Review Honda Civic FB2 AT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5558
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by b0ku »

carlzeiss wrote: 10 Dec 2024, 13:23 salah satu civic yang memang bingung mau disukain apa nya , apalagi yg ganti dari FD ke sini, tapi mau gimana pun namanya civic jempolan handlingnya. Cuman penyakitnya ya itu racksteer, kaki kaki , magnetic AC . Trakhir saya pakai FD 1 ac nya bisa auto climate sendiri, set dingin , tengah jalan berubah jadi anget :big_biglaugh: :big_biglaugh:
basicnya [cencored] car karena enginnenya cuma ada r series tapi kalo bisa swap K24nya CRV GEN4 bisa jadi gem kombo matic enak plus mesin yang bisa revving 7000rpm tuning dikit 200hp dapet n/a :mky_03:

FB salah satu project impian saya sih kalo bisa swap pake K24 asik banget pastinya ditambah CRV gen4 sama FB pasti elektroniknya dan mountingnya sama jd bisa plek plek
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Jenson »

Nice review om. Untung engine FB ini kayanya sama ama HRV RU1.8 ya? kalo iya berarti karakter mesinnya emang gt ya, saya juga ngerasa dulu kalo baru start agak lemot tp nyampe rasio tertentu baru enak. Udah bener makanya ini mesin dipensiunin ganti jd 1.5 turbo d Civic gen baru, tarikan bawah atas joss.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16525
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by ChZ »

Jenson wrote: 12 Dec 2024, 10:21 Nice review om. Untung engine FB ini kayanya sama ama HRV RU1.8 ya? kalo iya berarti karakter mesinnya emang gt ya, saya juga ngerasa dulu kalo baru start agak lemot tp nyampe rasio tertentu baru enak. Udah bener makanya ini mesin dipensiunin ganti jd 1.5 turbo d Civic gen baru, tarikan bawah atas joss.
RU 1.8 R18Z9 tenaganya 139hp torsi 169Nm
FB 1.8 R18Z1 tenaganya 141hp torsi 174Nm

R engine SOHC ini sebenernya rada kebalik karena dia justru pake VTEC switch eco cam yang aktif saat rpm rendah. 4000 rpm keatas itu justru vtec eco cam nya off. rada unik sebenernya ini mesin. R engine itu experimental engine makanya skrg ngga dilanjutin. tapi kalo lancar, iritnya bisa seirit GE8 matic.

tapi stop and go tetep boros, karena aktifnya waktu cruise bukan waktu berhenti :mky_07: ya kayak VCM lah malah jadi boros kalo stop and go. masalahnya di luar kan gak kenal stop and go 2 jam konstan kayak di wakanda :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Jenson »

ChZ wrote: 12 Dec 2024, 10:33
Jenson wrote: 12 Dec 2024, 10:21 Nice review om. Untung engine FB ini kayanya sama ama HRV RU1.8 ya? kalo iya berarti karakter mesinnya emang gt ya, saya juga ngerasa dulu kalo baru start agak lemot tp nyampe rasio tertentu baru enak. Udah bener makanya ini mesin dipensiunin ganti jd 1.5 turbo d Civic gen baru, tarikan bawah atas joss.
RU 1.8 R18Z9 tenaganya 139hp torsi 169Nm
FB 1.8 R18Z1 tenaganya 141hp torsi 174Nm

R engine SOHC ini sebenernya rada kebalik karena dia justru pake VTEC switch eco cam yang aktif saat rpm rendah. 4000 rpm keatas itu justru vtec eco cam nya off. rada unik sebenernya ini mesin. R engine itu experimental engine makanya skrg ngga dilanjutin. tapi kalo lancar, iritnya bisa seirit GE8 matic.

tapi stop and go tetep boros, karena aktifnya waktu cruise bukan waktu berhenti :mky_07: ya kayak VCM lah malah jadi boros kalo stop and go. masalahnya di luar kan gak kenal stop and go 2 jam konstan kayak di wakanda :mky_07:
I see. Cuman yang bikin heran, ini mesin ntah kenapa d HRV kalo macet2an dan puteran bawah lemot sih. Berasa kurang ngisi tenaganya dan transmisinya malah kaya kebingungan sndiri kadang. :big_think:
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: 21 Dec 2021, 00:17

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by ExorT »

Jenson wrote: 12 Dec 2024, 15:25
ChZ wrote: 12 Dec 2024, 10:33
Jenson wrote: 12 Dec 2024, 10:21 Nice review om. Untung engine FB ini kayanya sama ama HRV RU1.8 ya? kalo iya berarti karakter mesinnya emang gt ya, saya juga ngerasa dulu kalo baru start agak lemot tp nyampe rasio tertentu baru enak. Udah bener makanya ini mesin dipensiunin ganti jd 1.5 turbo d Civic gen baru, tarikan bawah atas joss.
RU 1.8 R18Z9 tenaganya 139hp torsi 169Nm
FB 1.8 R18Z1 tenaganya 141hp torsi 174Nm

R engine SOHC ini sebenernya rada kebalik karena dia justru pake VTEC switch eco cam yang aktif saat rpm rendah. 4000 rpm keatas itu justru vtec eco cam nya off. rada unik sebenernya ini mesin. R engine itu experimental engine makanya skrg ngga dilanjutin. tapi kalo lancar, iritnya bisa seirit GE8 matic.

tapi stop and go tetep boros, karena aktifnya waktu cruise bukan waktu berhenti :mky_07: ya kayak VCM lah malah jadi boros kalo stop and go. masalahnya di luar kan gak kenal stop and go 2 jam konstan kayak di wakanda :mky_07:
I see. Cuman yang bikin heran, ini mesin ntah kenapa d HRV kalo macet2an dan puteran bawah lemot sih. Berasa kurang ngisi tenaganya dan transmisinya malah kaya kebingungan sndiri kadang. :big_think:
Experience may vary, di ane 1.8 kok startnya lebih ganas daripada yang turbo ya?
Transmisinya juga tetap smooth dan responsive.
Kalo dari berhenti, gas di toel agak dalam, langsung berasa "lompat" (in a positive way).
Kalau VSC dimatiin, start dan gas pol pasti spin walaupun ban UHP Sportmaxx.

Sama2 no remap. BBM selalu pake turbo pom 31 dari baru. :big_peace:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2943
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by KielConstantine »

b0ku wrote: 12 Dec 2024, 10:07 FB salah satu project impian saya sih kalo bisa swap pake K24 asik banget pastinya ditambah CRV gen4 sama FB pasti elektroniknya dan mountingnya sama jd bisa plek plek
Langsung hajar bungkus Accord (CR2) K24 aja

Dah murah kan, 200jt kecil dah dapet :upss:

Enak lagi nyaman. Suspensi multi link. Bawa anak sama bini buat roadtrip yah pleasure able nya dpt lahh
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5558
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: 12 Dec 2024, 16:08
Langsung hajar bungkus Accord (CR2) K24 aja

Dah murah kan, 200jt kecil dah dapet :upss:

Enak lagi nyaman. Suspensi multi link. Bawa anak sama bini buat roadtrip yah pleasure able nya dpt lahh
terlalu lebar om saya ngincernya selalu mobil compact :big_biglaugh:

lagian CR mesin K24nya mesin ampas :mky_07:

earth [cencored] 174hp VS no drama engine 187hp 7000rpm dari crv gen 4 :big_smoking:

soalnya yang saya beli potensi bukan gaya atau kemewahan :big_grin:

liat aja ini om





ketauan lah asikan yang mana :big_grin:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16525
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by ChZ »

Jenson wrote: 12 Dec 2024, 15:25
I see. Cuman yang bikin heran, ini mesin ntah kenapa d HRV kalo macet2an dan puteran bawah lemot sih. Berasa kurang ngisi tenaganya dan transmisinya malah kaya kebingungan sndiri kadang. :big_think:
kalo FB dibanding HRV 1.8 emang lebih berat HRV 1.8 buat stop and go, cuma di tanjakan, enaknya CVT HRV itu lebih ngga gear hunting.

kadang stelan klepnya juga ngaruh. inget H itu engine nya stelan klep pabriknya blom bener. musti di adjust per 40 ribu kilometer.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by zonepublic »

b0ku wrote: 12 Dec 2024, 19:17

terlalu lebar om saya ngincernya selalu mobil compact :big_biglaugh:

lagian CR mesin K24nya mesin ampas :mky_07:

earth [cencored] 174hp VS no drama engine 187hp 7000rpm dari crv gen 4 :big_smoking:

soalnya yang saya beli potensi bukan gaya atau kemewahan :big_grin:

liat aja ini om





ketauan lah asikan yang mana :big_grin:
k24A odyssey RB1 aja 197hp 6000rpm 232Nm
seingat saya ini mesin k24 terbaik yg ada beredar di indo
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5558
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by b0ku »

zonepublic wrote: 16 Dec 2024, 00:14 k24A odyssey RB1 aja 197hp 6000rpm 232Nm
seingat saya ini mesin k24 terbaik yg ada beredar di indo
iya om cuman rare dan cuma varian absolute jarang dapet kalo nemu di besi tua sedangkan K24nya RM pasti banyak di junkyard secara mobilnya banyak dan ud berapa kali laka parah :mky_03:

mau gampang saya bisa beli RM sama FB2.0 terus tuker engine urusin registrasinya abis itu CRVnya jual jadi CRV 2.0 dengan fitur 2.4 :big_grin:

kalo k24 ACCORD CR sama odysesy yang terakhir gak usah di aerpin lah mesin earth gak jelas itu :mky_07:
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: 25 Jan 2017, 08:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by levofloxacine »

Jenson wrote: 12 Dec 2024, 10:21 Nice review om. Untung engine FB ini kayanya sama ama HRV RU1.8 ya? kalo iya berarti karakter mesinnya emang gt ya, saya juga ngerasa dulu kalo baru start agak lemot tp nyampe rasio tertentu baru enak. Udah bener makanya ini mesin dipensiunin ganti jd 1.5 turbo d Civic gen baru, tarikan bawah atas joss.
engine FB dan HRV 1.8 ini juga sama dengan FD1 kan? R18A, kalo di saya (manual) rpm bawah tenaganya terasa kopong, harus di atas 3000 rpm baru ngisi, terutama di 3rd gear, kalo mau nyalip di luar kota mesti down shift
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: 26 May 2009, 20:52

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Kent »

Felixz_Yaris wrote: 07 Dec 2024, 21:50
sintoni wrote: 07 Dec 2024, 21:18 Nais ripiu om, ane suka banget paragraf terakhirnya. Haha.

Kalau dibaca kesimpulannya yg jadi minus utama cuma ketersediaan parts ini ya om?

Harusnya biasa kalau Honda banyak yg interchangeable parts sama model lain, masa parts kaki2 banyak yg beda sama FD om?
Beberapa parts common mesin kaya filter udara, dan barusan ganti mounting FB sharing sama FD
Kalo berbau kelistrikan sharing sama RM, kaya canbus imid dll
Kalo FD komponen steeringnya beda om, kaki kakinya beda juga
FYI racksteer FB 19.8jt, camry xv50 13jt an. Sensor speed untuk abs indent 1 bulan lebih hehe :mky_06:
tumben honda indent nya lama, biasa nya max bgt gk sampe 2 minggu datang barang nya.
biasanya hanya ikut jadwal pengiriman dari HPM pusat ke dealer tempat beli part.

berarti racksteer harganya naik ya, terakhir saya di tawarin 15jt. sy langganan honda m*dernl*nd jika service.
walo saya di kapuk, ttp service ke m*dernl*nd.
gk rese, oli bs bawa sendiri jg.
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: 26 May 2009, 20:52

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Kent »

ChZ wrote: 13 Dec 2024, 10:00
Jenson wrote: 12 Dec 2024, 15:25
I see. Cuman yang bikin heran, ini mesin ntah kenapa d HRV kalo macet2an dan puteran bawah lemot sih. Berasa kurang ngisi tenaganya dan transmisinya malah kaya kebingungan sndiri kadang. :big_think:
kalo FB dibanding HRV 1.8 emang lebih berat HRV 1.8 buat stop and go, cuma di tanjakan, enaknya CVT HRV itu lebih ngga gear hunting.

kadang stelan klepnya juga ngaruh. inget H itu engine nya stelan klep pabriknya blom bener. musti di adjust per 40 ribu kilometer.
iyah, kyknya hanya honda yg tiap 40k ada setel klep.
mobil yg Toyota sy gk inget ada service stel kelp.

macem isuzu panther, 40rb sekali stel kelp.. hehehe.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16525
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by ChZ »

Kent wrote: 25 Dec 2024, 15:22

iyah, kyknya hanya honda yg tiap 40k ada setel klep.
mobil yg Toyota sy gk inget ada service stel kelp.

macem isuzu panther, 40rb sekali stel kelp.. hehehe.
sampe angkatan yg turbo juga stel klep. kaget saya waktu dikasih tau.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12255
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 26 Dec 2024, 09:52
Kent wrote: 25 Dec 2024, 15:22

iyah, kyknya hanya honda yg tiap 40k ada setel klep.
mobil yg Toyota sy gk inget ada service stel kelp.

macem isuzu panther, 40rb sekali stel kelp.. hehehe.
sampe angkatan yg turbo juga stel klep. kaget saya waktu dikasih tau.
klo HEV setel klep jg gak yah?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16525
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 26 Dec 2024, 09:54
klo HEV setel klep jg gak yah?
LFA1 engine? masih kyknya. basenya R series.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12255
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 26 Dec 2024, 10:04
Suryaputra wrote: 26 Dec 2024, 09:54
klo HEV setel klep jg gak yah?
LFA1 engine? masih kyknya. basenya R series.
yes lfa1
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: 21 Dec 2021, 00:17

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by ExorT »

ChZ wrote: 26 Dec 2024, 09:52
Kent wrote: 25 Dec 2024, 15:22

iyah, kyknya hanya honda yg tiap 40k ada setel klep.
mobil yg Toyota sy gk inget ada service stel kelp.

macem isuzu panther, 40rb sekali stel kelp.. hehehe.
sampe angkatan yg turbo juga stel klep. kaget saya waktu dikasih tau.
apa stel klep ini juga prosedur yg umum di beres honda ya?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12255
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Suryaputra »

ExorT wrote: 26 Dec 2024, 12:43
ChZ wrote: 26 Dec 2024, 09:52
Kent wrote: 25 Dec 2024, 15:22

iyah, kyknya hanya honda yg tiap 40k ada setel klep.
mobil yg Toyota sy gk inget ada service stel kelp.

macem isuzu panther, 40rb sekali stel kelp.. hehehe.
sampe angkatan yg turbo juga stel klep. kaget saya waktu dikasih tau.
apa stel klep ini juga prosedur yg umum di beres honda ya?
umum koq di beres
sy prnh 1x setel klep brio dan mobilio

presisi mereka ngencengin bautnya pk kunci torsi tohnici (made in japan)
jd gak asal ngencengin baut.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: 21 Dec 2021, 00:17

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by ExorT »

Suryaputra wrote: 26 Dec 2024, 14:35
umum koq di beres
sy prnh 1x setel klep brio dan mobilio

presisi mereka ngencengin bautnya pk kunci torsi tohnici (made in japan)
jd gak asal ngencengin baut.
Thanks info nya Om
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1138
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by iamwewe »

apa efeknya ke mobil kalau nggak pernah di setel klep dari baru?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12255
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: 27 Dec 2024, 07:36 apa efeknya ke mobil kalau nggak pernah di setel klep dari baru?
Dr pabrik dah disetel.
Nanti next nya di 40rb km or 2 thn
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1138
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: 27 Dec 2024, 07:45
iamwewe wrote: 27 Dec 2024, 07:36 apa efeknya ke mobil kalau nggak pernah di setel klep dari baru?
Dr pabrik dah disetel.
Nanti next nya di 40rb km or 2 thn
nah iya om, tapi kalo kita nggak pernah setel klep di km tertentu efeknya apa? jadi istilahnya mah ikut setelan pabrik aja dari awal terusssss
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12255
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: 27 Dec 2024, 11:43
Suryaputra wrote: 27 Dec 2024, 07:45
iamwewe wrote: 27 Dec 2024, 07:36 apa efeknya ke mobil kalau nggak pernah di setel klep dari baru?
Dr pabrik dah disetel.
Nanti next nya di 40rb km or 2 thn
nah iya om, tapi kalo kita nggak pernah setel klep di km tertentu efeknya apa? jadi istilahnya mah ikut setelan pabrik aja dari awal terusssss
Gak sesuai setelan pabrik, krn over the time, bisa loose dan gak sesuai rentang spec kerapatan klep.

Detil akibatnya di sini
https://www.astra-honda.com/community/n ... k-maksimal

Atau tny ke mbah marmut, ahli dalam memijit.. Eh..nyetel klep

Prinsip kerjanya sama koq :mky_03:


:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 666
Joined: 28 Sep 2018, 08:31

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by saturday »

iamwewe wrote: 27 Dec 2024, 11:43
Suryaputra wrote: 27 Dec 2024, 07:45
iamwewe wrote: 27 Dec 2024, 07:36 apa efeknya ke mobil kalau nggak pernah di setel klep dari baru?
Dr pabrik dah disetel.
Nanti next nya di 40rb km or 2 thn
nah iya om, tapi kalo kita nggak pernah setel klep di km tertentu efeknya apa? jadi istilahnya mah ikut setelan pabrik aja dari awal terusssss
Klep tidak akan "ikut" setelan pabrik terus-menerus. Dia cenderung merenggang. Kalau merenggang jauh diatas clearance yang diperbolehkan nanti jarak antara rocker arm dan klepnya jadi jauh, karena ketukannya jadi jauh, suaranya jadi berisik dan bagian atas klep bisa cekung karena dihajar rocker dari jauh.

Kalau efek setelan klep renggang atau rapat selama masih dalam spesifikasi clearance, itu hal yang berbeda.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post