2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Achien
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 29 Feb 2024, 11:47
Location: KB

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by Achien »

Suryaputra wrote: 20 Mar 2024, 13:59
b0ku wrote: 20 Mar 2024, 12:41
Suryaputra wrote: 20 Mar 2024, 10:20
Ya lihat aja 10 thn ke depan gmn.

belajar dr fenomena "startup bubble"
ev kalo mau jatoh emang kudu naek dulu sampe tinggi nanti kalo pasar ud tau busuknya lsg jegerrrr ambyar...... :glodak:

makannya kenapa mau di lock dengan ngeban mobil BBM tapi ngeban mobil bbm itu susah bangeet :mky_07:
Yah kita lihat aja nanti 1 dekade ke depan.
Krn klo ada masalah, kan gampang viral :upss:
Sekarang aja lagi masalah; check byd indonesia punya instagram dan baca comment2 nya.
Masalah delivery.
Konon katanya mobil bahkan belum terdaftar
Kona yang belum saja sudah terdaftar
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4410
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by b0ku »

Achien wrote: 22 Mar 2024, 11:54
Sekarang aja lagi masalah; check byd indonesia punya instagram dan baca comment2 nya.
Masalah delivery.
Konon katanya mobil bahkan belum terdaftar
Kona yang belum saja sudah terdaftar
jgn2x itu harganya ud CKD semua mau bikin shock effect tau2x ntar delivery lsg yang CKD sekarang lagi ngulur2x aja ngumpulin modal spk sama dp buat bikin pabrik :mky_07:

ud kayak elon musk minta dp buat cybertruck sama roadster mobilnya kagak keluar2x tapi yang dp ud banyak kan mayan buat bikin tesla nafas dikit :wkkk:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10203
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by Suryaputra »

Achien wrote: 22 Mar 2024, 11:54
Suryaputra wrote: 20 Mar 2024, 13:59
b0ku wrote: 20 Mar 2024, 12:41

ev kalo mau jatoh emang kudu naek dulu sampe tinggi nanti kalo pasar ud tau busuknya lsg jegerrrr ambyar...... :glodak:

makannya kenapa mau di lock dengan ngeban mobil BBM tapi ngeban mobil bbm itu susah bangeet :mky_07:
Yah kita lihat aja nanti 1 dekade ke depan.
Krn klo ada masalah, kan gampang viral :upss:
Sekarang aja lagi masalah; check byd indonesia punya instagram dan baca comment2 nya.
Masalah delivery.
Konon katanya mobil bahkan belum terdaftar
Kona yang belum saja sudah terdaftar
Yg menarik (jika) ada masalah teknis dan durability

Itu bs terjawab dalam waktu 1 dekade cukup
:mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by Bibieight »

Suryaputra wrote: 22 Mar 2024, 12:53
Yg menarik (jika) ada masalah teknis dan durability

Itu bs terjawab dalam waktu 1 dekade cukup
:mky_03:
Bukan BYD, Chery ini, semoga gak mewakili bengkel mobcin.

Kasus sensor airbag (0:39), yang kagum sama bengkel, itu ngecek sensor airbag, sampe nyopot high voltage cable ke inverter (15:50) ngapain ya ?, bukannya kalo begini paling aman colok OBD, cek error-nya apa dulu :big_think: :big_think: :big_think: . Udah gitu main2 kabel oranye kagak pake alat apa2, kayak nyawanya banyak :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: …. Ini lebih sakti dari Debus, pegang/cabut2 HV kagak pake apa2. Ini ATPM2 Tiongkok SOP di bengkel amat sangat super duper membagongkan, padahal direkturnya mantan direktur Daihatsu kan, bu Amelia Tjandra….

Ngeliat gini berasa montir2 Youngdie kelas professor semua :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: . Ngeliat di Simprug, kalo main2 HV, copot dulu High Voltage Interlock Loop (ditandai jelas, di kiri atas kap mesin ada tuas oranye), abis gitu pasang line kiri kanan sdg. kerjain HV, abis gitu pake sepatu sol karet, sharing tangan HV (kayak kanvas gitu, tebel bener), alat2nya khusus buat HV, plastik tebel warna merah semua….

BTW, desainnya juga maut, kayaknya (semoga banget saya salah), kagak pake high voltage interlock loop, mutus HV cuma copot aki (ini mutus kontaktor HV battery), kalo kecelakaan repot nolonginnya, masa iya mo evakuasi bawa kunci pas buat copot aki :big_slap: :big_slap: :big_slap:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10203
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by Suryaputra »

Bibieight wrote: 22 Mar 2024, 18:19
Suryaputra wrote: 22 Mar 2024, 12:53
Yg menarik (jika) ada masalah teknis dan durability

Itu bs terjawab dalam waktu 1 dekade cukup
:mky_03:
Bukan BYD, Chery ini, semoga gak mewakili bengkel mobcin.

Kasus sensor airbag (0:39), yang kagum sama bengkel, itu ngecek sensor airbag, sampe nyopot high voltage cable ke inverter (15:50) ngapain ya ?, bukannya kalo begini paling aman colok OBD, cek error-nya apa dulu :big_think: :big_think: :big_think: . Udah gitu main2 kabel oranye kagak pake alat apa2, kayak nyawanya banyak :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: …. Ini lebih sakti dari Debus, pegang/cabut2 HV kagak pake apa2. Ini ATPM2 Tiongkok SOP di bengkel amat sangat super duper membagongkan, padahal direkturnya mantan direktur Daihatsu kan, bu Amelia Tjandra….

Ngeliat gini berasa montir2 Youngdie kelas professor semua :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: . Ngeliat di Simprug, kalo main2 HV, copot dulu High Voltage Interlock Loop (ditandai jelas, di kiri atas kap mesin ada tuas oranye), abis gitu pasang line kiri kanan sdg. kerjain HV, abis gitu pake sepatu sol karet, sharing tangan HV (kayak kanvas gitu, tebel bener), alat2nya khusus buat HV, plastik tebel warna merah semua….

BTW, desainnya juga maut, kayaknya (semoga banget saya salah), kagak pake high voltage interlock loop, mutus HV cuma copot aki (ini mutus kontaktor HV battery), kalo kecelakaan repot nolonginnya, masa iya mo evakuasi bawa kunci pas buat copot aki :big_slap: :big_slap: :big_slap:
Klo teknisi gadget
Kerjanya model gini mah gpp ya mbah.

Ini BEV ngeri amat gak pakai safety wear sm sekali :big_biglaugh:
Luar biasa.

Mang bener, ada harga ada rupa. :mky_03:
Last edited by Suryaputra on 22 Mar 2024, 20:08, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4410
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by b0ku »

NGERI amat customernya ud belinya mobil china murah meriah semua di masalahin :big_biglaugh:

gimana beli kaleng rombeng brio :drinking:
MrRichardhn
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: 06 Nov 2016, 10:38

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by MrRichardhn »

Saya nyimak aja pengguna EV dengan arsitektur dari 2010 dan desain dari 2018. Indomobil gimana ini?? Mobil jadul berani amat naruh harga segitu wkwk, minimal kasih yang versi 62kWh dong biar bisa saingan dikit :big_biglaugh:

Tapi ya mobil EV mainland ini masih belum jelas ya nasibnya, padahal sebenernya cukup bagus spesifikasi dan harganya. Pernah coba BYD Atto3 dan seneng sama bantingannya yang empuk-empuk kayak Harrier, cuma ya bener apa yang dikatain di review ini kalo layout interfacenya berantakan. Mungkin kita lihat aja nanti 10 tahun ke depan bakal kayak gimana.

Kayak Handphone aja ya, kadang Handphone merk China bagus-bagus diatas kertas tapi pas make kok ada yang kurang pas (walau gak semua). Alhasil balik-balik lagi ke iPhone (Tesla) ato Samsung (Hyundai-Kia) yang dimana sudah sangat familiar.
1973 Volkswagen Super Beetle
2003 Honda Fit
2023 Nissan Leaf 40kWh
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1861
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by darrelund »

Bibieight wrote: 22 Mar 2024, 18:19
Bukan BYD, Chery ini, semoga gak mewakili bengkel mobcin.

Kasus sensor airbag (0:39), yang kagum sama bengkel, itu ngecek sensor airbag, sampe nyopot high voltage cable ke inverter (15:50) ngapain ya ?, bukannya kalo begini paling aman colok OBD, cek error-nya apa dulu :big_think: :big_think: :big_think: . Udah gitu main2 kabel oranye kagak pake alat apa2, kayak nyawanya banyak :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: …. Ini lebih sakti dari Debus, pegang/cabut2 HV kagak pake apa2. Ini ATPM2 Tiongkok SOP di bengkel amat sangat super duper membagongkan, padahal direkturnya mantan direktur Daihatsu kan, bu Amelia Tjandra….

Ngeliat gini berasa montir2 Youngdie kelas professor semua :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: . Ngeliat di Simprug, kalo main2 HV, copot dulu High Voltage Interlock Loop (ditandai jelas, di kiri atas kap mesin ada tuas oranye), abis gitu pasang line kiri kanan sdg. kerjain HV, abis gitu pake sepatu sol karet, sharing tangan HV (kayak kanvas gitu, tebel bener), alat2nya khusus buat HV, plastik tebel warna merah semua….

BTW, desainnya juga maut, kayaknya (semoga banget saya salah), kagak pake high voltage interlock loop, mutus HV cuma copot aki (ini mutus kontaktor HV battery), kalo kecelakaan repot nolonginnya, masa iya mo evakuasi bawa kunci pas buat copot aki :big_slap: :big_slap: :big_slap:
mungkin montirnya mau jadi begini.....

Image

untung kg korslet, bisa abis tu diler :big_biglaugh:
AR93
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: 12 May 2020, 12:32
Daily Vehicle: Suzuki Swift ST

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by AR93 »

Bibieight wrote: 22 Mar 2024, 18:19
Suryaputra wrote: 22 Mar 2024, 12:53
Yg menarik (jika) ada masalah teknis dan durability

Itu bs terjawab dalam waktu 1 dekade cukup
:mky_03:
Bukan BYD, Chery ini, semoga gak mewakili bengkel mobcin.

Kasus sensor airbag (0:39), yang kagum sama bengkel, itu ngecek sensor airbag, sampe nyopot high voltage cable ke inverter (15:50) ngapain ya ?, bukannya kalo begini paling aman colok OBD, cek error-nya apa dulu :big_think: :big_think: :big_think: . Udah gitu main2 kabel oranye kagak pake alat apa2, kayak nyawanya banyak :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: …. Ini lebih sakti dari Debus, pegang/cabut2 HV kagak pake apa2. Ini ATPM2 Tiongkok SOP di bengkel amat sangat super duper membagongkan, padahal direkturnya mantan direktur Daihatsu kan, bu Amelia Tjandra….
Bu Amel itu owner dealer Chery di Cibubur, bukan bagian dari ATPM Chery apalagi direksinya.
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: 24 Jul 2021, 16:38

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by esaka »

Sebagai user awam yang nggak nubie, baca-baca review momod CHz (pensboy Honda mobil) yang selalu memberi penekanan pada driveability, saya cukup enjoy baca review ini.
bagian lack-of-control ini kok sepertinya lumayan mengerikan ya...
saya membayangkannya mirip setir EPS tapi berapa derajat sudut beloknya tetap ada interupsi dari komputer berdasarkan input semua sensor yang dipertimbangkan. What the fookin moron is that? Cukuplah sudah dompet saya dikendalikan bini, saya ndak mau kegiatan sesimpel nyetir mobil dikendalikan 3 pihak (gw sebagai driver, komenan bini, and otak komputer)
setir EPS di mobil-mobil under 500 jutaan aja buat saya pribadi aja udah kayak mati rasa, seriously...EPS di mobil rakjel masih membuat saya tidak pernah yakin dengan posisi roda.
Ini udah EPS, masih lack-of-control juga...???
Heck, bahkan EPB pun saya masih skeptis lantaran hal tersebut menjadikan kendaraan tidak memiliki fail-safe device.
I guess I'll stick much longer with my oldie hydraulic power steering dan muscle parking brake milik Kijang. Padahal stir hydraulic di Kijang aja nggak direct dan cenderung berat kayak mini truk, menang di feedback.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15911
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by ChZ »

esaka wrote: 24 Mar 2024, 18:47 Sebagai user awam yang nggak nubie, baca-baca review momod CHz (pensboy Honda mobil) yang selalu memberi penekanan pada driveability, saya cukup enjoy baca review ini.
bagian lack-of-control ini kok sepertinya lumayan mengerikan ya...
saya membayangkannya mirip setir EPS tapi berapa derajat sudut beloknya tetap ada interupsi dari komputer berdasarkan input semua sensor yang dipertimbangkan. What the fookin moron is that? Cukuplah sudah dompet saya dikendalikan bini, saya ndak mau kegiatan sesimpel nyetir mobil dikendalikan 3 pihak (gw sebagai driver, komenan bini, and otak komputer)
setir EPS di mobil-mobil under 500 jutaan aja buat saya pribadi aja udah kayak mati rasa, seriously...EPS di mobil rakjel masih membuat saya tidak pernah yakin dengan posisi roda.
Ini udah EPS, masih lack-of-control juga...???
Heck, bahkan EPB pun saya masih skeptis lantaran hal tersebut menjadikan kendaraan tidak memiliki fail-safe device.
I guess I'll stick much longer with my oldie hydraulic power steering dan muscle parking brake milik Kijang. Padahal stir hydraulic di Kijang aja nggak direct dan cenderung berat kayak mini truk, menang di feedback.
sekarang kita belajar dari pabrikan spt Porsche dan Honda yang invest banyak di sasis :

bikin mobil kenceng 0-100 nya doang itu gampang, tapi bikin mobil 0-100 kenceng dan bisa dikontrol itu sulit. makanya dari awal saya bandinginnya sama 991 Turbo yg pernah saya bawa slalom dengan 0-100 4 detikan. nggak semua pabrikan bisa bikin mobil kenceng yang kita merasa aman di dalemnya. makanya sedan jerman itu rata-rata mahal. didesain buat lari 200 kph dan kita bisa merasa safe di dalamnya.

masalahnya ya itu om, orang kan cuma wow liat numbersnya, tp nggak semua orang punya privilege akses bawa Porsche dan McLaren kayak saya. mereka cuma bayanginnya 0-100 3.8s itu kenceng, tapi nggak bayangin ngerinya kalo itu mobil nyusruk got. wong banyak yang masih kagetan dikasih innova diesel yg cuma diesel 350Nm.

kemarin 3 hari di rumah camer, dipinjemin fortuner 2.8 GR, berani taruhan bawa Fortuner 2.8GR yang selama ini saya persepsikan nggak aman karena mobil truk tinggi, itu lebih berasa aman dibanding bawa BYD Seal atau EV apapun murni karena feel mekanikalnya kita bisa rasain.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10203
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 25 Mar 2024, 11:17
esaka wrote: 24 Mar 2024, 18:47 Sebagai user awam yang nggak nubie, baca-baca review momod CHz (pensboy Honda mobil) yang selalu memberi penekanan pada driveability, saya cukup enjoy baca review ini.
bagian lack-of-control ini kok sepertinya lumayan mengerikan ya...
saya membayangkannya mirip setir EPS tapi berapa derajat sudut beloknya tetap ada interupsi dari komputer berdasarkan input semua sensor yang dipertimbangkan. What the fookin moron is that? Cukuplah sudah dompet saya dikendalikan bini, saya ndak mau kegiatan sesimpel nyetir mobil dikendalikan 3 pihak (gw sebagai driver, komenan bini, and otak komputer)
setir EPS di mobil-mobil under 500 jutaan aja buat saya pribadi aja udah kayak mati rasa, seriously...EPS di mobil rakjel masih membuat saya tidak pernah yakin dengan posisi roda.
Ini udah EPS, masih lack-of-control juga...???
Heck, bahkan EPB pun saya masih skeptis lantaran hal tersebut menjadikan kendaraan tidak memiliki fail-safe device.
I guess I'll stick much longer with my oldie hydraulic power steering dan muscle parking brake milik Kijang. Padahal stir hydraulic di Kijang aja nggak direct dan cenderung berat kayak mini truk, menang di feedback.
sekarang kita belajar dari pabrikan spt Porsche dan Honda yang invest banyak di sasis :

bikin mobil kenceng 0-100 nya doang itu gampang, tapi bikin mobil 0-100 kenceng dan bisa dikontrol itu sulit. makanya dari awal saya bandinginnya sama 991 Turbo yg pernah saya bawa slalom dengan 0-100 4 detikan. nggak semua pabrikan bisa bikin mobil kenceng yang kita merasa aman di dalemnya. makanya sedan jerman itu rata-rata mahal. didesain buat lari 200 kph dan kita bisa merasa safe di dalamnya.

masalahnya ya itu om, orang kan cuma wow liat numbersnya, tp nggak semua orang punya privilege akses bawa Porsche dan McLaren kayak saya. mereka cuma bayanginnya 0-100 3.8s itu kenceng, tapi nggak bayangin ngerinya kalo itu mobil nyusruk got. wong banyak yang masih kagetan dikasih innova diesel yg cuma diesel 350Nm.

kemarin 3 hari di rumah camer, dipinjemin fortuner 2.8 GR, berani taruhan bawa Fortuner 2.8GR yang selama ini saya persepsikan nggak aman karena mobil truk tinggi, itu lebih berasa aman dibanding bawa BYD Seal atau EV apapun murni karena feel mekanikalnya kita bisa rasain.
Power & Torque is Nothing without Control
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15911
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by ChZ »

MrRichardhn wrote: 22 Mar 2024, 21:13 Saya nyimak aja pengguna EV dengan arsitektur dari 2010 dan desain dari 2018. Indomobil gimana ini?? Mobil jadul berani amat naruh harga segitu wkwk, minimal kasih yang versi 62kWh dong biar bisa saingan dikit :big_biglaugh:

Tapi ya mobil EV mainland ini masih belum jelas ya nasibnya, padahal sebenernya cukup bagus spesifikasi dan harganya. Pernah coba BYD Atto3 dan seneng sama bantingannya yang empuk-empuk kayak Harrier, cuma ya bener apa yang dikatain di review ini kalo layout interfacenya berantakan. Mungkin kita lihat aja nanti 10 tahun ke depan bakal kayak gimana.

Kayak Handphone aja ya, kadang Handphone merk China bagus-bagus diatas kertas tapi pas make kok ada yang kurang pas (walau gak semua). Alhasil balik-balik lagi ke iPhone (Tesla) ato Samsung (Hyundai-Kia) yang dimana sudah sangat familiar.
itulah om, berasa kan kalo produk china itu emang "cuma" hasil reverse engineering?

jepang/jerman itu dari dulu diuntungkan dgn timing suka nggak suka keterlibatan di perang dunia bikin inovasi 2 negara ini jalan pada philosopical level.

china industrialisasinya waktu udah pada damai, "cuma" belajar reverse engineering aja. berhasil terjual sih krn di mana sih produk cheap copy china nggak laku? china sekarang cuma kemasannya makin oke jadi orang nggak anti dibanding produk china dulu. ibarat dari kawe 3 jadi kawe super.

tapi buat china yang penduduknya besar, kekuatan ekonomi mereka jauh lebih penting makanya penting laku terjual banyak ketimbang bikin produk yang user friendly.

kayak makan ayam goreng kaepci pinggir jalan, ya tetep ada yang kurang dibanding yang beneran. sy pake hape cina ya bisa sering tiba tiba ada iklan gak diundang... besok2 kite orang mau ngerem pake mobcin di layarnya suruh exit iklan sh*pee dulu kali.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4410
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: 25 Mar 2024, 11:20 Power & Torque is Nothing without Control
malah kadang mendingan gak usah punya tenaga gede :wkkk:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15911
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by ChZ »

b0ku wrote: 25 Mar 2024, 11:50
Suryaputra wrote: 25 Mar 2024, 11:20 Power & Torque is Nothing without Control
malah kadang mendingan gak usah punya tenaga gede :wkkk:
torsi instant electric motor jg lama lama biasa aja. malah aneh krn dibejek makin ngempos soalnya yg hibrit pun dikasihnya mesin bensin power pas pasan :mky_07:

tetep enak balik ke mobil bengsin high rev kl mau have fun. gmn2 terlalu instant jg ga enak gampang lose control.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: 04 Feb 2017, 08:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT
Contact:

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by adriangaut »

ChZ wrote: 25 Mar 2024, 11:30
MrRichardhn wrote: 22 Mar 2024, 21:13 Saya nyimak aja pengguna EV dengan arsitektur dari 2010 dan desain dari 2018. Indomobil gimana ini?? Mobil jadul berani amat naruh harga segitu wkwk, minimal kasih yang versi 62kWh dong biar bisa saingan dikit :big_biglaugh:

Tapi ya mobil EV mainland ini masih belum jelas ya nasibnya, padahal sebenernya cukup bagus spesifikasi dan harganya. Pernah coba BYD Atto3 dan seneng sama bantingannya yang empuk-empuk kayak Harrier, cuma ya bener apa yang dikatain di review ini kalo layout interfacenya berantakan. Mungkin kita lihat aja nanti 10 tahun ke depan bakal kayak gimana.

Kayak Handphone aja ya, kadang Handphone merk China bagus-bagus diatas kertas tapi pas make kok ada yang kurang pas (walau gak semua). Alhasil balik-balik lagi ke iPhone (Tesla) ato Samsung (Hyundai-Kia) yang dimana sudah sangat familiar.
itulah om, berasa kan kalo produk china itu emang "cuma" hasil reverse engineering?

jepang/jerman itu dari dulu diuntungkan dgn timing suka nggak suka keterlibatan di perang dunia bikin inovasi 2 negara ini jalan pada philosopical level.

china industrialisasinya waktu udah pada damai, "cuma" belajar reverse engineering aja. berhasil terjual sih krn di mana sih produk cheap copy china nggak laku? china sekarang cuma kemasannya makin oke jadi orang nggak anti dibanding produk china dulu. ibarat dari kawe 3 jadi kawe super.

tapi buat china yang penduduknya besar, kekuatan ekonomi mereka jauh lebih penting makanya penting laku terjual banyak ketimbang bikin produk yang user friendly.

kayak makan ayam goreng kaepci pinggir jalan, ya tetep ada yang kurang dibanding yang beneran. sy pake hape cina ya bisa sering tiba tiba ada iklan gak diundang... besok2 kite orang mau ngerem pake mobcin di layarnya suruh exit iklan sh*pee dulu kali.
IMO pabrikan mobil" established ini menurut saya banyak RnD di dunia balapn mobil deh

Kudunya merk" china gini ikut balapan pake mobil mereka, biar belajar bikin chassis yang bagusan juga
24hrs of le mans, f1, sesimple kembangin mobil di nurburgring, jadi bisa atur balance power sama handling
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by Bibieight »

Suryaputra wrote: 25 Mar 2024, 11:20
Power & Torque is Nothing without Control
Beneer... pake I5 aja kalo mau pake mode sport harus siap2, kalo ndak kaget sama torsi-nya, itu pertama kali coba, kalo dari 0 berasa kalo sub-frame belakang kayak mau mbalap chassisnya, berasa tuh chassisnya kedorong gitu :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: . Kalo mau balapan bener ya chassis & suspensi-nya harus dibenerin, https://www.carmagazine.co.uk/car-revie ... ioniq-5-n/ . Titik las tambah 42, diperkuat lem strutural 2.1 meter, subframe depan-belakang ganti, suspensi ganti de-el-el.... Itu ngeri ntar banyak Seal sruntulan yak, pada kaget ama torsi-nya....
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4410
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by b0ku »

ChZ wrote: 25 Mar 2024, 12:06
torsi instant electric motor jg lama lama biasa aja. malah aneh krn dibejek makin ngempos soalnya yg hibrit pun dikasihnya mesin bensin power pas pasan :mky_07:

tetep enak balik ke mobil bengsin high rev kl mau have fun. gmn2 terlalu instant jg ga enak gampang lose control.
malah di tikungan pas bejekan pertama kebanyakan power gak bagus om malah kita jd nahan gas akhirnya mesinnya ilang momentum makannya mesin honda itu tuningannya emang enak buat nikung boyo di bawah karena pas masuk bendnya itu kalo kebanyakan tenaga ya jadi understerr akhirnya bukanya belok malah lempeng nabrak gravel :big_biglaugh:

cara ngurangin understernya mau gak mau kan gasnya gak boleh dalem2x ngerasain banget saya pas di freed saking boyonya jadi enak pas ud masuk belokan lsg injek abiss :mky_03:

makannya kayak GE8 aja mikir2x mau naekin power ntar bukanya fun malah teror yang di dapet ini aja setelan open valve paling full ud berapa kali saya nikung dia bisa spin spin ban depannya :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15911
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by ChZ »

adriangaut wrote: 25 Mar 2024, 13:07
IMO pabrikan mobil" established ini menurut saya banyak RnD di dunia balapn mobil deh

Kudunya merk" china gini ikut balapan pake mobil mereka, biar belajar bikin chassis yang bagusan juga
24hrs of le mans, f1, sesimple kembangin mobil di nurburgring, jadi bisa atur balance power sama handling
mereka belajar bikin tools yang durable dari perang,

belajar bikin sasis dan lain lainnya di balap.

jadi emang mateng bgt itu :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1861
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by darrelund »

Bibieight wrote: 25 Mar 2024, 14:20
Suryaputra wrote: 25 Mar 2024, 11:20
Power & Torque is Nothing without Control
Beneer... pake I5 aja kalo mau pake mode sport harus siap2, kalo ndak kaget sama torsi-nya, itu pertama kali coba, kalo dari 0 berasa kalo sub-frame belakang kayak mau mbalap chassisnya, berasa tuh chassisnya kedorong gitu :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: . Kalo mau balapan bener ya chassis & suspensi-nya harus dibenerin, https://www.carmagazine.co.uk/car-revie ... ioniq-5-n/ . Titik las tambah 42, diperkuat lem strutural 2.1 meter, subframe depan-belakang ganti, suspensi ganti de-el-el.... Itu ngeri ntar banyak Seal sruntulan yak, pada kaget ama torsi-nya....
klo kata netijen mah ioniq 5 N overprice, mending byd seal

masa ngurangin 0.4 dtik, beda harga 2x lipat

ngapain jg top spit 260, dikota doang ga kepake

gausa kritik seal berlebihan, emang situ bisa beli? *ucap netijen

:big_weee: :big_weee:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by Bibieight »

darrelund wrote: 27 Mar 2024, 20:00
klo kata netijen mah ioniq 5 N overprice, mending byd seal

masa ngurangin 0.4 dtik, beda harga 2x lipat

ngapain jg top spit 260, dikota doang ga kepake

gausa kritik seal berlebihan, emang situ bisa beli? *ucap netijen

:big_weee: :big_weee:
Nah itulah oom, orang dimari pada kagak doyan riset udah gitu jalur logikanya sering2 ajaib. Boro2 perhitungin chassis, mesin, setup suspensi. Lha dikasih mobil capek bekas taksi dikasih asesoris jamet aja dimakan :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: Tapi apa rata2 orang begini ya yang bikin mobil bener makin lama makin punya diganti mobil yg asal ngglundung :big_think: :big_think: :big_think:

Balik urusan BYD, buat yg pengalaman setup chassis, bicara teoritis kan baterenya udah structural (dilem mati gitu), mestinya chassisnya ndak ada flexing sama sekali kan ya ?, tinggal setup suspensi aja mestinya buat bikin bener… Kalo I5 mau digimanakan kan flexnya chassis sama flexnya batere pack jalan sendiri2, (makanya selain baut main mounting yg empat, masih dibaut lagi di perimeternya), jadi akhirnya chassisnya yang harus direinfoce…..
Devidpg
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 22 Apr 2017, 22:24

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by Devidpg »

Izin nimbrung ya suhu2..

Buat yg penasaran sama track performancenya BYD Seal bisa baca” dimari:
https://byd.carmagazine.co.uk/byd-seal- ... track-test
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 796
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by Kaleng »

Devidpg wrote: 28 Mar 2024, 08:41 Izin nimbrung ya suhu2..

Buat yg penasaran sama track performancenya BYD Seal bisa baca” dimari:
https://byd.carmagazine.co.uk/byd-seal- ... track-test
baca sekilas artikelnya, sptnya not too bad handlingnya buat yg AWD.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15911
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by ChZ »

Devidpg wrote: 28 Mar 2024, 08:41 Izin nimbrung ya suhu2..

Buat yg penasaran sama track performancenya BYD Seal bisa baca” dimari:
https://byd.carmagazine.co.uk/byd-seal- ... track-test
kalo tracknya begitu masuk akal performance nya yang AWD masih nolong sih. banyak lurusan dan tikungannya nggak terlalu menantang macem nurburgring. :mky_03:

belok2nya dibantu algoritma komputernya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1972
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by alvin23 »

esaka wrote: 24 Mar 2024, 18:47 Sebagai user awam yang nggak nubie, baca-baca review momod CHz (pensboy Honda mobil) yang selalu memberi penekanan pada driveability, saya cukup enjoy baca review ini.
Udah resmi mod labelnya :big_biglaugh:
Rocky R ADS CVT 2021
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post