karena bosen banget sama ni mobil sama pinggang suka sakit kalo duduk 1jaman di mobil, iseng iseng buka mobil123 dan ngeliat kalo c200 amg line ini uda turun mayan jauh (cash di 4xx gede, km dibawah 30000km). ada liat unit cocok dan langsung datengin itu showroom. Test drive, suka, booking fee lalu janjian untuk GCU
(hasil foto dari submit untuk inspeksi asuransi
untuk ban, belang depan 7,5 inch belakang 8,5 inch. bannya dapet conti mc6 225/45 r18 dan 245/40 r18. Buset ini dry dan wet grip nya mantep banget, nyalip di tol kiri kanan berasa nempel sama aspal. masih tergolong comfortable jg karena ga berasa keras sama skali (tekanan 36 rata).
kalo untuk rims nya standar 5spoke gunmetal amg line w205 prefacelift, masih tergolong berat karena sepertinya cast wheel di sekitar 11-12 kg per piece. tapi designnya top markotop
di review ini gabakal bahas fitur fitur yang lagi dijual banget sama sales sekarang apalagi di mobcin ev karna saya ga gitu peduli (nice to have tapi gaada jg gapapa) tapi memang nyari mobil yang bisa enak dipake harian, bisa diajak ngebut hayo, atau jalan santai juga oke. nvh bagus dan handling + responsiveness mesin + transmisi mantep itu lebih penting buat saya
oh ya ini pertama kalinya beli dan melihara mobil eropa pake duit sendiri jadi suka dan duka nya bakal jauh lebih 'berasa' dibanding pake punya ortu hahaha
petualangan dimulai:
gcu selesai dan dinyatain mobil sehat (di scan pake xentry) dan ga muncul fault apa apa. Dikasih tau cuman bushing di kaki kaki uda pada getas aja dan memang lumrah untuk mobil uda diatas 5. tahun. Abis gcu lgsg pelunasan dan langsung bawa balik mobil hari berikutnya. Pertama kali nyobain bawa di tol kunciran - soetta, kaget banget karena rasanya bener bener nempel sama tanah (biasa pake truk mental mental badannya). Tarikan juga bener bener effortless di comfort mode, dan di sport+ mode langsung jadi gahar banget (nahan rpm di 2500-4000an terus)
honeymoon period ga berlangsung lama. 2 hari kemudian, karena iseng sekali lagi coba ngegeber di tol sampe rpm 4000+ lebih, jeng jeng muncul check engine. Kaget langsung melambat dan kepinggir jalan untuk liat kenapa. mesin jadi pincang pas idle (kasar) tapi abis mobil dimatiin dan nyalain alus lagi mobilnya
besoknya komplain ke showroom dan di refer ke spesialis merc di daerah gs. setelah di scan, ketauan ada misfire di cylinder 2 dicoba erase code berhasil, tapi pas di geber lagi sampe rpm 4000+ pincang lagi. Montirnya jago langsung diagnosa kalo ini injectornya uda ga bener dan lgsg ganti injector no 2 hari itu jg
kelar langsung tes di tol kunciran- soetta lagi. kali ini sampe rpm hampir redline mesin aman dan idle uda ga pincang. Dc kira kira 8.5an tapi ditanggung penjual (jos gandos penjualnya)
selesai dari ini belom kelar. 2 hari kemudian pas baru cold start dan baru keluar dr rumah, tiba tiba muncul indikator radiator. Gejalanya mesin panas temp naik terus. awalnya kirain air radiatornya abis tau taunya masih penuh. di scan dan di diagnosa sama si montir kalo waterpumpnya rusak. pas dileas ternyata bener aja kipas nya uda berat banget itu waterpump
kelar ganti, isi cairan radiator ulang dan pakai muter muter, sehat.
uda semingguan pakai, masih aman dan gaada gejala aneh aneh lagi. semoga awet deh sampe at least setahun ya, cape ngebengkel mulu hahahaha. oh iya ini juga masih ditanggung sama penjual, dc di 7 jutaan
buat yang mau dibisikin nama showroomnya, pm aja. very recommended karena penjualnya tanggung jawab dan baik
so far baru dipakai muter muter kota dan isi v power aja, enak banget mobilnya cuman kadang kalo lewatin poldur atau ramp yang rada ga sesuai spek dan ngebut dikit bisa gasruk bawah (setelah ban depan lewat) sisanya top banget. bakal dijadiin daily driver dan di abuse karena bener bener comfortable hahaha
sekian review singkatnya, thank you buat yang uda baca