Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

whitehorse4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 590
Joined: 02 Oct 2017, 06:00

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by whitehorse4 »

josomba wrote: 07 Oct 2024, 20:03
whitehorse4 wrote: 04 Oct 2024, 21:32
siipp omm, bendix bisa jadi pilihan berarti yah.. soal d forum luar pada rekomen either akebono atau brembo

soal busi.. dari dulu sih kendaraan apapun biasa pake ngk & denso gapernah coba2 yg laen.

kalau di cx5 yg sy baca2 yg kompatibel ada NGK ILKAR7L11 sama DENSO IXEH22TT, antara keduanya bakal terasa jauh gak ya perbedaannya?
Ngk ilkar7l11 tuh sama aja ama oem. Itu ngk laser iridium tp gapnya gampang berubah (merenggang). Kalau kegedean merenggang-nya, mulai terasa lemot -- lama2 brebetan

Denso ixeh22tt menurut ane lebih enak dan gapnya ga gampang merenggang.
Denso yg lebih murah malah lebih mantap yah. Thanks om. Sayang spt om bilang barangnya belum restock lagi. :ungg:
Devourer wrote: 07 Oct 2024, 20:29 nice review om, ane jg masih pake yg fl 2015 kurang lebih abisnya sama
buat perbaikan.

Rem terakhir ane ganti akebono depan klo belakang krn EPB pake orinya.
karakternya ga berasa beda sama ori, tapi kykny apa mesti rotornya dibubut ya soalnya
klo rem pas stop n go macet, bunyi grok2 nya berasa sih.

sempet coba iklanin nih mobil jg tp batal jual dl, ditawar org cuma 210-220 nyesek jg.
dulu ambil second aja di thn 2022 sama benerin aja udah deket kepala 3 hehe.
kalo mau lebih jos ganti cakramnya sekalian om, rencana juga mau ganti cakram ini next service. kalo kata forum luar sih pake brembo jd lebih enak ga bunyi2 grok2 lagi

Itu daerah mana om rendah banget ditawarnya :big_dunno:
di tempat saya msh pada buka 270an

Mending di keep aja sampe rusak.. zoom zoom suv rasa hatchback :big_smoking:
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
Devourer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: 25 Jun 2018, 13:57

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by Devourer »

whitehorse4 wrote: 14 Oct 2024, 20:22
josomba wrote: 07 Oct 2024, 20:03
whitehorse4 wrote: 04 Oct 2024, 21:32
siipp omm, bendix bisa jadi pilihan berarti yah.. soal d forum luar pada rekomen either akebono atau brembo

soal busi.. dari dulu sih kendaraan apapun biasa pake ngk & denso gapernah coba2 yg laen.

kalau di cx5 yg sy baca2 yg kompatibel ada NGK ILKAR7L11 sama DENSO IXEH22TT, antara keduanya bakal terasa jauh gak ya perbedaannya?
Ngk ilkar7l11 tuh sama aja ama oem. Itu ngk laser iridium tp gapnya gampang berubah (merenggang). Kalau kegedean merenggang-nya, mulai terasa lemot -- lama2 brebetan

Denso ixeh22tt menurut ane lebih enak dan gapnya ga gampang merenggang.
Denso yg lebih murah malah lebih mantap yah. Thanks om. Sayang spt om bilang barangnya belum restock lagi. :ungg:
Devourer wrote: 07 Oct 2024, 20:29 nice review om, ane jg masih pake yg fl 2015 kurang lebih abisnya sama
buat perbaikan.

Rem terakhir ane ganti akebono depan klo belakang krn EPB pake orinya.
karakternya ga berasa beda sama ori, tapi kykny apa mesti rotornya dibubut ya soalnya
klo rem pas stop n go macet, bunyi grok2 nya berasa sih.

sempet coba iklanin nih mobil jg tp batal jual dl, ditawar org cuma 210-220 nyesek jg.
dulu ambil second aja di thn 2022 sama benerin aja udah deket kepala 3 hehe.
kalo mau lebih jos ganti cakramnya sekalian om, rencana juga mau ganti cakram ini next service. kalo kata forum luar sih pake brembo jd lebih enak ga bunyi2 grok2 lagi

Itu daerah mana om rendah banget ditawarnya :big_dunno:
di tempat saya msh pada buka 270an

Mending di keep aja sampe rusak.. zoom zoom suv rasa hatchback :big_smoking:

Di jakarta om, kykny disini pasaran uda dibawah 250.
Brembo yg spec oem ya kyk brakepadnya ya
bukan yg tipe slotted ato drilled
E36 Parts for sale - https://tinyurl.com/5d5r2wyk
gusbagus
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 25 Oct 2024, 15:44
Daily Vehicle: Mazda CX5

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by gusbagus »

whitehorse4 wrote: 02 Oct 2024, 04:51 Halo oom semua, izinkan saya mereview tunggangan saat ini, sebuah Mazda CX-5 2.5 2014. Sebelumnya harap maklum kalau ada yang kurang, kebetulan ini review pertama saya disini :big_peace:

Awalnya cari sedan bekas buat pp antarkota, ternyata setelah ditimbang2 lagi masih butuh gc tinggi buat kondisi jalan yang dilalui (kadang suka main ke pegunungan juga) jadi diputuskan cari suv/crossover dengan karakter pengendalian yg semirip mungkin sama sedan. Opsi yg masuk budget dan kriteria ada di crv, cuman dipikir2 kok bosen ya masa crv lagi, akhirnya ngulik2 dikit tentang cx5 dan di forum luar negeri ternyata banyak yg sudah tembus km tinggi tanpa masalah berarti dengan testimoni yang memuaskan. Karena banyak yang memuji reliability dari mesin ini maka dipinanglah seekor cx5 2.5 touring prefacelift tahun 2014 dengan odometer 85 ribu.

Interior oke, rasanya solid dan belum ada rattle, desainnya simpel dengan build quality yang sangat baik. Baris kedua sempit dan tegak, masih sedikit lebih baik dibanding outlander dan sx4.

Driving position cukup commanding ala SUV pada umumnya. Saat dibawa jalan, handlingnya terasa seperti hatchback yang ditinggikan, enak buat sruntulan kalau pas buru2 :big_exellent:
Tenaga kerasa di rpm tengah, beda dengan karakter vtec honda yg main di rpm tinggi. Kalau di tol sih mungkin dibanding crv kurang puas. Karakter tenaganya cocok di jalanan lintas provinsi yang lurusannya gak sepanjang tol. Buat nyalip truk2 sih cukup effortless ya. Kadang gak sadar serasa bawa mobil compact padahal ini suv hahaha. Bodyroll masih kerasa tapi gak sampai mengganggu. Asli ini mobil gak kerasa mobil gede, pede aja nempelin civic turbo meliuk2 di muntilan tanpa takut kebalik :big_biglaugh:

Sayangnya buat yang bosenan pilihan upgrade parts modifikasi sektor mesin gak sebanyak honda. Cocok buat aliran mesin standar tanpa dioprek2.

Rem di cx5 ini agak dalem baru gigit, awalnya kagok cuman kalo udah masuk biting pointnya enak, pede buat hard braking tanpa ada nosedive yang berlebih. Beda karakter dengan mazda 2 yang ditoel dikit langsung berhenti.

Bantingan juga firm meskipun masih pakai velg r17 dengan profil ban yg lebih tebal dibanding versi r19 nya, kalau sukanya yg empuk2 saya rasa sih kurang cocok ambil mobil ini

Untuk konsumsi bbm irit sekali, mesin 2.500cc masih bisa dapat 1:8.5 dalam kota, dimana crv gen 1 saya cuman 1:5.

Maintenance yang dilakukan standar mobil umur 10 tahun. Ganti cairan, kaki2, dan sebagainya. Di unit saya ketambahan servis retract mirror kanan dan speaker pintu kiri yang sudah pecah suaranya di lem ulang alhasil normal kembali. Lainnya masih normal. Berikut rincian maintenance awal di CX5 saya:

Oli mesin + filter
Oli matic atf fz (beli 5 liter ternyata kelebihan, sisa 1 botol )
Cabin filter
Air filter
2.378.119

Ball joint
Link stabil
Shock depan
Tie rod
Long tie rod
Bushing lower arm semua
Engine mount kanan dan bawah
Bubut disc brake
Spooring balancing dll
8.291.600

Servis EPS
1.750.000

Service motor spion, speaker pintu kiri, ganti wiper belakang
725.000

Poles headlamp
250.000

Ganti lampu senja dan DRL putih serta klakson flosser
824.000

Poles exterior dan interior
700.000

Grand total:
15.208.119

Overall cukup puas dengan mobil ini, dengan harga yang dibayarkan memenuhi kebutuhan dan karakter mengemudi saya

IMG_4015.jpeg
IMG_4018.jpegIMG_3968.jpeg
IMG_3939.jpeg
Nice review om,

kebetulan sy juga baru ambil cx5 2014 juga, kalau boleh mau nanya2 kalau dinamo starter kondisi gimana?
mobil sy kebetulan utk dinamo starter udah lemah, coba konsul ke bengkel resmi utk ganti ori lumayan banget,

mana tau ada om2 disini jg ada yg pengalaman ganti dinamo starter, alternatif dinamo starter buat cx5 apa yg cocok ya dan kisaran harganya berapa?
terus kan disinggung jg solusi alternatifnya utk gulung dinamo, gimana pendapat om2 sekalian?
blacksyan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 09 Dec 2015, 09:06

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by blacksyan »

Nice review om!

Domisili di Sleman ya om? Service kaki-kaki yang ok dan harganya bagus di mana? Di jantra udah mulai pricey.
whitehorse4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 590
Joined: 02 Oct 2017, 06:00

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by whitehorse4 »

gusbagus wrote: 30 Oct 2024, 12:56
Nice review om,

kebetulan sy juga baru ambil cx5 2014 juga, kalau boleh mau nanya2 kalau dinamo starter kondisi gimana?
mobil sy kebetulan utk dinamo starter udah lemah, coba konsul ke bengkel resmi utk ganti ori lumayan banget,

mana tau ada om2 disini jg ada yg pengalaman ganti dinamo starter, alternatif dinamo starter buat cx5 apa yg cocok ya dan kisaran harganya berapa?
terus kan disinggung jg solusi alternatifnya utk gulung dinamo, gimana pendapat om2 sekalian?
kalau di grup fb sih pada ganti solenoidnya aja om, pake punya l300 bensin/kuda diesel.. cmiiw..
blacksyan wrote: 30 Oct 2024, 14:15 Nice review om!

Domisili di Sleman ya om? Service kaki-kaki yang ok dan harganya bagus di mana? Di jantra udah mulai pricey.
coba cek art understel om,
kalau di jantra pemasangan shock+tie rod link stabill dll sepaket kaki2 itu sekitar 3 juta (barang bawa sendiri)
paling saya kalau kesana nyoba kyoto shaking machine-nya aja, nanti keluar tuh list part2 yang perlu diganti
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
gusbagus
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 25 Oct 2024, 15:44
Daily Vehicle: Mazda CX5

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by gusbagus »

whitehorse4 wrote: 01 Nov 2024, 16:34
gusbagus wrote: 30 Oct 2024, 12:56
Nice review om,

kebetulan sy juga baru ambil cx5 2014 juga, kalau boleh mau nanya2 kalau dinamo starter kondisi gimana?
mobil sy kebetulan utk dinamo starter udah lemah, coba konsul ke bengkel resmi utk ganti ori lumayan banget,

mana tau ada om2 disini jg ada yg pengalaman ganti dinamo starter, alternatif dinamo starter buat cx5 apa yg cocok ya dan kisaran harganya berapa?
terus kan disinggung jg solusi alternatifnya utk gulung dinamo, gimana pendapat om2 sekalian?
kalau di grup fb sih pada ganti solenoidnya aja om, pake punya l300 bensin/kuda diesel.. cmiiw..
blacksyan wrote: 30 Oct 2024, 14:15 Nice review om!

Domisili di Sleman ya om? Service kaki-kaki yang ok dan harganya bagus di mana? Di jantra udah mulai pricey.
coba cek art understel om,
kalau di jantra pemasangan shock+tie rod link stabill dll sepaket kaki2 itu sekitar 3 juta (barang bawa sendiri)
paling saya kalau kesana nyoba kyoto shaking machine-nya aja, nanti keluar tuh list part2 yang perlu diganti
yes, sepertinya masalah umum starter cx 5 ini ya gan.. :big_deal:
iseng bawa bengkel dinamo dekat rumah, ganti copotan dari dinamo ori langsung joss..
Ronggur
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 11 Oct 2023, 20:50

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by Ronggur »

Halo om suhu sekalian mohon bantuannya, mau tanya mengenai lower arm mazda cx5. Saya cari di toko ijo, nemu 1 yg harga lumayan jauh dibanding beres, dan 1 lg yg harganya sangat2 jauh dibanding beres.

Saya chat tokonya, 2 2 nya bilang ori.
Apakah boleh dibantu om suhu skalian, saya mau mastiin apakah ini ori atau ga.
Thanks 🙏🏻
Attachments
CDD4C1ED-7A3B-4017-8AA7-626D12D1FBAC.jpeg
CA997BF3-4A6E-4AF7-A54A-BCAFB71449E6.jpeg
E854FE2F-FCD9-4DED-AF45-C0D7D4196995.jpeg
vivalavida
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 18 Nov 2024, 07:53
Location: Jakarta Pusat
Daily Vehicle: Mazda CX5 2013

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by vivalavida »

om om sekalian mau minta fatwa, kalau untuk CX-5 2.0 2013, bagusnya oli apa ya? baru pertama punya kuda tunggangan nih jadi masih newbie banget :big_smile]
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post