Nissan Livina X Gear 2008 AT

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Didihasnaasri83
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Tue Aug 11, 2020 9:53
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Zafira

Nissan Livina X Gear 2008 AT

Post by Didihasnaasri83 »

Sedang mencari info seputar livina X Gear At (livina 2 baris). Bagaimana plus minus nya? Cocok buat harian dan jarak jauh kah? Bagaimana transmisi At nya, bandel? Terima kasih
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Nissan Livina X Gear 2008 AT

Post by Jenson »

Coba bantu sharing ya, dlu pernah piara yang 2011. Plusnya mobilnya luar biasa nyamannya, bantingan suspensinya konon kerjasama ama Renault jd ajib. Konsumsi bbm lumayan irit. Bagasi gedeee bgt, zaman dulu bisa dipake pindahan kos-kosan Jakarta - Bandung. Build quality juga ok ini mobil, pake 5 taun gaada rattling beginmana. Untuk kekurangannya, mesin ngelitik parahh padahal uda dikasi pertamax
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 534
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Nissan Livina X Gear 2008 AT

Post by Greenhunter »

Didihasnaasri83 wrote: Tue Feb 20, 2024 12:05 Sedang mencari info seputar livina X Gear At (livina 2 baris). Bagaimana plus minus nya? Cocok buat harian dan jarak jauh kah? Bagaimana transmisi At nya, bandel? Terima kasih
Sampai hari ini saya masih pakai yg bodi panjangnya. Grand livina XV 2008 matic kilometer 133.000 dan terus nambah. Cocok buat harian dan jalan jauh, sehari hari buat antar jemput anak sekolah, sesekali luar kota kurang lebih 200km PP. Penyakit bawaan ngelitik aja tapi bisa dihiraukan, gak ada efek apa apa, tetep irit. Dimobil saya ngelitiknya tidak parah, bensin pertalite, sesekali aja keluar ngelitiknya. Maticnya masih 4 AT tergolong badak, gak ada keluhan dgn transmisinya. Perawatan nissan sekarang sdh sama dengan jepangan lainnya. Sparepart juga sdh ada pilihan original atau merk non original.
kh
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Mon Jun 18, 2007 2:42

Re: Nissan Livina X Gear 2008 AT

Post by kh »

Nostalgia mobil pertama nih (beli 2nd di tahun 2016, mobilnya keluaran 2011)

Image

+ nyaman mentul2 tapi solid haha, irit (sekitar 1:13 rute campuran jabodetabek, kabin n bagasi lega, biaya servis wajar, ground clearance cukup lah
- mesin kadang ngelitik (random), kl salah "timing" di tanjakan bakal ngos2an, pernah ada masalah coil jd pincang (ini kejadian pas mobil umur 8 tahun), pernah juga ngalamin stir bunyi2 (ini kejadian pas mobil umur 7 tahun)
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Nissan Livina X Gear 2008 AT

Post by Or4cle »

Sedikit sharing ttg ANGL 1.5 M/T 2013 ...

Di liburan akhir tahun 2023 kemarin aku dengan keluarga jalan2 ke Semarang. Benar kata om Greenhunter & om KH di atas, mobil ini nyaman buat perjalanan jauh (joknya ergonomis gak bikin pegel), di tol suspensi-nya mentul2 lembut tapi nyaman.

Nah masalah timbul saat ke Pondok Panorama, Umbul Sidomukti.
Saat itu mobil muat 4 orang dewasa + 2 anak kecil ( 6 &11 taon). Di tanjakan pertama bentuk U yg jalanannya rusak roda depan mobil spin gak bisa nanjak. Diulang dengan jarak dari bawah tetap sama, sampai tikungan yang rusak roda depan spin lagi, gak dapat traksi. Akhirnya dijemput sama famili yg duluan sampai di atas, Ertiga A/T, nanjak mulus tanpa banyak drama.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Nissan Livina X Gear 2008 AT

Post by pengendiesel »

Pernah pake yang versi panjangnya dari baru sampe odo 90 rb an
Overall sih perawatannya gak menguras kantong. Memang gak bisa sereliable toyota (kayaknya jarang merk yang bisa), tapi gak horor juga.

Kalo banyak orang bilang suspensi mobil ini nyaman, buat saya keras. Tapi ga sampe kasar. Masih bisa dinikmati.
Mesin ngelitik is a must.
Hati2 dengan karakter mesin dan maticnya kalo pas di tanjakan. Kalo ga salah inget, dia mesin square, jadi di tanjakan lebih boyo dibandingkan mobil2 sekelas yg kebanyakan overstroke. Ditambah maticnya gak mau turun ke gigi 1 sendiri, securam apapun tanjakannya dia manteng gigi 2 saja. Jadi harus pinter ambil ancang2 sama turunin ke gigi 1.
Tapi kalo ketemu jalan tol, enteng saja mau lawan diesel2 lupa diri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Nissan Livina X Gear 2008 AT

Post by ChZ »

kalau ambil livina tua pastikan radiator aman... mungkin kalo perlu extrafan ganti atau overhaul semua...

ni mesin oli cuma pake 3lt.... termostat buka macem mobil europe di suhu kerja yang relatif lebih tinggi ketimbang toyota / honda... kerjanya berat banget. ngelitiknya itu karena kepanasan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Nissan Livina X Gear 2008 AT

Post by r1409 »

yg ditanyakan versi L10 (belum facelift / all new), share pengalaman dulu pernah pake versi panjangnya yg grand, SV 2007 MT.

kenyamanan setara mobil kelas diatasnya, suspensi lembut tapi ga limbung, mungkin faktor dari dimensi bodinya yg cenderung gepeng. build quality nissan jangan diragukan, kualitas plastik tebal dan bagus, tidak ada rattle sama sekali. banyak yg livina tuanya sampe sekarang masih tanpa rattle. peredaman sangat bagus. intinya, NVH mobil ini tertinggi dikelasnya.

momok soal parts mahal sudah tidak relevan lagi sekarang, udah banyak parts non ori. sebetulnya yg ori pun awet kok, mahal tapi tahan lama. soal mesin ngelitik, memang karakternya tapi tidak usah dihiraukan, ga ngefek apapun. sepertinya hanya masalah ECU atau pendinginan, karena sy pernah pake evalia dengan mesin yg sama malah tidak ngelitik sama sekali walaupun dulu sempat isi premium RON88. mengenai penyakit di coil, tinggal dibelikan pelindungnya ada banyak di online marketplace. ada baiknya pasang extra fan dan perhatikan kondisi pendinginan, pastikan radiator bekerja baik dan pasang extra fan, karena livina tua ada bbrp kasus peredam exhaust terbakar krn udah terlalu kering dan mudah terbakar kalau mesin kepanasan.

untuk transmisi 4AT nya, katanya sih lemot banget, mungkin ngejar rasio halus. kalau terbiasa dengan mobil AT akselerasi lemot macam freed atau calya, harusnya tidak ada masalah.

udah bener cari yg versi short body, krn yg 3 baris pun ruang penumpang baris ke-3 terlalu sempit dan tdk ada headrest, hanya cocok untuk anak kecil. mending pakai yg versi pendek sekalian, tanpa jok jadi bagasinya luas, dan dimensi bodi tidak terlalu panjang, berat bodi lebih ringan sehingga FC lebih irit dari yg 3 baris. kalau mau yg 3 baris, lirik mobil lain sekalian.
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 544
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Nissan Livina X Gear 2008 AT

Post by whitehorse4 »

Or4cle wrote: Wed Feb 21, 2024 3:44 Sedikit sharing ttg ANGL 1.5 M/T 2013 ...

Di liburan akhir tahun 2023 kemarin aku dengan keluarga jalan2 ke Semarang. Benar kata om Greenhunter & om KH di atas, mobil ini nyaman buat perjalanan jauh (joknya ergonomis gak bikin pegel), di tol suspensi-nya mentul2 lembut tapi nyaman.

Nah masalah timbul saat ke Pondok Panorama, Umbul Sidomukti.
Saat itu mobil muat 4 orang dewasa + 2 anak kecil ( 6 &11 taon). Di tanjakan pertama bentuk U yg jalanannya rusak roda depan mobil spin gak bisa nanjak. Diulang dengan jarak dari bawah tetap sama, sampai tikungan yang rusak roda depan spin lagi, gak dapat traksi. Akhirnya dijemput sama famili yg duluan sampai di atas, Ertiga A/T, nanjak mulus tanpa banyak drama.
Jadi inget waktu jaman ke acara kondangan teman bawa mobil ini ke tol bisa nyentuh 170 isi 7 orang masih anteng dan mau nambah, begitu ketemu tanjakan sidomukti langsung lemah syahwat. Di tanjakan yang sama pakai ertiga/mobilio gak ada masalah tapi mobil ini gak bisa. Entah ada apa dengan livina dan tanjakan
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Nissan Livina X Gear 2008 AT

Post by Or4cle »

whitehorse4 wrote: Wed Feb 21, 2024 11:42
Or4cle wrote: Wed Feb 21, 2024 3:44 Sedikit sharing ttg ANGL 1.5 M/T 2013 ...

Di liburan akhir tahun 2023 kemarin aku dengan keluarga jalan2 ke Semarang. Benar kata om Greenhunter & om KH di atas, mobil ini nyaman buat perjalanan jauh (joknya ergonomis gak bikin pegel), di tol suspensi-nya mentul2 lembut tapi nyaman.

Nah masalah timbul saat ke Pondok Panorama, Umbul Sidomukti.
Saat itu mobil muat 4 orang dewasa + 2 anak kecil ( 6 &11 taon). Di tanjakan pertama bentuk U yg jalanannya rusak roda depan mobil spin gak bisa nanjak. Diulang dengan jarak dari bawah tetap sama, sampai tikungan yang rusak roda depan spin lagi, gak dapat traksi. Akhirnya dijemput sama famili yg duluan sampai di atas, Ertiga A/T, nanjak mulus tanpa banyak drama.
Jadi inget waktu jaman ke acara kondangan teman bawa mobil ini ke tol bisa nyentuh 170 isi 7 orang masih anteng dan mau nambah, begitu ketemu tanjakan sidomukti langsung lemah syahwat. Di tanjakan yang sama pakai ertiga/mobilio gak ada masalah tapi mobil ini gak bisa. Entah ada apa dengan livina dan tanjakan
Awalnya aku skeptis mendengar / membaca berita Livina gak kuat nanjak. Setelah alamin sendiri baru percaya. Anehnya, kok dari awal launching sampe seri engine L11 masalah susah nanjak gak kelar diberesin :big_bored:
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 534
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Nissan Livina X Gear 2008 AT

Post by Greenhunter »

Mungkin medan yg saya lalui tdk seberat orang² lain. Selama ini hanya pernah pakai grand livina ke sarangan, tawangmangu, bromo, sby ke batu lewat cangar, itu masih biasa saja. Mungkin medannya kurang extreme. Ada mobil lain di medan extreme gagal nanjak pakai cara mundur.

Menurut saya gagal nanjak di mobil FWD lebih karena kurangnya traksi roda depan aja sih, mobil menanjak beban tertumpu ke roda belakang, jadi roda depan traksinya minim. Kalau mundur kan seolah² posisi roda dibalik seperti RWD jadi roda depan dapat traksi, sukses menanjak.
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 361
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Nissan Livina X Gear 2008 AT

Post by daimler »

whitehorse4 wrote: Wed Feb 21, 2024 11:42 -cut-

Jadi inget waktu jaman ke acara kondangan teman bawa mobil ini ke tol bisa nyentuh 170 isi 7 orang masih anteng dan mau nambah, begitu ketemu tanjakan sidomukti langsung lemah syahwat. Di tanjakan yang sama pakai ertiga/mobilio gak ada masalah tapi mobil ini gak bisa. Entah ada apa dengan livina dan tanjakan
ada pengalaman jg nih dlu sempet piara OGL 1.5 XV yg matic pas dipake buat mudik lewat tol muatan 4org+bagasi full+ roofrack jg emg nyentuh 140 ga sulit, tapi begitu dipake maen2 ke lembang, bagasi roofracknya udh dicopot, cm muatan 4 org bagasi kosong emg boyo bgt. denger2 emg karena fwd dan roda depannya kurang traksi ya? *cmiiw . kalo ide gilanya ane tekanan ban dpn malah dikurangi dr standar biar dapet traksi lebih :mky_01: jgn ditiru. juaranya ni mbl emg nyaman di kelasnya
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Nissan Livina X Gear 2008 AT

Post by ChZ »

Greenhunter wrote: Thu Feb 22, 2024 0:47 Mungkin medan yg saya lalui tdk seberat orang² lain. Selama ini hanya pernah pakai grand livina ke sarangan, tawangmangu, bromo, sby ke batu lewat cangar, itu masih biasa saja. Mungkin medannya kurang extreme. Ada mobil lain di medan extreme gagal nanjak pakai cara mundur.

Menurut saya gagal nanjak di mobil FWD lebih karena kurangnya traksi roda depan aja sih, mobil menanjak beban tertumpu ke roda belakang, jadi roda depan traksinya minim. Kalau mundur kan seolah² posisi roda dibalik seperti RWD jadi roda depan dapat traksi, sukses menanjak.
front wheel drive
final gear buat high speed
mesin karakter high speed. HR15 itu mesin resing.
karakter clutch nya aneh

kombinasi itu yg bikin bawa GL full load agak tricky untuk nanjak curam.

kalau barang2nya astra, gear 1 nya sama gear 2 nya terlalu lompat. hampir mustahil start pake gigi 2 di mobil2 buatan astra :mky_03: tp start gigi 1 kasar banget. terus 100 kph rpm tidak ada yang di bawah 2500. :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
sammyjimun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: Tue Jul 12, 2016 0:38

Re: Nissan Livina X Gear 2008 AT

Post by sammyjimun »

daimler wrote: Thu Feb 22, 2024 1:23 ada pengalaman jg nih dlu sempet piara OGL 1.5 XV yg matic pas dipake buat mudik lewat tol muatan 4org+bagasi full+ roofrack jg emg nyentuh 140 ga sulit, tapi begitu dipake maen2 ke lembang, bagasi roofracknya udh dicopot, cm muatan 4 org bagasi kosong emg boyo bgt. denger2 emg karena fwd dan roda depannya kurang traksi ya? *cmiiw . kalo ide gilanya ane tekanan ban dpn malah dikurangi dr standar biar dapet traksi lebih :mky_01: jgn ditiru. juaranya ni mbl emg nyaman di kelasnya
pernah pake versi mpv kotaknya, evalia, matik, nanjak ke dusun bambu lembang, motong dari arah exit padalarang, muatan 7 orang, masih aman walaupun mesin triak, tp masih naik merayap
gifgof
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Mar 21, 2024 1:35
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Nissan Livina X-Gear

Re: Nissan Livina X Gear 2008 AT

Post by gifgof »

Punya X-Gear 2008, beli 2nd dari temen tahun 2019 KM 135.000,
memang udah banyak part yang harus diganti karena sudah umur dan sekarang per 2024 ini sudah sekitar 169.000KM dna on going
sejak awal keluar dari dealer minumnya pertamax, sampai pindah tangan masih tetap pertamax

part yang sudah saya ganti :

tierod
link stabilizer
karet bushing seluruhnya
engine mounting
racksteer oem
shockbreaker depan belakang, saya pake monroe yang gas, per masih tetap ori
ban dunlop SP300 saya ganti Dunlop LM705
upper tank radiator oem
evaporator saya pakai Cool Gear
piringan cakram oem

setelah diganti, saya bawa Jogja-Bogor PP 2X dalam satu bulan, lari di tol 140-160 kpj masih stabil, setelah ganti suspensi bawaan dan ban jauh lebih nyaman dan anteng di jalan, lewat jalan beton nggak berisik

Sejauh ini jadi mobil favorit sih minimal 5-10 tahun lagi masih sanggup bertahan kalo dirawat rutin, untuk oli saya rutin ganti oli 3000-4000KM karena mesin livina memang panas jadi penguapan oli tinggi, saya pake idemitsu 10W-40, pemakaian dalkot 1:10/11, luar kota kalo stabil sih irit, Full Tank bisa dipake Jogja-Jakarta sekali jalan, kalo PP ya 2X full tank

asal tau karakter mobil ini mobil enak, nggak pernah ngelitik sih waktu saya pake asal rutin tuning dan dibersihin, waktu nanjak pun sebetulnya juga nggak ada kendala berarti, minta setting timing pengapian aja di bengkel
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: Nissan Livina X Gear 2008 AT

Post by HaykelAdityawarman »

Ikut nimbrung nostalgia om. Dulu saya pakai Livina X-Gear matic warna bronze, jadi mobil daily saya tandem sama SX4 manual jaman itu pas saya baru bisa nyetir. Beli baru thn 2008 jual thn 2011, ga pernah ada masalah sama sekali. Impresinya dibanding SX4 si Livina ini lebih lega, lebih kenceng juga padahal matic. Cuman saya kurang suka tampilannya, disetirinnya juga kurang asik.
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
hadztracker
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Thu Nov 23, 2017 14:58

Re: Nissan Livina X Gear 2008 AT

Post by hadztracker »

ChZ wrote: Wed Feb 21, 2024 4:09 kalau ambil livina tua pastikan radiator aman... mungkin kalo perlu extrafan ganti atau overhaul semua...

ni mesin oli cuma pake 3lt.... termostat buka macem mobil europe di suhu kerja yang relatif lebih tinggi ketimbang toyota / honda... kerjanya berat banget. ngelitiknya itu karena kepanasan.
Betul om, xgear 2008 saya kl lg panas kerasa banget lg idle aja pas ac engage bisa ngelitik. tenaga boyo.. tp kl masih dingin apalagi awal2 baru dipake, toel dikit langsung ngacir.
ada cara biar suhu mesin lebih adem om?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Nissan Livina X Gear 2008 AT

Post by ChZ »

hadztracker wrote: Sat Mar 30, 2024 9:08 Betul om, xgear 2008 saya kl lg panas kerasa banget lg idle aja pas ac engage bisa ngelitik. tenaga boyo.. tp kl masih dingin apalagi awal2 baru dipake, toel dikit langsung ngacir.
ada cara biar suhu mesin lebih adem om?
- oli jgn pake ketipisan kl ganti di luar jgn 0w-20 apalagi yg murah. Kl ada budget oli keraton macam Q8 5w30 udah oke.
- retrofit termostat yg ngebuka lebih cepet (?) Kalo BMW biasa masih pnp dgn bbrp model mercy. Nissan saya ga tau
- tambah extrafan (?) Bisa ngga yah. Atau bbrp aftermarket biasa lebih bagus dr oem.
- lebih sultan sekalian ganti radiatornya wkwk.

Basic cuma yang 2 terakhir saya kurang referensi. harusnya klub mobil udah tau sih triknya.

Kalo mobilnya jarang dipake siang2 terik macet macetan, lebih aman seharusnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 631
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Nissan Livina X Gear 2008 AT

Post by trebla88 »

hadztracker wrote: Sat Mar 30, 2024 9:08
ChZ wrote: Wed Feb 21, 2024 4:09 kalau ambil livina tua pastikan radiator aman... mungkin kalo perlu extrafan ganti atau overhaul semua...

ni mesin oli cuma pake 3lt.... termostat buka macem mobil europe di suhu kerja yang relatif lebih tinggi ketimbang toyota / honda... kerjanya berat banget. ngelitiknya itu karena kepanasan.
Betul om, xgear 2008 saya kl lg panas kerasa banget lg idle aja pas ac engage bisa ngelitik. tenaga boyo.. tp kl masih dingin apalagi awal2 baru dipake, toel dikit langsung ngacir.
ada cara biar suhu mesin lebih adem om?
Bawaan orok mesin hr15de yg awal generasi gitu panas
Susah
Revisi di evalia ama march 1.5 uda ga sepanas hr15de L10
L11 lebih dingin lagi

Kalau saran saya utk L10 :

Pake coolant 30/70
Shell mayan bagus

Oli
5w30 bardhal s9 juga ok

Pasang atf cooler(referensi ukuran bisa ke garuda)
Pake dex6

Remap bisa tune ke ron 95 aja,isi turbo/nitro :big_biglaugh:
hadztracker
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Thu Nov 23, 2017 14:58

Re: Nissan Livina X Gear 2008 AT

Post by hadztracker »

ChZ wrote: Sat Mar 30, 2024 11:47
hadztracker wrote: Sat Mar 30, 2024 9:08 Betul om, xgear 2008 saya kl lg panas kerasa banget lg idle aja pas ac engage bisa ngelitik. tenaga boyo.. tp kl masih dingin apalagi awal2 baru dipake, toel dikit langsung ngacir.
ada cara biar suhu mesin lebih adem om?
- oli jgn pake ketipisan kl ganti di luar jgn 0w-20 apalagi yg murah. Kl ada budget oli keraton macam Q8 5w30 udah oke.
- retrofit termostat yg ngebuka lebih cepet (?) Kalo BMW biasa masih pnp dgn bbrp model mercy. Nissan saya ga tau
- tambah extrafan (?) Bisa ngga yah. Atau bbrp aftermarket biasa lebih bagus dr oem.
- lebih sultan sekalian ganti radiatornya wkwk.

Basic cuma yang 2 terakhir saya kurang referensi. harusnya klub mobil udah tau sih triknya.

Kalo mobilnya jarang dipake siang2 terik macet macetan, lebih aman seharusnya.
ada pilihan yang lebih murah lagi om dari q8? hehehe
iya saya juga kepikiran pake thermostat yang lebih cepet bukanya, tapi belum nemu..
untuk radiator udah ganti pake koyorad, extrafan kayanya agak sempit ruang mesinnya om..
trebla88 wrote: Sat Mar 30, 2024 12:04
hadztracker wrote: Sat Mar 30, 2024 9:08
ChZ wrote: Wed Feb 21, 2024 4:09 kalau ambil livina tua pastikan radiator aman... mungkin kalo perlu extrafan ganti atau overhaul semua...

ni mesin oli cuma pake 3lt.... termostat buka macem mobil europe di suhu kerja yang relatif lebih tinggi ketimbang toyota / honda... kerjanya berat banget. ngelitiknya itu karena kepanasan.
Betul om, xgear 2008 saya kl lg panas kerasa banget lg idle aja pas ac engage bisa ngelitik. tenaga boyo.. tp kl masih dingin apalagi awal2 baru dipake, toel dikit langsung ngacir.
ada cara biar suhu mesin lebih adem om?
Bawaan orok mesin hr15de yg awal generasi gitu panas
Susah
Revisi di evalia ama march 1.5 uda ga sepanas hr15de L10
L11 lebih dingin lagi

Kalau saran saya utk L10 :

Pake coolant 30/70
Shell mayan bagus

Oli
5w30 bardhal s9 juga ok

Pasang atf cooler(referensi ukuran bisa ke garuda)
Pake dex6

Remap bisa tune ke ron 95 aja,isi turbo/nitro :big_biglaugh:
pas kemarin ganti radiator ane pake wurth biru, rencana mau kuras ganti pake denso sllc biru 30%, udah cukup baik kah om?
oli ane noted om, dibanding tq 9000 lebih baik mana om?
kemarin sempet kepikiran juga pake atf cooler, udah liat posting om danu GSM..kl harganya sesuai budget kayanya tertarik..
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 534
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Nissan Livina X Gear 2008 AT

Post by Greenhunter »

Kipas radiator grand livina L10 ada 2 speed. Hi speed dan low speed. Waktu mesin panas kipas high speed pasti menyala dan kita pasti tahu kalau yg nyala high speed karena suaranya kenceng banget itu fan high speed. Kalau anda tidak pernah mendengar kipas high speed menyala coba cek freon AC, karena kipas radiator nissan grand livina L10 terhubung dengan tekanan freon., kalau kurang yg nyala hanya low speed yang high gak mau menyala.
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 631
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Nissan Livina X Gear 2008 AT

Post by trebla88 »

Denso 30/70 jg ok harusnya
Yg pemting sih 30/70 coolant jangan pake air bekas ac atau air sumur :big_weee:

Total 9000 kayanya sama bardahl s9 kelasnya sama
7000-8000 km ganti
Coba pake yg ada promo aja

Atf cooler blm smpet pasang. Masih ribet kerjaan. Tapi harusnya worthed apalagi kalau dipake mobil abadi ga dijual²