lebi bingung lagi tuh si betmen
sudah kalah tenaga, kalah colokan, kalah harga pula
betmen sofa itu kan 460km cltc, mg4 425 wltp
ya sama aja rangenya sebenerna
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
lebi bingung lagi tuh si betmen
Ada yg 370 an om bahkan. Mampos dah nihonjin, market LMPV, LSUV, Zenix, pasti ad yg kepecah ambil beginian. LMPV2 Hybrid kalo begini ceritanya sih uda gugur sebelum tanding. Starter BYD strum listrik 370 an, mereka mau jual brp secara Xpander Cross, Veloz dkk bensin ud 300 kecil, biasanya mesin hybrid tambah 60-70 jutaan, jd sama dong ama BYD strum
Tp kayaknya penjualan terbanyak tuh tetep tesla, ford deh mbah.ChZ wrote: ↑17 Jul 2024, 09:35justru setelah di tax 100% pun itu EV china tetep lebih murah dari EV asli mereka. makanya pada ketar ketir, terus pada stockpiled. ujungnya major automaker pada shutdown EV projects. di yurop ya sama itu mersi EQ dah otw mau di shutdown karena high cost tapi serapan pasarnya jelek.kendibocor wrote: ↑16 Jul 2024, 15:29
Agak beda kayanya soal EV, di amrik EV cungkuo yg notabenenya murmer ga digelarin karpet merah kaya disini. Malah dikasi tax ugal2an sampe pd ga bs jual. Terpaksa pilihan EVnya ke produk amrik sendiri atau eropa, minimal paling koreyan yg harganya mahal. Kalo disini EV2 cungkuo dikasih harga mepet ICE jepang, dikasi gimik2 yg mayoritas manusia wakanda demen, garansi batere seumur hidup (yg mana ga tau beneran kagak atau ada pasal2 karet lg tp lifetime warranty ini lumayan pengaruh ke decision making orang2). Makin banyak aja kan tuh merk cungkuo masuk. Ga mungkin mereka ngasal masuk doang dan ga punya proyeksi gimana pasar EV disini.
singkatnya sih emang keknya investment pabrikan2 ke EV itu nggak sesuai projection mereka ditambah policymakers yang ugal ugalan dan nggak napak tanah.
Lagian sofa dikasi roda dah, pusing gw liat design bangkunya bikin ilfil
mungkin prinsipnyakendibocor wrote: ↑17 Jul 2024, 19:23
Lagian sofa dikasi roda dah, pusing gw liat design bangkunya bikin ilfil
naek terus soalnya pabrikan china ya bener mbahkendibocor wrote: ↑17 Jul 2024, 19:23
Tp kayaknya penjualan terbanyak tuh tetep tesla, ford deh mbah.
Gw agak2 ragu ini media diluaran jg polarisasi berita ttg EVnya jauh bener. Kalo baca media yg kontra EV tar judulnya EV is dead, EV bal bla bla. Kalo liat media yg pro EV kasih liat data penjualan bisa YoY nya malah naek trus
Gatau mana yg bener dah.
Dah lah pokoknya pegang prinsip 3S. Suka, senang, spk
Nungguin harga xpower
ujungnya klopun di masa depan EV tetap bisa sustain, itu from china (dah mulai kebaca)ChZ wrote: ↑18 Jul 2024, 09:27naek terus soalnya pabrikan china ya bener mbahkendibocor wrote: ↑17 Jul 2024, 19:23
Tp kayaknya penjualan terbanyak tuh tetep tesla, ford deh mbah.
Gw agak2 ragu ini media diluaran jg polarisasi berita ttg EVnya jauh bener. Kalo baca media yg kontra EV tar judulnya EV is dead, EV bal bla bla. Kalo liat media yg pro EV kasih liat data penjualan bisa YoY nya malah naek trus
Gatau mana yg bener dah.
Dah lah pokoknya pegang prinsip 3S. Suka, senang, spk
Nungguin harga xpower
project EV buat mainstream automaker banyakan rugi katanya, yang bener tuh memang kayak toyota fokus aja di 1 lini penting hasilin duit. revenue toyota justru naek terus.
cost developmentnya full EV itu gila tingginya. ujungnya beli batrenya ya ke china china juga. itu pan yang malah dihindari. china kan bisa aja monopoli mainin harga batrenya wong lagi trade war.
ujungnya ya mending di shutdown
bayangin aja itu china monopoli batre, kalo europ dan jepang ikut keserap dalam permainan mereka ya matek lah.Suryaputra wrote: ↑18 Jul 2024, 09:37 ujungnya klopun di masa depan EV tetap bisa sustain, itu from china (dah mulai kebaca)
Dpt info dr menejer Cost control betmen, untuk mobil EV sub 500jt,
Item dari Product cost tertinggi itu ya Batre, padahal batrenya udh owned and made in china loh
krn salah satu kunci product lifecycle EV bisa sustain,
itu di Product Cost harus bisa on par spt mobil ICE pd umumnya (at least for long term projection vs reality).
iya bright sidenya biar barat gak jumawa.ChZ wrote: ↑18 Jul 2024, 09:41bayangin aja itu china monopoli batre, kalo europ dan jepang ikut keserap dalam permainan mereka ya matek lah.Suryaputra wrote: ↑18 Jul 2024, 09:37 ujungnya klopun di masa depan EV tetap bisa sustain, itu from china (dah mulai kebaca)
Dpt info dr menejer Cost control betmen, untuk mobil EV sub 500jt,
Item dari Product cost tertinggi itu ya Batre, padahal batrenya udh owned and made in china loh
krn salah satu kunci product lifecycle EV bisa sustain,
itu di Product Cost harus bisa on par spt mobil ICE pd umumnya (at least for long term projection vs reality).
bener si toyota. jangan mau dimain-mainin seakan cuma ada 1 alternatif.
china maunya ya semua pake EV krn produsen batrenya mereka.
bukti politisi barat ga pinter2 amat juga gampang disetir sama kebijakan china dan FOMO EV malah bumerangSuryaputra wrote: ↑18 Jul 2024, 09:49 iya bright sidenya biar barat gak jumawa.
Itu china bikin aturan, Sept 2023, PNS nya dilarang pk ipon, lgs sahamnya apple drop dan lost Rp 3000T
thn ini 2024, jualannya ipon drop lg -30% di china
wkwkwkwkw.
Amrik - Eropa sedang menuju kesuraman.
- Otomotifnya "mulai" diacak-acak sm China
- Industri minyaknya disikat sm Arab
- Militer, kejet2 sm Russia
Timur sedang bangkit setelah ditekan sm Barat berabad-abad
wkwkwkwkwkwkwkChZ wrote: ↑18 Jul 2024, 09:54bukti politisi barat ga pinter2 amat juga gampang disetir sama kebijakan china dan FOMO EV malah bumerangSuryaputra wrote: ↑18 Jul 2024, 09:49 iya bright sidenya biar barat gak jumawa.
Itu china bikin aturan, Sept 2023, PNS nya dilarang pk ipon, lgs sahamnya apple drop dan lost Rp 3000T
thn ini 2024, jualannya ipon drop lg -30% di china
wkwkwkwkw.
Amrik - Eropa sedang menuju kesuraman.
- Otomotifnya "mulai" diacak-acak sm China
- Industri minyaknya disikat sm Arab
- Militer, kejet2 sm Russia
Timur sedang bangkit setelah ditekan sm Barat berabad-abad
cuma malesnya ya ini GIIAS aja gw gak napsu udah macem beijing auto show
Ya itu emang geblek sih kalo semua lineup mo full EV. Ga bakal feasible lah. Yg bener emang nyampur ada lineup ICE sama EV. Blm bisa lah infrastruktur seluruh negara mendukung kalo semua jd EV.ChZ wrote: ↑18 Jul 2024, 09:27 naek terus soalnya pabrikan china ya bener mbah
project EV buat mainstream automaker banyakan rugi katanya, yang bener tuh memang kayak toyota fokus aja di 1 lini penting hasilin duit. revenue toyota justru naek terus.
cost developmentnya full EV itu gila tingginya. ujungnya beli batrenya ya ke china china juga. itu pan yang malah dihindari. china kan bisa aja monopoli mainin harga batrenya wong lagi trade war.
ujungnya ya mending di shutdown
mestinya ganti nama saja ya jadi Yǎjiādá International Auto Show
dan nasib sebagai member dari negara berflower yg punya visi cemas 2045 ya nikmati saja, competition is good for customer, daripada 50 tahun gini2 aja dikasih barang rakitan nihon-jinSuryaputra wrote: ↑18 Jul 2024, 09:49 Timur sedang bangkit setelah ditekan sm Barat berabad-abad
Jepang, Taiwan, Korea, dan negara asia lain, scr tidak langsung ya mau gakmau kefollow aliansi China-Rusia-Arab
Mobil saya cuma 1 dan baru ganti EV (Atto 3).forzanetti wrote: ↑17 Jul 2024, 10:55kalo melihat sekitar saya (bukan di Jakarta), ini bener banget. EV sampe sekarang mayoritas jadi "mainan" orang kaya. ada yang iseng beli pengen nyobain (jadi mobil ke 3 dst), ada yang jadiin mobil utama (tapi masih punya mobil ICE di garasi). ada juga temen saya yang mobilnya diganti EV semua karena lagi demen EV (tapi anytime harus jual dengan harga turun banyak dia siap, tinggal beli lagi ICE).Suryaputra wrote: ↑16 Jul 2024, 13:30
yah apalagi market sini hobinya mudik dan hiling ke sana kemari luar kota pk mobil pribadi.
- Brp orang yg sanggup beli dan miara 2 mobil (1 ICE dan 1 EV)?
- Nekat banget klo beli EV sbg mobil daily satu2nya
- SES C (middle) dan ke bawah, menjadi mayoritas di sini.
- Kaum middle, ngelihat harga sebagian cell-battery aja dah takut
untuk kaum middle yg mobilnya cuma 1, masih pada belom berani ke EV. ngeliatnya EV itu masih sesuatu yang baru dan blom proven untuk long term, jadi ga mau resiko karena ga siap efek finansial ke depannya.
tapi saya juga penasaran juga untuk Jakarta, apa banyak keluarga yang cuma bisa punya 1 mobil dan ganti ke EV? kan di Jakarta EV ada keunggulan bebas gage.
iya buat sub-urban (paling jauh bandung)Devidpg wrote: ↑19 Jul 2024, 16:18Mobil saya cuma 1 dan baru ganti EV (Atto 3).forzanetti wrote: ↑17 Jul 2024, 10:55kalo melihat sekitar saya (bukan di Jakarta), ini bener banget. EV sampe sekarang mayoritas jadi "mainan" orang kaya. ada yang iseng beli pengen nyobain (jadi mobil ke 3 dst), ada yang jadiin mobil utama (tapi masih punya mobil ICE di garasi). ada juga temen saya yang mobilnya diganti EV semua karena lagi demen EV (tapi anytime harus jual dengan harga turun banyak dia siap, tinggal beli lagi ICE).Suryaputra wrote: ↑16 Jul 2024, 13:30
yah apalagi market sini hobinya mudik dan hiling ke sana kemari luar kota pk mobil pribadi.
- Brp orang yg sanggup beli dan miara 2 mobil (1 ICE dan 1 EV)?
- Nekat banget klo beli EV sbg mobil daily satu2nya
- SES C (middle) dan ke bawah, menjadi mayoritas di sini.
- Kaum middle, ngelihat harga sebagian cell-battery aja dah takut
untuk kaum middle yg mobilnya cuma 1, masih pada belom berani ke EV. ngeliatnya EV itu masih sesuatu yang baru dan blom proven untuk long term, jadi ga mau resiko karena ga siap efek finansial ke depannya.
tapi saya juga penasaran juga untuk Jakarta, apa banyak keluarga yang cuma bisa punya 1 mobil dan ganti ke EV? kan di Jakarta EV ada keunggulan bebas gage.
Saya tinggal di Jakarta jadi kepake banget buat daily use anti gage. Selain itu saya jarang bawa mobil jauh2, paling jauh paling ke Bandung. Yg tdnya tiap bulan biaya bensin 2jt skrg biaya ngecharge jadi 400rb.
Menurut saya ya, EV cuma berguna di Jakarta krn gagenya. Kl buat di daerah ga ada benefitnya, mending hybrid aja udh cukup buat ngincer iritnya.
Aman2 aja om, ga sependek yg dibayangkan. Tempat parkiran rumah mertua sudutnya lumayan tinggi dan pendek (CX30 gesrot depannya kalo turun ga ngerem sampe pelan banget) si MG jg bisa lewat dengan aman asal pelan2.
Om sherry blg rahasia tuh mbah
1 kwh sekitar 7,7 km om. Biasa sih EV makin macet makin irit, thanks to regenerative brake.Adelphi wrote: ↑30 Jul 2024, 16:03 Kebetulan lagi mempertimbangkan MG4 EV karena tinggal dan kerja di daerah ganjil genap.
Karena tinggal di apartemen yang tidak ada charging station jadi lumayan concern seberapa sering perlu charge mobilnya.
Mau nanya ke yg sudah pakai mobil ini kira kira 1 kwh bisa menempuh berapa Km ? dengan kondisi pakai mobil di jam sibuk berangkat/pulang kerja yang seringnya macet banget.