Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 330
- Joined: 13 Mar 2022, 16:47
- Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - EH32 - W203
Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Car : MG4 EV 2024 (CBU Spec)
Mileage : <1000 km
Price : 423jt
Why MG4? Oke, jadi ceritanya saya adalah first time buyer EV. Pake sih udah sering, tapi buat punya, baru pertama kali dan harus pikir panjang. Soal warranty, mobilnya enak apa engga, aftersales, dan spec batere motor etc yang harus dipelajarin dari awal.
So, pilihan pertama saya adalah BYD. Either Dolphin atau Seal, Atto 3 ga suka modelnya. Seal udah coba, mobilnya comfort, enak, dan modelnya cakep. Udah fix mau Seal entry level ternyata ga dijual. Cobain Seal yang RWD, mobilnya serem tendensi oversteernya tinggi. Cobain yang AWD ternyata lebih parah mobilnya ga bisa handle power segitu (cek review om ChZ). Akhirnya pilih Dolphin tapi ga jadi SPK karena ga dateng2.
Lanjut ke Lexus, mau UX tapi colokan ChaDeMo. RZ menarik sekali dengan diskon khusus owner Lexus tapi tetep banyak bener nomboknya, harus lepas si ES.
MG4 ini mobil yang awalnya I laughed so hard at it. Bayangin 699 juta waktu dulu CBU, dengan merek yang orang aja ga pernah denger. Tapi pas keluar harga 433 buat CKD, baru sadar ini mobil valuenya gila. Bayangin cuma beda 20jt sama Binguo waktu itu dan dapet mobil european yang jauh lebih proper.
So saya nekat aja, dengan modal review TG UK 9/10, review temen pake yang super positive, dan warranty lifetime buat battery haha.
Paid 423jt dan surprise surprise, dapetnya versi CBU . How come? Ada deh, sales sama drivernya aja kaget kok ada CBU sebiji dateng ke stockyard.
What do I like?
Seriously, saya suka hampir semua aspek mobil ini. Review TG UK 9/10 ga bohong, bener2 sebagus itu. Oke, kita mulai dari desain eksterior. Nothing to dislike here, tampang depan yang bisa dimirip2in sama Corvette C8, lampu yang keren banget dan keliatan futuristik, serta kap depan dan front lips yang super sporty. Lanjut ke samping, spion di pintu, garis body yang tinggi dan shoulder yang sangat cantik.. dan belakangnya pun sama, lampunya super WOW kalo malem, even bagian atasnya ada garis2 yang nyala, attention to detailnya sangat tinggi. Spoiler split dan diffusernya juga keren. Oya, bagian lampu belakang yang kayak spoiler itu cukup membantu buat nutup bagasi.. berat soalnya. Masuk ke interior, oh my, desainnya cukup oke buat harga segitu. Not that pretty, but good. Beberapa kontrol masih ada tombol fisik dan layarnya gak begitu annoying. Simpel, tapi cukup mudah dipelajari. FYI pertama kali terima iX saya spend 30 menit buat belajar aja cara pake mobilnya, di parkiran dealer haha.
Soal bahan dan built quality patut diacungi jempol. Softpad di mana2, semua bahan plastik intact dan ga rattle, dan bahan lain seperti kulit sintetis dan fabricnya berasa “mahal”.
Ergonominya juga harus diacungi jempol. Meski keliatannya dari luar kacanya kecil dan banyak blind spot, ternyata gak. Posisi nyetirnya pas, mau relaxing bisa, mau bener2 rebah kayak bawa sportscar bisa, buat parkir juga oke. So far jalan ke mana2 ga pernah capek bawa mobil ini, joknya juga super enak. Soal jok, tentu karena ini unit CBU maka warna joknya yang cerah, headlinernya juga warnanya terang. Cukup membuat feel roomy di mobil kecil begini, dan saya suka kombinasi warnanya, lucu sekali.
Terakhir soal interior, bagasinya cukup lega dan dilengkapi penutup di atasnya. Entah dibanding EV lain, tapi bagasinya sangat proper. Saya pernah bawa 2 set ban R18 (ya, mobil ini dipake kerja rodi dari baru) dan muat2 aja. Kurang lega? Tinggal lipat jok kanan atau kiri dan pindahin lantai bagasinya. Nah, lantai bagasinya bisa dikebawahin lagi, tapi jangan lupa lipat bagian sampingnya dan ga perlu ribet dengan Velcro atau ditahan2, karena ada magnetnya. Attention to detail yang sangat bagus.
Terakhir, dan yang paling penting, ride and handlingnya.
Sebelum masuk ke bagian ini, saya harus memberikan TLDR : mobil ini sangat enak. It is that good.
Begitu jalan pelan, yang pertama terasa adalah mobil ini bisa meredam guncangan dengan enak. Thanks to multi link independent suspension (in a 423jt car!), bantingannya bener2 terasa European dan empuk, tanpa harus jadi ngayun atau sering mentok. More like a Tiguan or some Audis. Dijual 699jt kayak dulu juga okelah, it feels that premium.
Dan comfortable suspension kayak gini bener2 ngebantu untuk nyetir dalam waktu lama. Badan ga gampang pegel, jok juga enak dan ga ada noise mengganggu dari suspensi.
Duduk di belakang pun no worry, tetep sama empuknya dan ga berasa kekocok2 atau mental mentul.
Oke, kalo MG4 senyaman itu, ga enak dong handlingnya?
Wrong. Lebih enak lagi. Kalo baca spec, mobil ini RWD, 50:50 weight distribution, ditambah lagi independent suspension dan quick response steering rack, harusnya sih enak ya.. dan kok settingannya kayak BMW?
It feels like one.
Seriously, mobil ini punya handling yang super enak, bukan cuma buat mobil EV, mobil 400jt-an, tapi buat sebuah mobil. Even some sportscar are worse than this.
Steering response yang-okelah agak artificial karena EPS, tapi punya respons yang cepat dan feedback yang oke, bobotnya pun ga berat yang diberat2in pas ngebut tapi rasanya natural. Dan kalo pelan, ya setirnya enteng.
Suspensi yang empuk tadi, ternyata ga keempukan sampe bikin body roll parah. Not even a slight body roll kerasa pas nikung kenceng. Mobil ini terasa sangat stabil dan controlled bahkan di kecepatan 170 ke atas. Dan gak ada rasa mobil ini “terlalu kenceng“ pas ngebut. Mau foto top speed pun fotonya masih jernih, kayak lari kenceng naik Lexus saya.
Okelah stabil, tapi apa fun?
Oh yes. Akselerasi 0-100 7 detikan rasanya cukup buat mobil sekecil ini, dan cukup membuat saya senyum2 setiap gaspol. It feels nimble and zippy too, mau nikung nyalip segala macem rasanya sangat fun. Rasanya kayak F30 versi lite. Lebih fun lagi pas ninggalin jauh2 cumi darat
Dan kalo traction+stability control dimatiin, have fun!
p.s. : mau dibawa drifting kecil2an juga mobil ini masih sangat controllable, sasisnya seenak itu
What are the annoying things?
Oke, meski sebagus itu, banyak hal2 (minor sih) yang mengganggu selama saya pake si Merry. Pertama dan paling utama, handlingnya emang enak, tapi buat dapet the most of it, ganti bannya cepet2. Ban OEMnya Continental Premium Contact C, asli ga enak, licin, dan berisik. Entah padahal saya pake Conti selalu puas, mungkin ini karena OEM. Saya ganti Toyo Tranpath R30 yang ban comfort, tapi handlingnya juga ikut improve jauh. Sebelumnya lari 170 di tol yang belok dikit agak nggeser pantatnya, sekarang aman.
Kedua, pintu. Pintu mobil ini kalo diperhatiin gak ngebuka sampe bawah, jadi kalo abis kotor2an ya kena celana kotorannya pas turun. Hal ini diperparah dengan mobil yang udah ganti velg R18 (naik 2cm tingginya) dan sayanya yang pendek. Trus kalo liat di dalem, door trimnya lumayan lebar dan kacanya tinggi. Ini agak nyusahin buat ambil tiket atau tap etoll, tapi ya mungkin ini sayanya juga yang pendek.
Ketiga, UI systemnya very Chinese. Banyak hal yang harus lewat layar, meski basic controls kayak audio dan AC bisa via tombol fisik. Masa iya ganti driving mode harus sekali swipe dan 3x touch. Tombol AC banyak yang protes tapi ternyata tombol fisiknya bisa diakses lewat setir, jadi malah lebih praktis dari mobil kebanyakan.
ADAS nya juga agak bego, tapi ya okelah.
Keempat, duduk belakangnya berasa anak tiri. Ga ada armrest, AC, bahkan soft touch aja kena sunat. Untung masih lega.
Sisanya sih minor ya kayak kebanyakan emblem, karpet bawaan yang sampah bgt kualitasnya, dan interior yang gampang kotor karena terang.
But then, kalo minor begini berarti yang penting2 bagus kan?
How is it compared to other EVs?
Mobil ini harusnya sekelas Cloud, Dolphin dan lain-lain. Tapi dibanding 2 mobil ini, jauh banget rasanya. Oke mereka menang interior space lebih gede, tapi lainnya disikat sama MG4.
Nah kalo dibandingin most NPC EV, si Ioniq 5?
Surprisingly, temen yang punya Ioniq nyobain ini beberapa bilang enakan MG4. Mereka bahkan ga nyangka harga semurah itu dapet mobil kayak gini. But then, harga ga boong, Ioniq punya fitur jauh lebih banyak dan space jauh lebih gede. Mobilnya juga lebih all in one, mau dibawa jalan2 lebih bisa, ada trouble pun bengkel Hyundai banyak.
Dibandingin Seal?
Intinya kalo Seal berasa mobilnya ga bisa imbangin powernya, MG4 kebalikan. Sasisnya bisa kenceng mobilnya mah ga kenceng2 amat.
Should you buy one? Absolutely. Thank you!
Mileage : <1000 km
Price : 423jt
Why MG4? Oke, jadi ceritanya saya adalah first time buyer EV. Pake sih udah sering, tapi buat punya, baru pertama kali dan harus pikir panjang. Soal warranty, mobilnya enak apa engga, aftersales, dan spec batere motor etc yang harus dipelajarin dari awal.
So, pilihan pertama saya adalah BYD. Either Dolphin atau Seal, Atto 3 ga suka modelnya. Seal udah coba, mobilnya comfort, enak, dan modelnya cakep. Udah fix mau Seal entry level ternyata ga dijual. Cobain Seal yang RWD, mobilnya serem tendensi oversteernya tinggi. Cobain yang AWD ternyata lebih parah mobilnya ga bisa handle power segitu (cek review om ChZ). Akhirnya pilih Dolphin tapi ga jadi SPK karena ga dateng2.
Lanjut ke Lexus, mau UX tapi colokan ChaDeMo. RZ menarik sekali dengan diskon khusus owner Lexus tapi tetep banyak bener nomboknya, harus lepas si ES.
MG4 ini mobil yang awalnya I laughed so hard at it. Bayangin 699 juta waktu dulu CBU, dengan merek yang orang aja ga pernah denger. Tapi pas keluar harga 433 buat CKD, baru sadar ini mobil valuenya gila. Bayangin cuma beda 20jt sama Binguo waktu itu dan dapet mobil european yang jauh lebih proper.
So saya nekat aja, dengan modal review TG UK 9/10, review temen pake yang super positive, dan warranty lifetime buat battery haha.
Paid 423jt dan surprise surprise, dapetnya versi CBU . How come? Ada deh, sales sama drivernya aja kaget kok ada CBU sebiji dateng ke stockyard.
What do I like?
Seriously, saya suka hampir semua aspek mobil ini. Review TG UK 9/10 ga bohong, bener2 sebagus itu. Oke, kita mulai dari desain eksterior. Nothing to dislike here, tampang depan yang bisa dimirip2in sama Corvette C8, lampu yang keren banget dan keliatan futuristik, serta kap depan dan front lips yang super sporty. Lanjut ke samping, spion di pintu, garis body yang tinggi dan shoulder yang sangat cantik.. dan belakangnya pun sama, lampunya super WOW kalo malem, even bagian atasnya ada garis2 yang nyala, attention to detailnya sangat tinggi. Spoiler split dan diffusernya juga keren. Oya, bagian lampu belakang yang kayak spoiler itu cukup membantu buat nutup bagasi.. berat soalnya. Masuk ke interior, oh my, desainnya cukup oke buat harga segitu. Not that pretty, but good. Beberapa kontrol masih ada tombol fisik dan layarnya gak begitu annoying. Simpel, tapi cukup mudah dipelajari. FYI pertama kali terima iX saya spend 30 menit buat belajar aja cara pake mobilnya, di parkiran dealer haha.
Soal bahan dan built quality patut diacungi jempol. Softpad di mana2, semua bahan plastik intact dan ga rattle, dan bahan lain seperti kulit sintetis dan fabricnya berasa “mahal”.
Ergonominya juga harus diacungi jempol. Meski keliatannya dari luar kacanya kecil dan banyak blind spot, ternyata gak. Posisi nyetirnya pas, mau relaxing bisa, mau bener2 rebah kayak bawa sportscar bisa, buat parkir juga oke. So far jalan ke mana2 ga pernah capek bawa mobil ini, joknya juga super enak. Soal jok, tentu karena ini unit CBU maka warna joknya yang cerah, headlinernya juga warnanya terang. Cukup membuat feel roomy di mobil kecil begini, dan saya suka kombinasi warnanya, lucu sekali.
Terakhir soal interior, bagasinya cukup lega dan dilengkapi penutup di atasnya. Entah dibanding EV lain, tapi bagasinya sangat proper. Saya pernah bawa 2 set ban R18 (ya, mobil ini dipake kerja rodi dari baru) dan muat2 aja. Kurang lega? Tinggal lipat jok kanan atau kiri dan pindahin lantai bagasinya. Nah, lantai bagasinya bisa dikebawahin lagi, tapi jangan lupa lipat bagian sampingnya dan ga perlu ribet dengan Velcro atau ditahan2, karena ada magnetnya. Attention to detail yang sangat bagus.
Terakhir, dan yang paling penting, ride and handlingnya.
Sebelum masuk ke bagian ini, saya harus memberikan TLDR : mobil ini sangat enak. It is that good.
Begitu jalan pelan, yang pertama terasa adalah mobil ini bisa meredam guncangan dengan enak. Thanks to multi link independent suspension (in a 423jt car!), bantingannya bener2 terasa European dan empuk, tanpa harus jadi ngayun atau sering mentok. More like a Tiguan or some Audis. Dijual 699jt kayak dulu juga okelah, it feels that premium.
Dan comfortable suspension kayak gini bener2 ngebantu untuk nyetir dalam waktu lama. Badan ga gampang pegel, jok juga enak dan ga ada noise mengganggu dari suspensi.
Duduk di belakang pun no worry, tetep sama empuknya dan ga berasa kekocok2 atau mental mentul.
Oke, kalo MG4 senyaman itu, ga enak dong handlingnya?
Wrong. Lebih enak lagi. Kalo baca spec, mobil ini RWD, 50:50 weight distribution, ditambah lagi independent suspension dan quick response steering rack, harusnya sih enak ya.. dan kok settingannya kayak BMW?
It feels like one.
Seriously, mobil ini punya handling yang super enak, bukan cuma buat mobil EV, mobil 400jt-an, tapi buat sebuah mobil. Even some sportscar are worse than this.
Steering response yang-okelah agak artificial karena EPS, tapi punya respons yang cepat dan feedback yang oke, bobotnya pun ga berat yang diberat2in pas ngebut tapi rasanya natural. Dan kalo pelan, ya setirnya enteng.
Suspensi yang empuk tadi, ternyata ga keempukan sampe bikin body roll parah. Not even a slight body roll kerasa pas nikung kenceng. Mobil ini terasa sangat stabil dan controlled bahkan di kecepatan 170 ke atas. Dan gak ada rasa mobil ini “terlalu kenceng“ pas ngebut. Mau foto top speed pun fotonya masih jernih, kayak lari kenceng naik Lexus saya.
Okelah stabil, tapi apa fun?
Oh yes. Akselerasi 0-100 7 detikan rasanya cukup buat mobil sekecil ini, dan cukup membuat saya senyum2 setiap gaspol. It feels nimble and zippy too, mau nikung nyalip segala macem rasanya sangat fun. Rasanya kayak F30 versi lite. Lebih fun lagi pas ninggalin jauh2 cumi darat
Dan kalo traction+stability control dimatiin, have fun!
p.s. : mau dibawa drifting kecil2an juga mobil ini masih sangat controllable, sasisnya seenak itu
What are the annoying things?
Oke, meski sebagus itu, banyak hal2 (minor sih) yang mengganggu selama saya pake si Merry. Pertama dan paling utama, handlingnya emang enak, tapi buat dapet the most of it, ganti bannya cepet2. Ban OEMnya Continental Premium Contact C, asli ga enak, licin, dan berisik. Entah padahal saya pake Conti selalu puas, mungkin ini karena OEM. Saya ganti Toyo Tranpath R30 yang ban comfort, tapi handlingnya juga ikut improve jauh. Sebelumnya lari 170 di tol yang belok dikit agak nggeser pantatnya, sekarang aman.
Kedua, pintu. Pintu mobil ini kalo diperhatiin gak ngebuka sampe bawah, jadi kalo abis kotor2an ya kena celana kotorannya pas turun. Hal ini diperparah dengan mobil yang udah ganti velg R18 (naik 2cm tingginya) dan sayanya yang pendek. Trus kalo liat di dalem, door trimnya lumayan lebar dan kacanya tinggi. Ini agak nyusahin buat ambil tiket atau tap etoll, tapi ya mungkin ini sayanya juga yang pendek.
Ketiga, UI systemnya very Chinese. Banyak hal yang harus lewat layar, meski basic controls kayak audio dan AC bisa via tombol fisik. Masa iya ganti driving mode harus sekali swipe dan 3x touch. Tombol AC banyak yang protes tapi ternyata tombol fisiknya bisa diakses lewat setir, jadi malah lebih praktis dari mobil kebanyakan.
ADAS nya juga agak bego, tapi ya okelah.
Keempat, duduk belakangnya berasa anak tiri. Ga ada armrest, AC, bahkan soft touch aja kena sunat. Untung masih lega.
Sisanya sih minor ya kayak kebanyakan emblem, karpet bawaan yang sampah bgt kualitasnya, dan interior yang gampang kotor karena terang.
But then, kalo minor begini berarti yang penting2 bagus kan?
How is it compared to other EVs?
Mobil ini harusnya sekelas Cloud, Dolphin dan lain-lain. Tapi dibanding 2 mobil ini, jauh banget rasanya. Oke mereka menang interior space lebih gede, tapi lainnya disikat sama MG4.
Nah kalo dibandingin most NPC EV, si Ioniq 5?
Surprisingly, temen yang punya Ioniq nyobain ini beberapa bilang enakan MG4. Mereka bahkan ga nyangka harga semurah itu dapet mobil kayak gini. But then, harga ga boong, Ioniq punya fitur jauh lebih banyak dan space jauh lebih gede. Mobilnya juga lebih all in one, mau dibawa jalan2 lebih bisa, ada trouble pun bengkel Hyundai banyak.
Dibandingin Seal?
Intinya kalo Seal berasa mobilnya ga bisa imbangin powernya, MG4 kebalikan. Sasisnya bisa kenceng mobilnya mah ga kenceng2 amat.
Should you buy one? Absolutely. Thank you!
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2885
- Joined: 10 Nov 2015, 09:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
nice review om.
saya jg lg liat2 ini mobil kayanya meski ga banyak gimmick tp untuk harga segituan ini mobil listrik paling "bener". cm lg nunggu kona ev baru jg sih.
saya jg lg liat2 ini mobil kayanya meski ga banyak gimmick tp untuk harga segituan ini mobil listrik paling "bener". cm lg nunggu kona ev baru jg sih.
- mobilover
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 843
- Joined: 15 Jul 2013, 09:40
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Nice review om. Bagus utk yg lagi mempertimbangkan mobil listrik pertama seperti saya ahahasherryandkez wrote: ↑24 Jun 2024, 14:22 Car : MG4 EV 2024 (CBU Spec)
Mileage : <1000 km
Price : 423jt
Why MG4?
1357570_0.jpg
Oke, jadi ceritanya saya adalah first time buyer EV. Pake sih udah sering, tapi buat punya, baru pertama kali dan harus pikir panjang. Soal warranty, mobilnya enak apa engga, aftersales, dan spec batere motor etc yang harus dipelajarin dari awal.
So, pilihan pertama saya adalah BYD. Either Dolphin atau Seal, Atto 3 ga suka modelnya. Seal udah coba, mobilnya comfort, enak, dan modelnya cakep. Udah fix mau Seal entry level ternyata ga dijual. Cobain Seal yang RWD, mobilnya serem tendensi oversteernya tinggi. Cobain yang AWD ternyata lebih parah mobilnya ga bisa handle power segitu (cek review om ChZ). Akhirnya pilih Dolphin tapi ga jadi SPK karena ga dateng2.
Lanjut ke Lexus, mau UX tapi colokan ChaDeMo. RZ menarik sekali dengan diskon khusus owner Lexus tapi tetep banyak bener nomboknya, harus lepas si ES.
MG4 ini mobil yang awalnya I laughed so hard at it. Bayangin 699 juta waktu dulu CBU, dengan merek yang orang aja ga pernah denger. Tapi pas keluar harga 433 buat CKD, baru sadar ini mobil valuenya gila. Bayangin cuma beda 20jt sama Binguo waktu itu dan dapet mobil european yang jauh lebih proper.
So saya nekat aja, dengan modal review TG UK 9/10, review temen pake yang super positive, dan warranty lifetime buat battery haha.
Paid 423jt dan surprise surprise, dapetnya versi CBU . How come? Ada deh, sales sama drivernya aja kaget kok ada CBU sebiji dateng ke stockyard.
What do I like?
Seriously, saya suka hampir semua aspek mobil ini. Review TG UK 9/10 ga bohong, bener2 sebagus itu.
1357565_0.jpg
Oke, kita mulai dari desain eksterior. Nothing to dislike here, tampang depan yang bisa dimirip2in sama Corvette C8, lampu yang keren banget dan keliatan futuristik, serta kap depan dan front lips yang super sporty. Lanjut ke samping, spion di pintu, garis body yang tinggi dan shoulder yang sangat cantik.. dan belakangnya pun sama, lampunya super WOW kalo malem, even bagian atasnya ada garis2 yang nyala, attention to detailnya sangat tinggi. Spoiler split dan diffusernya juga keren.
1357566_0.jpg
Oya, bagian lampu belakang yang kayak spoiler itu cukup membantu buat nutup bagasi.. berat soalnya.
1357568_0.jpg
Masuk ke interior, oh my, desainnya cukup oke buat harga segitu. Not that pretty, but good. Beberapa kontrol masih ada tombol fisik dan layarnya gak begitu annoying. Simpel, tapi cukup mudah dipelajari. FYI pertama kali terima iX saya spend 30 menit buat belajar aja cara pake mobilnya, di parkiran dealer haha.
Soal bahan dan built quality patut diacungi jempol. Softpad di mana2, semua bahan plastik intact dan ga rattle, dan bahan lain seperti kulit sintetis dan fabricnya berasa “mahal”.
Ergonominya juga harus diacungi jempol. Meski keliatannya dari luar kacanya kecil dan banyak blind spot, ternyata gak. Posisi nyetirnya pas, mau relaxing bisa, mau bener2 rebah kayak bawa sportscar bisa, buat parkir juga oke. So far jalan ke mana2 ga pernah capek bawa mobil ini, joknya juga super enak.
1357569_0.jpg
Soal jok, tentu karena ini unit CBU maka warna joknya yang cerah, headlinernya juga warnanya terang. Cukup membuat feel roomy di mobil kecil begini, dan saya suka kombinasi warnanya, lucu sekali.
Terakhir soal interior, bagasinya cukup lega dan dilengkapi penutup di atasnya. Entah dibanding EV lain, tapi bagasinya sangat proper. Saya pernah bawa 2 set ban R18 (ya, mobil ini dipake kerja rodi dari baru) dan muat2 aja. Kurang lega? Tinggal lipat jok kanan atau kiri dan pindahin lantai bagasinya. Nah, lantai bagasinya bisa dikebawahin lagi, tapi jangan lupa lipat bagian sampingnya dan ga perlu ribet dengan Velcro atau ditahan2, karena ada magnetnya. Attention to detail yang sangat bagus.
Terakhir, dan yang paling penting, ride and handlingnya.
Sebelum masuk ke bagian ini, saya harus memberikan TLDR : mobil ini sangat enak. It is that good.
Begitu jalan pelan, yang pertama terasa adalah mobil ini bisa meredam guncangan dengan enak. Thanks to multi link independent suspension (in a 423jt car!), bantingannya bener2 terasa European dan empuk, tanpa harus jadi ngayun atau sering mentok. More like a Tiguan or some Audis. Dijual 699jt kayak dulu juga okelah, it feels that premium.
Dan comfortable suspension kayak gini bener2 ngebantu untuk nyetir dalam waktu lama. Badan ga gampang pegel, jok juga enak dan ga ada noise mengganggu dari suspensi.
Duduk di belakang pun no worry, tetep sama empuknya dan ga berasa kekocok2 atau mental mentul.
Oke, kalo MG4 senyaman itu, ga enak dong handlingnya?
Wrong. Lebih enak lagi. Kalo baca spec, mobil ini RWD, 50:50 weight distribution, ditambah lagi independent suspension dan quick response steering rack, harusnya sih enak ya.. dan kok settingannya kayak BMW?
It feels like one.
Seriously, mobil ini punya handling yang super enak, bukan cuma buat mobil EV, mobil 400jt-an, tapi buat sebuah mobil. Even some sportscar are worse than this.
Steering response yang-okelah agak artificial karena EPS, tapi punya respons yang cepat dan feedback yang oke, bobotnya pun ga berat yang diberat2in pas ngebut tapi rasanya natural. Dan kalo pelan, ya setirnya enteng.
Suspensi yang empuk tadi, ternyata ga keempukan sampe bikin body roll parah. Not even a slight body roll kerasa pas nikung kenceng. Mobil ini terasa sangat stabil dan controlled bahkan di kecepatan 170 ke atas. Dan gak ada rasa mobil ini “terlalu kenceng“ pas ngebut. Mau foto top speed pun fotonya masih jernih, kayak lari kenceng naik Lexus saya.
Okelah stabil, tapi apa fun?
Oh yes. Akselerasi 0-100 7 detikan rasanya cukup buat mobil sekecil ini, dan cukup membuat saya senyum2 setiap gaspol. It feels nimble and zippy too, mau nikung nyalip segala macem rasanya sangat fun. Rasanya kayak F30 versi lite. Lebih fun lagi pas ninggalin jauh2 cumi darat
Dan kalo traction+stability control dimatiin, have fun!
p.s. : mau dibawa drifting kecil2an juga mobil ini masih sangat controllable, sasisnya seenak itu
What are the annoying things?
Oke, meski sebagus itu, banyak hal2 (minor sih) yang mengganggu selama saya pake si Merry. Pertama dan paling utama, handlingnya emang enak, tapi buat dapet the most of it, ganti bannya cepet2.
1357567_0.jpg
Ban OEMnya Continental Premium Contact C, asli ga enak, licin, dan berisik. Entah padahal saya pake Conti selalu puas, mungkin ini karena OEM. Saya ganti Toyo Tranpath R30 yang ban comfort, tapi handlingnya juga ikut improve jauh. Sebelumnya lari 170 di tol yang belok dikit agak nggeser pantatnya, sekarang aman.
Kedua, pintu. Pintu mobil ini kalo diperhatiin gak ngebuka sampe bawah, jadi kalo abis kotor2an ya kena celana kotorannya pas turun. Hal ini diperparah dengan mobil yang udah ganti velg R18 (naik 2cm tingginya) dan sayanya yang pendek. Trus kalo liat di dalem, door trimnya lumayan lebar dan kacanya tinggi. Ini agak nyusahin buat ambil tiket atau tap etoll, tapi ya mungkin ini sayanya juga yang pendek.
Ketiga, UI systemnya very Chinese. Banyak hal yang harus lewat layar, meski basic controls kayak audio dan AC bisa via tombol fisik. Masa iya ganti driving mode harus sekali swipe dan 3x touch. Tombol AC banyak yang protes tapi ternyata tombol fisiknya bisa diakses lewat setir, jadi malah lebih praktis dari mobil kebanyakan.
ADAS nya juga agak bego, tapi ya okelah.
Keempat, duduk belakangnya berasa anak tiri. Ga ada armrest, AC, bahkan soft touch aja kena sunat. Untung masih lega.
Sisanya sih minor ya kayak kebanyakan emblem, karpet bawaan yang sampah bgt kualitasnya, dan interior yang gampang kotor karena terang.
But then, kalo minor begini berarti yang penting2 bagus kan?
How is it compared to other EVs?
1357572.jpg
Mobil ini harusnya sekelas Cloud, Dolphin dan lain-lain. Tapi dibanding 2 mobil ini, jauh banget rasanya. Oke mereka menang interior space lebih gede, tapi lainnya disikat sama MG4.
Nah kalo dibandingin most NPC EV, si Ioniq 5?
Surprisingly, temen yang punya Ioniq nyobain ini beberapa bilang enakan MG4. Mereka bahkan ga nyangka harga semurah itu dapet mobil kayak gini. But then, harga ga boong, Ioniq punya fitur jauh lebih banyak dan space jauh lebih gede. Mobilnya juga lebih all in one, mau dibawa jalan2 lebih bisa, ada trouble pun bengkel Hyundai banyak.
Dibandingin Seal?
Intinya kalo Seal berasa mobilnya ga bisa imbangin powernya, MG4 kebalikan. Sasisnya bisa kenceng mobilnya mah ga kenceng2 amat.
Should you buy one? Absolutely.
1357564_0.jpg
Thank you!
Kl utk MG4 yg saya masih tanda tanya hanya 2 poin
1. Itu ground clearance pendek kan yah sekitar 115 mm ? Itu kalau lewat polisi tidur atau jalan lubang sering jedug gak ya? Sy malas kalau nyetir lewat poldur harus pelan2 banget supaya baterai di bawah gak kena pentok aspal haha
2. Itu bengkel resmi MG kan terbatas banget jumlahnya. Itu ke depannya akan nambah banyak lagi atau segitu2 aja? Males jg kl ada trouble harus derek jauh2 ke dealer entah di mana
Mohon infonya yah om. Thx
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 509
- Joined: 21 Jul 2011, 12:44
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
wah nice review om, emang ga salah sih mg4 ev one of finest on its range. Berulang kali sy nyetir punya kakak kebetulan ambil yg warnanya sama, sampe bgung ini harga sgini dpt bgini .... bener ketagihan pakainya, sampe2 dipake ke Sragen. Minusnya ini road noise berisik dan suspensi blkang agak keras, tp plusnya stabil, trus aura kabin gelap, eh lampu kabin hanya dikasi didepan aja jd rasanya kurang terang. Om TS beruntung bgt itu dpt yg CBU... mantab
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 536
- Joined: 07 Feb 2014, 16:46
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
GC 115 itu kalau muatan penuh (laden) kalau unladennya 150 mm. cuma ya memang cukup rendah dibanding yg lain. Paling bisa diakalin dengan ban lebih tinggi.mobilover wrote: ↑24 Jun 2024, 14:51
Nice review om. Bagus utk yg lagi mempertimbangkan mobil listrik pertama seperti saya ahaha
Kl utk MG4 yg saya masih tanda tanya hanya 2 poin
1. Itu ground clearance pendek kan yah sekitar 115 mm ? Itu kalau lewat polisi tidur atau jalan lubang sering jedug gak ya? Sy malas kalau nyetir lewat poldur harus pelan2 banget supaya baterai di bawah gak kena pentok aspal haha
2. Itu bengkel resmi MG kan terbatas banget jumlahnya. Itu ke depannya akan nambah banyak lagi atau segitu2 aja? Males jg kl ada trouble harus derek jauh2 ke dealer entah di mana
Mohon infonya yah om. Thx
- gils
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 537
- Joined: 04 Jun 2013, 01:49
- Location: Jakarta-Bandung (via Tol)
- Daily Vehicle: 2009 Toyota Vellfire
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Congraaats om...
Sepupu baru beli mobil ini (warna biru nya cakep) , minggu lalu dia main kerumah saya bawa mobil nya. Saya coba muter komplek & masuk tol..Sukses bikin saya pingin jual HRV RU istri buat jadi DP MG ini, semoga di acc bini. Mana ada bank yang nawarin bunga 0% untuk kredit jangka waktu 1 atau 2 tahun gitu..
Sepupu saya mobil nya f30 dan MG ini, katanya sekarang lebih sering pakai MG nya ini, hahaha..
Btw kata sepupu sy dia dapat disc 10jt, betul sdh ada disc ya oom?
Sepupu baru beli mobil ini (warna biru nya cakep) , minggu lalu dia main kerumah saya bawa mobil nya. Saya coba muter komplek & masuk tol..Sukses bikin saya pingin jual HRV RU istri buat jadi DP MG ini, semoga di acc bini. Mana ada bank yang nawarin bunga 0% untuk kredit jangka waktu 1 atau 2 tahun gitu..
Sepupu saya mobil nya f30 dan MG ini, katanya sekarang lebih sering pakai MG nya ini, hahaha..
Btw kata sepupu sy dia dapat disc 10jt, betul sdh ada disc ya oom?
For everything, there is a season, there is a reason...
2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3753
- Joined: 10 Aug 2015, 20:13
- Location: Jakarta
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Kok bs dpt cbu harga ckd om, ngiri hahahaha
Nambahin minusnya (subjective) spoiler belakang jelek, trus jd water trap kalo nyuci. Sebagai orng yg nyuci mbl sendiri gw sebel asal abis keringin mobil tuh aer ga lama netes2 lg ke kaca belakang dari gap spoiler di tengah.
Mengenai driving mode segala ane sih set tombol favourite di stir kiri kanan driving mode sama regenerativenya om. Karena tiap start mesin bakalan ke reset jd regenerative selalu set ke 1. Not a fan of regenerative braking.
All in all 99% setuju ma om sherry, ni mbl emang worth banget bwat ukuran 400 kecil.
Nambahin minusnya (subjective) spoiler belakang jelek, trus jd water trap kalo nyuci. Sebagai orng yg nyuci mbl sendiri gw sebel asal abis keringin mobil tuh aer ga lama netes2 lg ke kaca belakang dari gap spoiler di tengah.
Mengenai driving mode segala ane sih set tombol favourite di stir kiri kanan driving mode sama regenerativenya om. Karena tiap start mesin bakalan ke reset jd regenerative selalu set ke 1. Not a fan of regenerative braking.
All in all 99% setuju ma om sherry, ni mbl emang worth banget bwat ukuran 400 kecil.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 527
- Joined: 02 Jan 2016, 18:03
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Konsumsi bensin...eh.... listrik-nya berapa ya oom ?, kalo body enteng mestinya 1:7 keatas ya ?.
Sayang ndak ada one pedal drive ya ?, atau one pedal drive bukan filosofi EV Tiongkok...
Kalo bengkel, dah pake Ioniq dah 2 tahun ini sih kalo urusan drivetrain bengkel ndak butuh2 banget. EV kalo ndak katastropik dan selama pabrikan mau rajin2 upgrade software & recall komponen si ndak butuh bengkel koq
BTW, beda CBU ama CKD ada dimana sih ?
Sayang ndak ada one pedal drive ya ?, atau one pedal drive bukan filosofi EV Tiongkok...
Kalo bengkel, dah pake Ioniq dah 2 tahun ini sih kalo urusan drivetrain bengkel ndak butuh2 banget. EV kalo ndak katastropik dan selama pabrikan mau rajin2 upgrade software & recall komponen si ndak butuh bengkel koq
BTW, beda CBU ama CKD ada dimana sih ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7607
- Joined: 07 Dec 2012, 10:22
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
kalo bisa punya** EV di indo itu (mnrt sy) udah bonus banget (hebat)
**beli/sewa/ketitipan-yg punya lupa
krn mnrt sy lg jgn beli EV di negara yg ga ada listriknya (anggep aja gitu)
jgn lagi beli mobil bertungku di negara ga ada bensin nya
**beli/sewa/ketitipan-yg punya lupa
krn mnrt sy lg jgn beli EV di negara yg ga ada listriknya (anggep aja gitu)
jgn lagi beli mobil bertungku di negara ga ada bensin nya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 787
- Joined: 02 Feb 2015, 10:47
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Kalau dibandingkan MG4 dan Cherry Omoda E5 itu gimana ya?
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
- darrelund
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2293
- Joined: 04 Jun 2018, 20:35
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4795
- Joined: 09 Oct 2016, 22:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
nice review om, termasuk value for money dikelasnya + desainnya juga cukup baik menurut saya hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 275
- Joined: 22 Nov 2018, 21:39
- Location: Jakarta
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Congrats untuk mobil barunya Om, mantap reviewnya.
Secara desain mobilnya futuristik banget, karena penasaran habis baca thread ini lgs liat websitenya MG Indonesia dan baru notice ternyata Maxus 9 itu brand MG juga. 2 minggu lalu kebetulan tugas Kantor ke HK, disana banyak Maxus 9 yg seliweran di jalan. Modelnya proper dan tampilan luar berwibawa seperti alphard.
Secara desain mobilnya futuristik banget, karena penasaran habis baca thread ini lgs liat websitenya MG Indonesia dan baru notice ternyata Maxus 9 itu brand MG juga. 2 minggu lalu kebetulan tugas Kantor ke HK, disana banyak Maxus 9 yg seliweran di jalan. Modelnya proper dan tampilan luar berwibawa seperti alphard.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 544
- Joined: 27 Apr 2005, 16:47
- Location: jakarta
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
keren reviewnya. saya juga sangat tertarik sama MG4 ini - bukan karena modelnya (tlalu sporty utk ukurang saya), tapi karena mobil ini desain dan engineeringnya ada campur tangan eropa nya. walau bukan eropa yg superior macam volvo atau merk jerman. jadi ada kesan eropa2nya hahha.
n diconfirm sama om sherryandkez kan bahwa emg terasa eropa steering handling dan suspensinya.
saya cm pernah tes duduk di kokas, itu jok emg enak banget lekuknya pas duduk depan belakang. cm space di belakang agak2 sempit.
tanya donk om : itu garansi lifetime nya dapet sertifikat? ada syarat ketentuan persentase battery health nya ga utk klaim baterai?
soalnya di wuling, itu ga jelas banget ketentuan lifetime warrantynya, akan diganti di persentase battery health berapa...
secara klo dilihat diluaran mobil ev tua kaya leaf itu mobil tetap masih bs jalan dengan baterai awal tp range yg sangat terbatas (cm bs jalan 10-20 km)
n diconfirm sama om sherryandkez kan bahwa emg terasa eropa steering handling dan suspensinya.
saya cm pernah tes duduk di kokas, itu jok emg enak banget lekuknya pas duduk depan belakang. cm space di belakang agak2 sempit.
tanya donk om : itu garansi lifetime nya dapet sertifikat? ada syarat ketentuan persentase battery health nya ga utk klaim baterai?
soalnya di wuling, itu ga jelas banget ketentuan lifetime warrantynya, akan diganti di persentase battery health berapa...
secara klo dilihat diluaran mobil ev tua kaya leaf itu mobil tetap masih bs jalan dengan baterai awal tp range yg sangat terbatas (cm bs jalan 10-20 km)
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1671
- Joined: 22 Mar 2021, 06:59
- Location: Indonesia
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
dari line up MG, saya paling tertarik sama MG HS facelift 2024 nya, 1500cc Turbo DCT, dan suspensi belakangnya multilink bukan torsion beam kyk HRV RS.
Interiornya lebih mewah juga.
Interiornya lebih mewah juga.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1659
- Joined: 26 Apr 2014, 11:42
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
bedanya CBU vs CKD apanya ya?
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 330
- Joined: 13 Mar 2022, 16:47
- Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - EH32 - W203
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
yuk om. enak ini dari kona baru, saya udah nyobain
1. ground clearance standar gak tau, harusnya sih ga mentok ya. mobil cuma standar sehari soalnya hehemobilover wrote: ↑24 Jun 2024, 14:51 Nice review om. Bagus utk yg lagi mempertimbangkan mobil listrik pertama seperti saya ahaha
Kl utk MG4 yg saya masih tanda tanya hanya 2 poin
1. Itu ground clearance pendek kan yah sekitar 115 mm ? Itu kalau lewat polisi tidur atau jalan lubang sering jedug gak ya? Sy malas kalau nyetir lewat poldur harus pelan2 banget supaya baterai di bawah gak kena pentok aspal haha
2. Itu bengkel resmi MG kan terbatas banget jumlahnya. Itu ke depannya akan nambah banyak lagi atau segitu2 aja? Males jg kl ada trouble harus derek jauh2 ke dealer entah di mana
Mohon infonya yah om. Thx
punya saya ga mentok udah pake velg 18" naik 2 cm
2. masih akan nambah terus om, andalan mau buka di puri dan scbd, premium buka di fatmawati
oh iya road noise lumayan ganggu sih om, dari angin terutama. suspensi empuk sih (abis ganti ban )glendotan wrote: ↑24 Jun 2024, 14:56 wah nice review om, emang ga salah sih mg4 ev one of finest on its range. Berulang kali sy nyetir punya kakak kebetulan ambil yg warnanya sama, sampe bgung ini harga sgini dpt bgini .... bener ketagihan pakainya, sampe2 dipake ke Sragen. Minusnya ini road noise berisik dan suspensi blkang agak keras, tp plusnya stabil, trus aura kabin gelap, eh lampu kabin hanya dikasi didepan aja jd rasanya kurang terang. Om TS beruntung bgt itu dpt yg CBU... mantab
lampu kabin kayanya enak dipasangin ambient light
gas jual om, ga ada mbl harga segini seenak ini. rasanya mirip F30 sih om, cuma ini jauh lebih tail happygils wrote: ↑24 Jun 2024, 15:58 Congraaats om...
Sepupu baru beli mobil ini (warna biru nya cakep) , minggu lalu dia main kerumah saya bawa mobil nya. Saya coba muter komplek & masuk tol..Sukses bikin saya pingin jual HRV RU istri buat jadi DP MG ini, semoga di acc bini. Mana ada bank yang nawarin bunga 0% untuk kredit jangka waktu 1 atau 2 tahun gitu..
Sepupu saya mobil nya f30 dan MG ini, katanya sekarang lebih sering pakai MG nya ini, hahaha..
Btw kata sepupu sy dia dapat disc 10jt, betul sdh ada disc ya oom?
diskon jadi 423 dari 433 om.
cbu harga ckd rahasianya ordal omkendibocor wrote: ↑24 Jun 2024, 16:16 Kok bs dpt cbu harga ckd om, ngiri hahahaha
Nambahin minusnya (subjective) spoiler belakang jelek, trus jd water trap kalo nyuci. Sebagai orng yg nyuci mbl sendiri gw sebel asal abis keringin mobil tuh aer ga lama netes2 lg ke kaca belakang dari gap spoiler di tengah.
Mengenai driving mode segala ane sih set tombol favourite di stir kiri kanan driving mode sama regenerativenya om. Karena tiap start mesin bakalan ke reset jd regenerative selalu set ke 1. Not a fan of regenerative braking.
All in all 99% setuju ma om sherry, ni mbl emang worth banget bwat ukuran 400 kecil.
spoiler sih saya demen, selera yaa. driving mode ga bisa nih pindah ke steer buat yang cbu, jadinya kanan aja buat ac kirinya buat buka menu. regen pake adaptive aja om jd natural rasanya.
btw om kendi ada di grup wa MG4?
so far di angka 1:7 om, kalo irit banget bisa 1:10. one pedal driving harus update lagi om, softwarenya belum masuk indo.Bibieight wrote: ↑24 Jun 2024, 16:42 Konsumsi bensin...eh.... listrik-nya berapa ya oom ?, kalo body enteng mestinya 1:7 keatas ya ?.
Sayang ndak ada one pedal drive ya ?, atau one pedal drive bukan filosofi EV Tiongkok...
Kalo bengkel, dah pake Ioniq dah 2 tahun ini sih kalo urusan drivetrain bengkel ndak butuh2 banget. EV kalo ndak katastropik dan selama pabrikan mau rajin2 upgrade software & recall komponen si ndak butuh bengkel koq
BTW, beda CBU ama CKD ada dimana sih ?
CBU CKD bedanya yang keliatan di interior om, CBU ivory CKD black. sebenernya banyak bedanya lagi om.. tapi off the record deh
suwun om NR, sudah komen di tret receh ini.. so far aman om, belum ada kendala terkait isi listrik. PLN aja yang rese masang home charging belum kelar2.
beda kelas om. Omoda lebih tinggi. but trust me, enakan MG4.
bakal masuk juga itu om, tunggu aja.Iriawans wrote: ↑25 Jun 2024, 07:48 Congrats untuk mobil barunya Om, mantap reviewnya.
Secara desain mobilnya futuristik banget, karena penasaran habis baca thread ini lgs liat websitenya MG Indonesia dan baru notice ternyata Maxus 9 itu brand MG juga. 2 minggu lalu kebetulan tugas Kantor ke HK, disana banyak Maxus 9 yg seliweran di jalan. Modelnya proper dan tampilan luar berwibawa seperti alphard.
belakangnya sempit sih om kalo yang duduk depan rakus space (saya ) kalo orang normal aman.the-mantal wrote: ↑25 Jun 2024, 09:45 keren reviewnya. saya juga sangat tertarik sama MG4 ini - bukan karena modelnya (tlalu sporty utk ukurang saya), tapi karena mobil ini desain dan engineeringnya ada campur tangan eropa nya. walau bukan eropa yg superior macam volvo atau merk jerman. jadi ada kesan eropa2nya hahha.
n diconfirm sama om sherryandkez kan bahwa emg terasa eropa steering handling dan suspensinya.
saya cm pernah tes duduk di kokas, itu jok emg enak banget lekuknya pas duduk depan belakang. cm space di belakang agak2 sempit.
tanya donk om : itu garansi lifetime nya dapet sertifikat? ada syarat ketentuan persentase battery health nya ga utk klaim baterai?
soalnya di wuling, itu ga jelas banget ketentuan lifetime warrantynya, akan diganti di persentase battery health berapa...
secara klo dilihat diluaran mobil ev tua kaya leaf itu mobil tetap masih bs jalan dengan baterai awal tp range yg sangat terbatas (cm bs jalan 10-20 km)
garansi lifetime ada beberapa di grup MG4 dapet surat edaran dari dealer, dari ATPM, etc. kalo saya pegang service bulletin nya buat dealer. setau saya ga ada om, tapi kalo udah diukur jelek SoH nya.. harusnya diganti.
wuling emang begitu om
yang terlihat interior ivory vs black, UI head unit..
yang tidak terlihat : banyak
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
- mobilover
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 843
- Joined: 15 Jul 2013, 09:40
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Wah kl dapat info begini dari om, jadi serem dong ambil yg CKD. Banyak sunatannya dibanding versi CBU? Nanti malah lebih inferior dong produknya haha
Isu2nya MG mau keluarin MG4 X power, versi kencengnya dr MG4 ini. Misalkan harga jualnya 500 juta, mnrt om lbh menarik yg MG4 ini atau yg versi X power ya?
Isu2nya MG mau keluarin MG4 X power, versi kencengnya dr MG4 ini. Misalkan harga jualnya 500 juta, mnrt om lbh menarik yg MG4 ini atau yg versi X power ya?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: 05 Nov 2023, 15:10
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2012 Mazda 2
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Ini sih yang aga gimana2, bedanya signifikan bgt ato gasherryandkez wrote: ↑27 Jun 2024, 13:54
yang terlihat interior ivory vs black, UI head unit..
yang tidak terlihat : banyak
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 191
- Joined: 25 Jun 2018, 13:57
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Nice review om sukses bikin penasaran sm MG4,
kbtln lagi research2 jg buat rencana mau pensiunin cx5 ane buat peremajaan, cukup dulu sm mazda kl ini
nyari yg budget 400 an biar ga nombok bnyk, sejauh ini plg realistis zenix G hybrid
tp masi blm rela takutnya kecewa BQ nya hehe. kepingin cari alternatif lain jg.
Penasaran jg klo yg ckd refinementnya gmn terutama kyk UI head unit
Pengalaman sm MG cmn pas rental MG HS di OZ, nyaman sih mobilnya cmn bbrp hal masih berasa unrefined (dct, UI lemot)
kbtln lagi research2 jg buat rencana mau pensiunin cx5 ane buat peremajaan, cukup dulu sm mazda kl ini
nyari yg budget 400 an biar ga nombok bnyk, sejauh ini plg realistis zenix G hybrid
tp masi blm rela takutnya kecewa BQ nya hehe. kepingin cari alternatif lain jg.
Penasaran jg klo yg ckd refinementnya gmn terutama kyk UI head unit
Pengalaman sm MG cmn pas rental MG HS di OZ, nyaman sih mobilnya cmn bbrp hal masih berasa unrefined (dct, UI lemot)
E36 Parts for sale - https://tinyurl.com/5d5r2wyk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1281
- Joined: 24 Aug 2015, 12:06
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Dr cx5 ke zenix G sih kayaknya nyesel om, kl interior BQ jadi patokanDevourer wrote: ↑27 Jun 2024, 14:45 Nice review om sukses bikin penasaran sm MG4,
kbtln lagi research2 jg buat rencana mau pensiunin cx5 ane buat peremajaan, cukup dulu sm mazda kl ini
nyari yg budget 400 an biar ga nombok bnyk, sejauh ini plg realistis zenix G hybrid
tp masi blm rela takutnya kecewa BQ nya hehe. kepingin cari alternatif lain jg.
Penasaran jg klo yg ckd refinementnya gmn terutama kyk UI head unit
Pengalaman sm MG cmn pas rental MG HS di OZ, nyaman sih mobilnya cmn bbrp hal masih berasa unrefined (dct, UI lemot)
Yg uda pasti bikin hepi di FC nya aja kl ganti zenix dr cx5
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 191
- Joined: 25 Jun 2018, 13:57
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Nah iya om kebetulan ngejarnya salah satunya FC sama tenaga nyari yg mirip atau diatas cx5kenop wrote: ↑27 Jun 2024, 14:53Dr cx5 ke zenix G sih kayaknya nyesel om, kl interior BQ jadi patokanDevourer wrote: ↑27 Jun 2024, 14:45 Nice review om sukses bikin penasaran sm MG4,
kbtln lagi research2 jg buat rencana mau pensiunin cx5 ane buat peremajaan, cukup dulu sm mazda kl ini
nyari yg budget 400 an biar ga nombok bnyk, sejauh ini plg realistis zenix G hybrid
tp masi blm rela takutnya kecewa BQ nya hehe. kepingin cari alternatif lain jg.
Penasaran jg klo yg ckd refinementnya gmn terutama kyk UI head unit
Pengalaman sm MG cmn pas rental MG HS di OZ, nyaman sih mobilnya cmn bbrp hal masih berasa unrefined (dct, UI lemot)
Yg uda pasti bikin hepi di FC nya aja kl ganti zenix dr cx5
Emang sih beli zenix ibaratnya beli mesin sama chassis TNGA nya aja
E36 Parts for sale - https://tinyurl.com/5d5r2wyk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4795
- Joined: 09 Oct 2016, 22:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
kebetulan saya ex user cx5 2 generasi (2013 & 2018), crv 3 generasi (2005,2010,2019) & sekarang user AN Voxy 90 2023 yg drivetrain sm transmisinya mirip zenix bensin sm udh pernah td zenix g hybrid jg.Devourer wrote: ↑27 Jun 2024, 14:45 Nice review om sukses bikin penasaran sm MG4,
kbtln lagi research2 jg buat rencana mau pensiunin cx5 ane buat peremajaan, cukup dulu sm mazda kl ini
nyari yg budget 400 an biar ga nombok bnyk, sejauh ini plg realistis zenix G hybrid
tp masi blm rela takutnya kecewa BQ nya hehe. kepingin cari alternatif lain jg.
Penasaran jg klo yg ckd refinementnya gmn terutama kyk UI head unit
Pengalaman sm MG cmn pas rental MG HS di OZ, nyaman sih mobilnya cmn bbrp hal masih berasa unrefined (dct, UI lemot)
kalo ga butuh2 amat 7 seater sm cari hybridnya buat saya big no. selain bq, banyak hal yg emg bakal downgrade dari cx5. saya aja dari crv ke zenix aja buat saya banyak yg downgrade, apalagi dari cx5 hehehe. 400an ya kalo baru saya bakal pick HRV atau CX3. kalo seken ya saya bakal pick reborn v or venturer diesel at, ANF VRZ or ANPS Dakar. atau kalo monokok, saya bakal pick T32, CX5 gen 2 atau CRV turbo. semua mobil yg saya sebutin lebih enak dari segala sisi dibanding zenix baru menurut saya pribadi. kecuali emg om nya ga musingin BQ yg emg bakal downgrade parah dari CX5. gausah sm cx5 deh. sm gnki & reborn aja zenix ini paling payah kok (kebetulan saya dulu pernah miara GNKI 2.0 V AT 2014 & ANKI 2.4 G AT 2018)
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4795
- Joined: 09 Oct 2016, 22:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
kalo fc iya , apalagi buat dalkotnya. tp kalo cari tenaga emg setara or mirip kaya cx5. buat saya big no. dijamin nggak bakal sesuai ekspektasi kalo cari poin ke 2. budget segitu yg emg memenuhi kriteria ke 2 buat saya paling beli seken. either cx5 gen 2 atau hyundai santa fe TM or merek eropa sekalian kaya X3/X5 hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2863
- Joined: 03 Jul 2013, 13:23
- Location: Indonesia
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Yaaaa udah jadi rahasia umum seh om.. cbu vs ckd apapun
Cuman balik lg selama full warranty coverage (even ckd) ya pake aj sampe purnawirawan mobilnya
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 18 Replies
- 10416 Views
-
Last post by paidjho
-
- 57 Replies
- 2509 Views
-
Last post by KielConstantine
-
- 42 Replies
- 12405 Views
-
Last post by EdgarDrake
-
- 47 Replies
- 11327 Views
-
Last post by Veyron
-
- 33 Replies
- 6981 Views
-
Last post by whitehorse4
-
- 129 Replies
- 26822 Views
-
Last post by gbwhatsappsite
-
- 117 Replies
- 18793 Views
-
Last post by hotoriii
-
- 43 Replies
- 10708 Views
-
Last post by KSG88
-
- 11 Replies
- 3777 Views
-
Last post by ciando
-
- 60 Replies
- 9213 Views
-
Last post by faizzz