Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
carlzeiss wrote: ↑10 Dec 2024, 13:23
salah satu civic yang memang bingung mau disukain apa nya , apalagi yg ganti dari FD ke sini, tapi mau gimana pun namanya civic jempolan handlingnya. Cuman penyakitnya ya itu racksteer, kaki kaki , magnetic AC . Trakhir saya pakai FD 1 ac nya bisa auto climate sendiri, set dingin , tengah jalan berubah jadi anget
basicnya [cencored] car karena enginnenya cuma ada r series tapi kalo bisa swap K24nya CRV GEN4 bisa jadi gem kombo matic enak plus mesin yang bisa revving 7000rpm tuning dikit 200hp dapet n/a
FB salah satu project impian saya sih kalo bisa swap pake K24 asik banget pastinya ditambah CRV gen4 sama FB pasti elektroniknya dan mountingnya sama jd bisa plek plek
Nice review om. Untung engine FB ini kayanya sama ama HRV RU1.8 ya? kalo iya berarti karakter mesinnya emang gt ya, saya juga ngerasa dulu kalo baru start agak lemot tp nyampe rasio tertentu baru enak. Udah bener makanya ini mesin dipensiunin ganti jd 1.5 turbo d Civic gen baru, tarikan bawah atas joss.
Jenson wrote: ↑12 Dec 2024, 10:21
Nice review om. Untung engine FB ini kayanya sama ama HRV RU1.8 ya? kalo iya berarti karakter mesinnya emang gt ya, saya juga ngerasa dulu kalo baru start agak lemot tp nyampe rasio tertentu baru enak. Udah bener makanya ini mesin dipensiunin ganti jd 1.5 turbo d Civic gen baru, tarikan bawah atas joss.
R engine SOHC ini sebenernya rada kebalik karena dia justru pake VTEC switch eco cam yang aktif saat rpm rendah. 4000 rpm keatas itu justru vtec eco cam nya off. rada unik sebenernya ini mesin. R engine itu experimental engine makanya skrg ngga dilanjutin. tapi kalo lancar, iritnya bisa seirit GE8 matic.
tapi stop and go tetep boros, karena aktifnya waktu cruise bukan waktu berhenti ya kayak VCM lah malah jadi boros kalo stop and go. masalahnya di luar kan gak kenal stop and go 2 jam konstan kayak di wakanda
Jenson wrote: ↑12 Dec 2024, 10:21
Nice review om. Untung engine FB ini kayanya sama ama HRV RU1.8 ya? kalo iya berarti karakter mesinnya emang gt ya, saya juga ngerasa dulu kalo baru start agak lemot tp nyampe rasio tertentu baru enak. Udah bener makanya ini mesin dipensiunin ganti jd 1.5 turbo d Civic gen baru, tarikan bawah atas joss.
R engine SOHC ini sebenernya rada kebalik karena dia justru pake VTEC switch eco cam yang aktif saat rpm rendah. 4000 rpm keatas itu justru vtec eco cam nya off. rada unik sebenernya ini mesin. R engine itu experimental engine makanya skrg ngga dilanjutin. tapi kalo lancar, iritnya bisa seirit GE8 matic.
tapi stop and go tetep boros, karena aktifnya waktu cruise bukan waktu berhenti ya kayak VCM lah malah jadi boros kalo stop and go. masalahnya di luar kan gak kenal stop and go 2 jam konstan kayak di wakanda
I see. Cuman yang bikin heran, ini mesin ntah kenapa d HRV kalo macet2an dan puteran bawah lemot sih. Berasa kurang ngisi tenaganya dan transmisinya malah kaya kebingungan sndiri kadang.
Jenson wrote: ↑12 Dec 2024, 10:21
Nice review om. Untung engine FB ini kayanya sama ama HRV RU1.8 ya? kalo iya berarti karakter mesinnya emang gt ya, saya juga ngerasa dulu kalo baru start agak lemot tp nyampe rasio tertentu baru enak. Udah bener makanya ini mesin dipensiunin ganti jd 1.5 turbo d Civic gen baru, tarikan bawah atas joss.
R engine SOHC ini sebenernya rada kebalik karena dia justru pake VTEC switch eco cam yang aktif saat rpm rendah. 4000 rpm keatas itu justru vtec eco cam nya off. rada unik sebenernya ini mesin. R engine itu experimental engine makanya skrg ngga dilanjutin. tapi kalo lancar, iritnya bisa seirit GE8 matic.
tapi stop and go tetep boros, karena aktifnya waktu cruise bukan waktu berhenti ya kayak VCM lah malah jadi boros kalo stop and go. masalahnya di luar kan gak kenal stop and go 2 jam konstan kayak di wakanda
I see. Cuman yang bikin heran, ini mesin ntah kenapa d HRV kalo macet2an dan puteran bawah lemot sih. Berasa kurang ngisi tenaganya dan transmisinya malah kaya kebingungan sndiri kadang.
Experience may vary, di ane 1.8 kok startnya lebih ganas daripada yang turbo ya?
Transmisinya juga tetap smooth dan responsive.
Kalo dari berhenti, gas di toel agak dalam, langsung berasa "lompat" (in a positive way).
Kalau VSC dimatiin, start dan gas pol pasti spin walaupun ban UHP Sportmaxx.
Sama2 no remap. BBM selalu pake turbo pom 31 dari baru.
b0ku wrote: ↑12 Dec 2024, 10:07
FB salah satu project impian saya sih kalo bisa swap pake K24 asik banget pastinya ditambah CRV gen4 sama FB pasti elektroniknya dan mountingnya sama jd bisa plek plek
Langsung hajar bungkus Accord (CR2) K24 aja
Dah murah kan, 200jt kecil dah dapet
Enak lagi nyaman. Suspensi multi link. Bawa anak sama bini buat roadtrip yah pleasure able nya dpt lahh
Jenson wrote: ↑12 Dec 2024, 15:25
I see. Cuman yang bikin heran, ini mesin ntah kenapa d HRV kalo macet2an dan puteran bawah lemot sih. Berasa kurang ngisi tenaganya dan transmisinya malah kaya kebingungan sndiri kadang.
kalo FB dibanding HRV 1.8 emang lebih berat HRV 1.8 buat stop and go, cuma di tanjakan, enaknya CVT HRV itu lebih ngga gear hunting.
kadang stelan klepnya juga ngaruh. inget H itu engine nya stelan klep pabriknya blom bener. musti di adjust per 40 ribu kilometer.
zonepublic wrote: ↑16 Dec 2024, 00:14
k24A odyssey RB1 aja 197hp 6000rpm 232Nm
seingat saya ini mesin k24 terbaik yg ada beredar di indo
iya om cuman rare dan cuma varian absolute jarang dapet kalo nemu di besi tua sedangkan K24nya RM pasti banyak di junkyard secara mobilnya banyak dan ud berapa kali laka parah
mau gampang saya bisa beli RM sama FB2.0 terus tuker engine urusin registrasinya abis itu CRVnya jual jadi CRV 2.0 dengan fitur 2.4
kalo k24 ACCORD CR sama odysesy yang terakhir gak usah di aerpin lah mesin earth gak jelas itu
Jenson wrote: ↑12 Dec 2024, 10:21
Nice review om. Untung engine FB ini kayanya sama ama HRV RU1.8 ya? kalo iya berarti karakter mesinnya emang gt ya, saya juga ngerasa dulu kalo baru start agak lemot tp nyampe rasio tertentu baru enak. Udah bener makanya ini mesin dipensiunin ganti jd 1.5 turbo d Civic gen baru, tarikan bawah atas joss.
engine FB dan HRV 1.8 ini juga sama dengan FD1 kan? R18A, kalo di saya (manual) rpm bawah tenaganya terasa kopong, harus di atas 3000 rpm baru ngisi, terutama di 3rd gear, kalo mau nyalip di luar kota mesti down shift
sintoni wrote: ↑07 Dec 2024, 21:18
Nais ripiu om, ane suka banget paragraf terakhirnya. Haha.
Kalau dibaca kesimpulannya yg jadi minus utama cuma ketersediaan parts ini ya om?
Harusnya biasa kalau Honda banyak yg interchangeable parts sama model lain, masa parts kaki2 banyak yg beda sama FD om?
Beberapa parts common mesin kaya filter udara, dan barusan ganti mounting FB sharing sama FD
Kalo berbau kelistrikan sharing sama RM, kaya canbus imid dll
Kalo FD komponen steeringnya beda om, kaki kakinya beda juga
FYI racksteer FB 19.8jt, camry xv50 13jt an. Sensor speed untuk abs indent 1 bulan lebih hehe
tumben honda indent nya lama, biasa nya max bgt gk sampe 2 minggu datang barang nya.
biasanya hanya ikut jadwal pengiriman dari HPM pusat ke dealer tempat beli part.
berarti racksteer harganya naik ya, terakhir saya di tawarin 15jt. sy langganan honda m*dernl*nd jika service.
walo saya di kapuk, ttp service ke m*dernl*nd.
gk rese, oli bs bawa sendiri jg.
Jenson wrote: ↑12 Dec 2024, 15:25
I see. Cuman yang bikin heran, ini mesin ntah kenapa d HRV kalo macet2an dan puteran bawah lemot sih. Berasa kurang ngisi tenaganya dan transmisinya malah kaya kebingungan sndiri kadang.
kalo FB dibanding HRV 1.8 emang lebih berat HRV 1.8 buat stop and go, cuma di tanjakan, enaknya CVT HRV itu lebih ngga gear hunting.
kadang stelan klepnya juga ngaruh. inget H itu engine nya stelan klep pabriknya blom bener. musti di adjust per 40 ribu kilometer.
iyah, kyknya hanya honda yg tiap 40k ada setel klep.
mobil yg Toyota sy gk inget ada service stel kelp.
macem isuzu panther, 40rb sekali stel kelp.. hehehe.
iamwewe wrote: ↑27 Dec 2024, 07:36
apa efeknya ke mobil kalau nggak pernah di setel klep dari baru?
Dr pabrik dah disetel.
Nanti next nya di 40rb km or 2 thn
nah iya om, tapi kalo kita nggak pernah setel klep di km tertentu efeknya apa? jadi istilahnya mah ikut setelan pabrik aja dari awal terusssss
Klep tidak akan "ikut" setelan pabrik terus-menerus. Dia cenderung merenggang. Kalau merenggang jauh diatas clearance yang diperbolehkan nanti jarak antara rocker arm dan klepnya jadi jauh, karena ketukannya jadi jauh, suaranya jadi berisik dan bagian atas klep bisa cekung karena dihajar rocker dari jauh.
Kalau efek setelan klep renggang atau rapat selama masih dalam spesifikasi clearance, itu hal yang berbeda.
Malam semua, setelah berbulan menjadi silent reader dan commenter yang nanya doang beli kagak, kali ini saya akan berusaha untuk give something back...