Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: 13 Mar 2022, 16:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - EH32 - W203

Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by sherryandkez »

Car : BYD Seal Performance Cosmos Black
Mileage : 11500 km on going
Price : 719jt
1363427.jpg
Why Seal Performance?

Di harga segini, bisa beli apa aja sih? Ioniq 5 dapet, Hyptec HT dapet, kalo beli bensin yaa dapet CR-V bensin aja paling. Range harga nanggung gini gak banyak pilihannya. Mau beli premium brands kayak BMW atau Merc juga ga cukup.

Punya duit segini ya orang biasanya beli Ioniq.

Nah, BYD masuk di pasaran ini dengan Seal yang 600-700an. Mobilnya segede Accord atau Camry, harganya lebih murah, dan yang paling menarik : EV! Bisa bebas gage di JKT, pajak murah, listrik murah.

Dan dengan gimmick bisa lari kenceng.. laris manis betulan. Konon katanya jualannya kejar2an sama Atto 3 yang notabene bentuknya SUV yang favorit dan harganya lebih murah 100jt.

So, apakah Seal memang semenarik itu?

What do i like?
1363428.jpg
Pertama, luarnya. Seriously, mobil ini sangat ganteng. Meskipun cukup (sangat) terlihat bahwa BYD mengambil inspirasi dari Tesla, tapi menurut saya mobil ini jauh lebih ganteng dari Tesla. Amati-tiru-buat tambah cakep. Modelnya minimalis tapi not too simple, masih ada elemen desain yang terkesan elegan. Lampu depan dan belakangnya bener-bener keren, detail dan bentuknya bagus sekali.

Belum lagi stance dan model velgnya yang sangat pas, terkesan [cencored] seperti berkaki jenjang. Bagian bumper dan diffuser pun gak berkesan norak dan maksain sporty.

Handle pintu model flush dan buka tutupnya cukup halus, rasanya pun solid gak seperti handle pintu flush lain yang berkesan tipis. Bagian samping sleek dan atapnya pano besar, super cantik!

Oya, Seal sebenernya ga seceper itu, kalo garasi normal masih bisa naik. Mungkin seceper Ody RB Absolute lah kira2.

Masuk ke interior, oh wow, keliatannya juga cakep. Doortrimnya semuanya bahan empuk empuk (good thing!), ada suede, dan desainnya cuaaaaakep. Fit and finish? Mantap.

Joknya juga patut dikasih jempol. Posisi duduknya sangat ergonomis, bisa dibilang perfect buat sedan begini. Pengaturan jok electric dengan memory, bisa save spion juga. Bentuk joknya juga keren dan ga bikin capek kalo nyetir jauh. Ada cooler seat juga.

Soal dashboard, desainnya bisa dibilang cakep, meski layarnya (kita lanjut di bawah aja deh). Soft touch panel di mana-mana, suede, piano black, dan fit and finishnya.. ga ada lawan sih buat harga segini. Kisi AC lucu dan kerennya, bisa swing seperti Crown JDM. Hebat!

Konsol tengah ada beberapa tombol fisik dan shifter, ada wireless charger juga dua biji biar ga rebutan. Ruang penyimpanan cukup. Setirnya juga sangat cakep, gripnya enak, dan sebenernya menu yang bisa diakses dari setir banyak sekali, termasuk AC. Jadi sama kayak MG4, kalo udah terbiasa, enak banget ga perlu lepas tangan dari setir buat atur apa2.

Panoramic di atas ga bisa dibuka, tapi super gede dan kacanya tebal. Oh ya, semua kaca di Seal ini double glass. Banyak detail lain yang juga saya suka di interior Seal, plafonnya bahannya halus, shifter ala ala kristal, dan yang lucu : karpet mangkok. Jadi kalo beli Seal, kita dapet karpet kayak mangkok gitu standarnya. Mirip Volvo jadul.

Pindah duduk belakang, posisi duduknya masih terhitung (just) ok dengan space yang juga (just) ok. Armrest tentu ada dan pas posisinya.
Bagasi? Electric, bisa dibuka dari tombol, dalem, atau kunci, dan spacenya cukup lega.

Mungkin tulisan selanjutnya agak mengejutkan pemirsa, eh, pembaca sekalian.

Kalo dipake gimana nih Seal?

Yang saya sangat-sangat(-sangat!) suka dari mobil ini adalah ridenya. Oh my, ini mobil harganya gak sampai Camry atau Accord, tapi nyamannya jaaauuuh sekali. Ini mobil China ternyaman yang pernah saya naikin. Mungkin juga jauh lebih nyaman dari mobil Jepang atau Eropa entry level yang harganya ratusan juta di atasnya.

So relaxing to drive.
1363426.jpg
Nyetirnya sangat enak, posisi duduk ergonomis, gak akan capek naik ini buat jalan jauh. Belum lagi mobil ini punya visibilitas yang luas dan panonya bikin terang. Tambah lagi, audio Dynavin 12 speakernya juga juara. Well masih ga seenak Mark Levinson atau Burmester pasti, tapi BOSE nya Mazda atau JBL nya Toyota lewat lah.

Belum lagi kalo bicara nyaman, kekedapan juga termasuk. Seal termasuk sangat kedap, kaca double glass, peredam di mana2, dan ban Continental membantu kekedapan kabin.

Kalo duduk belakang? Wah, nyamannya sama. Tidur di belakang gak perlu effort, cukup tidur aja..

Dibawa ngebut? Ya jelas bisa dong, emblemnya aja 3.8s. Mobilnya sekenceng itu, beneran kenceng, dan bahkan klaim 3.8s itu gampang terlewati.. saya dapet 3.65s 0-100 by stopwatch. Dan torsi instan juga sangat membantu kalo mau selap selip di tol atau jalan antar kota, diinjek langsung whooosh lari.

Remnya masih cukup mumpuni buat lari kenceng, cukup gede dan 4-pot. Udah, gitu aja nyetirnya.

What are the annoying things?

Well, di luarnya saya gak ada komplain. Mobil cakep, paling yaa aksen ala ala Sealnya kurangin lah, keramean. Sama itu kaca opera dibuka lah, masa ketutup gitu kayak Civic Turbo jamet.
1363429.jpg
Interior? Hmm, komplain saya ada di layar. Layarnya et dah buset, gede amaaat. Bisa diputer buat apa coba. Itu layar asli, silau. Untung Android Auto backgroundnya black jadi gak begitu nyolok mata kalo malem. Mana posisinya juga ngepas ngadep ke driver jadi yaa mau gak mau cahayanya kena mata. Dan kalo dibilang banyak mainan, engga juga.. ya layarnya cuma audio, ac, atur mobil, udah. Untung gak ngelag kayak MG4.

Panoramicnya juga sama aja gebleknya. Masa iya mobil beginian panonya puzzle kayak HRV, ga ada elegan-elegannya. Oiya, ini pano panas juga, harus dikasih kaca film. Kaca film bawaan Seal ini Vkool tapi ga dikasih buat panonya.

Selain itu, jok kulitnya juga agak mengecewakan. Di brosur tulisannya genuine leather padahal ini mah vegan leather. Ya at least di 10000 km joknya belum rusak.

Posisi duduk di belakang enak, nyaman, tapi kakinya kurang masuk ke jok depan.. agak nggantung.

Dan yang paling ngeselin.. handlingnya.

Yes, you read it right, ini mobil bisa lari 3.8s tapi handlingnya kaya kapal. Beneran, kayaknya gara2 mobilnya disetting terlalu empuk, jadi handlingnya ga enak. Mobil dibawa ngebut berasa goyang (ga parah sih), ngerem nose dive, dan agak horornya lagi meskipun AWD kadang agak nggeser bokongnya.

Oh my, ngapain bisa lari 3.8s tapi rasanya kayak Camry handlingnya? Dan ga kenceng lagi, top speednya cuma 180.

Dan yang lebih lucu lagi, ini mobil anomali banget. Awalnya saya nyalahin bannya, Continental EcoContact 6Q. Masa iya mobil sekenceng ini bannya eco2an? Tapi pas nyoba i5 yang bannya sama, enak2 aja kok.

Dan kalo mau ngejer irit juga mobil ini ga irit, cuma 5km/kWh.

Chassisnya juga ga bisa dibilang jelek sebenernya. Flexnya ga banyak, reinforcement decent, dan kekakuannya ditolong juga sama skema battery Bladenya yang nyambung ke chassis.

Remnya? Kayak yang tadi saya bilang, oke kok.. waktu sempet ngesot saya nyalahin remnya, tapi setelah diliat, gede juga sih itu rem, powernya enak.

Jadi yang salah apa?

BYD. Mobil bisa lari 3.8s kok dikasih setup suspensi ala Camry. Asli, ini kalo ganti kaki-kaki (dan ban), rasanya pasti enak banget..

Kenapa saya bisa bilang begitu?

Temen saya di Thai, Seal-nya udah ganti coilover, BBK, dan set ban velg.. katanya jauh lebih proper daripada bawa mobil dia sebelumnya (Civic FE modifan juga).

Dan sebenernya ini basic mobil bagus, cuma mereknya aja yang baru belajar bikin mobil.

But then, should you buy one?
1363430.jpg
Personally.. saya lebih suka ini dari Model 3 yang ditirunya.

Kalo Anda nyetir sendiri or disetirin tapi sering jalan jauh dan butuh mobil enak, say no more. 719jt (atau 629jt) dan dapet mobil yang super enak.

Tapi kalau Anda suka ngebut, beli Ioniq N aja. Jauh-jauh dari mobil ini.

Thank you!
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5901
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by sintoni »

Nais ripiu om..

Kok bisa ripiu mobil2 aneh2 gini ngeri pasti isi garansi mobilnya om TS ini.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2271
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by sahabatq8 »

sherryandkez wrote: 05 Aug 2024, 15:07 Car : BYD Seal Performance Cosmos Black
Mileage : 11500 km on going
Price : 719jt
1363427.jpg
Why Seal Performance?

Di harga segini, bisa beli apa aja sih? Ioniq 5 dapet, Hyptec HT dapet, kalo beli bensin yaa dapet CR-V bensin aja paling. Range harga nanggung gini gak banyak pilihannya. Mau beli premium brands kayak BMW atau Merc juga ga cukup.

Punya duit segini ya orang biasanya beli Ioniq.

Nah, BYD masuk di pasaran ini dengan Seal yang 600-700an. Mobilnya segede Accord atau Camry, harganya lebih murah, dan yang paling menarik : EV! Bisa bebas gage di JKT, pajak murah, listrik murah.

Dan dengan gimmick bisa lari kenceng.. laris manis betulan. Konon katanya jualannya kejar2an sama Atto 3 yang notabene bentuknya SUV yang favorit dan harganya lebih murah 100jt.

So, apakah Seal memang semenarik itu?

What do i like?

1363428.jpg
Pertama, luarnya. Seriously, mobil ini sangat ganteng. Meskipun cukup (sangat) terlihat bahwa BYD mengambil inspirasi dari Tesla, tapi menurut saya mobil ini jauh lebih ganteng dari Tesla. Amati-tiru-buat tambah cakep. Modelnya minimalis tapi not too simple, masih ada elemen desain yang terkesan elegan. Lampu depan dan belakangnya bener-bener keren, detail dan bentuknya bagus sekali.

Belum lagi stance dan model velgnya yang sangat pas, terkesan [cencored] seperti berkaki jenjang. Bagian bumper dan diffuser pun gak berkesan norak dan maksain sporty.

Handle pintu model flush dan buka tutupnya cukup halus, rasanya pun solid gak seperti handle pintu flush lain yang berkesan tipis. Bagian samping sleek dan atapnya pano besar, super cantik!

Oya, Seal sebenernya ga seceper itu, kalo garasi normal masih bisa naik. Mungkin seceper Ody RB Absolute lah kira2.

Masuk ke interior, oh wow, keliatannya juga cakep. Doortrimnya semuanya bahan empuk empuk (good thing!), ada suede, dan desainnya cuaaaaakep. Fit and finish? Mantap.

Joknya juga patut dikasih jempol. Posisi duduknya sangat ergonomis, bisa dibilang perfect buat sedan begini. Pengaturan jok electric dengan memory, bisa save spion juga. Bentuk joknya juga keren dan ga bikin capek kalo nyetir jauh. Ada cooler seat juga.

Soal dashboard, desainnya bisa dibilang cakep, meski layarnya (kita lanjut di bawah aja deh). Soft touch panel di mana-mana, suede, piano black, dan fit and finishnya.. ga ada lawan sih buat harga segini. Kisi AC lucu dan kerennya, bisa swing seperti Crown JDM. Hebat!

Konsol tengah ada beberapa tombol fisik dan shifter, ada wireless charger juga dua biji biar ga rebutan. Ruang penyimpanan cukup. Setirnya juga sangat cakep, gripnya enak, dan sebenernya menu yang bisa diakses dari setir banyak sekali, termasuk AC. Jadi sama kayak MG4, kalo udah terbiasa, enak banget ga perlu lepas tangan dari setir buat atur apa2.

Panoramic di atas ga bisa dibuka, tapi super gede dan kacanya tebal. Oh ya, semua kaca di Seal ini double glass. Banyak detail lain yang juga saya suka di interior Seal, plafonnya bahannya halus, shifter ala ala kristal, dan yang lucu : karpet mangkok. Jadi kalo beli Seal, kita dapet karpet kayak mangkok gitu standarnya. Mirip Volvo jadul.

Pindah duduk belakang, posisi duduknya masih terhitung (just) ok dengan space yang juga (just) ok. Armrest tentu ada dan pas posisinya.
Bagasi? Electric, bisa dibuka dari tombol, dalem, atau kunci, dan spacenya cukup lega.

Mungkin tulisan selanjutnya agak mengejutkan pemirsa, eh, pembaca sekalian.

Kalo dipake gimana nih Seal?

Yang saya sangat-sangat(-sangat!) suka dari mobil ini adalah ridenya. Oh my, ini mobil harganya gak sampai Camry atau Accord, tapi nyamannya jaaauuuh sekali. Ini mobil China ternyaman yang pernah saya naikin. Mungkin juga jauh lebih nyaman dari mobil Jepang atau Eropa entry level yang harganya ratusan juta di atasnya.

So relaxing to drive.
1363426.jpg
Nyetirnya sangat enak, posisi duduk ergonomis, gak akan capek naik ini buat jalan jauh. Belum lagi mobil ini punya visibilitas yang luas dan panonya bikin terang. Tambah lagi, audio Dynavin 12 speakernya juga juara. Well masih ga seenak Mark Levinson atau Burmester pasti, tapi BOSE nya Mazda atau JBL nya Toyota lewat lah.

Belum lagi kalo bicara nyaman, kekedapan juga termasuk. Seal termasuk sangat kedap, kaca double glass, peredam di mana2, dan ban Continental membantu kekedapan kabin.

Kalo duduk belakang? Wah, nyamannya sama. Tidur di belakang gak perlu effort, cukup tidur aja..

Dibawa ngebut? Ya jelas bisa dong, emblemnya aja 3.8s. Mobilnya sekenceng itu, beneran kenceng, dan bahkan klaim 3.8s itu gampang terlewati.. saya dapet 3.65s 0-100 by stopwatch. Dan torsi instan juga sangat membantu kalo mau selap selip di tol atau jalan antar kota, diinjek langsung whooosh lari.

Remnya masih cukup mumpuni buat lari kenceng, cukup gede dan 4-pot. Udah, gitu aja nyetirnya.

What are the annoying things?

Well, di luarnya saya gak ada komplain. Mobil cakep, paling yaa aksen ala ala Sealnya kurangin lah, keramean. Sama itu kaca opera dibuka lah, masa ketutup gitu kayak Civic Turbo jamet.
1363429.jpg
Interior? Hmm, komplain saya ada di layar. Layarnya et dah buset, gede amaaat. Bisa diputer buat apa coba. Itu layar asli, silau. Untung Android Auto backgroundnya black jadi gak begitu nyolok mata kalo malem. Mana posisinya juga ngepas ngadep ke driver jadi yaa mau gak mau cahayanya kena mata. Dan kalo dibilang banyak mainan, engga juga.. ya layarnya cuma audio, ac, atur mobil, udah. Untung gak ngelag kayak MG4.

Panoramicnya juga sama aja gebleknya. Masa iya mobil beginian panonya puzzle kayak HRV, ga ada elegan-elegannya. Oiya, ini pano panas juga, harus dikasih kaca film. Kaca film bawaan Seal ini Vkool tapi ga dikasih buat panonya.

Selain itu, jok kulitnya juga agak mengecewakan. Di brosur tulisannya genuine leather padahal ini mah vegan leather. Ya at least di 10000 km joknya belum rusak.

Posisi duduk di belakang enak, nyaman, tapi kakinya kurang masuk ke jok depan.. agak nggantung.

Dan yang paling ngeselin.. handlingnya.

Yes, you read it right, ini mobil bisa lari 3.8s tapi handlingnya kaya kapal. Beneran, kayaknya gara2 mobilnya disetting terlalu empuk, jadi handlingnya ga enak. Mobil dibawa ngebut berasa goyang (ga parah sih), ngerem nose dive, dan agak horornya lagi meskipun AWD kadang agak nggeser bokongnya.

Oh my, ngapain bisa lari 3.8s tapi rasanya kayak Camry handlingnya? Dan ga kenceng lagi, top speednya cuma 180.

Dan yang lebih lucu lagi, ini mobil anomali banget. Awalnya saya nyalahin bannya, Continental EcoContact 6Q. Masa iya mobil sekenceng ini bannya eco2an? Tapi pas nyoba i5 yang bannya sama, enak2 aja kok.

Dan kalo mau ngejer irit juga mobil ini ga irit, cuma 5km/kWh.

Chassisnya juga ga bisa dibilang jelek sebenernya. Flexnya ga banyak, reinforcement decent, dan kekakuannya ditolong juga sama skema battery Bladenya yang nyambung ke chassis.

Remnya? Kayak yang tadi saya bilang, oke kok.. waktu sempet ngesot saya nyalahin remnya, tapi setelah diliat, gede juga sih itu rem, powernya enak.

Jadi yang salah apa?

BYD. Mobil bisa lari 3.8s kok dikasih setup suspensi ala Camry. Asli, ini kalo ganti kaki-kaki (dan ban), rasanya pasti enak banget..

Kenapa saya bisa bilang begitu?

Temen saya di Thai, Seal-nya udah ganti coilover, BBK, dan set ban velg.. katanya jauh lebih proper daripada bawa mobil dia sebelumnya (Civic FE modifan juga).

Dan sebenernya ini basic mobil bagus, cuma mereknya aja yang baru belajar bikin mobil.

But then, should you buy one?

1363430.jpg
Personally.. saya lebih suka ini dari Model 3 yang ditirunya.

Kalo Anda nyetir sendiri or disetirin tapi sering jalan jauh dan butuh mobil enak, say no more. 719jt (atau 629jt) dan dapet mobil yang super enak.

Tapi kalau Anda suka ngebut, beli Ioniq N aja. Jauh-jauh dari mobil ini.

Thank you!
Kykyna cepernya masih mending karena titik terendahnya itu di tengah ya kalo gak salah. Kalo bumper depan yang pendek kan lebih sengsara bawanya
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4795
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by Pboyz97 »

nice review bro

kebetulan udh pernah TD mobil ini jg. emg plusnya ada di desain exterior sm interior yg mirip testla + tenaga & akselerasinya yg cukup cepat walaupun minusnya ada di feel remnya yg emg agak kurang
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1126
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by iamwewe »

om, kalo claim nya 0-100 3.8s ini ya. ini dalam posisi standar aja, di bejek aja anytime lsg dapet sgini? atau perlu masuk kaya ke sport mode dulu baru ecu nya nyetel ke mode ini?

oh sama kalo 0-100 segini, di rolling speed 60-80, 80-120, secepet itu juga kah kalo di kickdown?

pantes aja ya di pik mah buanyak banget ini seliweran seal. rupanya model laris manis nya byd kali ya sebelum si m6 menyerbu
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: 03 Apr 2011, 21:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by 3mul »

Nice review Om :big_okay:
kalo baca review Om, kayaknya mubazir ya pake yg performance, secara awdnya kurang efektif. apalagi disini cuma 2 musim. yg pasti wajib upgrade kaki2 biar gak kek kapal.
BTW, denger2 mau ada satu lagi trim yg masuk ya? Jd ada Seal performance, premium, satu lagi dynamic. bisa tambah booming nih Seal. segmen sedan yg tadinya hidup segan mati tak mau jadi rame lagi.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3753
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by kendibocor »

Begitu byd delivery, paling sering ngeliat nih seal. Sehari bisa 2-3x liat. Mbl china, sedan, harga 600-700 jt bisa selaku ini sih lumayan banget.
mullen
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 20 Jul 2023, 14:55
Daily Vehicle: Zhongtong 6180GC City Bus

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by mullen »

nice review oms,

Sebenernya dengan performa 0-100 di 3.8s dan top speed 180 agak overdosis buat di Daily driving ga om? Kalo dari segi throttle di driving mode paling aggresif itu kayak gimana om? apakah senggol ngesot atau masih cukup user friendly om? sekedar penasaran sih om soalnya belom pernah coba wkwkwk.
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1210
Joined: 05 Jan 2016, 07:58
Location: Jakarta

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by paidjho »

3mul wrote: 06 Aug 2024, 09:15 Nice review Om :big_okay:
kalo baca review Om, kayaknya mubazir ya pake yg performance, secara awdnya kurang efektif. apalagi disini cuma 2 musim. yg pasti wajib upgrade kaki2 biar gak kek kapal.
BTW, denger2 mau ada satu lagi trim yg masuk ya? Jd ada Seal performance, premium, satu lagi dynamic. bisa tambah booming nih Seal. segmen sedan yg tadinya hidup segan mati tak mau jadi rame lagi.
aseekk nambah dehh...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16449
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by ChZ »

nah kan sama ternyata, hahahaha. suspension tuningnya terlalu soft buat tenaga segitu. jadi mobilnya lari-lari nggak balanced kalo akselerasi.

kmaren di area BSD PIK banyak bener nih seal, udah saingan sama ioniq5 aja pasarannya.

barusan saya ngegep orang ghibahin di ig nya lugnutz lucunya dia gak terima dibilang suspensi soft krn saya bawa-bawa porsche. lha, padahal konteksnya kan saya bilang tenaga segitu di porsche 911 itu feels way way safer dipakenya buat benchmarking aja, krn power besar itu hrs diimbangin tuning suspensi/sasis yang bagus.

kalo menang drag race sombong bilang performa setara porsche tapi giliran handling saya kritik kok katanya jangan dibandingin. aneh. copywriting marketingnya jelek kali. katanya family sedan tapi yg dijual 3.8s melulu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: 30 Mar 2022, 19:00
Location: Jakarta

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by lexnic »

IMO seal ini orientasinya lbh ke comfort sedan sih. sah2 aja klo tetep mau nonjolin 3.8s di marketingnya, cuma dgn setup suspensi empuk bgtu bakal kurang enak klo diajak manuver (kcuali klo kaki2 dimodif skalian biar lbh proper) :big_smile]
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16449
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by ChZ »

lexnic wrote: 08 Aug 2024, 10:36 IMO seal ini orientasinya lbh ke comfort sedan sih. sah2 aja klo tetep mau nonjolin 3.8s di marketingnya, cuma dgn setup suspensi empuk bgtu bakal kurang enak klo diajak manuver (kcuali klo kaki2 dimodif skalian biar lbh proper) :big_smile]
wkwkwk nurut saya bad copywriting di sisi marketing ini sih, makanya jadi misleading dikira ini sedan sport apalagi akselerasinya kelas porsche dkk.

S-Class akselerasinya kenceng juga nggak bilang S500 akselerasinya 6 detikan. tp di kepala konsumennya bisa tuh nyampe pesan kalo S-Class itu ya mobil nyaman buat long haul trip.

kalo copywritingnya bagus, harusnya itu akselerasi yang ditonjolin adalah gimana smooth dan responsivenessnya akan lebih masuk message nya kalo ini regular family sedan bukan sport sedan. dijamin akan menjangkau market yang jauh lebih bertanggung jawab drpd remaja tanggung yg biasa dibeliin fortuner skrg malah dapet maenan baru :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11688
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 08 Aug 2024, 10:54
lexnic wrote: 08 Aug 2024, 10:36 IMO seal ini orientasinya lbh ke comfort sedan sih. sah2 aja klo tetep mau nonjolin 3.8s di marketingnya, cuma dgn setup suspensi empuk bgtu bakal kurang enak klo diajak manuver (kcuali klo kaki2 dimodif skalian biar lbh proper) :big_smile]
wkwkwk nurut saya bad copywriting di sisi marketing ini sih, makanya jadi misleading dikira ini sedan sport apalagi akselerasinya kelas porsche dkk.

S-Class akselerasinya kenceng juga nggak bilang S500 akselerasinya 6 detikan. tp di kepala konsumennya bisa tuh nyampe pesan kalo S-Class itu ya mobil nyaman buat long haul trip.

kalo copywritingnya bagus, harusnya itu akselerasi yang ditonjolin adalah gimana smooth dan responsivenessnya akan lebih masuk message nya kalo ini regular family sedan bukan sport sedan. dijamin akan menjangkau market yang jauh lebih bertanggung jawab drpd remaja tanggung yg biasa dibeliin fortuner skrg malah dapet maenan baru :upss:
hmm imho.
Klo dari POV strategi marketing, justru ini tepat.

karena tujuannya kan jual:
- Target Market umum (all consumer), bukan spesifik performance enthu
- Strong WHY factor selain harga
- Build Brand awareness
- Build your dream :big_biglaugh:

China brand awareness,
blm mampu untuk sampai level brandingnya brand german
brand jepang aja belum nyampai juga :big_biglaugh: :big_biglaugh:

jadi namanya membuat dan implementasi mimpi, itu butuh waktu.

Entry point yg paling bisa diterima oleh First Consumer, ya itu tadi 3.8s
dan sah sah aja, karena valid.

walau ada TnC nya


jadi memang target mereka adalah konsumen umum.
bukan petrol enthusiast spt Type-R :big_biglaugh: itu beda lagi strategi komunikasi nya :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Intinya dalam marketing jaman now, itu harus bisa quantify nilai jual dari produk tsb.
- klo lbh nyaman.. gmn ngukurnya?
- jaringan servis.. jauh sm nissan (gak usah honda)
- lebih unik... brp bnyk uniknya?
- lebih cepat.. jelas kebayang dan bisa diukur
Last edited by Suryaputra on 08 Aug 2024, 11:07, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by darrelund »

ChZ wrote: 08 Aug 2024, 10:15 nah kan sama ternyata, hahahaha. suspension tuningnya terlalu soft buat tenaga segitu. jadi mobilnya lari-lari nggak balanced kalo akselerasi.

kmaren di area BSD PIK banyak bener nih seal, udah saingan sama ioniq5 aja pasarannya.

barusan saya ngegep orang ghibahin di ig nya lugnutz lucunya dia gak terima dibilang suspensi soft krn saya bawa-bawa porsche. lha, padahal konteksnya kan saya bilang tenaga segitu di porsche 911 itu feels way way safer dipakenya buat benchmarking aja, krn power besar itu hrs diimbangin tuning suspensi/sasis yang bagus.

kalo menang drag race sombong bilang performa setara porsche tapi giliran handling saya kritik kok katanya jangan dibandingin. aneh. copywriting marketingnya jelek kali. katanya family sedan tapi yg dijual 3.8s melulu.
biasa itu mbah

klo berdalih harga murah emg banyak excusenya

tapi yah intinya

you get what you pay

ada alasannya kan knp ioniq 5N harganya 2x seal perf :big_biglaugh:

klo dibilang marketing

0-100 itu lebi gampang kebayang di org, krn kerasa di badan

klo omongin sasis, masalahnya ga semua org persepsi & pengalamannya sama

buat enthusiast mungkin ngerti setup suspension yg enak gmn, buat org biasa kan ukurannya keras-empuk, stabil-limbung

buat org biasa jg TNGA-DNGA menurut mereka kan sama aja, padahal beda

gtu

coba klo seal yg awd tapi powernya 300hp, mungkin lebi oke
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16449
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 08 Aug 2024, 11:01

Intinya dalam marketing jaman now, itu harus bisa quantify nilai jual dari produk tsb.
- klo lbh nyaman.. gmn ngukurnya?
- jaringan servis.. jauh sm nissan (gak usah honda)
- lebih unik... brp bnyk uniknya?
- lebih cepat.. jelas kebayang dan bisa diukur
sy belakangan ngikutin threads ada yang bahas soal copywriting menarik. justru itu tugas dari copywriter. gimana ngolah kata-katanya supaya bisa masuk

"oh, ini produk yang mau dijual". sell the benefits. apa yang bisa didapat dari 0-100 3.8s itu pake simple words. masalahnya chinese products itu kan ngejual fitur yang nggak ngerti juga kita benefitnya apa.

"silent killer" kah, atau "brought to you a comfortable super fast electric saloon with half the price of a model 3" atau apalah.

contoh dulu VW Golf TSI di awal kan nggak bragging melulu 0-100 di 8s, ya emang ada tapi kecil bgt di mobilnya. cuma pake tagline

"Surprise!"
*0-100 in only 8s" - tulisannya kecil aja.

message : wow mobil sekecil ini akselerasinya kenceng juga yah.

atau civic type R "born on the racetrack", angkanya ya tulis aja jadi facts and figures kalo ini front wheel drive terkencang di nurburgring. target audience dapet tanpa harus pajang 7.43.sekian di mana-mana.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11688
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 08 Aug 2024, 11:50
Suryaputra wrote: 08 Aug 2024, 11:01

Intinya dalam marketing jaman now, itu harus bisa quantify nilai jual dari produk tsb.
- klo lbh nyaman.. gmn ngukurnya?
- jaringan servis.. jauh sm nissan (gak usah honda)
- lebih unik... brp bnyk uniknya?
- lebih cepat.. jelas kebayang dan bisa diukur
sy belakangan ngikutin threads ada yang bahas soal copywriting menarik. justru itu tugas dari copywriter. gimana ngolah kata-katanya supaya bisa masuk

"oh, ini produk yang mau dijual". sell the benefits. apa yang bisa didapat dari 0-100 3.8s itu pake simple words. masalahnya chinese products itu kan ngejual fitur yang nggak ngerti juga kita benefitnya apa.

"silent killer" kah, atau "brought to you a comfortable super fast electric saloon with half the price of a model 3" atau apalah.

contoh dulu VW Golf TSI di awal kan nggak bragging melulu 0-100 di 8s, ya emang ada tapi kecil bgt di mobilnya. cuma pake tagline

"Surprise!"
*0-100 in only 8s" - tulisannya kecil aja.

message : wow mobil sekecil ini akselerasinya kenceng juga yah.

atau civic type R "born on the racetrack", angkanya ya tulis aja jadi facts and figures kalo ini front wheel drive terkencang di nurburgring. target audience dapet tanpa harus pajang 7.43.sekian di mana-mana.
iya bisa aja ngulik copywriting apalagi pk ilmu neuro2an.

tapi klo ada yg gampang, ngapain ribet
yg ptg jualan :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16449
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 08 Aug 2024, 11:54
iya bisa aja ngulik copywriting apalagi pk ilmu neuro2an.

tapi klo ada yg gampang, ngapain ribet
yg ptg jualan :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ya copywriting itu ngaruh ke subconscious kok pasti, dunia marketing ya itu penuh ilmu psikologis, kalo ngga kenapa *sebagian* user duo diesel arogan, kan tagline nya aja the world is mine :mky_03: bukan rocket science ini, emang psikologis manusia segampang itu dipengaruhi kalo konsumennya blm dewasa yang kebetulan emang sebagian arogan ini orang blm dewasa (read = anak remaja tanggung / spoiled brat dgn uang jajan berlebih).

skrg karena "3.8s" udah masuk subconscious pembeli seal ya nggak heran akhirnya jatoh ke tangan pembeli yang kurang bertanggung jawab , termasuk kenapa BMW identik sama user yang slenge'an wong namanya shirr repairing... eh shirr driving pleasure :mky_03:

tapi japs dan europ kalo bukan performance car ya paling ditulis di brosur atau ketauan waktu ngetes. nggak jadi bragging rights. makanya heran giliran 0-100 kenceng aja pada bandingin sama supercar, handling dicacatin pada gak terima ngelesnya krn bukan sportcar. ya ngapain promosi 3.8s nya. aneh bener. jaka sembung bawa golok.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11688
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 08 Aug 2024, 12:11
Suryaputra wrote: 08 Aug 2024, 11:54
iya bisa aja ngulik copywriting apalagi pk ilmu neuro2an.

tapi klo ada yg gampang, ngapain ribet
yg ptg jualan :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ya copywriting itu ngaruh ke subconscious kok pasti, dunia marketing ya itu penuh ilmu psikologis, kalo ngga kenapa *sebagian* user duo diesel arogan, kan tagline nya aja the world is mine :mky_03: bukan rocket science ini, emang psikologis manusia segampang itu dipengaruhi kalo konsumennya blm dewasa yang kebetulan emang sebagian arogan ini orang blm dewasa (read = anak remaja tanggung / spoiled brat dgn uang jajan berlebih).

skrg karena "3.8s" udah masuk subconscious pembeli seal ya nggak heran akhirnya jatoh ke tangan pembeli yang kurang bertanggung jawab , termasuk kenapa BMW identik sama user yang slenge'an wong namanya shirr repairing... eh shirr driving pleasure :mky_03:

tapi japs dan europ kalo bukan performance car ya paling ditulis di brosur atau ketauan waktu ngetes. nggak jadi bragging rights. makanya heran giliran 0-100 kenceng aja pada bandingin sama supercar, handling dicacatin pada gak terima ngelesnya krn bukan sportcar. ya ngapain promosi 3.8s nya. aneh bener. jaka sembung bawa golok.
Yah begitulah konsep marketing nya tiongkok
TnC nya ada aja dan kdg menjebak

Gak usah gtu, gadget somay kan jg sama.
Benchmark antutu, dsb sekian poin, harga setengahnya.

Begitu dah pakai, diberondong iklan dan durability jauh sm brand korsel / apel :big_biglaugh:

Btw congrats buat om TS, maaf jd oot :big_peace: :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16449
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 08 Aug 2024, 12:23 Yah begitulah konsep marketing nya tiongkok
TnC nya ada aja dan kdg menjebak

Gak usah gtu, gadget somay kan jg sama.
Benchmark antutu, dsb sekian poin, harga setengahnya.

Begitu dah pakai, diberondong iklan dan durability jauh sm brand korsel / apel :big_biglaugh:

Btw congrats buat om TS, maaf jd oot :big_peace: :upss:
wah kl gadget mah ampas lah. iklan semua isinya. kadang d pake kerja jadi lelet gegara isinya iklan gangguin semua.

tipikal produk naga, fitur dibanyakin tapi user experience ampas.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2863
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by KielConstantine »

Udah udah jangan pada ribut…





Mending kita analisa dulu…….


Mana neh om boku :ngacir: :ngacir:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1741
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by MSU »

0-100kmh 3.8 detik apalagi dibawa ama abg labil...sbtlnya ga guna sih...mendingan disunat syukur2 batere dll lebih awet
takutnya ni trend abis dari cumi jahanam pindah ke ev ugal
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1176
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by Zaxis »

Loh kok ga kaboom?
Kata nya ev itu bom berjalan
Kalo tabrakan bisa meleduk
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11688
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by Suryaputra »

Zaxis wrote: 08 Aug 2024, 14:27 Loh kok ga kaboom?
Kata nya ev itu bom berjalan
Kalo tabrakan bisa meleduk
LFP :mky_02:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4235
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: 08 Aug 2024, 12:23 Yah begitulah konsep marketing nya tiongkok
TnC nya ada aja dan kdg menjebak

Gak usah gtu, gadget somay kan jg sama.
Benchmark antutu, dsb sekian poin, harga setengahnya.

Begitu dah pakai, diberondong iklan dan durability jauh sm brand korsel / apel :big_biglaugh:

Btw congrats buat om TS, maaf jd oot :big_peace: :upss:
karena yang bisa dijual dan paling mudah dijual ya soal spesifikasi :big_biglaugh:

brand tiongkok sekarang si jauh lebih baiklah soal iklan dan durabilitas daripada brand korsel.
tapi ya tetep aja fine tuning soal usability ini yang PR besar, karena mesti pengalaman dulu :mky_03:

tiongkok sekarang ya korean 20 tahun lalu, tapi korean build pelan2 dulu di USA dan Europe, merek Tiongkok modal duit kenceng saja yang penting gas dan jualan dulu :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16449
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review 2024 BYD Seal Performance : a little bit away from sweet spot..

Post by ChZ »

MSU wrote: 08 Aug 2024, 14:22 0-100kmh 3.8 detik apalagi dibawa ama abg labil...sbtlnya ga guna sih...mendingan disunat syukur2 batere dll lebih awet
takutnya ni trend abis dari cumi jahanam pindah ke ev ugal
mengenai ini...

pov

3.8s itu hampir 2 kali lebih kenceng dari civic turbo (7s)
hampir 3 kali lebih kenceng dari fortuner / pajero remapan (9s)

skrg berapa unit pajero yang klontang, ya hitung saja risikonya 3x lebih besar.

utk kendaliin mobil akselerasi sekuat ini, bahkan bbrp supercar manufacturer macem ferrari atau porsche saja mewajibkan pelatihan buat pembelinya sebelum turun ke jalan krn emang risky sekali. kemampuan bikin split-second decision itu menentukan sekali keamanan pengguna.

ini dijual bebas tanpa filtering pembelinya dan tanpa disclaimer. ngga beda dengan sepeda listrik yang dikendarai bocil, ngga perlu SIM buat keluar jalan raya tp larinya udah bisa di atas 20 km per jam. di saat orang naik motor saja kita pertanyakan SIMnya nembak apa nggak, ini bocil bahkan nggak perlu keluar SIM buat kendaraan yg performanya mirip motor bebek lawas.

dunia udah makin gila.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post