Toyota Alphard 2nd Gen ANH20 tahun 2012 pre-facelift trim X
(pake velg & ban Trim X memang terlihat katro)
Sept 2024 beli dari user di harga Rp158 juta namun perlu BBN & utang PKB 2 tahun, di tahun 2024 cek di website https://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_NJKB NJKB masih di angka Rp263 juta sehingga setor ke dispenda Jakarta via biro jasa sekitar 15 juta
Trim X dari Importir Umum ini udah dijahitin faux leather (entah dari showroom atau user sblmnya) yang kalau ketemu jalan jelek krn saling bergesek leathernya jadi ada backsound kriyet-kriyet.
Harga relative miring karena trim X ini kurang populer dengan spec:
- jok driver; recline, maju mundur, naik turun, tuas manual
- jok penumpang depan; recline, maju mundur, tuas manual
- jok baris kedua; bench seat 2:1 dengan arm rest di kanan kiri dan di bagian tengah, recline, maju mundur, dudukan jok bisa lipat atas, tuas manual
(utamanya harga, tapi memang ngincer bench seat untuk bawa anak bocah duduk sama maminya di tengah, jadi ya captain seat atau pilot seat ala bos -krn memang blm jadi bos- kalah dulu dengan kenyamanan anak)
- jok baris ketiga; idem kayak trim G, V, Premium Sound, dll yang lebih mahal dan populer
- audioless
- setir dengan audio steering switch, display button & mode button utk MID
- tidak ada bluetooth telephony
- tidak ada cruise control
(lingkar setir juga tidak terbungkus apapun, tapi mayan sih bisa naek turun volume & toggle MID)
- double moonroof
- double Power Sliding Door (tapi yg kanan udah rusak) > ndilalah ANH20 ini tombol power utk PSD satu tombol utk kanan kiri, jadinya sliding full manual deh macam Luxio, tapi untungnya ada system vacuum yg masih bekerja
- all auto power window (sisi driver udah rusak)
- power retract side mirror
- sunvisor dengan vanity mirror driver & passenger dengan lampu (penting buat nyonya pake make-up di mobil, -tapi yg driver udah rusak, harus ganti-)
- 4 airbags
- ABS & Vehicle Stability Control (VSC)
- parking sensor 4 titik (depan belakang)
- velg R16
- ban 215/65 R16
(R16 di body gambot ini emang bikin keliatan katro)
mesin: 2AZ-FE yang katanya sih udah ada improvement post-2010/2011 (tapi blm ada referensi lagi selain tulisan orang di forum) > issuenya perkara desain ring piston yang bikin mesin diatas 80 rb km mulai boros konmsumsi oli
transmisi: 7-speed Super CVT-i buatan Aisin (K112) https://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_K_ ... ssion#K112
=================================
Jajan Pertama:
- Aki GS Calcium 65 Ampere - Rp1,6 juta
- repair Dinamo Starter - Rp1,3 juta
- ganti Oli Pertamina Fastron Gold 5W-30 API SN - 4 liter Rp380 rb (Viskositas sesuai masukan di thread Oli + incer harga diskon)
- home service mekanik Plaza Toyota Rp3,2 juta
> ganti filter CVT
> ganti gasket karter CVT
(masih lumayan gram besi tidak terlalu banyak)
> carbon clean ruang bakar & cleaning Throttle Body (T/B & ruang busi disemprot pake DCS Engine Conditioner, lalu disedot)
> CVT-F Toyota FE 1 galon
> instalasi bohlam2 LED aftermarket
- lampu nopol T10
- lampu senja brakelamp T10 merah
- lampu mundur T16
(modif yg lumayan bikin color temp di malam hari terkesan modern meski mobil lawas)
- lampu senja headlamp T10
- lampu foglamp H11
- lampu hi-beam HB3
- lampu lo-beam (projector HID, bohlam DS4) > sayangnya udah diganti LED cungko sama user sblmnya, mau jajan ballast OEM + bohlam DS4 lumayan juga atau nekat retrofit Bi-LED aftermarket dengan bobok2 headlamp mengandalkan skill teknisi lampu retrofit
Jajan Kedua:
- pasang setir ANH20 Premium Sound Rp4 juta
> cruise control
> bluetooth telephony
> pasang + coding cruise control di Up JDM Garage, Kelapa Gading - Rp1,5 jt (lumayan sih nih, utamanya Cruise Control krn emang niat utk road trip tol Jawa)
Jajan Ketiga:
- Inti Speed Jl. Raya Bogor - Rp1,2 jt
> injector cleaning bypass cairan ke fuel rail
> ganti gasket Catalytic Converter to Centre Pipe
> ganti gasket Exhaust Manifold
(service ini krn ada bunyi kretek2 pas lagi idle masuk ke R atau D yg dari analisa mekanik home service dari area gasket besi beradu, untungnya tidak terdengar dari CVT, yg mana pas ganti filter CVT, gram2 besi di 3 magnet di carter CVT tidak terlalu banyak)
- service sliding door (ganti dinamo actuator) di spesialis Nissan Jl. Raya Bogor - Rp600 rb (eh tapi ternyata motor PSD yang udah rusak juga) jadi sia-sia deh service Actuator, jajan PSD bisa sampe 11 jt jadi skip lah, saat ini cukup content dengan sliding manual aja gpp, yg penting vacuum masih fungsi normal
non-jajan:
- dapet lungsuran tuas matic Premium Sound 2009 (ada wood panelnya)
- dapet lungsuran Power Window Switch merk Becker (led nya emang beda sama ori, mirip kayak Kijang SGX tahun 1995 punya bokap)
- dapet pinjeman velg Premium Sound 2009 R17 + ban 215/60 R17 GT Radial Savero SUV
(hoki punya kawan meliara ANH20 juga tapi doyan modif, jadi bisa dapet lungsuran velg OEM dengan ban anyar, minimal emang kudu pake R17 dengan profile diatas, paling cakep ya tentu trim S dgn profil ban 235/50 R18 yaa)
dari hasil riset:
- oli 5W-30 atau kalau nekat mau encer 0W-20 (ini kayaknya next OCI mau coba 0W-20 sambil cek penguapannya compare sama 5W-30)
- CVT-F type FE (belum cek yg comply apa aja, asumsi Aisin CFT-V CFEx comply krn CVT nya juga buatan Aisin)
- kompresi 9,8:1 harusnya cukup pake RON 90, saat ini lagi coba full to full Vivo 95, next kalau gak Vivo 90 di weekend atau cukup Pertalite sulfur 500 ppm murmercrot aja buat weekdays jemput anak jadi genset
common issue:
- check engine nyala + VSC Off kedap kedip, udah 3x coba reset scan gak berhasil, sementara bisa hilang ketika copot Catalytic harus lepas O2 Sensor di Exhaust Manifold, mudah2an gak muncul lagi
- balancer shaft di atas 100 rb km biasanya udah bikin suara krrrkkk krrkkk saat masuk R atau D > estimasi di Rp4 juta sudah termasuk jasa
- weather strip / pelipit sudah minta jajan
- karet2 pintu mulai getas / robek
(ini yg emang jadi budget concern utk meliara unit CBU harga miring, jajannya ya mayan tapi harusnya ini slow moving parts sehingga jajan sekali ya bisa tahan 5-8 tahun)
penggunaan 2 minggu:
- konsumsi bensin macet dalkot jadi genset di MID 1:5
- konsumsi bensin tol cruising 90-100 km/h di MID 1:14
- konsumsi bensin extra urban saat ini di MID 1:8,6
hasil full to full:
- isi full RON95 di Vivo Pasteur
(ternyata overkill pake RON95, gpp lah ngincer fuel system cleaning aja dulu pake bensin sulfur mudah2an under 50 ppm, gak kayak Pertamax yg mirip2 kayak Pertalite kandungan sulfurnya 500 ppm)
- muter2 bandung
- tol turunan Bandung - Jakarta + cruising santai di MBZ 100 km/jam
- dalkot macet2 Jakarta jadi genset jemput anak
tripmeter 380 km
isi sampe luber di 39 liter RON90 di Vivo Pancoran = 1:9.7 untuk rute di atas
verdict:
- DC kurang lebih Rp186 juta-an, PKB Jakarta non-progresif per tahun Rp5 jt, asuransi all risk per tahun Rp5 jt
(dan krn tahun 2012 masih bisa "sekolah" buat sy yg masih ngandelin financing utk beli mobil)
- mobil 12 tahun, trim terbawah, modif OEM plus
bini + 3 anak under 9 tahun duduk sangat nyaman & lega
(meski buat tinggi 175 cm keatas, berasa sih bedanya bench seat sama pilot seat)
panjang dudukan pantat secara kasat mata lebih pendek dibanding jok 2nd row Serena C26)
2nd row bench seat bisa jadi tempat tidur bini mangku anak usia 3 tahun & 6 tahun
3rd row bisa angkut 2 bedinde cukup nyaman, tinggal majuin 2nd row dikit aja tapi tetep lega di 2nd row
bagasi bisa bawa stroller & gembolan dengan lega + pulang dari mall masih bisa masukin belanjaan (tapi emang kalah sama C26 yg punya kompartemen tambahan di area bagasi) > ini krn area ini dipake Alphard buat naroh ban serep space saver, C26 tarohnya di area tengah
- mode ngangkut 5 pax, 2nd row luar biasa lega dengan dimundurin mentok, 3rd row juga masih masuk akal gak sempit2 bgt kayak SUV yg dipaksain punya 3rd row
- krn bench seat 2:1, gesekan antara bangku 2 seater + 1 seater apalagi udah pake faux leather mayan ganggu
- anak2 gak bisa leluasa pindah dari 2nd row ke 3rd row
- cukup 1 tuas utk majuin 1 seater / 2 seater guna akses ke 3rd row, ada juga tuas injekan kaki dari 3rd row kalau mau majuin bangku 2nd row
- unit 2012 non-facelift ini hanya ada MID yg masih sangat simple, dan hanya pake bahasa kanji jepang, hasil asumsi yg bisa diliat adalah:
range bensin
konsumsi km/l actual
konsumsi average km/l per reset manual pencet tombol display
konsumsi average km/l (kayaknya per reset copot aki)
semoga membantu yang lagi cari referensi family car..
