EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by ariswp »

Jakarta - Harga mobil listrik MG4 EV turun drastis setelah dirakit secara lokal di pabrik Cikarang, Jawa Barat. Tak tanggung-tanggung, penurunannya mencapai Rp 260 jutaan. Apa saja penyebabnya?
Sebelum dirakit secara lokal, MG4 EV merupakan produk CBU (completely built up) dari Thailand. Ketika itu, kendaraan tersebut dibanderol Rp 699 jutaan untuk varian tertinggi. Sementara setelah dibuat di dalam negeri, harganya turun menjadi hanya Rp 433 juta.

Baca juga:
Mobil Listrik MG4 EV dan ZS EV Rakitan Cikarang Meluncur, Segini Harganya
Arief Syarifudin selaku Marketing & PR Director MG Motor Indonesia memastikan, meski harganya turun jauh, namun pihaknya tak memangkas fitur dan spesifikasi kendaraan. Mobil listrik tersebut masih sama persis seperti yang sebelumnya dijual di Indonesia.

"Yang pasti, dari apa yang sudah saya jelaskan barusan, secara kualitas mulai dari fitur dan teknologi sesuai standar global dan tidak ada yang dipangkas sama sekali," ujar Arief saat ditemui detikOto di bilangan Jakarta Selatan, Rabu (10/1).

Arief menjelaskan alasan mengapa harganya bisa turun sedemikian drastis. Selain karena sudah dirakit lokal, kata dia, potongan pajak juga menjadi salah satu penyebabnya.

"Itu karena kita sudah CKD saat ini dan beberapa cost factor bisa kita tekan dan tax ratio itu juga jadi salah satu penyebabnya. Dukungan pemerintah membuat kami bisa memberikan harga yang ciamik. Harga ini sesuai dan tanpa satupun fitur yang dikurangi," tuturnya.

Lebih jauh, Arief memastikan, MG4 EV sebentar lagi akan memenuhi syarat TKDN 40 persen. Sehingga, harga yang diumumkan merupakan hasil hitung-hitungan setelah mendapat insentif potongan pajak dari pemerintah.

"Sudah dihitung, jadi dengan harga yang sedemikian rupa, kita sudah formulasikan dengan hitung-hitungan (insentif). Ini angka sudah yang terbaik dan nggak akan berkurang lagi," kata dia.

Diketahui, MG4 EV menggunakan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 125 kW dan torsi 250 Nm. Pembekalan tersebut membuat kendaraan bisa melesat dari nol ke 100 km per jam dalam waktu 7,7 detik.

Kendaraan bersuara senyap itu ditanamkan baterai Lithium yang memiliki kapasitas hingga 51 kWh. Baterai tersebut bisa digunakan untuk menempuh jarak maksimum 425 km, sementara untuk mengecasnya dari 10 ke 80 persen hanya memerlukan waktu 35 menit.


==============

Mantab betul, dilokalin (pabrik numpang punya wooling) harga turun jadi 433juta
EV yg tergolong "proper" juga, bukan EV "imut"
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by ariswp »



Dari IG Indra Fathan,
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by darrelund »

binguo apa kabar neh :big_biglaugh: :big_biglaugh:

MG4 reviewnya diluar positip semua, top jir aja 9/10 :big_biglaugh:
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by kenop »

darrelund wrote: Wed Jan 10, 2024 12:38 binguo apa kabar neh :big_biglaugh: :big_biglaugh:

MG4 reviewnya diluar positip semua, top jir aja 9/10 :big_biglaugh:
Tp untung nya keluar duluan tu binguo, abis ini yg seru nih wkwkw

Tp jaringan bengkel resmi menang wuling hrsnya

Yg keder citroen ec3 ngga sih? Model kalah, jaringan bengkelnya jg belom banyak
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by ddyta27 »

Kebetulan bgt lg cari EV..
Harga, fitur, spek sangat menarik..
Liat di youtube juga komennya positif

Fix bingo, citroen, neta v coret..

Masih ragu karena ada byd masuk.. Wait n see dulu deh..
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by darrelund »

kenop wrote: Wed Jan 10, 2024 12:42
darrelund wrote: Wed Jan 10, 2024 12:38 binguo apa kabar neh :big_biglaugh: :big_biglaugh:

MG4 reviewnya diluar positip semua, top jir aja 9/10 :big_biglaugh:
Tp untung nya keluar duluan tu binguo, abis ini yg seru nih wkwkw

Tp jaringan bengkel resmi menang wuling hrsnya

Yg keder citroen ec3 ngga sih? Model kalah, jaringan bengkelnya jg belom banyak
dari spec sheet aja superior mg4 um, aplg chassisnya mayan rigid, suspensi full independen, euroncap bintang 5. +23jt sih bargain abis :big_biglaugh:

cuma yah lets see aja respon pasar gimana :big_biglaugh:

ec3 mah....ah sudahlah....
Bpurna
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
Location: Indonesia

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by Bpurna »

Yg beli awal harga normal pasti sedih deh.. turunnya bener2 banyak banget ini. Skrg harganya udh sangat worth.. sama ioniq5 jadi jauh selisihnya..
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by Jenson »

Bpurna wrote: Wed Jan 10, 2024 13:28 Yg beli awal harga normal pasti sedih deh.. turunnya bener2 banyak banget ini. Skrg harganya udh sangat worth.. sama ioniq5 jadi jauh selisihnya..
Betul, untuk yg tertarik EV bsa dilirik sih si MG ini. Harganya jadi sangat worth dbanding Ioniq, toh mobil listrik harusnya secara teknologi mirip2, ga seribet ICE yang enginenya sangat bergantung ama kepiawaian racikan pabrikan. Cuman masalahnya dengan pabrikan baru ini, sales servicenya ampun2an deh. Dulu smepet lirik MG4EV krna pas tinggal d UK dulu lumayan populer, tp begitu sampe sini ketemu salesnya, ngek ngok ha hoh2 semua ditanya2. Yang jawaban lancar cmn kalo SPK dlu. Dibilang mau TD dlu sebelum SPK pada kabur d pameran, karena ngejarnya target. Customer dilempar2. Sorry to say, terlanjur trauma ama merek2 begini. Ujung2nya, dr kemarin mau coba berpaling dri Ahond, balik2 lagi ke Ahond karena so far memang rasanya sales service mereka masih a tad better.

Pas ke triple elipse buat beli kijang jg sama, salesnya cukup attentif. Pas ke tiga berlian, hadeh, bikin kapok juga, padahal mobil lumayan bagus.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by kendibocor »

ddyta27 wrote: Wed Jan 10, 2024 12:51 Kebetulan bgt lg cari EV..
Harga, fitur, spek sangat menarik..
Liat di youtube juga komennya positif

Fix bingo, citroen, neta v coret..

Masih ragu karena ada byd masuk.. Wait n see dulu deh..
Byd masuk, dihajar lg harganya jgn2 ma byd :upss:
Yg beli ni ev awal2 kesel bgt kali ya harga skrng turunnya melebihi depresiaai mblnya
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by mobilover »

kendibocor wrote: Wed Jan 10, 2024 18:09
ddyta27 wrote: Wed Jan 10, 2024 12:51 Kebetulan bgt lg cari EV..
Harga, fitur, spek sangat menarik..
Liat di youtube juga komennya positif

Fix bingo, citroen, neta v coret..

Masih ragu karena ada byd masuk.. Wait n see dulu deh..
Byd masuk, dihajar lg harganya jgn2 ma byd :upss:
Yg beli ni ev awal2 kesel bgt kali ya harga skrng turunnya melebihi depresiaai mblnya
Saya yakin tahun ini dan tahun depan perang EV dr merek china akan makin intens. Mereka pengen jadi brand leader utk ev di indonesia. Makanya MG berani setting harga karena lawan mereka itu BYD, pemegang global share EV no 1. Kl gak serius, market sharenya kemakan mereka semua. Yg beli wuling air ev dan ioniq 5 yah saya bilang itu resiko early adaptor. Teknologi di awal pasti lbh mahal, semakin lama akan semakin murah seiring kompetitor nambah dan volume produksi naik. Kl mau beli EV yah baiknya lihat 1 - 2 tahun ke depan sampai semua pemain udah keluar semua offer produknya. List pemain yg potensial di EV indonesia : BYD, Wuling, Hyundai, MG, Chery, Neta, Ora, Vinfast
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by Bibieight »

kendibocor wrote: Wed Jan 10, 2024 18:09
Byd masuk, dihajar lg harganya jgn2 ma byd :upss:
Yg beli ni ev awal2 kesel bgt kali ya harga skrng turunnya melebihi depresiaai mblnya
Kalo saya pake patokan harga per kWh dulu :
MG 4 51 kWh, 433 juta = 8.5 juta/kWh
Ioniq 5 72 kWh, 877 juta = 12.1 juta/kWh
Binguo LR 37,9 kWh, 408 juta = 10.8 juta/kWh
Hozon V, 40.7 kWh, 379 juta = 9.3 juta/kWh
Citroen EC3, 29.2 kWh, 395 juta = 13.5 juta/kWh
Naah, baru disitu baru diliat : teknologi EV-nya, seperti arsitektur berapa volt, liquid atau air cooled, motor (permanent magnet/AC). Baru lanjut ke BQ, fit&finish, fitur2, utility-nya. Habis gitu yg penting : after sales service-nya.

Kesimpulan sementara : EC3 paling mahal, air cooled dia batere. Hozon ama Binguo kalo kagak dibawa ke 8.5 juta/kWh bakal layu sebelum berkembang. Ioniq 5 kayaknya si beda positioning, tinggal nunggu Kona mau berapa, LR-nya 64.8 kWh, kalo di 550 juta, on par sama MG4, kalo diatas itu tinggal liat fitur.

Ntar kalo EV rame di 400-600 juta si beneran bubar si Astra, Daihatsu Yarcrot aja 450 juta :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by mobilover »

Bibieight wrote: Thu Jan 11, 2024 0:13
kendibocor wrote: Wed Jan 10, 2024 18:09
Byd masuk, dihajar lg harganya jgn2 ma byd :upss:
Yg beli ni ev awal2 kesel bgt kali ya harga skrng turunnya melebihi depresiaai mblnya
Kalo saya pake patokan harga per kWh dulu :
MG 4 51 kWh, 433 juta = 8.5 juta/kWh
Ioniq 5 72 kWh, 877 juta = 12.1 juta/kWh
Binguo LR 37,9 kWh, 408 juta = 10.8 juta/kWh
Hozon V, 40.7 kWh, 379 juta = 9.3 juta/kWh
Citroen EC3, 29.2 kWh, 395 juta = 13.5 juta/kWh
Naah, baru disitu baru diliat : teknologi EV-nya, seperti arsitektur berapa volt, liquid atau air cooled, motor (permanent magnet/AC). Baru lanjut ke BQ, fit&finish, fitur2, utility-nya. Habis gitu yg penting : after sales service-nya.

Kesimpulan sementara : EC3 paling mahal, air cooled dia batere. Hozon ama Binguo kalo kagak dibawa ke 8.5 juta/kWh bakal layu sebelum berkembang. Ioniq 5 kayaknya si beda positioning, tinggal nunggu Kona mau berapa, LR-nya 64.8 kWh, kalo di 550 juta, on par sama MG4, kalo diatas itu tinggal liat fitur.

Ntar kalo EV rame di 400-600 juta si beneran bubar si Astra, Daihatsu Yarcrot aja 450 juta :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Setuju, feeling sy sih jg kelas 300 - 600 juta bakal rame dipenuhin EV baru. Astra sih gak terlalu kena pengaruh sih. EV ramai di kota besar aja macam jakarta, surabaya, semarang, dll. Di daerah tetap mobil ICE andalan satu2nya. Masih banyak jg orang kota yang gak mau pindah ke EV karena beberapa faktor seperti ketersediaan charging station, kekhawatiran akan harga jual kembali, sama biaya ganti batere yg masih abu2.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by kendibocor »

mobilover wrote: Wed Jan 10, 2024 22:13
kendibocor wrote: Wed Jan 10, 2024 18:09
ddyta27 wrote: Wed Jan 10, 2024 12:51 Kebetulan bgt lg cari EV..
Harga, fitur, spek sangat menarik..
Liat di youtube juga komennya positif

Fix bingo, citroen, neta v coret..

Masih ragu karena ada byd masuk.. Wait n see dulu deh..
Byd masuk, dihajar lg harganya jgn2 ma byd :upss:
Yg beli ni ev awal2 kesel bgt kali ya harga skrng turunnya melebihi depresiaai mblnya
Saya yakin tahun ini dan tahun depan perang EV dr merek china akan makin intens. Mereka pengen jadi brand leader utk ev di indonesia. Makanya MG berani setting harga karena lawan mereka itu BYD, pemegang global share EV no 1. Kl gak serius, market sharenya kemakan mereka semua. Yg beli wuling air ev dan ioniq 5 yah saya bilang itu resiko early adaptor. Teknologi di awal pasti lbh mahal, semakin lama akan semakin murah seiring kompetitor nambah dan volume produksi naik. Kl mau beli EV yah baiknya lihat 1 - 2 tahun ke depan sampai semua pemain udah keluar semua offer produknya. List pemain yg potensial di EV indonesia : BYD, Wuling, Hyundai, MG, Chery, Neta, Ora, Vinfast
Maksudnya yg kesel yg awal2 beli si mg ev om. Gile harga baru turun 260jt tanpa pembeda apapun :upss:
Bibieight wrote: Thu Jan 11, 2024 0:13
kendibocor wrote: Wed Jan 10, 2024 18:09
Byd masuk, dihajar lg harganya jgn2 ma byd :upss:
Yg beli ni ev awal2 kesel bgt kali ya harga skrng turunnya melebihi depresiaai mblnya
Kalo saya pake patokan harga per kWh dulu :
MG 4 51 kWh, 433 juta = 8.5 juta/kWh
Ioniq 5 72 kWh, 877 juta = 12.1 juta/kWh
Binguo LR 37,9 kWh, 408 juta = 10.8 juta/kWh
Hozon V, 40.7 kWh, 379 juta = 9.3 juta/kWh
Citroen EC3, 29.2 kWh, 395 juta = 13.5 juta/kWh
Naah, baru disitu baru diliat : teknologi EV-nya, seperti arsitektur berapa volt, liquid atau air cooled, motor (permanent magnet/AC). Baru lanjut ke BQ, fit&finish, fitur2, utility-nya. Habis gitu yg penting : after sales service-nya.

Kesimpulan sementara : EC3 paling mahal, air cooled dia batere. Hozon ama Binguo kalo kagak dibawa ke 8.5 juta/kWh bakal layu sebelum berkembang. Ioniq 5 kayaknya si beda positioning, tinggal nunggu Kona mau berapa, LR-nya 64.8 kWh, kalo di 550 juta, on par sama MG4, kalo diatas itu tinggal liat fitur.

Ntar kalo EV rame di 400-600 juta si beneran bubar si Astra, Daihatsu Yarcrot aja 450 juta :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Pabrikan jepang masih pada diem2 aja ya om. Emang ga bs neken cost bwat produksi EV diharga 400an jg apa gimana ya? Kalo ditawarin mg ev atau binguo vs agay alay dibaterein bakalan milih mana ya pada :upss: :big_biglaugh: kalo masih pd milih agay alay mending tuh pabrikan tiongkok cabut aja lah pada, fanatik terhadap merknya bener2 keterlaluan berarti :big_biglaugh:
Menarik sih nih BEV kalo harga 400an apalagi si MG ini lumayan laku di eropah :big_exellent:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by Zaxis »

Mantab nih, sales Onda ketar ketir
Nonik2 mau kuliah bisa ganti SPK
Mending beli MG,bebas ganjil genep keliling ibukota
Mau ngecas tinggal ke mal
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by ariswp »

kendibocor wrote: Wed Jan 10, 2024 18:09
ddyta27 wrote: Wed Jan 10, 2024 12:51 Kebetulan bgt lg cari EV..
Harga, fitur, spek sangat menarik..
Liat di youtube juga komennya positif

Fix bingo, citroen, neta v coret..

Masih ragu karena ada byd masuk.. Wait n see dulu deh..
Byd masuk, dihajar lg harganya jgn2 ma byd :upss:
Yg beli ni ev awal2 kesel bgt kali ya harga skrng turunnya melebihi depresiaai mblnya
BYD dimari bakal langsung rakitan lokal atau masi CBU om?
Klo masi CBU kayaknya harga bakal susah untuk bisa bersaing
Ini MG bisa turun sampe 260 juta dari harga CBU karena dilokalin (otomatis dapet insentif pajak)

Tapi klo BYD berani "jual rugi" dengan harga yg mirip2 atau sedikit diatas (misal 500jutaan) tapi dengan spek yg diatas MG bisa digulung ini MG
Sepertinya BYD niat banget sih untuk jadi EV leader disini

Rasanya klo indonesia gak dikasi full proper EV ya lebih baik kembali ke full proper ICE,
Jangan mau dikasi prodak "imut" macem airev, neta, binguo gitu ahh :upss:
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1403
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by AbdulHakim »

Zaxis wrote: Thu Jan 11, 2024 0:38 Mantab nih, sales Onda ketar ketir
Nonik2 mau kuliah bisa ganti SPK
Mending beli MG,bebas ganjil genep keliling ibukota
Mau ngecas tinggal ke mal
ga mungkin ketar-ketir om, jualan Brio aja udah bisa ongkang-ongkang kaki sales aHond.
Tebakan saya siy, jualan brio satya udah nutup target, brio RS + BRV dapet bonus, sukur2 nambah SPK HRV udah tumpah-tumpah komisi.
EV-EV ini bukanlah ancaman buat aHond dan Dai-Toyo.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by iamwewe »

kendibocor wrote: Thu Jan 11, 2024 0:32
Maksudnya yg kesel yg awal2 beli si mg ev om. Gile harga baru turun 260jt tanpa pembeda apapun :upss:

bener nih.. kalo sampe dibilang turunnya 260jt tanpa beda apapun sih nyesek banget. blm lagi tambah depresiasi mobilnya itu sendiri.

tapi om, kalo saya sendiri lebih tertarik dengan strategi mereka yang kayanya ngga mikirin perasaan pembeli first batch nya. contoh aja nih volenk masa versi facelift nya lebih murah daripada versi prefacelift

https://www.gridoto.com/read/223909727/ ... ebih-murah

okelah mungkin ada fitur radar yg hilang, tapi rasanya kalo sampe beda harga gini sih.... makin nyesek dah first buyer nya.

tadi sempet diatas ada ygbilang resiko first adopter ya.... mungkin uang sekolah bahasanya ya. tapi mahal banget uang sekolahnya wkwkwkw

sekali lagi salut lah sama pabrikan dari china, semoga ujung2nya konsumen yg diuntungkan
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by iamwewe »

ariswp wrote: Thu Jan 11, 2024 1:12
BYD dimari bakal langsung rakitan lokal atau masi CBU om?
Klo masi CBU kayaknya harga bakal susah untuk bisa bersaing
Ini MG bisa turun sampe 260 juta dari harga CBU karena dilokalin (otomatis dapet insentif pajak)

Tapi klo BYD berani "jual rugi" dengan harga yg mirip2 atau sedikit diatas (misal 500jutaan) tapi dengan spek yg diatas MG bisa digulung ini MG
Sepertinya BYD niat banget sih untuk jadi EV leader disini

Rasanya klo indonesia gak dikasi full proper EV ya lebih baik kembali ke full proper ICE,
Jangan mau dikasi prodak "imut" macem airev, neta, binguo gitu ahh :upss:
kalo gk salah sy baca dimana masih cbu. tapi karena ada skema pajak baru, jadi bisa diteken habis nih harga nya. kalo gk salah inget skemanya gini, boleh jualan dgn subsidi tapi harus komitmen memproduksi unit sebanyak yang dapet subsidi. misal masuk 1000 unit awal yg dapet harga subsidi. nah brt merk tersebut harus produksi 1000 unit disini. ini kalo gk salah inget ya jangan ditelen mentah2 maklum ingetan kakek2 udah pikun :mky_01:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by Bibieight »

AbdulHakim wrote: Thu Jan 11, 2024 1:21
Zaxis wrote: Thu Jan 11, 2024 0:38 Mantab nih, sales Onda ketar ketir
Nonik2 mau kuliah bisa ganti SPK
Mending beli MG,bebas ganjil genep keliling ibukota
Mau ngecas tinggal ke mal
ga mungkin ketar-ketir om, jualan Brio aja udah bisa ongkang-ongkang kaki sales aHond.
Tebakan saya siy, jualan brio satya udah nutup target, brio RS + BRV dapet bonus, sukur2 nambah SPK HRV udah tumpah-tumpah komisi.
EV-EV ini bukanlah ancaman buat aHond dan Dai-Toyo.
Kalo HP itu kayak jaman Iphone keluar, si Blackberry kan anteng2 bae, udah screen semua ndak ada keypad, mahal pulak mana ada mau beli di Indonesia. Kalo diibaratin HP tu kayak gini, Ioniq itu Iphone, sempat main sendirian kan. Nah, kemarin Wuling ama Neta keluar tu kayak Vivo barusan keluar, iPhone mahal beneer coba Vivo dulu laah :big_peace: . Nah, ujug2 keluar kelas2 Samsung, Oppo, Xiaomi dkk. keluar, benernya merek2 ini kan yang akhirnya matiin si Blackberry di Indonesia. Cepet banget lho si BBM mati tuh, ndak ada 2-3 taun tau2 dut.....

Yang ketar-ketir tu bukan Brio, tapi di harga 400-500an macam HR-V, Yarcrot, Corcrot, terus kalo merek China marketingnya pada bener bisa makan trim tinggi-nya Raize, Rocky sama WR-V. Kalo sampe kemakan disini cilaka tu Jepun2 berdua soalnya ini kan produk2 yg. margin-nya tebel. Jualan Brio/Agya/Calya tu kalo salah tebak volume bisa kerja bakti minimal setaun.....
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by kendibocor »

ariswp wrote: Thu Jan 11, 2024 1:12
kendibocor wrote: Wed Jan 10, 2024 18:09
ddyta27 wrote: Wed Jan 10, 2024 12:51 Kebetulan bgt lg cari EV..
Harga, fitur, spek sangat menarik..
Liat di youtube juga komennya positif

Fix bingo, citroen, neta v coret..

Masih ragu karena ada byd masuk.. Wait n see dulu deh..
Byd masuk, dihajar lg harganya jgn2 ma byd :upss:
Yg beli ni ev awal2 kesel bgt kali ya harga skrng turunnya melebihi depresiaai mblnya
BYD dimari bakal langsung rakitan lokal atau masi CBU om?
Klo masi CBU kayaknya harga bakal susah untuk bisa bersaing
Ini MG bisa turun sampe 260 juta dari harga CBU karena dilokalin (otomatis dapet insentif pajak)

Tapi klo BYD berani "jual rugi" dengan harga yg mirip2 atau sedikit diatas (misal 500jutaan) tapi dengan spek yg diatas MG bisa digulung ini MG
Sepertinya BYD niat banget sih untuk jadi EV leader disini

Rasanya klo indonesia gak dikasi full proper EV ya lebih baik kembali ke full proper ICE,
Jangan mau dikasi prodak "imut" macem airev, neta, binguo gitu ahh :upss:
BYD kayaknya finansialnya lumayan kuat kan, kalo mau ngegebrak sih mungkin bisa2 aja jualan dengan margin tipis atau bahkan rugi kalo blm banyak penjualannya. Kalo serius sih harusnya mereka buka pabrik disini ya. Tp kalo sekelas BYD uda mutusin masuk sini saya rasa udah siap bakar duit dlu mula2.
Bibieight wrote: Thu Jan 11, 2024 1:36
AbdulHakim wrote: Thu Jan 11, 2024 1:21
Zaxis wrote: Thu Jan 11, 2024 0:38 Mantab nih, sales Onda ketar ketir
Nonik2 mau kuliah bisa ganti SPK
Mending beli MG,bebas ganjil genep keliling ibukota
Mau ngecas tinggal ke mal
ga mungkin ketar-ketir om, jualan Brio aja udah bisa ongkang-ongkang kaki sales aHond.
Tebakan saya siy, jualan brio satya udah nutup target, brio RS + BRV dapet bonus, sukur2 nambah SPK HRV udah tumpah-tumpah komisi.
EV-EV ini bukanlah ancaman buat aHond dan Dai-Toyo.
Kalo HP itu kayak jaman Iphone keluar, si Blackberry kan anteng2 bae, udah screen semua ndak ada keypad, mahal pulak mana ada mau beli di Indonesia. Kalo diibaratin HP tu kayak gini, Ioniq itu Iphone, sempat main sendirian kan. Nah, kemarin Wuling ama Neta keluar tu kayak Vivo barusan keluar, iPhone mahal beneer coba Vivo dulu laah :big_peace: . Nah, ujug2 keluar kelas2 Samsung, Oppo, Xiaomi dkk. keluar, benernya merek2 ini kan yang akhirnya matiin si Blackberry di Indonesia. Cepet banget lho si BBM mati tuh, ndak ada 2-3 taun tau2 dut.....

Yang ketar-ketir tu bukan Brio, tapi di harga 400-500an macam HR-V, Yarcrot, Corcrot, terus kalo merek China marketingnya pada bener bisa makan trim tinggi-nya Raize, Rocky sama WR-V. Kalo sampe kemakan disini cilaka tu Jepun2 berdua soalnya ini kan produk2 yg. margin-nya tebel. Jualan Brio/Agya/Calya tu kalo salah tebak volume bisa kerja bakti minimal setaun.....
Pas banget nih om perumpamaannya. Jaman lg jaya2nya siapa yg sangka blackberry bakalan tumbang jg. Malah sblm blackberry ada nokijem jg yg menguasain mayoritas pasar hp dunia. Sejarah membuktikan yg gamau adaptasi dan belagu (merasa pasti barangnya bakalan laku) bakalan tenggelam jg cepat atau lambat.

Untuk mbl ya setidaknya di kota2 gede (yg sebenernya penjualan jg paling banyak disini) bukan ga mungkin 1 dekade ke depan bakalan digoyang sama produk EV dari tiongkok. Saya rada 2-3 thn ke depan ini jd masa2 krusial yg menentukan gimana peta otomotif indonesia nantinya. Apakah generasi boomer (jepang) vs gen Z dan millenials (koreya dan tiongkok) yg bakalan menang :upss:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1403
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by AbdulHakim »

Bibieight wrote: Thu Jan 11, 2024 1:36
AbdulHakim wrote: Thu Jan 11, 2024 1:21
Zaxis wrote: Thu Jan 11, 2024 0:38 Mantab nih, sales Onda ketar ketir
Nonik2 mau kuliah bisa ganti SPK
Mending beli MG,bebas ganjil genep keliling ibukota
Mau ngecas tinggal ke mal
ga mungkin ketar-ketir om, jualan Brio aja udah bisa ongkang-ongkang kaki sales aHond.
Tebakan saya siy, jualan brio satya udah nutup target, brio RS + BRV dapet bonus, sukur2 nambah SPK HRV udah tumpah-tumpah komisi.
EV-EV ini bukanlah ancaman buat aHond dan Dai-Toyo.
Kalo HP itu kayak jaman Iphone keluar, si Blackberry kan anteng2 bae, udah screen semua ndak ada keypad, mahal pulak mana ada mau beli di Indonesia. Kalo diibaratin HP tu kayak gini, Ioniq itu Iphone, sempat main sendirian kan. Nah, kemarin Wuling ama Neta keluar tu kayak Vivo barusan keluar, iPhone mahal beneer coba Vivo dulu laah :big_peace: . Nah, ujug2 keluar kelas2 Samsung, Oppo, Xiaomi dkk. keluar, benernya merek2 ini kan yang akhirnya matiin si Blackberry di Indonesia. Cepet banget lho si BBM mati tuh, ndak ada 2-3 taun tau2 dut.....

Yang ketar-ketir tu bukan Brio, tapi di harga 400-500an macam HR-V, Yarcrot, Corcrot, terus kalo merek China marketingnya pada bener bisa makan trim tinggi-nya Raize, Rocky sama WR-V. Kalo sampe kemakan disini cilaka tu Jepun2 berdua soalnya ini kan produk2 yg. margin-nya tebel. Jualan Brio/Agya/Calya tu kalo salah tebak volume bisa kerja bakti minimal setaun.....
saya ngikutin sepuh-sepuh sini yang cinta mati ICE om :big_biglaugh:
apalagi ini Astral om, kuat mana Tiongkok sama Astral? :big_biglaugh:
just kidding om :big_peace:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by b0ku »

AbdulHakim wrote: Thu Jan 11, 2024 2:00 saya ngikutin sepuh-sepuh sini yang cinta mati ICE om :big_biglaugh:
apalagi ini Astral om, kuat mana Tiongkok sama Astral? :big_biglaugh:
just kidding om :big_peace:
YAAAh di china aja jualannya babak belur sama HRV bro2x bisa nyalip 10%nya aja keknya gak ada

byd juga cuma kenceng di china doank di luar china memble makannya kalo ada data jualan malah bikin segment sendiri gak di campur sama ICE soalnya takut ketauan angkanya cepu :mky_07:

di china sih no1 byd di 2 3 4 gas mobil bensin jepang semua :wkkk:
mattsebastian7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Sun May 15, 2016 5:22

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by mattsebastian7 »

Akhirnya ada gebrakan harga dari MG yang harapannya bisa menyadarkan bahwa selama ini yg lain jualannya kemahalan wkwkwkw
MG4 juga lebih proper mobil ya, powertrainnya juga lebih bertenaga. Bukan mobil mainan :big_biglaugh:
Charge port nya sudah CCS, semoga yang lain yg masih pakai GBT bisa ada konverternya

Tinggal nunggu BYD apa bakal kayak xiaomi jaman dulu2 yg hancurkan standar harga :mky_04:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by ChZ »

Bibieight wrote: Thu Jan 11, 2024 1:36 Yang ketar-ketir tu bukan Brio, tapi di harga 400-500an macam HR-V, Yarcrot, Corcrot, terus kalo merek China marketingnya pada bener bisa makan trim tinggi-nya Raize, Rocky sama WR-V. Kalo sampe kemakan disini cilaka tu Jepun2 berdua soalnya ini kan produk2 yg. margin-nya tebel. Jualan Brio/Agya/Calya tu kalo salah tebak volume bisa kerja bakti minimal setaun.....
sbenernya keliatan pasar2 EV murah china ini ngincer segmen kelas menengah perkotaan dgn daya beli 300-400 juta dan untuk second car. kyknya udah nemu market sweet spotnya dimana. dan rata-rata udah punya first car ntah innova diesel fortuner apa CRV :mky_07:

kalo under 300 rata rata daya belinya masih 1 mobil untuk segala keperluan risky pake EV dalam/luar kota. rajanya masih LMPV yang muat banyak dan perawatan mudah.

over 500 kompetisinya udah nggak price sensitive market belinya lebih ke selera makanya new CRV ya moncer2 aja. new Civic juga belakangan agak banyak. cuma volume ya gak bisa banyak. ioniq 5 aja belakangan rada jarang liat barunya. rata-rata ketemu di jalan ya mobilnya itu-itu aja ampe apal nomer platnya :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1403
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by AbdulHakim »

b0ku wrote: Thu Jan 11, 2024 2:25
AbdulHakim wrote: Thu Jan 11, 2024 2:00 saya ngikutin sepuh-sepuh sini yang cinta mati ICE om :big_biglaugh:
apalagi ini Astral om, kuat mana Tiongkok sama Astral? :big_biglaugh:
just kidding om :big_peace:
YAAAh di china aja jualannya babak belur sama HRV bro2x bisa nyalip 10%nya aja keknya gak ada

byd juga cuma kenceng di china doank di luar china memble makannya kalo ada data jualan malah bikin segment sendiri gak di campur sama ICE soalnya takut ketauan angkanya cepu :mky_07:

di china sih no1 byd di 2 3 4 gas mobil bensin jepang semua :wkkk:
apalagi resale valuenya ya om b0ku, ICE is the king, selama itu mobil populernya aHond dan Dai-Toyo.
Masyarakat +62 itu prinsipnya bisa pake bbm subsidi, resale value, dan gampang proses kreditnya.