Secara dimensi, mobil ini lumayan bongsor, lebar dan potongan body yang serba agak membulat. Dimensi nya mobil ini 4924 mm x 2015 mm x 1795 mm. Buat saya agak butuh waktu buat terbiasa dengan dimensi GLE yg cukup besar ini ketika mau parkir atau masuk ke parkiran mall yg agak kecil. SUSPENSI
Suspensi mobil ini pake Air Suspension. Ada beberapa level ketinggian mulai dari +1, 0, -1, -2. Di Comfort mode ketinggian suspensi di 0, pindah ke Sport langsung turun jadi -1, dan Offroad mode naik menjadi +1. Serta kalau di speed 140 Km/h suspensi akan turun otomatis dari 0 ke -1 meskipun di Comfort mode.
Di Comfort mode, suspensi nya terasa empuk dan terlalu ‘Floaty Boaty’ goyang kanan kiri ketika lewat jalanan kurang bagus. Saya kurang suka dengan karakter ini ketika di Comfort mode karena terlalu guncang. Tapi ketika Sport mode suspensi diturunkan jadi -1 barulah kerasa pas tidak guncang kanan kiri dan kerasa lebih tenang mobilnya.
Meskipun di Comfort mode ayunan suspensi nya empuk, saya tetap kerasa mobil ini KERAS dan TIDAK ADA KENYAL nya pas menghajar lubang / lewat di jalan keriting / lewat di speed trap. Beda sekali dengan Innova Reborn atau All New Santa Fe Hybrid yg ketika lewat jalan tersebut cuma “Dep dep dep” saja sedangkan di GLE ini masih “Jedarr Jederr / Duakk Duakkk”. Entahlah kenapa bisa begitu atau mungkin pengaruh di profil ban yang lumayan lebar 275/50 R20 atau gara2 ban nya sendiri Pirelli P Zero yang katanya keras karakter nya padahal tekanan angin sudah di 32 Psi
ENGINE & TRANSMISSION
GLE 450 pakai M256 engine. Inline 6 cylinder, 3000 cc twin scroll turbo dan 48v mild hybrid. Output nya 362 HP dan torsi 500 N/m dipadukan dengan 9 speed automatic transmission in house buatan Mercy sendiri. Untuk akselerasi saya sudah test sendiri dari 0-100 Km/h : 6.0 detik (tanpa tahan gas dan rem). Cukup kencang untuk mobil yang cukup bongsor dan berat ini.
Ketika nyetir di Comfort mode, mobil terasa agak malas ketika di gas. Ini dikarenakan shift up nya cukup early sekali di RPM sekitar 1300-1500. Tetapi lain ceritanya ketika di Sport mode, perpindahan gigi terjadi di minimal RPM 2000 up sehingga ketika di gas agak dalam mobil terasa lebih kuat akselerasi nya.
Suara mesin nya sangat halussss dan yang paling menyenangkan ketika starter mobil. Umumnya kita pasti mendengar ‘cranking sound’ atau ‘Ngek ngek ngek Grenggg...' tapi di GLE ini ketika kita pencet tombol Start Stop button + injak rem.. Langsung Grenggg (tidak ada cranking sound sama sekali). Ini memberikan kesan sangat sangat halus dan mahal.
Untuk transmisi, perpindahan gigi nya kadang2 agak kasar ketika shift down (padahal di comfort mode dan nyetir nya santai). Tapi sepertinya memang sudah dari sono nya karena Carmudi waktu review GLE 450 coupe, dia juga sempet mention hal yg sama. Lalu yg cukup istimewa adalah ketika cruising di kecepatan tinggi RPM nya sangat rendah untuk mobil bensin non CVT.
Di 100 Km/h hanya 1400 RPM dan di 180 Km/h hanya 2500 RPM.
Konsumsi BBM nya termasuk agak boros. Sudah saya test full to full beberapa kali pemakaian hanya di dalam kota Surabaya saja yg sering kena macet dan lampu merah (driving style santai). Hasilnya 1 liter untuk 6.2 – 6.8 Km SOUND SYSTEM
Speaker nya total ada 13 dari Burmester. Suara yang dihasilkan cukup jernih hanya saja yang paling kerasa kurang di sector bass nya. Menurut saya bass di mobil ini lemah sekali dan tidak enak. Jadi paling cocok kalau mau dengerin music di mobil ini adalah music2 acoustic atau pop.
DRIVING IMPRESSION
Nyetir di dalem kota GLE ini agak kurang gesit somehow. Tetapi lain halnya ketika di tol. Mobilnya baru terasa mantep dan ‘planted’. Untuk peredaman kabin nya sangat bagus, suara dari luar terinsulasi dengan baik.
Untuk kursi GLE yang CKD ini sudah di upgrade pakai Nappa Leather, kalau yang CBU masih pake Artico Leather atau kulit sintetis. Permukaan kulit nya termasuk halus. Namun jok nya menurut saya masih tergolong keras. Posisi duduk nya cukup ergonomis dan pas buat badan saya. Dibuat untuk nyetir agak lama tidak terasa pegel atau capek.
Adaptive Cruise Control di GLE ini tergolong halus. Saya pasang melalui Eurozone. Termasuk adaptive cruise control yang paling terasa natural nge gas dan nge rem nya jika dibandingkan beberapa mobil lainnya yang saya sudah pernah coba seperti Honda HRV, Mazda 3, Mazda CX-60, Hyundai Tucson terbaru, Zenix, dll
Untuk urusan handling saya tidak terlalu mengerti banyak apakah enak sekali atau ngga karena saya bukan tipe bawa mobil yang aggressive, seruntulan sana sini ataupun zig zag gas pol rem pol. Saya lebih suka bawa mobil yang lurus2 aja karena saya lumayan sayang mobil (kalo Bahasa Surabaya nya itu ‘eman sama mobil’) haha.. Tetapi harusnya handling mobil ini average saja. Lebih cocok buat yang nyetir nya kalem2. Kalo buat aggressive driving style, BMW X5 would be the best choice.
Ok, selanjutnya saya akan share beberapa problems yang ada di mobil ini. Beberapa sudah beres dan beberapa lagi masih belum.
1. Air Conditioner
AC nya Quad zone. Suhu minimum 16 derajat dan suhu maximum 28 derajat. Fan Speed dari 1 dan 7 paling mentok. Saya biasa set di 20 derajat dan sebenernya dingin TETAPI hembusan angin nya itu kecilll sekali dibandingkan mobil2 lainnya.
Jadi begini.. Misal di Innova Reborn fan speed juga total 7. Untuk mendapatkan hembusan angin seperti di Innova speed 2, di GLE ini harus speed 4. Filter AC padahal sudah diganti beberapa bulan lalu dan saya check sendiri memang masih bersih. Oya btw filter AC nya GLE ini ada 2 ya. Dust filter (di balik kap mesin) dan Cabin Filter (di bawah laci penumpang kiri depan).
Saya sudah bawa ke dealer dan sudah di reset tapi hasilnya sama saja. Apakah semua GLE seperti itu atau ngga? Ini yang saya masih belum tau. Next saya mau coba cari unit GLE yang lain dan test blower AC nya apakah pelan juga apa ngga.
2. Bunyi ‘Krepyek krepyek / kriat kriet” di semua pintu
Yesss… ini super duper annoying! Mobil kelas begini tapi bisa bunyi2 kayak mobil tua reyot. Bunyi2 nya itu muncul ketika mobil berada di jalanan ga rata dimana ketika body mobil ke twist sedikit. Awalnya saya pake Silicone Spray semprot semua karet2 pintu tetapi hasilnya NOL. Lalu sampe pake Oli pun juga ga hilang. Dan ternyataaaa… bunyi nya itu berasal dari beludru yang berada di sepanjang bagian atas pintu ketika bersentuhan dengan body mobil. Awal nya permukaan body mobil yang bersentuhan dengan beludru saya kasih sticker PPF dan hasilnya hilang itu bunyi2 nya, tetapi hanya bertahan sekitar 1 minggu lalu mulai muncul lagi walaupun ngga separah pertama. Solusi berikutnya adalah bagian beludru itu dikasih Silicone Gel (bukan spray) dannnn BERHASIL. DEAD SILENT until now.
3. Bunyi di Kaki-Kaki
Ketika setir diputar ke kanan 360 derajat tidak sampai mentok dan mobil jalan pelan kecepatan 3-6 km/h, akan terdengar bunyi srokk srokk atau grukk grukk. Bunyi ini baru muncul kalau mobil sudah habis dipakai agak lama. Kalau habis parkir lama bunyi ini ga muncul.
Saya complain kan ke dealer mumpung warranty mobil ini masih ada, dan mereka bilang sumber bunyi dari antara 2: lower arm atau steering rack. Setelah di investigasi lebih lanjut, bunyi nya dari lower arm di bagian part no 20 (lihat di foto) itu yang perlu diganti. Setelah diganti memang hilang tapi hanya bertahan 3 hari dan sekarang kembali bunyi lagi seperti awal

Ketika hujan entah kaca atau wiper nya ini keset banget jadi jadi sapuan nya bisa lompat2 dan bunyi drrttt drrrtttt. Tetapi kalau disemprot air wiper yg ada sabun nya langsung smooth sapuan nya hanya saja ga bertahan lama lalu balik lagi bunyi2. Sudah saya complain kan ke dealer tapi mereka menolak utk penggantian wiper karena taun lalu wiper blade nya sudah diganti baru dan terbukti memang ada di history service nya.
Dealer juga sempat beralasan kaca nya pernah di coating jadi permukaan nya lebih keset. Padahal sudah saya tanyakan ke owner sebelumnya katanya kaca depan tidak pernah dicoating sama sekali.
KESIMPULAN
Menurut saya GLE 450 W167 ini secara tampilan exterior dan interior sangat baik dan memiliki karisma yang kuat. Hanya saja built quality issue yang menjadikan mobil ini memiliki minus yang cukup besar.
Saya juga sempat ngobrol2 dengan service advisor mercy, dia pun juga berpendapat yang sama mercy generasi lama lebih badak ketimbang generasi terbaru ini. Di generasi yang sekarang2 ini problem terutama di electrical dan software katanya. Ada yang mobil nya diem2 mati total ga bisa nyala padahal KM masih sangat sedikit, lalu ada juga yang sensor2 nya tiba2 error lah muncul warning malfunction di sana sini, etc. Saya jadi penasaran apakah BMW generasi terbaru seperti G series mengalami hal yang sama di reliability and built quality issue seperti di Mercy ini?
Lalu untuk nyetir sendiri saya rasa mobil ini kurang fun to drive. Saya juga punya Santa Fe TM 2022 diesel, entah kenapa kalo dibandingkan dengan GLE nyetir nya masih lebih enak Santa Fe. Lebih gesit, gas2 an nya lebih kontan, dan seakan2 lebih gampang dikendalikan. Hanya saja Santa Fe lebih ampang ketimbang GLE. Mungkin bagi orang yg nyetir sendiri BMW X5 lebih dapet utk driving feel nya
So sekian review saya mengenai Mercedes GLE 450 (W167). Happy new year to you all!