Kalo gw timpuk pake knalpot Yoshimura mau gaaaaaaakkkk?????? [/quote]splitfire wrote:waduuuhh jd tukang ojek???
waahhh yg punya CBR repsol bisa naik darah tuuhh.......jangan disamain deh bro......
awasss.......Bossnya CBR club,bawa sandal tuh buat nimpuk loe2 semua.....waaaaaa kabuuuuuuurrrrr........
CBR150R Warna Baru !!!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: Thu Jan 05, 2006 7:47
- Location: zoorabaya....city of heroes....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
Kenapa produsen lain bisa jual lebih murah dng spek & kualitas yg comparable?splitfire wrote:waduuuhhh bro......
jangan di boikot donk Honda......
bagaimanapun itu bukan 100% salahnya Honda......
--cut--
Hal motor honda overpriced udah disentil2 di thread ini
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27
@bro splitfire....masalah nya bro bandingin aja satria FU150 teknologi mesin sama dengan cbr 150 sama2 150 cc DOHC......so seharusnya ga ada alasan toh kalo mau masukkan dr Thailand langsung....
@bro nichol
PPN BM bukan turun bro tapi ga jadi naikk......
beberapa waktu lalu tuh PPN BM untuk mobil dengan 2000 cc ke atas di usulkan untuk dinaikkan
waktu itu memang tidak disebutkan untuk motor
nahh setelah kalangan pengusaha mobil protes terus akhirnya kenaikkannya di batalkan jadi PPN BM bukan turun tapi ga jadi naik
@bro nichol
PPN BM bukan turun bro tapi ga jadi naikk......
beberapa waktu lalu tuh PPN BM untuk mobil dengan 2000 cc ke atas di usulkan untuk dinaikkan
waktu itu memang tidak disebutkan untuk motor
nahh setelah kalangan pengusaha mobil protes terus akhirnya kenaikkannya di batalkan jadi PPN BM bukan turun tapi ga jadi naik
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27
oh yahh satu lagi gw sekarang pake karisma 125d beli tahun 2003.
waktu itu gw sama sekali tidak ada pilihan di 125cc jadi beli honda...tapi percaya deh kalo kondisi sekarang gw mo tukar motor gw ga akan beli honda lagi....untuk sekarang gw milih jupiter mx...teknologi dan harga reasonable...
untuk masa yang akan datang kalo AHM prinsipnya masih seperti sekarang...hehehe gw ga akan beli lagi produknyaa...ini termasuk boikot atau pilihan yahhh ?
waktu itu gw sama sekali tidak ada pilihan di 125cc jadi beli honda...tapi percaya deh kalo kondisi sekarang gw mo tukar motor gw ga akan beli honda lagi....untuk sekarang gw milih jupiter mx...teknologi dan harga reasonable...
untuk masa yang akan datang kalo AHM prinsipnya masih seperti sekarang...hehehe gw ga akan beli lagi produknyaa...ini termasuk boikot atau pilihan yahhh ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27
oh yahh satu lagi gw sekarang pake karisma 125d beli tahun 2003.
waktu itu gw sama sekali tidak ada pilihan di 125cc jadi beli honda...tapi percaya deh kalo kondisi sekarang gw mo tukar motor gw ga akan beli honda lagi....untuk sekarang gw milih jupiter mx...teknologi dan harga reasonable...
untuk masa yang akan datang kalo AHM prinsipnya masih seperti sekarang...hehehe gw ga akan beli lagi produknyaa...ini termasuk boikot atau pilihan yahhh ?
waktu itu gw sama sekali tidak ada pilihan di 125cc jadi beli honda...tapi percaya deh kalo kondisi sekarang gw mo tukar motor gw ga akan beli honda lagi....untuk sekarang gw milih jupiter mx...teknologi dan harga reasonable...
untuk masa yang akan datang kalo AHM prinsipnya masih seperti sekarang...hehehe gw ga akan beli lagi produknyaa...ini termasuk boikot atau pilihan yahhh ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: Thu Jan 05, 2006 7:47
- Location: zoorabaya....city of heroes....
bro klo mnrt gw.....masalahnya indonesia ini , hanya PAJAK bro....yoyoyo wrote:Kenapa produsen lain bisa jual lebih murah dng spek & kualitas yg comparable?splitfire wrote:waduuuhhh bro......
jangan di boikot donk Honda......
bagaimanapun itu bukan 100% salahnya Honda......
--cut--
Hal motor honda overpriced udah disentil2 di thread ini
klo loe ngomong kyk gt, gw balik tanya, apakah Indonesia bisa menghasilkan spek2 motor dgn kualitas yg comparable? dgn kualitas bagus pula??
selain itu jg gara2 pajak bro.....makanya pihak Honda Corp. bisa nempatkan pasaran honda di thai....karena,pajak rendah disana & jg pemerintah thai mendukung sektor ini....sedangkan pemerintah Indonesia??? pikir ndiri deh bro......
liat tuh spek2nya motor2 di Luar negri,klo mo msk indonesia,mesti ngurangin spek2nya bro , untuk nekan harga jualnya,karena klo ga pajak gede bgt lahhh.......
jd klo mo butuh kualitas bgs yg comparable ,ya tinggal aja di luar Indonesia bro......piiissss
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: Thu Jan 05, 2006 7:47
- Location: zoorabaya....city of heroes....
bro emang ini jg rada binun gw.......tp mnrt gw sih....p4nd4 wrote:@bro splitfire....masalah nya bro bandingin aja satria FU150 teknologi mesin sama dengan cbr 150 sama2 150 cc DOHC......so seharusnya ga ada alasan toh kalo mau masukkan dr Thailand langsung....
1. Apakah Satria tuh bener2 CBU? mungkin semua brg dr thai & ngrakit di indo....
2. Atau emang tech antara Satria 150 dgn CBR 150 lain bro.....mungkin boss gauss,bisa bantu.....
3. Atau yg terakhir,mnrt gw,meski di import lgs dr thai...tp di Indo ATPM suzuki motor (Indomobil) jg ikut mendukung jg bro.....jd harga bisa ditekan (maybe) CMIIW......
Nah itu mnrt gw.....klo suzuki didukung penuh ama ATPM sini,sedangkan Honda CBR,ga didukung ama ATPM nya....AHM.....
liat tuh yg beli satria F , pas pertama kali keluar jg rada indent lama kan? karena suzuki Indo cmn mematok 1000 motor/bln (bener ga ya???CMIIW)
nah itu mungkin ada aturan lg dlm meng import brg,klo pajaknya lebih murah dgn quota yg ditentukan......tp itu perkiraan saya.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
Gw coba jawab deh......tapi CMIIW yak......splitfire wrote:bro emang ini jg rada binun gw.......tp mnrt gw sih....p4nd4 wrote:@bro splitfire....masalah nya bro bandingin aja satria FU150 teknologi mesin sama dengan cbr 150 sama2 150 cc DOHC......so seharusnya ga ada alasan toh kalo mau masukkan dr Thailand langsung....
1. Apakah Satria tuh bener2 CBU? mungkin semua brg dr thai & ngrakit di indo....
2. Atau emang tech antara Satria 150 dgn CBR 150 lain bro.....mungkin boss gauss,bisa bantu.....
3. Atau yg terakhir,mnrt gw,meski di import lgs dr thai...tp di Indo ATPM suzuki motor (Indomobil) jg ikut mendukung jg bro.....jd harga bisa ditekan (maybe) CMIIW......
Nah itu mnrt gw.....klo suzuki didukung penuh ama ATPM sini,sedangkan Honda CBR,ga didukung ama ATPM nya....AHM.....
liat tuh yg beli satria F , pas pertama kali keluar jg rada indent lama kan? karena suzuki Indo cmn mematok 1000 motor/bln (bener ga ya???CMIIW)
nah itu mungkin ada aturan lg dlm meng import brg,klo pajaknya lebih murah dgn quota yg ditentukan......tp itu perkiraan saya.....
1. Satria F itu masih CKD (completely knocked down)......tapi tentunya beberapa parts sudah lokal punya. Pajaknya bisa rendah karena mungkin quota penggunaan parts lokal sudah mencukupi. Contohnya fairing Rider 150 dan Satria F kan beda tuh....
Kalo CBR150 kan masih bener2 CBU (completely built up). Pajaknya pun tinggi apalagi semua parts masih benar2 imported.
2. Teknologi CBR150 vs Satria F150 ya pasti beda lah!! Gw nggak mau ngejelek2in salah satunya. Tapi pastinya masing2 punya kelebihan dan kekurangannya. Tapi gw heran, kenapa banyak orang yg membandingkan harga dengan melihat kapasitas cc dan mesin (DOHC) nya?? Contohnya :"Harusnya harga CBR150 kan nggak beda jauh dari Satria F150 dong.....!! Kan cc-nya sama dan DOHC pula!!"
Bah !!! Harusnya kan sudah terlihat jelas.....CBR itu jenis sportbike, sedangkan Satria F itu sportmoped alias bebek sport. Jenis rangka, material, fairing dan lain2 kan ikut mempengaruhi harga.
3. Ikut campur ATPM pastinya 'bisa' menurunkan harga import motor itu sendiri lah....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: Thu Jan 05, 2006 7:47
- Location: zoorabaya....city of heroes....
nah gw setuju tuh bro gauuss......
yah mungkin bener kan , parts nya pasti banyak lokal punya.....klo CBR gt LN punya......apalagi di dukung ama ATPM suzuki,jd otomatis,parts jg pasti tersedia.....ga kyk CBR.....
tp yg buat saya binun bro.....Satria F150 CKD toh? bukan CBU?? di webnya tulisanya CBU.....???
ya betul jg ya.....CBR emang sportsbike nya Honda,klo suzuki Satria sih boleh dibilang semi lah ,hehehehhehe
yah mungkin bener kan , parts nya pasti banyak lokal punya.....klo CBR gt LN punya......apalagi di dukung ama ATPM suzuki,jd otomatis,parts jg pasti tersedia.....ga kyk CBR.....
tp yg buat saya binun bro.....Satria F150 CKD toh? bukan CBU?? di webnya tulisanya CBU.....???
ya betul jg ya.....CBR emang sportsbike nya Honda,klo suzuki Satria sih boleh dibilang semi lah ,hehehehhehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
@splitfire :
Kalo CBU itu kan asli nggak diutak-atik lagi sama ATPM sini.....
Kalo udah diutak-atik (ganti fairing dll) ya berarti sudah CKD bro......
Kadang2 arti "CBU" disalah-gunakan untuk mempertahankan image suatu produk. Mungkin 80% dari motor tsb masih fully imported....tapi kalo sudah dipasang local products ya namanya CKD bro......
Kalo CBU itu kan asli nggak diutak-atik lagi sama ATPM sini.....
Kalo udah diutak-atik (ganti fairing dll) ya berarti sudah CKD bro......
Kadang2 arti "CBU" disalah-gunakan untuk mempertahankan image suatu produk. Mungkin 80% dari motor tsb masih fully imported....tapi kalo sudah dipasang local products ya namanya CKD bro......
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
- Location: most eastern jakarta
maaf menyela pembicaraan
tapi saya kira bung gauss salah menilai CBU dari suzuki sendiri. coba bung melihat pabrik suzuki, satria f150 merupakan pabrikan thailand karena sebenarnya taulah satria asal dari rider, coba bung gauss klik ini:
http://www.thaisuzuki.co.th/en/product_ ... 50_new.asp
http://www.suzuki.co.id/motors_product_satria_f150.htm
lihat persamaan yang ada, mungkin hanya dari warna,striping,electric starter saja bukan? bagaimana anda meyakinkan ini bukan CBU?
thx
tapi saya kira bung gauss salah menilai CBU dari suzuki sendiri. coba bung melihat pabrik suzuki, satria f150 merupakan pabrikan thailand karena sebenarnya taulah satria asal dari rider, coba bung gauss klik ini:
http://www.thaisuzuki.co.th/en/product_ ... 50_new.asp
http://www.suzuki.co.id/motors_product_satria_f150.htm
lihat persamaan yang ada, mungkin hanya dari warna,striping,electric starter saja bukan? bagaimana anda meyakinkan ini bukan CBU?
thx
KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
@p4nd4
@splitfire
Yg mau diprotes kita2 itu AHM, Astra Honda Motor , alias hondanya indonesia.
Lihat aja bro contoh2nya: Tiger vs Scorpio, harga&fitur lebih make sense mana? (retorikal)
contoh lain lagi misalnya : suprafit vs vegaR/blitzR/smash, Suprax125R vs ShogunSP/ZX130VR/JupiMX,etc etc ..
Semua merek non-honda diatas juga kena pajak toh, tapi feature yg diberikan mereka lebih setimbang dng harga retailnya.
Ok, tadi utk harga lokal. Sekarang lihat harga2 motor sama (beda nama aja) ATPM(AHM) dibandingkan honda thailand:
newSupraFit (AHM) 11.3jt-an VS Wave100S 7.9jt-an (33000thb) -- selisih 3.4jt
Karisma125X (AHM) 13.5jt-an VS Wave125R 11jt-an (46000thb) -- selisih 2.5jt
Suprax125 Pgmfi (AHM) 15jt-an VS Wave125i 12.5jt-an (52000thb) -- selisih 2.5jt
utk yg lain misalnya
JupiterMX (YMKI) 14jt-an VS Spark135 11.5jt-an -- selisih 2.5jt
JupiterZ (YMKI) 12.8jt-an VS Spark 9.9jt-an -- selisih 2.9jt
SatriaF150 (ISI CBU?) 16.6jt-an VS Raider150 12.5jt-an -- selisih 4.1jt
Shogun125R (ISI) 12.5jt-an VS Best125 10.9jt-an -- selisih 1.6jt
Kawasaki BlitzR (KMI) 10.5j-tan VS Kazehit112 7.8jt-an -- selisih 2.7jt
Kita bisa lihat, selisih honda 2.5jt. Sedangkan newsuprafit 3.4jt, ini motor kelas ekonomis tapi spt dijadikan cash-cow. Untuk Yamaha, selisih max 2.9jt, kawasaki 2,7jt .
Lain dng suzuki, dia bisa menekan selisih, dan bahkan yang Satria yg CBU tapi via ATPM saja bisa cuma selisih 4.1jt!. Honda harusnya malu, newsuprafit yg bukan CBU bisa selisih mencapai 3.4jt, ckckck.
Utk Ninja RR selisih 14jt! (31jt-an VS 17jt-an) padahal lewat KMI, ini membingungkan. Apakah ini CBU? Mengapa pricingnya tidak sebagus Satria150 ya? Hmm.. strategi KMI utk "motor berkelas" seperti itukah? atau motor CBU 2Tak kena pajak lebih tinggi?
Guys, we need some info here.
Tiger ngga ada refrensinya utk harga thailand. Berarti mungkin di thailand 20-3.4=16.6jt-an?
Nanti dulu, andai kita ambil contoh newsuprafit. CBR150 AHM harusnya akan jadi 14.2+3.4jt = 17.6jt-an, gak sampai 18jt.
Jadi harga ATPM Tiger 20jt-an , CBR150R 18jt-an ?!?
Tapi fitur signifikan apa yg diusung tiger sehingga lebih mahal dari CBR?
- cc lebih besar 50cc
- Kaizen engine (yeah right,hehehe)
- apalagi ya?
- coba diisi deh
Dari sini gw sementara berkesimpulan, Tiger juga cash-cow seperti newsuprafit. SupraX-series masih normal tetapi jadi overpriced ketika dibandingkan motor dari merk2 lain.
Dengan begitu honda dimana-mana jadinya overpriced.
Tadinya ini yang mau dijadikan bahan class action, hehe. Tapi ngga jadi deh, soalnya kita masih ada pilihan merk lain, bukan tergantung kpd AHM.
Lagipula case-nya jadi "indonesian riders VS indo/thai-Honda" , bahkan tdk tertutup juga VS Honda jepang ..woohoo..hehehehe.
Biarin aja yang masih berpikiran "bagaimanapun honda lebih unggul" , "resale value honda lebih tinggi" , etc etc . Mereka mgkin blm pintar sebagai konsumen motor.
Orang pintar pasti minum tolak angin (loh?!?!, heheh)
Btw, ngga usah pis2an gitu ah, disini peaceful kok. Justru beda antara peace dengan piss . You don't wanna piss on us, right?
ya pilihan dong. Bro cuma berupaya jadi konsumen yg lebih smart.oh yahh satu lagi gw sekarang pake karisma 125d beli tahun 2003.
waktu itu gw sama sekali tidak ada pilihan di 125cc jadi beli honda...tapi percaya deh kalo kondisi sekarang gw mo tukar motor gw ga akan beli honda lagi....untuk sekarang
gw milih jupiter mx...teknologi dan harga reasonable...
untuk masa yang akan datang kalo AHM prinsipnya masih seperti sekarang...hehehe gw ga akan beli lagi produknyaa...ini termasuk boikot atau pilihan yahhh ?
@splitfire
Udah dibaca blm link "di thread ini" pd reply gue diatas?bro klo mnrt gw.....masalahnya indonesia ini , hanya PAJAK bro....
klo loe ngomong kyk gt, gw balik tanya, apakah Indonesia bisa menghasilkan spek2 motor dgn kualitas yg comparable? dgn kualitas bagus pula??
selain itu jg gara2 pajak bro.....makanya pihak Honda Corp. bisa nempatkan pasaran honda di thai....karena,pajak rendah disana & jg pemerintah thai mendukung sektor
ini....sedangkan pemerintah Indonesia??? pikir ndiri deh bro......
liat tuh spek2nya motor2 di Luar negri,klo mo msk indonesia,mesti ngurangin spek2nya bro , untuk nekan harga jualnya,karena klo ga pajak gede bgt lahhh.......
jd klo mo butuh kualitas bgs yg comparable ,ya tinggal aja di luar Indonesia bro......piiissss
Yg mau diprotes kita2 itu AHM, Astra Honda Motor , alias hondanya indonesia.
Lihat aja bro contoh2nya: Tiger vs Scorpio, harga&fitur lebih make sense mana? (retorikal)
contoh lain lagi misalnya : suprafit vs vegaR/blitzR/smash, Suprax125R vs ShogunSP/ZX130VR/JupiMX,etc etc ..
Semua merek non-honda diatas juga kena pajak toh, tapi feature yg diberikan mereka lebih setimbang dng harga retailnya.
Ok, tadi utk harga lokal. Sekarang lihat harga2 motor sama (beda nama aja) ATPM(AHM) dibandingkan honda thailand:
newSupraFit (AHM) 11.3jt-an VS Wave100S 7.9jt-an (33000thb) -- selisih 3.4jt
Karisma125X (AHM) 13.5jt-an VS Wave125R 11jt-an (46000thb) -- selisih 2.5jt
Suprax125 Pgmfi (AHM) 15jt-an VS Wave125i 12.5jt-an (52000thb) -- selisih 2.5jt
utk yg lain misalnya
JupiterMX (YMKI) 14jt-an VS Spark135 11.5jt-an -- selisih 2.5jt
JupiterZ (YMKI) 12.8jt-an VS Spark 9.9jt-an -- selisih 2.9jt
SatriaF150 (ISI CBU?) 16.6jt-an VS Raider150 12.5jt-an -- selisih 4.1jt
Shogun125R (ISI) 12.5jt-an VS Best125 10.9jt-an -- selisih 1.6jt
Kawasaki BlitzR (KMI) 10.5j-tan VS Kazehit112 7.8jt-an -- selisih 2.7jt
Kita bisa lihat, selisih honda 2.5jt. Sedangkan newsuprafit 3.4jt, ini motor kelas ekonomis tapi spt dijadikan cash-cow. Untuk Yamaha, selisih max 2.9jt, kawasaki 2,7jt .
Lain dng suzuki, dia bisa menekan selisih, dan bahkan yang Satria yg CBU tapi via ATPM saja bisa cuma selisih 4.1jt!. Honda harusnya malu, newsuprafit yg bukan CBU bisa selisih mencapai 3.4jt, ckckck.
Utk Ninja RR selisih 14jt! (31jt-an VS 17jt-an) padahal lewat KMI, ini membingungkan. Apakah ini CBU? Mengapa pricingnya tidak sebagus Satria150 ya? Hmm.. strategi KMI utk "motor berkelas" seperti itukah? atau motor CBU 2Tak kena pajak lebih tinggi?
Guys, we need some info here.
Tiger ngga ada refrensinya utk harga thailand. Berarti mungkin di thailand 20-3.4=16.6jt-an?
Nanti dulu, andai kita ambil contoh newsuprafit. CBR150 AHM harusnya akan jadi 14.2+3.4jt = 17.6jt-an, gak sampai 18jt.
Jadi harga ATPM Tiger 20jt-an , CBR150R 18jt-an ?!?
Tapi fitur signifikan apa yg diusung tiger sehingga lebih mahal dari CBR?
- cc lebih besar 50cc
- Kaizen engine (yeah right,hehehe)
- apalagi ya?
- coba diisi deh
Dari sini gw sementara berkesimpulan, Tiger juga cash-cow seperti newsuprafit. SupraX-series masih normal tetapi jadi overpriced ketika dibandingkan motor dari merk2 lain.
Dengan begitu honda dimana-mana jadinya overpriced.
Tadinya ini yang mau dijadikan bahan class action, hehe. Tapi ngga jadi deh, soalnya kita masih ada pilihan merk lain, bukan tergantung kpd AHM.
Lagipula case-nya jadi "indonesian riders VS indo/thai-Honda" , bahkan tdk tertutup juga VS Honda jepang ..woohoo..hehehehe.
Biarin aja yang masih berpikiran "bagaimanapun honda lebih unggul" , "resale value honda lebih tinggi" , etc etc . Mereka mgkin blm pintar sebagai konsumen motor.
Orang pintar pasti minum tolak angin (loh?!?!, heheh)
Btw, ngga usah pis2an gitu ah, disini peaceful kok. Justru beda antara peace dengan piss . You don't wanna piss on us, right?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
Bro sangit.......orang_sangit wrote:maaf menyela pembicaraan
tapi saya kira bung gauss salah menilai CBU dari suzuki sendiri. coba bung melihat pabrik suzuki, satria f150 merupakan pabrikan thailand karena sebenarnya taulah satria asal dari rider, coba bung gauss klik ini:
http://www.thaisuzuki.co.th/en/product_ ... 50_new.asp
http://www.suzuki.co.id/motors_product_satria_f150.htm
lihat persamaan yang ada, mungkin hanya dari warna,striping,electric starter saja bukan? bagaimana anda meyakinkan ini bukan CBU?
thx
CBU dan CKD itu sebenarnya hampir sama kok.....
Memang product & spare part-nya semuanya masih produksi THailand.
Tapi kalo CBU artinya dikirim secara bulat.....tidak diurai lagi.
Sedangkan kalo CKD, motor tsb di urai dahulu (alias dibongkar), baru dikirim ke Indonesia.....pajak lebih murah......lalu di assembly lagi disini.....plus beberapa parts diganti lokal punya supaya harga lebih murah lagi.
Gitu loooh......jadi dua2nya masih sama produk THailand kok!!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27
nice postinggg bro yoyoyo
contoh Jupiter MX 135 dengan Supra X 125 denga harga yang hampir sama kalo gw beli MX 135 gw dapat nilai tambah mono shock trus mesin lebih 10cc trus dapat liquid cooler trus menurut bro emang itu bukan tanda kemahalan ?
trus kita cerita lagi tiger 2000 dengan scorpio z dengan harga yang hampir sama juga begitu, kalau beli scorpio z dengan harga yang hampir sama gw dapat monoshok dan mesin lebih 25cc.
tapi ofcourse pendapat orang beda-beda gw cuman mencoba untuk hitung menghitung yang dulu tidak gw perhitungkan waktu gw beli Karisma D 125 hahahahahaha
so karena gw bandingkan antara produk yang ada di Indonesia jadi ga ada hubungannya dengan PAJAK toh ?
so waktu CBU beneran dan terakhir CKD harganya sama toh ?
contohnya adalah Suzuki Thunder 125 ini sport bike toh ? jadi kenapa malah bisa jadi lebih murah dari Supra X 125 bebek?
oh yah tapi yang kita bicarakan adalah soal pajak import yahh bukan dari kualitas barang karena kalo kualitas barang bagus pasti sudah diperhitungkan di harga jual so gw ga bicara kualitas tapi pajak.
yang gw bandingkan tuh Honda Indonesia dengan produk yang laensplitfire wrote:jd klo mo butuh kualitas bgs yg comparable ,ya tinggal aja di luar Indonesia bro......piiissss
contoh Jupiter MX 135 dengan Supra X 125 denga harga yang hampir sama kalo gw beli MX 135 gw dapat nilai tambah mono shock trus mesin lebih 10cc trus dapat liquid cooler trus menurut bro emang itu bukan tanda kemahalan ?
trus kita cerita lagi tiger 2000 dengan scorpio z dengan harga yang hampir sama juga begitu, kalau beli scorpio z dengan harga yang hampir sama gw dapat monoshok dan mesin lebih 25cc.
tapi ofcourse pendapat orang beda-beda gw cuman mencoba untuk hitung menghitung yang dulu tidak gw perhitungkan waktu gw beli Karisma D 125 hahahahahaha
so karena gw bandingkan antara produk yang ada di Indonesia jadi ga ada hubungannya dengan PAJAK toh ?
bro seingat gw waktu pertama kali FU 150 diimport ke Indonesia CBU asli bro not CKD untuk shipment pertama, gw pernah baca di salah satu thread di SM ini cuman emang sih dah lama.gaus wrote:1. Satria F itu masih CKD (completely knocked down)......tapi tentunya beberapa parts sudah lokal punya. Pajaknya bisa rendah karena mungkin quota penggunaan parts lokal sudah mencukupi. Contohnya fairing Rider 150 dan Satria F kan beda tuh....
Kalo CBR150 kan masih bener2 CBU (completely built up). Pajaknya pun tinggi apalagi semua parts masih benar2 imported.
so waktu CBU beneran dan terakhir CKD harganya sama toh ?
bro setahu gw di Indonesia nih pajak ditentukan kapasitas cc bukan sport bike atau bebek.gauss wrote:Bah !!! Harusnya kan sudah terlihat jelas.....CBR itu jenis sportbike, sedangkan Satria F itu sportmoped alias bebek sport. Jenis rangka, material, fairing dan lain2 kan ikut mempengaruhi harga.
contohnya adalah Suzuki Thunder 125 ini sport bike toh ? jadi kenapa malah bisa jadi lebih murah dari Supra X 125 bebek?
oh yah tapi yang kita bicarakan adalah soal pajak import yahh bukan dari kualitas barang karena kalo kualitas barang bagus pasti sudah diperhitungkan di harga jual so gw ga bicara kualitas tapi pajak.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27
ohh yahhh satu lagi ... harga Bajaj Pulsar menurut info bro yoyoyo adalah
nahh liat toh yang cbu 'asli' untuk motor sport dengan India yang notabene tidak ada perjanjian pajak denga kita selisih harganya cuman 4jtan
nahh sedangkan kita ada perjanjian AFTA dengan Thailand dan itu sudah jalan makanya waktu FU 150 cbu masuk bisa agak "murah".
so..............
di Indonesiayoyoyo wrote:di india sekitar 65000rupee, sekitar 13.9jeti
info bagus bro yoyoyo jadi bisa gw jadiin sumber perbandingan lagi .... he he"ah ..lebih mahal motor kamu kok ....ini cuma 17 jt-an"
nahh liat toh yang cbu 'asli' untuk motor sport dengan India yang notabene tidak ada perjanjian pajak denga kita selisih harganya cuman 4jtan
nahh sedangkan kita ada perjanjian AFTA dengan Thailand dan itu sudah jalan makanya waktu FU 150 cbu masuk bisa agak "murah".
so..............
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
So, jadi kalau via ATPM barang CBU, motor gak jauh dari 4jt. Yaudah, tiger di-setop, ganti CBR, tapi harga sama dengan Tiger.
*nego sama AHM, hehe*
Anyway, ini ada opini senada
http://www.honda-tiger.or.id/forum/show ... php?t=9788
baca halaman 1~2 deh
*nego sama AHM, hehe*
Anyway, ini ada opini senada
http://www.honda-tiger.or.id/forum/show ... php?t=9788
baca halaman 1~2 deh
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: Thu Jan 05, 2006 7:47
- Location: zoorabaya....city of heroes....
hehehehehehe......yoyoyo wrote:@p4nd4ya pilihan dong. Bro cuma berupaya jadi konsumen yg lebih smart.oh yahh satu lagi gw sekarang pake karisma 125d beli tahun 2003.
waktu itu gw sama sekali tidak ada pilihan di 125cc jadi beli honda...tapi percaya deh kalo kondisi sekarang gw mo tukar motor gw ga akan beli honda lagi....untuk sekarang
gw milih jupiter mx...teknologi dan harga reasonable...
untuk masa yang akan datang kalo AHM prinsipnya masih seperti sekarang...hehehe gw ga akan beli lagi produknyaa...ini termasuk boikot atau pilihan yahhh ?
@splitfireUdah dibaca blm link "di thread ini" pd reply gue diatas?bro klo mnrt gw.....masalahnya indonesia ini , hanya PAJAK bro....
klo loe ngomong kyk gt, gw balik tanya, apakah Indonesia bisa menghasilkan spek2 motor dgn kualitas yg comparable? dgn kualitas bagus pula??
selain itu jg gara2 pajak bro.....makanya pihak Honda Corp. bisa nempatkan pasaran honda di thai....karena,pajak rendah disana & jg pemerintah thai mendukung sektor
ini....sedangkan pemerintah Indonesia??? pikir ndiri deh bro......
liat tuh spek2nya motor2 di Luar negri,klo mo msk indonesia,mesti ngurangin spek2nya bro , untuk nekan harga jualnya,karena klo ga pajak gede bgt lahhh.......
jd klo mo butuh kualitas bgs yg comparable ,ya tinggal aja di luar Indonesia bro......piiissss
Yg mau diprotes kita2 itu AHM, Astra Honda Motor , alias hondanya indonesia.
Lihat aja bro contoh2nya: Tiger vs Scorpio, harga&fitur lebih make sense mana? (retorikal)
contoh lain lagi misalnya : suprafit vs vegaR/blitzR/smash, Suprax125R vs ShogunSP/ZX130VR/JupiMX,etc etc ..
Semua merek non-honda diatas juga kena pajak toh, tapi feature yg diberikan mereka lebih setimbang dng harga retailnya.
Ok, tadi utk harga lokal. Sekarang lihat harga2 motor sama (beda nama aja) ATPM(AHM) dibandingkan honda thailand:
newSupraFit (AHM) 11.3jt-an VS Wave100S 7.9jt-an (33000thb) -- selisih 3.4jt
Karisma125X (AHM) 13.5jt-an VS Wave125R 11jt-an (46000thb) -- selisih 2.5jt
Suprax125 Pgmfi (AHM) 15jt-an VS Wave125i 12.5jt-an (52000thb) -- selisih 2.5jt
utk yg lain misalnya
JupiterMX (YMKI) 14jt-an VS Spark135 11.5jt-an -- selisih 2.5jt
JupiterZ (YMKI) 12.8jt-an VS Spark 9.9jt-an -- selisih 2.9jt
SatriaF150 (ISI CBU?) 16.6jt-an VS Raider150 12.5jt-an -- selisih 4.1jt
Shogun125R (ISI) 12.5jt-an VS Best125 10.9jt-an -- selisih 1.6jt
Kawasaki BlitzR (KMI) 10.5j-tan VS Kazehit112 7.8jt-an -- selisih 2.7jt
Kita bisa lihat, selisih honda 2.5jt. Sedangkan newsuprafit 3.4jt, ini motor kelas ekonomis tapi spt dijadikan cash-cow. Untuk Yamaha, selisih max 2.9jt, kawasaki 2,7jt .
Lain dng suzuki, dia bisa menekan selisih, dan bahkan yang Satria yg CBU tapi via ATPM saja bisa cuma selisih 4.1jt!. Honda harusnya malu, newsuprafit yg bukan CBU bisa selisih mencapai 3.4jt, ckckck.
Utk Ninja RR selisih 14jt! (31jt-an VS 17jt-an) padahal lewat KMI, ini membingungkan. Apakah ini CBU? Mengapa pricingnya tidak sebagus Satria150 ya? Hmm.. strategi KMI utk "motor berkelas" seperti itukah? atau motor CBU 2Tak kena pajak lebih tinggi?
Guys, we need some info here.
Tiger ngga ada refrensinya utk harga thailand. Berarti mungkin di thailand 20-3.4=16.6jt-an?
Nanti dulu, andai kita ambil contoh newsuprafit. CBR150 AHM harusnya akan jadi 14.2+3.4jt = 17.6jt-an, gak sampai 18jt.
Jadi harga ATPM Tiger 20jt-an , CBR150R 18jt-an ?!?
Tapi fitur signifikan apa yg diusung tiger sehingga lebih mahal dari CBR?
- cc lebih besar 50cc
- Kaizen engine (yeah right,hehehe)
- apalagi ya?
- coba diisi deh
Dari sini gw sementara berkesimpulan, Tiger juga cash-cow seperti newsuprafit. SupraX-series masih normal tetapi jadi overpriced ketika dibandingkan motor dari merk2 lain.
Dengan begitu honda dimana-mana jadinya overpriced.
Tadinya ini yang mau dijadikan bahan class action, hehe. Tapi ngga jadi deh, soalnya kita masih ada pilihan merk lain, bukan tergantung kpd AHM.
Lagipula case-nya jadi "indonesian riders VS indo/thai-Honda" , bahkan tdk tertutup juga VS Honda jepang ..woohoo..hehehehe.
Biarin aja yang masih berpikiran "bagaimanapun honda lebih unggul" , "resale value honda lebih tinggi" , etc etc . Mereka mgkin blm pintar sebagai konsumen motor.
Orang pintar pasti minum tolak angin (loh?!?!, heheh)
Btw, ngga usah pis2an gitu ah, disini peaceful kok. Justru beda antara peace dengan piss . You don't wanna piss on us, right?
gw singkat aja deh bro.......
loe ga bisa bandingin harga antara motor disini dgn motor di Thailand.....wong besarnya Pajak aja JELAS BEDA.......
gini aja , loe bandingin dulu aja , antara pajak di indonesia ama pajak di thailand.......setelah tau,loe total deh harganya + bandingin deh semua motor yg mnrt loe speknya sama kyk yg loe tulis di atas.....
pasti harga mahal motor indo bro.......
gw kan uda bilang masalahnya hanya "PAJAK" di indonesia bro.......
liat aja deh cthnya......misalnya loe demen ma CBR 1000RR,pdhal harga price listnya $ 13.000an = skitar Rp. 135jtan ONR......loe cek di Automall......harga ONR jadi Rp 285 jt di indonesia kan......
makanya Pajak disini minta ampun dehh.....bukan masalah di ATPM tiap2 otomotifnya bro......
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: Thu Jan 05, 2006 7:47
- Location: zoorabaya....city of heroes....
hehehehehhe gini aja deh yahh........p4nd4 wrote:nice postinggg bro yoyoyo
yang gw bandingkan tuh Honda Indonesia dengan produk yang laensplitfire wrote:jd klo mo butuh kualitas bgs yg comparable ,ya tinggal aja di luar Indonesia bro......piiissss
contoh Jupiter MX 135 dengan Supra X 125 denga harga yang hampir sama kalo gw beli MX 135 gw dapat nilai tambah mono shock trus mesin lebih 10cc trus dapat liquid cooler trus menurut bro emang itu bukan tanda kemahalan ?
trus kita cerita lagi tiger 2000 dengan scorpio z dengan harga yang hampir sama juga begitu, kalau beli scorpio z dengan harga yang hampir sama gw dapat monoshok dan mesin lebih 25cc.
tapi ofcourse pendapat orang beda-beda gw cuman mencoba untuk hitung menghitung yang dulu tidak gw perhitungkan waktu gw beli Karisma D 125 hahahahahaha
so karena gw bandingkan antara produk yang ada di Indonesia jadi ga ada hubungannya dengan PAJAK toh ?
bro seingat gw waktu pertama kali FU 150 diimport ke Indonesia CBU asli bro not CKD untuk shipment pertama, gw pernah baca di salah satu thread di SM ini cuman emang sih dah lama.gaus wrote:1. Satria F itu masih CKD (completely knocked down)......tapi tentunya beberapa parts sudah lokal punya. Pajaknya bisa rendah karena mungkin quota penggunaan parts lokal sudah mencukupi. Contohnya fairing Rider 150 dan Satria F kan beda tuh....
Kalo CBR150 kan masih bener2 CBU (completely built up). Pajaknya pun tinggi apalagi semua parts masih benar2 imported.
so waktu CBU beneran dan terakhir CKD harganya sama toh ?
bro setahu gw di Indonesia nih pajak ditentukan kapasitas cc bukan sport bike atau bebek.gauss wrote:Bah !!! Harusnya kan sudah terlihat jelas.....CBR itu jenis sportbike, sedangkan Satria F itu sportmoped alias bebek sport. Jenis rangka, material, fairing dan lain2 kan ikut mempengaruhi harga.
contohnya adalah Suzuki Thunder 125 ini sport bike toh ? jadi kenapa malah bisa jadi lebih murah dari Supra X 125 bebek?
oh yah tapi yang kita bicarakan adalah soal pajak import yahh bukan dari kualitas barang karena kalo kualitas barang bagus pasti sudah diperhitungkan di harga jual so gw ga bicara kualitas tapi pajak.
Overall....mnrt gw.....semuanya emang bermula dari Ketidak Seriusannya Indonesia di Sektor Otomotif ini......
kalau Indonesia serius di Sektor ini,pasti dah kita bisa puas memakai motor dengan kualitas OKE PUNYA + Harga juga OK......dan merk2 otomotif lain jg bisa nimbrung di Indonesia deh,dalam hal Produksi.......
Jadi kita mikirnya hanya terbatas di produk lokal aja.......produk luar sih bisa tp ya gt loe harus berani nebus mahal bro......
Dan mnrt gw Suzuki Thunder 125 itu jelas BUKAN Sports Bike bro......mungkin pas nya di Sport Touring aja.......
Dan uda deh ga usa di banding2kan motor produk sini dgn produk luar......itu aja deh.....pasti BEDA bgt......
pkknya klo loe niat bli motor2 Luar,siapin kocek gede aja,itu aja.......
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
Waduh.. udah donk...
Eh sori nih Bro sekedar ngingetin klo ga salah judul topiknya Wrana Baru CBR deh kok jadi ngeluas ngomongin perbandingan harga... sekedar ngingetin lho Bro boleh kan... piss ah...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
Memang Satria F pertama kali masih CBU. Tapi itu kan juga cuma buat 'jajal pasar' aja......tapi yang sekarang ini beredar udah definitely CKD. Maksud gw CKD ini bukannya 100% buatan Indonesia loh???p4nd4 wrote:bro seingat gw waktu pertama kali FU 150 diimport ke Indonesia CBU asli bro not CKD untuk shipment pertama, gw pernah baca di salah satu thread di SM ini cuman emang sih dah lama.
so waktu CBU beneran dan terakhir CKD harganya sama toh ?
Seperti yg udah gw bilang sebelumnya.....Satria F ini masih buatan Thailand asli.....hanya saja importnya itu secara CKD alias diurai dulu + komponen lokal.
Yang gw maksud dgn "harga" itu adalah price tag motor tsb. Bukan "pajak"/tax seperti yg bro Panda sebutkan.p4nd4 wrote:bro setahu gw di Indonesia nih pajak ditentukan kapasitas cc bukan sport bike atau bebek.
contohnya adalah Suzuki Thunder 125 ini sport bike toh ? jadi kenapa malah bisa jadi lebih murah dari Supra X 125 bebek?
oh yah tapi yang kita bicarakan adalah soal pajak import yahh bukan dari kualitas barang karena kalo kualitas barang bagus pasti sudah diperhitungkan di harga jual so gw ga bicara kualitas tapi pajak.
Kok pada ngalor ngidul gini yah....udah OOT abisss deh dari TSnya.
Pokoknya : ENJOY YOUR RIDE !!! Mengenai harga motor/mobil kayaknya nggak bakal turun deh!!! Emangnya ada tuh sejarah harga turun??? (Kecuali Pertamax Plus tuh....hehheeh)........[/quote]
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Tue Nov 29, 2005 9:14
- Location: Pasar Rebo, Jak-Tim
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat