Setelah sebelumnya harian pake S80 2.3T (2.3 = kubikasi mesin; T = Trouble), maka akhirnya diputuskan untuk kembali mencari kandidat mobil eropa lainnya.
Long Story Short, ada beberapa kandidat potensial yang udah dilirik :
- BMW e39 525i manual pre FL
Ini mobil kondisinya lumayan semi bahan. Untuk cat sekitar 70% dan lah ada beberapa sunburnt pernisnya; jok udah diretrim; cupholder entahlah; dan permasalahan umum seatbeltnya e39. Mesin sehat banget, kopling enak, dan bagian mesinnya total original alias ga ada jumper2an kabel dll dst. Mobil ini sebenernya udah hampir deal, perkara urusan 500rb gamau goyang yaudah akhirnya skip.
- BMW E36 323i Matic
Ini mobil juga sebenernya kondisinya lumayan. Agak Jamet dengan velg taiwan 19" sih. Interior full ori, no audio dll dsb. Permasalahannya, Tenaganya jujur biasa aja dan harganya agak lebih tinggi e39 dengan taon yang lebih tua. SKIP
- Driving Impression
Secara Performa, ini mobil enak banget, mesinnya alus banget, karakter mesinnya itu ngantuk, ga spirited kayak BMW. Kaki, menurut saya pribadi enak banget, empuk tapi ga limbung, cuman bodyroll tetep berasa. Lari ke 180kmh enteng, napasnya masih sisa banyak, cuman mobil ini lebih asik cruising minggu sore di antasari lari 70-80 pake kacamata item.
Untuk transmisinya dia Dogleg, jadi gigi satu ada di pojok kiri bawah, ini agak bikin kagok, tapi kalo udah biasa, ini enak karena gigi 2 dan 3 nya sejajar alias tinggal naik turun aja. kopling cukup enteng sih, cuman ya ga se mobil jepang.
Cuman ini mobil setirnya agak berat dan jauh dari kata agile.
- Running & Maintenance Cost.
Maintenance costnya, Oli sekitaran 7 liter. Konsumsi Bensin sekitar 1:5-6 dalkot jakarta. Isi bensin cukup pertamax aja. Komponen Kelistrikan mobil ini sebenernya sangat amat durable. kebetulan punya saya relay extra fan meleleh (covernya doang) tapi masih berfungsi normal, akhirnya ganti. harganya sekitar 300 atau 400 ribu. Mahal? Emang. Tapi production date relay fan yg diganti itu 10-1993 alias pas penggantian itu udah +/- 28 taon. Sekring beberapa merk flosser.
- Build Quality
Untuk Build Quality sebenernya udah pada tau kayaknya deh. jok bahannya MB-Tex, bukan MB Tech ya. dashboard soft touch (sebenernya ini ga penting sih), Trim kayu dari kayu beneran. Doortrim full soft touch. bahkan di dalem glovebox itu ada lining dan lampunya.
Wipernya lega banget dan ekonomis kalo beli karetnya. Kalo liat di bawah karpet itu udah dilapis peredam semacam bitumen
1. Pastikan sudah berdoa dan memohon arahan-Nya sebelum liat barang dan transfer.
2. Pastikan vakum dan central locknya normal. Ini mobil semuanya pake vakum. (Head Rest belakang, levelling lampu depan, dan pengaturan arah semburan AC itu pake Vakum mesin. Central Lock ada modul central lock yang ada pompa vakumnya sendiri di bawah jok belakang). Pastiin remotenya (kalo pake Remot) jalan, karena sistemnya w124 (kemungkinan w202, w210, merc lain) itu pake infra red, bukan pake radio. Pastiin selang vakumnya
3. Pastikan ngolong dan liat deknya, biasa udah pada keropos di doorsil (belakangnya roda depan), kalo perlu di angkat aja di cucian mobil. Cek juga bagian bawah aki.
4. Di balik fender depan kiri itu ada charcoal canister. ini biasanya udah pada ampas. dan kalo ini rusak, biasanya bau bensin masuk ke kabin.
5. Di sektor mesin cukup aman sih cek meler di bagian cam cover depan, sama cek di lobang businya ada oli apa nggak.
6. Cek rumah sekring, pastiin belom diubah2 pake part jepangan. Cek juga bagian modul ac (di belakang aki deket firewall) itu ada modul clutch AC Compressor clutch) biasanya ini di bypass soalnya barangnya susah dan mihiil.
7. Pastiin Knock Sensor kepasang semuanya (ada 2 Knock Sensor) di bawah Intake manifold.
Karat membandels.
Akhirnya tuker tambah sma ini.. Another bahan pikiran..