Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ariarbow86
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Dec 16, 2022 1:56
Location: Pondok Gede
Daily Vehicle: Freed 2014

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by ariarbow86 »

Salvanost wrote: Sun Feb 04, 2024 19:25 Kategori tahun 2015
Ketemu banyak yg odometernya dibawah 50.000 dengan service record lengkap

Buat gantiin outlander 2012 :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: yg udah banyak banget PRnya (tapi udah banyak yg dikerjain sih)

Keperluan buat antar anak sekolah

Alasan beli
1. Sliding door
2. Captain seat
3. Ga masalah sama boros gara2 outlander juga boros
4. Katanya bisa ditune up supaya lebih bertenaga dan irit (gua masih bingung bener apa ga tapi yg ngomong kayanya bisa dipercaya...)

Alasan masih mikir2
1. Karena tahun tua walau odometer dibawah 50.000 tetap takut nantinya banyak PR
2. Ga anti banjir, disini udah ada yg bahas kompresor rusak pas terabas genangan air dan sliding door bisa rusak pas terabas banjir
3. Lemot dan boyo kayanya bakalan beda jauh sama fun to drive outlander???
tahun 2018 kepikiran beli mobil sliding door, karena bokap kena stroke (tapi bisa jalan walaupun nyeret)
sempet milih 3 kandidat (c26 2013, biante 2013, freed 2014 akhir) dengan budget sekitar 200jt
karena kebanyakan yg pake mobil istri untuk komuter anter anak dan wara wiri akhirnya dipilih freed 2014 psd (last fl)

nih mobil memang lemot untuk akselerasi, cuma klo sudah masuk ke 100kpj malah makin enak buat narik
secara bodi freed juga ga beda jauh dari jazz (jazz di melarin sedikit)
akomodasi dari row depan sampai row belakang gampang bgt aksesnya (soalnya kalau punya anak yg ga bisa diem cocok nih)
kalau untuk rute jakarta, jakarta - bandung masih enak sih (full 5 dewasa 2 anak) kalau untuk road trip jakarta - jogja mesti nambah roofbox karena bagasi tergolong kecil

untuk fc jakarta kombinasi macet tol dalam kota dapet 1:9-10,5 untuk luar kota jakarta - bandung 1:12,5 jakarta -jogja 1:14,5 - 15 dengan BBM pertamax/shell super

untuk perawatan ya standar mesin L15 lah yah
selama 6 tahun paling saya ganti oli amsoil 5/30 per 7.000KM
tap oli matic tiap 20.000KM
carbon claen tiap 14.000 KM
filter oli tiap 14.000 KM
filter udara K&N
ganti magnetic clutch + service AC 2x + evap (jasa + part 2,7jt)
ganti seal vtec & noken as (jasa & part = 500rb)
service rack steer 1.25jt
ganti kaki2 depan kurang lebih 5jt
ganti ban 2x depan belakang

akhirnya setelah hampir 6 tahun saya lepas freed awal januari kemarin dengan harga 164jt (kalah dengan keadaan)

ya intinya mobil ini cocok buat dalem kota, masih cocok untuk ibu-ibu. kalau memang mau memperbaiki lemotnya paling tambahin throttle control, filter K&N sudah cukup sih
serseran
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Fri Oct 21, 2022 13:09

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by serseran »

oktober 2023 baru ambil freed 2014 DB dan ada tombol di stir. (harga 160jt - km 80rb)
ya ini seh istri yg mau, krn mau captain seat dan 3 baris (doi yg pake buat ke ktr sehari-harinya)

awal pake seh kayak kurang sreg mgk karena sering radius putar nya agak besar ya... lama2 mulai dinikmati aja....
berharap juga, ga usah ada lagi freed baru, biar harganya tetep tinggi hahahaa
untuk bbm,, 1:10 lah, tp kl istri pake.. emm ancur hahahaa (istri baru bisa nyetir)

oya, mgk krn tipe PSD.. di jok driver kan ada tuas naik turun, lumayan istri yg kecil bisa ditinggiin kursi nya.

sekalian nanya neh sama om2 disini :
entah knp krn selalu baca mengenai tenaga freed yg boyo lemot, saya bawa mobil ini rada kurang PD di tanjakan. suka takut mobilnya ngelongsor ke bawah.
pernah naek tanjakan (mgk 40-50%), transimisi ke 2 kok berasa ga ada tenaga jd pindah ke L.. tp ya gitu kayak susah. (isi 4d 3a) .. tp pernah ke tempat yg sama 2d 1a posisi di D kok malahan anteng aja ya nanjaknya..
knp ya om untuk 2 itu saya coba di tanjakan biasa aja... dia kyk ga ada tenaga.

oya, kalau pake TC apakah bbmnya jadi lebih boros lagi krn mobil jd ngacir ? atau jd lebih hemat krn toel sedikit udah jalan ?
thx oms
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4257
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by b0ku »

serseran wrote: Fri May 10, 2024 3:52 oktober 2023 baru ambil freed 2014 DB dan ada tombol di stir. (harga 160jt - km 80rb)
ya ini seh istri yg mau, krn mau captain seat dan 3 baris (doi yg pake buat ke ktr sehari-harinya)

awal pake seh kayak kurang sreg mgk karena sering radius putar nya agak besar ya... lama2 mulai dinikmati aja....
berharap juga, ga usah ada lagi freed baru, biar harganya tetep tinggi hahahaa
untuk bbm,, 1:10 lah, tp kl istri pake.. emm ancur hahahaa (istri baru bisa nyetir)

oya, mgk krn tipe PSD.. di jok driver kan ada tuas naik turun, lumayan istri yg kecil bisa ditinggiin kursi nya.

sekalian nanya neh sama om2 disini :
entah knp krn selalu baca mengenai tenaga freed yg boyo lemot, saya bawa mobil ini rada kurang PD di tanjakan. suka takut mobilnya ngelongsor ke bawah.
pernah naek tanjakan (mgk 40-50%), transimisi ke 2 kok berasa ga ada tenaga jd pindah ke L.. tp ya gitu kayak susah. (isi 4d 3a) .. tp pernah ke tempat yg sama 2d 1a posisi di D kok malahan anteng aja ya nanjaknya..
knp ya om untuk 2 itu saya coba di tanjakan biasa aja... dia kyk ga ada tenaga.

oya, kalau pake TC apakah bbmnya jadi lebih boros lagi krn mobil jd ngacir ? atau jd lebih hemat krn toel sedikit udah jalan ?
thx oms
seumur2x freed saya ngeden di tanjakan tuh cipularang mau full load sendiri tetep aja ngeden lari 120kmh :big_think:

ini mobil loyo tapi tiap tanjakan semua bisa lewat kok malah saya pernah pake buat ngetouge sampe remnya ngebul di sukabumi :big_biglaugh:

sebenernya pasrahin aja di D ud paling bener urut pelan2x :mky_03:

kalo di kickdown juga boleh kalo di tanjakan artha si biasa saya kickdown terus nikung :big_biglaugh:

nah iya masalahnya di TC jazz saya sekarnag pake TC LV8 ud lebih enakan om LV15 ganas spin mulu :mky_03: bbm keliatannya sama aja cenderung tambah irit

inget ya om freed itu bobot kosongnya ud 1,4ton tambah om om sekalian mesin cuma 1.5 ud hebat sih saya bilang :big_biglaugh:

bener om kalo mau jauh lebih enak pake TC aja setelan honda emang agak aneh kek sengaja cepuin mesinnya sendiri :big_think:
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 528
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by ariswp »

serseran wrote: Fri May 10, 2024 3:52 oktober 2023 baru ambil freed 2014 DB dan ada tombol di stir. (harga 160jt - km 80rb)
ya ini seh istri yg mau, krn mau captain seat dan 3 baris (doi yg pake buat ke ktr sehari-harinya)

awal pake seh kayak kurang sreg mgk karena sering radius putar nya agak besar ya... lama2 mulai dinikmati aja....
berharap juga, ga usah ada lagi freed baru, biar harganya tetep tinggi hahahaa
untuk bbm,, 1:10 lah, tp kl istri pake.. emm ancur hahahaa (istri baru bisa nyetir)

oya, mgk krn tipe PSD.. di jok driver kan ada tuas naik turun, lumayan istri yg kecil bisa ditinggiin kursi nya.

sekalian nanya neh sama om2 disini :
entah knp krn selalu baca mengenai tenaga freed yg boyo lemot, saya bawa mobil ini rada kurang PD di tanjakan. suka takut mobilnya ngelongsor ke bawah.
pernah naek tanjakan (mgk 40-50%), transimisi ke 2 kok berasa ga ada tenaga jd pindah ke L.. tp ya gitu kayak susah. (isi 4d 3a) .. tp pernah ke tempat yg sama 2d 1a posisi di D kok malahan anteng aja ya nanjaknya..
knp ya om untuk 2 itu saya coba di tanjakan biasa aja... dia kyk ga ada tenaga.

oya, kalau pake TC apakah bbmnya jadi lebih boros lagi krn mobil jd ngacir ? atau jd lebih hemat krn toel sedikit udah jalan ?
thx oms
Banyak yg salah persepsi
Di 5At honda tuas di 2 itu hanya masuk di gigi 2
Beda dengan D2 yg doi berpindah 1-2
Jadi klo nanjak tajam pindah ke 2 justru lemot dan loyo, karena ga mau pindah ke 1
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
serseran
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Fri Oct 21, 2022 13:09

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by serseran »

b0ku wrote: Fri May 10, 2024 5:54 seumur2x freed saya ngeden di tanjakan tuh cipularang mau full load sendiri tetep aja ngeden lari 120kmh :big_think:

ini mobil loyo tapi tiap tanjakan semua bisa lewat kok malah saya pernah pake buat ngetouge sampe remnya ngebul di sukabumi :big_biglaugh:

sebenernya pasrahin aja di D ud paling bener urut pelan2x :mky_03:

kalo di kickdown juga boleh kalo di tanjakan artha si biasa saya kickdown terus nikung :big_biglaugh:

nah iya masalahnya di TC jazz saya sekarnag pake TC LV8 ud lebih enakan om LV15 ganas spin mulu :mky_03: bbm keliatannya sama aja cenderung tambah irit

inget ya om freed itu bobot kosongnya ud 1,4ton tambah om om sekalian mesin cuma 1.5 ud hebat sih saya bilang :big_biglaugh:

bener om kalo mau jauh lebih enak pake TC aja setelan honda emang agak aneh kek sengaja cepuin mesinnya sendiri :big_think:
ternyata ga separah yg takutkan ya om... ya berapa bulan ini... masih suka kepikiran kalau ngelewati tanjakan.
tanjakan artha itu.. Mall artha gading ? kalau iya, ntar mau dicoba hahahaa

om, ane pm ya tanya2 soal TC.. thx

ariswp wrote: Fri May 10, 2024 6:01 Banyak yg salah persepsi
Di 5At honda tuas di 2 itu hanya masuk di gigi 2
Beda dengan D2 yg doi berpindah 1-2
Jadi klo nanjak tajam pindah ke 2 justru lemot dan loyo, karena ga mau pindah ke 1
oalah... pantes.. jadi sempet mikir, apa jangan2 transmisi 2 rusak hahahaa
thx ya om.. jadi lebih mengerti ini
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4257
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Apakah masih worth it beli Honda Freed tahun 2015 harga diatas 170juta?

Post by b0ku »

serseran wrote: Fri May 10, 2024 6:48
b0ku wrote: Fri May 10, 2024 5:54 seumur2x freed saya ngeden di tanjakan tuh cipularang mau full load sendiri tetep aja ngeden lari 120kmh :big_think:

ini mobil loyo tapi tiap tanjakan semua bisa lewat kok malah saya pernah pake buat ngetouge sampe remnya ngebul di sukabumi :big_biglaugh:

sebenernya pasrahin aja di D ud paling bener urut pelan2x :mky_03:

kalo di kickdown juga boleh kalo di tanjakan artha si biasa saya kickdown terus nikung :big_biglaugh:

nah iya masalahnya di TC jazz saya sekarnag pake TC LV8 ud lebih enakan om LV15 ganas spin mulu :mky_03: bbm keliatannya sama aja cenderung tambah irit

inget ya om freed itu bobot kosongnya ud 1,4ton tambah om om sekalian mesin cuma 1.5 ud hebat sih saya bilang :big_biglaugh:

bener om kalo mau jauh lebih enak pake TC aja setelan honda emang agak aneh kek sengaja cepuin mesinnya sendiri :big_think:
ternyata ga separah yg takutkan ya om... ya berapa bulan ini... masih suka kepikiran kalau ngelewati tanjakan.
tanjakan artha itu.. Mall artha gading ? kalau iya, ntar mau dicoba hahahaa

om, ane pm ya tanya2 soal TC.. thx

ariswp wrote: Fri May 10, 2024 6:01 Banyak yg salah persepsi
Di 5At honda tuas di 2 itu hanya masuk di gigi 2
Beda dengan D2 yg doi berpindah 1-2
Jadi klo nanjak tajam pindah ke 2 justru lemot dan loyo, karena ga mau pindah ke 1
oalah... pantes.. jadi sempet mikir, apa jangan2 transmisi 2 rusak hahahaa
thx ya om.. jadi lebih mengerti ini
freed ane itu dipake buat belajar nikung om makannya saya doyan tanjakan belok apalagi modelan moi atau central park dulu aja saya sampe bikin temen saya nangis di cp soalnya saya malah ngebut muter2x di tanjakan sampe parkiran paling atas saya kirain dia becanda tau2x beneran nangis :big_biglaugh: