndiri, kebanyakan ngerem trus krna macet, kaga berasa nikmatnya. Yg berfaedah cmn ADAS macet2nya, itupun skrg makin ngeri melihat banyak motor jahanam yg motong sana sini :big_dunno:
Mau dibilang franken car / comot sana comot sini, at the end of the day you will forgive everything because of it's pricetag vs it's rivals..
Bukan mobil ga enak, justru malah enak banget malah buat "mobil baru" harga segini, cuma ya itu remnya kenapa harus begitu..

Jujur ini tiggo 8 termasuk salah satu mobil china yang paling menarik sih di mata gw.. tapi abis nyoba turn off terbesar ya di rem, driving feel dll udahlah lupakan aja.. :big_grin: :big_grin:
faizzz wrote: ↑16 Jan 2025, 16:48 Thanks for sharing...
Pernah cobain yang varian 2.000 cc nya, mobil ini cukup enak buat saya yang biasa pake LMPV & LSUV terutama soal kenyamanan, tapi kalau driving feel masih belum bisa seenak CRV. Cukup bisa buat saya ngerasa naik odong2 pas pulang pake mobil sendiri :big_biglaugh:

T&C :
Garansi 1.000.000Km batal jika ATPM Kabur (lagi) :mky_04:
buat pantat saya yang pake CRV tiap hari pun ni mobil enak kok, suspensi berasa mahal, cuma memang setirnya ampas banget..
abis test drive tiggo balik ke crv lagi lsg berasa ni crv peredamnya kacrut banget, arm rest kriyet2, tapi materialnya lebih alus daripada tiggo..

T&C 1jt km sih menurut uwe gimmick ya..
Jangan lupa mbah

Mobil baru itu:
- karet2 kaki nya msh legit
- suspensi baru
- ban kenyal

Klo mobil dah 4-5 tahun itu udah wear and tear.

Xpander baru jg dl gtu, kondisi baru senyap, kedap, alus.

Setelah pemakaian 20rb km dan 5 tahun
- road noise di tol cukup tinggi
- rattle di depan dan belakang
- suspensi makin ngayun
Masih lbh kedap dan refine HRV RU malah.

Kelas dan harga, gak boong emang :big_peace:

Remember, ada wear and tear :big_grin:

Nah pertanyaannya, seberapa jauh drop wear and tearnya di ceri ini?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by Jenson »

Suryaputra wrote: ↑17 Jan 2025, 09:40
adityawei wrote: ↑16 Jan 2025, 21:17
ChZ wrote: ↑16 Jan 2025, 14:30

yep betul, emang kalo liat dari sisi appliance, mocin ini susah ditawar. kayak dulu saya pertama coba almaz ya mau komplen apa orang 200jt lebih murah dari siarpi.

tapi ternyata user experience boros boros dan rewel itu bikin marketnya tergerus sendiri :mky_07:
Jujur kalo bandingin sama almaz sih ni tiggo 8 productnya JAUH BANGET LEBIH OKE..
boros mgkn so so kali yak, ni 1.6 turbo nya kmrn iseng pake rute nyetir sama hampir on par lah sama 1.5 turbo crv

sebenernya lebih baik dia fokus di 1 produk aja gak si, EV dia oke kok ngapain pake acara jualan produk ICE yang persaingan super ketat
Jenson wrote: ↑16 Jan 2025, 15:15 Ini mobil pas ane TD sama masalahnya, rem kacrut ngegelosor... Di samping itu ya pas d bawa ada yang aneh memang, rasa2 franken car, comot sana sini keliatan keren tp pas jalan ad yg off. Maka dari itu saya blg, kalo buat pake d Jakarta yg macet2an, udh bener ini cocok. Toh mobil d Jakarta ga butuh kenceng2, ga kepake potensinya. Saya aj mulai ngerasa, daily pake FE malah capek sndiri, kebanyakan ngerem trus krna macet, kaga berasa nikmatnya. Yg berfaedah cmn ADAS macet2nya, itupun skrg makin ngeri melihat banyak motor jahanam yg motong sana sini :big_dunno:
Mau dibilang franken car / comot sana comot sini, at the end of the day you will forgive everything because of it's pricetag vs it's rivals..
Bukan mobil ga enak, justru malah enak banget malah buat "mobil baru" harga segini, cuma ya itu remnya kenapa harus begitu..

Jujur ini tiggo 8 termasuk salah satu mobil china yang paling menarik sih di mata gw.. tapi abis nyoba turn off terbesar ya di rem, driving feel dll udahlah lupakan aja.. :big_grin: :big_grin:
faizzz wrote: ↑16 Jan 2025, 16:48 Thanks for sharing...
Pernah cobain yang varian 2.000 cc nya, mobil ini cukup enak buat saya yang biasa pake LMPV & LSUV terutama soal kenyamanan, tapi kalau driving feel masih belum bisa seenak CRV. Cukup bisa buat saya ngerasa naik odong2 pas pulang pake mobil sendiri :big_biglaugh:

T&C :
Garansi 1.000.000Km batal jika ATPM Kabur (lagi) :mky_04:
buat pantat saya yang pake CRV tiap hari pun ni mobil enak kok, suspensi berasa mahal, cuma memang setirnya ampas banget..
abis test drive tiggo balik ke crv lagi lsg berasa ni crv peredamnya kacrut banget, arm rest kriyet2, tapi materialnya lebih alus daripada tiggo..

T&C 1jt km sih menurut uwe gimmick ya..
Jangan lupa mbah

Mobil baru itu:
- karet2 kaki nya msh legit
- suspensi baru
- ban kenyal

Klo mobil dah 4-5 tahun itu udah wear and tear.

Xpander baru jg dl gtu, kondisi baru senyap, kedap, alus.

Setelah pemakaian 20rb km dan 5 tahun
- road noise di tol cukup tinggi
- rattle di depan dan belakang
- suspensi makin ngayun
Masih lbh kedap dan refine HRV RU malah.

Kelas dan harga, gak boong emang :big_peace:

Remember, ada wear and tear :big_grin:

Nah pertanyaannya, seberapa jauh drop wear and tearnya di ceri ini?
Nah ini saya setuju, salah satu deal breaker kmrn gajadi ambil krna pas d coba berasa off walau harganya menggiurkan. NTah kalo uda 3-4 taun itu rem makin begimana.

Ngomong2 Xpander, sharing dikit ogut ad XP buat disiksa. Km 1 taun 30.x km. So far pemakaian dr baru, untuk kaki2 suspensi untungnya mmasih aman2 aja. Semoga gimmick shock pinjem punya Pajero ngaruh beneran. Ini mobil yg banyak issue malah elektrikalnya :big_dunno:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post