Renault Kiger RXZ tahun 2021
Posted: Tue Nov 05, 2024 16:37
Salam kenal, mau share mobil kerja yang baru diangkut bekasnya di juni 2024, yaitu Renault Kiger RXZ tahun 2021
Rencana mau beli Mobil Micro SUV bekas tahun 2020 keatas agar minim masalah + libas jalan jelek di tempat kerja, sudah cek opsi :
- Toyota Raize Turbo GR CVT tahun 2021
- Daihatsu Rocky Turbo R CVT tahun 2021
- Kia Sonet Premiere CVT tahun 2021
- Nissan Magnite Premium CVT tahun 2021
- Honda WR-V RS CVT tahun 2022
- Subaru Rex CVT tahun 2021 (yang ini mah kayanya ga masuk indo, sama kembaran juga dengan Raize Rocky)
dari pilihan diatas, memang hati di Honda WR-V RS tapi harga bekasnya paling mahal dan bahkan trim terendah E belum ada yang dibawah 200 juta, maklum karena WR-V tahun paling muda. Sedangkan Nissan Magnite dan Kia Sonet yang saya harap ambles bekasnya karena bukan merek yang umum ternyata masih diluar budget. Walaupun Raize turbo saya tidak banyak berharap karena bekasnya pasti masih tinggi, tapi diluar dugaan ternyata Rocky turbo juga susah untuk cari dibawah 150 juta.
Karena Raize / Rocky bekasnya paling mendekati, sempat terpikir apa saya downgrade ke trim dan mesin termurah yakni 1.2 N/A dan transmisi manual agar bekasnya bisa dapat dibawah 150 juta, apalagi belum biaya perbaikan + servis + rapiin mobil. Sempet juga liat kembali Magnite dan Sonet yang trim paling rendah apa bisa masuk budget
Tiba2 entah kenapa lagi random browsing sambil cari informasi calon mobil kerja diatas, ada baca di hasil search di forum serayamotor mengenai Kiger yang kembarannya Magnite, tapi tidak ada informasi lebih lanjut. Inisiatif nanya ke teman yang ngerti mobil dan cari iklan bekasnya. Ternyata ada yang jual dan kebetulan warna mobilnya cocok dengan yang saya mau (Biru, Hitam atau Merah). Sayangnya mobil PT alias mobil perusahaan yang sudah pasti capek dan km memang tinggi, sudah 25.000 km tapi berhubung emang mau dipakai buat tempur kerja ya sudah diangkut saja.
Singkatnya alasan ngambil Renault Kiger RXZ tahun 2021 :
- Harga bekasnya paling murah karena budget saya sangat terbatas yakni dibawah 145 juta
- Dikasih tahu teman yang ngerti mobil, sparepart sama dengan Nissan Magnite, karena saya orang awam ya percaya aja
Kendala Renault Kiger RXZ tahun 2021 setelah lebih dari 4 bulan pemakaian :
- Tidak diterima BeRes Nissan karena Renault sudah pindah dari Indomobil ke Maxindo, tapi berkat bantuan member Magnity bisa servis di BeRes Nissan Sunter Indomobil
- Rem belakang bunyi layaknya truk atau bus, akhirnya tromol dibersihkan dan sementara bunyi sudah hilang
- Cakram rem depan bergelombang imbas kampas depan terlalu keras, kemungkinan servis berikutnya akan ganti Cakram rem depan + Kampas rem depan yang sudah diupdate / diperbaharui
- Stabilizer bunyi krek ketika jalan U-Turn perlahan. Akhirnya ganti bushing stabilizer dari Nissan Magnite ( Kiger Magnite = Raize Rocky Rex) dan sudah tidak bunyi lagi ketika U-Turn perlahan
- Bantingan shock lemah padahal baru 3 tahun, apa mungkin pemakai sebelumnya kasar tapi dengan feedback dari para member Magnity emang Magnite pun shocknya cepat lemah dan banyak yang sudah claim di masa garansi
- Head Unit terkadang putus koneksi sendiri ketika Apple Carplay atau Android Auto, tidak tahu kenapa dan sangat random putusnya
Ga sangka jadi ambil mobil kerja Renault Kiger karena imbas hasil search acak Magnite dan Raize di forum SerayaMotor
Berikut penampakan mobil kerjanya :
Km pas diangkut, ga nyangka mobil murah beginian ada driving mode juga, padahal kepake juga Ini pas diisi Pertamax Turbo + jalan kerja rute tol Jakarta - Serang, tapi kok kayanya MID ga akurat alias bikin seneng doang Diservis di BeRes Nissan Sunter Interior pasang Ambient Lighting + Wireless Charger + Cup Holder aksesoris OEM Renault Kiger, soalnya aneh console box tengah gede tapi kok bisa ga ada cup holder, apalagi sodara dan rivalnya semua ada cup holder Overall mobil kerja tahun 2021 dengan budget dibawah 145 juta, saya tidak bisa berharap banyak, yang terpenting :
- hemat bensin soalnya ngisinya aja udah Pertamax Turbo, klo boros ya rugi bandar
- cukup tinggi untuk lewat jalan rusak menuju tempat kerja
- servis dan harga part terjangkau walaupun di BeRes
- pajak tahunan bersahabat
- bisa wireless apple carplay + android auto biar ga suntuk pas pulang pergi kerja
Sayangnya Kiger tahun 2021 tidak ada TPMS seperti kembarannya Magnite dan hanya ada di Kiger tahun 2023 tapi saya belum ketemu ada yang jual Kiger tahun 2023 keatas. Mau retrofit tapi selain takut harga part + modul + sensornya mahal (tapi kayanya sama juga dengan Magnite), disini siapa yang bisa program untuk retrofit ??
Rencana mau beli Mobil Micro SUV bekas tahun 2020 keatas agar minim masalah + libas jalan jelek di tempat kerja, sudah cek opsi :
- Toyota Raize Turbo GR CVT tahun 2021
- Daihatsu Rocky Turbo R CVT tahun 2021
- Kia Sonet Premiere CVT tahun 2021
- Nissan Magnite Premium CVT tahun 2021
- Honda WR-V RS CVT tahun 2022
- Subaru Rex CVT tahun 2021 (yang ini mah kayanya ga masuk indo, sama kembaran juga dengan Raize Rocky)
dari pilihan diatas, memang hati di Honda WR-V RS tapi harga bekasnya paling mahal dan bahkan trim terendah E belum ada yang dibawah 200 juta, maklum karena WR-V tahun paling muda. Sedangkan Nissan Magnite dan Kia Sonet yang saya harap ambles bekasnya karena bukan merek yang umum ternyata masih diluar budget. Walaupun Raize turbo saya tidak banyak berharap karena bekasnya pasti masih tinggi, tapi diluar dugaan ternyata Rocky turbo juga susah untuk cari dibawah 150 juta.
Karena Raize / Rocky bekasnya paling mendekati, sempat terpikir apa saya downgrade ke trim dan mesin termurah yakni 1.2 N/A dan transmisi manual agar bekasnya bisa dapat dibawah 150 juta, apalagi belum biaya perbaikan + servis + rapiin mobil. Sempet juga liat kembali Magnite dan Sonet yang trim paling rendah apa bisa masuk budget
Tiba2 entah kenapa lagi random browsing sambil cari informasi calon mobil kerja diatas, ada baca di hasil search di forum serayamotor mengenai Kiger yang kembarannya Magnite, tapi tidak ada informasi lebih lanjut. Inisiatif nanya ke teman yang ngerti mobil dan cari iklan bekasnya. Ternyata ada yang jual dan kebetulan warna mobilnya cocok dengan yang saya mau (Biru, Hitam atau Merah). Sayangnya mobil PT alias mobil perusahaan yang sudah pasti capek dan km memang tinggi, sudah 25.000 km tapi berhubung emang mau dipakai buat tempur kerja ya sudah diangkut saja.
Singkatnya alasan ngambil Renault Kiger RXZ tahun 2021 :
- Harga bekasnya paling murah karena budget saya sangat terbatas yakni dibawah 145 juta
- Dikasih tahu teman yang ngerti mobil, sparepart sama dengan Nissan Magnite, karena saya orang awam ya percaya aja
Kendala Renault Kiger RXZ tahun 2021 setelah lebih dari 4 bulan pemakaian :
- Tidak diterima BeRes Nissan karena Renault sudah pindah dari Indomobil ke Maxindo, tapi berkat bantuan member Magnity bisa servis di BeRes Nissan Sunter Indomobil
- Rem belakang bunyi layaknya truk atau bus, akhirnya tromol dibersihkan dan sementara bunyi sudah hilang
- Cakram rem depan bergelombang imbas kampas depan terlalu keras, kemungkinan servis berikutnya akan ganti Cakram rem depan + Kampas rem depan yang sudah diupdate / diperbaharui
- Stabilizer bunyi krek ketika jalan U-Turn perlahan. Akhirnya ganti bushing stabilizer dari Nissan Magnite ( Kiger Magnite = Raize Rocky Rex) dan sudah tidak bunyi lagi ketika U-Turn perlahan
- Bantingan shock lemah padahal baru 3 tahun, apa mungkin pemakai sebelumnya kasar tapi dengan feedback dari para member Magnity emang Magnite pun shocknya cepat lemah dan banyak yang sudah claim di masa garansi
- Head Unit terkadang putus koneksi sendiri ketika Apple Carplay atau Android Auto, tidak tahu kenapa dan sangat random putusnya
Ga sangka jadi ambil mobil kerja Renault Kiger karena imbas hasil search acak Magnite dan Raize di forum SerayaMotor
Berikut penampakan mobil kerjanya :
Km pas diangkut, ga nyangka mobil murah beginian ada driving mode juga, padahal kepake juga Ini pas diisi Pertamax Turbo + jalan kerja rute tol Jakarta - Serang, tapi kok kayanya MID ga akurat alias bikin seneng doang Diservis di BeRes Nissan Sunter Interior pasang Ambient Lighting + Wireless Charger + Cup Holder aksesoris OEM Renault Kiger, soalnya aneh console box tengah gede tapi kok bisa ga ada cup holder, apalagi sodara dan rivalnya semua ada cup holder Overall mobil kerja tahun 2021 dengan budget dibawah 145 juta, saya tidak bisa berharap banyak, yang terpenting :
- hemat bensin soalnya ngisinya aja udah Pertamax Turbo, klo boros ya rugi bandar
- cukup tinggi untuk lewat jalan rusak menuju tempat kerja
- servis dan harga part terjangkau walaupun di BeRes
- pajak tahunan bersahabat
- bisa wireless apple carplay + android auto biar ga suntuk pas pulang pergi kerja
Sayangnya Kiger tahun 2021 tidak ada TPMS seperti kembarannya Magnite dan hanya ada di Kiger tahun 2023 tapi saya belum ketemu ada yang jual Kiger tahun 2023 keatas. Mau retrofit tapi selain takut harga part + modul + sensornya mahal (tapi kayanya sama juga dengan Magnite), disini siapa yang bisa program untuk retrofit ??