Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4795
- Joined: 09 Oct 2016, 22:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
Selamat malam semuanya. Pada kesempatan kali ini, saya akan mereview kembali mobil harian ibu & nenek saya, yg sudah 1 tahun saya gunakan serta kadang2 kami gunakan bersama untuk lukot seperti bandung, jateng, jogja , yaitu All new voxy 90 2023. Mobil ini dibeli tahun 2022 lalu & setelah melalui inden yg cukup lama, akhirnya tiba di garasi kami pada bulan Mei 2023 lalu dengan harga 580 jtan OTR jakarta. Now, let's go to the review
1.Background
Thread ini merupakan kelanjutan dari thread viewtopic.php?p=1297554&hilit=anps+seken#p1297554, dimana kami nyaris saja membatakan pembelian mobil ini krn indennya yg tidak jelas , secara kami sudah SPK dari 2022 bulan Mei, tp hingga desember 2022, tidak ada kejelasan akan status unit tersebut. Sedangkan, mobil lama kami sudah laku sehingga diwajibkan mencari penggantinya sesegera mungkin. Walaupun saat itu masih ada CRV Turbo pres 2019. Tp ttp saja, untuk gangen sepertinya perlu 1 kendaraan lagi hehe. Mobil ini dibeli untuk menggantikan innova reborn g diesel at 2018 & CRV turbo pres 2019 yg bs dilihat di thread viewtopic.php?t=31509 dan viewtopic.php?t=29114. Alasan ambil mobil ini cuma 1. Yaitu pengen cari MPV sliding door yg wajib baru. Kandidatnya memang ga terlalu banyak pilihannya. Biante & delica sudah discontinue, hingga akhirnya tersisa C27 & AN Voxy. Sudah TD keduanya & sebetulnya lebih condong ke C27 awalnya krn kekedapan kabin & bantingan suspensinya lebih empuk dibanding C27 walaupun desain interiornya kalah modern & driving feelnya ga seenak voxy walaupun beda tipis, tp faktor ATPM nya yg saat itu nasibnya "kurang jelas" kedepannya mau jadi kaya gmn buat long term akhirnya kita SPK AN Voxy. Diawali dengan menjual 1 unit ANKI reborn diesel untuk DP mobil ini , hingga drama yg cukup panjang, hingga kami nyaris membatalkan SPK mobil ini krn terlalu lama & sempet kepikiran buat hunting ANPS Dakar or reborn v or venturer diesel seken 2018 up buat menggantikan ANKI G diesel matic kami yg bbrp bln sebelumnya di tahun yg sama sudah laku duluan. Tp di akhir april 2023, gayung bersambut , ayah saya dikabari kalau voxy pesanan kami sudah tiba & akan tiba di bulan berikutnya. Akhir kata, CRV Turbo prestige 2019 kami yg sudah menemani kami selama 4 tahun dari baru mau tidak mau harus dilego untuk sisa nomboknya dari hasil jual reborn, dengan hasil akhir kembalian sekitar 100jtan. Sebuah pengorbanan yg cukup besar untuk menebus mobil ini menurut saya pribadi. Well, tp, gak masalah, secara mobil ini 90% akan dipakai oleh nenek & ibu saya dengan driver serta mayoritas duduk di row 2 & rute mayoritas dalkot jabodetabek saja, serta untuk mobil harian saya pribadi sudah ada AN BRV Pres non HS 2023 hehe . Saat ini, mobil sudah berusia 1 tahun 2 bulan dengan odo sekitar 11rban km, dengan ruter terjauh jakarta- jogja- solo-semarang- karanganyar PP sebanyak 2x . Now let's go to the review
2. History
Sebenarnya mobil ini sudah hadir di luar negeri sejak tahun 2000an awal dengan nama noah / voxy. Tp untuk di Indonesia, dijual melalui IU, karena tidak masuk secara resmi melalui ATPM , sama seperti harrier & alphard gen 1
2013-2015
TAM pertama kalinya meluncurkan voxy di Indonesia dengan nama "Nav 1" + berstatus CKD. Hadir dalam tipe G & V
2015-2017
Nav 1 mendapat minor facelift yg berfokus pada bagian exterior seperti perubahan grill, velg dll. Serta ada tambahan tipe V limited kalo gasalah
2017-2022
Nav 1 akhirnya resmi digantikan oleh Voxy di Indonesia. Mobil ini diluncurkan secara CBU dari Jepang & diberi kode Voxy 80. Di Jepang sendiri, mobil ini punya kembaran bernama Noah & Esquire
2022- sekarang
Akhir 2022, TAM akhirnya meluncurkan All New Voxy 90. Mobil ini masih berstatus CBU dari Jepang dengan perubahan yg cukup banyak di bagian exterior, interior, fitur & mesin
Di Indonesia, mobil ini masuk ke kelas Medium MPV Sliding door bersama dengan serena, biante, H1 & delica
3. Exterior
Terlihat ubahan yg lumayan jauh dari gen sblmnya. Terlihat lebih modern & elegan. Salah 1 yg terbaik dikelasnya
Skor 8,5/10
4. Interior & fitur
Merupakan lompatan yg cukup jauh dari pendahulunya. Menjadi lebih modern & kekinian. Selain itu, kelebihan mobil ini ada di akses keluar masuknya yg mudah karena pintu geser , serta storage yg cukup banyak + bagasi, row 2 dan row 3 yg cukup lega, sehingga mobil ini termasuk yg cukup practical dikelasnya. Untuk fitur, jg lumayan banyak. Sudah ada rem tangan otomatis, keyless entry & start stop engine, adaptive cruise control, kamera 360, monitor di tengah, ac double blower , serta HU yg udah support android auto & apple car play , walaupun minus sunroof which downgrade dari gen sblmnya , which is fitur tersebut jd fitur unggulan dibanding pesaing sekelasnya pada saat itu
Untuk fitur safety, sudah dilengkapi dengan toyota safety sense, 7 airbags, ABS, EBD , BA
Skor 8/10, walaupun minus sunroof
5. Driving feel
Mobil ini dilengkapi dengan mesin 2.000 CC dengan transmisi CVT, which is serupa dengan zenix bensin. Pertama kali dibawa, well, posisi duduknya agak rendah, tp disisi lain, visibilitasnya cukup luas. Sedangkan untuk di dalkot, mobil ini cukup practical & cukup enak dikemudikan untuk mobil jenis ini walaupun ga seenak biante or delica. Nah, saat dibawa di tol / lukot. Baru berasa kekurangan dari mobil ini, yakni
- tarikan bawah ngeden bgt. mesti digas dalem dulu baru mau naik, walaupun cvtnya cukup smooth. mobil dengan driving feel terburuk yg pernah kami pake lukot (compared to CRV, CX5, ANPS, ANF & reborn)
- bengek di tanjakkan. pas di jogja & puncak , mau naik tanjakkan dgn kondisi full load, berasa ngeden, mesti pake model manual dulu baru mau berasa tarikannya, lagi2 worse car we ever used at that route compared to our previous car ( CRV, CX5, ANPS, ANF & reborn)
Sedangkan untuk handlingnya ya, biasa aja, sedikit lebih baik daripada serena tp dibawah biante & delica, tp ya saya bs terima, secara handling bukan jd prioritas kami saat membeli mobil jenis ini. Untuk di row 2 , gak sebagus yg di gembar gemorkan banyak orang. Masih berasa keras walaupun udh mendingan drpd voxy gen sblmnya, serta lebih baik daripada biante & delica. Tp buat saya ini masuk terlalu kerasa buat MPV sekelas ini, lewat poldur masih berasa "gradak gradak" nya or "dug" nya masih cukup keras. Which is dampingnya agak kurang menurut saya, memang lebih bagus daripada zenix or voxy gen sblmnya, tp ini terus terang jauh dibawah serena yg bantingan suspensi & dampingnya cukup empuk, even dibandingkan dengan c26 yg pernah saya coba sekalipun, c26 masih berasa jauh lebih empuk & nyaman dibanding AN Voxy 90 ini menurut saya pribadi, even crv turbo saya sekalipun yg notabene adalah suv monokok, bantingan suspensinya jg lebih empuk dibanding voxy ini menurut saya
Skor 6/10, cukup enak buat dalkot, tp buat tol / lukot kurang bgt
6.Keluhan selama make
- sensingnya cukup menganggu. Memang saya akui, mobil ini bisa ngerem sendiri ketika diperlukan, tp disisi lain, fitur ini sepertinya belum cocok digunakan untuk kondisi lalulintas Indonesia yg cukup crowded, terutama Jakarta. Saya bilang begini, karena saya adalah salah 1 korbannya. Saat kejadian, mobil dikendarai oleh driver saya dengan penumpang adalah ayah & ibu saya. Kondisi lalu lintas sangat padat sekali. Hingga akhirnya kami melewati perempatan yg cukup padat dengan motor & mobil. Hingga pada akhirnya, pas kami mau keluar dari perempatan itu, mobil tiba tiba bunyi "CEKIIIIIIIIITTTTTTTTTT" & akhirnya berhenti sendiri, karena ada motor yg main "gunting " sembarangan sehingga nyaris saja mengenai bagian depan mobil kami. Well, memang bagus, karena kami terhindar dari tabrakkan dengan motor or mobil di depan kami saat itu, tp celakanya, ada mobil taksi dengan jenis mobil "sejuta umat" yg mepet bgt dengan mobil kami, mungkin jaraknya gasampe 5cm, gagal antisipasi, sehingga ketika mobil kami berhenti mendadak karena sistem tersebut, alhasil "duar" , bagian belakang mobil kami disundul oleh mobil sejuta umat tersebut. Hingga akhirnya "bonyok", untung gasampe ke tulangan & berakhir secara kekeluargaan , detilnya krg tau karena saya saat kejadian tidak ada di dalam mobil , cm tau dari ortu saya saja hehe
- rattle sejak 2.000 km pertama
Sejak 2.000 mobil ini, udh ada bunyi kretek kretek dibagian sliding door sebelah kiri , udh 5x bolak balik beres ttp gaada solusinya, akhirnya dibiarin aja deh
- body tipis
entah knp kualitas bodynya cukup mengecewakan buat mobil yg harganya mepet 600 jt & mobil CBU. merujuk pada poin pertama , dibanding mobil CBU saya sblmnya yaitu CX5, jelas mobil voxy ini bodynya jauh lebih tipis, secara disenggol mobil sejuta umat dengan kecepatan yg gasampe 20 kpj ada penyok + konsumsi bbm mobil ini ada di sekitar 1:10-12 dalkot
sisanya ya cukup durable, gaada masalah yg aneh2, ckp ganti oli sm servis rutin aja + side skirt baret2 gara2 pernah nyenggol barrier pas di jateng
6. Kesimpulan
Mobil yg serba tanggung, tp all rounder. Cocok buat anda yg cari mobil pintu geser dengan budget 590-650jtan yg punya aftersales yg bagus, durability yg cukup oke, practical, punya desain exterior & interior yg menarik , serta fitur yg melimpah + akses keluar masuk yg gampang karena pintu geser , serta cukup nyaman juga untuk pemakaian sehari2 dengan mayoritas dalkot + sering duduk di row 2 or row 3 hehe
Kelebihan:
- desain exterior & interior
- BQ
- road noise
- fitur melimpah
- cukup nyaman
- row 2 , row 3 & bagasi lega
- storage banyak sehingga practical
- perpindahan cvtnya cukup smooth
- aftersales & durability , because it's Toyota
- akses keluar masuk gampang karena sliding door
- cukup nyaman
Kelemahan
- driving feel & handling biasa aja
- no sunroof
- plat body tipis
- tarikan bawah kurang bgt
- rattle yg ga ilang2
- sensingnya cukup annoying (menurut saya pribadi)
Mungkin satu2nya alasan saya mempertahankan mobil ini sampe sekarang karena nenek & ibu saya memerlukan mobil yg gampang akses keluar masuknya karena pintu geser + row 2 yg lega. Mungkin kl bkn karena faktor itu, mobil ini sudah saya lego dari jauh2 hari karena keluhan & kelemahan yg saya sebutkan tadi, serta ingin kembali ke trio ladder or alphvell kalo seken or kalo baru kandidatnya ada di CRV Hybrid or serena C28 yg denger2 bakal launch di Indo untuk upgrade hehehe
Sekian dari review saya. I hope you will enjoy my review, thank you
1.Background
Thread ini merupakan kelanjutan dari thread viewtopic.php?p=1297554&hilit=anps+seken#p1297554, dimana kami nyaris saja membatakan pembelian mobil ini krn indennya yg tidak jelas , secara kami sudah SPK dari 2022 bulan Mei, tp hingga desember 2022, tidak ada kejelasan akan status unit tersebut. Sedangkan, mobil lama kami sudah laku sehingga diwajibkan mencari penggantinya sesegera mungkin. Walaupun saat itu masih ada CRV Turbo pres 2019. Tp ttp saja, untuk gangen sepertinya perlu 1 kendaraan lagi hehe. Mobil ini dibeli untuk menggantikan innova reborn g diesel at 2018 & CRV turbo pres 2019 yg bs dilihat di thread viewtopic.php?t=31509 dan viewtopic.php?t=29114. Alasan ambil mobil ini cuma 1. Yaitu pengen cari MPV sliding door yg wajib baru. Kandidatnya memang ga terlalu banyak pilihannya. Biante & delica sudah discontinue, hingga akhirnya tersisa C27 & AN Voxy. Sudah TD keduanya & sebetulnya lebih condong ke C27 awalnya krn kekedapan kabin & bantingan suspensinya lebih empuk dibanding C27 walaupun desain interiornya kalah modern & driving feelnya ga seenak voxy walaupun beda tipis, tp faktor ATPM nya yg saat itu nasibnya "kurang jelas" kedepannya mau jadi kaya gmn buat long term akhirnya kita SPK AN Voxy. Diawali dengan menjual 1 unit ANKI reborn diesel untuk DP mobil ini , hingga drama yg cukup panjang, hingga kami nyaris membatalkan SPK mobil ini krn terlalu lama & sempet kepikiran buat hunting ANPS Dakar or reborn v or venturer diesel seken 2018 up buat menggantikan ANKI G diesel matic kami yg bbrp bln sebelumnya di tahun yg sama sudah laku duluan. Tp di akhir april 2023, gayung bersambut , ayah saya dikabari kalau voxy pesanan kami sudah tiba & akan tiba di bulan berikutnya. Akhir kata, CRV Turbo prestige 2019 kami yg sudah menemani kami selama 4 tahun dari baru mau tidak mau harus dilego untuk sisa nomboknya dari hasil jual reborn, dengan hasil akhir kembalian sekitar 100jtan. Sebuah pengorbanan yg cukup besar untuk menebus mobil ini menurut saya pribadi. Well, tp, gak masalah, secara mobil ini 90% akan dipakai oleh nenek & ibu saya dengan driver serta mayoritas duduk di row 2 & rute mayoritas dalkot jabodetabek saja, serta untuk mobil harian saya pribadi sudah ada AN BRV Pres non HS 2023 hehe . Saat ini, mobil sudah berusia 1 tahun 2 bulan dengan odo sekitar 11rban km, dengan ruter terjauh jakarta- jogja- solo-semarang- karanganyar PP sebanyak 2x . Now let's go to the review
2. History
Sebenarnya mobil ini sudah hadir di luar negeri sejak tahun 2000an awal dengan nama noah / voxy. Tp untuk di Indonesia, dijual melalui IU, karena tidak masuk secara resmi melalui ATPM , sama seperti harrier & alphard gen 1
2013-2015
TAM pertama kalinya meluncurkan voxy di Indonesia dengan nama "Nav 1" + berstatus CKD. Hadir dalam tipe G & V
2015-2017
Nav 1 mendapat minor facelift yg berfokus pada bagian exterior seperti perubahan grill, velg dll. Serta ada tambahan tipe V limited kalo gasalah
2017-2022
Nav 1 akhirnya resmi digantikan oleh Voxy di Indonesia. Mobil ini diluncurkan secara CBU dari Jepang & diberi kode Voxy 80. Di Jepang sendiri, mobil ini punya kembaran bernama Noah & Esquire
2022- sekarang
Akhir 2022, TAM akhirnya meluncurkan All New Voxy 90. Mobil ini masih berstatus CBU dari Jepang dengan perubahan yg cukup banyak di bagian exterior, interior, fitur & mesin
Di Indonesia, mobil ini masuk ke kelas Medium MPV Sliding door bersama dengan serena, biante, H1 & delica
3. Exterior
Terlihat ubahan yg lumayan jauh dari gen sblmnya. Terlihat lebih modern & elegan. Salah 1 yg terbaik dikelasnya
Skor 8,5/10
4. Interior & fitur
Merupakan lompatan yg cukup jauh dari pendahulunya. Menjadi lebih modern & kekinian. Selain itu, kelebihan mobil ini ada di akses keluar masuknya yg mudah karena pintu geser , serta storage yg cukup banyak + bagasi, row 2 dan row 3 yg cukup lega, sehingga mobil ini termasuk yg cukup practical dikelasnya. Untuk fitur, jg lumayan banyak. Sudah ada rem tangan otomatis, keyless entry & start stop engine, adaptive cruise control, kamera 360, monitor di tengah, ac double blower , serta HU yg udah support android auto & apple car play , walaupun minus sunroof which downgrade dari gen sblmnya , which is fitur tersebut jd fitur unggulan dibanding pesaing sekelasnya pada saat itu
Untuk fitur safety, sudah dilengkapi dengan toyota safety sense, 7 airbags, ABS, EBD , BA
Skor 8/10, walaupun minus sunroof
5. Driving feel
Mobil ini dilengkapi dengan mesin 2.000 CC dengan transmisi CVT, which is serupa dengan zenix bensin. Pertama kali dibawa, well, posisi duduknya agak rendah, tp disisi lain, visibilitasnya cukup luas. Sedangkan untuk di dalkot, mobil ini cukup practical & cukup enak dikemudikan untuk mobil jenis ini walaupun ga seenak biante or delica. Nah, saat dibawa di tol / lukot. Baru berasa kekurangan dari mobil ini, yakni
- tarikan bawah ngeden bgt. mesti digas dalem dulu baru mau naik, walaupun cvtnya cukup smooth. mobil dengan driving feel terburuk yg pernah kami pake lukot (compared to CRV, CX5, ANPS, ANF & reborn)
- bengek di tanjakkan. pas di jogja & puncak , mau naik tanjakkan dgn kondisi full load, berasa ngeden, mesti pake model manual dulu baru mau berasa tarikannya, lagi2 worse car we ever used at that route compared to our previous car ( CRV, CX5, ANPS, ANF & reborn)
Sedangkan untuk handlingnya ya, biasa aja, sedikit lebih baik daripada serena tp dibawah biante & delica, tp ya saya bs terima, secara handling bukan jd prioritas kami saat membeli mobil jenis ini. Untuk di row 2 , gak sebagus yg di gembar gemorkan banyak orang. Masih berasa keras walaupun udh mendingan drpd voxy gen sblmnya, serta lebih baik daripada biante & delica. Tp buat saya ini masuk terlalu kerasa buat MPV sekelas ini, lewat poldur masih berasa "gradak gradak" nya or "dug" nya masih cukup keras. Which is dampingnya agak kurang menurut saya, memang lebih bagus daripada zenix or voxy gen sblmnya, tp ini terus terang jauh dibawah serena yg bantingan suspensi & dampingnya cukup empuk, even dibandingkan dengan c26 yg pernah saya coba sekalipun, c26 masih berasa jauh lebih empuk & nyaman dibanding AN Voxy 90 ini menurut saya pribadi, even crv turbo saya sekalipun yg notabene adalah suv monokok, bantingan suspensinya jg lebih empuk dibanding voxy ini menurut saya
Skor 6/10, cukup enak buat dalkot, tp buat tol / lukot kurang bgt
6.Keluhan selama make
- sensingnya cukup menganggu. Memang saya akui, mobil ini bisa ngerem sendiri ketika diperlukan, tp disisi lain, fitur ini sepertinya belum cocok digunakan untuk kondisi lalulintas Indonesia yg cukup crowded, terutama Jakarta. Saya bilang begini, karena saya adalah salah 1 korbannya. Saat kejadian, mobil dikendarai oleh driver saya dengan penumpang adalah ayah & ibu saya. Kondisi lalu lintas sangat padat sekali. Hingga akhirnya kami melewati perempatan yg cukup padat dengan motor & mobil. Hingga pada akhirnya, pas kami mau keluar dari perempatan itu, mobil tiba tiba bunyi "CEKIIIIIIIIITTTTTTTTTT" & akhirnya berhenti sendiri, karena ada motor yg main "gunting " sembarangan sehingga nyaris saja mengenai bagian depan mobil kami. Well, memang bagus, karena kami terhindar dari tabrakkan dengan motor or mobil di depan kami saat itu, tp celakanya, ada mobil taksi dengan jenis mobil "sejuta umat" yg mepet bgt dengan mobil kami, mungkin jaraknya gasampe 5cm, gagal antisipasi, sehingga ketika mobil kami berhenti mendadak karena sistem tersebut, alhasil "duar" , bagian belakang mobil kami disundul oleh mobil sejuta umat tersebut. Hingga akhirnya "bonyok", untung gasampe ke tulangan & berakhir secara kekeluargaan , detilnya krg tau karena saya saat kejadian tidak ada di dalam mobil , cm tau dari ortu saya saja hehe
- rattle sejak 2.000 km pertama
Sejak 2.000 mobil ini, udh ada bunyi kretek kretek dibagian sliding door sebelah kiri , udh 5x bolak balik beres ttp gaada solusinya, akhirnya dibiarin aja deh
- body tipis
entah knp kualitas bodynya cukup mengecewakan buat mobil yg harganya mepet 600 jt & mobil CBU. merujuk pada poin pertama , dibanding mobil CBU saya sblmnya yaitu CX5, jelas mobil voxy ini bodynya jauh lebih tipis, secara disenggol mobil sejuta umat dengan kecepatan yg gasampe 20 kpj ada penyok + konsumsi bbm mobil ini ada di sekitar 1:10-12 dalkot
sisanya ya cukup durable, gaada masalah yg aneh2, ckp ganti oli sm servis rutin aja + side skirt baret2 gara2 pernah nyenggol barrier pas di jateng
6. Kesimpulan
Mobil yg serba tanggung, tp all rounder. Cocok buat anda yg cari mobil pintu geser dengan budget 590-650jtan yg punya aftersales yg bagus, durability yg cukup oke, practical, punya desain exterior & interior yg menarik , serta fitur yg melimpah + akses keluar masuk yg gampang karena pintu geser , serta cukup nyaman juga untuk pemakaian sehari2 dengan mayoritas dalkot + sering duduk di row 2 or row 3 hehe
Kelebihan:
- desain exterior & interior
- BQ
- road noise
- fitur melimpah
- cukup nyaman
- row 2 , row 3 & bagasi lega
- storage banyak sehingga practical
- perpindahan cvtnya cukup smooth
- aftersales & durability , because it's Toyota
- akses keluar masuk gampang karena sliding door
- cukup nyaman
Kelemahan
- driving feel & handling biasa aja
- no sunroof
- plat body tipis
- tarikan bawah kurang bgt
- rattle yg ga ilang2
- sensingnya cukup annoying (menurut saya pribadi)
Mungkin satu2nya alasan saya mempertahankan mobil ini sampe sekarang karena nenek & ibu saya memerlukan mobil yg gampang akses keluar masuknya karena pintu geser + row 2 yg lega. Mungkin kl bkn karena faktor itu, mobil ini sudah saya lego dari jauh2 hari karena keluhan & kelemahan yg saya sebutkan tadi, serta ingin kembali ke trio ladder or alphvell kalo seken or kalo baru kandidatnya ada di CRV Hybrid or serena C28 yg denger2 bakal launch di Indo untuk upgrade hehehe
Sekian dari review saya. I hope you will enjoy my review, thank you
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 712
- Joined: 18 Sep 2019, 23:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
minus dari gen sebelumnya. Headlamp downgrade ke multi reflektor, jok ke fabric dan foglamp hilang.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1671
- Joined: 22 Mar 2021, 06:59
- Location: Indonesia
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
dengan budget hampir 600jt, knp waktu itu gak hunting alpvell seken aja om? tenaga, kenyamanan, NVH, leather seat, prestise lebih unggul dibanding voxy.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1356
- Joined: 02 Aug 2018, 11:43
- Location: Jakarta
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
road noisenya tergolong oke berarti nih om dengan body yang dibilang tipis?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 154
- Joined: 10 Oct 2017, 19:24
- Location: Surabaya, Jawa Timur
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
Di mata saya, review Voxy ini sangat bagus, terutama bagi calon pembeli Voxy 90 karena bisa memberi insight terkait kelebihan dan kekurangan dari Voxy tersebut.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2863
- Joined: 03 Jul 2013, 13:23
- Location: Indonesia
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
Good & honest riviu rang.
Seandainya ada varian voxy hybrid yg drivetrainnya sama persis kek zenix hybrid bakal jadi appealing ini mobil.
Klo yg skarang 2.0 n/a CVT is just a meh econobox
Seandainya ada varian voxy hybrid yg drivetrainnya sama persis kek zenix hybrid bakal jadi appealing ini mobil.
Klo yg skarang 2.0 n/a CVT is just a meh econobox
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4795
- Joined: 09 Oct 2016, 22:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
thanks tambahan infonya om. yg saya notice paling kentara emg yg foglamp hilang. kalo headlamp downgrade entah knp saya ga terlalu ngeh karena buat saya udh cukup terang + joc fabricnya jg masih bs menopang badan kami sekeluarga dengan cukup baiktimbermaniac123 wrote: ↑15 Jul 2024, 08:18 minus dari gen sebelumnya. Headlamp downgrade ke multi reflektor, jok ke fabric dan foglamp hilang.
karena keluarga saya prefer baru, secara lebih worry free + keterbatasan waktu keluarga saya untuk hunting mobil kesana kemari heheAbdulHakim wrote: ↑15 Jul 2024, 08:28 dengan budget hampir 600jt, knp waktu itu gak hunting alpvell seken aja om? tenaga, kenyamanan, NVH, leather seat, prestise lebih unggul dibanding voxy.
yes, surprisingly cukup baik untuk dikelasnyakrniawnhdr wrote: ↑15 Jul 2024, 08:42 road noisenya tergolong oke berarti nih om dengan body yang dibilang tipis?
thanks insightnya omkemalmakbar wrote: ↑15 Jul 2024, 10:08 Di mata saya, review Voxy ini sangat bagus, terutama bagi calon pembeli Voxy 90 karena bisa memberi insight terkait kelebihan dan kekurangan dari Voxy tersebut.
thanks elKielConstantine wrote: ↑15 Jul 2024, 17:51 Good & honest riviu rang.
Seandainya ada varian voxy hybrid yg drivetrainnya sama persis kek zenix hybrid bakal jadi appealing ini mobil.
Klo yg skarang 2.0 n/a CVT is just a meh econobox
memang + bakal ada alternatif lain buat orang yg pengen mobil pintu geser yg lega tp disisi lain jg irit bbm terutama buat dalkotnya hehehe
betul. mana enaknya cuma buat dalkot pula lagi, buat lukot mah big no lah gw, masih jauh lebih enak mobil2 gw sebelumnya (ANPS dakar, ANF VRZ, Reborn diesel matic, CRV turbo sm CX5 elite) wkwkwkw
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 129
- Joined: 11 Jan 2016, 12:09
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
mungkin kalau 600 jt an kurang worthed
tapi kalau yg model lama R80 bekas yg 300-400 jt, plus subroof msh OK kali yah
makanya harga sekennya manteng....
200 jt bs buat yg lain2 hehe
tapi kalau yg model lama R80 bekas yg 300-400 jt, plus subroof msh OK kali yah
makanya harga sekennya manteng....
200 jt bs buat yg lain2 hehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4795
- Joined: 09 Oct 2016, 22:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
yes. kalo yg kode 80 seken harga segitu ya masih worth buat saya pribadi hehe, daripada kalo baru dapetnya kijang tipe terendah non hybrid or lmpv lsuv, di mobil ini, bs dpt mobil "baby alphvell" yg punya akses keluar masuk yg gampang, kelas diatasnya , tahun yg ga terlalu tua2 amat + fitur jg lumayan lengkap hehehe. 200 jt nya malah kalo saya pribadi saya bs beliin mobil kedua entah reborn bensin / innova 2kd kalo mau 7 seater or honda jazz or HRV buat daily hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 275
- Joined: 22 Nov 2018, 21:39
- Location: Jakarta
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
Waktu awal beli Voxy 90 pernah PM om Pboyz gimana cara matiin safety sensenya krn sangat mengganggu saat di kemacetan dan mau parkir, ternyata lama2 Om merasakan juga annoying-nya fitur safety sensenya ya?
weekend kemarin pas macet2an depan Taman Anggrek tiba2 seperti suara tertabrak motor di belakang, saya kejar motornya dan omelin pengendaranya yg kabur masuk jalur transjakarta. Tapi pas sampe rumah dicari2 koq gakda lecet/penyoknya, jadi bingung sendiri apa tiba2 mobil ngerem sendiri, tapi gakda messagenya di HUD
Pernah terbantu saat parkir di tempat sempit, salah satu sudut mobil ternyata udah hampir nabrak tembok, tiba2 mobil ngerem sendiri. other than that, very annoying
weekend kemarin pas macet2an depan Taman Anggrek tiba2 seperti suara tertabrak motor di belakang, saya kejar motornya dan omelin pengendaranya yg kabur masuk jalur transjakarta. Tapi pas sampe rumah dicari2 koq gakda lecet/penyoknya, jadi bingung sendiri apa tiba2 mobil ngerem sendiri, tapi gakda messagenya di HUD
Pernah terbantu saat parkir di tempat sempit, salah satu sudut mobil ternyata udah hampir nabrak tembok, tiba2 mobil ngerem sendiri. other than that, very annoying
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4795
- Joined: 09 Oct 2016, 22:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
betul, gak cocok buat lalulintas Indo, terutama jakarta yg lumayan crowded hehehe. kalo dia ngerem sendiri emg gaada messagenya di HUD om, cuma bunyi "cekittt" doang , pengalaman saya sih gituIriawans wrote: ↑17 Jul 2024, 13:51 Waktu awal beli Voxy 90 pernah PM om Pboyz gimana cara matiin safety sensenya krn sangat mengganggu saat di kemacetan dan mau parkir, ternyata lama2 Om merasakan juga annoying-nya fitur safety sensenya ya?
weekend kemarin pas macet2an depan Taman Anggrek tiba2 seperti suara tertabrak motor di belakang, saya kejar motornya dan omelin pengendaranya yg kabur masuk jalur transjakarta. Tapi pas sampe rumah dicari2 koq gakda lecet/penyoknya, jadi bingung sendiri apa tiba2 mobil ngerem sendiri, tapi gakda messagenya di HUD
Pernah terbantu saat parkir di tempat sempit, salah satu sudut mobil ternyata udah hampir nabrak tembok, tiba2 mobil ngerem sendiri. other than that, very annoying
yg poin terakhir saya setuju, cukup membantu, itu aja sih yg saya rasain selama 1 tahunan pake mobil ini, sisanya ya sependapat sm om, cukup mengganggu hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11688
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
yah overall karena untuk ortu dan nenek, gak bisa complaint lah ya
yg penting Toyota dan Nyaman sbg penumpang.
driving feel dan handling ntar dulu
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 129
- Joined: 11 Jan 2016, 12:09
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
kayaknya bukan hanya voxy 90, ...pernah make CRV temen, sensing2 gituan bikin sport jantung
ada motor motong, lsg ngerem mendadak, takut yg belakang ga siap aje
balik ke voxy, sy awal tahun galau jg, mo ganti inova bensin reborn, ke voxy baru, voxy lama, atau zenyx hybrid,
di timbang sana sini, akhirnya mutusin voxy bekas 2019, sampe skrng, puas bgt, anak bini puas jg, dg segala kekurangan bawaan mobilnya,
baca review voxy r90 yg sama2 lemot, ga ada sunroof, lbh ceper, dan ada sensing2nya, lbh lega lg
ga nyesel upgrade dari inova bensin, ...meski klo liat zenix hibrid pake velg 18 suka agak mupeng dikit jg hehe
ada motor motong, lsg ngerem mendadak, takut yg belakang ga siap aje
balik ke voxy, sy awal tahun galau jg, mo ganti inova bensin reborn, ke voxy baru, voxy lama, atau zenyx hybrid,
di timbang sana sini, akhirnya mutusin voxy bekas 2019, sampe skrng, puas bgt, anak bini puas jg, dg segala kekurangan bawaan mobilnya,
baca review voxy r90 yg sama2 lemot, ga ada sunroof, lbh ceper, dan ada sensing2nya, lbh lega lg
ga nyesel upgrade dari inova bensin, ...meski klo liat zenix hibrid pake velg 18 suka agak mupeng dikit jg hehe
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 267
- Joined: 11 Mar 2016, 10:15
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
Saat ini pk voxy r80 thn 2018. Lg cr ganti krn udh ckp lm jg pk nya.. dan kepikiran ganti ke R90. Tp lht review ini..jd mikir lg. Apalagi lht review batu makam C28 EP ckp menggiurkan jg. Aplg ga pk transmisi cvt dan iritnya. Kepincut jg dg M6 BYD krn lht hrgnya.. tp mau cari yg scr akomodasi mirip2 R80, sblmnya pk C26. Jd memang sdh kadung sng sm roti tawar..
Mazda E - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - C26 - 2GD-FTV - R80 - C28
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4235
- Joined: 26 Mar 2007, 15:16
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
sepertinya memang jualan utama Voxy ini ya di sektor "kotak sabun" ya. karena beberapa kali dengar cerita owner, rata2 ya mirip2, ga jauh2 dari Built Quality (padahal Japan made), mesin yang underwhelming dan bantingan yang tidak istimewa. dengan harga sekarang berarti Serena C28 hybrid sangat menarik ya (toh sama2 sudah midlife cycle), apalagi kalau tunggu sekian bulan diskon akan bertambah karena hari gini siapa yang mau beli Nissan
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: 25 Sep 2018, 13:03
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: ford fiesta
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
Nah BYD M6 ini bikin kepincut buat gantiin R80 current... cm nambah dikit buat akuisisi, dimensi 11 12. apalagi nanti mgkn lokasi kerja pp bakal 80km an.dori2802 wrote: ↑18 Jul 2024, 10:50 Saat ini pk voxy r80 thn 2018. Lg cr ganti krn udh ckp lm jg pk nya.. dan kepikiran ganti ke R90. Tp lht review ini..jd mikir lg. Apalagi lht review batu makam C28 EP ckp menggiurkan jg. Aplg ga pk transmisi cvt dan iritnya. Kepincut jg dg M6 BYD krn lht hrgnya.. tp mau cari yg scr akomodasi mirip2 R80, sblmnya pk C26. Jd memang sdh kadung sng sm roti tawar..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4795
- Joined: 09 Oct 2016, 22:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
betul. secara mayoritas jg yg make ortu & nenek saya + duduk di row 2 serta pake driver, jd ya mobil ini memang cocok. kalo masalah toyota & nyaman ya jd prefrensi masing2. sebelum ambil ini jg keluarga saya udh TD C27 + impresinya cukup positif, terutama row 2 nya yg lebih nyaman & lebih empuk jg dibanding voxy. tp karena aftersalesnya untuk long term saat itu masih "tanda tanya" , jd mau ga mau kita ambil ini heheSuryaputra wrote: ↑17 Jul 2024, 21:55
yah overall karena untuk ortu dan nenek, gak bisa complaint lah ya
yg penting Toyota dan Nyaman sbg penumpang.
driving feel dan handling ntar dulu
kalo voxy r80, saya gabisa komen banyak, secara saya dulu jg td nya jarak pendek aja . yg bikin saya suka sm voxy 80 ya sunroofnya itu, which is ilang di voxy 90 + foglampnya jg cukup terang bawaannya menurut saya , which is gaada jg di voxy 90 ini hehe . kalo voxy seken ya cukup worthed. selisihnya lumayan dari baru, tp dapet mobil yg at least lebih gampang keluar masuknya + lebih nyaman jg dibanding reborn, walaupun kalo konsumsi bbm ya 11 12 lah ya ( kebetulan saya cukup sering nyetir reborn bensin at 2017 punya om saya)mastom wrote: ↑18 Jul 2024, 09:26 kayaknya bukan hanya voxy 90, ...pernah make CRV temen, sensing2 gituan bikin sport jantung
ada motor motong, lsg ngerem mendadak, takut yg belakang ga siap aje
balik ke voxy, sy awal tahun galau jg, mo ganti inova bensin reborn, ke voxy baru, voxy lama, atau zenyx hybrid,
di timbang sana sini, akhirnya mutusin voxy bekas 2019, sampe skrng, puas bgt, anak bini puas jg, dg segala kekurangan bawaan mobilnya,
baca review voxy r90 yg sama2 lemot, ga ada sunroof, lbh ceper, dan ada sensing2nya, lbh lega lg
ga nyesel upgrade dari inova bensin, ...meski klo liat zenix hibrid pake velg 18 suka agak mupeng dikit jg hehe
ya kalo emg cari yg akomodasinya mirip voxy 80 & udh biasa pake c26 ya saya vote c28. kebetulan sebelum diputuskan ambil ini, kita udh td c26 & c27 dan kedua mobil ini memang lebih empuk & nyaman daripada voxy. cm karena masih "worry" akan aftersalesnya nissan untuk long term ketika itu akhirnya kita putuskan untuk SPK Voxy. saya sendiri jg udh masukkin c28 ke salah 1 kandidat pengganti voxy 90 ini ketika keluarga pengen upgrade mobil baru, selain crv hybrid hehe . kalo byd m6 entah knp akomodasinya + naikannya ga seenak voxy 80 , walaupun dari segi spek sepertinya cukup value for money untuk harga segitu menurut sayadori2802 wrote: ↑18 Jul 2024, 10:50 Saat ini pk voxy r80 thn 2018. Lg cr ganti krn udh ckp lm jg pk nya.. dan kepikiran ganti ke R90. Tp lht review ini..jd mikir lg. Apalagi lht review batu makam C28 EP ckp menggiurkan jg. Aplg ga pk transmisi cvt dan iritnya. Kepincut jg dg M6 BYD krn lht hrgnya.. tp mau cari yg scr akomodasi mirip2 R80, sblmnya pk C26. Jd memang sdh kadung sng sm roti tawar..
akomodasi , kepraktisan & akses keluar masuknya yg gampang om karena pintu geser. 3 hal itu yg jd pertimbangan keluarga saya ambil ini. kalo BQ ya emg ga istimewa, dibanding mobil CBU jepang saya sblmnya (CX5 2013 & CX5 2018) . c28 memang dari segi harga & fitur cukup menarik, at least saya liat di youtube, dasbornya sukses bikin voxy saya berasa kuno , gatau kalo liat langsung kaya gmn. kalo saya pribadi, punya keinginan untuk replace voxy saya ini ke C28, tp ya seperti yg om bilang, nunggu diskon gede hehehekunaskun wrote: ↑18 Jul 2024, 11:08 sepertinya memang jualan utama Voxy ini ya di sektor "kotak sabun" ya. karena beberapa kali dengar cerita owner, rata2 ya mirip2, ga jauh2 dari Built Quality (padahal Japan made), mesin yang underwhelming dan bantingan yang tidak istimewa. dengan harga sekarang berarti Serena C28 hybrid sangat menarik ya (toh sama2 sudah midlife cycle), apalagi kalau tunggu sekian bulan diskon akan bertambah karena hari gini siapa yang mau beli Nissan
ya di td dulu om. kalo saya entah knp naikannya gabakal seenak r80, secara class never lies, walaupun secara speknya cukup menggiurkan untuk harga segitu menurut saya. kalo m6 ini malah saya tertariknya buat replace AN BRV/ AN HRV SE 2023 saya nantinya, biar bebas gage
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 413
- Joined: 19 Nov 2012, 16:42
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
Perbandingan akselerasi Voxy & Serena epower:
Voxy:
Serena:
Kedua MPV ini kencang juga gasnya, bahkan bisa melewati duo ladder frame.
Fortuner 2.8:
Voxy:
Serena:
Kedua MPV ini kencang juga gasnya, bahkan bisa melewati duo ladder frame.
Fortuner 2.8:
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: 17 Feb 2014, 15:41
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
masa sih di tanjakan kewalahan ? padahal rencana ganti reborn dengan voxy. karena reborn bawa ke luar kota 7 orang, pusing taroh barang2 di mana, bagasinya kecil. kalau voxy ini agak legaan. ironis, yang lega gini harusnya ya buat ke luar kota, malah gak cocok buat ke luar kota.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 267
- Joined: 11 Mar 2016, 10:15
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
sedikit sharing om.. kebetulan buat harian pk 2GD AT. kalau buat tanjakan pasti lebih kuat reborn.. krn scr torsi jauh...vipere wrote: ↑19 Jul 2024, 07:44 masa sih di tanjakan kewalahan ? padahal rencana ganti reborn dengan voxy. karena reborn bawa ke luar kota 7 orang, pusing taroh barang2 di mana, bagasinya kecil. kalau voxy ini agak legaan. ironis, yang lega gini harusnya ya buat ke luar kota, malah gak cocok buat ke luar kota.
tapi gw sekeluarga (full seat 8 orang dg bagasi) ke Bromo kuat2 aja om... dan kelebihan voxy vs reborn pasti dari akomodasi dan kenyamanan.
jadi kalau utk sekedar nanjak sepertinya tidak ada masalah..
Mazda E - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - C26 - 2GD-FTV - R80 - C28
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 275
- Joined: 22 Nov 2018, 21:39
- Location: Jakarta
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
sharing dikit, beberapa kali bersama keluarga 4 orang dewasa dan barang bawaan pake r80 di tol Cipularang arah Bandung memang ngos2an kalo pake D, tapi kalo dipindah ke manual tenaganya lebih dari cukup untuk nanjak. Kalo yg r90 dalkot sih tarikannya lebih enteng dari r80, tapi saya belum sempat cobain ke Cipularangvipere wrote: ↑19 Jul 2024, 07:44 masa sih di tanjakan kewalahan ? padahal rencana ganti reborn dengan voxy. karena reborn bawa ke luar kota 7 orang, pusing taroh barang2 di mana, bagasinya kecil. kalau voxy ini agak legaan. ironis, yang lega gini harusnya ya buat ke luar kota, malah gak cocok buat ke luar kota.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 712
- Joined: 18 Sep 2019, 23:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
Soal bagasi si kalau udah full penumpang sama aja kecilnya om. saya beberapa kali bawa ke lembang, kalau tanjakan curam ya mayan ngeden, tapi ga pernah sampe yang gagal nanjak. kalau diesel lebih effortless aja.vipere wrote: ↑19 Jul 2024, 07:44 masa sih di tanjakan kewalahan ? padahal rencana ganti reborn dengan voxy. karena reborn bawa ke luar kota 7 orang, pusing taroh barang2 di mana, bagasinya kecil. kalau voxy ini agak legaan. ironis, yang lega gini harusnya ya buat ke luar kota, malah gak cocok buat ke luar kota.
Nah ini kemarin pas launching saya juga kepikiran yang sama gantiin r80 saya kebetulan saya kesulitan juga lewatin daerah gage karena istri saya ga mau bawa voxy. Tapi dipikir2 kelasnya beda, lebih cocok buat gantiin mpv sekelas xpander.Pboyz97 wrote: ↑18 Jul 2024, 21:39ya di td dulu om. kalo saya entah knp naikannya gabakal seenak r80, secara class never lies, walaupun secara speknya cukup menggiurkan untuk harga segitu menurut saya. kalo m6 ini malah saya tertariknya buat replace AN BRV/ AN HRV SE 2023 saya nantinya, biar bebas gage
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4235
- Joined: 26 Mar 2007, 15:16
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
voxy unik ya, dapet CVT yg bisa simulasi ganti gigi.
kalau duo ladder frame memang akselerasi biasa saja untuk ukuran mobil sekarang sebetulnya karena khas diesel dan bobot berat, tapi ya pas sudah jalan ada sensasi sruntulan kaya angkot itu yg bikin heboh.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: 17 Feb 2014, 15:41
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
dori2802 wrote: ↑19 Jul 2024, 08:17 sedikit sharing om.. kebetulan buat harian pk 2GD AT. kalau buat tanjakan pasti lebih kuat reborn.. krn scr torsi jauh...
tapi gw sekeluarga (full seat 8 orang dg bagasi) ke Bromo kuat2 aja om... dan kelebihan voxy vs reborn pasti dari akomodasi dan kenyamanan.
jadi kalau utk sekedar nanjak sepertinya tidak ada masalah..
timbermaniac123 wrote: ↑19 Jul 2024, 10:17
Soal bagasi si kalau udah full penumpang sama aja kecilnya om. saya beberapa kali bawa ke lembang, kalau tanjakan curam ya mayan ngeden, tapi ga pernah sampe yang gagal nanjak. kalau diesel lebih effortless aja.
thanks atas sharing sharingnya. Baru lihat ternyata ada Serena baru, dan ada bagasi tersembunyi, dan torsi lebih gede, bisa jadi alternatif lain.Iriawans wrote: ↑19 Jul 2024, 09:34
sharing dikit, beberapa kali bersama keluarga 4 orang dewasa dan barang bawaan pake r80 di tol Cipularang arah Bandung memang ngos2an kalo pake D, tapi kalo dipindah ke manual tenaganya lebih dari cukup untuk nanjak. Kalo yg r90 dalkot sih tarikannya lebih enteng dari r80, tapi saya belum sempat cobain ke Cipularang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4795
- Joined: 09 Oct 2016, 22:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Long Term Review - 1 Year With All New Voxy 90 2023
kalo dalkot sih emg cukup enak ini mobil tenaganya. tp entah knp kalo buat tol / lukot masih enakkan fortuner, kalo serena no komen secara blm pernah td jarak jauh hehehe
kewalahan om, pengalaman dipake ke bandung, puncak, jateng & jogja ngeden bgt tarikannya, kondisi full load 6 penumpang + barang bawaan full, pake mobil lain (reborn diesel, ANF VRZ, ANPS dakar, crv turbo, cx5 elite) tarikannya lebih mending, kalo pake voxy ini, harus pake mode manual dulu baru berasa tarikannya. saya kebetulan bilang gini, karena sebelum ini saya pernah pake reborn jg, g diesel at 2018. kalo rebornnya si om bensin sih worthed2 aja, tp kalo rebornnya diesel, apalagi buat lukot , kalo mau monokok ya lebih prefer crv or cx5 aja (kebetulan saya pernah pake semua hehe) . justru alasan saya beli voxy ini bukan buat lukot, cuma 1 aja, yaitu ibu & nenek saya perlu mobil yg lega, bagasi gede, practical, serta akses keluar masuknya gampang karena pintu geser & selama 1 tahun pake, mayoritas 85% dalkot jabodetabek , 90 % duduk di row 2 & 90 % juga pake driver, jd mobil ini memang salah 1 kandidat yg cocok untuk keluarga saya hehe . emg kalo lukot berasa kurang cocok om, entah knp kalo saya masih lebih prefer reborn, anf, anps kalo ladder or crv cx5 untuk monokok (based on pengalaman saya pake keenam mobil2 tersebut lukot hehe)vipere wrote: ↑19 Jul 2024, 07:44 masa sih di tanjakan kewalahan ? padahal rencana ganti reborn dengan voxy. karena reborn bawa ke luar kota 7 orang, pusing taroh barang2 di mana, bagasinya kecil. kalau voxy ini agak legaan. ironis, yang lega gini harusnya ya buat ke luar kota, malah gak cocok buat ke luar kota.
memang. kelebihannya ada di kenyamanan. kalo di voxy 90 ini entah knp dulu full load ke puncak , bandung, jateng & jogja agak kewalahan (barang bawaan full load), pengalaman pake 2GD AT rute sama bener2 effortless bgt, kondisi sama2 full load, gas 1/2 aja udh berasa tarikannyadori2802 wrote: ↑19 Jul 2024, 08:17
sedikit sharing om.. kebetulan buat harian pk 2GD AT. kalau buat tanjakan pasti lebih kuat reborn.. krn scr torsi jauh...
tapi gw sekeluarga (full seat 8 orang dg bagasi) ke Bromo kuat2 aja om... dan kelebihan voxy vs reborn pasti dari akomodasi dan kenyamanan.
jadi kalau utk sekedar nanjak sepertinya tidak ada masalah..
nah yg saya bold di r90 sama, kebetulan saya pernah bawa ke bandung jg mobil ini hehe, ngos2an kalo pake D, dengan penumpang 6 orang dewasa + full bagasi, tp kalo dipindah ke mode manual mendingan dan masih cukup buat nanjak hehe, kalo dalkot sih saya setuju, lebih enteng & sedikit lebih lincah dari r80 heheIriawans wrote: ↑19 Jul 2024, 09:34
sharing dikit, beberapa kali bersama keluarga 4 orang dewasa dan barang bawaan pake r80 di tol Cipularang arah Bandung memang ngos2an kalo pake D, tapi kalo dipindah ke manual tenaganya lebih dari cukup untuk nanjak. Kalo yg r90 dalkot sih tarikannya lebih enteng dari r80, tapi saya belum sempat cobain ke Cipularang
memang, apalagi full load, kalo diesel jelas lebih effortless memang, diinjek 1/2 gas aja udh berasa tarikannyatimbermaniac123 wrote: ↑19 Jul 2024, 10:17
Soal bagasi si kalau udah full penumpang sama aja kecilnya om. saya beberapa kali bawa ke lembang, kalau tanjakan curam ya mayan ngeden, tapi ga pernah sampe yang gagal nanjak. kalau diesel lebih effortless aja.
betul, secara dari segi desain & dimensinya jg sepertinya lebih cocok ke market mpv sekelas xpander, rushter or innova hehe menurut saya pribadi
sm tarikannya yg effortless buat tol & tanjakkan, which is cocok buat lukot. pengalaman saya pake keduanya jg emg cvtnya bisa simulasi ganti gigi, saya akuin perpindahannya smooth & cukup lincah buat pemakaian dalkot, tp kalo lukot entah knp agak kurang , masih lebih enak duo ladder tarikannya heehehe
+ secara desain jg sepertinya cukup menarik, selain torsi lebih gede & seharusnya lebih nyaman + lebih empuk jg dibanding voxy (kudu TD dulu ). kebetulan, sebelum SPK voxy 90 ini, saya sempet TD C26 & C27 jg which is keduanya lebih nyaman dibanding voxy + lebih empuk jg. tp karena aftersales yg masih tanda tanya pada saat itu, dan kudu baru, serta pilihannya sisa serena dan voxy, akhirnya kita pilih voxy hehehe
dan mobil ini jg masuk list saya kalo mau upgrade dari voxy 90 ini untuk kategori mobil baru & jenisnya mpv pintu geser hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 54 Replies
- 12193 Views
-
Last post by vinves
-
- 75 Replies
- 17088 Views
-
Last post by Syauqi
-
- 2 Replies
- 3921 Views
-
Last post by timbermaniac123
-
- 23 Replies
- 5546 Views
-
Last post by noire
-
- 34 Replies
- 8484 Views
-
Last post by timbermaniac123
-
- 16 Replies
- 6251 Views
-
Last post by picker83
-
- 7 Replies
- 4467 Views
-
Last post by bhandaya
-
- 4 Replies
- 1610 Views
-
Last post by bhandaya
-
- 12 Replies
- 5184 Views
-
Last post by pengendiesel
-
- 16 Replies
- 5309 Views
-
Last post by lemonadelovers