2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 410
Joined: 19 Jul 2018, 12:30

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by fansdiesel »

Ngeliat creta remuk ditimpa kontainer jadi mikir pentingnya roof strength...bos Alfamart juga rip naik palisade remuk ketimpa kontener
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16525
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by ChZ »

laksanice wrote: 14 Jun 2024, 11:18 ada group owners yang sharing2 mengenai Civic fe ga ya?Rata2 grp yang di FB itu malah posing jual beli mobil.
keknya dia udah sama kayak fenomena F30 ke G20, grup komunitas G20 juga gak banyak. emang pergeseran konsumennya berasa sih :big_bored:
darrelund wrote: 14 Jun 2024, 21:41
F30 sasisnya ga serigid sipik mbah, kurang lahhhh

oe aja pingin FL5 meski mahal jg, ttp gmn juga klo liat aslinya auranya beda um. galak

civic FE bekasnya jg masi nahan, 2022 masih 500an, cuma ya sepet jg liat barunya di jkt aja 616jt (excl disc), masda 3 aja 560an
wakakakk dari zaman FK/FC banyak yg bilang sasisnya lebih bagus dari F30 sih. ga kaleng2 emang si ahond bikin sasis.

sbenernya depresiasinya cukup gede ini FE1. tahun 2023 aja ada yang buka 500 kecil padahal OTR sudah segitu.
AbdulHakim wrote: 15 Jun 2024, 08:50 tetangga punya ini Civic FE, gak gimana-gimana amat siy saya lihatnya.
di sini kyk bombastis banget glorified econobox satu ini hehe
jangan diliat um coba dulu tapi kl cuma muter komplek ya ga berasa emang :ungg:

lbh glorified innova si om :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
laksanice
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 20 May 2024, 09:43

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by laksanice »

sadd..kebanyakan dapet infonya dari grp malay kalau ga thai.

bentar lagi giias tuh om.cuba aja duduk glorified econobox ini haha.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2417
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by darrelund »

laksanice wrote: 15 Jun 2024, 12:16 sadd..kebanyakan dapet infonya dari grp malay kalau ga thai.

bentar lagi giias tuh om.cuba aja duduk glorified econobox ini haha.
econobox negara maju um, atau setidaknya yg ga gurem kyk disini lah :big_biglaugh:

sebenernya ya kualitas interiornya ya B aja, jauh ama masda 3 mah

cuma yg bikin memaafkan itu ukuran row 2 & bagasinya :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2417
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by darrelund »

ChZ wrote: 15 Jun 2024, 09:47
wakakakk dari zaman FK/FC banyak yg bilang sasisnya lebih bagus dari F30 sih. ga kaleng2 emang si ahond bikin sasis.

sbenernya depresiasinya cukup gede ini FE1. tahun 2023 aja ada yang buka 500 kecil padahal OTR sudah segitu.
bajetnya abis di sasis mbah, coba kl belakangnya pake TB. mungkin kualitas & refinementnya lebih oke :big_weee:

ud naek mbah hargana, ud ga dapet 500 kecil kyk taon lalu :big_biglaugh:

bekas harganya beti ama gress baru + disc :big_biglaugh:
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by Jenson »

AbdulHakim wrote: 15 Jun 2024, 08:50 tetangga punya ini Civic FE, gak gimana-gimana amat siy saya lihatnya.
di sini kyk bombastis banget glorified econobox satu ini hehe
Wkwkwk ane jd salah satunya om. Dulu ngehujat si ahond, bilang bikin mobil jelek bener mundur dr FK. Eh abis nyobain, jilat ludah sendiri ampe spk :big_biglaugh: Boleh lah ini, poor man's G20.Konon saya ad baca artikel dmna blg benchmark nihonjin design ini adalah Audi A4, mgkin itu jd alasan knpa dbawa maupun disetirin mnrt pantat saya enak ini mobil
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2417
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by darrelund »

iamwewe wrote: 12 Jun 2024, 11:30
anyway, ada beberapa civic FE yg ubah bumper depannya jadi bumper depan type R, dan ini keren banget. lsg merubah tampilan mobilnya. agresif banget, tapi tetep mature diimbangi sama design tarikan body sampingnya. cuma kayanya foglampnya jadi nggak kepake.
terlampir mbah

ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 597
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by ariswp »

darrelund wrote: 16 Jun 2024, 12:01
iamwewe wrote: 12 Jun 2024, 11:30
anyway, ada beberapa civic FE yg ubah bumper depannya jadi bumper depan type R, dan ini keren banget. lsg merubah tampilan mobilnya. agresif banget, tapi tetep mature diimbangi sama design tarikan body sampingnya. cuma kayanya foglampnya jadi nggak kepake.
terlampir mbah

Om mau tanya, treatment HHO itu seperti apa ya?
Apakah lebih efektif ketimbang gurah mesin seperti biasa yg model masukin cairan di lubang busi terus disedot lagi
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
laksanice
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 20 May 2024, 09:43

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by laksanice »

ground clearancenya jadi brp ya kalau pake bodykit type rkhawatir gasruk.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1138
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by iamwewe »

darrelund wrote: 16 Jun 2024, 12:01

terlampir mbah

nah iya salah satunya gini. gak pernah liat yg warna hitam sih di jalan, pernahnya liat merah dan putih :mky_02:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16525
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by ChZ »

darrelund wrote: 16 Jun 2024, 00:24
laksanice wrote: 15 Jun 2024, 12:16 sadd..kebanyakan dapet infonya dari grp malay kalau ga thai.

bentar lagi giias tuh om.cuba aja duduk glorified econobox ini haha.
econobox negara maju um, atau setidaknya yg ga gurem kyk disini lah :big_biglaugh:

sebenernya ya kualitas interiornya ya B aja, jauh ama masda 3 mah

cuma yg bikin memaafkan itu ukuran row 2 & bagasinya :big_biglaugh:
kalo dibandingin sama FK4 / FC1, interior FE1 sih bikin ngiri. ya refinement ala honda sih tetep ada some parts yang kesannya fragile tapi ningkat jauh.

macem bandingin Golf MK6 ke MK7. emang keliatan mau naik kelas
darrelund wrote: 16 Jun 2024, 00:26
bajetnya abis di sasis mbah, coba kl belakangnya pake TB. mungkin kualitas & refinementnya lebih oke :big_weee:

ud naek mbah hargana, ud ga dapet 500 kecil kyk taon lalu :big_biglaugh:

bekas harganya beti ama gress baru + disc :big_biglaugh:
engineering H itu emang mejik sih taunya kalo udah nyetir. orang luar yg punya fasilitas lengkap buat ngetes aja puji2 sasis H bahkan compared ke hatchback eropa kelas VW Golf dan Focus yang pake AWD, CTR tetep dibilang paling enak disetir di track meskipun drag ketinggalan jauh (yaiyalah, AWD, CTR kalah di start FWD manual gimana gak struggle tractionnya bahkan FL5 aja msh struggle kalo aspalnya jelek wkwkkkw).

iya, seken 2022 aja udah drop ke 400 something kayaknya ditawar 450 dapet lah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16525
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by ChZ »

Jenson wrote: 16 Jun 2024, 00:41
AbdulHakim wrote: 15 Jun 2024, 08:50 tetangga punya ini Civic FE, gak gimana-gimana amat siy saya lihatnya.
di sini kyk bombastis banget glorified econobox satu ini hehe
Wkwkwk ane jd salah satunya om. Dulu ngehujat si ahond, bilang bikin mobil jelek bener mundur dr FK. Eh abis nyobain, jilat ludah sendiri ampe spk :big_biglaugh: Boleh lah ini, poor man's G20.Konon saya ad baca artikel dmna blg benchmark nihonjin design ini adalah Audi A4, mgkin itu jd alasan knpa dbawa maupun disetirin mnrt pantat saya enak ini mobil
saya yang skeptis aja rada kegocek om, pricingnya aja kaga masuk, kalo masuk udh sikat :mky_03: tp kelihatan H itu sebenernya benchmarking udah geser dari BMW (90s) ke audi (2012 up) karena demografi konsumennya 11-12 dengan pembeli volkswagen/audi yg lebih ke family car. ngejar ke drivability and safety daripada fun to drive yang pasarnya ud dibabat mazda anyway. org bilang kehilangan soul tapi ya ini necessary survival effort krn honda bukan perush dgn logistik gede macem VW group sampe harus berapa kali shutdown keikutsertaan di F1 tiap habis ngembangin teknologi baru liat aja siklusnya :mky_03:

pricingnya saat ini lebih masuk akort diskon 80 juta dan msh negotiable dari 788juta. bisa dapet di 700 kecil dan ud rasain refinement accord CV1 naik kelasnya jauh dari honda honda lain :mky_03:

FE1 yah udah bs dibilang 70-80% nya accord CV alias accord CV but smaller with less insulation :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1138
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by iamwewe »

ChZ wrote: 18 Jun 2024, 09:21
Jenson wrote: 16 Jun 2024, 00:41
AbdulHakim wrote: 15 Jun 2024, 08:50 tetangga punya ini Civic FE, gak gimana-gimana amat siy saya lihatnya.
di sini kyk bombastis banget glorified econobox satu ini hehe
Wkwkwk ane jd salah satunya om. Dulu ngehujat si ahond, bilang bikin mobil jelek bener mundur dr FK. Eh abis nyobain, jilat ludah sendiri ampe spk :big_biglaugh: Boleh lah ini, poor man's G20.Konon saya ad baca artikel dmna blg benchmark nihonjin design ini adalah Audi A4, mgkin itu jd alasan knpa dbawa maupun disetirin mnrt pantat saya enak ini mobil
saya yang skeptis aja rada kegocek om, pricingnya aja kaga masuk, kalo masuk udh sikat :mky_03: tp kelihatan H itu sebenernya benchmarking udah geser dari BMW (90s) ke audi (2012 up) karena demografi konsumennya 11-12 dengan pembeli volkswagen/audi yg lebih ke family car. ngejar ke drivability and safety daripada fun to drive yang pasarnya ud dibabat mazda anyway. org bilang kehilangan soul tapi ya ini necessary survival effort krn honda bukan perush dgn logistik gede macem VW group sampe harus berapa kali shutdown keikutsertaan di F1 tiap habis ngembangin teknologi baru liat aja siklusnya :mky_03:

pricingnya saat ini lebih masuk akort diskon 80 juta dan msh negotiable dari 788juta. bisa dapet di 700 kecil dan ud rasain refinement accord CV1 naik kelasnya jauh dari honda honda lain :mky_03:

FE1 yah udah bs dibilang 70-80% nya accord CV alias accord CV but smaller with less insulation :mky_03:
mendingan tunggu civic facelift aja gk sih. feeling sih bakal masuk nih yg hybrid 200hp torq 315nm. bayangin aja, di mobil sekecil ini dikasih torq kaya gitu, dan di dapet dari batre juga kan hrsnya lbh instan. enak nih kalo dibabat lini sedan cuma hybrid only kaya si accord.

chasis dan peredaman juga dapet improvement yg sangat kerasa. smalem baru aja ntn ripiwnya di straightpipes
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16525
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 18 Jun 2024, 10:01 mendingan tunggu civic facelift aja gk sih. feeling sih bakal masuk nih yg hybrid 200hp torq 315nm. bayangin aja, di mobil sekecil ini dikasih torq kaya gitu, dan di dapet dari batre juga kan hrsnya lbh instan. enak nih kalo dibabat lini sedan cuma hybrid only kaya si accord.

chasis dan peredaman juga dapet improvement yg sangat kerasa. smalem baru aja ntn ripiwnya di straightpipes
wah saya kalo hibrit gak tertarik mbah, soalnya hibrit torsi max nya itu sangat bergantung pada cuaca dan kondisi % battery kalo ud lowbatt pasti dilimit dari system biar batterynya gak deplete. ud gitu mesin 2.0 liter atkinson cycle raw powernya ngga besar jadi ga bisa bantu backup saat full throttle batre udah depleted kecuali mesin bawaan raw power sudah 180 hp lebih dan bukan atkinson engine.

udah cobain CRV hybrid ya kerasa enak buat nyodok dalem kota tp kalo buat spirited driver suka skali2 ngetes top speed terakhir liat di carm*di top speednya kalah ma 1.5 turbo mana 150 naiknya udah berat :ungg: buat mobil rate 200 hp ke atas saya agak ngejer top speed krn speed segitu gampang diraih dgn tenaga 190-200 hp lebih.

paling ane mau upgrade ke akort 1.5T CV1 aja mbah, lbh make sense segala sisi nyari seken jg harganya cukup drop :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: 21 Dec 2021, 00:17

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by ExorT »

ChZ wrote: 18 Jun 2024, 10:10
wah saya kalo hibrit gak tertarik mbah, soalnya hibrit torsi max nya itu sangat bergantung pada cuaca dan kondisi % battery kalo ud lowbatt pasti dilimit dari system biar batterynya gak deplete. ud gitu mesin 2.0 liter atkinson cycle raw powernya ngga besar jadi ga bisa bantu backup saat full throttle batre udah depleted kecuali mesin bawaan raw power sudah 180 hp lebih dan bukan atkinson engine.

udah cobain CRV hybrid ya kerasa enak buat nyodok dalem kota tp kalo buat spirited driver suka skali2 ngetes top speed terakhir liat di carm*di top speednya kalah ma 1.5 turbo mana 150 naiknya udah berat :ungg: buat mobil rate 200 hp ke atas saya agak ngejer top speed krn speed segitu gampang diraih dgn tenaga 190-200 hp lebih.

paling ane mau upgrade ke akort 1.5T CV1 aja mbah, lbh make sense segala sisi nyari seken jg harganya cukup drop :mky_01:
Apa pernah bandingin CV1 dengan Camry Om? Kali-kali aja, camry lebih Oke :upss:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1138
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by iamwewe »

ChZ wrote: 18 Jun 2024, 10:10
wah saya kalo hibrit gak tertarik mbah, soalnya hibrit torsi max nya itu sangat bergantung pada cuaca dan kondisi % battery kalo ud lowbatt pasti dilimit dari system biar batterynya gak deplete. ud gitu mesin 2.0 liter atkinson cycle raw powernya ngga besar jadi ga bisa bantu backup saat full throttle batre udah depleted kecuali mesin bawaan raw power sudah 180 hp lebih dan bukan atkinson engine.

udah cobain CRV hybrid ya kerasa enak buat nyodok dalem kota tp kalo buat spirited driver suka skali2 ngetes top speed terakhir liat di carm*di top speednya kalah ma 1.5 turbo mana 150 naiknya udah berat :ungg: buat mobil rate 200 hp ke atas saya agak ngejer top speed krn speed segitu gampang diraih dgn tenaga 190-200 hp lebih.

paling ane mau upgrade ke akort 1.5T CV1 aja mbah, lbh make sense segala sisi nyari seken jg harganya cukup drop :mky_01:
yg saya bold ini, ini emang smua hybrid sistemnya gini?? kalo gk salah sistem hybrid tyt dan honda kan emang beda ya cara kerjanya. kalo toyota msh lbh paham baca nya daripada honda punya.
ExorT wrote: 18 Jun 2024, 10:58
Apa pernah bandingin CV1 dengan Camry Om? Kali-kali aja, camry lebih Oke :upss:
menarik nih tunggu responsnya om chz. all new camry facelift ini udh TNGA dan dapet mesin baru tuh, kalo gk salah 200ps udh kan ya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16525
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by ChZ »

ExorT wrote: 18 Jun 2024, 10:58 Apa pernah bandingin CV1 dengan Camry Om? Kali-kali aja, camry lebih Oke :upss:
Camry mesin dynamicforce nya setau saya oprekannya minim... NA high compression engine gini susah om. Skyactiv mau oprek jg mentok main IHE dan remap yg cuma gain 15%. Terus top end nya kurang jambak...

Ini pengalaman coba any skyactiv engine ya om yg jadi basis development mesin dynamicforce Toyota.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16525
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 18 Jun 2024, 11:17
yg saya bold ini, ini emang smua hybrid sistemnya gini?? kalo gk salah sistem hybrid tyt dan honda kan emang beda ya cara kerjanya. kalo toyota msh lbh paham baca nya daripada honda punya.


menarik nih tunggu responsnya om chz. all new camry facelift ini udh TNGA dan dapet mesin baru tuh, kalo gk salah 200ps udh kan ya.
Beda om makanya honda punya itu gak bs seirit toyota punya. Krn engine dan motor di e:HEV itu main powernya justru dari motor elektriknya makanya honda punya itu motor power nya sampe 184hp, combined 200 sekian... Jd dia ampir kayak nissan epower bedanya mesinnya baru nyala kalo batre abis atau butuh support power lebih. Udah hampir kaya full EV sih kalo di dalem kota ya.

Masalahnya dgn mau mengandalkan hampir semua pake motor, battery consumptionnya gede juga dan hybrid itu battery kan kecil bgt. Problemnya ampir sama kek kicks epower kalo high load usage jadi boros.

Toyota hybrid sih kalo udah top end hampir ga kepake motor listrik om... Wong zenix motornya cuma 20hp wkwkw.

Istilahnya

EV/nissan epower kan 100% motor power
E:HEV honda ya 70 motor 30 engine
Toyota hybrid 40 motor 60 engine.... Makanya corolla cross itu ya kalo lewat 100 gak lbh kenceng dari elcegece wong enginenya cuma 97hp wkwkwk.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2417
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by darrelund »

ChZ wrote: 18 Jun 2024, 09:16
kalo dibandingin sama FK4 / FC1, interior FE1 sih bikin ngiri. ya refinement ala honda sih tetep ada some parts yang kesannya fragile tapi ningkat jauh.

macem bandingin Golf MK6 ke MK7. emang keliatan mau naik kelas
analoginya tuh, civic kyk sneakers, masda 3 itu wedges/heels

emg lebih cakep, tapi enakan sneakers buat sehari hari :big_biglaugh:

setiap lihat dalamnya civic, oe masih amaze aja. bukan krn kualitas, tapi honda pinter packagingnye. bisa ya bagasi ama row 2 segede gitu :big_biglaugh:

mobil segede civic tapi rasa interiornya kyk 2x size mobilnya, meski gada sanrup tapi ga claustropobic

yah walopun packagingnya oonda skrg, ga seajaib oonda jaman dulu.slah satu yg lucu tuh hrv gen 1, beli mobil dapet meja lipet :big_biglaugh:
engineering H itu emang mejik sih taunya kalo udah nyetir. orang luar yg punya fasilitas lengkap buat ngetes aja puji2 sasis H bahkan compared ke hatchback eropa kelas VW Golf dan Focus yang pake AWD, CTR tetep dibilang paling enak disetir di track meskipun drag ketinggalan jauh (yaiyalah, AWD, CTR kalah di start FWD manual gimana gak struggle tractionnya bahkan FL5 aja msh struggle kalo aspalnya jelek wkwkkkw).

iya, seken 2022 aja udah drop ke 400 something kayaknya ditawar 450 dapet lah.
krn honda udah dapet formulanya mbah, ga kyk masda masih cari jati diri yg sebnernya. ditambah emg civic biasa kan disiapin buat CTR juga, ngaruh lah :big_biglaugh:

klo lihat presentasi type R, ama civic biasa jg ga signifikan perbedaannya, paling beda di welding, lem ama bracing

dan kyknya enjinir honda jg masih ada passion krn lineup type R masih dilanjutin

makanya BS lah pake TB buat hemat space, civic aja bisa :big_biglaugh:

450 siy cengli mbah dapet civic terbaru, justru yg skrg dikelasnya harga paling nahan masda 3. 2020 aja yg odo 30-40k masih 400-450
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2417
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by darrelund »

laksanice wrote: 16 Jun 2024, 20:26 ground clearancenya jadi brp ya kalau pake bodykit type rkhawatir gasruk.
harusnya expect -15/ -20mm lebi pendek ya um
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2417
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by darrelund »

iamwewe wrote: 18 Jun 2024, 08:11
nah iya salah satunya gini. gak pernah liat yg warna hitam sih di jalan, pernahnya liat merah dan putih :mky_02:
emg cakep siy um

cocok mbah, bikin Type S yg orientasi sport luxury
images (72).jpeg
images (72).jpeg (48.92 KiB) Viewed 5875 times
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1138
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by iamwewe »

ChZ wrote: 18 Jun 2024, 12:36

Beda om makanya honda punya itu gak bs seirit toyota punya. Krn engine dan motor di e:HEV itu main powernya justru dari motor elektriknya makanya honda punya itu motor power nya sampe 184hp, combined 200 sekian... Jd dia ampir kayak nissan epower bedanya mesinnya baru nyala kalo batre abis atau butuh support power lebih. Udah hampir kaya full EV sih kalo di dalem kota ya.

Masalahnya dgn mau mengandalkan hampir semua pake motor, battery consumptionnya gede juga dan hybrid itu battery kan kecil bgt. Problemnya ampir sama kek kicks epower kalo high load usage jadi boros.

Toyota hybrid sih kalo udah top end hampir ga kepake motor listrik om... Wong zenix motornya cuma 20hp wkwkw.

Istilahnya

EV/nissan epower kan 100% motor power
E:HEV honda ya 70 motor 30 engine
Toyota hybrid 40 motor 60 engine
.... Makanya corolla cross itu ya kalo lewat 100 gak lbh kenceng dari elcegece wong enginenya cuma 97hp wkwkwk.
iya juga ya. kalo di toyt kok output HP dan torq nya gk wah banget ya dibanding di hond, padahal sama2 2.0cc. emang kayanya fokus masing2 pabrikan di hybridnya beda yak.

ah tapi kalo bacain spec nanti dibilang bocah baca spec doang :big_cry:

seperti biasa, analogi yg mudah dimengerti :big_okay:
darrelund wrote: 18 Jun 2024, 12:50
iamwewe wrote: 18 Jun 2024, 08:11
nah iya salah satunya gini. gak pernah liat yg warna hitam sih di jalan, pernahnya liat merah dan putih :mky_02:
emg cakep siy um

cocok mbah, bikin Type S yg orientasi sport luxury

images (72).jpeg
tapi om.. tapi..... dari 2 civic yg udh pasang gini.... bumpernya keliatan belang euy. yg pernah saya lihat yg warna merah dan putih. apa mitos susah nyamain warna kalo mobilnya warna terang itu bener kali ya?
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1731
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by AbdulHakim »

ChZ wrote: 18 Jun 2024, 12:36 -deleted-.... Makanya corolla cross itu ya kalo lewat 100 gak lbh kenceng dari elcegece wong enginenya cuma 97hp wkwkwk.
betul om, tapi kasih lebih lah om, masak 100, 110 lah ya.. deal.. :big_biglaugh:
that makes me hate atkinson :big_slap:

tapi yg bikin full senyum itu fuel consumption hybridnya toyota bisa dibilang mumpuni, emang seirit itu.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16525
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 18 Jun 2024, 13:48
iya juga ya. kalo di toyt kok output HP dan torq nya gk wah banget ya dibanding di hond, padahal sama2 2.0cc. emang kayanya fokus masing2 pabrikan di hybridnya beda yak.

ah tapi kalo bacain spec nanti dibilang bocah baca spec doang :big_cry:

seperti biasa, analogi yg mudah dimengerti :big_okay:
kalo meratiin sebenernya hybrid toyota makin generasi iritnya makin gila... tapi ya tenaganya makin cupu :ungg: yang hot itu kan zenix hybrid ada yang claim bisa 25 kml... tapi ada yang bisa seboros 12 kml. setelah diperiksa ternyata yang 12 kml itu ya luar kota terus, yang 25 kml konstan dalem kota ya jelas irit banyak ngeremnya batre full terus wkwkwkkw.

makanya saya berani ngomong kalo hybrid kondisi drag race 1 kilometer full bejek sama type bensin dengan rate power lebih kecil 10hp juga disikat om krn extra torque nya motor listrik itu cuma berguna selama ada batrenya. dugaan saya bener kan di carmudi ngetes 100 up si hybrid udah kehabisan nafas.

dalam case honda CRV hybrid vs turbo 207ps combined outputnya vs 190hp di CRV turbo, lebih konstan 190hp nya CRV turbo walau 0-100 akan susah ngejer tapi 100 up itu turbo bakal ngejer dan hybridnya bakal kehilangan juice krn self regeneratingnya (ngerem) gak fungsi cuma murni mengandalkan mesin bensin yang gak seberapa powernya wkwkwkkw.

kecuali CRVnya PHEV full charged, nah itu lain cerita. kapasitas batre nya lebih besar :big_grin:

itulah om wkwkwk kadang musti tau real world usage nya gimana krn angka di brosur itu ya cuma menggambarkan peak performance dalam kondisi tertentu. ya kalau yang bawanya santai, jarang sport mode, beli hybrid saja lah. bisa pertalite juga

kalo ane kaki udah selalu mode sport enak beli pure ICE :mky_03:
AbdulHakim wrote: 18 Jun 2024, 14:43
betul om, tapi kasih lebih lah om, masak 100, 110 lah ya.. deal.. :big_biglaugh:
that makes me hate atkinson :big_slap:

tapi yg bikin full senyum itu fuel consumption hybridnya toyota bisa dibilang mumpuni, emang seirit itu.
itu dy om emang buat ngejar irit di low speed dy bener bener maksimalin pemakaian motor listrik.

makanya toyota ga invested ngejar performa di hybrid regulernya dy fokusin ngejer performa di PHEV nya itu RAV4 PHEV kan kencengnya gila jg tuh
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: 21 Dec 2021, 00:17

Re: 2022 Honda Civic RS 1.5T CVT (FE1) Short Drive

Post by ExorT »

darrelund wrote: 18 Jun 2024, 12:45 450 siy cengli mbah dapet civic terbaru, justru yg skrg dikelasnya harga paling nahan masda 3. 2020 aja yg odo 30-40k masih 400-450
Om Chz bimbangnya antara Accord atau Civic, kayaknya beda 1-2 tahun, cuman beda 50 jtan. Mazda mana dilirik :upss:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post