Santa Fe MX Hybrid AWD 6 seaters review
Posted: Mon Aug 05, 2024 9:19
Background:
Mertua salah satu yg demen beli santa fe, ini udah ketiga kali dia punya santa fe, sblmnya CM, DM, kemudian lama absen dan sekarang MX.
Kbetulan lagi lahiran anak disini dan eh mertua jemput pakai MX.
dia udah inden 1 tahun buat unit ini, ktnya buat bawa cucu. sebelumnya dia pakai Ssangyong Musso 25thn dan 2018 dia beli Rexton sports dcab karena dia kerjanya kontraktor pabrik dan ga bisa masuk kota dengan mobil diesel tua yg emisinya busuk banget.
Interior
menurut saya poin plus mobil ini paling utama ada disini. bentuknya yang kotak itu bikin lega banget didalam. dan optionnya juga lengkap banget.
peredaman suaranya juga plus banget dan menurut saya lebih baik daripada palisade yang sekarang. dengan menggunakan hp saya ukur 0.5db lebih rendah. dalam keadaan yg sama tentunya. dan akhirnya menurut saya santa fe 7 seaternya tidak banci lagi di versi yg ini. space buat belakangnya akhirnya cukup buat orang dewasa indonesia pada umumnya 170-an. yg dulu sih harus jujur kursinya sampah dan super jongkok. spek mertua ini 6 seater dan tengahnya captain seat, lagi2 comparable juga dengan palisade. mungkin nanti new palisade pasti lebih bagus lagi. yg bagus juga slidingnya jauh bgt.
lampu kabin yg memanjang juga sangat berguna kalau keadaan gelap, jadi lebih rata dan guna banget dipakai camping. dual cup holder di pintu belakang juga bagus, kecuali tombol heater kursi yg terlalu dekat dengan power window, kadang jd salah pencet.
massage seatnya juga bisa pijat bagian bawah dan atas, sayangnya sandaran kepala kursinya jujur terlalu keluar dan malah bikin ga enak di long distance. padahal selain headresetnya kursinya surprisingly sangat ergonomis, dan comparable ke volvo.
leather seatnya juga bagus di trim ini, katanya nappa dan memang lunak sejuk, tapi sori itu panel kayunya bener2 jelek dan mirip kayu olympic abal2. dan warna leather seatnya cepet kotor, ini yg baru 3000km aj sudah tercoreng.
patut di acungi jempol juga hyundai masih banyak pakai physical button daripada vw yg banyak pakai capacitive button, saya sampe bingung pas rental golf di jerman, bener2 kacau sih.
center consolenya juga sangat kerasa aura EVnya dengan double deck, ini sih saya suka jd lega. yg saya ga suka itu justru cluster acnya yang beberapa kali bikin silau pas siang bolong karena mantul seperti ada org idiot yg taruh cermin disitu. no comment about this stupid obsession with glossy surface. bagusnya lagi console box bs dibuka kiri kanan juga. yg unik juga gloveboxnya salah satunya ada yg berfungsi sbg uv sterilizer, mungkin dia siap2 ada covid lain lagi. sayangnya di manualnya cuma berfungsi pas ditutup.
dua tombol sunroof didepan juga bagus jadi driver bisa kontrol dua2nya.
Exterior
menurut saya ini santa fe paling gagah karena boxy. belakangnya juga menurut saya bagus, tp pengalaman saya kalau desain mobil yg ktnya mahal mirip mobil yg murah biasanya kartu mati di indonesia. jd keinget jaman pajero ditembak panther dan jadinya org gengsi pakai. disini banyak orang yg bilang belakangnya seperti carry jaman dulu ktnya. entah kenapa ketika parkir sbelahan dengan defender sangat kerasa miripnya siluet bodinya. cuma jelas bagus defender jg sihhahaha.
poin yg saya suka ada handle di bodi luar untuk membantu taruh barang di atap. di pilar B. DRL H menurut saya terlalu berlebihan didepan dan dibelakang. khususnya yang lampu belakang.
Performance and handling
buat para pemuja diesel, selamat malam dan bye2. sudah tidak ada lagi diesel. sekarang santa fe pakai hybrid bensin, ini juga yang dipakai sama kia carnival terbaru. jujur kalau anda pernah pakai toyota hybrid, refinementnya toyota lebih sip sih. ini transisi bensin ke hybridnya masih terasa. tidak terlalu efisien juga, regen brakingnya khususnya. tapi dibanding dieselnya dulu, masi ok lah. dan terasa mobil normal. fuel consumptionnya juga cukup baik khususnya dalam kota. beberapa kali bisa 19-20km/L. dan ini versi plug in hybrid, tp rangenya cukup mengenaskan sih. real lifenya best itu sekitar 30-33km saja. salah satu yg paling pendek yg pernah saya coba di 2024 ini. mungkin faktor cuaca winter jg mengurangi rangenya karena klaimnya di kisaran 40km-an
yg justru payah konsumsi bensinnya ada di jalan tol kadang digeber2 bisa 10km/L. masih lebih efisien cvtnya toyota hybrid, tp kalo memang yg dicari rasa normal, nah ini plusnya rpmnya betulan naik turun dan bener2 spt rasa bawa mobil biasa. yg unik juga paddle shiftnya berfungsi sbg regen braking untuk mode eco dan normal, tapi di sport dia benar2 bisa up/downshift.
setup suspensinya enak buat nyari comfort, toh ini family suv. yg bs dibanggakan ternyata steeringnya yg cukup akurat. sori biasanya hyundai kia steering feelnya agak2 sampah spt unpredictable. tapi mereka banyak improvement disini. salut buat mereka. yang sangat disayangkan setup suspensinya ketika full load cenderung amblas dan agak bouncy. disini sempet saya isi 6 org plus 6 koper, simulasi aj buat customer indo yg kadang overload. tp ketika diisi 6 tanpa bagasi semuanya masi ok sih.
yang sangat disayangkan differentialnya agak downgrade dibanding DM dulu, unit mertua ini juga kbetulan awd. dan jujur ketika ke rumah neneknya istri, beberapa kali MX agak kesulitan transfer tenaganya ke roda yg perlu traksi. dan DM sepupunya didepan justru lewat tanpa kesulitan karena lebih bagus power transfernya ke roda yg punya traksi.
performancenya juga jangan berharap banyak, ini jauh lebih lambat drpd crv hybrid. sempet iseng2 ngukur pakai apps hp best timenya hampir 9 detik. di kisaran 8.1-8.2.
Kesimpulannya mobil ini juara buat yg cari space besar, pengen defender tp budget ngepas, mobil yg cukup irit dan ride quality nyaman. dengan harga 400jt disini, mobil ini sangat worth sih. dan sangat comparable dengan palisade (tapi denger2 mau ada next gen lagi).
ga tau pricing di indonesia berapa dan spec mana yg masuk
Mertua salah satu yg demen beli santa fe, ini udah ketiga kali dia punya santa fe, sblmnya CM, DM, kemudian lama absen dan sekarang MX.
Kbetulan lagi lahiran anak disini dan eh mertua jemput pakai MX.
dia udah inden 1 tahun buat unit ini, ktnya buat bawa cucu. sebelumnya dia pakai Ssangyong Musso 25thn dan 2018 dia beli Rexton sports dcab karena dia kerjanya kontraktor pabrik dan ga bisa masuk kota dengan mobil diesel tua yg emisinya busuk banget.
Interior
menurut saya poin plus mobil ini paling utama ada disini. bentuknya yang kotak itu bikin lega banget didalam. dan optionnya juga lengkap banget.
peredaman suaranya juga plus banget dan menurut saya lebih baik daripada palisade yang sekarang. dengan menggunakan hp saya ukur 0.5db lebih rendah. dalam keadaan yg sama tentunya. dan akhirnya menurut saya santa fe 7 seaternya tidak banci lagi di versi yg ini. space buat belakangnya akhirnya cukup buat orang dewasa indonesia pada umumnya 170-an. yg dulu sih harus jujur kursinya sampah dan super jongkok. spek mertua ini 6 seater dan tengahnya captain seat, lagi2 comparable juga dengan palisade. mungkin nanti new palisade pasti lebih bagus lagi. yg bagus juga slidingnya jauh bgt.
lampu kabin yg memanjang juga sangat berguna kalau keadaan gelap, jadi lebih rata dan guna banget dipakai camping. dual cup holder di pintu belakang juga bagus, kecuali tombol heater kursi yg terlalu dekat dengan power window, kadang jd salah pencet.
massage seatnya juga bisa pijat bagian bawah dan atas, sayangnya sandaran kepala kursinya jujur terlalu keluar dan malah bikin ga enak di long distance. padahal selain headresetnya kursinya surprisingly sangat ergonomis, dan comparable ke volvo.
leather seatnya juga bagus di trim ini, katanya nappa dan memang lunak sejuk, tapi sori itu panel kayunya bener2 jelek dan mirip kayu olympic abal2. dan warna leather seatnya cepet kotor, ini yg baru 3000km aj sudah tercoreng.
patut di acungi jempol juga hyundai masih banyak pakai physical button daripada vw yg banyak pakai capacitive button, saya sampe bingung pas rental golf di jerman, bener2 kacau sih.
center consolenya juga sangat kerasa aura EVnya dengan double deck, ini sih saya suka jd lega. yg saya ga suka itu justru cluster acnya yang beberapa kali bikin silau pas siang bolong karena mantul seperti ada org idiot yg taruh cermin disitu. no comment about this stupid obsession with glossy surface. bagusnya lagi console box bs dibuka kiri kanan juga. yg unik juga gloveboxnya salah satunya ada yg berfungsi sbg uv sterilizer, mungkin dia siap2 ada covid lain lagi. sayangnya di manualnya cuma berfungsi pas ditutup.
dua tombol sunroof didepan juga bagus jadi driver bisa kontrol dua2nya.
Exterior
menurut saya ini santa fe paling gagah karena boxy. belakangnya juga menurut saya bagus, tp pengalaman saya kalau desain mobil yg ktnya mahal mirip mobil yg murah biasanya kartu mati di indonesia. jd keinget jaman pajero ditembak panther dan jadinya org gengsi pakai. disini banyak orang yg bilang belakangnya seperti carry jaman dulu ktnya. entah kenapa ketika parkir sbelahan dengan defender sangat kerasa miripnya siluet bodinya. cuma jelas bagus defender jg sihhahaha.
poin yg saya suka ada handle di bodi luar untuk membantu taruh barang di atap. di pilar B. DRL H menurut saya terlalu berlebihan didepan dan dibelakang. khususnya yang lampu belakang.
Performance and handling
buat para pemuja diesel, selamat malam dan bye2. sudah tidak ada lagi diesel. sekarang santa fe pakai hybrid bensin, ini juga yang dipakai sama kia carnival terbaru. jujur kalau anda pernah pakai toyota hybrid, refinementnya toyota lebih sip sih. ini transisi bensin ke hybridnya masih terasa. tidak terlalu efisien juga, regen brakingnya khususnya. tapi dibanding dieselnya dulu, masi ok lah. dan terasa mobil normal. fuel consumptionnya juga cukup baik khususnya dalam kota. beberapa kali bisa 19-20km/L. dan ini versi plug in hybrid, tp rangenya cukup mengenaskan sih. real lifenya best itu sekitar 30-33km saja. salah satu yg paling pendek yg pernah saya coba di 2024 ini. mungkin faktor cuaca winter jg mengurangi rangenya karena klaimnya di kisaran 40km-an
yg justru payah konsumsi bensinnya ada di jalan tol kadang digeber2 bisa 10km/L. masih lebih efisien cvtnya toyota hybrid, tp kalo memang yg dicari rasa normal, nah ini plusnya rpmnya betulan naik turun dan bener2 spt rasa bawa mobil biasa. yg unik juga paddle shiftnya berfungsi sbg regen braking untuk mode eco dan normal, tapi di sport dia benar2 bisa up/downshift.
setup suspensinya enak buat nyari comfort, toh ini family suv. yg bs dibanggakan ternyata steeringnya yg cukup akurat. sori biasanya hyundai kia steering feelnya agak2 sampah spt unpredictable. tapi mereka banyak improvement disini. salut buat mereka. yang sangat disayangkan setup suspensinya ketika full load cenderung amblas dan agak bouncy. disini sempet saya isi 6 org plus 6 koper, simulasi aj buat customer indo yg kadang overload. tp ketika diisi 6 tanpa bagasi semuanya masi ok sih.
yang sangat disayangkan differentialnya agak downgrade dibanding DM dulu, unit mertua ini juga kbetulan awd. dan jujur ketika ke rumah neneknya istri, beberapa kali MX agak kesulitan transfer tenaganya ke roda yg perlu traksi. dan DM sepupunya didepan justru lewat tanpa kesulitan karena lebih bagus power transfernya ke roda yg punya traksi.
performancenya juga jangan berharap banyak, ini jauh lebih lambat drpd crv hybrid. sempet iseng2 ngukur pakai apps hp best timenya hampir 9 detik. di kisaran 8.1-8.2.
Kesimpulannya mobil ini juara buat yg cari space besar, pengen defender tp budget ngepas, mobil yg cukup irit dan ride quality nyaman. dengan harga 400jt disini, mobil ini sangat worth sih. dan sangat comparable dengan palisade (tapi denger2 mau ada next gen lagi).
ga tau pricing di indonesia berapa dan spec mana yg masuk