
setelah liat beberapa temen temen dan tetangga pake ev, jujur saya jadi penasaran punya mobil listrik. nah sempat lirik lirik dan test drive beberapa ev dari pameran GIIAS 2024. contohnya kayak Neta X, BYD Atto 3, BYD M6, Chery Omoda 5 EV, dan Wuling Binguo.

nah pas GJAW, diskon yang ditawarin juga lumayan menarik. tapi menurut saya ya value for money paling bagus ya MG ZS EV sama MG4. yang lain masih di kepala 4xx dan ke2 model dari MG ini sudah under 400jt setelah diskon. cukup menarik daripada wuling binguo yang harganya gabeda jauh setelah diskon. saya dapat harga di 38X jt which is lebi murah daripada binguo EV long range.
jujur sempat bingung mau beli MG4 or MG ZS EV karena ya harga nya sama. tapi saya akhirnya pilih MG ZS EV ya karena lebih berasa mobil konvensional sih sama lebih tinggi aja ground clearance nya sama ada panoramic. MG4 lebih firm bantingan nya dan jujur lebih berasa mobil listrik daripada MG ZS EV (yes ada rasa mobil biasa di convert ke EV dan sasisnya beda rasanya yang ground up buat EV sama convertan ke EV).

jujur saat SPK sampai mobil datang ke rumah, itu janji dari salesnya on time. saya SPK di hari rabu dan setelah payment oke ya dijanjikan selasa datang dan hari selasa mobilnya datang. yang lama itu chargernya ada delay 2-3 minggu setelah mobilnya datang. tapi karena saya tinggal di seputatan BSD, jadi gamasalah charging di SPKLU or di VOLTRON (yes, lebih mahal tarifnya daripada nge charge sendiri di rumah).

Exterior :
jujur karena ini mobil biasa di convert ke EV ya modelnya tidak nyeleneh dan lebih biasa aja n generic dan netral daripada rival rivalnya apalagi yang ground up mobil listrik dan itu yang saya cari. modelnya oke bisa diterima banyak orang. warna dan hasil cat nya juga oke metalicnya. (saya dapat bonus wax 1 body dari diler)
Interior :
sama seperti exterior dan reviewer sebelumnya. jujur ya biasa aja dan build qualitynya masih okelah daripada yaris cross or hrv. masih berasa solid lah even tho ga se empuk soft touchnya n kulitnya kurang berasa mahal kayak rival korea atau cina. but hey, ini 38x juta sih saya ga komplen lah n masi manusiawi n oke. coba dibandingin sama binguo EV

Handling n Rasa bawa
typical mobil sekarang, ini mobil pakai EPS dan ya berasa fake steering nya. bantingan mobil ini empuk dan lebih ke comfort oriented. beda sama MG4 yang berasa lebi firm. tapi minusnya dari empuk ya limbung. kalo hanya di dalkot saja, ini mobil cukup nyaman dan easy to drive karena setirnya enteng kalo low speed. kalo pas high speed (120kmph up), setirnya jadi berat tapi bodyrollnya berasa dan ada rasa agak limbung apalagi kalau manufer yang mendadak. overall kalo hari hari di dalkot cukup nyaman.
Perfomance, Range and Charging

170hp di mobil ini berasa cukup kenceng, 0 100 pakai draggy bisa di 7,5 detik. buat hari hari lumayan cukup. untuk battery yang masuk ke indonesia itu pakai spek 51kWh yang ga sebesar kompetitornya. MG ZS EV support fast charging up to 100kW. tapi jujur charger 100kW masih ga sebanyak 50/60kW.

untuk lama charging (30% ke 100%)
untuk 100kW DC kurang lebih 40 menitan
untuk 60kW DC kurang lebih 1 jam an
untuk wall charger dirumah AC kurang lebih 7-8 Jam an
kenapa pakai kurang lebih? karena ada beberapa variable seperti temp dan lain lain ngaruh ke charging speed. dan biaya ngecharge sudah pasti lebih murah daripada bensin/solar.

untuk rata rata konsumsi kWh, dengan cara mengemudi saya yang belum terlalu biasa pakai EV dan sering bejeg bejeg, saya mendapat di angka 6-7km/kWh dan range kurang lebih 300km an. ya angka ini ga terlalu bagus dan sebenernya bisa di irit iritin lagi dengan tehnik nyetir dan ngegas EV yang benar. kalau malam bisa pakai mode eco jika sedang sendiri. selain mengurangi respon pedal gas, mode eco dapat ngurangin speed dari motor compressor AC. jadi AC saat di mode ECO kurang dingin dan tidak rekomen pakai mode ECO saat siang hari apalagi saat terik.

Fitur and ADAS
Untuk safety, mobil ini ADAS nya lengkap dari hardwarenya pakai kamera + radar bukan kamera aja (blindspot monitoring, Adaptive Cruise, Lane keep assist, TrafficJam Assist dan lain lain)
airbag nya ada 6 dan modelan ABS EBD BA VSC dkk sudah ada. untuk fitur macam remote lock by App sudah ada dan handphone kita bisa dipakai jadi remote sudah bisa dan ada di App nya. suara speakernya juga oke n speakernya ada 6 bor ga kek sebelah cuman 4 kecuali tipe termahal
UI dari headunitnya sudah oke dan lumayan OEM dan sudah internet connected dan wireless carplay and android auto. oiya ada panoramic juga and cukup besar dan shadenya sudah electronic dan gapake terpal hehehe


Yes ADAS nya ga se refined n sehalus mobil korea or Eropa or Jepang apalagi yang mahal. tapi buat saya, Traffic Jam Assistnya lumayan ngebantu apalagi kalo lagi macet macetan di jalan saat jam pulang kerja. n menurut saya kadang system ADAS nya apalagi pedestarian braking n waring nya agak annoying n kadang too sensitive n bunyi dari buzzernya gaenak. so.. beberapa fitur saya kadang matiin.
overall, MG ZS EV ini lumayan oke dan worth it untuk dibeli. saya sendiri cukup puas dengan apa yang saya dapat di mobil ini dan saya masih dapat "lifetime warranty" untuk baterai dan motor listriknya. nanti kita lihat kedepan nya gimana dan mungkin akan diupdate saat claim garansi or warranty. jujur karena harganya gasemahal itu and gasemahal kompetitornya dan sama kayak beli mobil ICE biasa macam HRV non turbo or Creta or Yaris Cross, jadi ya ga terlalu pusing.
Soal harga jual ya... its an EV and it will depreciate. jadi kalo masih mikir harga jual sih atau kaum mendang mending, saya ga saranin beli EV. kasarnya lebi baek pake ampe ancur or 10+ taon (kalo awet).
